KP1121469424: Perbedaan revisi
[revisi tidak terperiksa] | [revisi tidak terperiksa] |
(→Manfaat Kuliah Kerja Praktek (KKP)) |
(→Metodologi Penyusunan laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP)) |
||
Baris 324: | Baris 324: | ||
</div> | </div> | ||
− | ==Metodologi Penyusunan | + | ==Metodologi Penyusunan Laporan Kuliah Kerja Praktek== |
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"> | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"> | ||
− | <p style="line-height: 2;text-indent:0.5in"></p> | + | <p style="line-height: 2;text-indent:0.5in">Dalam kegiatan pengumpulan data yang diperlukan sebagai bahan penulisan laporan kuliah kerja praktek ini, penulis menggunakan beberapa metode, diantaranya adalah sebagai berikut : </p> |
+ | # Observasi (Observation research)<p style="line-height: 2;text-indent:0.5in">Adalah pengambilan data melalui pengamatan dan melaksanakan pencatatan secara sistematik terhadap unsur-unsur yang diteliti dengan terjun secara langsung pada bagian desain di SMK Mandiri 01 Panongan.</p> | ||
+ | # Wawancara (Interview)<p style="line-height: 2;text-indent:0.5in">Adalah teknik pengumpulan data secara tatap muka langsung dengan orang yang diwawancarai untuk memperoleh gambaran yang lebih jelas mengenai objek yang akan diteliti. </p> | ||
+ | # Studi Pustaka<p style="line-height: 2;text-indent:0.5in">Pengumpulan teori-teori dengan cara membaca, mempelajari dan memahami buku-buku, diktat-diktat bahan kuliah serta catatan-catatan yang berkaitan dengan pembahasan penulisan laporan Kuliah Kerja Praktek pada konsentrasi Multimedia Audio Visual And Broadcasting. </p> | ||
</div> | </div> | ||
Revisi per 16 Januari 2015 08.27
LAPORAN KULIAH KERJA PRAKTEK PADA
BAGIAN DESIGN PROMOSI DAN INFORMASI
DI SMK MANDIRI 01 PANONGAN
KABUPATEN TANGERANG
LAPORAN KULIAH KERJA PRAKTEK
1121469424 | : DIDING MAULANA SOFYAN |
LEMBAR PERSETUJUAN
LAPORAN KULIAH KERJA PRAKTEK PADA
BAGIAN DESIGN PROMOSI DAN INFORMASI
DI SMK MANDIRI 01 PANONGAN
KABUPATEN TANGERANG
Diajukan guna melengkapi sebagian syarat untuk mengikuti Skripsi pada Jurusan Teknik informatika Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting
STMIK Raharja Tahun Akademik 2014/2015.
Tangerang, 11 Januari 2015
Dosen Pembimbing
( Wahyu Hidayat, S.I.Kom )
NID. 12002
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR KEASLIAN KULIAH KERJA PRAKTEK
Saya yang bertandatangan di bawah ini,
NIM | : 1121469424 |
Nama | : DIDING MAULANA SOFYAN |
Jenjang Studi | : Strata Satu |
Jurusan | : Teknik Informatika |
Konsentrasi | : Multimedia Audio Visual and Broadcasting |
Menyatakan bahwa Kuliah Kerja Praktek ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan atau duplikat dari Kuliah Kerja Praktek yang telah dipergunakan untuk melanjutkan dalam pembuatan Skripsi baik dilingkungan Perguruan Tinggi Raharja, maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.
Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab serta bersedia menerima sanksi jika ternyata pernyataan diatas tidak benar.
Tangerang, 11 Januari 2015 | |
(DIDING MAULANA SOFYAN) | |
NIM : 1121469424 |
)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;
ABSTRAKSI
Perkembangan dan penggunaan teknologi komputer saat ini bukan hal yang asing bagi dunia pendidikan. Karena dalam dunia pendidikan komputer merupakan alat atau akses yang sangat penting dalam menunjang majunya dunia pendidikan, sehingga dapat memperlancar tugas atau kegiatan instansi yang terkait dalam dunia pendidikan tersebut. Penggunaan komputer sangat penting dalam memperlancar atau mempermudah dalam proses pengajaran, Pengolahan Data, Membuat Soal Ujian, Penyimpanan data – data yang penting bahkan sebagai bahan pendidikan itu sendiri, tanpa ada penggunaaan komputer yang mempermudah dalam mengakses segala bentuk data mungkin dunia pendidikan yang ada belum semaju dan berkembang seperti sekarang ini. SMK MANDIRI 01 PANONGAN KABUPATEN TANGERANG merupakan salah satu lembaga pendidikan. Dengan terus berkembangnya teknologi multimedia, maka penulis melaksanakan Kuliah Kerja Praktek (KKP) sesuai dengan jurusan dan konsentrasi yang penulis ambil dengan menempati bagian desain. Pada pembuatan media komunikasi visual yang merupakan tugas yang diberikan oleh sekolah dalam membuat desain – desain yang nantinya akan dijadikan sebagai media informasi. Dengan melaksanakan Kuliah Kerja Praktek (KKP) pada SMK MANDIRI 01 PANONGAN KABUPATEN TANGERANG, penulis mendapatkan banyak sekali ilmu yang bermanfaat khususnya pada bagian desain dalam pembuatan media informasi visual. Sehingga penulis dapat menuliskan laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP) dengan judul : “ LAPORAN KULIAH KERJA PRAKTEK PADA BAGIAN DESIGN PROMOSI DAN INFORMASI DI SMK MANDIRI 01 PANONGAN KABUPATEN TANGERANG”.
Kata Kunci : Komputer, Multimedia, Desain
KATA PENGANTAR
Bismillahirrahmanirrahim,
Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah mencurahkan nikmat hidup dan sehat serta senantiasa melimpahkan hidayahNya, sehingga penulis dapat menyelesaikan penyusunan laporan Kuliah Kerja Praktek ini dengan baik.
Pada dasarnya kemajuan bidang komputerisasi khususnya multimedia kian hari semakin meningkat dan telah mendorong terjadinya arus globalisasi, dimana dalam hal ini perkembangan tersebut tumbuh secara pesat tidak hanya dilihat dari kemampuan dibidang komputer saja, salah satu manfaat dari kemajuan teknologi komputer saat ini dapat kita rasakan dalam bidang multimedia audio visual and broadcasting yang memiliki peranan penting dalam dunia teknologi informasi dan berfungsi sebagai media untuk memenuhi, mengolah kreatifitas dan imajinasi menjadi bentuk yang nyata sesuai dengan yang diinginkan.
Penulis menyadari bahwa laporan Kuliah Kerja Praktek ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu tidak menutup kemungkinan isinya masih terdapat berbagai kekurangan dan kelemahan, hal tersebut disebabkan pengetahuan dan pengalaman penulis masih terbatas.
Namun demikian berkat adanya bimbingan serta dukungan dari berbagai pihak, akhirnya laporan Kuliah Kerja Praktek ini dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu. Untuk itu pada kesempatan ini penulis mengucapakan terima kasih secara tulus dan ikhlas, khususnya kepada :
- Bapak. Ir. Untung Rahardja, M.T.I., selaku Ketua STMIK Raharja.
- Bapak Sugeng Santoso, M.Kom., selaku Pembantu Ketua I Bidang Akademik STMIK Rahaja.
- Bapak Junaidi, M.Kom., selaku Kepala Jurusan Teknik Informatika Perguruan Tinggi Raharja
- Bapak Wahyu Hidayat, S.I.Kom., selaku pembimbing yang telah meluangkan waktu, pikiran dan tenaganya untuk membantu dan memberikan bimbingan serta pengarahan kepada penulis.
- Bapak dan Ibu Dosen Perguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan pengetahuan kepada penulis.
- Pembimbing sekaligus Guru SMK Mandiri 01 Panongan Kabupaten Tangerang yang telah memberikan pengetahuan kepada penulis
- Sahabat-sahabat yang sudah membantu dan memberi dukungan selama KKP dan dalam pembuatan laporan
Penulis menyadari bahwa dalam penulisan Laporan KKP ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu kritik dan saran yang membangun, penulis harapkan sebagai pemicu untuk dapat berkarya lebih baik lagi. Semoga Laporan KKP ini bermanfaat bagi pihak yang membutuhkan.
Tangerang, 11 Januari 2015 | |
(Diding Maulana Sofyan) | |
NIM : 1121469424 |
Daftar isi
- 1 BAB I
- 2 BAB II
- 2.1 Konsep Dasar laporan
- 2.2 Konsep Dasar Kuliah Kerja Praktek
- 2.3 Konsep Dasar Desain
- 2.3.1 Definisi Desain
- 2.3.2 Fungsi-Fungsi Desain
- 2.3.3 Definisi Grafis
- 2.3.4 Unsur-Unsur Desain Grafis
- 2.3.5 Prinsip-Prinsip Desain Grafis
- 2.3.6 Definisi Typography
- 2.3.7 Pengertian Tentang Psikologi Warna
- 2.3.8 Pengertian Tentang Simbolisasi Bentuk
- 2.3.9 Pengertian Citra atau Image
- 2.3.10 Layout
- 2.3.11 Teori Desain Komunikasi Visual
- 2.4 Konsep Dasar Informasi
- 2.5 Program Aplikasi Penunjang Desain
- 2.6 Literature Review
- 3 BAB III
- 4 BAB IV
DAFTAR TABEL
Tabel 3.1. Daftar Relasi
DAFTAR GAMBAR
Gambar 3.1. Desain Spanduk Penerimaan Peserta Didik Baru
Gambar 3.2. Desain Spanduk Selamat Datang Siswa Baru
Gambar 3.3. Desain Spanduk Selamat Datang disekolah
Gambar 3.4. Desain Spanduk Idul Adha
Gambar 3.5. Desain Spanduk Selamat Menjalankan Ibadah Puasa
Gambar 3.6. Desain Spanduk Peringatan Hari Pendidikan
Gambar 3.7. Desain Spanduk Ujian Nasional
Gambar 3.8. Desain Kartu Tanda Pelajar (nampak depan)
Gambar 3.9. Desain Kartu Tanda Pelajar (nampak belakang)
Gambar 3.10. Desain Kartu Tanda Parkir (nampak depan)
Gambar 3.11. Desain Kartu Tanda Parkir (nampak Belakang)
Gambar 3.11. Desain Spanduk Perpisahan
Gambar 3.12. Desain Banner Penerimaan Peserta Didik Baru
DAFTAR BAGAN
Bagan 3.1. Struktur Organisasi
Bagan 3.2. Skema Alur Kerja
BAB I
Latar Belakang Kuliah Kerja praktek
Pada dasarnya kemajuan bidang komputerisasi khususnya multimedia semakian hari semakin meningkat dan telah mendorong terjadinya arus globalisasi, perkembangan tersebut tumbuh secara pesat tidak hanya dilihat dari kemampuan dibidang komputer saja, salah satu manfaat dari kemajuan teknologi komputer saat ini dapat kita rasakan dalam bidang multimedia audio visual and broadcasting yang memiliki peranan penting dalam dunia teknologi informasi dan berfungsi sebagai media untuk melengkapi, mengolah kreatifitas dan imajinasi menjadi bentuk yang nyata sesuai dengan yang diinginkan. Akan tetapi untuk saat ini sumber daya manusia dibidang multimedia audio visual and broadcasting belum terlalu terpenuhi, oleh karena itu untuk menguasai dan memahami teknologi komputer secara optimal khususnya dalam bidang multimedia audio visual and broadcasting perlu diadakannya Kuliah Kerja Praktek yang diharapkan memberikan dampak yang positif bagi penyelesaian permasalahan diatas.
SMK Mandiri 01 adalah Salah satu Sekolah Menengah Kejuruan Swasta di Kabupaten Tangerang . Berlokasi di Jalan Raya Serdang kulon – Panongan, Tangerang – Banten. SMK Mandiri 01 Panongan didirikan pada tahun 1994 dengan nama SMEA Mandiri dan pada tahun 1996 berubah nama menjadi SMK Mandiri 01 Panongan.
Kuliah Kerja Praktek adalah salah satu syarat yang wajib di penuhi oleh mahasiswa untuk mencapai kelulusan, dengan mengikuti waktu yang telah ditetapkan yaitu minimal satu semester 265 jam, dimana dalam prosesnya masih dalam pengawasan Perguruan Tinggi sebagai pelaksana pendidikan. Dalam Kuliah Kerja Praktek ini penulis mendapat kesempatan untuk memperdalam ilmu serta mampu mempraktekkan dalam kehidupan sehari-hari, agar kelak penulis memiliki pengalaman yang nantinya dapat digunakan dalam dunia pekerjaan di bidang Komputerisasi khususnya dibidang multimedia.
Maksud Dan Tujuan Kuliah Kerja Praktek (KKP)
Maksud Kuliah Kerja Praktek
Maksud dari Kuliah Kerja Praktek adalah memberikan kesempatan kepada mahasiswa agar dapat mengimplementasikan semua ilmu yang telah dipelajari pada masa perkulihannya ke dalam dunia kerja, serta mahasiswa secara langsung belajar untuk berinteraksi dalam dunia kerja. Selain itu mahasiswa dituntut untuk dapat mengatasi dan mempertanggung jawabkan suatu permasalahan yang ada dalam pekerjaan tersebut di bidang Teknik Informatika, yang secara pribadi melalui Kuliah Kerja Praktek, dapat menambah pengalaman serta meningkatkan kemampuan dalam berkreatifitas yang lebih banyak lagi dalam membuat suatu desain yang diinginkan.
Tujuan Kuliah Kerja Praktek
- Mahasiswa mampu mengimplementasikan ilmu yang telah didapat selama masa perkuliahan agar dapat bekerja baik secara individu maupun secara kelompok didalam dunia kerja dan dapat memahami bidang pekerjaan yang di jalani.
- Mahasiswa mampu berkerja secara profesional dengan wawasan yang telah dimiliki selama masa perkuliahan untuk menambah kreatifitas dalam pembuatan ide-ide desain, sehingga dapat mengenal, mengetahui dan memahami kegiatan perusahaan dan juga dapat memberikan sumbangan pemikiran, metode, cara dan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi pendidikan.
Manfaat Kuliah Kerja Praktek (KKP)
- Agar mahasiswa dapat mengerti apa yang salah dan apa yang benar dalam prakteknya untuk menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya Meningkatkan kinerja, pola pikir dan kreatifitas penulis.
- Agar mahasiswa mendapatkan pengalaman yang berguna dan lebih siap sebelum terjun kelingkungan masyarakat.
- Agar mahasiswa mampu bekerja secara profesional dan mampu bersosialisasi dalam lingkungan kerja, baik secara individu maupun berkelompok (team work).
- Agar mahasiswa dapat menguasai dan mampu mengimplementasikan ilmu dan wawasan yang didapat selama masa perkuliahan, maupun pada saat mempraktekkan sebelum masuk pada dunia pekerjaan yang sesungguhnya.
Metodologi Penyusunan Laporan Kuliah Kerja Praktek
Dalam kegiatan pengumpulan data yang diperlukan sebagai bahan penulisan laporan kuliah kerja praktek ini, penulis menggunakan beberapa metode, diantaranya adalah sebagai berikut :
- Observasi (Observation research)
Adalah pengambilan data melalui pengamatan dan melaksanakan pencatatan secara sistematik terhadap unsur-unsur yang diteliti dengan terjun secara langsung pada bagian desain di SMK Mandiri 01 Panongan.
- Wawancara (Interview)
Adalah teknik pengumpulan data secara tatap muka langsung dengan orang yang diwawancarai untuk memperoleh gambaran yang lebih jelas mengenai objek yang akan diteliti.
- Studi Pustaka
Pengumpulan teori-teori dengan cara membaca, mempelajari dan memahami buku-buku, diktat-diktat bahan kuliah serta catatan-catatan yang berkaitan dengan pembahasan penulisan laporan Kuliah Kerja Praktek pada konsentrasi Multimedia Audio Visual And Broadcasting.