SI1021465102: Perbedaan revisi

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari
[revisi tidak terperiksa][revisi tidak terperiksa]
Baris 795: Baris 795:
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 2"><i>Project</i> adalah objek atau gambaran yang telah dibuat melalui proses desain yang menarik sesuai dengan yang diharapkan dan dapat mewakili suatu bentuk desain yang nantinya menjadi suatu <i>projek</i> yang memiliki nilai <i>visual</i> yang menarik dan dapat digunakan sebagai sarana untuk tercapainya suatu tujuan.</p></div>
 
<p style="line-height: 2"><i>Project</i> adalah objek atau gambaran yang telah dibuat melalui proses desain yang menarik sesuai dengan yang diharapkan dan dapat mewakili suatu bentuk desain yang nantinya menjadi suatu <i>projek</i> yang memiliki nilai <i>visual</i> yang menarik dan dapat digunakan sebagai sarana untuk tercapainya suatu tujuan.</p></div>
 +
===Konsep Dasar Media===
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">'''1. Pengertian Media'''</p></div>
 +
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">Menurut Tatakrama Periklanan Indonesia [2012:55], dalam buku <i>(Intensive Advertising Course)</i> Media adalah saluran penyampaian pesan komersial kepada khalayak sasaran atau dapat dikatakan salah satu komunikasi periklanan yang dilakukan melalui saluran media tertentu, seperti televisi, surat kabar, majalah, radio, buku <i>profile</i>, papan iklan, pos langsung petunjuk penjualan, selebaran, pengantar penawaran dan alat peraga.</p></div>
 +
<p style="line-height: 2">Beberapa sarana komunikasi (media) yang dipakai dalam menyampaikan dan menyebarluaskan pesan antara lain : Media cetak, media elektronik,  papan iklan, pos langsung <i>(direct mail)</i>, petunjuk penjualan <i>(point of purchase)</i>, selebaran dan kalender. Menurut Rhenald Kasali, Manajemen Priklanan dalam buku “Konsep dan Aplikasinya di Indonesia”.</p></div>

Revisi per 19 Februari 2016 14.41

PERANCANGAN MEDIA VIDEO PROFILE SEBAGAI

MEDIA INFORMASI PADA SMA NEGERI 6

KABUPATEN TANGERANG


SKRIPSI



Disusun Oleh :

NIM
: 1021465102
NAMA


JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

STMIK RAHARJA

TANGERANG

2015/2016

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI

PERANCANGAN MEDIA VIDEO PROFILE SEBAGAI MEDIA INFORMASI

PADA SMA NEGERI 6 KABUPATEN TANGERANG

Disusun Oleh :

NIM
: 1021465102
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Multimedia Audio Visual and Broadcasting

 

 

Disahkan Oleh :

Tangerang, Januari 2016

Ketua
       
Kepala Jurusan
STMIK RAHARJA
       
Jurusan Teknik Informatika
           
           
           
           
(Ir. Untung Rahardja, M.T.I)
       
(Junaidi, M.Kom)
NIP : 000594
       
NIP : 001405

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING

PERANCANGAN MEDIA VIDEO PROFILE SEBAGAI MEDIA INFORMASI

PADA SMA NEGERI 6 KABUPATEN TANGERANG

Dibuat Oleh :

NIM
: 1021465102
Nama

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting

Tahun Akademik 2015 / 2016

Disetujui Oleh :

Tangerang, Januari 2016

Pembimbing I
   
Pembimbing II
       
       
       
       
(Wahyu Hidayat, S.I.Kom)
   
(Wahyu Hidayat, SE)
NID : 12002
   
NID : 10010

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI

PERANCANGAN MEDIA VIDEO PROFILE SEBAGAI MEDIA INFORMASI

PADA SMA NEGERI 6 KABUPATEN TANGERANG


Dibuat Oleh :

NIM
: 1021465102
Nama

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian

Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting

Tahun Akademik 2015/2016

Disetujui Penguji :

Tangerang, Januari 2016

Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
(_______________)
 
(_______________)
 
(_______________)
NID :
 
NID :
 
NID :

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI

Yang bertanda tangan dibawah ini,

NIM
: 1021465102
Nama
Jurusan
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Multimedia Audio Visual and Broadcasting

 

 

Menyatakan bahwa Laporan Skripsi ini dari awal sampai akhir merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikasi dari Laporan Skripsi yang telah dipergunakan untuk memenuhi persyaratan mengambil Skripsi guna mendapatkan gelar Sarjana Komputer di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan sebelumnya.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab serta bersedia menerima sanksi jika ternyata pernyataan di atas tidak benar.

Tangerang, Januari 2016

 
 
 
 
 
NIM : 1021465102

 

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;



ABSTRAKSI


Teknologi video dimanfaatkan secara luas untuk berbagai aplikasi dan penggunaannya tidak terbatas untuk keperluan komunikasi saja, video juga dimanfaatkan untuk bidang pendidikan, kesehatan, bisnis, hiburan dan lain-lain. Teknologi video digital sangat berkembang pesat, saat ini mudah membuat contect video atau yang lazim disebut dengan kegiatan video production dengan lebih simple, praktis dan cepat dengan hasil yang memuaskan. Video profile biasa dipergunakan oleh berbagai perusahaan, lembaga umum dan instansi pemerintah sebagai pintu gerbang go public secara murah dan cepat. SMA Negeri 6 Kab. Tangerang adalah salah satu instansi pemerintahan bidang pendidikan yang sudah berdiri selama sepuluh tahun lebih, selama ini pihak sekolah menggunakan media lisan ke lisan, pameran pendidikan dan website namun media tersebut kurang efektif dan fokus dalam menginformasikan dan memperkenalkan SMA Negeri 6 Kab. Tangerang, maka pihak sekolah membutuhkan media video profile untuk menunjang berbagai kegiatan seperti menginformasikan kepada masyarakat luas khususnya untuk siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang berniat untuk melanjutkan pendidikan ke Sekolah Menengah Atas (SMA) mengenai fasilitas, keunggulan, sistem pembelajaran, kualitas pengajar, prestasi, kegiatan ekstrakulikuler dan sebagainya. Maka dari itu karena kebutuhan tersebut penulis melakukan perancangan video yang dituangkan dalam laporan skripsi yang berjudul “PERANCANGAN MEDIA VIDEO PROFILE SEBAGAI INFORMASI PADA SMA NEGERI 6 KABUPATEN TANGERANG”.


Kata Kunci : video profile, informasi, promosi.

KATA PENGANTAR

Bismillahirrahmanirrahim

Alhamdulillah, segala puji syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT atas berkat rahmat dan karunia-Nya yang dilimpahkan kepada penulis, sehingga penulisan laporan Skripsi. Penulis sangat menyadari bahwa dalam penyusunan laporan ini masih banyak kekurangan baik dari segi bahasa dan analisanya maupun darai segi penyajiannya. Oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun guna kesempurnaan laporan ini dan juga sebagai masukan yang sangat berharga bagi penulis. Pada kesempatan ini juga penulis ingin mengucapkan banyak terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah membantu penulis dalam penulisan laporan Skripsi ini, antara lain :

1. Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I selaku Ketua STMIK Raharja.

2. Bapak Sugeng Santoso,M.Kom selaku Puket I Bidang Akademik STMIK Raharja.

3. Bapak Junaidi, M.Kom., selaku Kepala Jurusan Teknik Informatika.

4. Bapak Wahyu Hidayat, S.I.Kom., selaku Dosen Pembimbing dan Staff Ahli MAVIB yang telah meluangkan waktu, tenaga dan pikirannya untuk memberikan bimbingan, motivasi dan pengarahannya kepada penulis.

5. Bapak Wahyu Hidayat, SE., selaku staff ahli Mavib sekaligus Dosen Pembimbing II yang telah membantu dalam pembuatan Skripsi ini.

6. Terima kasih banyak kepada seluruh Dosen, yang mana telah membimbing dan memberikan materi selama proses perkulihan.

7. Terima kasih kepada seluruh pihak Akademik dan Staff atas dukungan dan bantuannya dalam bentuk informasinya.

8. Terima kasih kepada Bapak Agung Haryono, S.Pd., selaku Stakeholder dan seluruh staff dan dewan guru SMA Negeri 6 Kabupaten Tangerang yang telah membantu memberikan informasi dalam penyusunan laporan skripsi ini.

9. Kepada keluarga tercinta terutama kedua orang tuaku ibu dan bapak, dan yang telah memberikan banyak dukungan moril maupun materil serta doa dan semangat bagi penulis sehingga laporan Skripsi ini dapat terselesaikan.

10. Terima kasih kepada sahabatku dan teman-teman mahasiswa/i yang selalu memberikan masukan dan motivasi kepada penulis dalam penyusunan laporan Skripsi ini.

11. Semua pihak yang pada kesempatan ini yang telah banyak membantu penulis, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Akhir kata, semoga Allah SWT memberikan balasan rahmat kepada semua pihak yang telah membantu penulis dalam pembuatan laporan Skripsi ini.

Besar harapan penulis mudah-mudahan penulisan laporan Skripsi ini dapat memberikan manfaat dan sumbangsih pada perkembangan ilmu pengetahuan pada umumnya dan yang membaca khususnya.

Tangerang, Januari 2016
Nama. Nandang Dwi Firmansyah D.A
NIM. 1021465102



DAFTAR TABEL


Tabel 3.2 Daftar Guru dan Pegawai

Tabel 3.3 Material Produk

Tabel 3.4 Daftar Pesaing

Tabel 3.5 Budget Produksi Media

Tabel 4.3 Time Schedule

Tabel 4.4 Script Writting

Tabel 4.8 Pemain dan Crew

Tabel 4.9 Anggaran Produksi

DAFTAR BAGAN

Bagan 3.1 Struktur Organisasi

Bagan 4.1 Tahapan Konsep Produksi MAVIB

Bagan 4.2 Preproduction

Bagan 4.3 Production

Bagan 4.4 Postproduction

DAFTAR GAMBAR

Gambar 2.1 adobe Primiere Pro 2.0

Gambar 2.2 Adobe Photoshop CS2

Gambar 2.3 Corel Video Studio Pro

Gambar 4.5 Nikon D3100

Gambar 4.6 Tripot

Gambar 4.7 Micropon Shotgun

Gambar 4.10 Bumper Opening

Gambar 4.11 Jalan Menuju Sekolah

Gambar 4.12 Halaman Depan Sekolah

Gambar 4.13 ruang Piket

Gambar 4.14 Upaca Bendera

Gambar 4.15 Lapangan Sekolah

Gambar 4.16 Keseluruhan Gedung

Gambar 4.17 Ekskul Marching Band

Gambar 4.18 Ekskul Marawis

Gambar 4.19 Visi dan Misi

Gambar 4.20 Wawancara Kepala Sekolah

Gambar 4.21 Ruang Piala

Gambar 4.22 Wawancara Humas

Gambar 4.23 Wawancara Guru

Gambar 4.24 Ruang Kelas

Gambar 4.25 Lab. Komputer

Gambar 4.26 Wawancara Siswa

Gambar 4.27 Bumper Opening Final

Gambar 4.28 Jalan Menuju Sekolah Final

Gambar 4.29 Halaman Depan Sekolah Final

Gambar 4.30 Ruang Piket Final

Gambar 4.31 Upacara Bendera

Gambar 4.32 Lapangan Sekolah Final

Gambar 4.33 Keseluruhan Gedung Final

Gambar 4.34 Ekskul Marching Band Final

Gambar 4.35 Ekskul Marawis Final

Gambar 4.36 Visi dan Misi Final

Gambar 4.37 Wawancara Kepala Sekolah Final

Gambar 4.38 Ruang Piala Final

Gambar 4.39 Wawancara Humas Final

Gambar 4.40 Wawancara Guru Final

Gambar 4.41 Ruang Kelas Final

Gambar 4.42 Ruang Lab. Komputer Final

Gambar 4.43 Wawancara Siswa Final

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang Masalah

Teknologi video merupakan suatu teknologi yang sangat penting saat ini sebagai salah satu media (selain teks, image, dan audio), video menyajikan informasi yang melengkapi informasi dari media lain. Video dimanfaatkan secara luas untuk berbagai aplikasi dan penggunaannya tidak terbatas untuuk keperluan komunikasi saja, video juga dimanfaatkan untuk bidang pendidikan, kesehatan, bisnis, hiburan dan lain-lain.

Teknologi video digital sangat berkembang pesat, saat ini mudah membuat content video atau yang lazim disebut dengan hasil video production dengan lebih simple, praktis dan cepat dengan hasil yang memuaskan. Dibandingkan dengan teknologi analog, teknologi digital memungkinkan kita membuat content video dengan biaya murah karena harga komponen produksi yang digunakan dalam proses digital video production lebih praktis dengan kualitas video yang lebih baik. Banyak hasil kreatif dari proses video production yang dapat ditemui diantaranya film, sport iklan dan video clip. Selain itu, saat ini banyak yang memanfaatkan video production untuk proses dokumentasi dan pembuatan bahan ajar dalam proses e-learning.

Video profile merupakan salah satu media yang berfungsi untuk menunjang kegiatan informasi dan promosi suatu produk atau jasa yang diperlihatkan kepada masyarakat luas. Video profile biasa dipergunakan oleh berbagai sekolah, lembaga umum dan instansi pemerintahan sebagai pintu gerbang go public secara murah dan cepat.

SMA Negeri 6 Kab. Tangerang adalah salah satu instansi pemerintah bidang pendidikan yang sudah lama berdiri sejak tahun 1993, pada saat ini membutuhkan media video profile untuk menunjang berbagai kegiatan seperti menginformasikan kepada masyarakat luas khususnya untuk siswa siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang berminat untuk melanjutkan pendidikan ke Sekolah Menengah Atas (SMA) mengenai fasilitas, keunggulan, kualitas pengajaran dan sebagainya.

Dengan adanya kebutuhan diatas, maka penelitian akan mencoba memberikan solusi dengan membuat video profile sebagai media penunjang informasi dan promosi yang akan memberikan kemudahan dan kebutuhan informasi yang lebih cepat, tepat dan akurat.

Berdasarkan latar belakang tersebut, maka dalam penyusunan skripsi ini judul yang dirumuskan oleh penulis adalah “PERANCANGAN MEDIA VIDEO PROFILE SEBAGAI MEDIA INFORMASI PADA SMA NEGERI 6 KABUPATEN TANGERANG”.

Perumusan Masalah

Dari latar belakang yang disampaikan di atas, penulis merumuskan beberapa permasalahan yang ada yaitu :

  1. Bagaimana merancang bentuk media video profile yang dapat memberikan daya tarik dan nilai positif terhadap masyarakat ?

  2. Bagaimana merancang bentuk media video profile yang dapat memberikan manfaat terhadap SMA Negeri 6 Kab. Tangerang ?

  3. Media video profile seperti apa yang dapat meningkatkan citra atau image SMA Negeri 6 Kab. Tangerang ?

Ruang Lingkup Penelitian

Untuk menghasilkan penelitian yang lebih cepat, tepat dan akurat maka pada kesempatan ini penulis membatasi ruang lingkup penelitian pada Perancangan Media Video Profile sebagai Media Informasi dan Promosi pada SMA Negeri 6 Kabupaten Tangerang yang berisi mengenai sejarah, fasilitas, keunggulan, kualitas pengajar, suasana ruang kelas, keadaan gedung, sistem pembelajaran dan prestasi yang telah diraih.


Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian

  1. Sebagai penunjang informasi terhadap masyarakat luas khususnya siswa/siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) agar dapat mengetahui segala hal atau fasilitas yang terdapat di SMA Negeri 6 Kab. Tangerang.

  2. Merancang video profile memiliki tujuan sebagai media penunjang informasi untuk menyampaikan pesan atau data kepada khalayak khususnya siswa/siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) dengan menggunakan berbagai unsur komunikasi teks, audio, video, animasi dan grafik yang menarik.

  3. Untuk menambah pengetahuan, wawasan, dan pengamalan yang berharga dalam memproduksi media video profile. Mampu bekerja secara profesional untuk mengembangkan kreatifitas dalam mengembangkan ide-ide, teori maupun prakteknya. Sebagai salah satu syarat untuk mencapai gelar Sarjana Jurusan Teknik Informastika Konsentrasi MAVIB (Multimedia Audio Visual and Broadcasting) Perguruan Tinggi Raharja.

Manfaat penelitian

  1. a. Menambah wawasan dan meningkatkan pengalaman penulis dalm membuat konsep perancangan yang berhubungan dengan pembuatan media video profile.

    b. Mampu mengimplementasikan suatu ide atau gagasan kreatif ke dalam bentuk karya nyata.

    c. Mampu bersaing dan dapat menciptakan karya kreatif dan inovatifK.

  2. a. Sebagai salah satu media video profile yang dapat menyampaikan pesan atau informasi kepada masyarakat khususnya siswa siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP).

b. Dengan adanya media video profile yang dikemas dalam bentuk audio visual diharapkan dapat meningkatkan image positif.

c. Agar hasil dari penelitian ini nantinya dapat bermanfaat bagi SMA Negeri 6 Kabupaten Tangerang sebagai pengetahuan maupun sebagai salah satu refrensi dalam pengembangan informasi.

Metode Penelitian

Dalam memperoleh metode penelitian yang diperlukan untuk penyusunan Laporan Skripsi ini, penulis menggunakan beberapa metode.

Metode Pengumpulan Data

Metode dan teknik pengumpulan data yang dapat dilakukan dalam pembuatan skripsi ini adalah sebagai berikut :

  1. Metode Observasi adalah suatu metode pengumpulan data dengan cara melakukan pengamatan secara langsung terhadap objek penelitian di SMA Negeri 6 Kabupaten Tangerang 8 Oktober 2015 dengan stakeholder bernama bapak Agung Haryono, S.Pd.

  2. Metode Interview adalah suatu metode untuk mendapatkan data dengan cara wawancara atau tanya jawab secara lisan yang dilakukan dua orang atau lebih, yang berhubungan dengan penelitian yang dilakukan. Penulisa melakukan interview dengan Kepala Sekolah SMA Negeri 6 Kabupaten Tangerang, perwakilan siswa/siswi serta perwakilan pengajar SMA Negeri 6 Kabupaten Teangerang.

  3. Metode pustaka merupakan jenis penelitian yang berdasarkan pada buku-buku panduan didalam suatu penelitian.

Metode Sumber Data

Menurut sumbernya data dapat dibedakan menjadi dua bagian yaitu :

  1. Data Internal yaitu data menggambarkan keadaan atau kejadian di dalam suatu instansi pendidikan di SMA Negeri 6 Kabupaten Tangerang agar mendapatkan beberapa keterangan atau data yang diperlukan untuk pembuatan laporan skripsi ini.

  2. Data Eksternal yaitu data yang menggambarkan keadaan atau kegiatan diluar suatu instansi pendidikan SMA Negeri 6 Kabupaten Tangerang

Metode Analisa Perancangan

Media video profile dalam bentuk audio visual yang akan dijadikan media penunjang informasi SMA Negeri 6 Kab. Tangerang dengan menggunakan beberapa software yang mendukung dalam proses pembuatan media video profile diantaranya yaitu ( Adobe Premier Pro 2.0, Adobe Photoshop CS2, Corel Video Studio Pro X6).

Sistematika Penulisan

Sistematika penulisan ilmiah ini terbagi atas lima bab yaitu :

BAB I : PENDAHULUAN

Dalam bab ini diuraikan tentang Latar Belakang, Rumusan Masalah, Ruang Lingkup, Tujuan dan Manfaat, Metodologi Penelitian dan terakhir Sistematika Penulisan yang memberikan gambaran tentang keterangan deskriptif dari setiap bab.

BAB II : LANDASAN TEORI

Pada bab ini diuraikan tentang teori-teori yang penulis gunakan sebagai landasan dan acuan dalam penyelesaian penulisan laporan ilmiah, konsep dasar perancangan, informasi, promosi, media desain.

BAB III : IDENTIFIKASI MASALAH

Dalam bab ini diuraikan tentang Sejarah Singkat sekolah, Struktur Organisasi, Wewenang dan Tanggung Jawab, Product Information, Market Analisis, Potensial Market, Market Segmentation, Marketing Objective, dan Marketing Strategi.

BAB IV :KONSEP PRODUKSI MEDIA

Konsep produksi media dalam penelitian ini menggunakan Konsep Produksi Media MAVIB, atau konsep produksi media yang berbasis video. Adapun dalam konsep produksi terdapat tahap-tahapan diantaranya : Tahap Preproduction, Tahap Production, Tahap Post production.

BAB V : PENUTUP

Berisi mengenai kesimpulan yang menyampiakan poin-poin hasil penelitian sesuai dengan rumusan masalah yang disampaikan pada Bab I dan berisi saran-saran dari penelitian yang ditunjukan kepada pihak perusahaan atu lembaga.

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN

BAB II

LANDASAN TEORI

Konsep Dasar perancangan

1. Pengertian Perancangan

Menurut Pujiriyanto [2010:98], pengajaran pemahaman melalui desain. Perancangan adalah tahap wujud visual yang dihasilkan dari bentuk-bentuk kreatif yang telah direncanakan. Langkah awal dalam perancangan desain bermula dari hal-hal yang tidak teratur berupa gagasan atau ide-ide kemudian melalui proses penggarapan dan pengelolaan akan menghasilkan hal-hal yang teratur, sehingga hal-hal yang sudah teratur bisa memenuhi fungsi dan kegunaan secara baik.

2. Proses Perancangan Secara Umum

Menurut Hendi Hendratman, ST., [2011:7] ada beberapa tips dan trik dalam bentuk mendesain dikomputer, yaitu :

  1. ide

    Awal dari konsep pembuatan karya audio visual yang akan di tuangkan dalam sebuah karya pembuatan video profile agar video yang dibuat bisa efektif diterima dan membangkitkan kesan tertentu yang sulit dilupakan.

  2. Persiapan Data

    Data dapat berupa teks atau gambaran yang terlebih dahulu diseleksi, apakah data tersebut sangat penting sehingga harus ditampilkan atau data kurang penting sehingga dapat ditampilkan lebih kecil, samar atau ditiadakan sama sekali. Data dapat berupa data Informatif yaitu berupa foto atau teks dan judul serta data estetis yaitu berupa bingkai, background, efek grafis garis atau bidang.

  3. Konsep

    Alur cerita yang dimulai dari ide yang akan dituangkan kedalam sebuah projek dan di kembangkan melalui konsep, kelayakan dan segmen yang dituju. Oleh karena itu, video menjadi desain komunikasi visual agar dapat bekerja untuk membantu pihak yang membutuhkan solusi secara audio visual.

  4. Media

    Alat atau saluran untuk menyampaikan pesan atau informasi, baik melalui media catek (surat kabar, majalah) atau elektronik (radio, televisi).

  5. Visualisasi

    Proses yang dilakukan untuk mengembangkan suatu projek yang menghasilkan gambar atau suara yang lebih menarik serta lebih komunikatif.

  6. Produksi

Setelah melakukan ide dan konsep barulah masuk ke tahap produksi untuk suatu projek video profile yang akan dibuat agar hasil karya dibuat bisa menjadi suatu karya audio visual yang bisa di lihat oleh masyarakat.

3. Pengertian Project

Project adalah objek atau gambaran yang telah dibuat melalui proses desain yang menarik sesuai dengan yang diharapkan dan dapat mewakili suatu bentuk desain yang nantinya menjadi suatu projek yang memiliki nilai visual yang menarik dan dapat digunakan sebagai sarana untuk tercapainya suatu tujuan.

Konsep Dasar Media

1. Pengertian Media

Menurut Tatakrama Periklanan Indonesia [2012:55], dalam buku (Intensive Advertising Course) Media adalah saluran penyampaian pesan komersial kepada khalayak sasaran atau dapat dikatakan salah satu komunikasi periklanan yang dilakukan melalui saluran media tertentu, seperti televisi, surat kabar, majalah, radio, buku profile, papan iklan, pos langsung petunjuk penjualan, selebaran, pengantar penawaran dan alat peraga.

Beberapa sarana komunikasi (media) yang dipakai dalam menyampaikan dan menyebarluaskan pesan antara lain : Media cetak, media elektronik, papan iklan, pos langsung (direct mail), petunjuk penjualan (point of purchase), selebaran dan kalender. Menurut Rhenald Kasali, Manajemen Priklanan dalam buku “Konsep dan Aplikasinya di Indonesia”.