Pembicaraan Pengguna:Yantie Suminto: Perbedaan revisi

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari
Baris 662: Baris 662:
 
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify">Produksi
 
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify">Produksi
 
<p style="line-height: 2">Sebuah visualisasi selesai dan disetujui oleh klien, maka proses terakhir yang diperlukan adalah proses produksi. Tujuannya adalah agar hasil visualisasi tersebut adalah dapat dipergunakan sebagaimana tujuan awalnya. Apakah sebagai media cetak , media elektronik atau media luar ruang. Proses produksi memang tidak dilakukan oleh seorang desainer tetapi desainer yang baik diharuskan untuk memahami sebuah proses produksi agar hasinya visualisasinya sesuai dengan apa yang diinginkan.</p></li>
 
<p style="line-height: 2">Sebuah visualisasi selesai dan disetujui oleh klien, maka proses terakhir yang diperlukan adalah proses produksi. Tujuannya adalah agar hasil visualisasi tersebut adalah dapat dipergunakan sebagaimana tujuan awalnya. Apakah sebagai media cetak , media elektronik atau media luar ruang. Proses produksi memang tidak dilakukan oleh seorang desainer tetapi desainer yang baik diharuskan untuk memahami sebuah proses produksi agar hasinya visualisasinya sesuai dengan apa yang diinginkan.</p></li>
</ol>
 
 
</ol>
 
</ol>
  

Revisi per 12 Januari 2017 14.08

PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI

SARANA PENUNJANG INFORMASI DAN PROMOSI

PADA PT. MAYORA INDAH, TBK.

TANGERANG


SKRIPSI


Logo stmik raharja.jpg


Disusun Oleh :

NIM
NAMA


JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

STMIK RAHARJA

TANGERANG

2016/2017


SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI

PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI

SARANA PENUNJANG INFORMASI DAN PROMOSI

PADA PT. MAYORA INDAH, TBK.

TANGERANG

Disusun Oleh :

NIM
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
Konsentrasi

 

 

Disahkan Oleh :

Tangerang, Februari 2017

Ketua
       
Kepala Jurusan
STMIK RAHARJA
       
           
           
           
           
(Ir. Untung Rahardja, M.T.I)
       
(Junaidi, M.Kom)
NIP : 000594
       
NIP : 001405

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING

PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI

SARANA PENUNJANG INFORMASI DAN PROMOSI

PADA PT. MAYORA INDAH, TBK.

TANGERANG

Dibuat Oleh :

NIM
Nama

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting

Disetujui Oleh :

Tangerang Februari 2017

Pembimbing I
   
Pembimbing II
       
       
       
       
( Drs. Sugeng Widada, M.Si.)
   
( Aris Martono, S.Kom.,M.M.S.I.)
NID : 06098
   
NID : 08197

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI

PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI

SARANA PENUNJANG INFORMASI DAN PROMOSI

PADA PT. MAYORA INDAH, TBK.

TANGERANG

Dibuat Oleh :

NIM
Nama

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian

Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting

Tahun Akademik 2016/2017

Disetujui Penguji :

Tangerang, Februari 2017

Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
(_______________)
 
(_______________)
 
(_______________)
NID :
 
NID :
 
NID :

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI

PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI

SARANA PENUNJANG INFORMASI DAN PROMOSI

PADA PT. MAYORA INDAH, TBK.

TANGERANG

Disusun Oleh :

NIM
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
Konsentrasi

 

 

Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang, Februari 2017

 
 
 
 
 
NIM : 1321475799

 

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;


ABSTRAKSI

Tujuan penelitian dengan bentuk pengajuan perancangan media komunikasi visual yang dilakukan adalah untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan dalam mencarikan solusi permasalahan yang terdapat pada dunia usaha khususnya pada PT. Mayora Indah Tbk., adalah sebuah usaha yang menghasilkan produk-produk jenis makanan dan minuman yang terdapat di wilayah Batu Ceper Kota Tangerang, sesuai dengan hasil interview yang dilakukan bahwa dalam memasarkan produk-produk yang dihasilkan saat ini agar dapat efektif dan dapat memenangkan persaingan dibutuhkan bentuk-bentuk media sarana penunjang diantaranya: rancangan media Billboard, media Spanduk, media Umbul-umbul, Topi, T-Shirt, Kalender, Payung, Mug dan Jam Dinding, dari pengajuan rancangan media tersebut untuk memenuhi kebutuhan penunjang program promosi diharapkan dapat memenuhi nilai efektifitas dalam memasarkan produk-produk yang ditujukan kepada masyarakat. Untuk menghasilkan rancangan media yang baik, menarik dan berkualitas dipergunakan Konsep Desain yang terdapat tahapan Perencanaan Media, Perencanaan Pesan dan Perencanaan Visual. Adapun manfaat dari pengajuan rancangan media yangdilakukan adalah dari pihak perusahaan dapat menaikkan hasil penjualan produk-produk yang dipasarkan, sehingga dapat meningkatkan keuntungan pihak perusahaan.


Kata Kunci: Media, Informasi dan Promosi


ABSTRACT

Research objectives with the form of the submission of the design of visual communication media does is to apply knowledge and skills in the search for solutions to the problems found in the corporate world, especially at PT. Majus Beautiful Tbk., is a business that produces the types of food products and beverages contained in Tangerang Ceper Stone area, according to the results of the interview that was done that in marketing products produced at this time in order to be effective and can win the competition required media forms including supporting means design media: media banners, billboards, media Umbul-umbul, hats, t-shirts, calendars, mugs and umbrellas, wall clock, from the submission of the draft the media to meet the needs of supporting the program promotions are expected to fulfill the value of effectiveness in marketing products directed to the community. To generate a good media design, attractive and quality used concept design contained Media Planning phases, planning and planning of the Visual Message. As for the benefits of the submission of the draft media yangdilakukan is from the company can raise the results of sales of products being marketed, so that it can increase profits a company party.


Keywords : Media, information, and promotions.


KATA PENGANTAR


Puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan rahmatnya serta karunia berupa kesehatan yang sekarang ini masih melekat pada diri penulis merupakan anugrah yang tidak ternilai harganya, dengan karunia ini akhirnya penulis dapat menyelesaikan Laporan Skripsi, dengan judul “PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI SARANA PENUNJANG INFORMASI DAN PROMOSI PADA PT. MAYORA INDAH, TBK TANGERANG” dapat berjalan dengan baik dan selesai dengan semestinya.

Tujuan dari pembuatan Skripsi ini adalah sebagai salah satu persyaratan dalam memperoleh gelar Sarjana Komputer (S.Kom) untuk jenjang S1 di Perguruan Tinggi Raharja, Cikokol Tangerang. Sebagai bahan penulisan, penulis mengambil data berdasarkan hasil observasi, wawancara, survey serta studi pustaka yang mendukung penulisan ini.

Dalam penyusunan laporan kuliah kerja praktek ini penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak, oleh sebab itu penulis ingin mengungkapkan rasa terima kasih kepada:

  1. Bapak Ir. Untung Raharja, M.T.I., selaku Ketua STMIK Raharja.
  2. Bapak Sugeng Santoso, M.Kom., selaku pembantu ketua I bagian akademik STMIK Raharja.
  3. Bapak Junaidi, M.Kom., selaku Kepala Program Studi Teknik Informatika STMIK Raharja.
  4. Bapak Drs. Sugeng Widada, M.Si., selaku staf ahli konsentrasi MAVIB (Multimedia Audio Visual and Broadcasting) dan selaku Dosen Pembimbing I yang telah banyak membimbing penulis dan memberikan masukan yang berarti dalam menyelesaikan laporan Kuliah kerja Praktek ini.
  5. Bapak Aris Martono, S.Kom.,M.M.S.I., selaku Dosen Pembimbing II yang telah banyak membimbing penulis dan memberikan masukan yang berarti dalam menyelesaikan laporan Kuliah kerja Praktek ini
  6. Bapak dan Ibu Dosen Perguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan ilmu pengetahuan kepada penulis
  7. Kepada Orang Tua, Keluarga serta pihak yang turut membantu dalam menyelesaikan laporan ini.

Demikian penulis ucapkan terima kasih, Penulis menyadari bahwa dalam penulisan Laporan Skripsi ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu kritik dan saran yang membangun, Penulis berharap semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan pembaca pada umumnya, semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa menyertai kita semua dalam meraih cita-cita menuju kesuksesan.


Tangerang, Februari 2017
Yantie Suminto
NIM. 1321475799

BAB I

PENDAHULUAN

Dalam menunjang keberhasilan penjualan produk sesuai perkembangan teknologi informasi ditentukan media-media penunjang yang memiliki daya tarik dan nilai efektifitas yang dapat mengalahksn perhatian terhadap kompetitor produk yang sejenis.

Pada dasarnya keberadaan fungsi hotel adalah sebagai sarana penunjang kegiatan berpergian jarak jauh dari tempat tinggal, sehingga dibutuhkan sarana akomodasi untuk beristirahat berupa kamar tidur. Hotel Sitamiang adalah perusahaan yang bergerak di bidang perhotelan, dengan berdirinya usaha perhotelan di salah satu daerah, khususnya untuk yang berada di daerah Bogor, yang didirikan oleh Bapak Dadan Teryana pada tahun 2010. Melihat kemajuan dalam dunia usaha untuk meningkatkan peluang bisnis didirikan Hotel Sitamiang 2, sebagai cabang di dunia bisnis, pengurus cabang Hotel Sitamiang 2 yang berada di Bogor, berinisiatif lebih meningkatkan kualitas pelayanan, fasilitas hotel, serta melakukan pembaharuan, dan pembuatan sistem yang lebih baik, maka berdirilah Hotel Sitamiang 2 di Bogor yang didirikan oleh Bapak Deden Taryana, dimana beliau juga adalah salah satu pendiri Hotel Sitamiang 1.

PT. Mayora Indah, Tbk. adalah sebuah perusahaan yang memproduksi produk Biskuit, Permen, Wafer, Coklat, Sereal, Kopi, Bubur, Mi Instan, dan Minuman, agar tetap eksis bersaing di pasaran PT. Mayora Indah, Tbk. Strategi pemasarannya menggunakan jenis media yang digunakan hingga sekarang media lini atas berupa media iklan, TV, billboard, radio dan surat kabar. Dalam menunjang mensponsori event kegiatan sesuai dengan hasil analisa melalui interview dalam menunjang event kegiatan diperlukan media spanduk, umbul-umbul, dan merchandise yang berupa topi, t-shirt, kalender, payung, mug dan jam dinding.

Sesuai dengan kesepakatan dari pihak bagian pemasaran PT. Mayora Indah, Tbk. Dalam proyek Penelitian Skripsi saya selaku mahasiswa Program Studi Teknik Informatika yang memiliki Basic kompetensi di bidang desain grafis diarahkan untuk merancang media penunjang kegiatan-kegiatan sponsorsif dan penunjang media lini atas khususnya billboard. Dalam kesempatan Skripsi saya mengambil Tema yang diberi judul “Perancangan Media Komunikasi Visual Sebagai Penunjang Informasi dan Promosi Pada PT. Mayora Indah, Tbk. Tangerang”.

Perumusan Masalah

Rumusan masalah yang akan diangkat dalam topik ini yaitu :

  1. Bentuk media apa yang dapat dijadikan penyempurnaan dalam menunjukkan nilai eksistensi produk Mayora Indah, Tbk ?

  2. Bagaimana merancang media yang dapat dijadikan daya tarik event kegiatan sponsorsif PT. Mayora Indah, Tbk?

  3. Jika media rancangan telah digunakan dan efektif target apa yang dinginkan oleh PT. Mayora Indah, Tbk?

Ruang Lingkup Penelitian

Agar pembahasan permasalahan dapat fokus dan terarah, ruang lingkup pembahasan permasalahan dibatasi pada perancangan media billboard, spanduk, umbul-umbul, dan media topi, kaos, kalender, payung, jam dinding dan ug yang dijadikan media merchandise perusahaan.

Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan Penelitian

  1. Dapat memberi kontribusi positif dalam rangka meningkatkan nilai efektifitas program promosi pada PT. Mayora Indah, Tbk.

  2. Untuk merancang desain yang menarik dan informatif serta dapat memberikan informasi lebih akurat tentang Hotel Sitamiang kepada masyarakat.

  3. Dapat menunjang target pencapaian penjualan produk setiap tahunnya.

Manfaat Penelitian

A. Manfaat Bagi Perusahaan

  1. Dengan Menggunakan Media cetak yang dikemas dalam bentuk Komunikasi Visual diharapkan bermanfaat sebagai penunjang informasi dan promosi pada PT. Mayora Indah, Tbk.

  2. Dengan menyajikan desain yang menarik dan informatif diharapkan dapat menarik calon customer.

  3. Melalui media Desain Komunikasi Visual diharapkan dapat meningkatkan image serta dapat mencapai target yang ditetapkan, dan diharpkan dapat meningkatkan omset pada tahun berikutnya. Melalui media komunikasi visual diharapkan dapat meningkatkan image serta dapat mencapai target yang ditetapkan, dan diharapkan dapat meningkatkan omset pada tahun berikutnya.

B. Manfaat Bagi Mahasiswa

  1. Sebagai sarana pembelajaran dalam merancang media komunikasi visual.

  2. Secara langsung dapat menuangkan ide ide kreatif dan keterampilan kedalam bentuk yang nyata.

  3. Salah satu syarat untuk mencapai gelar S1 sarjana jurusan Teknik Informatika konsentrasi MAVIB (Multimedia Audio Visual and Broadcasting) perguruan tinggi raharja.


Metodologi Penelitian

Metode-metode yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya Metode Analisa Permasalahan, Metode Pengumpulan Data, Metode Analisa Perancangan Media, dan Metode Konsep Desain. Seperti gambar 1.1 dibawah ini!

Berikut ini adalah uraian gambar diatas :

Metode Analisa Permasalahan

Analisa permasalahan didapatkan dari hasil interview yang dilakukan pada PT. Mayora Indah, Tbk.

Pengumpulan Data

Pengumpulan data dilakukan dengan cara :

  1. Metode Observasi

    Metode yang dilakukan untuk mengumpulkan data dan mendapatkan hal-hal yang diperlukan dalam proses penyusunan laporan penilitian dengan cara mendatangi tempat penelitian secara langsung.

  2. Metode Wawancara (Interview)

    Wawancara yang dilakukan secara terstruktur dengan mengumpulkan data-data dengan cara melakukan tanya jawab secara langsung kepada pihak-pihak yang terkait.

  3. Studi Pustaka

    Materi-materi yang dipergunakan sebagai dasar landasan diperoleh dari berbagai sumber tertulis, yaitu buku-buku panduan yang terkait dan memuat informasi-informasi yang diperlukan untuk digunakan dalam penyusunan laporan penelitian. Buku-buku panduan yang dipergunakan dalam hal ini adalah dari berbagai sumber.

Metode Analisa Perancangan Media

Perancangan media komunikasi sebagai penunjang informasi dirancang berdasarkan analisa terhadap media yang telah digunakan pada media sebelumnya, selain dari itu juga terhadap analisa kebutuhan yang diajukan kepada stakeholder, selanjutnya dirancang dengan menggunakan aplikasi program komputer grafis yaitu Adobe Photoshop CC dan Adobe Illustrator CC.

Metode Konsep Produksi Media

Konsep desain yang digunakan penulis dalam penelitian skripsi ini akan menyampaikan:

  1. Perencanaan Media

  2. Perencanaan Pesan

  3. Perencanaan Visual

Sistematika Penulisan

Agar dapat memahami lebih jelas dalam penyusunan Skripsi ini dimana masing-masing bab saling berkaitan dan menjadi satu kesatuan. Maka penulis mengelompokkan materi Skripsi ini menjadi beberapa bab dengan sistematika penulisan sebagai berikut :

BAB I PENDAHULUAN

Pada Bab ini berisikan tentang Latar Belakang Penelitian, Rumusan Masalah, Ruang Lingkup Penelitian, Tujuan dan Manfaat Penelitian, Metodologi Penelitian, dan Sistematika Penulisan yang akan dibahas dalam laporan skripsi.

BAB II LANDASAN TEORI

Pada Bab ini berisikan tentang konsep dan teori dasar yang melandasi permasalahan penelitian dan menjadi acuan penulisan sesuai dengan topic perancangan yang dibuat dalam penyusunan laporan skripsi. Yang meliputi Konsep Dasar Teori Umum dan Konsep Dasar Teori Khusus.

BAB III IDENTIFIKASI MASALAH

Pada Bab ini berisikan tentang Gambaran Umum Tentang Perusahaan meliputi Sejarah Perusahaan, Struktur Organisasi, Visi dan Misi Perusahaan, Struktur Organisasi, Wewenang dan Tanggung Jawab, Informasi Tentang Produk, Market Analisis, Potensial Market, Segmentasi Pemasaran, Tujuan Pemasaran, Stratregi Pemasaran, Budget Produksi Media, Konfigurasi Hardware, Elisitasi.

BAB IV KONSEP DESAIN

Pada bab ini membahas mengenai perencanaan (konsep media) , perencanaan pesan dan perencanaan visual.

BAB V PENUTUP

Pada Bab ini berisikan tentang Kesimpulan, Saran, danKesan yang diberikan penulis kepada Perusahaan sebagai pemecahan masalah dalam perancangan yang telah dibuat.

DAFTAR PUSTAKA

Berisikan tentang referensi yang digunakan dalam penyusunan hasil laporan skripsi.

LAMPIRAN

Berisikan daftar dari keseluruhan lampiran–lampiran yang melengkapi laporan sebagai lampiran.

BAB II

LANDASAN TEORI


Teori Umum

Konsep dasar Perancangan

  1. Pengertian Perancangan

    Menurut Gatoet Soepadmo dalam buku Panduan Mudah Merancang Bangunan, Bandung: Griya Kreasi (2013:10) [1] Perancangan adalah setiap rancangan harus memenuhi kebutuhan penggunanya dan dapat berfungsi dengan baik, fungsi timbul sebagai akibat dari adanya kebutuhan manusia dalam usaha untuk mempertahankan serta mengembangkan hidup dan kehidupannya di alam semesta ini

  2. Menurut Ruslan Efendi Nasution dalam jurnal komputasi vol.1 No.1, Lampung: Unila (2012:118) [2] Perancangan atau tahapan dimana dimulai analisa mengenai bentuk input sistem, rancangan database, output system dan skema alur kerja desain

    Menurut Pujiriyanto dalam buku Pengajaran Pemahaman Melalui Desain, Jakarta: Indeks (2012 : 27)[3] Perancangan merupakan wujud visual yang dihasilkan dari bentuk-bentuk kreatif yang telah direncanakan. Langkah awal dalam perancangan media bermula dari hal-hal yang tidak teratur berupa gagasan atau ide-ide kemudian melalui proses penggarapan dan pengelolaan akan menghasilkan hal-hal yang teratur, sehingga hal-hal yang sudah teratur bisa memenuhi fungsi dan kegunaan secara baik

    Berdasarkan kutipan sumber teori diatas pengertian perancangan adalah penggambaran, perencanaan, pembuatan skesta dari beberapa elemen yang terpisah ke dalam satu kesatuan yang utuh dan berfungsi.

  3. Proses Perancangan Secara Umum

    1. Persiapan Data

      Menurut Prof. DR. Sugiyono dalam bukunya Statistika untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta (2012:29)[4] Data adalah deskripsi tentang benda, kejadian, aktivitas, dan transaksi, yang tidak mempunyai makna atau tidak berpengaruh secara langsung kepada pemakai.

    2. Menurut Lusyani Sunarya, Radiyanto, dan Erna Susanti dalam Jurnal CCIT Vol.7 No.1, Tangerang: Perguruan Tinggi Raharja (2013:8)[5] Data adalah sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya suatu pengolahan. Data bisa berupa suatu keadaan, gambar, suara, huruf, angka, matematika, bahasa ataupun simbol-simbol lainnya yang bisa kita gunakan sebagai bahan untuk melihat lingkungan, obyek, kejadian ataupun suatu konsep

      Data berupa teks atau gambar terlebih dahulu harus kita pilah dan seleksi, apakah data itu sangat penting sehingga harus tampil atau kurang penting sehingga bisa ditampilkan lebih kecil, samar atau dibuang sama sekali. Data bisa berupa data informatif atau data estesis. Data informatif bisa berupa foto atau teks dan judul. Data estesis bisa berupa bingkai, background, efek grafis garis atau bidang. Untuk desain menggunakan komputer, data harus dalam format digital atau file, oleh karena itu peralatan yang diperlukan untuk merubah data analog ke digital seperti scanner, kamera digital akan sangat membantu.

    3. Ide

      Untuk mencari ide yang kreatif diperlukan studi banding, wawancara dan lain-lain agar desain yang dibuat bisa efektif diterima dan membangkitkan kesan tertentu yang sulit dilupakan.

    4. Konsep

      Hasil kerja berupa pemikiran yang menentukan tujuan-tujuan , kelayakan dan segmen yang dituju. Oleh karena itu desain grafis menjadi desain komunikasi visual agar dapat bekerja untuk membantu pihak yang membutuhkan solusi secara visual.

    5. Media

      Untuk mencapai kriteria ke sasaran atau segmen yang dituju diperlukan studi kelayakan yang cocok dan efektif untuk mencapai tujuannya. Media biasa berupa cetak , elektronik , luar ruang dan lain-lain.

    6. Visualisasi

      Yang dimaksud visualisasi disini adalah sebuah penjabaran yang berasal dari sebuah konsep kedalam bentuk visual. Visualisasi sangat erat kaitannya dengan pemilihan warna, layout sampai finishing. Hasil akhir yang didapat dari proses ini adalah sebuah visualisasi desain yang sesuai dengan kemauan klien.

    7. Produksi

      Sebuah visualisasi selesai dan disetujui oleh klien, maka proses terakhir yang diperlukan adalah proses produksi. Tujuannya adalah agar hasil visualisasi tersebut adalah dapat dipergunakan sebagaimana tujuan awalnya. Apakah sebagai media cetak , media elektronik atau media luar ruang. Proses produksi memang tidak dilakukan oleh seorang desainer tetapi desainer yang baik diharuskan untuk memahami sebuah proses produksi agar hasinya visualisasinya sesuai dengan apa yang diinginkan.

    Pengertian Project

    Menurut Fandy Tjiptono dalam buku Media Strategi Pemasaran, Yogyakarta: Andi Offset (2012 : 219) [6] Project adalah objek atau gambar yang telah dibuat melalui proses desain yang menarik sesuai dengan yang diharapkan dan dapat mewakili suatu bentuk desain yang nantinya menjadi suatu project yang memiliki nilai visual yang menarik dan dapat digunakan sebagai sarana untuk tercapainya suatu tujuan

    </li>

    Duwi Priyatno dalam buku yang berjudul Mandiri Belajar Analisis Data Dengan SPSS, Yogyakarta: Mediakom (2011: 35) [7]


Kesalahan pengutipan: Tag <ref> ditemukan, tapi tag <references/> tidak ditemukan