Pengguna:HelmiAdam

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari

Pembuatan Alat

Dalam pembuatan alat Otomatisasi Perangkat Penyejuk Ruangan Menggunakan ESP8266 pada Universitas Raharja dibutuhkan Hardware dan Software agar sistem dapat berjalan dengan baik sesuai dengan fungsinya.

Perangkat Keras (hardware)

Perangkat keras (Hardware) yang digunakan dalam Perancangan alat ini diantaranya sebagai berikut:

  1. ESP8266
  2. LED Infrared Transmitter
  3. LED Infrared Receiver
  4. Sensor Real Time Clock
  5. Sensor DHT22
  6. Jumper
  7. PCB
  8. Perangkat Penyejuk Ruangan

Perangkat Lunak (Software)

Perangkat lunak (Software) yang digunakan dalam Perancangan alat ini diantaranya sebagai berikut:

  1. Arduino IDE

    Gambar 3.9 Shortcut Software Arduino IDE

    Jika di double klik kiri shortcut maka akan muncul tampilan seperti berikut ini:

    Gambar 3.10 Tampilan Loading Screen Software Arduino IDE

    Kemudian akan muncul tampilan layar untuk menulis listing program dapat dilihat pada gambar berikut:

    Gambar 3.11 Listing Program Pada Aduino IDE 1.8.6

    Penjelasan singkat dalam memulai coding:

    1. Void setup : Untuk menetapkan nilai awal I/O suatu program.
    2. Void loop : Untuk mengeksekusi perintah suatu program yang telah dibuat di “Void setup”.
    3. Kurung kurawal : Untuk menentukan awal dan akhir dari program
  2. Adafruit.IO</p></div>
  3. </ol>

    Gambar 3.12 Tampilan Login Adafruit.IO

    Jika klik Sign in pada tampilan awal ADAFRUIT.IO maka akan muncul tampilan seperti ini:

    Gambar 3.10 Tampilan Loading Screen Software Arduino IDE

    </ol>

    Flowchart

    Berikut adalah flowchart sistem yang berjalan dan flowchart sistem usulan yang peneliti gunakan diantaranya:

    Flowchart Sistem Yang Berajalan

    Gambar 3.14 Flowchart Sistem Yang Berjalan

    Dapat dijelaskan gambar 3.14. Flowchart Sistem yang berjalan pada Universitas Raharja:

    1. 2 (dua) simbol terminal, yang berperan sebagai “Mulai” dan “Selesai” pada aliran proses flowchart sistem penyampaian informasi yang berjalan.
    2. 1 (satu) simbol input, yang menyatakan proses input output, yaitu : User mengaktifkan Perangkat Penyejuk Ruangan.
    3. 2 (dua) simbol proses, kelas mulai berjalan dan User mematikan Perangkat Penyejuk Ruangan Setelah Kelas Sudah Selesai berjalan.
    4. 1 (satu) simbol decision, yang berperan untuk menunjukan sebuah langkah pengambilan keputusan jika “iya” dan “tidak”, yaitu: Apakah Kelas sudah selesai berjalan. Jika “Ya” Perangkat Penyejuk Ruangan tidak aktif, dan jika “Tidak” Perangkat Penyejuk Ruangan masih aktif.</p></div>
    5. </ol>