BAB IV Widuri Skripsi

Dari widuri
(Dialihkan dari BAB IV Widuri)
Lompat ke: navigasi, cari

laporan skripsi

RANCANGAN SISTEM DAN IMPLEMENTASI

4.1. Final Elisitasi Sistem Yang Di Usulkan

4.1.1 Functional Analisa Kebutuhan

Pembahasan detail functional elisitasi yang ada di Bab sebelumnya, dijabarkan secara satu persatu dengan menerapkan konsep sebelumnya dan sesudahnya adanya sistem yang diusulkan, adalah sebagai berikut :

1) “Menu search memudahkan pencarian data”

-Deskripsi sesudahnya :

Setelah adanya fasilitas menu search pada WIDURI sehingga dapat memudahkan proses pencarian data secara cepat baik Artikel maupun Cv Dosen Tanpa harus melakukan pencari data melalui akses kampus melalui widuri bisa diakses dimanapun dan kapanpun.

- Detail cara menampilkan tampilan menu yaitu terdapat pada link ini :

http://iran.raharja.info/index.php?action=artikel&cat=30&id=447&artlang=id


2) “Fasilitas read memudahkan account non member”

- Deskripsi Sesudahnya :

Sistem yang diusulkan terdapat fasilitas read yang memudahkan pengguna dalam mengakases informasi secara mudah dan lengkap.

- Detail cara menampilkan fasilitas read terdapat pada link berikut:

http://iran.raharja.info/index.php?action=artikel&cat=30&id=448&artlang=id


3)“List navigation memudahkan dalam pemilihan dashboard widuri”

- Deskripsi Sesudahnya :

Sistem yang diusulkan terdapat fasilitas List navigation dari deskripsi widuri yang dapat diakses secara mudah karena terdapat pada tampilan home widuri.

-Detail cara menampilkan list navigation terdapat pada link berikut:

4)“Pemberitahuan history widuri pada Button View Sourch”

- Deskripsi Sesudahnya : Sistem yang diusulkan terdapat fasilitas history dari deskripsi widuri agar mengetahui history last upadate.


- Detail cara history widuri pada Button View Sourch terdapat pada link berikut:

http://iran.raharja.info/index.php?action=artikel&cat=30&id=449&artlang=id

5)“Fasilitas Disscustion page talk widuri dengan all member”

- Deskripsi Sesudahnya :

Sistem yang diusulkan terdapat talk Widuri merupakan Tertautan Ke halaman pembicaraan, dimana tempat untuk meninggalkan pesan untuk .

- Detail cara history widuri pada Button View Sourch terdapat pada link berikut:

http://iran.raharja.info/index.php?action=artikel&cat=30&id=423&artlang=id


6)“Kemudahan penguploadan file menggunakan fasilitas List Toolbox”

- Deskripsi Sesudahnya :

Sistem yang diusulkan terdapat fasilitas pengunggahan secara mudah dan cepat melalui button upload.

- Detail cara pengunggahan widuri terdapat pada link berikut:

http://iran.raharja.info/index.php?action=artikel&cat=30&id=243&artlang=id

7) “Menu login memudahkan member mengakses halaman”

- Deskripsi Sesudahnya :

Sistem yang diusulkan terdapat fasilitas login dalam mengakses home login widuri yang terdiri dari file user name dan password

- Detail cara login terdapat pada link berikut:

http://iran.raharja.info/index.php?action=artikel&cat=30&id=57&artlang=id

8) “Terdapat fasilitas setting dashboad pengguna dan hak pengguna”

- Deskripsi Sesudahnya :

Sistem yang diusulkan terdapat fasilitas pengguna dan hak pengguna agar user mengetahui hak-haknya sebagai pengguna.

- Detail cara mengetahui setting pengguna dan hak pengguna login terdapat pada link berikut:

9) “Kemudahaan dalam hal kelengkapan artikel dengan menu sunting”

- Deskripsi Sesudahnya :

Sistem yang diusulkan terdapat fasilitas sunting memudahkan user dalam mengedit suatu artikel atau CV, hanya dengan klik button sunting yang tersedia tanpa harus menggunakan script.

- Detail cara sunting artikel terdapat pada link berikut:

http://iran.raharja.info/index.php?action=artikel&cat=30&id=450&artlang=id

10)"Kelengkapan menu privacy untuk member”

- Deskripsi sesudahnya :

Privasi merupakan tingkatan interaksi atau keterbukaan yang dikehendaki seseorang pada suatu kondisi atau situasi tertentu. tingkatan privasi yang diinginkan itu menyangkut keterbukaan atau ketertutupan, yaitu adanya keinginan untuk berinteraksi dengan orang lain, atau justru ingin menghindar atau berusaha supaya sukar dicapai oleh orang lain. adapun definisi lain dari privasi yaitu sebagai suatu kemampuan untuk mengontrol interaksi, kemampuan untuk memperoleh pilihan-pilihan atau kemampuan untuk mencapai interaksi seperti yang diinginkan. Privacy member yaitu suatu menu pada widuri untuk melindungi suatu artikel dari pengeditan atau penghapusan yang dilakukan oleh orang lain. Bertujuan agar orang lain tidak dapat mengedit atau menghapus artikel.

- Detail cara memprivacy artikel di widuri bisa di akses di link ini :

http://iran.raharja.info/index.php?action=artikel&cat=30&id=425&artlang=id

Non Functional Analisa kebutuhan

.1.2 Non Functional Analisa Kebutuhan

Pembahasan detail non functional elisitasi yang ada di Bab sebelumnya, dijabarkan secara satu persatu dengan menerapkan konsep sebelumnya dan sesudahnya adanya sistem yang diusulkan, adalah sebagai berikut :

1). “Minimal terdapat 25 pengguna widuri”

- Deskripsi Sesudahnya : Sistem yang diusulkan terdapat fasilitas pengguna agar mengetahui berapa jumlah pengguna dalam widuri.

- Detail cara pengguna di widuri terdapat pada link berikut:

2).“Sistem yang user friendly memudahkan penyuntingan artikel widuri”

- Deskripsi Sesudahnya : Sistem yang diusulkan terdapat fasilitas sunting memudahkan user dalam mengedit suatu artikel atau CV, hanya dengan klik button sunting yang tersedia tanpa harus menggunakan script.

- Detail cara penyuntingan artikel terdapat pada link berikut:

http://iran.raharja.info/index.php?action=artikel&cat=30&id=450&artlang=id

3) “Terdapat petunjuk penggunaan create account widuri”

- Deskripsi Sesudahnya : Sistem yang diusulkan terdapat fasilitas create account serta petunjuk pembuatannya, sehingga memudahkan pengaksesan widuri.

- Detail cara create account terdapat pada link berikut:

http://iran.raharja.info/index.php?action=artikel&cat=30&id=58&artlang=id

4).“Terdapat minimal 5 kategori”

- Deskripsi Sesudahnya :

Sistem yang diusulkan terdapat pengkategorian artikel, yang bertujuan untuk mengelompokkan artikel sesuai dengan tema dari artikel tersebut.

- Detail cara pengkategorian artikel terdapat pada link berikut:

http://iran.raharja.info/index.php?action=artikel&cat=30&id=259&artlang=id

5).“Minimal terdapat DMW (daftar merah widuri)”

- Deskripsi Sesudahnya :

Dengan adanya daftar merah widuri pengguna dapat memberikan kemudahan dalam pembuatan artikel dan dapat mengarahkan pengguna dalam membuat suatu artikel.

- Detail cara pembuatan artikel terdapat pada link berikut:

http://iran.raharja.info/index.php?action=artikel&cat=30&id=461&artlang=id

4.2. Tujuan Dan Manfaat Sistem

4.1.1 Tujuan

Widuri bertujuan sebagai media informasi yang digunakan pada Perguruan Tinggi Raharja saat ini. Widuri merupakan merupakan aplikasi website yang dibuat untuk mempermudah mahasiswa ataupun dosen untuk membuat artikel atau CV dosen yang bisa diakses oleh seluruh masyarakat.

4.1.2 Manfaat

Widuri juga dapat bermanfaat bagi masyarakat luas sehingga dapat mengetahui sumber data yang terdapat di widuri dari internet. sehingga manfaat dari widuri dapat diklasifikasikan secara individual sebagai berikut:

a.Dosen Dapat mengupdate CV dosen dan data pribadi secara keseluruhan secara mudah dan dimana saja ( karena bersifat online ) .

b.Mahasiswa Memudahkan mahasiswa dalam mengerjakan tugas berupa artikel atau makalah, sehingga memudahkan mahasiswa dalam proses kegiatan belajar mengajar.

c.Kampus Kampus memiliki media informasi secara online, yang dapat memudahkan pribadi raharja untuk mencari informasi sebagai sumber informasi yang bersifat online yang bisa akses kapanpun.

4.3.Gambaran Umum Mind Mapping Program

Dari beberapa permasalahan yang ada dapat disimpulkan secara detail menurut penjabaran tentang Widuri yang tercantum dalam aplikasi Mind Mapping. Dikarenakan proses pembuatan aplikasi ini tidak mudah, dan banyak membutuhkan proses yang bertahap, sehingga dilakukan proses pembuatan aplikasi yang sebenarnya.

Mind Mapping dibuat secara bercabang untuk mengetahui fungsi penggunaan aplikasi Widuri dan untuk memudahkan dalam hal penggunaannya.

Mapmaaping.JPG

4.4. Flowchart Sistem Yang Di Usulkan

Dapat disimpulkan bahwa kemudahan dalam menggunakan Widuri dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun. Selain itu, sistem ini dilakukan dengan cara alternatif yang mampu memudahkan untuk melakukan proses tersebut, yaitu melalui alur flowchart. Dibawah ini merupakan gambaran dari alur flowchart program yang berjalan dari Widuri.

Flowchart widuri.JPG

4.5.Rancangan Dan Implementasi Sistem Yang Diusulkan

4.5.1.Diagram Rancangan Sistem Yang Diusulkan

Untuk menganalisa sistem yang diusulkan, pada penelitian ini digunakan program Visual Paradigm for UML 6.4 Enterprise Edition untuk menggambarkan Use Case Diagram, Activity Diagram, Sequence Diagram dan Class Diagram. Use Case Diagram menggambarkan kebutuhan sistem dari sudut pandang User dan memfokuskan pada proses komputerisasi. Sebuah Use Case dapat menggambarkan hubungan antara Use Case dengan Actor. Secara umum Use Case adalah pola perilaku sistem dan ukuran transaksi yang berhubungan yang dilakukan oleh satu Actor.

Sebelum penulis membuat kedalam use case selanjutnya dipaparkan mengenai business proccess tentang kegiatan yang ada di Widuri. Secara garis besar prosesnya adalah:

1.Registrasi Sebelum menjadi member, user harus registrasi terlebih dahulu untuk membuat account member. Data yang dibutuhkan adalah user harus menggunakan email Raharja.co agar bisa login ke dalam Widuri. Setelah mengisi data,tahap selanjutnya member akan mendapatkan email konfirmasi yang dikirimkan oleh Widuri ke email user yang digunakan untuk login ke Widuri.

2.Login Login agar memudahkan member untuk mengakses halaman di widuri dan membuat suatu artikel dan sunting fasilitas login dalam mengakses home login widuri yang terdiri dari file user name dan password.

3.Kategori Artikel Terdapat menu pengkategorian artikel, yang bertujuan untuk mengelompokkan artikel sesuai dengan tema dari artikel yang dibuat oleh member agar lebih mudah dalam pencarian data yang diingin oleh member.

4.Sunting Artikel Terdapat fasilitas sunting memudahkan user dalam mengedit suatu artikel atau CV, hanya dengan klik button sunting yang tersedia agar memudahkan member dalam mengedit suatu artikel yang telah member tulis.

4.5. Rancangan Dan Implementasi Sistem Yang Diusulkan

4.5.1.Diagram Rancangan Sistem Yang Diusulkan

Untuk menganalisa sistem yang diusulkan, pada penelitian ini digunakan program Visual Paradigm for UML 6.4 Enterprise Edition untuk menggambarkan Use Case Diagram, Activity Diagram, Sequence Diagram dan Class Diagram. Use Case Diagram menggambarkan kebutuhan sistem dari sudut pandang User dan memfokuskan pada proses komputerisasi. Sebuah Use Case dapat menggambarkan hubungan antara Use Case dengan Actor. Secara umum Use Case adalah pola perilaku sistem dan ukuran transaksi yang berhubungan yang dilakukan oleh satu Actor.

Sebelum penulis membuat kedalam use case selanjutnya dipaparkan mengenai business proccess tentang kegiatan yang ada di Widuri. Secara garis besar prosesnya adalah:

1.Registrasi

Sebelum menjadi member, user harus registrasi terlebih dahulu untuk membuat account member. Data yang dibutuhkan adalah user harus menggunakan email Raharja.co agar bisa login ke dalam Widuri. Setelah mengisi data,tahap selanjutnya member akan mendapatkan email konfirmasi yang dikirimkan oleh Widuri ke email user yang digunakan untuk login ke Widuri.

2.Login

Login agar memudahkan member untuk mengakses halaman di widuri dan membuat suatu artikel dan sunting fasilitas login dalam mengakses home login widuri yang terdiri dari file user name dan password.

3.Kategori Artikel

Terdapat mene pengkategorian artikel, yang bertujuan untuk mengelompokkan artikel sesuai dengan tema dari artikel yang dibuat oleh member agar lebih mudah dalam pencarian data yang diingin oleh member.

4.Sunting Artikel

Terdapat fasilitas sunting memudahkan user dalam mengedit suatu artikel atau CV, hanya dengan klik button sunting yang tersedia agar memudahkan member dalam mengedit suatu artikel yang telah member tulis.


i Use Case Diagram yang Diusulkan

UML Di usulkan.JPG


Deskripsi Use Case :

1.Use Case : Login

Actor  : Dosen

Deskripsi :

a)Dosen melakukan login pada account widuri

b)Dalam account login, dosen memasukkan username dan password.

2.Use Case : Home

Actor  : Dosen

Deskripsi :

a)Setelah melakukan login, dosen tersebut masuk ke dalam tampilan dalam dashboard home widuri.

3.Use Case : Sunting

Actor : Dosen

Deskripsi : b)Dosen melakukan sunting profile

c)Dalam account login, dosen memasukkan username dan password.

4.Use Case : Login Actor  : Dosen

Deskripsi  : d)Dosen melakukan login pada account widuri

e)Dalam account login, dosen memasukkan username dan password.

5.Use Case  : Login

Actor  : Dosen

Deskripsi  :

f)Dosen melakukan login pada account widuri

g)Dalam account login, dosen memasukkan username dan password.

Activity Diagram yang Diusulkan

Activity diagram menggambarkan proses bisnis dan urutan aktifitas dalam sebuah proses, yang mana dipakai pada business modelling untuk memperhatikan urutan aktifitas proses bisnis karena bermanfaat untuk membantu memahami proses secara keseluruhan dalam memodelkan sebuah proses. Activity diagram mempunyai peran seperti halnya flowchart, akan tetapi perbedaannya dengan flowchart adalah activity diagram bisa mendukung perilaku pararel sedangkan flowchart tidak bisa. Activity diagram dibuat berdasarkan sebuah atau beberapa use case pada use case diagram, atau bahkan tanpa menggunakan use case diagram.


Akses widuri pipit.JPG

Berdasarkan Gambar 4.4. Activity Diagram untuk Operator, terdapat :

a.1 Initial Node, sebagai objek yang diawali.

b.5 action, state dari sistem yang mencerminkan eksekusi dari suatu aksi di antaranya: Login, Akses Search, Sunting, Preview dan Search.

c.1 Decision Node, yang berfungsi untuk menentukan keputusan yang diambil. Dalam hal ini, jika operator gagal login maka sistem akan menampilkan halaman login kembali. Sedangkan jika operator berhasil login, maka sistem akan langsung menampilkan tampilan home operator.

d.1 Final State, sebagai objek yang diakhiri.


iii.

Sequence Diagram yang Diusulkan

Sequence Diagram (Diagram Urutan) menggambarkan interaksi antara objek di dalam dan di sekitar sistem (termasuk pengguna, display dan sebagainya) berupa massage yang digambarkan terhadap waktu.

Classss.JPG

Berdasarkan Gambar 4.5. Sequence Diagram untuk membuat CV dosen by Widuri terdapat : 1.2 actor, yaitu Dosen dan Mahasiswa

2.1 boundary lifeline, yaitu Widuri page

3.1 control lifeline untuk creat Cv page

4.1 entity lifeline, yaitu Mahasiswa

5.5 message yang ada didalam sistem Home Contol Widuri

a.1 message login untuk akses widuri

b.1 message creat cv page

c.1 message melakukan sunting cv maupun sunting artikel

d.1 message preview cv dosen

e.1 message publikasi cv melalui seacrh widuri


5.1.5 Class Diagram Yang Diusulkan

Diagram Kelas (class diagram) sangat membantu dalam visualisasi kelas dari suatu sistem. Hal ini di sebabkan karena class adalah deskripsi kelompok objek-objek dengan atribut (property) dan relasi yang sama. Disamping itu class diagram bisa memberikan pandangan global atas sebuah sistem. Hal tersebut tercermin dari class-class yang ada dan relasinya satu dengan yang lain. Menggambarkan struktur dan deskripsi class pada sistem Widuri

300

b.Rancangan Database

Rancangan database dipakai untuk mempermudah dalam proses penyeleksian data, serta membantu pemprograman dalam mengambil dan menampilkan data. Pada database digunakan tabel-tabel, dan pada tabel-tabel ini akan dijelaskan nama field, type dan size mengenai data tersebut. 1.Nama File : category

Media : Hard Disk

Isi : id+user_id+statusof+startdate+bgcolor+bgcolor+textcolor+channelcolor+textcolor+alt

Primary Key : id

1.JPG


c.Rancangan Prototype Tampilan

Berdasarkan requirements yang terdapat pada Final Draft Elisitasi di atas, kemudian dibangun beberapa prototype Widuri, yaitu: 1.Tampilan menu Login Administrator dan User

Terdapat tampilan menu login administrator dan User yaitu dengan fasilitas menu Username dan Password serta Button Login untuk akses masuk kedalam halaman admin selajutnya.


Protype login.JPG


2. Tampilan create account widuri

Prototype create account widuri ini berfungsi untuk memudahkan user untuk melakukan registrasi pada accoount widuri (membuat account baru). Tentunya dengan mengisi field yang telah disediakan.

Gagal membuat miniatur: Berkas tak ditemukan

d.Tampilan Layar

Pada tampilan layar menu utama atau index berada pada halaman login/craete account, pada halaman ini berfungsi sebagai pendaftaran hak akses terhadap user maupun admin yang masing-masing memiliki tugasnya tersendiri, dan pada Widuri ini terdapat tampilan home Widuri untuk masing-masing user yaitu untuk mahasiswa dan dosen. Serta terdapat menu atau fasilitas navigation untuk memudahkan pencarian data.

Login.JPG

Pada tampilan layar dibawah ini yaitu tampilan login untuk user yang telah mempunyai member (sudah terdaftar). Untuk masuk ke halaman Widuri cukup memasukkan username dan password.

Tampilan layar dibawah ini yaitu tampilan preferensi yaitu untuk mengetahui setting pada tampilan yang ada di widuri


Preferensi.JPG tampilan.JPG


e.Implementasi Sistem yang Diusulkan 1.Perangkat Keras (Hardware)

a.Perangkat  : iPad 1, iPad 2, iMac, Macbook Pro

b.Processor  : 1 GHz dual-apple A5

c.Layar  : LED Backlit glossy widescreen Multi-Touch display with IPS technology.

d. Storage : 16GB, 32GB, 64GB

e.Baterai : Built in 25 watt lithium polymer

2.Perangkat Lunak (Software)

a.Platform : iOS 6

b.Safari Web Browser

c.Widuri Web Application and Native Application.

3.Brainware Untuk mengoperasikan Widuri ini dapat dilakukan oleh seluruh Pribadi Raharja dengan menggunakan account email Eco.

4.Hak Akses

Yang mempunyai hak dalam melakukan pengaksesan Widuri ini adalah seluruh Pribadi Raharja.

Contributors

Fitria indriyani