BAB I IRAN (KKP)

Dari widuri
Revisi per 26 Juni 2013 10.19 oleh Bunga (bicara | kontrib) (Created page with "'''BAB I PENDAHULUAN''' 1.1 Latar Belakang Saat ini perkembangan teknologi informasi berkembang begitu pesat. Teknologi informasi berbasis komputer menjadi suatu kebutuhan p...")

(beda) ← Revisi sebelumnya | Revisi terkini (beda) | Revisi selanjutnya → (beda)

Lompat ke: navigasi, cari

BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Saat ini perkembangan teknologi informasi berkembang begitu pesat. Teknologi informasi berbasis komputer menjadi suatu kebutuhan primer bagi setiap orang dalam memenuhi kebutuhan informasi. Banyak bidang yang telah memanfaatkan perkembangan teknologi informasi tersebut sebagai sarana untuk mempermudah pekerjaan. Mulai dari kalangan pembisnis sampai dengan kalangan pendidik memanfaatkan komputer sebagai alat bantu untuk mempermudah pekerjaan mereka. Teknologi informasi juga memiliki andil yang besar dalam hal sarana pembelajaran seperti yang kita ketahui bahwa teknologi informasi kini telah merasuk ke dalam kurikulum dunia pendidikan. Suatu hal yang tentunya menjadi gebrakan di dunia pendidikan dalam ajang peningkatan potensi belajar. Selain itu gelombang kemajuan dan perkembangan teknologi dalam bidang pendidikan telah membawa perubahan pada kehidupan dan gaya hidup pelajar yang lebih dinamis. Dengan adanya hal tersebut, maka pelajar senantiasa menghidupkan dan menyalurkan semangat untuk mengeksplorasi ilmu yang belum diketahui. Melihat pentingnya peranan teknologi tersebut, maka pendidikan yang menjadi tonggak awal dalam melahirkan manusia berkualitas, dituntut untuk senantiasa meningkatkan mutu pendidikan terutama dalam hal ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus berkembang. Saat ini media informasi menjadi salah satu sarana yang diperlukan dalam meningkatkan pengetahuan. Dahulu orang memperoleh pengetahuan/ informasi hanya melalui media cetak seperti koran, majalah dan tabloid. Penggunaan kertas dalam media cetak akan mengakibat kenaikan suhu di permukaan bumi karena penebangan pohon secara terus-menerus yang nantinya membawa dampak buruk bagi bumi. Selain itu penggunaan media cetak kurang efesien karena membutuhkan waktu untuk mencetaknya. Maka untuk mengatasi permasalahan tersebut dibutuhkan media informasi berbasis komputer yang praktis, cepat dan akurat. Media informasi disuatu perguruan tinggi digunakan sebagai sarana untuk memperoleh informasi yang ada dilingkungan kampusnya seperti informasi seputar kampus yang berisi peristiwa, kegiatan atau kejadian yang sedang berlangsung saat ini. Dengan adanya media tersebut segala informasi dapat terpublikasikan dengan baik sehingga mahasiswa dapat mengetahui seluruh kegiatan kampus. Media informasi secara tidak langsung telah mempengaruhi budaya dan cara pendidikan di lingkungan masyarakat. Media informasi yang disajikan harus bermanfaat bagi pembacanya dan informasi yang ditampilkan harus akurat, cepat dan relevan. Namun dalam kenyataannya hal tersebut tidak sesuai dengan keinginan dan harapan yang hendak dicapai, dikarenakan keterbatasan sistem atau perangkat informasi yang digunakan. Saat ini media informasi yang berjalan pada Perguruan Tinggi Raharja belum berkembang secara luas. Beberapa permasalahan yang menghambat media informasi tersebut yaitu kurangnya sosialisasi terhadap media informasi dilingkungan kampus sehingga banyak yang tidak mengetahui keberadaan media informasi tersebut, selain itu kurangnya minat membaca dikalangan mahasiswa pun menjadi permasalahan tersendiri yang harus segera diatasi. Oleh karena itu sebagai salah satu perguruan tinggi yang bergerak di bidang komputer. Perguruan Tinggi Raharja harus selalu berinovasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Salah satunya dengan menerapkan sistem pembelajaran iLearning. Pada dasarnya istilah iLearning (Integrated Learning) berasal dari pemikiran perkembangan teknologi iPad di Perguruan Tinggi Raharja. Belajar, bermain, berdoa dan bekerja merupakan konsep pembelajaran yang dimiliki oleh iLearning. Pembelajaran yang secara efisien, praktis dan menyenangkan sehingga membuat mahasiswa menjadi lebih attractive dan semangat dalam belajar dengan didukung teknologi yang mempermudah jangkauan mahasiswa dalam melakukan interaksi. Berdasarkan tulisan sebelumnya yang dikemukakan oleh Untung Rahardja (2011) iLearning adalah sistem pembelajaran modern dan terbaru dalam dunia pendidikan yang berbasis 4B (Belajar, Bekerja, Bermain, dan Berdoa) dan dapat di implementasikan sebagai infrastruktur 4B iLearning, seperti pada gambar berikut ini[1]. Sistem pembelajaran iLearning yang di terapkan Perguruan Tinggi Raharja saling berhubungan dan berkaitan satu sama lain. iLearning merupakan inovasi baru dalam dunia pendidikan yang memanfaatkan perkembangan teknologi informasi. Kini dengan adanya metode pembelajaran iLearning, terciptalah terobosan-terobosan baru yang dapat mempermudah mahasiswa dalam mendapatkan pelayanan dan informasi seputar kampus. Contohnya media informasi kampus yang sebelumnya tidak dikenal secara luas kini dengan adanya iLearning, media informasi kampus dapat terintegrasi secara luas dan dapat dikenal oleh mahasiswa Perguruan Tinggi Raharja. Selain itu dengan tampilan berita yang mudah diharapkan dapat menarik minat membaca mahasiswa. Berdasarkan latar belakang diatas, maka penulis mencoba untuk melakukan analisa dan kajian terhadap media informasi yang berjalan pada Perguruan Tinggi Raharja dan menuangkannya dalam sebuah laporan ilmiah dengan judul “Analisa Sistem iLearning Raharja Ask and News (iRAN) Pada Perguruan Tinggi Raharja”.

1.2 Rumusan Masalah Berdasarkan uraian diatas maka penulis mengambil beberapa pokok permasalahan yaitu : 1. Apakah media informasi dapat diterapkan di Perguruan Tinggi Raharja? 2. Bagaimana cara menerapkan media informasi di lingkungan kampus? 3. Mengapa media informasi bersifat penting di Perguruan Tinggi Raharja?

1.3 Tujuan dan Manfaat Penelitian 1.3.1 Tujuan Penelitian Tujuan dari penelitian ini adalah : 1. Memudahkan mahasiswa dalam memperoleh informasi yang dibutuhkan 2. Meningkatkan minat membaca dikalangan mahasiswa 3. Menciptakan sebuah aplikasi untuk mengoptimalkan proses pencarian informasi 4. Untuk meningkatkan peran media informasi yang berkembang saat ini 5. Meningkatkan daya kreatif mahasiswa dalam pembelajaran

1.3.2 Manfaat Penelitian Adapun manfaat dari penelitian ini adalah : 1. Untuk mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh selama menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi Raharja dengan membuat laporan penelitian secara ilmiah dan sistematis. 2. Dapat mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan informasi yang diperlukan untuk meningkatkan iLearning di Perguruan Tinggi Raharja 3. Dapat melakukan pengembangan media informasi untuk kebutuhan mahasiswa 4. Mengatasi kendala – kendala dalam pengolahan informasi. 5. Untuk memperluas wawasan dan pandangan mahasiswa terhadap prospek kemajuan teknologi dan perkembangan informasi

1.4. Ruang Lingkup Karena luasnya permasalahan yang ada dan untuk membatasi ruang lingkup penelitian. Maka disini penulis sebagai admin iRAN hanya membahas tentang : 1. Pengelolaan informasi seputar lingkungan kampus 2. Upload berita/artikel 3. Edit berita/artikel 4. Pengelolaan statistic pengunjung 5. Tambah kategori 6. Backup data berita 7. Kelola komentar 8. Tambah user baru 9. Kelola user 10. Kelola hak akses user 11. Kelola pertanyaan terbuka 12. Jawab pertanyaan terbuka

1.5. Metode Penelitian Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam pembuatan Laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP) Menggunakan metode sebagai berikut: 1. Metode Observasi Adalah metode pengumpulan data dengan cara melakukan pengamatan secara langsung pada objek yang diteliti dan meminta data yang diperlukan sebagai bahan untuk menulis laporan penelitian. 2. Metode Studi Pustaka yaitu metode untuk mendapatkan informasi dengan mempelajari buku-buku dan literature yang ada. Serta melakukan searching pada internet. 3. Metode Survey yaitu metode ini dilakukan melalui proses survey disebuah sistem yang telah disediakan sistem itu adalah iSur ( iLearning Survey ), dimana metode ini dilakukan secara online oleh customer yang diberikan pertanyaan-pertanyaan atas apa saja yang dia rasakan selama menggunakan iRAN. Survey ini dilakukan agar memudahkan kegiatan survey/pengambilan keputusan dan mendapatkan informasi yang lebih akurat dan data yang tersimpan tidak akan hilang.

1.6. Sistematika Penulisan Dalam pembuatan Laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP) menggunakan sistematika penulisan materi sebagai berikut : BAB I PENDAHULUAN Berisi penjelasan tentang Latar Belakang Masalah, Perumusan Masalah, Tujuan dan Manfaat Penelitian, Ruang Lingkup, Metode Penelitian, serta Sistematika Penulisan. BAB II LANDASAN TEORI Berisi teori-teori dasar yang relevan dengan masalah pokok yang akan dikaji dan penelitian sebelumnya. BAB III PEMBAHASAN Berisi gambaran umum perusahaan, sejarah singkat, struktur organisasi, penjelasan tentang wewenang dan tanggung jawab, analisa masukan, analisa proses dan analisa keluaran. BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN Berisi tentang kesimpulan dan saran yang diberikan penulis dari hasil laporan KKP.

Contributors

Bunga