KP1221473551

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari

LAPORAN KULIAH KERJA PRAKTEK MULTIMEDIA

AUDIO VISUAL AND BROADCASTING BIDANG

JURU KAMERA CORPORATE CULTURE

PADA PT. GMF AEROASIA



Logo stmik raharja.jpg



Disusun Oleh:

1221473551 NOVIAR JALU SASONGKO



SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STIMIK) RAHARJA

TANGERANG

(2015/2016)



LEMBAR PERSETUJUAN



LAPORAN KULIAH KERJA PRAKTEK MULTIMEDIA

AUDIO VISUAL AND BROADCASTING BIDANG

JURU KAMERA CORPORATE CULTURE

PADA PT. GMF AEROASIA



Diajukan guna melengkapi sebagai syarat untuk mengikuti Skripsi

Pada Jurusan Teknik Informatika STMIK Raharja.



Tangerang Januari 2016



Dosen Pembimbing




( Adi Kusuma Widya Tama, S.Kom )

NID. 15006



SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STIMIK) RAHARJA



LEMBAR KEASLIAN KULIAH KERJA PRAKTEK


Saya yang bertandatangan di bawah ini,

NIM
: 1221473551
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Multimedia Audio Visual and Broadcasting


Menyatakan bahwa Kuliah Kerja Praktek (KKP) ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan atau duplikat dari Kuliah Kerja Praktek (KKP) yang telah dipergunakan untuk melanjutkan dalam pembuatan Skripsi baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja, maupun Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah diduplikasikan.


Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab serta bersedia menerima sangsi jika pernyataan di atas tidak benar.


Tangerang, Januari 2016
Noviar Jalu Sasongko
NIM. 1221473551

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;


ABSTRAKSI

Perkembangan teknologi informasi sudah sangat pesat peningkatannya, baik dalam bidang pendidikan, maupun perusahaan. Perusahaan yang bergerak dalam bidang pemeliharaan dan Perbaikan Organisasi (MRO) bisnis, membutuhkan teknologi maupun informasi, teknologi dan informasi tersebut terdapat pada Unit Corporate Culture. Dalam Unit Corporate Culture PT. GMF AeroAsia menggunakan berbagai jenis promosi yang salah satunya yaitu Digital Promotion. Pada Digital Promotion di PT. GMF AeroAsia memperkenalkan sebuah budaya kerja, maupun aktifitas suasana lingkungan kerja melalui media digital. Maka dari itu, generasi muda saat ini sudah mempunyai berbagai macam sosial media sehingga generasi muda dapat melihat informasi – informasi kegiatan acara yang di share melalui media sosial. Oleh karena itu Kuliah Kerja Praktek tersebut perlu dilaksanakan dalam menunjang kegiatan Digital Promotion. Dimana Kuliah Kerja Praktek ini mahasiswa dapat belajar bekerja langsung di perusahaan dan mendapatkan pengalaman, pengetahuan, serta wawasan dalam dunia kerja nyata. Untuk setiap tugas dan pekerjaan yang dilakukan penulis selama proses Kuliah Kerja Praktek akan dirangkum dalam sebuah laporan yang berjudul : “LAPORAN KULIAH KERJA PRAKTEK MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING BAGIAN JURU KAMERA CORPORATE CULTURE PADA PT. GMF AEROASIA”.

Kata Kunci: [KKP, Juru KameraMedia, Multimedia, Pengambilan Gambar, Komunikasi Visual, Industri.]



'KATA PENGANTAR

Bismillahirrahmanirrahim, Dengan mengucapkan syukur Alhamdulillah atas Rahmat dan Hidayah yang diberikan Allah SWT kepada penulis sehingga dapat menyelesaikan dan menyusun Laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP) ini, dengan judul “LAPORAN KULIAH KERJA PRAKTEK MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING BAGIAN JURU KAMERA CORPORATE CULTURE PADA PT. GMF AEROASIA”.".

Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan laporan ini masih terdapat banyak kekurangan, dikarenakan keterbatasan kemampuan penulis dalam mendapatkan berbagai sumber yang menjadi bahan acuan dalam penyusunan. Oleh karena itu penulis mengharapkan saran dan kritik yang membangun agar dapat dimanfaatkan pada masa yang akan datang. Untuk itu pada kesempatan ini penulis mengucapkan banyak terima kasih yang sebesar - besarnya terutama kepada :

  1. Allah SWT yang selalu memberikan Karunia-Nya serta nikmat hidup yang tiada hentinya.
  2. Bapak. Ir. Untung Rahardja, M.T.I., selaku Ketua STMIK Raharja.
  3. Bapak Sugeng Santoso, M.Kom., selaku Pembantu Ketua I Bidang Akademik STMIK RAHARJA.
  4. Bapak Junaidi, M.Kom., selaku Kepala Jurusan Teknik Informatika Perguruan Tinggi Raharja.
  5. Bapak Adi Kusuma Widya Tama, S.Kom, selaku pembimbing yang telah meluangkan waktu, pikiran dan tenaganya untuk membantu dan memberikan bimbingan serta pengarahan kepada penulis.
  6. Ibu Andhini PN, selaku pembimbing lapangan yang telah banyak membantu selama penulis melaksanakan Kuliah Kerja Praktek pada PT. GMF AeroAsia.
  7. Bapak dan Ibu Dosen Perguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan pengetahuan kepada penulis.
  8. Bapak, Ibu, adik, dan Keluarga saya yang telah membantu saya memberikan materi dan memberikan doa demi kelancaran hingga Kuliah Kerja Praktek ini selesai.
  9. Teman-teman komunitas MAVIB serta sahabat-sahabat dan seluruh mahasiswa STMIK Raharja yang tidak bisa disebutkan satu persatu yang telah banyak membantu dan sudah memberikan dukungan kepada saya.
  10. Intan Fauziah, selaku orang terkasih yang selalu memberi semangat dan motivasi dalam penulisan KKP ini.
  11. Untuk Managemen BAKO’S entertainment, Ardi Mulyana, dan Ray Tri Nugroho.
  12. Mas Aji (CEO hellotangerang.com), Yang telah membantu saya dalam melakukan KKP.
  13. Teman-teman yang selalu mendukung, Siti Isnaini, Iqbal Fadillah, Novan Nanda Ajita, teman-teman seperjuangan KKP di PT. GMF AeroAsia, dan seluruh teman-teman saya yang masih banyak lagi yang tidak bisa saya sebutkan namanya satu persatu.

  14. Penulis menyadari masih banyak kekurangan dalam penyusunan laporan ini, untuk itu penulis sangat mengharapkan saran dan kritik dari seluruh pihak untuk menyempurnakan laporan ini. Penulis berharap semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan pembaca pada umumnya, semoga Allah SWT senantiasa menyertai langkah kita semua dalam meraih cita-cita menuju kesuksesan, Aamiin Ya Rabbal’alamin.


    Tangerang, Januari 2016
    Noviar Jalu Sasongko
    NIM. 1221473551


    DAFTAR ISI

    HALAMAN JUDUL

    LEMBAR PERSETUJUAN

    LEMBAR PENGESAHAN

    ABSTRAKSI

    KATA PENGANTAR

    DAFTAR ISI

    DAFTAR GAMBAR

    DAFTAR LAMPIRAN

     

    BAB I PENDAHULUAN

    1.1 Latar Belakang Kuliah Kerja Praktek

    1.2 Maksud dan Tujuan Kuliah Kerja Praktek

    1.2.1 Maksud Kuliah Kerja Praktek

    1.2.2 Tujuan Kuliah Kerja Praktek

    1.3 Manfaat Kuliah Kerja Praktek

    1.4 Metodologi Penyusunan laporan Kuliah Kerja Praktek

    1.5 Sistematika Penulisan

     

    BAB II Landasan Teorip

    2.1 Teori Umum

    2.1.1 Proses Perancangan Laporan

    2.2 Teori Khusus

    2.3 Literature Rivew

     

    BAB III PEMBAHASAN

    3.1. Profil Perusahaan

    3.1.1 Sejarah Singkat Perusahaan

    3.1.2 Ruang Lingkup

    3.1.3 Visi Misi Perusahaan

    3.2. Tinjauan umum

    3.2.1. Skema alur kerja

    3.2.2. Alur Kerja

    3.3. Tinjauan Khusus

    3.3.1 Daftar Project

    3.3.2 Latar Belakang dan Konsep Desain

     

    BAB IV PENUTUP

    4.1 Kesimpulan

    4.2 Saran

    4.3 Kesan

     

    DAFTAR PUSTAKA

    LAMPIRAN

     

     

     

     

     

     

     

    DAFTAR GAMBAR

    Gambar 2.1. Pilar Kualitas Informasi

    Gambar 2.2. Bird Eye Vew

    Gambar 2.3. Hight Engle

    Gambar 2.4. Low Angle

    Gambar 2.5 Low Angle

    Gambar 2.6. Frog Eye

    Gambar 2.7. Extream Close Up

    Gambar 2.8. Big Close Up

    Gambar 2.9. Close Up

    Gambar 2.10. Medium Close Up

    Gambar 2.11. Medium Close

    Gambar 3.1. Struktur Organisasi PT GMF Aero Asia

    Gambar 3.2. Skema Alur Kerja

     

     

     

     

     

    DAFTAR LAMPIRAN

     

     

    1.      Surat Pengantar KKP

    2.      Form Pergantian Judul

    3.      Kartu Bimbingan KKP

    4.      Kartu Study Tetap Final

    5.      Form Validasi Kuliah Kerja Praktek (KKP)

    6.      Surat Kwitansi Pembayaran Kuliah Kerja Praktek (KKP)

    7.      Daftar Mata Kuliah Yang Belum Diambil

    8.      Daftar Nilai

    9.      Fotocopy KSTF yang berlaku

    10.  Fotocopy Sertifikat PROSPEK

    11.  Fotocopy Sertifikat RCEP/TOEFL Bahasa Inggris

    12.  Fotocopy Sertifikat mengikuti seminar/workshop dengan tema komputer 3 lembar

     

     

     

     


    BAB I

    PENDAHULUAN


    1.1 Latar Belakang Kuliah Kerja Praktek

    Seiring tumbuh dan berkembangnya perusahaan serta meningkatnya aktivitas persaingan Industri dalam bidang perawatan pesawat, maka menuntut kemampuan dan kecakapan para pengelola dalam mengambil keputusan mengenai nilai jual yang akan dijalankan perusahaan, sehingga diharapkan mampu membantu mengatasi masalah yang dihadapi oleh perusahaan.

    Kuliah Kerja Praktek (KKP) merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa berupa magang atau observasi di perusahaan dan instansi pemerintah secara terbimbing sebagai persyaratan kelulusan. Magang disini adalah bentuk belajar dan berlatih keterampilan pada dunia kerja yang lebih menekankan kepada praktek dari pada teori. KKP dilakukan sebelum menempuh Tugas Akhir Skripsi. Sedangkan Tugas Akhir Skripsi merupakan istilah dalam bahasa Indonesia untuk menyebut suatu karya tulis ilmiah mengenai penelitian yang membahas suatu permasalahan dalam bidang ilmu tertentu dengan menggunakan kaidah-kaidah yang berlaku.


    Kuliah Kerja Praktek adalah akumulasi dari seluruh program di Sekolah Tinggi Manajemen dan Ilmu Komputer, maka Kuliah Kerja Praktek dapat diartikan sebagai suatu program yang merupakan media pelatihan untuk mengaplikasikan berbagai pengetahuan, sikap dan keterampilan dalam rangka pembentukan mahasiswa untuk menjadi sarjana komputer yang profesional.

    Pada perkembangannya, media informasi saat ini lebih mengarah kepada era digital yang dibutuhkan pada PT. GMF AeroAsia. Adapun lokasi perusahaan tersebut terletak di Bandara Internasional Soekarno Hatta yang beralamatkan di Soekarno Hatta International Airport, Cengkareng, Kec. Tangerang, Banten 19100.

    PT. GMF AeroAsia adalah perusahaan internasional yang mempekerjakan sekitar 2,500 karyawan yang berbasis di Jakarta dan juga disekitar nya. Perusahaan ini memberikan layanan pesawat dari berbagai jenis dan merupakan salah satu fasilitas perawatan pesawat terbesar di Asia. PT GMF AeroAsia merupakan salah satu perusahaan dengan laporan keuangan terbaik di dunia, Laporan Tahunan 2013 GMF meraih peringkat keempat dalam 50 Annual Report Terbaik Dunia di ajang "Vision Award 2013/2014" yang diselenggarakan League of American Communications Professionals; penghargaan Best Report Narrative serta Platinum Award juga diraih GMF di ajang yang sama.

    Dengan ini untuk lebih memahami hal tersebut maka dibuatlah laporan yang berupa rangkuman kegiatan dalam kerja nyata yang dimaksud dengan Kuliah Kerja Praktek dengan judul “LAPORAN KULIAH KERJA PRAKTEK MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING BAGIAN JURU KAMERA CORPORATE CULTURE PADA PT. GMF AEROASIA”.

    1.2 Maksud dan tujuan Kuiah Kerja Praktek

    1.2.1 Maksud kuliah Kerja Praktek


    Maksud dari Kuliah Kerja Praktek ini adalah untuk memberikan kesempatan agar Mahasiswa dapat menerapkan dan mempraktekkan ilmu yang telah didapatkan selama di bangku perkuliahan. Mahasiswa dapat belajar untuk bertanggung jawab dan mampu mengatasi segala hal yang terjadi di lingkungan kerja serta mendapatkan pengalaman berharga dalam bekerja yang belum didapat sebelumnya.

    1.2.2. Tujuan Kuliah Kerja Praktek


    Adapun tujuan penelitianini adalah sebagai berikut:

    a. Tujuannya antara lain adalah sebagai Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika Khususnya konsentrasi Multimedia Audio Visual dan Broadcasting yang kelak akan lulus dan menjadi sarjana komputer akan mendapatkan gambaran tentang bagaimana dunia kerja yang sesungguhnya.

    b. Mahasiswa mampu mengimplementasikan ilmu yang telah didapat sebelumnya selama masa perkuliahan guna untuk tampil bekerja baik secara individu maupun secara kelompok ke dalam dunia kerja.

    c. Mahasiswa mampu berkerja secara profesional dengan wawasan yang telah dimiliki untuk melengkapi kreatifitas dalam pembuatan ide-ide desain, sehingga dapat memperkaya dan menambah wawasan dalam dunia kerja.



    1.3. Manfaat Kuliah Kerja Praktek

    Kuliah Kerja Praktek ini akan mendapatkan manfaat yang sangat berharga bagi mahasiswa sebelum memulai karir yang sebenarnya sebagai seorang sarjana komputer yang berbasis multimedia. Manfaat Kuliah Kerja Praktek adalah sebagai sebagai berikut :

    a. Melalui Kuliah Kerja Praktek Mahasiswa akan mendapatkan manfaat yang sangat berharga. Bagi Mahasiswa sebelum melakui karir yang sebenarnya, sebagai seorang sarjana komputer yang berbasis Multimedia..

    b. Mahasiswa mendapatkan pengetahuan dan pengalaman kerja sebelum memasuki dunia kerja yang sebenarnya.

    c. Mahasiswa dituntut untuk dapat bertanggung jawab dengan pekerjaannya, dan juga harus bisa bekerja secara kelompok maupun individu.

    d. Mahasiswa dapat menguasai dan mampu mengimplementasikan ilmu dan wawasan yang didapat selama masa perkuliahan, maupun pada saat mempraktekkan sebelum masuk pada dunia pekerjaan yang sesungguahnya.



    1.4 Metodolodi Penyusunan Kuliah Kerja Praktek

    Dalam memperoleh data yang diperlukan untuk penyusunan Laporan KKP ini digunakan beberapa metode. Diantaranya sebagai berikut :

    1. Observasi Observasi adalah pengambilan data melalui pengamatan secara langsung dan melaksanakan pencatatan secara sistematik

    2. Wawancara Interview (wawancara) adalah pengumpulan data secara tatap muka langsung dengan Andhini PN sebagai Culture Development Analyst didalam Unit Corporate Culture untuk memperoleh gambaran budaya kerja di area PT GMF AeroAsia.

    3. Studi Pustaka Studi pustaka adalah pengumpulan data – data teori dengan cara membaca, mempelajari, dan memahami buku – buku yang berkaitan dengan topik penelitian.


    1.5. Sistematika Penulisan Kuliah Kerja Praktek




    BAB I PENDAHULUAN



    Dalam bab ini akan dijelaskan mengenai Latar Belakang Kuliah Kerja Praktek, Maksud dan Tujuan Kuliah Kerja Praktek, Manfaat Kuliah Kerja Praktek, Metodologi Penyusunan Laporan Kuliah Kerja Praktek dan Sistematika Penulisan.




    BAB II LANDASAN TEORI


    Pada Bab ini berisikan tentang Teori Umum, Teori Khusus, dan Literature Review. Teori Umum ini menjelaskan tentang Konsep Dasar Promosi, Konsep Dasar Informasi, dan Konsep Dasar Media. Sedangkan Teori Khusus menjelaskan tentang Konsep Dasar Kamera.




    BAB III PEMBAHASAN


    Pada Bab ini berisikan tentang Gambaran Umum Tentang Perusahaan meliputi Sejarah Perusahaan, Ruang Lingkup, Visi dan Misi Perusahaan, Struktur Organisasi, Tugas dan Kewajiban tiap Departemen, dan Daftar Klien. Tinjauan Umum menjelaskan tentang Skema Alur Kerja dan Alur Kerja, sedangkan Tinjauan Khusus menjelaskan tentang Daftar Project serta Latar Belakang dan Konsep Design selama Kuliah Kerja Praktek.





    BAB IV PENUTUP


    Pada Bab ini berisikan tentang kesimpulan dari hasil penulisan Kuliah Kerja Praktek, saran – saran yang diberikan sebagai tindak lanjut yang diperlukan untuk melakukan generalisasi perbaikan di masa yang akan datang serta kesan selama melaksanakan Kuliah Kerja Praktek.


    DAFTAR PUSTAKA


    Berisikan tentang referensi yang digunakan dalam penyusunan hasil laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP).



    LAMPIRAN


    Berisikan daftar dari keseluruhan lampiran – lampiran yang melengkapi laporan sebagai lampiran.



    BAB II

    LANDASAN TEORI

    2.1 Teori Umum

    2.1.1 Konsep Dasar Informasi

    1. Pengertan Informasi
    Menurut Maimunah (2012 : 284), ”Informasi adalah data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang lebih berarti bagi penerimanya, dan bermanfaat dalam mengambil sebuah keputusan”. Informasi bisa dikatakan sebagai pengetahuan yang didapatkan dari belajar, pengalaman atau instruksi. Namun, istilah ini masih memiliki banyak arti tergantung pada konteksnya. Dalam beberapa pengetahuan tentang suatu peristiwa tertentu yang telah dikumpulkan ataupun dari sebuah berita dapat juga dikatakan sebagai informasi. Lain halnya dalam ilmu komputer, informasi adalah data yang disimpan, diproses atau ditransmisikan. Para ahli meneliti konsep informasi tersebut sebagai pengetahuan yang didapatkan dari pembelajaran, pengalaman maupun instruksi.

    Dari pengertian lainnya informasi adalah data yang telah diberi makna. misalnya, dokumen berupa spreadsheet (Ms.Excel) biasa digunakan untuk membuat informasi dari data yang ada didalamnya. Laporan laba rugi dan neraca merupakan salah satu bentuk informasi, sedangkan angka yang terdapat didalamnya adalah data yang telah diproses sehingga bisa digunakan oleh siapa saja yang membutuhkannya dan pada akhrinya Sifat informasi ini adalah bisa menambah pengetahuan atau wawasan terhadap seseorang. Menurut McLeod (2012:8) Informasi (Information) dapat didefinisikan sebagai berikut:

    “Informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya, informasi disebut juga data yang diproses atau data yang memiliki arti”.
    2. Jenis-jenis Informasi
    Menurut O’Brien (2012:15) jenis – jenis informasi dijelaskan sebagai berikut:
    a. Informasi Manajerial

    Informasi strategis untuk manajerial tingkat atas, informasi taktis untuk manajerial tingkat menengah, dan informasi operasional untuk manajerial tingkat bawah.</div>

    b. Sumber Informasi
    Sumber informasi dibagi menjadi informasi internal dan eksternal. Informasi internal adalah informasi yang menggambarkan keadaan (profile), sedangkan informasi eksternal adalah informasi yang menggambarkan ada tidaknya perubahan di luar organisasi. Informasi ini biasanya lebih banyak digunakan untuk kegiatan – kegiatan manajerial tingkat atas.
    c. Informasi Rutinitas
    Informasi rutinitas, dibagi menjadi informasi rutin dan insendentil. Informasi rutin digunakan secara periodik terjadwal dan digunakan untuk penanggulangan masalah rutin, sedangkan informasi insendentil diperlukan untuk penanggulangan masalah khusus.
    d. Informasi Fisik

    Informasi fisik dapat diartikan susunan yang terdiri dari perangkat keras, perangkat lunak dan tenaga pelaksanaan yang secara bersama – sama saling mendukung untuk menghasilkan suatu produk dan sistem informasi dari segi fungsi merupakan suatu proses berurutan dimulai dari pengumpulan data dan diakhiri dengan komunikasi.

Contributors

Noviar jalu sasongko