SI1031465420

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari

SISTEM ALAT PENYIRAM TANAMAN PADA TAMAN PERKOTAAN

MENGGUNAKAN INTERFACE VB.NET BERBASIS

MIKROKONTROLER ATMEGA 32u4

SKRIPSI

Logo stmik raharja.jpg

Disusun Oleh :

Nim
: 1031465420
Nama
: Aldo Edward Siallagan

 

 

JURUSAN SISTEM KOMPUTER

KONSENTRASI COMPUTER SYSTEM

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

TANGERANG

(2014/2015)

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA




LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI

SISTEM ALAT PENYIRAM TANAMAN PADA TAMAN PERKOTAAN

MENGGUNAKAN INTERFACE VB.NET BERBASIS

MIKROKONTROLER ATMEGA 32U4

Disusun Oleh :

Nim
: 1031465420
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Sistem Komputer
Konsentrasi
: Sistem Komputer

Disahkan oleh,

Tangerang, Januari 2015
Ketua
Kepala Jurusan
STIMIK RAHARJA,
Sistem Komputer,
Ir. Untung Rahardja, M.T.I.
Ferry Sudarto, S.Kom., M.Pd.
NIP : 000594
NIP : 079010

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA




LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING

SISTEM ALAT PENYIRAM TANAMAN PADA TAMAN PERKOTAAN

MENGGUNAKAN INTERFACE VB.NET BERBASIS

MIKROKONTROLER ATMEGA 32U4

Dibuat Oleh :

Nim
: 1031465420
Nama

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan tim penguji ujian komprehensip

Jurusan Sistem Komputer

Konsentrasi Sistem Komputer

Tahun Akademik 2014 /2015

Disetujui oleh,

Tangerang, Januari 2015
Pembimbing I
Pembimbing II
(Indrianto, M.T.)
(Radiyanto, Drs.,M.Pd.)
NIP : 05061
NIP : 08183

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA




LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI

SISTEM ALAT PENYIRAM TANAMAN PADA TAMAN PERKOTAAN

MENGGUNAKAN INTERFACE VB.NET BERBASIS

MIKROKONTROLER ATMEGA 32U4

Dibuat Oleh :

Saya yang bertanda tangan dibawah ini,
Nim
: 1031465420
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Sistem Komputer
Konsentrasi
: Sistem Komputer

Menyatakan bahwa skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan atau duplikat dari skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja, maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab serta bersedia menerima sanksi jika ternyata pernyataan di atas tidak benar.

Tangerang, Januari 2015
Aldo Edward Siallagan
Nim. 1031465420

*)Tanda tangan dibubuhi meterai 6.000,




ABSTRAKSI

Robot merupakan sistem electro mechanical yang dapat melakukan tugas fisik baik secara otomatis maupun manual. Pada umumnya, proses penyiram tanaman masih dilakukan secara manual, yaitu dengan menyiram secara langsung menggunakan ember atau wadah lainnya sehingga penggunaan teknologi masih kurang bisa dimanfaatkan dengan baik oleh manusia, terutama pada saat melakukan penyiramaan tanaman dengan memberikan supply air yang cukup. Prinsip kerja dari robot ini dikendalikan oleh sebuah Mikrokontroler ATmega 32u4 sebagai sistem kerja pada robot dan tempat pemprosesan untuk menampilkan output pada desktop gadget laptop sebagai indikasi pengkondisian. Mikrokontroler akan mendapatkan input dari dua buah sensor, yaitu sensor kelembapan (Humidity). Sensor kelembapan akan memberikan input ke Mikrokontroler dan mendeteksi jenis tanah yang memerlukan air, dan memberikan input ke Mikrokontroler untuk mengaktifkan driver motor servo untuk mendeteksi objek tanah tersebut. Kemudian, Mikrokontroler akan mengaktifkan pompa untuk menyiram tanaman berdasarkan warna yang telah diprogram dengan lama waktu penyiraman 10s, 5s, dan 2s. Kemudian karakter warna memberikan sinyal warna pada lampu LED. Jadi, robot tidak akan melakukan proses penyiraman tanaman sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, jika sensor warna tidak mendeteksi warna merah, hijau, dan biru.

Kata Kunci : Mikrokontroler ATmega 32u4, Lampu LED, Sensor Kelembapan (Humidity), Motor Servo.




ABSTRACT

Robots are electro mechanical system that can perform both tasks automatic physical or manual. In general, plants process is still done manually, by direclty using a watering bucket or other container so that the use of technology is still less could used well by humans, especially at the time of watering the plants by providing adequate water supply. The working principle of this robots controlling by a microcontroller ATmega 32u4 as working on the robotic system and the processingto display the output on the LED light color is detected in the form of characters. The microcontroller will receive input from two sensors, the humidity sensor (Humidity). Humidity sensors will provide input to microcontroller and detects the type of soil that requires water, and provide input to the microcontroller to enable the servo motor driver to detect the land object. Then, the microcontroller will active the pump for watering plants based on color that has been programmed with a set lenght of time watering 10s, 5s, and 2s. Then the character of color give color signal on the LED lights. Thus, the robot will not do the watering process in accordance with a predetermined time, when the sensors does not detect the colors red, green, and blue.

Keywords: Microcontroller ATmega 32u4, LED light, Humidity sensors, and motor driver.




KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kehadirat Tuhan yang Maha Esa, karena atas berkat, bimbingan serta karunianya yang melimpah, sehingga penyusunan laporan Skripsi ini dapat diselesaikan dengan baik. Dimana skripsi ini dibuat dan disajikan dalam bentuk buku yang sederhana. Adapun judul yang diambil dalam penyusunan laporan skripsi ini adalah " SISTEM ALAT PENYIRAM TANAMAN PADA TAMAN PERKOTAAN MENGGUNAKAN INTERFACE VB.NET BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA 32u4".

Adapun manfaat dan tujuan dari penulisan laporan skripsi ini adalah untuk memenuhi tugas akhir yang diberikan oleh pihak akademik kepada mahasiswa, mahasiswi dalam rangka penempuhan ilmu di jenjang strata satu, dan pencapaian gelar Sarjana di STMIK Raharja.

Dalam penyusunan laporan skripsi ini masih banyak kekurangan, baik dari segi materi maupun teknis. Hal ini disebabkan karena keterbatasan kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki, sehingga sangat diharapkan saran maupun kritik yang bersifat membangun.

Pada kesempatan ini tidak lupa mengucapkan rasa terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu sehingga terlaksananya penulisan laporan skripsi ini, terutama kepada:

  1. Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I., selaku Ketua STMIK Raharja.
  2. Bapak Sugeng Santoso, M.Kom, selaku Pembantu Ketua I STMIK Raharja.
  3. Bapak Ferry Sudarto, S.Kom., M.Pd, selaku Kepala Jurusan Sistem Komputer S1 STMIK Raharja.
  4. Bapak Indrianto, M.T., selaku Dosen Pembimbing I yang senantiasa memberikan dorongan, motivasi dan bimbingan dalam menyusun laporan skripsi ini hingga selesai.
  5. Bapak Radiyanto, Drs., M.Pd., selaku Dosen Pembimbing II selalu membantu dalam penyusunan Laporan, perbaikan, dan penyempurnaan penulisan laporan Skripsi ini hingga selesai.
  6. Bapak , selaku Pimpinan Perusahaan pada dan selaku stekholder yang telah membantu memberikan data – data yang berhubungan dengan persediaan barang demi kelancaran skripsi ini.
  7. Bapak yang telah membantu mendampingi penulis dalam pengambilan data-data.
  8. Bapak dan Ibu Dosen Perguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan ilmunya.
  9. Kepada Orang tua tercinta yang tanpa lelah selalu memanjatkan doa dan memberikan segala dukungan moril, materil, dan spritual. "Semoga Tuhan senantiasa memberikan limpahan berkat dan rahmat dan juga umur panjang kepada Beliau semua, Amin". .
  10. Rekan-rekan seperjuangan yang tergabung dalam HImpunan Mahasiswa Jurusan (HIMTIF), Dan Unit Kegiatan Mahasiswa (MARANATHA) sahabat serta semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu yang telah memberikan dorongan serta semangat untuk menyelesaikan laporan skripsi.

Semoga segala amal dan bantuan semua pihak serta dorongan yang telah diberikan dalam menyelesaikan laporan skripsi ini, mendapat balasan yang setimpal dari Tuhan Yang Maha Esa. Akhir kata ddengan segala keterbatasan dan kesederhanaan berharap penulisan laporan ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca dan dapat menjadi bahan acuan dan mohon maaf apabila terjadi kesalahan-kesalahan dalam penulisan laporan skripsi inidikemudian hari.

 

 

Tangerang, Januari 2015

 

 

( Aldo Edward Siallagan )

Nim : 1031465420




DAFTAR SIMBOL
SIMBOL FLOWCHART (DIAGRAM ALUR)
SIMBOL ELEKTRONIKA




DAFTAR LAMPIRAN





BAB I

PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang

Teknologi, tidak lepas dari pengetahuan, sehingga perkembangan kedua ilmu ini sangat erat saling mempengaruhi. Apa yang terjadi hari ini bagaimana perlombaan yang cepat dan pesat antara ilmu teknologi maupun ilmu pengetahuan, jadi tidak mengherankan kedua hal ini sangat sulit dipisahkan. Dari pada itu perkembangan yang terjadi tidak lepas pengaruhnya, terutama tehadap lingkungan yang ada disekitarnya. Lingkungan sendiri menjadi peran yang penting dari pengaruh yang terjadi, banyak teknologi yang sudah berperan penting dalam mengeksplorasi lingkungan bagi kehidupan manusia.

Seperti dua sisi magnet yang positif dan negative, tidak selalu perkembangan teknologi dan pengetahuan bisa sejalan dengan lingkungan tersebut. Ada kerugian dan keuntungan sendiri dari hal ini, seperti pencemaran minyak yang bocor di lautan disebabkan ilmu teknologi yang jauh terlalu berkembang dari sumber daya manusianya. Salah satu perkembangan teknologi dan pengetahuan diterapkan terhadap kegiatan manusia dalam kehidupan sehari-hari, seperti contoh sistem penyiraman tanaman yang sangat mudah. Lingkungan tak lepas dari kehidupan manusia, sehingga apa yang dilakukan manusia terhadap lingkungan itu sendiri.

Kehidupan manusia di perkotaan dituntut untuk berjalan sangat cepat. Lingkungan perkotaan sangat berbeda dengan daerah-daerah berkembang yang ada di pedesaan, dari sisi lingkungan yang juga berbeda. Dari itu banyak kota-kota yang menggalakan adanya daerah ruang terbuka hijau, selain banyaknya gedung-gedung yang tidak menyiapkan lahan yang cukup untuk ruang terbuka hijau.

Sebagaimana diketahui tanaman menjadi paru-paru oksigen pada suatu kota di satu negara, di perkotaan sendiri tanaman menjadi sangat langka karena semua ruang terbuka hijau sudah menjadi bangunan-bangunan pencakar langit. Karena itu beberapa ahli melakukan suatu gagasan yang menyarankan setiap perkotaan harus memiliki ruang terbuka hijau kurang dari 20% setiap kotanya. Dalam hal ini pun orang-orang yang hidup di perkotaan diharapkan peduli akan lingkungannya, apalagi hidup di perkotaan memiliki polusi yang sangat tinggi setiap tahunnya.

Oleh karena itu inovasi dan kreativitas para pionir dalam ilmu komputer terus berkembang sesuai jaman, untuk membantu manusia dalam berbagai hal. Sistem komputer pun terus menjadi pusat dalam perkembangannya, seperti membantu mengefisiensikan waktu, agar tidak menjadi sia-sia. Dalam hal ini penulis menuangakan idenya untuk bagaimana orang-orang di perkotaan dalam memanfaatkan sistem komputer yang berbasis robot penyiram tanaman otomatis.

Dari hal tersebut ada banyak teknologi yang berinovasi dalam perkembangannya untuk mengefesienkan pekerjaan manusia, oleh sebab itu bagaimana alat tersebut dapat bekerja lebih maksimal dari alat yang sudah ada sebelumnya. Seperti diketahui tumbuhan yang didaerah tropis akan mendapat sumber hujan yang sangat sedikit, sehingga perlu perkembangan sistem alat yang berinovasi dalam menghadapi cuaca ekstrim.

Ada dua aspek yang menjadi masalah dalam memperbaiki sistem yang ada, bagaimana mendeteksi jenis tanah dari tanaman tersebut, dan sumber air yang diperlukan .Jadi, apa yang selama ini menjadi masalah akan lebih mengurangi apa yang menjadi kendala. Berdasarkan permasalahan di atas maka penulis memilih judul “Sistem Alat Penyiram Tanaman Pada Taman Perkotaan Menggunakan Interface VB.NET Berbasis Mikrokontroler ATMEGA 32U4”.

1.2 Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang di atas, maka permasalahan dapat dirumuskan sebagai berikut:

1. Bagaimana menggunakan dan merancang interface VB.NET sebagai aplikasi yang memberikan informasi dari sistem penyiram tanaman yang terkontrol?

2. Bagaimana mengontrol relay agar dapat memutus atau menghubungkan pompa air ke motor servo?

3. Bagaimana Mikrokontroler berkomunikasi dengan perangkat Interface VB.NET melalui PC?

1.3. Ruang Lingkup Penelitian

Atas rumusan masalah diatas, maka dapat disimpulkan pada perancangan dan pembuatan sebuah alat yang diakses melalui Database, VB(Visual Basic) sebagai program perncangan, dan Lampu LED (Light emitting diode). Sebagai pendeteksi objek menggunakan mikrokontroler ATmega 32u4, serta komponen pendukung sistem meliputi:

1. LED (Light emitting diode) berfungsi sebagai pendeteksi kondisi kelembapan suatu tanah

2. Menggunakan mikrokontroler ATmega 32u4

3. Untuk mengakses atau mengontrol alat menggunkan PC (Laptop) menggunakan program VB.NET.

4. Sensor kelembapan (humidity) sebagai pendeteksi jenis tanah.

1.4. Tujuan dan Manfaat Penelitian

1.4.1. Tujuan Penelitian

Adapun tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah sebagai berikut:

A. Tujuan Operasioanl

1. Mengubah sistem yang kovensional menjadi sistem yang lebih terprogram

2. Memanfaatkan LED (Light emitting diode) sebagai pendeteksi kondisi kelembapan dari suatu tanah.

B. Tujuan Fungsional

1. Membuat sistem yang manual menjadi ke sistem yang otomatis.

C. Tujuan Individu ( P ribadi)

1. Untuk mengimplementasikan ilmu yang telah dipelajari

2. Untuk memenuhi syarat kelulusan untuk jenjang Strata satu (S1).

1.4.2. Manfaat Penelitian

Adapun manfaat dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:

A. Manfaat Individu

1. Memberikan kepuasan karena dapat menciptakan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat

2. Dapat mengembangkan ilmu komputer yang diperoleh oleh penulis selama perkuliahan

1.5. Metodologi Penelitian

Dalam mendapatkan data yang diperlukan dalam penelitian maka, penulis menggunakan beberapa metode yang digunakan adalah sebagai berikut:

1.5.1. Metode Pengumpulan Data

Dari hasil metode penelitian yang digunakan adalah metode dengan cara mengumpulkan dan menggambarkan data mengenai keadaan secara langsung dari lapangan atau tepatnya yang menjadi objek penelitian untuk mendapatkan data secara relevan.

Beberapa teknik pengumpulan data yang penulis lakukan dalam mencari dan mengumpulkan data serta mengolah informasi yang diperlukan menggunakan metode sebagai berikut:

1. Metode Obsevasi (Observation Research)

Penulis melakukan pengamatan langsung dari objek penulisan untuk mendapatkan data dan infromasi yang akurat mengenai sistem Penyiram tanaman otomatis berbasis sensor kelembapan (humidity).

2. Metode Wawancara (Interview Research)

Penulis melakukan wawancara kepada sebagian orang yang berkompeten dalam bidangnya yang menyangkut objek bahasan yang diambil oleh penulis.

3. Metode Studi Pustaka (Library Research)

Selain melakukan observasi penulis juga melakukan pencarian informasi dengan cara studi pustaka dalam metode ini penulis berusaha untuk melengkapi informasi-infromasi yang diperoleh dengan membaca serta mempelajari buku dan artikel yang relevan dalam pemilihan judul yang penulis ajukan. Buku dan artikel tersebut digunakan penulis untuk membantu penganalisan dan perancangan yang dilakukan.

1.5.2. Metode Analisa

Setelah proses pengumpulan data dilaksanakan melalui beberapa teknik maka, data yang sudah ada diolah dan dianalisa upaya mendapatkan suatu hasil yang bermanfaat bagi penelitian ini. Maka, dilakukan tiga tahapan, yaitu:

1. Analisa proses yang sedang berjalan

2. Identifikasi kebutuhan

3. Indentifikasi persyaratan dari sistem yang akan dibuat.

Hasil analisa tersebut kemudian dibuat laporan dalam perancangan sistem yang diusulkan.

1.5.3. Metode Perancangan

Dari perancangan penulis menggunakan metode sistem flowchart dimana tahap proses pembuatan alat sistem penyiram tanaman otomatis sensor kelembapan (humidity).

1.5.4. Metode Prototipe

Prototipe yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah pendekatan evolutionary, dimana penulis melakukan pengembangan terhadap LCD (Liquid cristal display ) secara terkontrol melalui database.

1.5.5. Metode Testing

Dalam metode pengujian ini penulis melakukan uji coba dengan metode black box terhadap prototype yang telah dibuat agar diketahui apakah prototype sudah berjalan sesuai ketentuan.

1.6. Sistematika Penulisan

Untuk mempermudah pembahasan dan pemahaman penulis membuat sistematika pembahasan bagaimana sebenarnya prinsip kerja sistem data base dalam mengkondisikan sensor dan motor servo berbasis mikrokontroler ATmega 32u4, maka penulisan skripsi ini dibagi menjadi beberapa bagian dengan sistematika sebagai berikut:

BAB I PENDAHULUAN

Bab ini menjelaskan tentang informasi umum, latar belakang masalah, rumusan masalah, ruang lingkup penelitian, tujuan dan manfaat penelitian, metodologi penelitian, metode analisis, metode perancangan, sumber data, dan sistematika penulisan.

<a name="_GoBack"></a>

BAB II LANDASAN TEORI

Bab ini berisi tentang uraian mengenai teori-teori dasar elektronika yang akan mendukung pembahasan, serta penulisan dalam penyusunan skripsi ini. Uraian tersebut menjelaskan tentang konsep dasar mikrokontroler ATmega 32u4, sensor kelembapan (humidity), motor DC, motor servo, lampu LED, dan pendukung komponen-komponen lainnya.

BAB III PERANCANGAN DAN PEMBAHASAN

Bab ini memuat perancangan dan pembahasan SISTEM ALAT PENYIRAM TANAMAN PADA TAMAN PERKOTAAN MENGGUNAKAN INTERFACE VB.NET BERBASIS MIKROKONTROLER ATmega 32u4” yang dijabarkan secara terperinci.

BAB IV UJI COBA DAN ANALISA

Bab ini berisi tentang penjelasan mengenai uji coba serta analisa pengoprasian dari sistem yang dibuat.

BAB V PENUTUP

Pada bab ini ditemukan kesimpulan dari hasil analisis yang telah dilakukan dan saran kepada pihak-pihak yang berkempentingan sehingga tujuan dan manfaat dari laporan skripsi ini dapat diselesaikan.

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN

Contributors

Aldo Edward Siallagan