KP1414483203

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari

PENGEMBANGAN SISTEM GO+ BERBASIS APLIKASI

MOBILE SEBAGAI MEDIA INFORMASI

PEMBAYARAN MAHASISWA PADA

PERGURUAN TINGGI


LAPORAN KULIAH KERJA PRAKTEK


jpg


OLEH :

NAMA : Made Bunga Thalia

NIM : 1414483203


JURUSAN SISTEM INFORMASI

KONSENTRASI KOMPUTERISASI AKUNTANSI

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

STMIK RAHARJA

TANGERANG

(2016/2017)

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING

PENGEMBANGAN SISTEM GO+ BERBASIS APLIKASI MOBILE

SEBAGAI MEDIA INFORMASI PEMBAYARAN MAHASISWA

PADA PERGURUAN TINGGI


Dibuat Oleh :

NIM
: 14144832032
Nama

 

Diajukan guna melengkapi sebagai syarat untuk mengikuti Kuliah Kerja Praktek

pada Jurusan Sistem Informasi

Konsentrasi Komputerisasi Akuntansi

STMIK Raharja Tahun Akademik 2016/2017


Tangerang, July 2017

Dosen Pembimbing
       
       
       
       
(Ir. Untung Rahardja, M.T.I)
NID : 99001



SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR KEASLIAN KULIAH KERJA PRAKTEK



Disusun Oleh :

NIM
: 1414483203
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Sistem Informasi
Konsentrasi
: Komputerisasi Akuntansi

 

 

Menyatakan bahwa Laporan KKP ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan atau duplikat dari Laporan KKP yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik dilingkungan Perguruan Tinggi Raharja, maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang, July 2017

 
 
 
 
 
NIM : 1414483203

 

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;



ABSTRAKSI

Sebuah sistem informasi sangat diperlukan di sebuah instansi sebagai penunjang tercapainya keberhasilan yang ingin dicapai oleh instansi itu sendiri. Dengan adanya sistem informasi yang cepat dan akurat, instansi akan dinilai baik. Sama halnya pada Perguruan Tinggi Raharja khususnya bagian Layanan Keuangan Mahasiswa, informasi pembayaran sangatlah penting untuk menginformasikan kepada mahasiswa. Pada Perguruan Tinggi Raharja, sistem yang berjalan saat ini sudah berbasis web dan online yaitu pada sistem GO+. GO+ ini merupakan sistem informasi pembayaran bagi mahasiswa yang menginformasikan pembayaran SKS dan Registrasi. Namun, dalam penelitian sistem berbasis web yang berjalan saat ini terdapat 3(tiga) permasalahan. Maka, dengan didukung oleh 2(dua) metode penelitian dan 6 (enam) ruang lingkup, penelitian ini diharapkan mampu mengatasi permasalahan pada sistem sebelumnya dengan dikembangkannya sistem GO+ ini menjadi Mobile Application yang ditujukan untuk mahasiswa. Peranan Mobile Application sangatlah penting dan membantu sebagai alat pendukung dan penunjang keberhasilan untuk mengolah atau memproses suatu informasi baik untuk setiap instansi maupun perusahaan. Dengan adanya Mobile Application ini, mahasiswa diharapkan dapat dengan mudah melihat rincian pembayaran pada GO+ langsung dari gadget. Dari apa yang telah dijabarkan, maka perlu adanya pengembangan sistem ini agar sistem dapat lebih bermanfaat bagi pengguna.

Kata Kunci: GO+,Mobile Application, Pembayaran.

ABSTRACT

An information system is needed in an agency to support the achievement of the success to be achieved by the agency itself. With the existence of a fast and accurate information system, agencies will be considered good. Similarly in Raharja University especially the Student Financial Services section, payment information is very important to inform the students. At Raharja Higher Education, the current system is web-based and online on the GO + system. GO + This is a payment information system for students who inform the payment of SKS and Registration. However, in the research of web-based systems that run today there are 3 (three) problems. Thus, supported by 2 (two) research methods and 6 (six) scopes, this research is expected to overcome the problems in the previous system with the development of GO + system into Mobile Application for students. The role of Mobile Application is very important and help as a supporting tool and support success to process or process an information both for each agency and company. With this Mobile Application, students are expected to easily view payment details on GO + directly from the gadget. From what has been described, it is necessary for the development of this system so that the system can be more useful for users.

Keywords: GO +, Mobile Application, Payments.

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang telah melimpahkan segala rahmat dan karunia-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan Laporan Kuliah Kerja Praktek ini dengan baik dan selesai tepat waktu. Adapun judul penulisan KKP ini adalah sebagai berikut :

“PENGEMBANGAN SISTEM GO+ BERBASIS APLIKASI MOBILE SEBAGAI MEDIA INFORMASI PEMBAYARAN MAHASISWA PADA PERGURUAN TINGGI”

Penulisan laporan Kuliah Kerja Praktek ini disusun sebagai salah satu syarat guna melengkapi kurikulum perkuliahan dan mengikuti Skripsi. Sebagai bahan penulisan, Penulis memperoleh informasi berdasarkan hasil observasi dan studi pustaka dari berbagai sumber yang mendukung penulisan laporan ini.

Hati kecil ini pun menyadari bahwa tanpa bimbingan dan dorongan dari semua pihak penyusunan laporan Kuliah Kerja Praktek ini tidak akan berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Oleh karena itu pada kesempatan yang singkat ini, izinkanlah penulis menyampaikan selaksa pujian dan terimakasih kepada :

    M
  1. Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I selaku Presiden Direktur Perguruan Tinggi Raharja dan selaku Ketua Perguruan Tinggi Raharja danjuga sebagai Dosen Pembimbing yang telah berkenan memberikan bimbingan dan pengarahan kepada penulis.
  2. Bapak Sugeng Santoso, M.Kom selaku Pembantu Ketua 1 STMIK Raharja.
  3. Ibu Nur Azizah, M.Akt.,M.Kom., sebagai Kepala Jurusan Sistem Informasi Perguruan Tinggi Raharja.
  4. Ibu Nur Azizah,M.Akt., M.Kom selaku Kepala Jurusan Sistem Informasi.
  5. Bapak dan Ibu Dosen Perguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan ilmu pengetahuan kepada penulis.
  6. Kedua orang tua, adik. kakak dan semua saudara dalam keluarga yang telah memberikan dukungan baik moril, materil, maupun doa untuk keberhasilan kepada penulis dalam menyelesaikan laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP) ini.
  7. Ka Eka Purnama Harahap S.Kom yang telah membimbing dan mengarahkan penulis.
  8. Ka Ninda Lutfiani, S.Kom yang telah membimbing dan mengalahkan penulis.
  9. Rekan-rekan seperjuangan grup SEIHA ( Dwi Anjani, Randy Wijaya, Sarah Pratiwi, Yustin Novita Dewi).
  10. Teman-teman seperjuangan dan keluarga besar TIMUR ( Edelweiss, Auror, SWAN ).
  11. Divisi Keuangan ( Ibu Tuti, Ibu Sari, Ka Debby, Ka Yessy, Ibu Wati, Ibu Nova, Bp Evan ).
  12. Zaimi Akhmad Zamzami, Ka Yuliana Isma Graha, Ka Fella Megita, Ka Heni Triyani, Ka Fernanda Setyobudi.

Penulis menyadari bahwa dalam penulisan Laporan KKP ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu kritik dan saran yang membangun, penulis harapkan sebagai pemicu untuk dapat berkarya lebih baik lagi. Semoga Laporan KKP ini bermanfaat bagi pihak yang membutuhkan.


Tangerang, July 2017
Made Bunga Thalia
NIM. 1414483203



BAB I

PENDAHULUAN


Latar Belakang

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ditandai dengan kemajuan di bidang teknologi komunikasi dan informasi saat ini telah berkembang begitu pesat. Informasi yang cepat dan akurat sangatlah dibutuhkan pada saat ini, salah satunya adalah pada bidang keuangan dalam instansi tertentu. Sistem yang terkomputerisasi menjadi sebuah kebutuhan terpenting di era globalisasi saat ini karena dapat mengurangi resiko kehilangan data, mudah dalam melakiukan pengolahan data dan tidak memerlukan waktu yang lama.

Perkembangan teknologi pada telepon selular sekarang sudah berkembang dengan menggunakan teknologi sistem operasi Android yang memungkinkan penggunaan telepon selular untuk membuat aplikasi berbasis sistem operasi Android yang dapat dijalankan pada telepon selular yang mendukung Android platform. Dengan adanya teknologi Android, pengguna telepon selular dapat melakukan kreasi sendiri ataupun men-download aplikasi Android untuk kemudian digunakan pada telepon selularnya.

Menurut Turban (2012, p277), Mobile application juga biasa disebut dengan mobile apps, yaitu istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan aplikasi internet yang berjalan pada smartphone atau piranti mobile lainnya. Aplikasi mobile biasanya membantu para penggunanya untuk terkoneksi dengan layanan internet yang biasa diakses pada PC atau mempermudah mereka untuk menggunakan aplikasi internet pada piranti yang bisa dibawa.

Perguruan Tinggi Raharja merupakan salah satu institusi pendidikan yang bergerak di bidang teknologi informasi yang tidak berhenti menghasilkan pembaruan dalam sistem pelayanannya. Oleh karena itu, Perguruan Tinggi Raharja selalu melakukan peningkatan, pengembangan, baik berupa sistem pembayaran kampus maupun sistem pelayanan yang ditetapkan di Perguruan Tinggi Raharja. Sebelumnya untuk melihat tagihan SKS maupun Registrasi, Mahasiswa harus meminta kebagian kasir terlebih dahulu jika ingin mengetahui besar pembayaran sehingga membuang-buang waktu. Oleh karena itu sistem online sangat berperan penting dalam kualitas pelayanan kampus terutama untuk pelayanan keuangan untuk mahasiswa.

Menurut Renstra Manajemen Perguruan Tinggi Raharja Tahun 2014-2015 pada Bagian Keuangan Tahun Akademik 2014-2015 pada poin ke-lima “Sistem Pembayaran Online Pada Layanan Keuangan Mahasiswa”. Saat ini Perguruan Tinggi Raharja membutuhkan sebuah pengembangan dalam sistem yang mampu menangani pelaporan keuangan dalam Perguruan Tinggi Raharja.

Gambar 1.1 Renstra Manajemen Perguruan Tinggi Raharja Tahun

Green Orchestra (GO) adalah instrumen IT Financial accounting system pada Perguruan Tinggi Raharja yang dapat diakses pada jaringan lokal atau pelayanan yang berada di dalam komponen SiS (Student iLearning Service) yang memberikan fasilitas kepada mahasiswa untuk dapat melihat tagihan rincian pembayaran perkuliahan. Bukan hanya itu saja GO merupakan sistem pelayanan pada kampus yang salah satu di dalam GO terdapat menu kasir untuk melakukan input pembayaran RBR (Rincian Biaya Registrasi) dan RBK (Rincian Biaya Kuliah) mahasiswa.

Saat ini sistem GO sudah dikembangkan yaitu bernama sistem Green Orchestra Plus atau disebut dengan GO+, sistem GO+ memiliki informasi tentang pembayaran mahasiswa yang diantaranya terdapat Viewboard, Menu RBK (Rincian Biaya Kuliah), Menu RBR (Rincian Biaya Registrasi), Menu Virtual Account, dan Menu Konfirmasi Pembayaran.

Berdasarkan Latar Belakang diatas guna memaksimalkan pelayanan keuangan mahasiswa dalam pemberian informasi mengenai pembayaran pada Perguruan Tinggi Raharja, maka penulis merasa tertarik untuk mengembangkan sistem yang berjalan saat ini yang dituangkan pada laporan KKP (Kuliah Kerja Praktek) dengan judul .

“PENGEMBANGAN SISTEM GO+ BERBASIS APLIKASI MOBILE SEBAGAI MEDIA INFORMASI PEMBAYARAN MAHASISWA PADA PERGURUAN TINGGI”

Rumusan Masalah

Pada Perguruan Tinggi Raharja terdapat layanan untuk mahasiswa dapat melihat sendiri besar biaya tagihan mereka baik untuk SKS maupun Registrasi, mahasiswa dapat melihatnya di BOX SIS yang terdapat di kampus, namun cara ini dinilai kurang efektif karena mahasiswa diharuskan datang kekampus untuk melihat pembayaran, dengan cara Swipe Card pada BOX SIS, maka dari itu diluncurkannya GO+ (GOPlus) yang merupakan layanan keuangan online yang diperuntukan untuk bagian kasir dan mahasiswa, layanan keuangan online ini berbasis website yang memudahkan mahasiswa dalam pengecekan biaya tagihan semester dimana saja dengan jaringan internet sendiri.

Namun karena masih berbasis website, terdapat kendala saat browsing yaitu terkadang kembali ke menu awal jika jaringan sedang tidak stabil. Berdasarkan latar belakang di atas, penulis mengidentifikasikan masalah sebagai berikut :

  1. Bagaimana Sistem dapat dikembangkan menjadi Mobile App?

  2. Bagaimana Sistem dapat memudahkan mahasiswa dalam hal informasi pembayaran mahasiswa?

  3. Bagaimana Sistem Dapat menghasilkan informasi pembayaran yang akurat, mudah dan efektif bagi mahasiswa Perguruan Tinggi Raharja?

Ruang Lingkup Penelitian

Masalah yang akan dibahas dalam penulisan ini dibatasi hanya pada masalah tentang media informasi pembayaran mahasiswa. Dimulai dari metode yang telah digunakan hingga metode yang lebih dengan menggunakan suatu sistem yang dapat menunjang untuk mempermudah dalam proses informasi pembayaran mahasiswa.

Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian bertujuan agar dapat dilaksanakannya suatu penelitian. Oleh karena itu sangat berkaitan dengan jenis penelitian yang dilakukan. Tujuan berkaitan erat dengan rumusan masalah yang ditentukan dan pada jawaban terdapat pada kesimpulan penelitian. Tujuan penelitian dijabarkan, seperti biasa menggunakan kata-kata kerja pembuka diantaranya: menjelaskan, menemukan, menganalisis, menguraikan, menilai, menguji, membandingkan, menemukan hubungan, memperoleh data atau pengetahuan maupun keterangan tentang peneliti. Tujuan dari penelitian ini diantaranya :

  1. Memudahkan Mahasiswa dalam pengecekan biaya SKS maupun Registrasi.

  2. Dengan menggunakan Mobile Apps, memudahkan mahasiswa dalam pengecekan.

  3. Menghasilkan informasi tagihan yang akurat untuk mahasiswa.

Manfaat penelitian

Manfaat penelitian yaitu masalah dari tercapainya tujuan dan akan terjawabnya rumusan masalah secara akurat. Adapun manfaat dari penelitian ini adalah :

  1. Dapat memudahkan mahasiswa dalam mengakses GOPlus yang merupakan layanan pembayaran mahasiswa dengan sekali klik pada Gadget Android.

  2. Perguruan Tinggi Raharja juga dimudahkan dengan layanan ini kerena dapat mengurangi jumlah antrian pada kasir atau BOX SIS hanya untuk melihat rincian pembayaran.

Metode Penelitian

Pengumpulan Data

Untuk pengumpulan data penulis melakukan beberapa metode:

  1. Metode Observasi (Pengamatan)

    Penelitian ini dilakukan pengamatan selama 6 bulan dengan cara mendatangi langsung tempat penelitian di Layanan Keuangan Perguruan Tinggi Raharja.

  2. Metode Studi Pustaka

    Studi pustaka sangat berperan penting dalam mendukung kelancaran KKP ( Kuliah Kerja Praktek ) karena sumber historical data salah satunya bersumber dari studi pustaka. Dengan studi pustaka , kita dapat menambah wawasan berfikir dan informasi

Metode Analisis

Metode analisis sistem yang digunakan yaitu berupa analisis SWOT. SWOT adalah sebuah metode prosedur analisis kondisi yang mengklarifikasi kondisi objek dalam empat kategori Strength (Kekuatan), Weakness (Kelemahan), Opportunity (Faktor Pendukung) dan Threat (Faktor Penghambat atau Ancaman) terhadap sistem GO+ versi Android ini, sehingga dapat menganalisa apa saja yang mencakup dalam SWOT.

Sistematika Penulisan

Untuk memahami lebih jelas laporan ini, maka materi-materi yang tertera pada Laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP) ini dikelompokkan menjadi beberapa sub bab dengan sistematika penyampaian sebagai berikut :

BAB I PENDAHULUAN

Bab ini menjelaskan tentang Latar belakang, Rumusan masalah, Tujuan dan Manfaat penelitian, Ruang lingkup, Metode penelitian dan Sistematika penulisan laporan.

BAB II LANDASAN TEORI

Pada bab ini membahas mengenai konsep pengembangan sistem, konsep dasar sistem, konsep dasar analisa sistem, konsep dasar media dan informasi, konsep dasar sistem informasi, konsep pembayaran, definisi internet, konsep dasar website, definisi mobile application, definisi android, definisi GO, konsep dasar uml, konsep dasar ten pilar ilearning(TPi), konsep dasar future IT Raharja (FIR), definisi SIS+, definisi virtual account, definisi GO+, definisi magics channel, konsep dasar analisa swot, konsep dasar studi pustaka (literature review)

BAB III PEMBAHASAN

Bab ini berisikan gambaran dan sejarah singkat Perguruan Tinggi Raharja, struktur organisasi, permasalahan yang dihadapi, alternatif pemecahan masalah, analisa proses, UML (Unified Modelling Language) sistem yang berjalan, serta alternatif pemecahan masalah.

BAB IV PENUTUP

Bab ini berisi kesimpulan dan saran yang berkaitan dengan analisa dan optimalisasi sistem berdasarkan yang telah diuraikan pada bab-bab sebelumnya.

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN

BAB II

LANDASAN TEORI

Teori Umum

Konsep Pengembangan Sistem

Definisi Pengembangan

Menurut Seels & Richey (Alim Sumarno, 2012),[1] “Pengembangan berarti proses menterjemahkan atau menjabarkan spesifikasi rancangan ke dalam bentuk fitur fisik”. Pengembangan secara khusus berarti proses menghasilkan bahan-bahan pembelajaran.

Sementara itu Tessmer dan Richey (Alim Sumarno, 2012),[1] “Pengembangan memusatkan perhatiannya tidak hanya pada analisis kebutuhan, tetapi juga isu-isu luas tentang analisis awal-akhir, seperti analisi kontekstual”. Pengembangan bertujuan untuk menghasilkan produk berdasarkan temuan-temuan uji lapangan

Berdasarkan pengertian diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa pengembangan adalah proses menterjemahkan spesifikasi rancangan dengan memusatkan perhatiannya tidak hanya pada analisis kebutuhan.

Tujuan Pengembangan Sistem

Adapun tujuan yang hendak dicapai dari tahap pengembangan sistem mempunyai maksud atau tujuan utama, yaitu sebagai berikut:

  1. Untuk memenuhi kebutuhan pemakaian sistem (user)

  2. Untuk memberikan gambaran yang jelas dan menghasilkan pengembangan yang dapat memberikan kemudahan kepada pemograman komputer dan ahli-ahli teknik lainnya yang terlibat dalam pengguna sistem.

Konsep Dasar Sistem

Definisi Sistem

I Putu Agus Eka Pratama (2013:7),[2] berpendapat bahwa “Sistem adalah sekumpulan prosedur yang saling berkaitan dan saling terhubung untuk melakukan suatu tugas bersama–sama.”. sedangkan menurut Tata Sutabri (2012:10),[3] “Sistem adalah suatu kumpulan atau himpunan dari unsur, komponen, atau variable yang terorganisir, saling berinteraksi, saling tergantung satu sama lain, dan terpadu”

Berdasarkan beberapa pengertian di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa sistem adalah Kumpulan atau Seperangkat elemen-elemen yang saling berkaitan dan berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu.


Karakteristik Sistem

Menurut Jogiyanto dalam bukunya Yakub (2012:1).[4] Suatu sistem mempunyai karakteristik. Karakteristik sistem adalah sebagai berikut ini :

  1. Suatu sistem mempunyai komponen-komponen sistem (components) atau subsistem - subsistem.

    Suatu sistem terdiri dari sejumlah komponen-komponen yang saling berinteraksi, yang artinya saling bekerja sama dalam membentuk suatu kesatuan. Komponen sistem tersebut dapat berupa suatu bentuk subsistem.

  2. Suatu sistem mempunyai batas sistem (boundary)

    Batasan sistem membatasi antara sistem yang satu dengan yang lainnya atau sistem dengan lingkungan luarnya.

  3. Suatu sistem mempunyai lingkungan luar (environment)

    Lingkungan luar sistem adalah suatu bentuk apapun yang ada diluar ruang lingkup atau batasan sistem yang mempengaruhi operasi sistem tersebut.

  4. Suatu sistem mempunyai penghubung (interface)

    Penghubung sistem merupakan media yang menghubungkan sistem dengan subsistem yang lain, dengan demikian dapat terjadi suatu integrasi sistem yang membentuk suatu kesatuan.

  5. Suatu sistem mempunyai tujuan (goals)

    Suatu sistem pasti mempunyai tujuan (goals) atau sasaran sistem (objective). Sebuah sistem dikatakan berhasil apabila mengenai sasaran atau tujuannya, jika suatu sistem tidak mempunyai tujuan maka operasi sistem tidak akan ada gunanya.


DAFTAR PUSTAKA

  1. 1,0 1,1 Alim Sumarno. (2012). Perbedaan Penelitian dan Pengembangan. http://blog.elearning.unesa.ac.id/alim-sumarno/perbedaan-penelitian-danpengembangan diakses tanggal 16 juli 2012
  2. I Putu Agus Eka Pratama, ”Sistem Informasi dan implementasinya”, Bandung:Informatika, 2014
  3. Tata Sutabri. 2012. Konsep Sistem Informasi.Yogyakarta: Andi Offset.
  4. Yakub. 2012. Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu

Contributors

Bungathalia