SI1031465420
SISTEM ALAT PENYIRAM TANAMAN PADA TAMAN PERKOTAAN
MENGGUNAKAN INTERFACE VB.NET BERBASIS
MIKROKONTROLER ATMEGA 32u4
Disusun Oleh :
Nim |
: 1031465420
|
Nama |
: Aldo Edward Siallagan
|
JURUSAN SISTEM KOMPUTER
KONSENTRASI COMPUTER SYSTEM
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
TANGERANG
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI
SISTEM ALAT PENYIRAM TANAMAN PADA TAMAN PERKOTAAN
MENGGUNAKAN INTERFACE VB.NET BERBASIS
MIKROKONTROLER ATMEGA 32U4
Disusun Oleh :
Nim |
: 1031465420
|
Nama |
|
Jenjang Studi |
: Strata Satu
|
Jurusan |
: Sistem Komputer
|
Konsentrasi |
: Sistem Komputer
|
Disahkan oleh,
Tangerang, Januari 2015
| ||||||||||||||||||||||||
Ketua |
Kepala Jurusan
| |||||||||||||||||||||||
STIMIK RAHARJA, |
Sistem Komputer,
| |||||||||||||||||||||||
Ir. Untung Rahardja, M.T.I. |
Ferry Sudarto, S.Kom., M.Pd.
| |||||||||||||||||||||||
NIP : 000594 |
NIP : 079010
|
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING
SISTEM ALAT PENYIRAM TANAMAN PADA TAMAN PERKOTAAN
MENGGUNAKAN INTERFACE VB.NET BERBASIS
MIKROKONTROLER ATMEGA 32U4
Dibuat Oleh :
Nim |
: 1031465420
|
Nama |
Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan tim penguji ujian komprehensip
Jurusan Sistem Komputer
Konsentrasi Sistem Komputer
Tahun Akademik 2014 /2015
Disetujui oleh,
Tangerang, Januari 2015
| ||||||||||||||||||||||||
Pembimbing I |
Pembimbing II
| |||||||||||||||||||||||
(Indrianto, M.T.) |
(Radiyanto, Drs.,M.Pd.)
| |||||||||||||||||||||||
NIP : 05061 |
NIP : 08183
|
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI
SISTEM ALAT PENYIRAM TANAMAN PADA TAMAN PERKOTAAN
MENGGUNAKAN INTERFACE VB.NET BERBASIS
MIKROKONTROLER ATMEGA 32U4
Dibuat Oleh :
Saya yang bertanda tangan dibawah ini,
| |
Nim |
: 1031465420
|
Nama |
|
Jenjang Studi |
: Strata Satu
|
Jurusan |
: Sistem Komputer
|
Konsentrasi |
: Sistem Komputer
|
Menyatakan bahwa skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan atau duplikat dari skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja, maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.
Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab serta bersedia menerima sanksi jika ternyata pernyataan di atas tidak benar.
Tangerang, Januari 2015 | |
Aldo Edward Siallagan | |
Nim. 1031465420 |
*)Tanda tangan dibubuhi meterai 6.000,
ABSTRAKSI
Robot merupakan sistem electro mechanical yang dapat melakukan tugas fisik baik secara otomatis maupun manual. Pada umumnya, proses penyiram tanaman masih dilakukan secara manual, yaitu dengan menyiram secara langsung menggunakan ember atau wadah lainnya sehingga penggunaan teknologi masih kurang bisa dimanfaatkan dengan baik oleh manusia, terutama pada saat melakukan penyiramaan tanaman dengan memberikan supply air yang cukup. Prinsip kerja dari robot ini dikendalikan oleh sebuah Mikrokontroler ATmega 32u4 sebagai sistem kerja pada robot dan tempat pemprosesan untuk menampilkan output pada desktop gadget laptop sebagai indikasi pengkondisian. Mikrokontroler akan mendapatkan input dari dua buah sensor, yaitu sensor kelembapan (Humidity). Sensor kelembapan akan memberikan input ke Mikrokontroler dan mendeteksi jenis tanah yang memerlukan air, dan memberikan input ke Mikrokontroler untuk mengaktifkan driver motor servo untuk mendeteksi objek tanah tersebut. Kemudian, Mikrokontroler akan mengaktifkan pompa untuk menyiram tanaman berdasarkan warna yang telah diprogram dengan lama waktu penyiraman 10s, 5s, dan 2s. Kemudian karakter warna memberikan sinyal warna pada lampu LED. Jadi, robot tidak akan melakukan proses penyiraman tanaman sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, jika sensor warna tidak mendeteksi warna merah, hijau, dan biru.
Kata Kunci : Mikrokontroler ATmega 32u4, Lampu LED, Sensor Kelembapan (Humidity), Motor Servo.
ABSTRACT
Robots are electro mechanical system that can perform both tasks automatic physical or manual. In general, plants process is still done manually, by direclty using a watering bucket or other container so that the use of technology is still less could used well by humans, especially at the time of watering the plants by providing adequate water supply. The working principle of this robots controlling by a microcontroller ATmega 32u4 as working on the robotic system and the processingto display the output on the LED light color is detected in the form of characters. The microcontroller will receive input from two sensors, the humidity sensor (Humidity). Humidity sensors will provide input to microcontroller and detects the type of soil that requires water, and provide input to the microcontroller to enable the servo motor driver to detect the land object. Then, the microcontroller will active the pump for watering plants based on color that has been programmed with a set lenght of time watering 10s, 5s, and 2s. Then the character of color give color signal on the LED lights. Thus, the robot will not do the watering process in accordance with a predetermined time, when the sensors does not detect the colors red, green, and blue.
Keywords: Microcontroller ATmega 32u4, LED light, Humidity sensors, and motor driver.
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kehadirat Tuhan yang Maha Esa, karena atas berkat, bimbingan serta karunianya yang melimpah, sehingga penyusunan laporan Skripsi ini dapat diselesaikan dengan baik. Dimana skripsi ini dibuat dan disajikan dalam bentuk buku yang sederhana. Adapun judul yang diambil dalam penyusunan laporan skripsi ini adalah " SISTEM ALAT PENYIRAM TANAMAN PADA TAMAN PERKOTAAN MENGGUNAKAN INTERFACE VB.NET BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA 32u4".
Adapun manfaat dan tujuan dari penulisan laporan skripsi ini adalah untuk memenuhi tugas akhir yang diberikan oleh pihak akademik kepada mahasiswa, mahasiswi dalam rangka penempuhan ilmu di jenjang strata satu, dan pencapaian gelar Sarjana di STMIK Raharja.
Dalam penyusunan laporan skripsi ini masih banyak kekurangan, baik dari segi materi maupun teknis. Hal ini disebabkan karena keterbatasan kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki, sehingga sangat diharapkan saran maupun kritik yang bersifat membangun.
Pada kesempatan ini tidak lupa mengucapkan rasa terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu sehingga terlaksananya penulisan laporan skripsi ini, terutama kepada:
- Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I., selaku Ketua STMIK Raharja.
- Bapak Sugeng Santoso, M.Kom, selaku Pembantu Ketua I STMIK Raharja.
- Bapak Ferry Sudarto, S.Kom., M.Pd, selaku Kepala Jurusan Sistem Komputer S1 STMIK Raharja.
- Bapak Indrianto, M.T., selaku Dosen Pembimbing I yang senantiasa memberikan dorongan, motivasi dan bimbingan dalam menyusun laporan skripsi ini hingga selesai.
- Bapak Radiyanto, Drs., M.Pd., selaku Dosen Pembimbing II selalu membantu dalam penyusunan Laporan, perbaikan, dan penyempurnaan penulisan laporan Skripsi ini hingga selesai.
- Bapak , selaku Pimpinan Perusahaan pada dan selaku stekholder yang telah membantu memberikan data – data yang berhubungan dengan persediaan barang demi kelancaran skripsi ini.
- Bapak yang telah membantu mendampingi penulis dalam pengambilan data-data.
- Bapak dan Ibu Dosen Perguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan ilmunya.
- Kepada Orang tua tercinta yang tanpa lelah selalu memanjatkan doa dan memberikan segala dukungan moril, materil, dan spritual. "Semoga Tuhan senantiasa memberikan limpahan berkat dan rahmat dan juga umur panjang kepada Beliau semua, Amin". .
- Rekan-rekan seperjuangan yang tergabung dalam HImpunan Mahasiswa Jurusan (HIMTIF), Dan Unit Kegiatan Mahasiswa (MARANATHA) sahabat serta semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu yang telah memberikan dorongan serta semangat untuk menyelesaikan laporan skripsi.
Semoga segala amal dan bantuan semua pihak serta dorongan yang telah diberikan dalam menyelesaikan laporan skripsi ini, mendapat balasan yang setimpal dari Tuhan Yang Maha Esa. Akhir kata ddengan segala keterbatasan dan kesederhanaan berharap penulisan laporan ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca dan dapat menjadi bahan acuan dan mohon maaf apabila terjadi kesalahan-kesalahan dalam penulisan laporan skripsi inidikemudian hari.
Tangerang, Januari 2015
( Aldo Edward Siallagan )
Nim : 1031465420
Daftar isi
- 1 BAB I
- 2 Latar Belakang
- 3 Rumusan Masalah
- 4 Ruang Lingkup Penelitian
- 5 Tujuan dan Manfaat Penelitian
- 6 Sistematika Penulisan
- 7 BAB II
- 8 Teori Umum
- 9 Definisi Alat
- 10 Perkembangan Alat Pnyiram Tanaman
- 11 Konsep Dasar Pemprograman VB.NET
- 12 Pengenalan PHP Personal Home Page
- 13 MySQL
- 14 Konsep Dasar Metode Penelitian
- 15 PC Personal Computer/Laptop
- 16 Konsep Pompa Air (Submersible)
- 17 Teori Khusus
- 18 Arsitektur Mikrokontroler ATmega 32u
BAB I
Latar Belakang
Teknologi, tidak lepas dari pengetahuan sehingga perkembangan kedua ilmu ini sangat erat saling mempengaruhi. Apa yang terjadi hari ini bagaimana perlombaan yang cepat dan pesat antara ilmu teknologi maupun ilmu pengetahua, jadi tidak mengherankan kedua hal ini sangat sulit dipisahkan. Dari pada itu perkembangan yang terjadi tidak lepas pengruhnya, terutama terhadap lingkungan yang ada disekitrnya. Lingkungan sendiri yang sudah menjadi peran yang penting dari pengaruh yang terjadi banyak teknologi yang sudah berperan penting dalam mengeksplorasi lingkungan bagi kehidupan manusia.
Kehidupan manusia di perkotaan dituntut untuk berjalan sangat cepat, lingkungan perkotaan berbeda dengan daerah-daerah berkembang yang ada di pedesaan, dari sisi lingkungan yang juga berbeda. Dari itu banyak kota-kota yang menggalakan adanya daerah ruang terbuka hijau, selain banyaknya gedung-gedung yang tidak menyiapkan lahan yang cukup untuk ruang terbuka hijau.
Oleh karena itu inovasi dan kreativitas para pionir ilmu komputer terus berkembang sesuai jaman, untuk membantu manusia dalam berbagai hal. Sistem komputer pun terus menjadi pusat dalam perkembangannya, seperti mambantu mengefisiensikan waktu, agar tidak menjadi percuma. Dalam hal ini penulis menuangkan idenya untuk bagaimana orang-orang di perkotaan dalam memanfaatkan sistem komputer yang berbasis robot penyiram tanaman otomatis.
Dari hal tersebut ada banyak teknologi yang berinovasi dalam perkembangannya untuk mengefisiensikan pekerjaan manusia, oleh sebab itu bagaimana alat tersebut dapat bekerja lebih maksimal dari alat yang sudah ada sebelumnya. Seperti diketahui tumbuhan yang di daerah tropis akan mendapat sumber hujan yang sangat sedikit, sehingga perlu perkembangan sistem alat yang berinovasi dalam menghadapi cuaca ekstrim.
Ada dua aspek yang menjadi masalah dalam memperbaiki sistem yang ada, bagaimana mendeteksi jenis tanah dari tanaman tersebut, dan sumber air yang diperlukan. Jadi apa yagn selama ini menjadi masalah akan lebih mengurangi apa yang menjadi kendala.
Berdasarkan permasalahan di atas maka penulis memilih judul "SISTEM ALAT PENYIRAM TANAMAN PADA TAMAN PERKOTAAN MENGGUNAKAN INTERFACE VB.NET BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA 32U4.
Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka permasalahan dapat dirumuskan sebagai berikut:
- Bagaimana menggunakan dan merancang interface VB.NET sebagai aplikasi yang memberikan informasi dari sistem penyiram tanaman yang terkontrol?
- Bagaimana mengontrol relay agar dapat memutus atau menghubungkan pompa air ke motor servo?
- Bagaimana Mikrokontroler berkomunikasi dengan perangkat interface VB.NET malalui PC?
Ruang Lingkup Penelitian
Atas rumusan masalah diatas, maka dapat disimpulkan pada perancangan dan pembuatan sebuah alat yang yang diakses melalui database, VB (Visual Basic), sebagai pendeteksi objek menggunakan Mikrokontroler ATmega 32u4, serta komponen pendukung sistem meliputi:
- LED (Light emitting diode) berfungsi sebagai pendeteksi kondisi kelembapan tanah
- Menggunakan Mikrokontroler ATmega 32u4
- Untuk mengakses atau mengontrol alat menggunakan PC(Laptop) menggunakan program VB.NET
- Sensor kelembapan (Humidity) sebagai pendeteksi jenis tanah.
Tujuan dan Manfaat Penelitian
Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah sebagi berikut:
- Mengubah sistem yang konvensional menjadi yang lebih terprogram
- Memenfaatkan LED (Light emitting diode) sebagai pendeteksi kondisi kelembapan dari suatu tanah
- Membuat sistem yang manual menjadi sistem yang otomatis
- Untuk mengimplementasikan ilmu yang telah dipelajari
- Untuk memenuhi syarat kelulusan untuk jenjang Strata satu (S1).
- Memberikan kepuasan karena dapat menciptakan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat
- Dapat mengembangkan ilmu komputer yang diperoleh oleh penuis selama perkuliahan
Metode Penelitian
- Metode Observasi (Observation Research)
- Metode Wawancara (Interview Research)
- Metode Study Pustaka (Library Research)
Penulis melakukan pengamatan langsung dari objek penulisan untuk mendapatkan data dan informasi yang akurat mengenai sistem penyiram tanaman otomatis berbasis sensor kelembapan (Humidity).
Penulis melakukan wawancara kepada sebagian orang yang berkompeten dalam bidangnya yang menyangkut objek bahasan yang diambil oleh penulis.
Selain melakukan observasi penulis juga melakukan pencarian informasi dengan cara studi pustaka dalam metode ini penulis berusaha untuk melengkapi informasi-informasi yang diperoleh dengan membaca serta mempelajari buku dan artikel yang relevan dalam pemilihan judul yang penulis ajukan. Buku dan artikel tersebut digunakan penulis untuk membantu penganalisaan dan perancangan yang dilakukan. </div>
- Analisa proses yang sedang berjalan
- Indentifikasi kebutuhan
- Identifikasi persyaratan dari sistem yang akan dibaut
Sistematika Penulisan
BAB II
Teori Umum
- Masukan (Input): Sumber daya (data, bahan baku, peralatan, energi) dari lingkungan yang dikonsumsi dan dimanipulasi oleh suatu sistem.
- Komponen Sistem (Components): Kegiatan atau proses dalam suatu sistem yang mentransformasikan input menjadi bentuk setengah jadi (output).
- Keluaran (Output): Merupakan hasil dari energi yang diolah dan diklasifikasikan menjadi keluaran yang berguna dan sisa pembungan. Keluaran dapat merupakan masukan untuk subsistem yang lain atau kepada supra sistem.
- Batas Sistem (Boundary): Merupakan daerah yang membatasi suatu sistem dengan sistem yang lainnya atau dengan lingkungan luarnya. Batas sistem ini memungkinkan suatu sistem dipandang sebagai satu kesatuan.
- Lingkungan Luar (Environment): Linhkungan luar dari suatu sistem adalah apapun diluar batas sistem yang mempengaruhi operasi sistem. Lingkungan luar sistem dapat bersifat merugikan atau menguntungkan sistem tersebut.
- Penghubung (Interface): Tempat dimana komponen atau sistem dan lingkungan bertemu atau berinterksi.
- Pengolah Sistem (Process): Pengolahan sistem merupakan bagian yang melakukan perubahan dari masukan untuk menjadi keluaran yang diuinginkan.
- Sasaran Sistem (Objetive and Goal): Suatu sistem pasti memiliki sasaran atau tujuan, apabila sistem menjadi tidak mempunyai sasaran, maka operasi sistem tidak akan ada gunanya.
- Sistem Abstrak (Abstarct System) dan Sistem Fisik (Physical System).
- Sistem Alamiah (Natural system) dan Sistem Buatan Manusia (Human Mode System)
- Sistem Tertentu (Deterministic System) dan Sistem Tak Tertentu (Probability System)
- Sistem Terbuka (Opened system) dan Sistem tertutup (Closed System)
Definisi Alat
Perkembangan Alat Pnyiram Tanaman
Konsep Dasar Pemprograman VB.NET
Pengenalan PHP Personal Home Page
- Life Cycle yang sangat singkat, sehingga PHP selalu Up to date mengikuti perkembangan teknologi intenet.
- Cross platform yakni PHP dapat dipakai di hampir semua web server yang ada di pasaran (terutama Apache dan Microsoft IIS) dan dijalankan pada berbagai sistem operasi (Linux, Windows, FreeBSD).
- PHP mendukung koneksi ke banyak database baik yang gratis maupun komersil, seperti MySQL, mSQL, Oracle, Microsoft SQL server, Interbase, dan banyak lagi.
- PHP bersifat Open source dan gratis.
MySQL
Konsep Dasar Metode Penelitian
- DFD (Data Flow Diagram)
Data Flow Diagram (DFD) merupakan suatu cara atau metode untuk membuat rancangan sebuah sistem yang mana berorientasi pada alur data yang bergerak pada sebuah sistem pengembangan. Beberapa komponen DFD (Data Flow Diagram) adalah sebagai berikut:
- User/Terminator: kesatuan diluar sistem yang memberikan input ke sistem atau menerima output dari sistem berupa orang organisasi, atau sistem lain.
- Process: Aktifitas yang mengolah input menjadi output
- Data Flow: Aliran data pada sistem
- Data Store: Penyimpanan data pada database, basanya berupa table.
Di dalam DFD terdapat tiga level untuk mencapai sistem yang ada menjadi sistem berjalan atau dalam pengembangan, yaitu:- Diagram Kontreks
- Diagram Nol (Diagram level-1)
- Diagram Rinci
- Flowchart
- Flowchart yang menggambarkan alur suatu sistem
- Flowchart yang menggambarkan alur dari suatu program
- flowchart digambarkan dari halaman atas ke bawah dan kiri ke kanan.
- Aktifitas yang digambarkan harus didefinisikan secara hati-hati dan definisi harus dimengerti oleh pembacanya.
- Kapan aktifitas dimulai dan berakhir harus ditentukan secara jelas.
- Setiap langkah dari aktifitas harus diuraikan dengan menggunakan dekripsi kata kerja.
- Setiap langkah dari aktifitas harus berada pada urutan yang benar
- Lingkup dan range dari aktifitas yang sedang digambarkan harus ditelusuri dengan hati-hati.
- Gunakan simbol-simbol flowchart yang standard.
- Hardware (Perangkat Keras)
- Sofware (Perangkat Lunak)
- Brainware (Pengguna/user)
- Komputer Generasi Pertama (1946-1959): Tabung Vakum
- Komputer Generasi Kedua (1959-1964): Transistor
- Komputer Generasi Ketiga (1964-1970): IC (IntegratedCircuit)
- Komputer Generasi Keempat (1979): Mikroprocessor
- Komputer Generasi Kelima LSI (1999-sekarang) (Large scale integration).
- Memiliki program khusus yang disimpan dalam memori untuk aplikasi tertentu, tidak seperti PC yang multifungsi karena mudahnya memesukan program. Program mikrokontroler relative lebih kecil dari pada program-program pada PC
- Konsumsi daya kecil
- Rangkainannya sederhana dan kompak
- Harganya murah, karena komponenya sedikit
- Unit I/O yang sederhana, misalnya LCD, LED, dan LATCH
- Lebih tahan terhadap kondisi lingkungan ekstrim, misalnya temperature, tekanan, kelembapan, dan sebagainya
- Klasifikasi Mikrokontroler.
- ROM (Flash Memory) dengan kapasitas 1024 byte (1 KB)
- RAM berkapasitas 68 byte
- EEPROM (memori data) berkapasitas 64 byte
- Total 13 jalur I/O (Port B 8 bit)
- Timer/Counter 8 bit dengan prescaler
- Fasilitas pemprograman di dalam sistem (ICSP=In Circuit Serial Programing).
Fitur-fitur MikrokontrolerMenurut Malik dan Mohammad Unggul Juwana (2009:3), ada beberapa fitur yang pada umumnya ada di dalam mikrokontroler adalah sebagai berikut:
- RAM (Random Access Memory)
- ROM (Read Only Memory)
- Register
- Special Fucntion Register
- Input dan Output Pin
- InterruptInterrupt merupakan bagian dari mikrokontroler yang berfungsi sebagai bagian yang dapat melakukan interupsi, sehingga ketika program sedang dijalankan, program interupsi terlebih dahulu.
Menurut Malik dan Mohammad Unggul Junawa (2009:3), ada beberapa interrupt yang terdapat pada mikrokontroler adalah sebagai berikut:- Interrupt EksternalInterrupt ini akan terjadi ketika ada inputan dari pin interrupt.Interrupt TimerInterrupt ini terjadi ketika waktu tertentu telah tercapai.Interrupt SerialInterrupt ini akan terjadi ketika ada penerimaan data dari komunikasi serial.Mikrokontroler ATmega 32u4Arsitektur Mikrokontroler ATmega 32u
Sebagai salah satu vendor besar didunia ini, ATMEL mengeluarkan AT mega 32u4 yang merupakan salah satu mikrokontroler yang banyakdigunakan. Mikro AT mega 32u4 memiliki kompabilitas penuh dengan keluarga MCS-51 lain, terutama pada bagian pemprogramannya dan mampu deprogram secara In System Programing (ISP).Mikrokontroler ATmega 32u4 memiliki beberapa kriteria standard yaitu memiliki 32 KB flash memory 1KB EEPROM yang dapat di program ulang sekitar 1000 kali wrtite atau erase cycle, 2,5 KB SRAM, 26 jalur I/O, analog comparator, dua buah 8 bit timer/counter, dengan arsitektur lima vector, empat level interrupt, full duplex serial port, crystal osscilator dan crystal timer/counter.Mikrokontroler ATmega 32u4 beroprasi pada frekuensi clock sampai 8 Mhz. ATmega 32u4 memiliki dua power saving mode yang dapat dikontrol melalui software, yaitu idle mode dan power down mode. Pada idle mode, CPU tidak aktif sedangkan isi RAM tetap dipertahankan dengan timer/counter, serial port, dan interrupt system tetap berfungsi. Pada power down mode, isi RAM akan disimpan, tetapi osilatornya tidak akan berfungsi sehingga semua fungsi dari chip akan berhenti sampai mendapat reset secara hardware.
RAM digunakan oleh mikrokontroler untuk tempat penyimpanan variable. Memori ini bersifat volatile yang artinya akan kehilangan semua datanya jika tidak mendapatkan catu daya.ROM disebut juga sebagai kode memori karena berfungsi untuktempat penyimpanan program yang akan diberikan oleh user.Register merupakan tempat penyimpanan nilai-nilai yang akan digunakan dalam proses yang telah disediakan oleh mikrokontroler.Merupakan register khusus yang berfungsi untuk mengaru jalanya mikrokontroler dan register ini terletak di RAM.Pin Input adalah bagian yang berfungsi sebagai penerima signal dari luar dan pin ini dihubungkan ke berbagai media inputan seperti keypad, sensor, keyboard, dan sebagainya. Pin Output adalah bagian yang berfungsi untuk mengeluarkan signal dari hasil proses algoritma mikrokontroler.
Untuk mnegetahui bagan-bagan dalam DFD adapun gambar dibawah berikut ini:TABEL BAGAN DFD
Dalam membuat suatu program perlu adanya suatu cara untuk menganalisa suatu kasus yang akan dibuatkan program dengan salah satu bahasa pemprograman, salah satunya dengan Flowchart. Flowchart itu sendiri adalah sekumpulan gambar-gambar tertentu untuk menyatakan alur dari suatu program yang akan diterjemahkan ke salah satu bahasa pemprograman.Kegunaan flowchart sama seperti halnya algoritma yaitu menuliskan alur program tetapi dalam bentuk gambar atau Symbol. Flowchart sendiri terbagi atas du bagian yaitu:Sistem flowchart bagan yang memperlihatkan urutan prosedur dan proses dari beberapa file di dalam media tertentu, melalui flowchart ini dapat terlihat jenis media penyimpanan yang dipakai dalam pengolahan data.Adapun dalam flowchart dalam menggambarkan alur sistem atau program menggunakan Symbol tertentu seperti dibawah ini:TABEL 2.2.
Pengujian
a. White BoxMenurut Sodikin di dalam jurnal Teknologi Informasi (2009:750), "Pengujian White Box berfokus pada struktur kontrol pengguna".
b. Black BoxMenurut Budiman (2012:4), "Pengujian black boxmerupakan metode perancangan data uji yang didasarkan pada spesifikasi perangkat lunak. Data uji dibangkitkan, dieksekusi pada perangkat lunak dan kemudian keluaran dari perangkat lunak diuji apakah telah sesuai dengan yang diharapkan.
FlowchartMenurut Adelia di dalam Sistem Informasi (2011:116), "Flowchart adalah penggambaran secara grafik dari langkah-langkah dan urut-urutan prosedur dari suatu program".Flowchart dapat mempermudah masalah yang perlu di pelajari dan dievalusai lebih lanjut, apabila seorang analis dan programer akan membuat flowchart, ada beberapa petunjuk yang harus diperhatikan sebagai berikut:PC Personal Computer/Laptop1. Definisi PCMenurut Mc Graw Hill, "Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya, dan menghasilkan output berupa informasi.V.C Hamacher et al, "Komputer merupakan mesin penghitung elektronika yang dengan cepat dapat menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya dan menghasilkan output informasi.Menurut Robert H. Blissmer, "Komputer ialah suatu alat elektronika yang mampu melakukan beberapa tugas seperti menerima input, memproses input, menyimpan perintah-perintah dan menyediakan output dalam bentuk informasi.Menurut Donald H. Sanderes, "Komputer adalah sistem elektronika untuk memanipulasi data dengan cepat serta dirancang dan diorganisasikan agar secara otomatis menerima menyimpan data input.Menurut wikipedia, "Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan.Fungsi utama dari PC adalah untuk mengolah data input dan menghasilkan output berupa data/informasi sesuai dengan keinginan user (pengguna). Komputer memiliki tiga elemen yang menjadi satu kesatuan yang tidak terpisahkan yaitu:Generasi komputer terbagi menjadi beberapa generasi dari lima generasi yaitu sebagai berikut:Konsep Pompa Air (Submersible)Pompa air (submersible) pompa benam adalahpompa yang dioperasikan di dalam air dan akan mengalami kerusakan, jika dioperasikan dalam keadaan tidak terdapat air terus-menerus. Jenis pompa ini mempunyai tinggi minimal air yagn dapat dipompa dan harus dipenuhi ketika bekerja agar life time pompa tersebut lama. Pompa jenis ini bertipe pompa sentrifugal. Pompa sentrifugal sendiri prinsip kerjanya mengubah energy kinetis (kecepatan) cairan menjadi energy potensial (dinamis) melalui suatu impeller yang berputar dalam casing.Di bawah ini konsep dasar pompa air (submersible) adalah sebagai berikut:Gambar 2.3.Teori Khusus
Konsep Dasar MikrokontrolerDefini MikrokontrolerMenurut Sumardi (2013:1), “Mikrokontroler merupakan suatu alat elektronika digital yang mempunyai masukan dan keluaran sertakendali dengan program yang bias ditulis dan dihapus dengan cara khusus, carakerja mikrokontoler sebenarnya membaca dan menulis data”. Dari beberapadefinisi-definisi diatas dapat disimpulkan bahwa mikrokontroler adalah sebauhsistem mikroprosesor dalam chip tunggal yang mana didalamnya terdapat CPU, ROM, RAM, I/O, CLOCK dan peralatan internal lainnya, dan juga mempunyaimasukan dan keluaran serta kendali yang di fungsikan untuk membaca data, dandengan program yang bisa ditulis dan dihapus dengan cara khusus.Karakteristik MikrokontrolerMenurut Sumardi (2013:2), mikrokontroler memiliki karakteristik sebagai berikut:Menurut Malik dam Mohammad Unggul Juwana (2009:3), Mikrokontroler memiliki beberapa klasifikasi yaitu sebagai berikut: