KP1014465147

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari

BAB I

PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang Masalah

Perkembangan teknologi informasi di era globalisasi seperti ini sangat pesat. Semua orang membutuhkan internet sebagai sumber informasi. Tersebarnya informasi yang semakin meluas, serta informasi dalam berbagai bentuk tersaji dalam waktu yang cepat membuat masyarakat dapat dengan mudah mengakses informasi yang dibutuhkan.

Penggunaan internet sebagai sumber informasi telah mengalahkan kepopuleran media cetak. Berbagai situs berita di internet menyajikan berita dengan cepat, sehingga para pengguna internet lebih memilih media internet sebagai sumber informasi dibandingkan dengan media cetak yang lainnya. Selain itu, di internet juga mempunyai berbagai macam fasilitas yang bisa dinikmati oleh setiap pengguna internet salah satunya adalah fasilitas file sharing (berbagi file).

Berbagi file melalui internet sudah biasa dilakukan oleh masyarakat dengan berbagai macam situs yang tersedia. Hingga kini, berbagi file berupa video yang mencapai tingkat tertinggi. Metacafe, Dailymotion, Vimeo, dan YouTube merupakan beberapa contoh dari situs yang menyediakan fasilitas video sharing (berbagi video). Tetapi dari sekian banyak situs, YouTube menjadi situs video sharing terpopuler di jagad dunia maya.

Perguruan Tinggi Raharja sebagai sarana pendidikan di bidang komputer menggunakan metode pembelajaran yang dinamakan iLearning. Dalam buku berjudul “iLearning an Effective Learning Method for Higher Education”, Untung Rahardja (2011) menjelaskan bahwa iLearning adalah sistem pembelajaran modern dan terbaru dalam dunia pendidikan yang berbasis 4B yaitu belajar, bermain, bekerja, dan berdoa.

Berdasarkan konsep tersebut kini di Perguruan Tinggi Raharja telah membangun fasilitas video sharing (berbagi video), video sharing tersebut adalah Magics, yaitu singkatan dari Multimedia Audio Galery iLearning Community And Services yang dirintis pada tanggal 23 Januari 2013. Magics adalah sebuah situs online yang menyediakan layanan penyimpanan file berupa image, audio, serta video dan dapat diakses secara global. Tetapi pemanfaatannya masih belum optimal, karena sosialisasi yang minim. Oleh karena itu pengembangan yang akan dilakukan adalah memperkenalkan lagi Magics di Perguruan Tinggi Raharja ini agar dapat dimanfaatkan lebih optimal serta dapat menunjang pembelajaran iLearning.

Berdasarkan latar belakang tersebut maka penulis mencoba untuk melakukan analisa dan kajian terhadap media informasi yang telah berjalan, serta menuangkannya dalam sebuah laporan ilmiah dengan judul “Analisa Sistem Pengembangan Multimedia Audio Gallery iLearning Community and Services (MAGICS) Pada Perguruan Tinggi Raharja”.

1.2. Perumusan Masalah

     Berdasarkan latar belakang yang dikemukakan, maka penulis mengambil beberapa pokok permasalahan :
     1. Bagaimana media video sharing online Magics yang saat ini berjalan di Perguruan Tinggi Raharja?
     2. Apakah penerapan media video sharing online Magics  sudah optimal?
     3. Mengapa media video sharing online Magics bersifat penting di Perguruan Tinggi Raharja?

1.3. Tujuan Dan Manfaat Penelitian

     Setiap penelitian tentunya mempunyai beberapa tujuan dan manfaat, untuk apa melakukan penelitian apabila tidak bermanfaat, oleh karena itu penulis membagi tujuan dalam (3) tiga kriteria yaitu:

1.3.1 Tujuan Operasional

     Tujuan Operasional dari penelitian ini yaitu:
     1. Dapat mengidentifikasi dengan baik semua kebutuhan-kebutuhan yang terkait dengan   sistem media video sharing online Magics pada 
        Perguruan Tinggi Raharja.
     2. Mengetahui masalah – masalah apa saja yang timbul pada media video sharing online Magics.
     3. Menghasilkan penerapan system media video sharing online Magics secara optimal.

1.3.2 Tujuan Fungsional

Tujuan Fungsional dari penelitian ini yaitu : Agar hasil dari penelitian dapat dimanfaatkan dan digunakan oleh instansi sebagai referensi dasar untuk mengambil kebijakan/keputusan yang berhubungan dengan informasi pada Perguruan Tinggi Raharja.

1.3.3 Tujuan Individual

Tujuan Individual dari penelitian ini yaitu: Untuk menambah ilmu pengetahuan, pengalaman, pengenalan dan pengamatan sebuah sistem informasi pada Perguruan Tinggi Raharja sehingga penulis melakukan penelitian untuk menyelesaikan Tugas Kuliah Kerja Praktek (KKP). 1.3.4 Manfaat Penelitian

     Manfaat dari penulisan laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP) ini antara lain:
     1. Memberikan pengalaman kepada penulis untuk menerapkan dan memperluas wawasan penerapan teori dan pengetahuan yang telah diterima 
        di dalam perkuliahan pada kegiatan nyata.
     2. Analisa yang dilakukan dapat membantu untuk mengetahui  bagaimana sistem aplikasi ini bekerja
     3. Dengan adanya sistem  media video sharing online Magics , maka diharapkan mahasiswa dapat memperoleh informasi – informasi
        terbaru disekitar Perguruan Tinggi Raharja. Selain itu mahasiswa juga dapat berbagi file video, music, dan image.

1.4. Ruang Lingkup Penelitian

     Agar dalam pembahasan masalah nanti menjadi lebih terarah dan berjalan dengan baik maka perlu adanya ruang lingkup dan pembatasan masalah, yaitu sebagai berikut:
     1. Ruang lingkup penelitian hanya dibatasi pada Pribadi Raharja.
     2. Tambah member baru.
     3. Kelola member.
     4. Kelola hak akses member.
     5. Kelola upload video, audio, dan image.
     6. Mengaktifkan fitur comment pada profile, video, audio, dan image.
     7. Menentukan audio unggulan yang akan ditampilkan pada halaman utama.
     8. Pengelolaan statistik video, image, audio, member berupa upload dan viewed/played.

1.5. Metode Penelitian

1.5.1 Metode Observasi

     Metode pengumpulan data yaitu penulis mengadakan pengamatan langsung pada Perguruan Tinggi Raharja, metode ini dilakukan untuk mengumpulkan data yang merupakan sumber informasi yang sangat penting yang dapat membantu menganalisa dalam rangka pembangunan sistem tersebut.

1.5.2 Metode Survey

     Metode pengumpulan data melalui aplikasi iSur (iLearning Survey) kepada Pribadi Raharja dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan perihal penggunaan MAGICS, dan fitur-fitur yang terdapat dalam MAGICS. Survei ini dilakukan secara online untuk memudahkan kegiatan survei dalam mendapatkan informasi yang lebih akurat dan data yang tersimpan tidak akan hilang.

1.5.3 Metode Studi Pustaka

     Metode ini sangat strategis bagi penulis karena disini penulis berusaha mencari bahan-bahan atau sumber-sumber dari buku-buku yang ada yang berkaitan dengan permasalahan dalam laporan ini sebagai suatu pedoman atau referensi kejelasan mengenai penelitian ini. 

1.6. Sistematika Penulisan

     Agar lebih memahami laporan KKP ini,  maka laporan KKP ini dikelompokkan ke dalam beberapa sub bab pembahasan  dan menggunakan sistematika penyampaian sebagai  berikut:

Bab I Pendahuluan Penulis akan menjelaskan mengenai uraian secara umum mengenai: latar belakang permasalahan, perumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, ruang lingkup penelitian serta sistematika penulisan.

Bab II Landasan Teori Bab ini berisikan teori yang berupa pengertian dan definisi yang diambil dari kutipan buku yang berkaitan dengan penyusunan laporan kuliah kerja praktek serta beberapa literature review yang berhubungan dengan penelitian.

Bab III Pembahasan Pada bab ini berisikan gambaran tentang sejarah Perguruan Tinggi Raharja, struktur organisasi, analisa keluaran, konfigurasi sistem , Masalah yang dihadapi dengan menggunakan Elisitasi dan Unified Modelling Language (UML).

Bab IV Kesimpulan Dan saran Berisi tentang kesimpulan dan saran yang diberikan penulis dari hasil laporan KKP.

Daftar Pustaka Lampiran