Tubagus Anggy Rama

Dari widuri
Revisi per 6 Februari 2020 07.31 oleh Tubagus (bicara | kontrib)


Lompat ke: navigasi, cari

APLIKASI PENGAJUAN PENAWARAN JASA RENOVASI DAN BANGUNAN RUMAH BERBASIS WEB PADA

PT. DAIICHI ELEVINDO JAYA

SKRIPSI

 

 

 

 

Disusun Oleh :

NIM           : 1422478758

NAMA       : TUBAGUS ANGGY RAMA

 

 

 

FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI SOFTWARE ENGINEERING

UNIVERSITAS RAHARJA

TANGERANG

TA. 2019/2020

 

UNIVERSITAS RAHARJA


 

UNIVERSITAS RAHARJA

LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI

APLIKASI PENGAJUAN PENAWARAN JASA RENOVASI DAN

BANGUNAN RUMAH BERBASIS WEB PADA

PT. DAIICHI ELEVINDO JAYA

 

Dibuat Oleh :

                                          NIM                          : 1422478758

                                         Nama                         : Tubagus Anggy Rama

                                         Fakultas                     : Sains dan Teknologi

                                         Program Pendidikan  : Strata 1

                                         Program Studi            : Teknik Informatika

                                         Konsentrasi                : Software Engenering

 

Disahkan Oleh :

Tangerang,  21 Januari 2020

                                                                       Dekan                                                                                     Ketua

                                                   Fakultas Sains Dan Teknologi                                     Program Studi Teknik Informatika

 

 

                                                   ( Sugeng Santoso, M.kom)                                            (Ruli Supriati, S.Kom., M.T.I.)

                                                                    NIP: 006095                                                                                    NIP: 073009

Rektor

Universitas Raharja

 

 

( Dr. Po Abas Sunarya, M.Si)

NIP: 000603


 

UNIVERSITAS RAHARJA

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING

APLIKASI PENGAJUAN PENAWARAN JASA RENOVASI DAN

BANGUNAN RUMAH BERBASIS WEB PADA

PT. DAIICHI ELEVINDO JAYA

 

Dibuat Oleh :

                                                           Nim     : 1422478758

                                                           Nama   : Tubagus Anggy Rama

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Fakultas Sains dan Teknologi

Program Studi Teknik Informatika

Konsentrasi Software Engenering

 

Disetujui Oleh :

 

        Tangerang, 21 Januari 2020

                                                           Pembimbing I                                                                      Pembimbing II

 

 

                                                    (Sutrisno, M.kom)                                                           (Denny Andwiyan, M.T.)

                                                        NID:10020                                                                              NID: 5072                                    


UNIVERSITAS RAHARJA

LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI

APLIKASI PENGAJUAN PENAWARAN JASA RENOVASI DAN

BANGUNAN RUMAH BERBASIS WEB PADA

PT. DAIICHI ELEVINDO JAYA

 

Disusun Oleh :

                                                            NIM                            : 1422478758

                                                           Nama                           : Tubagus Anggy Rama

                                                           Fakultas                       : Sains dan Teknologi

                                                          Program Pendidikan    : Strata 1

                                                          Program Studi             : Teknik Informatika

                                                          Konsentrasi                 : Software Engineering

 

 

Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana baik di lingkungan Universitas Raharja maupun di Universitas lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

 

Tangerang, ……….…(Disesuaikan)

                                                                                                           

 

                                                                                                                       Tubagus Anggy Rama

                                                                                                                                                                                    NIM: 1422478758


ABSTRAK

 

PT. Daiichi Elavindo jaya yang bergerak di bidang Jasa kontruksi bangunan. PT. Daiichi Elavindo Jaya yang beralamat di jalur sutra timur kavling 10a No.03 Alam Sutra Tangerang, yang didirikan sejak Tahun 2012. Sebagai perusahan yang  mempunyai proyek yang berhubungan dengan pembangunan seperti bangunan rumah dan bangunan gedung. Dengan ini perusahan akan mengembangkan dan memfokuskan  ke jasa kontruksinya. Sebagai perusahaan yang baru bergerak dalam bidang kontruksi maka dalam menawarkan jasa pembanguan akan membuat aplikasi berbasis website, agar pelanggan baru mudah mengakses jasa kami dimana pun.

Pembuat website jasa bangunan merupakan salah satu hal penting yang harus ada pada suatu jasa pembuatan kontruksi. Sistim website jasa banguan pada PT. Daiichi Elavindo Jaya akan dirancang menggunakan  bahsa pemograman PHP  dan database MYSQL berbasis web yang akan membantu penawaran jasa kontruksi.

Hasil dari perancangan ini akan di gunakan pada perushaan agar mudah di akses oleh pelanggan dan untuk meningkatkan efesien memperoleh data pelanggan baru yang akan proses

 

 

ABSTRACT

 

PT. Daiichi Elavindo Jaya, which is engaged in building construction services. PT. Daiichi Elavindo Jaya which is located in the eastern silk route lot 10a No.03 Alam Sutra Tangerang, which was established in 2012. As a company that has projects related to construction such as houses and buildings. With this the company will develop and focus on its construction services. As a new company engaged in the field of construction, in offering development services will create a website-based application, so that new customers can easily access our services anywhere.

Building website building services is one of the important things that must exist in a construction service. Website development services system at PT. Daiichi Elavindo Jaya will be designed using PHP programming language and a web-based MYSQL database that will help offer construction services.

The results of this design will be used in the company to be easily accessed by customers and to improve efficiency in obtaining new customer data that will be processed

 

 


 

KATA PENGANTAR

 

Alhamdulillah, puji dan syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunianya sehingga penulis dapat menyelesaikan Skripsi dengan judul "APLIKASI PENGAJUAN PENAWARAN JASA RENOVASI DAN BANGUNAN RUMAH BERBASIS WEB PADA PT. DAIICHI ELEVINDO JAYA”.

Tujuan penulisan Laporan Skripsi ini adalah sebagai syarat dalam menyelesaikan Program Pendidikan Strata 1 Program Studi Teknik Informatika pada Universitas Raharja.

Penulis menyadari bahwa tanpa adanya bimbingan dan dorongan dari banyak pihak penulis tidak akan dapat menyelesaikan Skripsi ini dengan baik dan tepat pada waktunya. Pada kesempatan ini pula penulis menyampaikan ucapan terimakasih kepada :

  1. Bapak Dr. Po. Abas Sunarya, M.Si. selaku Rektor Universitas Raharja.
  2. Bapak Dr. Henderi, S.Kom., M.Kom. selaku Dekan Fakultas Universitas Raharja.
  3. Bapak Padeli, M.Kom. selaku Wakil Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Raharja.
  4. Ibu Ruli Supriati, S.Kom., M.T.I. selaku Ketua Program Studi Teknik Informatika.
  5. Bapak Sutrisno, M.kom. sebagai Dosen Pembimbing I yang telah memberikan bimbingan dan masukan kepada penulis sehingga Skripsi ini dapat diselesaikan dengan baik.
  6. Bapak Denny Andwiyan, M.T sebagai Dosen Pembimbing II yang telah meluangkan waktunya untuk memberikan bimbingan, masukan dan motivasi kepada penulis.
  7. Bapak Erwin Santosa selaku stakeholder yang telah memberikan kontribusi besar di dalam lancarnya proses penelitin skripsi ini.
  8. Bapak dan Ibu Dosen serta Staff Universitas Raharja yang telah memberikan bekal ilmu pengetahuan dan motivasi kepada penulis.
  9. Keluarga tercinta yang telah memberikan doa, dukungan moril maupun materil sehingga Skripsi ini apat terselesaikan dengan baik
  10. Teman - teman seperjuangan yang selalu ada dan memberikan semangat.

Penulis menyadari bahwa dalam penulisan Laporan Skripsi ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu kritik dan saran yang membangun, penulis harapkan sebagai pemicu untuk dapat berkarya lebih baik lagi. Semoga Laporan ini bermanfaat bagi pihak yang membutuhkan.

Tangerang, 21 Januari 2020

 

 

 

                                                                                                                                                                                              Tubagus Anggy Rama

                                                                                                                                                                                                 NIM: 1422478758


DAFTAR TABEL

 

Tabel 1.1 Target Jasa Pembangunan ..................................................................      2

Table 3.1 Analisa Faktor Internal........................................................................      78

Table 3.2 Analisa Faktor Eksternal.....................................................................      78

Table 3.3 Strategi S-O.........................................................................................      79

Table 3.4 Strategi S-T.........................................................................................      79

Table 3.5 Strategi W-O.......................................................................................      80

Table 3.6 Strategi W-T........................................................................................      80

Tabel 3.3 Elisitasi Tahap - I.................................................................................      85

Tabel 3.4 Elisitasi Tahap - II...............................................................................      87

Tabel 3.5. Elisitasi Tahap - III.............................................................................      90

Tabel 3.6 Final Draft Elisitasi.............................................................................      91


DAFTAR GAMBAR

 

Gambar 2.1 Visual Paradigm .............................................................................      25

Gambar 2.2 Unified Modeling Language (UML)..............................................      26

Gambar 2.3 World Wide Web............................................................................      29

Gambar 2.4 Konsep Dasar PHP..........................................................................      32

Gambar 2.5 Konsep Dasar MySQL....................................................................      34

Gambar 2.6 SWOT.............................................................................................      37

Gambar 2.7 XAMPP...........................................................................................      39

Gambar 2.8 Notepad++......................................................................................      40

Gambar 3.1 Struktur Organisasi .........................................................................      60

Gambar 3.2 Use Case Diagram...........................................................................      68

Gambar 3.3 Use Case Diagram ..........................................................................      70

Gambar 3.4 Activity Diagram ............................................................................      72

Gambar 3.5 Activity Diagram ............................................................................      73

Gambar 3.6 Squence Diagram ...........................................................................      74

Gambar 3.7 Squence Diagram ...........................................................................      75

Gambar 4.1 Use Case Diagram ..........................................................................      91

Gambar 4.2 Use Case Diagram...........................................................................      92

Gambar 4.3 Activity Diagram ............................................................................      93

Gambar 4.4 Activity Diagram ............................................................................      94

Gambar 4.5 Squence Diagram............................................................................      95

Gambar 4.6 Squence Diagram ...........................................................................      96

Gambar 4.7 Class Diagram.................................................................................      98

Gambar 4.8 Tampilan Login...............................................................................      102

Gambar 4.9 Tampilan Halaman Utama dan Dashboard.....................................      102

Gambar 4.10 Tampilan Data ..............................................................................      103

Gambar 4.11 Tampilan Data...............................................................................      103

Gambar 4.12 Tampilan Data...............................................................................      104

Gambar 4.13 Tampilan Laporan .........................................................................      104

Gambar 4.14 Tampilan .......................................................................................      105

Gambar 4.15 Tampilan

 

 


DAFTAR SIMBOL

1. Daftar Simbol Usecase Diagram

Description: https://i.ibb.co/nz444g2/image002.jpg 


 

2. Daftar Simbol Activity Diagram

Description: https://i.ibb.co/yhCnPd8/image003.jpg

 

3. Daftar Simbol Squence Diagram

Description: https://i.ibb.co/166fkTT/image004.jpg

 

4. Daftar Simbol Class Diagram

Description: https://i.ibb.co/LRHZv4K/image005.jpg

 


 




BAB I

PENDAHULUAN


Latar Belakang

Teknologi dan informasi merupakan dua dari beberapa hal yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan manusia, setidaknya hingga saat ini teknologi dan informasi menjadi salah satu faktor penting penunjang dalam kehidupan, selain karena kebutuhan juga karena tuntunan dari perkembangan zaman yang mana selalu mengedepankan tentang kemajuan dibidang teknologi dan informasi. .

Perusahaan yang aktif dalam melaksanakan pemasaran jasa pembangunan dan kontruksi sering kali menghadapi berbagai maslah dalam melukan penawran jasa nya. Hal ini disebabkan karena sistim informasi penawaran jasa bangunan yang masih di lakukan secara manual. Bagaimana mengelola jasa pembangunan secara efesien merupakan tanggung jawab semua pihak yang terlibatan dalam jasa penawaran pembangunan.

 

  1. Target Dan Grafik Jasa Pembangunan

Dalam sebuah jasa penjualan, tentunya kita harus memiliki sebuah target yang hendak dicapai. Target inilah yang pada akhirnya disebut sebagai target penjualan. Target penjualan umumnya ditentukan pada awal seorang pengusaha membangun bisnisnya. Sayangnya, ada banyak pengusaha yang enggan menentukan target penjualan mereka dengan berbagai alasan. Pengusaha-pengusaha itu merasa, penjualan sebaiknya dibiarkan mengalir apa adanya tanpa perlu dibatasi oleh target penjualan.

Pemahaman ini tentunya tidak tepat. Sebuah perusahaan memerlukan target penjualan sebagai pemacu semangat dalam mencapai keuntungan yang mereka harapkan. Setiap perusahaan dapat menentukan target penjualannya masing-masing. Tidak ada patokan khusus yang membuat sebuah perusahaan harus memiliki target penjualan tertentu.

Menentukan target penjualan adalah pekerjaan yang susah-susah gampang. Meskipun target penjualan bisa dilakukan dengan bebas, namun ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi supaya target penjualan tidak menjadi bumerang bagi perusahaan itu sendiri.

Berikut tabel target dan grafik :

  1. Tabel target
  2.                                   Tabel 1.1 Target Jasa Pembangunan


    b. Grafik penjualan

 

Gambar 1.1 Grafik Penjualan

Penawaran jasa merupakan salah satu fungsi dalam manajemen marketing suatu perusahaan. Pengelolaan suber informasi menjadi hal yang sangat penting, terutama bila perushaan tersebut memiliki keterbatasan dalam mengelola suber informasi.

 

Berdasarkan permasalahan di atas, maka penulis mengambil judul  APLIKASI PENGAJUAN PENAWARAN JASA RENOVASI DAN BANGUNAN RUMAH BERBASIS WEB PADA PT. DAIICHI ELEVINDO JAYA”

Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang permasalahan di atas maka dapat disimpulkan permasalahan sebagai berikut:

  1. Apakah aplikasi web baru ini dapat mempermudah perusahaan dalam memperoleh informasi data  yang dibutuhkan dengan mudah?
  2. Bagaimana merancang Aplikasi web penawaran jasa dan bangunan rumah pada Pt.Daiichi Elevindo Jaya?
  3. Bagimana aplikasi web penawaran jasa renovasi dan bangunan rumah dapat berjalan dalam mengelola informasi pelanggan yang cepat, tepat dan akurat?

 

 

Ruang Lingkup Penelitian

Untuk membatasi penelitian saat ini ,maka perlu kiranya dibuat batasan masalah agar pembahasan untuk masalah dapat lebih terarah dan mudah. Permasalahan yang akan di bahas adalah mengenai penawaran jasa mulai dari penerimaan data pelanggan , memproses proyek sesui data yang ditrima, memberikan penawaran sesui data pelanggan dan bagaimana memonitoring pelaksanaannya pada Pt.Daiichi Elevindo Jaya.

Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian berkaitan erat dengan rumusan masalah yang ditetapkan dan jawabannya terletak pada kesimpulan penelitian. Adanya tujuan penelitan adalah untuk menentukan arah dari suatu penelitian. Tujuan merinci apa saja yang ingin diketahui, sehingga jika permasalahan sudah terjawab maka tujuan penelitian sudah tercapai. Adapun tujuan penelitian ini antara lain:

  1. Bertujuan untuk mengetahui masalah-masalah apa saja yang akan timbul dalam proses aplikasi pengajuan renovasi dan bangunan rumah pada Pt.Daiichi Elevindo Jaya.
  2. Untuk membantu staff  dalam mengelola data yang masuk pada Pt.Daiichi Elevindo Jaya.
  3. Kendala/masalah apa yang dihadapi oleh Pt.Daiichi Elevindo Jaya terhadap aplikasi penawaran jasa renovasi dan bnagunan rumah yang baru di rancanag

 

Manfaat Penelitian

Adapun Manfaat dari penelitian ini antara lain :

  1. Peneliti
  1. Terciptanya kepuasan batin ketika mampu mengekplorasikan kemampuan yang dimiliki serta dapat bermanfaat bagi suatu instansi.
  2. Menambah pengetahuan yang dimiliki penulis dalam mengatasi permasalahan tertentu pada suatu intansi.
  3. Memberikan kemampuan kepada penulis untuk memahami secara spesifikasi sebelum pengambilan keputusan.

 

  1. Instansi
  1. Mengetahui pokok permasalahan untuk menunjang efektifitas dan efesiensi waktu kerja dalam pengolahan data yang komplek.
  2. Dapat mengidentifikasikan permasalahan sistem aplikasi penagjuan penawaran jasa dan bangunan rumah pada Pt.Daiichi Elevindo Jaya.
  3. Mengoptimalisasikan pengambilan keputusan dengan proses identifikasi sistem aplikasi penajuan jasa renovasi dan bangunan rumah pada Pt.Daiichi Elevindo Jaya.
  1. Universitas Raharja
  1. Dapat menjadi referensi bagi mahasiswa atau mahasiswi untuk melakukan penelitian terutama mengenai aplikasi pengajuan jasa renovasi dan bngunan rumah pada suatu perusahaan.
  2. Dapat memperkarya pengetahuan Mahasiswa dan Mahasiswi dalam melakukan analisa pada bagian jasa penawaran dan kontruksi bangunan.
  3. Dapat membuat Universitas Raharja dikenal oleh perusahaan yang dijadikan objek penelitian para Mahasiswa dan Mahasiswi .

 

Metode penelitian

Metode Pengumpulan Data

Untuk mendapatkan data yang di perlukan dalam penyusunan Skripsi ini ,maka digunakan metode pengumpulan data sebagai berikut, yaitu :

      1. Metode pengumpulan data
  1. Observasi (Observation)

Peneliti melakukan pengamatan langsung di Pt.Daiichi Elevindo Jaya. Kemudian dari pengamatan tersebut, peneliti mengumpulkan data yang merupakan sumber informasi yang sangat penting yang dapat membantu menganalisis sistem tersebut.

 

  1. Wawancara (Interview Research)

Metode ini dilakukan dengan cara melakukan tanya jawab dengan beberapa narasumber secara langsung di Pt.Daiichi Elevindo Jaya. Metode ini dilakukan guna memperoleh data yang lebih detail serta memperkuat data sebelumnya saat melakukan pengamatan secara langsung.

  1. Studi Kepustakaan (Library Research)

Selain melakukan observasi penulis juga melakukan studi kepustakaan, browsing internet, dan artikel sebagai referensi yang berhubungan dengan judul ini.

 

Metode Analisa Sistem

Penulisan menggunakan perangkat lunak UML (Unified modeling language), dapat didefinisikan sebagai sebuah bahasa yang telah menjadi standar dalam industri untuk visualisasi, merancang dan mendokumentasikan sistem perangkat lunak.

Metode Perancangan

Dalam skripsi ini metode perancangan yang digunakan peneliti adalah metode pengembangan SDLC melalui tahapan pembuatan UML, pembuatan database dan pembuatan program yang disesuaikan berdasarkan kebutuhan administrasi pada elisitasi. Sedangkann bahasa pemrograman yang digunakn adalah PHP serta database yang digunakan MySQL, sedangkan software pendukung yang digunakan dalam mendesain dan membuat program adalah notepad++ dan model desainnya menggunakan UML dan menggunakan tools Visual Paradigm form UML 8.0 enterprise Edition

 

Metode Prototype

Metode prototype yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode prototype throw away karena didalam pendekatan sistem prototype ini akan dibuang dan sistem finalnya akan dibangun dari awal. Penggunaan metode prototype throw away ini untuk meningkatkan analisa terhadap kebutuhan fungsional dari project yang ingin dibuat. proses testing dan perbaikan dapat dilakukan secara terus menerus.

 

Metode Testing

Metode testing digunakan untuk menganalisis suatu identitas system untuk mendeteksi, mengevaluasi kondisi dan fitur-fitur yang di inginkan dan mengetahui kualitas dari suatu system yang dilakukan untuk mengeliminasi kesalahan yang terjadi pada saat system diterapkan. Penelitian ini menggunakan metode Black Box dalam kegiatan testing karena metode Black Box dapat mengetahui apakah software yang di buat dapat berjalan dengan baik sesuai dengan harapan atau tidak.

 

Sistematika Penulisan

Agar pemahaman tentang penulisan laporan Skripsi ini menjadi lebih mudah, maka penulis mengelompokkan materi penulisan laporan Skripsi ini menjadi  5 bab  dimana masing-masing bab saling berkaitan antara bab yang satu dengan bab yang lainnya, sehingga menjadi satu kesatuan yang utuh. Dan sistematika penyampaiannya sebagai berikut:

                                   BAB I             PENDAHULUAN

Dalam bab ini,membahas tentang latar belakang perumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, ruang lingkup penelitian, metode analisis, metode perancangan, metode pengujian (testing) dan sistematika penulisan.

                                   BAB II            LANDASAN TEORI

Landasan-landasan teori yang berhubungan dari judul penelitian dan hal-hal yang berkaitan dengan penyusunan laporan skripsi ini.

 

                                   BAB III          ANALISA SISTEM YANG BERJALAN

Dalam bab ini berisikan analisa gambaran dan sejarah Pt.Daiichi Elevindo Jaya, Struktur organisasi, permasalahan yang dihadapi, alternatif pemecahan masalah, analisa proses, analisa sistem yang berjalan menggunakan metode UML(Unified modelling language) yang meliputi use case, diagram squence, activity diagram .Elisitasi tahap I, Tahap II, Tahap III sampai dengan pembuatan draft final.

                                   BAB IV          PERANCANGAN

Bab ini berisikan tentang perancangan sistem menggunakan diagram UML (usecase diagram, activity diagram, class diagram, sequence diagram), spesifikasi basis data, rancangan layar program, rancangan tampilan output, sampai dengan implementasi program

BAB V                        PENUTUP

Pada bab ini berisi tentang kesimpulan dan saran yang berkaitan dengan analisis dan peningkatan system berdasarkan data-data yang telah diperoleh dari bab-bab sebelumnya.


BAB II

LANDASAN TEORI


Teori Umum

Konsep Dasar Sistem
  1. Definisi Sistem

Menurut Julitta Dewayani dan Fitri Wahyuningsih (2016:11)[1] mendefinisikan, “Sistem adalah suatu kerangka dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan yang disusun sesuai dengan suatu skema yang menyeluruh untuk melaksanakan suatu kegiatan atau fungsi perusahaan”.

Menurut Rafika, dkk dalam Jurnal CCIT Vol.8 No.3 (2015:2016)[2], menjelaskan bahwa “Sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran atau tujuan tertentu”.

Menurut Mulyadi dalam Wdiyana Mulyani dan Bambang Eka Purnama (2015:16)[3], “Sistem adalah suatu jaringan prosedur yang dibuat menurut pola yang terpadu untuk melaksanakan kegiatan pokok perusahaan"

Menurut Mulyadi (2016:4)[3]: “Prosedur adalah suatu urutan kegiatan klerikal, biasanya melibatkan beberapa orang didalam suatu departemen atau lebih, yang dibuat untuk menjamin penanganan secara seragam transaksi perusahaan yang terjadi berulang-ulang”.

Maka berdasarkan dari beberapa pengertian diatas maka dapat disimpulkan bahwa prosedur merupakan suatu urutan pekerjaan yang tersusun dari awal hingga akhir yang biasanya melibatkan beberapa orang dalam satu bagian departemen atau lebih sesuai dengan bagiannya masing-masing, yang disusun untuk menjamin 8 penanganan secara seragam terhadap transaksi-transaksi perusahaan yang terjadi berulang-ulang.

 

  1. Karakteristik Sistem
              1. Komponen Sistem (compenents)

Suatu sistem tidak berada dalam lingkungan yang kosong, tetapi sebuah sistem berada dan berfungsi di dalam lingkungan yang berisi sistem lainnya. Suatu sistem terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi, bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila suatu sistem merupakan slah satu dari komponen sistem lain yang lebih besar, maka akan disebut dengan sub sistem sedangkan sistem yang lebih besar tersebut sering disebut supra sistem.

              1. Batasan Sistem (boundary)

Ruang lingkup sistem merupakan daerah yang membatasi atau pemisag antara suatu sistem dengan sistem yang lainnya atau dengan luarnya, batasan sistem ini memungkinkan suatu sistem dipandang sebagai sautu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.

 

 

              1. Lingkungan Luar (environment)

Lingkungan luar adalah apa pun di luar batas dari sistem yang dapat mempengaruhi operasi sistem tersebut disebut lingkungan luar sistem, lingkungan luar sistem ini dapat bersifat menguntungkan ataupun yang merugikan sistem tersebut. Lingkungan luar yang menguntungkan ini tentunya harus dijaga dan dipelihara sehingga akan mendukung kelangsungan operasi sebuah sistem. Sedangkan lingkungan yang merugikan harus ditahan dan dikendalikan agar tidak mengganggu kelangsungan sebuah sistem tersebut.

              1. Mempunyai Penghubung (interface) Antar Komponen
                Penghubung (interface) merupakan media penghubung antara satu sistem dengan sub sistem yang lainnya. Penghubung ini memungkinkan sumber-sumber daya mengalir dari sautu subsistem ke subsitem lain. Penghubung inilah yang akan menjadi media yang digunakan data dari masukan (input) hingga keluaran (output). Engan adanya penghubung inilah yang akan menjadi media yang digunakan data dari masukan (input) hingga keluaran (output). Dengan adanya penghubung, suatu sistem dapat berinteraksi dan berintegrasi dengan sub sistem yang membentuk suatu kesatuan.
              2. Mempunyai Masukan (input)

Masukan atau input merupakan energi yang dimasukan delalam sistem.masukan dapat berupa pemeliharaan (maintance input), yaitu bahan yang dimasukan agar sistem tersebut dapat beroperasi dan masukan sinyal (signal input), yaitu masukan yang diproses untuk mendapatkan keluaran. Contoh didalam suatu unit sistem komputer “program” adalah maintance input yang digunakan untuk mengopersiakn komputernya “data” adalah signal input untuk diolah menjadi informasi.

              1. Mempunyai Keluaran (output)

Keluaran (output) merupakan hasil energi dari pemrosesan. Keluaran dapat berupa informasi yang dpat digunakan sebagai masukan untuk mengambil keputusan atau hal-hal yang menjadi input bagi subsistem lain atau hanya sebagai sisa pembuangan.

              1. Mempunyai Pengolahan (processing)

Pengolahan (process) merupakan suatu sistem yang melakukan perubahan dari masukan untuk menjadi keluaram yang diinginkan. Contohnya sistem akutansi. Sistem ini akan mengolah data transaksi menjadi laporan-laporan yang dibutuhkan oleh pihak manajemen.

              1. Mempunyai Sasaran (objective) dan Tujuan (goal)
                Suatu sistem pasti memiliki sasaran (objective) atau tujuan (goal) yang bersifat deterministic. Apabila suatu sistem tidak mempunyai sasaran,maka operasi sistem tdak ada gunanya. Tujuan inilah yang mengarahkan suatu sistem, tanpa adanya tujuan sistem menjadi tidak terarah dan terkendali. Suatu sitem dikatakan berhasil bila mengenai sasaran atau tujuan yang telah direncanakan.

 

              1. Mempunyai Umpan Balik (Feed Back)

Umpan balik diperlukan oleh bagian kendali (control) sistem untuk mengecek terjadinya penyimpangan proses dalam sistem dan mengembalikanya ke dalam kondisi normal.

  1. Klasifikasi Sistem

Menurut Hutahaean (2015:6)[4], Sistem merupakan suatu bentuk integrasi antara satu komponen dan komponen lain karena sistem memiliki sasaran yang berbeda untuk setiap kasus yang terjadi di dalam sistem tersebut. Oleh karena itu sistem dapat diklasifikasikan dari beberapa sudut pandang. Adapun klasifikasi sistem dapat diuraikan sebagai berikut :

  1. Sistem Abstrak dan Sistem Fisik

Sistem abstrak merupakan sistem yang berupa pemikiran atau ide-ide yang tidak tampak secara fisik, misalnya sistem telogi. Sedangkan sistem fisik diartikan sebagai sistem yang nampak secara fisik sehingga setiap mahluk dapat melihatnya, misalnya sistem komputer

  1. Sistem Alamiah dan Sistem Buatan Manusia

Sistem alamiah merupakan sistem  yang terjadi  melalui proses  alam, tidak dibuat  oleh  manusia,  misalnya  sistem  tata  surya,  sistem  galaksi,  sistem reproduksi dan lain-lain. Sedangkan sistem buatan manusia merupakan sistem yang dirancang oleh manusia. Sistem buatan yang melibatkan interaksi manusia, misalnya sistem akuntansi, sistem informasi, dan lain-lain.

  1. Sistem Deterministik dan Sistem Probabilistik

Sistem deterministik merupakan sistem yang beroperasi dengan tingkah laku yang  sudah  dapat  diprediksi.  Interaksi  bagian-bagiannya  dapat  dideteksi dengan pasti sehingga keluaran dari sistem dapat diramalkan, misalnya sistem komputer, adalah contoh sistem yang tingkah lakunya dapat dipastikan berdasarkan program-program komputer yang dijalankan. Sedangkan sistem robabilistik merupakan sistem yang kondisi masa depanya tidak dapat diprediksi karena mengandung unsur probabilitas, misalnya sistem manusia.

 

  1. Sistem Terbuka dan Sistem Tertutup

Sistem terbuka merupakan sistem yang berhubungan dan terpengaruh dengan lingkungan luarnya. Lebih sepesifik dikenal juga yang disebut dengan sistem terotomasi, yang merupakan bagian dari sistem buatan manusia dan beriteraksi dengan kontrol oleh  satu atau lebih komputer sebagai bagian dari sistem yang digunakan dalam masyarakat modern. Sistem ini menerima masukan dan menghasilkan keluaran untuk subsistem lainnya, misalnya sistem kebudayaan manusia.  Sedangkan  sistem  tertutup  merupakan  sistem  yang tidak berhubungan dan tidak terpengaruh dengan lingkungan luarnya. Sistem ini bekerja secara otomatis tanpa danya campur tangan dari pihak luar. Secara teoritis sistem tersebut ada, tetapi kenyataannya tidak ada sistem yang benar- benar tertutup, yang ada hanyalah relatively closed system (secara relatif tertutup, tidak benar-benar tertutup).

Konsep Dasar Sistem Informasi
  1. Definisi Sistem Informasi

Hutahean (2016:13)[5]“Sistem informasi adalah suatu sistem didalam suatu organisasi yang memepertemukan kebutuhan pengelola transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial, dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihal luar tertentu dengan laporan-laporan yang dibutuhkan”.

Menurut Swastika dan Putra (2016:3)[6] “ Sistem informasi merupakan kumpulan dari komponen-komponen dalam perusahaan atau organisasi yang berhubungan dengan proses penciptaan dan pengalihan informasi”.

Dari beberapa pendapat diatas maka dapat disimpulkan bahwa sistem informasi adalah suatu sistem perusahaan atau organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengelola transaksi.

 

  1. Komponen Sistem Informasi

Sistem informasi terdiri dari komponen-komponen yang disebut blok bangunan (building block), yang terdiri dari blok masukan, blok model, blok keluaran, blok teknologi, blok basis data, dan blok kendali. Sebagai suatu sistem, ke enam blok tersebut masing-masing berinteraksi satu dengan yang lain membentuk satu-kesatuan untuk menapai sasaran.

 

 

    1. Blok Masukan

Input mewakili data yang masuk kedalam sistem informasi. Input disini termasuk metode dan media untuk menangkap data yang akan dimasukkan, yang dapat berupa dokumen-dokumen dasar.

    1. Blok Model

Input mewakili data yang masuk kedalam sistem informasi. Input disini termasuk metode dan media untuk menangkap data yang akan dimasukkan, yang dapat berupa dokumen-dokumen dasar.

    1. Blok Keluaran

Produk dari sistem informasi adalah keluaran yang merupakan informasi yang berkualitas dan dokumentasi yang brguna untuk semua tingkatan manajemen serta semua tingkatan manajemen.

    1. Blok Teknologi

Teknologi merupakan “tool box” dalam sistem informasi. Teknologi digunakan untuk menerima input menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, menghasilkan dan mengirimkan keluaran dan membantu pengendalian dari sistem secara keseluruhan. Teknologi terdiri dari 3 (tiga) bagian utama, yaitu teknisi (brainmare), perangkat lunak (software), dan perangkat keras (hardware).

    1. Blok Basis Data

Bagian data (database) merupakan data yang saling berkaitan satu dengan yang lain, tersimpan diperangkat keras komputer dan menggunakan perangkat lunak untuk memanipulasinya. Data perlu disimpan dalam basis data untuk keperluan penyediaan informasi lebih lan jut. Data di dalam basis data perludiorganisasika sedemikian rupa supaya informasi yang dihasilkan berkualitas. Organisasi basis data yang baik juga berguna untuk efisiensi kpasitas penyimpanan. Basis data yang baik juga berguna untuk efisiensi kapasitas penyimpanan. Basis data diakses atau dimanipulasi menggunakan perangkat lunak paket yang disebut DBMS (Database Manajemen Sistem)

    1. Blok Kendali

Banyak hal yang dapat merusak sistem informasi seperti bencana alam, api, temperature, air, debu, kecurangan-kecurangan, kegagalan-kegagalan sistem itu sendiri, ketidak efisien, sabotase, dan lain sebagainya. Beberapa pengendalian perlu dirancang dan ditetapkan untuk meyakinkan bahwa hal-hak yang dapat merusak sistem dapat dicegah ataupun bila terlanjur terjsi kesalahan-kesalahan dapat cepat langsung teratasi.

Konsep Dasar Perancangan Sistem
    1. Definisi Perancangan Sistem

Berikut ini beberapa pengertian tentang perancangan sistem menurut beberapa ahli, yaitu :

  1. Menurut McLeod dalam Fauzi dan Titis (2015:26)[7] “Perancangan Sistem adalah penentuan proses dan data yang diperlukan oleh sistem baru, jika sistem itu berbasis komputer, perancangan dapat dinyatakan spesifikasi peralatan yang digunakan”.
  2. Menurut Rusdi Nur, dkk (2018:5)[8], “perancangan adalah suatu proses untuk membuat dan mendesain sistem yang baru”.

Berdasarkan beberapa pendapat diatas maka peneliti menarik kesimpulan bahwa perancangan sistem adalah sebuah proses penentuan pembuatan sistem yang baru berdasarkan hasil dari data yang sudah dikumpulkan.

    1. Tujuan Perancangan Sistem

Menurut Iswandy (2015:72)[9], pada umumnya tujuan melakukan suatu perancangan sistem informasi adalah :

  1. Untuk memenuhi kebutuhan pemakai sistem informasi;
  2. Untuk memberikan gambaran yang jelas dan rancang bangun lengkap kepada pemrograman komputer dan ahli teknik yang terlibat;
  3. Untuk mendukung pengolahan pelaporan manajemen dan mendukung perusahaan.

 

Menurut McKay, .dkk dalam Internasional Journal of Computer Intergrated Manufacturing (2016:237)[10], “Engineering design is an important early stage of the innovation processes that deliver new product to markets where societal challenges are addressed and wealth generated. Hight-quality engineering design information is critical to the effective and efficient manufacture, production and throught-life support of such product. The emerging discipline of engineering design informatic brings together ICT (Information and Communications Technology) and engineering design to support the creation of well-founded engineering information support systems”.

Aris, A., Firdaus, T., & Nurseha, N. (2018)[11] . APLIKASI PROGRAM QUALITY CONTROL BARANG UNTUK MENUNJANG PELAPORAN PADA BAGIAN TEKNIK PERGURUAN TINGGI RAHARJA. CERITA Journal, 4(2), 159-168. Dalam penelitian ini dilakukan pada bagian Teknik, di Perguruan Tinggi Raharja dimana Dalam pengolahan data bagian teknik masih belum dapat memberikan layanan terbaik untuk memenuhi kebutuhan informasi strategis yang diperlukan untuk mendukung pelaporan pada manajemen Perguruan Tinggi Raharja. Dibutuhkan waktu yang lama untuk menghasilkan informasi data barang seperti yang diperlukan, hal ini terjadi karena belum terintegrasi dengan manajemen dan pengolahan informasi belum dapat efektif dan efisien, Dengan metode perancangan menggunakan UML, serta pembuatanprogram aplikasi menggunakan bahasa pemograman PHP berbasis website . Sehingga dapat membantu dalam pelaporan data barang secara online oleh bagian teknik untuk manajemen yang dapat meningkatkan kinerja bagian teknik untuk Manajemen Perguruan Tinggi Raharja sehingga memberikan pelayanan yang baik dan lebih cepat.1 Inventarisasi Manajemen Aset Berbasis Online

Konsep Dasar Analisa Sistem
      1. Definisi Analisa Sistem

Menurut Suryadi dalam jurnal CCIT Vol. 9 No. 3 (2016:270)[12], “Analisis sistem merupakan penguraian dari suatu sistem yang utuh kedalam bagian-bagian komponennya dengan maksud untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi permasalahan-permaslahan, hambatan-hambatan yng terjdi dari kebutuhan yang diharapkan sehingga dapat diusulkan perbaikn-perbaikanya”.

Menurut Dede Bachtiar dan Atikah dalam Jurnal SISFOTEK GLOBAL (2015:72) [13]mendefinisikan, “Analisa sistem adalah langkah-langkah melakukan analisa sistem yang akan dirancang, serta melakukan penelitian terhadap kebutuhan-kebutuhan sistem, dan apa saja kekurangannya”.

 

      1. Tahap Analisa Sistem

Menurut Topik Nur Hidayat, dkk (2017)[14], “Tahapan analisa sistem adalah tahap penguraian dari suatu sistem yang utuh kedalam bagian-bagain kompnennya dengan maksud untuk mengidentifikasikan dan mengevaluasi permasalahn - permaslahan, kesempatan-kesempatan, hambatan-hambatan yang terjadi dan kebutuhan-kebutuhan yang diharapkan sehingga dapat dibut rancangan sistem yang baru sesuai dengan kebutuhan”.

Konsep Dasar Data dan Informasi

1. Definisi Data

Menurut Iswandy (2015:73)[9], Data adalah sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya suatu pengolahan. Data bisa berwujud suatu keadaan, gambar, suara, huruf, angka, matematika, bahasa ataupun simbol-simbol lainnya yang bisa kita gunakan sebagai bahan untuk melihat lingkungan, obyek, kejadian ataupun suatu konsep.

Menurut Kaharu dan Sakina (2016:30)[15] dalam Jurnal Elektronik Sistem Informasi dan Komputer Vol. 2 No. 1, “Data merupakan suatu kenyataan yang menggambarkan kejadian dan kesatuan nyata. Kejadian adalah sesuatu yang terjadi pada saat tertentu.

 

 

2.Definisi Informasi

  • Menurut Tohari dalam Rochman dan Yanti (2016:39)[16] “Informasi merupakan suatu aset penting bagi suatu institusi atau organisasi. Oleh karena itu, informasi harus berkualitas, dijaga, dan dipelihara dengan baik”.
  • Menurut Abidin dalam Sutopo, dkk (2016:24)[17] “Informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang berguna dan menjadi berarti bagi penerimanya. Kegunaan informasi adalah untuk mengurangi ketidak pastian di dalam proses pengambilan keputusan tentang suatu keadaan”.
      1. Jenis-jenis Informasi

    Menurut Lusyani dalam Jurnal CCIT (2015 : 80)[18], “Sistem informasi manajemen tidak mempunyai pendapat yang sama mengenai jenis-jenis informasi yang di operasikan dalam manajemen. Dari berbagai pendapat yang berbeda dapat di dimpulkan bahwa informasi dalam manajemen di klasifikasikan berdasarkan aspek-aspek, yang di antaranya adalah :

                1. Informasi berdasarkan persyaratan.

    Suatu informasi harus memenuhi persyaratan sebagai mana di butuhkan oleh manajer dalam rangka pengambilan keputusan yang harus segera di lakukan.</span>

                1. Informasi berdasarkan dimensi waktu di bagi menjadi dua (2), yaitu :
    1. Informasi masa lalu

    Informasi jenis ini adalah mengenai peristiwa lampau yang meskipun jarang di pergunakan, namun dalam penyimpanannya dalam storage perlu di susun secara rapih dan teratur.

    1. Informasi masa kini

    Dari istilahnya sendiri adalah jelas bahwa makna dari informasi masa kini ialah informasi mengenai peristiwa-peristiwa yang terjadi sekarang.

     

    4.Nilai Informasi

    Menurut Palit, dkk (2015:2)[19], ada 10 kategori dalam nila informasi diantaranya:

    1. Kemudahan dalam memperoleh

    Informasi memperoleh nilai yang lebih sempurna apabila dapat diperoleh secara mudah. Informasi yang penting dan sangat dibutuhkan menjadi tidak bernilai jika sulit diperoleh.

    1. Sifat luas dan kelengkapannya

    Informasi mempunyai nilai yang lebih sempurna apabila mempunyai lingkup atau cakupan yang luas dan lengkap. Informasi sepotong dan tidak lengkap menjadi tidak bernilai, karena tidak dapat digunakan secara baik.

    1. Ketelitian (accuracy)

    Informasi mempunyai nilai yang lebih sempurna apabila mempunyai ketelitian yang tinggi atau akurat. Informasi menjadi tidak bernilai jika tidak akurat, karena akan mengakibatkan kesalahan pengambilan keputusan.

    1. Kecocokan dengan pengguna (relevance)

    Informasi mempunyai nilai yang lebih sempurna apabila sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Informasi berharga dan penting menjadi tidak bernilai jika tidak sesuai dengan kebutuhan penggunanya, karena tidak dapat dimanfaatkan untuk pengambilan keputusan.

    1. Ketepatan waktu

    Informasi mempunyai nilai yang lebih sempurna apabila dapat diterima oleh pengguna pada saat yang tepat. Informasi berharga dan penting menjadi tidak bernilai jika terlambat diterima atau usang, karena tidak dapat dimanfaatkan pada saat pengambilan keputusan.

    1. Kejelasan (clarity)

    Informasi yang jelas akan meningkatkan kesempurnaan nilai informasi. Kejelasan informasi dipengaruhi oleh bentuk dan format informasi.

    1. Fleksibilitas atau keluwesannya

    Nilai informasi semakin sempurna apabila memiliki fleksibilitas tinggi. Fleksibilitas informasi diperlukan oleh para manajer atau pimpinan pada saat pengambilan keputusan.

    1. Dapat dibuktikan

    Nilai informasi semakin sempurna apabila informasi tersebut dapat dibuktikan kebenarannya. Kebenaran informasi bergantung pada validitas data sumber yang diolah.

    1. Tidak ada prasangka

    Nilai informasi semakin sempurna apabila informasi tersebut tidak menimbulkan prasangka dan keraguan adanya kesalahan informasi.

    1. Dapat diukur

    Informasi untuk pengambilan keputusan seharusnya dapat diukur agar dapat mencapai nilai yang sempurna.

    1. Ketersediaan (Availability)
    2. Dapat dipercaya (Reliability)
    3. Konsisten

     

     

    Menurut Untung Rahardja, Yessi Frecilia, dan Nurul Komaeni,[20] “Sistem informasi adalah sekumpulan komponen pembentuk sistem yang mempunyai keterkaitan antara satu komponen dengan komponen lainnya yang bertujuan menghasilkan suatu informasi dalam suatu bidang tertentu”. Jurnal CCIT Vol. 9 No.1, 2015.


    Konsep Dasar Teknologi Informasi

    1.    Definisi Teknologi Informasi
    Berikut ini beberapa pengertian tentang teknologi informasi menurut beberapa ahli, yaitu: 
    a.    Menurut Wawan Dhewanto dan Grisna Anggadwita (2015:19)[21]“Teknologi informasi terdiri dari atas dua kata yang memiliki makna berbeda. Kata teknologi berasal dari dua kata, yaitu techno yang berarti seni, dan logia (logos) yang berarti ilmu, teori. Sedangkan kata informasi berasal dari kata Perancis kuno pada tahun 1387, yaitu informacion yang diambil dari bahasa latin informationem yang berarti garis besar, konsep, ide. Informasi merupakan kata benda dari informare yang berarti aktivitas dalam pengetahuan yang dikomunikasikan. Berdasarkan pendekatan tersebut maka teknologi informasi didefinisikan sebagai seni dan ilmu dalam menyampaikan informasi dari pengirim ke penerima”. 
    b.    Menurut Haaq dan Keen dalam Rusdiana dan Irfan (2015:52)[22] “Teknologi Informasi sebagai seperangkat alat yang membantu bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi”.
    c.    Menurut Martin (2015) “Teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi,melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi.”
    d.    Berdasarkan beberapa pendapat diatas maka peneliti menarik kesimpulan bahwa teknologi informasi adalah seperangkat alat yang membantu dalam bekerja dengan menggabungkan komputer dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi.

     

    2.    Definisi Analisa Sistem
    Analisa sistem merupakan proses atau metode yang digunakan untuk memahami atau melakukan penelitian terhadap sebuah sistem guna mendapatkan solusi dalam menangani permasalahan. Pendapat tersebut dipertegas kembali oleh Suryadi dalam Jurnal CCIT Vol. 9 No. 3 (2016:270)[23]  yang mengungkapkan bahwa analisis sistem merupakan penguraian dari suatu sistem yang utuh kedalam bagian-bagian komponennya dengan maksud untuk mengidentifikasikan dan mengevaluasi permasalahan-permasalahan, hambatan-hambatan yang terjadi dari kebutuhan yang diharapkan sehingga dapat diusulkan perbaikan-perbaikannya.
    Menurut Rusdiana, dan Moch. Irfan. 2015[24]. Sistem Informasi Manajemen. Bandung: PUSTAKA SETIA.Pendekatan  sistem  berusaha  menjelaskan  sesuatu  dipandang  darisudut  pandang  tujuan,  proses,  dan  struktur.  Dengan  memahami  struktursistem  dan  proses  sistem,  seseorang  dapat  menjelaskan  tujuan  suatusistem  tidak  tercapai.Pendekatan  sistem  merupakan  jumlah  keseluruhan  dari  bagian-bagian  yang  saling  bekerja  sama  untuk  mencapai  hasil  yang  diharapkanberdasarkan  kebutuhan  tertentu.Pendekatan sistem merupakan suatu metode ilmiah, di mana prosespencapaian  hasil  atau  tujuan  logis  dari  pemecahan  masalah  dilakukandengan  cara  yang  efektif  dan  efisien.  Menurut  Reigeluth,  pendekatansistem  adalah  transaksi  dari  suatu  urutan  logis  dari  operasi  untuk  tujuanmengubah  satu  atau  lebih  faktor  dalam  suatu  sistem.  Penerapanpendekatan  sistem  ini  dapat  membantu  mencapai  suatu  efek  sinergitisdi  mana  tindakan-tindakan  berbagai  bagian  yang  berbeda  dari  sistemtersebut  jika  dipersatukan  akan  memiliki  dampak  yang  lebih  besardaripada  terpisah  bagian  demi  bagian.  Jadi,  pendekatan  sistemmerupakan  aplikasi  pandangan  sistem  (system view or system thinking)dalam  upaya  memahami  sesuatu  atau  untuk  memecahkan  suatupermasalahan  secara  lebih  efektif  dan  efisien.Pendekatan  sistem  dapat  dihubungkan  dengan  analisis  kondisi  fisik(misalnya: sistem tata surya, rakitan mesin), analisis biotis (misalnya: jaring-jaring  ekologis,  koordinasi  tubuh  manusia),  dan  analisis  gejala  sosial(misalnya:  kehidupan  ekonomis,  gejala  pendidikan,  pola  nilai  hidup).Analisis  sistem  sosial  relatif  lebih  rumit  dibandingkan  dengan  analisisBab2Konsep Dasar Sistem27
    Sistem Informasi ManajemenSistem Informasi Manajemensistem  fisik  dan  sistem  biotis.  Sistem  sosial  seperti  sistem  pendidikanpada  umumnya  bersifat  terbuka,  yaitu  suatu  sistem  yang  mudahdipengaruhi  oleh  kejadian-kejadian  di  luar  sistem  (rentan  terhadappengaruh  luar).  Sebagai  contoh,  sistem  per  sekolah  yang  mudahdipengaruhi  oleh  situasi/tren  di  masyarakat  dan  kebijakan  pemerintah.Karakter  sistem  pendidikan  yang  bersifat  terbuka  menuntut  konsekuensipenyelenggaraan  pendidikan  sekolah  yang  lebih  kritis  dan  kreatif  dalammencari  alternatif  pengembangan  secara  berkesinambungan.Pendekatan  sistem  adalah  upaya  untuk  melakukan  pemecahanmasalah  yang  dilakukan  dengan  melihat  masalah  yang  ada  secaramenyeluruh  dan  melakukan  analisis  secara  sistem.  Pendekatan  sistemdiperlukan  apabila  kita  menghadapi  masalah  yang  kompleks  sehinggamemerlukan  analisis  terhadap  permasalahan  tersebut,  untuk  memahamihubungan bagian dengan bagian lain dalam masalah tersebut, dan kaitanantara masalah tersebut dengan masalah lainnya.

     

    3.    Prinsip-prinsip Analisa Sistem
    Analisis sistem merupakan contoh yang baik dari pendekatan sistem untuk memecahkan masalah dengan tujuan pada pengembangan sistem yang relatif mudah diubah manakala diperlukan. Sehingga terdapat prinsip-prinsip analisis sistem yaitu (Tyoso, 2016:18)[25]:
    a.    Mendefinisikan masalah, masalah yang akan dipecahkan dengan sistem diatur berkenaan dengan lingkungan tempat sistem berinteraksi.
    b.    Menyatakan sasaran sistem, tujuan umum dan khusus yang ingin dicapai yang berkaitan dengan keefektifan ditetapkan dan diumumkan kepada pihak-pihak yang berkepentingan.
    c.    Menetapkan batasan sistem (system boundaries), pembatas antara sistem yang baru dengan lingkungannya harus diperinci. Hubungan sistem (interface) yang berkaitan dengan masukan dan keluaran harus ditegaskan.
    d.    Menetapkan kendala sistem, kendala pada sistem dan proses pengembangannya, seperti biaya dan jangka waktu untuk pengembangan sistem, harus dipastikan.
    e.    Dekomposisi sistem, sistem dipecah kedalam sub-subsistem yang saling terkait dan berhubungan dengan lingkungannya. Hubungan antara subsistem ditentukan sehingga seorang analis sistem mampu melihat sistem dengan terinci. Subsistem yang berada pada tingkat bawah yang nantinya dirancang dan menjadi bagian sistem yang ditetapkan.
    Menurut maniah dan Dini Hamidin (2017:7), “Analisa sistem yaitu memahami sistem yang rumit kemudian melakukan modifikasi dengan beberapa cara”
     

    Teori Khusus

    Konsep Unified Modeling Language(UML)

    1. Definisi UML

    Sedangkan menurut Ary Budi Warsito, Muh. Yusup dan Moh Iqbal Awi Makaram dalan Jurnal CCIT Vol. 8 No.2[26] dengan judul Perancangan SiS+ Menggunakan Metode YII Framework Pada Perguruan Tinggi Raharja (2015:29),“Unified Modelling Language (UML) adalah himpunan struktur dan teknik untuk permodelan desain program berorientasi objek (OOP) serta aplikasinya. UML adalah metodologi untuk mengembangkan sistem OOP dan sekelompok perangkat tool untuk mendukung pengembangan sistem tersebut”.

    Dari pendapat diatas dapat disimpilkan UML (Unified Modeling Language) adalah bahasa permodelan yang menjadi standar dalam industri software dimana untuk memvisualisasikan, merancang, mendokumentasikan hasil analisa dan memodelkan sistem secara visual.

    Menurut Munawar dalam Waspodo (2015:2)[27], Unified Modelling Language (UML) adalah salah satu alat bantu yang sangat handal dalam dunia pengembangan sistem yang berorientasi obyek. Hal ini di sebabkan karena UML menyediakan bahasa pemodelan visual yang memungkinkan bagi pengembang sistem untuk membuat cetak biru atas visi mereka dalam bentuk yang baku, mudah di mengerti, serta di lengkapi dengan mekanisme yang efektif untuk berbagi (sharing) dan mengkomunikasikan rancangan mereka dengan yang lain.

    Menurut F. Alaghbari dan Noura Aknin, dalam Global Journal of Engineering Science and Researches (GJESR) Vol.2 (2)[28] (2015:63-68), The Unified Modeling Language (UML) is a standard language for writing software blueprints that premiered with version 1.1 in 1997. Three prominent object oriented programming professionals, Gray Booch, Ivar Jacobsen, and James Rumbaugh are the principle authors of UML. UML establishes a collection of graphical symbols as well as semantics to support and define these symbols. There are nine different kinds of diagrams in UML: class, object, use case, sequence, collaboration, state chart, activity, component, and deployment [5]. UML was developed and is being maintained by OMG. The current version - UML 2.4.1 was released in 2011. The main objective of UML is “ to provide system architects, software engineers, and software developers with tools for analysis, design, and implementation of software-based systems as well as for modeling business and similar processes” [6]. In this paper we present UML Activity Diagram And UML Use-Case Diagram For Sales Process Modeling. The work presented in this paper is a development of a previous work which presented in the previous studies mentioned in the list of references which are : [3] and [4]. The representation performed are: develop a model of the sales process by providing Depository service during Sales Processes. And create a model for the management of warehouse Depository with the possibility of withdrawal of quantities sold to the customer on parts until the end of the customer's balance of quantities in the warehouse Depository.

     

    2. Jenis-jenis Diagram UML

    Menurut Musrifah dan Ega (2017:30-31)[29] menyimpulkan bahwa Visual Paradigm merupakan aplikasi untuk merancang sebuah aplikasi atau biasa disebut aplikasi rekayasa perangkat lunak. Dengan visual paradigm sebuah aplikasi dapat digambarkan dalam sebuah rancangan simbol dan gambar tanpa koding yang menjelaskan bagaimana aplikasi tersebut akan berjalan setelah selesai nantinya.

    Menurut Pressman dalam Musrifah dan Ega (2017:31))[29], “Visual Paradigm adalah salah satu alat bantu Unified Modeling Language (UML) yang digunakan untuk membuat Use Case Diagram, Activity Diagram, Class Diagram, dan Sequence Diagram”.

     

    Menurut Rochman dan Yanti (2016:39), Diagram UML mempunyai beberapa jenis, diantaranya:

            1. Use case Diagram

    Use Case atau diagram Use Case merupakan pemodelan untuk kelakuan (behavior) sistem informasi yang akan dibuat. Use case mendeskripsikan sebuah interaksi antara satu atau lebih actor dengan sistem informasi yang akan dibuat. Secara kasar, use case digunakan untuk mengetahui fungsi apa saja yang ada didalam sebuah sistem informasi dan siapa saja yang berhak menggunakan fungsi-fungsi itu.

            1. Activity Diagram

    Diagram aktivitas atau activity diagram menggambarkan workflow (aliran kerja) atau aktivitas dari sebuah sistem atau proses bisnis atau menu yang ada pada perangkat lunak. Yang perlu diperhatikan disini adalah bahwa diagram aktivitas menggambarkan aktivitas sistem bukan apa yang dilakukan actor, jadi aktivitas yang dapat dilakukan oleh sistem.

            1. Sequence Diagram

    Diagram sekuen menggambarkan kelakuan objek pada use case dengan mendeskipsikan waktu hidup objek dan massage yang dikirimkan dan diterima antar objek. Oleh karena itu untuk menggambar diagram sekuen maka harus diketahui objek-objek yang terlibat didalam sebuah use case beserta metode-metode yang dimiliki kelas diinstansi menjadi objek itu. Membuat diagram sekuen juga dibutuhkan untuk membuat sekenario yang ada pada use case”.


    Konsep Dasar WEB (World Wide Web)
          1. Definisi WEB

    Abdullah (2015:1)[30], “Web dapat diartikan sekumpulan halaman yang terdiri dari beberapa laman yang berisi informasi dalam bentuk data digital baik berupa text, gambar, video, audio, dan animasi lainnya yang disediakan melalui jalur koneksi internet”.

    Bekti (2015:35)[30], “Website merupakan kumpulan halaman-halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi teks, gambar diam atau gerak, animasi, suara, dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait, yang masingmasing masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman”.

    Menurut Untung Rahardja, dkk dalan jurnal CCIT Vol.9 No.1 (2015)[31], ditinjau dari aspek content atau isi, web dapat dibagi menjadi 2 jenis, yaitu web statis dan web dinamis. Selain dari sisi content atau isi, web statis dan web dinamis dapat dilihat dari aspek teknologi yang digunakan untuk membuat jenis web tersebut. Adapun jenis-jenis web : Web statis adalah web yang isinya atau content tidak dapat berubah-ubah. Maksudnya adalah isi dari dokumen web tersebut tidak dapat diubah secara cepat dan mudah. Ini karena teknologi yang digunakan untuk membuat dokumen web ini tidak memungkinkan dilakukan perubahan isi atau data. Teknologi yang digunakan untuk web statis adalah jenis client side scripting seperti HTML, Cascading Style Sheet (CSS). Perubahan isi atau data halaman web statis hanya dapat dilakukan dengan cara mengubah langsung isinya pada file mentah web tersebut. Web dinamis adalah jenis web yang content atau isinya dapat berubah-ubah setiap saat. Web yang banyak menampilkan animasi flash belum tentu termasuk web dinamis karena dinamis atau berubah-ubah isinya tidak sama dengan animasi. Untuk melakukan perubahan data, user cukup mengubahnya langsung secara online di internet melalui halaman yang biasanya telah disediakan untuk user administrator sepanjang user tersebut memiliki hak akses yang sesuai.

    Menurut John maeda yang dimuat oleh Dewi Immaniar pada jurnal CCIT (2015:143),“web merupakan rancangan untuk media berkomunikasi virtual yang dikaitkan dengan teknologi internet”.

     

     

          1. Jenis - jenis Website

    Selain dari sisi konten atau isi, web statis dan web dinamis dapat dilihat dari aspek teknologi yang digunakan untuk membuat jenis web tersebut. Adapun jenis-jenis web :

    1. Web statis adalah web yang isinya atau konten tidak berubah-ubah. Maksudnya adalah isi dari dokumen web tersebut tidak dapat diubah secara cepat dan mudah. Ini karena teknologi yang digunakan untuk membuat dokumen web ini tidak memungkinkan dilakukan perubahan isi atau data. Teknologi yang digunakan untuk web statis adalah jenis client side scripting seperti HTML, Cascading Style Sheet (CSS). Perubahan isi atau data halaman web statis hanya dapat dilakukan dengan cara mengubah langsung isinya pada file mentah web tersebut.
    2. Web dinamis adalah jenis web yang konten atau isinya dapat berubah-ubah setiap saat. Web yang banyak menampilkan animasi flash belum tentu termasuk web dinamis karena dinamis atau berubah-ubah isinya tidak sama dengan animasi. Untuk melakukan perubahan data, user cukup mengubahnya langsung secara online di Internet melalui halaman control panel atau administrasi yang biasanya telah disediakan untuk user administrator sepanjang user tersebut memiliki hak akses yang sesuai.
    Konsep Dasar PHP

    1. Definisi PHP

    Menurut Arief dalam Iqbal dkk (2017:2)[26], PHP (Hypertext Preprocessor) adalah bahasa server-side scripting yang menyatu dengan HTML untuk membuat halaman web yang dnamis.

    Supono dan Putratama (2016:3)[32] mengemukakan bahwa ”PHP (PHP: Hypertext Preprocessor) adalah suatu bahasa pemrograman yang digunakan untuk menerjemahkan baris kode program menjadi kode mesin yang dapat dimengerti oleh komputer yang berbasis server-side yang dapat ditambahkan ke dalam HTML”.

    Menurut Solichin (2016:11)[33] mengemukakan bahwa “PHP merupakan salah satu bahasa pemrograman berbasis web yang ditulis oleh dan untuk pengembang web”. PHP merupakan bahasa (script) pemrograman yang sering digunakan pada sisi server sebuah web.

    Menurut Muhammad Bello Aliyu, dkk dalam International Journal of Engineering Science Invention (Vol. 6 Issue 9, September 2017)[34], PHP which is known as Hypertext preprocessor is a scripting language initially designed for the web. PHP was just starting its emergence as more than a niche scripting language for hobbyists. That was the time of PHP 4 and the first Zend Engine had made PHP faster and more stable. PHP deployment was also increasing exponentially, but it was still a hard sell to use PHP for large commercial web sites. This difficulty originated mainly from two sources: Firstly, Perl/ColdFusion/other-scripting-language developers who refused to update their understanding of PHP’s capabilities from when it was still a nascent language. Secondly, Java developers who wanted large and complete frameworks, robust object oriented support, static typing, and other “enterprise” features.


    Konsep Dasar MySQL

     1. Definisi MySQL

    Menurut Raharjo dalam Ulfa dan Fikri (2015:21)[35], “MySQL adalah sebuah perangkat yang berperan sebagai server database, yang selanjutnya akan digunakan untuk mempelajari kode-kode PHP yang berkaitan atau membutuhkan akses ke server database”.

     

     2. Perintah Dasar Definisi MySQL

    Perintah SQL dibagi dalam 2 kategori besar sesuai fungsinya, yaitu :

    1. DDL - Data Definition Language merupakan kumpulan perintah SQL yang digunakan untuk membuat, mengubah dan menghapus struktur dan definisi data dari objek-objek database.
    2. DML - Data Manipulation Language merupakan kumpulan perintah SQL yang digunakan untuk proses pengolahan isi data di dalam table seperti memasukan, merubah dan menghapus isi data – dan tidak terkait dengan perubahan struktur dan definisi tife data dari objek database.
    Konsep Elisitasi

    1. Definisi Elisitasi

    Menurut Bachtiar dan Atikah (2015:74)[13], Elisitas berisi usulan rancangan sistem baru yang diinginkan oleh pihak manajemen terkait dan disanggupi oleh penulis untuk dieksekusi. Elisitasi dilakukan melalui tiga tahap yaitu sebagai berikut:

    1. Elisitasi Tahap I Berisi seluruh rancangan sistem baru yang diusulkan oleh pihak manajemen terkait melalui proses wawancara.

    2. Elisitasi Tahap II Merupakan hasil pengklasifikasian dari elisitasi tahap I berdasarkan metode MDI. Metode MDI ini bertujuan untuk memisahkan antara rancangan sistem yang penting dan harus ada pada sistem baru dengan rancangan yang disanggupi oleh penulis untuk dieksekusi.

      1. “M” pada MDI itu artinya Mandatory (penting). Maksudnya requirement tersebut harus ada dan tidak boleh dihilangkan pada saat membuat sistem baru.

      2. “D” pada MDI itu artinya Desirable. Maksudnya requirement tersebut tidak terlalu penting dan boleh dihilangkan. Tetapi jika requirement tersebut digunakan dalam pembuatan sistem, akan membuat sistem tersebut lebih sempurna.

      3. “I” pada MDI itu artinya Inessential. Maksudnya bahwa requirement tersebut bukanlah bagian dari sistem yang dibahas dan merupakan bagian dari luar sistem.

    3. Elisitasi Tahap III Merupakan hasil penyusutan dari elisitasi tahap II dengan cara mengeliminasi semua requirement yang optionnya I pada metode MDI. Selanjutnya semua requirement yang tersisa diklasifikasikan kembali melalui metode TOE, yaitu sebagai berikut:

      1. T artinya Technical, maksudnya bagaimana tata cara atau teknik pembuatan requirement tersebut dalam sistem yang diusulkan.

      2. O artinya Operational, maksudnya bagaimana tata cara penggunaan requirement tersebut dalam sistem yang akan dikembangkan.

      3. E artinya Economy, maksudnya berapakah biaya yang diperlukan guna membangun requirement tersebut didalam sistem.

     

    Metode TOE tersebut dibagi kembali menjadi beberapa option, yaitu:

      1. High (H) : Sulit untuk dikerjakan, karena tehnik pembuatan dan pemakaiannya sulit serta biayanya mahal, sehingga requirement tersebut harus dieliminasi.

      2. Middle (M) : Mampu untuk dikerjakan.

      3. Low (L) : Mudah untuk dikerjakan.

    1. Final Draft Elisitasi Merupakan hasil akhir yang dicapai dari suatu proses elisitasi yang dapat digunakan sebagai dasar pembuatan suatu sistem yang akan dikembangkan.


    Konsep Dasar Analaisa SWOT

    1. Analisa SWOT

    Menurut Irfan Fahmi (2015:252)[36], ”SWOT adalah singkatan dari strengths (kekuatan), weaknesses (kelemahan), opportunities (peluang), dan threats (ancaman), dimana SWOT ini dijadikan sebagai suatu model dalam menganalisis suatu organisasi yang berorientasi profit dengan tujuan utama untuk mengetahui keadaan organisasi tersebut secara lebih komperhensif”

      1. Kekuatan (strenghts)

    Keuatan adalah sumber daya, keterampilan atau keunggulan lain yang relatif terhadap pesaing dan kebutuhan dari pasar suatu perusahaan layani atau hendak layani. Kekuatan merupaka suatu kompetensi yang berbeda (destintive competence) yang memberi perusahaan suatu keunggulan komparatif (comparative advantage) dalam pasar. Kekuatan berkaitan dengan sumber daya, keuangan, citra, kepemimpinan pasar hubungan pembeli atau pemasok dan faktor-faktor lain.

     

            1. Kelemahan (Weakness)

    Kelemahan merupakan keterbatasan atau kekurangan dalam sumber daya, keterampilan dan kemampuan secara serius menghalangi kinerja efektif suatu perusahaan.

     

            1. Peluang (Opportunities)

    Suatu peluang merupakan situasi utama yang menguntungkan dalam lingkungan perusahaan kecenderungan-kecenderungan utama ini adalah salah satu peluang identifikasi dari segmen pasar pasar yang sebelumnya terlewatkan perubahan-perubahan dalam kedaan bersaing atau peraturan, hubungan pembeli, perubahan teknologi dan hubungan pembeli dan pemasok yang telah diperbaiki dapat menunjukan peluang bagi perusahaan.

            1. Ancaman (Threaths)

    Ancaman adalah rintangan-rintangan utama bagi posisi sekarang atau yang diinginkan bagi perusahaan. Masuknya pesaing baru, pertumbuhan pasar yang lambat, daya tawar pembeli dan pemasok utama yang meningkat, perubahan teknologi, dan peraturan yang baru atau yang direvisi dapat merupakan ancaman bagi keberhasilan suatu perusahaan.


    Konsep Web Server
        1. Definisi Web Server

    Menurut Siregar dalam Sutopo, dkk (2016:25)[17], “Web server adalah sebuah bentuk server yang khusus digunakan untuk menyimpan halaman website atau homepage. Komputer dapat dikatakan web server jika komputer tersebut memiliki suatu program server yang disebut Personal Web Server (PWS)”.

     

        1. Definisi Database

    Menurut Dan Michael A. Cortez, dkk, dalam International Journal of Computer Science and Information Technologies (IJCSIT) Vol.6 (2) (2015:1143), “A database is a collection of information that is organized so that it can easily be retrieved, managed, and updated. In one view, databases can be classified according to types of content: bibliographic, full-text, numeric, and images”.

    Definisi database menurut Ary waspodo, dkk dalam Jurnal CCIT (2015:29) adalah “Struktur penyimpanan data untuk menambah, mengakses dan memproses data yang disimpan dalam sebuah database komputer, diperlukan sistem manajemen database seperti MySQL Server.

     

    Budi. R mengatakan dalam Jurnal CCIT Vol. 9 No. 1 (2015:54) Database (basis data) adalah, kumpulan data yang terintegrasi dan diatur sedemikian rupa sehingga data tersebut dapat dimanipulasi, diambil, dan dicari secara cepat.

    Menurut Warnars (dalam Jurnal CCIT Vol.8 No.1, 2014:84) juga menyatakan bahwa database baik dalam bentuk database terstruktur dan tidak terstruktur dibutuhkan sebagai tempat penyimpanan tetap untuk merekam kegiatan proses transaksi bisnis.


    Konsep XAMPP
          1. Definisi XAMPP

    Menurut Betha Sidik (2018:6)[37], XAMPP kependekan dari X Apache MySQL PHP and Perl, X mewakili sistem operasi, A untuk Apache adalah server web, M untuk MySQL atau MariDB adalah server database, P yang pertama untuk PHP adalah bahasa pemrograman untuk pembuatan aplikasi, dan P yang kedua untuk Perl adalah bahasa pemrograman untuk pembuatan aplikasi juga. X menyatakan bahwa paket ini bisa untuk Windows ataupun Linux.

    Menurut Palit, dkk (2015:3),  XAMPP adalah perangkat lunak bebas, yang mendukung banyak sistem operasi, merupakan kompilasi dari beberapa program. Fungsinya adalah sebagai server yang berdiri sendiri (localhost), yang terdiri atas program Apache HTTP Server, MySQL database, dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl. Nama XAMPP merupakan singkatan dari X (empat sistem operasi apapun), Apache, MySQL, PHP dan Perl. Program ini tersedia dalam GNU General Public License dan bebas, merupakan web server yang mudah digunakan yang dapat melayani tampilan halaman web yang dinamis. Untuk “blueprint” software sebelum coding dimulai. Desain harus dapat mengimplementasikan kebutuhan yang telah disebutkan pada tahap sebelumnya. Seperti 2 aktivitas sebelumnya, maka proses ini juga harus didokumentasikan sebagai konfigurasi dari software.

    Gambar 2.1. XAMPP

    2. Konsep XAMPP

    Menurut Poonam Kumari dan Dr. Mahesh Yadav dalam International Journal of Science, Engineering and Technology Research (IJSETR) Volume 4, Issue 6, June 2015,  XAMPP memiliki 4 (empat) komponen utama, yaitu :

    1. Apache, web server online yang paling populer dengan penggunaan hampir 54% dari seluruh situs. Apache adalah aplikasi web server yang memproses dan memberikan konten web ke komputer.
    2. MySQl, merupakan aplikasi open source yang menyediakan sistem pengaturan database.
    3. PHP, adalah bahasa script di sisi server yang banyak dipakai beberapa situs paling popoler di dunia, termasuk WordPress dan Facebook. PHP banyak digunakan oleh para pengembang aplikasi karena merupakan open source dan mudah dipelejari.
    4. Perl, Perl adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang dinamis yang digunakan secara luas dalam pemrograman jaringan, sistem admin, dan lain-lain.


    Konsep Notepad++

    1. Definisi Notepad++

    Notepad++ adalah program aplikasi pengembang yang berguna untuk mengedit teks dan skrip kode pemrograman. Versi terbaru program ini adalah Notepad++ v5.9, yang dirilis pada tanggal 06 April 2012. Software Notepad++ dibuat dan dikembangkan oleh Tim Notepad++. Perangkat lunak komputer ini memiliki kelebihan pada peningkatan kemampuan sebuah program text editor, lebih dari sekedar program Notepad bawaan Windows. Notepad++ bisa mengenal tag dan kode dalam berbagai bahasa pemrograman. Fitur pencarian tingkat lanjut dan pengeditan teks yang tersedia juga cukup ampuh, sangat membantu tugas seorang programmer atau developer dalam menyelesaikan skrip kode programnya. Program Notepad++ banyak diaplikasikan dan digunakan oleh kalangan pengguna komputer di bidang pemrograman aplikasi desktop dan web. Notepad++ merupakan software gratis (opensource). Notepad++ dapat dijalankan di sistem operasi Win2K, Windows XP, Vista, dan Windows 7.

    Gambar 2.2. Logo Notepad++

    Konsep Dasar Bootstrap
        1. 1. Definisi Bootstrap

    Menurut Snig Bhaumik dalam Rahardja, dkk (2016:62)[38], Bootstrap is a frontend framework for faster and easier web development in the new standard of the mobilefirst philosophy. It uses HTML, CSS, and JavaScript. In August 2010, Twitter released Bootstrap as open source. Dapat disimpulkan bahwa Bootstrap merupakan produk Twitter yang digunakan sebagai frontend framework yang menggunakan HTML, CSS, dan JavaScript sebagai fondasinya.

     

        1. 2. Definisi HTML

    Menurut Sidik dalam Pramatasari dan Bambang (2017:327-328)[39], HTML (Hypertext Markup Language) yaitu salah satu bahasa scripting yang dapat menghasilkan halaman website sehingga halaman tersebut dapat diakses pada setiap komputer pengakses (client). Dokumen HTML merupakan dokumen yang disajikan dalam browser web surfer. Dokumen ini umumnya berisi informasi ataupun interface aplikasi dalam internet.

     

      1. 3. Definisi CSS

    Menurut Suyanto dalam Pramatasari dan Bambang (2017:328)[39], CSS (Cascading Style Sheets) banyak digunakan untuk memperluas kemampuan HTML dalam memformat dokumen web atau untuk mempercantik tampilan bahkan untuk memposisikan dan layouting halaman web. Dengan mendefinisikan suatu style sekali saja maka style itu akan digunakan berulang kali.

     

     

      1. 4. Definisi Javascript

    Menurut Suryana, dkk dalam Pramatasari dan Bambang (2017:327)[39], JavaScript adalah bahasa script berdasar pada objek yang memperbolehkan pemakai untuk mengendalikan banyak aspek interaksi pemakai pada suatu dokumen HTML. Objek tersebut dapat berupa suatu windows, frame, URL, dokumen, form, button, atau item yang lain. Terdapat dua piranti yang diperlukan dalam JavaSricpt yaitu browser dan texteditor. Text editor adalah sebuah pengolah kata (word processor) yang menghasilkan file dalam format ASCII murni.


    Konsep Dasar Black Box Testing
    1. 1. Definisi Black Box Testing

    Menurut Khan dalam Mustaqbal, dkk (2015:33)[40]Black-Box Testing merupakan pengujian yang berfokus pada spesifikasi fungsional dari perangkat lunak, tester dapat mendefinisikan kumpulan kondisi input dan melakukan pengetesan pada spesifikasi fungsional program”.

    Menurut Manish Kumar dkk, dalam International Journal of Advamce Research in Computer Science and Management Studies (ISSN: 2321-7782)[41] Volume 3, Issue 10, October 2015,  “Blackbox testing adalah pengujian tanpa pengetahuan tentang kerja internal dari aplikasi yang diuji (AUT). Dikenal juga sebagai pengujian fungsional atau input output berbasis pengujian”.

    2. Metode Black Box Testing

    Menurut Mustaqbal (2015:34)[40], Saat ini terdapat banyak metode atau teknik untuk melaksanakan Black Box Testing, antara lain:

    1. Equivalence Partitioning
    2. Boundary Value Analysis/Limit Testing
    3. Comparison Testing
    4. Sample Testing
    5. Robustness Testing
    6. Behavior Testing
    7. Requirement Testing
    8. Performance Testing
    9. Uji Ketahanan (Endurance Testing)
    10. Uji Sebab-Akibat (Cause-Effect Relationship Testing)
    Konsep Dasar Literature Review
    1. Definisi Kajian Pustaka (Literature Review)

    Kajian pustaka (literature review) adalah ringkasan tertulis mengenai artikel dari jurnal, buku, dan dokumen lain yang mendekripsikan teori serta informasi baik masa lalu maupun saat ini, mengorganisasikan pustaka ke dalam topik dan dokumen yang dibutuhkan untuk proposal penelitian. Dalam penelitian pendidikan, peneliti biasanya mementingkan kajian pustaka yang diambil dari artikel pada jurnal. Namun demikian, peneliti juga membutuhkan informasi lain yang diambil dari makalah konferensi, buku, dan dokumen pemerintah.

                  1. Manfaat  Literature Review

    Menurut Sudaryono (2011:87), manfaat Literature Review sebagai berikut:

    1. Mengidentifikasikan kesenjangan (identify gaps) dari penelitian ini.
    2. Menghindari membuat ulang (reinventing the wheel)  sehingga  banyak menghemat waktu dan juga menghindari kesalahan-kesalahan yang pernah dilakukan oleh orang lain.
    3.  Mengidentifikasikan metode yang pernah dilakukan dan yang  relevant terhadap penelitian ini.
    4. Meneruskan apa yang penelitian sebelumnya telah dicapai sehingga dengan adanya studi pustaka ini, penelitian yang akan dilakukan dapat membangun diatas platform dari pengetahuan atau ide yang sudah ada.
    5.  Untuk mengetahui orang lain yang spesialis dan mengerjakan di area penelitian yang sama, sehingga dapat terjaring dalam komunitas yang dapat memberi kontribusi sumber daya yang berharga.

     

    1. Jenis-jenis Penelitian

    Jenis-jenis penelitian yaitu:

        1. Jenis-jenis penelitian berdasarkan fungsinya

    Secara umum penelitian mempunyai dua fungsi utama, yaitu mengembangkan ilmu pengetahuan dan memperbaiki praktik.

        1. Penelitian Dasar

    Penelitian dasar (basic research) disebut pula penelitian murni (pure research) atau penelitian pokok (fundamental resesarch). Penelitian ini diarahkan pada pengujian teori dengan hanya sedikit atau bahkan tanpa menghubungkan hasilnya untuk kepentingan praktik.

        1. Penelitian Terapan

    Penelitian terapan (applied research) berkenaan dengan kenyataan-kenyataan praktis, yaitu penerapan dan pengembangan pengetahuan yang dihasilkan oleh penelitian dasar dalam kehidupan nyata.

        1. Penelitian Evaluasi

    Penelitian evaluasi (evaluation research) fokus pada suatu kegiatan dalam unit (site) tertentu. Kegiatan tersebut dapat berbentuk program, proses, atau pun hasil kerja, sedangkan unit dapat berupa tempat, organisasi, atau pun lembaga.

                  1. Jenis-jenis Penelitian Berdasarkan Tujuannya

    Selain berdasarkan pendekatan dan fungsinya, penelitian dapat pula dibedakan berdasarkan tujuannya yaitu:

    1. Penelitian Deskriptif

    Penelitian deskriptif (descriptive research), bertujuan mendeskripsikan suatu keadaan atau fenomena apa adanya.

    1. Penilaian Prediktif

    Penilaian prediktif (predictive research), studi ini bertujuan memprediksi atau memperkirakan apa yang akan terjadi atau berlangsung pada waktu mendatang berdasarkan hasil analisis keadaan saat ini.

    1. Penelitian Improftif

    Penelitian improftif (improvetive research) bertujuan memperbaiki meningkatan, atau menyempurnakan keadaan, kegiatan, atau pelaksanaan suatu program.

    1. Penelitian Eksplanatif

    Penelitian eksplanatif dilakukan ketika belum ada atau belum banyak penelitian dilakukan terhadap masalah yang bersangkutan.

    1. Penelitian Eksperimen

    Penelitian eksperimen merupakan satu-satunya metode penelitian yang benar-benar dapat menguji hipotesis mengenai hubungan sebab akibat.

    1.   Penelitian Ex Post Facto

    Ex post facto berarti setelah kejadian. Secara sederhana, dalam penelitian ex post facto, peneliti menyelidiki permasalahan dengan mempelajari atau meninjau variabel-variabel.

    1. Penelitian Partisipasi

    Bonnie J. Cain penulis buku Participation Research: Research with Historical Consciousness, mengatakan bahwa definisi yang semakin luas tentang penelitian partisipatori berada dalam istilah yang berciri negatif serta dalam tindakan atau praktik yang ingin kita hindari atau atasi.

    1. Penelitian dan Pengembangan

    Metode penelitian dan pengembangan atau dalam istilah bahasa inggrisnya research and development adalah metode penelitian yang bertujuan menghasilkan produk tertentu serta menguji efektivitas produk tersebut.

    DAFTAR PUSTAKA

    1. Dewayani, Julitta dan Fitri Wahyuningsih. 2016. “Sistem Informasi Monitoring Persediaan Spareparts Motor Dengan Menggunakan Metode FIFO Pada Toko Adil Jaya Motor Semarang”. Semarang: dalam Jurnal KOMPAK Vol.9 No .1.
    2. Rafika, Ageng Setiani, dkk. 2015. Aplikasi Monitoring Sistem Absensi SidikJari Sebagai Pendukung Pembayaran Biaya Pegawai Terpusat Dengan SAP. ISSN: 1978-8282. Jurnal CCIT Vol.8 No. 3. Tangerang: Perguruan Tinggi Raharja.
    3. 3,0 3,1 Mulyadi. 2016. Sistem Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.
    4. Hutahean, Jeperseon. 2015. Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Graha Ilmu.
    5. Hutahaean, J. (2016). Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta : Deepublish.
    6. I Putu Agus Swastika, M.Kom dan I Gusti Lanang Agung Raditya Putra, S.Pd., M.T. 2016. Audit Sistem Informasi dan Tata Kelola Teknologi Informasi : Implementasi dan Studi Kasus. Yogyakarta: ANDI.
    7. Fauzi, Moch Agita dan Titis Aji Wicaksono. 2015. System Inventory Control Pada Laboratorium Komputer SMK Muhammadiyah Kajen Berbasis Web dengan Framework Codeigniter. Jurnal Surya Informatika. ISSN : 2477-3042. Vol.1 No.1
    8. Nur, R., & Suyuti, M. A. 2018. Perancangan Mesin-Mesin Industri. Deepublish.
    9. 9,0 9,1 Iswandy, Eka. 2015. “SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN PENERIMAAN DANA SANTUNAN SOSIAL ANAK NAGARI DAN PENYALURANNYA BAGI MAHASISWA DAN PELAJAR KURANG MAMPU DI KENAGARIAN BARUNG – BARUNG BALANTAI TIMUR.” Vol. 3 No. 2 Oktober 2015 Jurnal TEKNOIF ISSN: 2338-2724 70-79.
    10. Alison Mckay, George N Stiny and Alan de Pennington. 2016. “Engineering design is an important early stage of the innovation processes that deliver new product to markets where societal challenges are addressed and wealth generated. Hight-quality engineering design information is critical to the effective and efficient manufacture, production and throught-life support of such product. The emerging discipline of engineering design informatic brings together ICT (Information and Communications Technology) and engineering design to support the creation of well-founded engineering information support systems”. International Journal Of Computer Integrated Manufacturing. Vol.29 No.3:237-250.
    11. A, Aris., T, Firdaus., & N, Nurseha., (2018), APLIKASI PROGRAM QUALITY CONTROL BARANG UNTUK MENUNJANG PELAPORAN PADA BAGIAN TEKNIK PERGURUAN TINGGI RAHARJA. CERITA Journal, 4 (2), 159-168.
    12. Suryadi. Emi. 2016. “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kendaraan Dalam Mendistribusikan Zakat, Infak dan Sedekah”. Yogyakarta: STMIK AMIKOM Yogyakarta. Jurnal CCIT. Vol. 9 No. 3, Agustus 2016.
    13. 13,0 13,1 Bachtiar, Dede dan Atikah. 2015. Sistem Informasi Dashboard Kependudukan di Kelurahan Manis jaya Kota Tangerang. Jurnal Sisfotek Global. ISSN : 2088-1762 Vol. 5 No.1.
    14. Hidayat, Nur, Topik. Yanuttama, Indra. Zaid, Ahmad .2017. “Media Pembelajaran IPA Kelas 3 Sekolah Dasar menggunakan Teknologi berbasis Android”. Seminar Nasinal. ISSN : 2302-3805. Yogyakarta : STMIK AMIKOM Yogyakarta.
    15. Kaharu dan Sakina (2016:30) dalam Jurnal Elektronik Sistem Informasi dan Komputer Vol. 2 No. 1, “Data merupakan suatu kenyataan yang menggambarkan kejadian dan kesatuan nyata. Kejadian adalah sesuatu yang terjadi pada saat tertentu.
    16. Rochman, Abdur, dan Yanti Hardiyanti. 2016. “Rancangan Sistem Informasi Penerimaan Barang Jadi Pada PT Shyang Yao Fung Dengan Metodelogi Berorientasi Objek.” JURNAL SISFOTEK GLOBAL ISSN : 2088 – 1762 Vol. 6 No. 1 / Maret 2016 38-41.
    17. 17,0 17,1 Sutopo, Priyo, Dedi Cahyadi dan Zainal Arifin. 2016. Sistem Informasi Eksekutif Sebaran Penjualan Kendaraan Bermotor Roda 2 di Kalimantan Timur Berbasis Web. Jurnal Informatika Mulawarman. Vol.11 No.1-Februari 2016.
    18. Lusyani Sunarya, Po. Abas Sunarya, dan Jasmine Dara Assyifa. 2015. “Keefektifan Media Komunikasi Visual Sebagai Penunjang Promosi Pada Perguruan Tinggi Raharja”,
    19. Palit, Randi V, Yaulie D.Y. Rindengan dan Arie S.M. Lumenta, “Rancangan Sistem Informasi Keuangan Gereja Berbasis Web Di Jemaat GMIM Bukit Moria Malalayang”, E-Journal Teknik Elektro dan Komputer, vol. 4, no. 7, 2015.
    20. Untung Rahardja, Yessi Frecilia, dan Nurul Komaeni, “Sistem informasi adalah sekumpulan komponen pembentuk sistem yang mempunyai keterkaitan antara satu komponen dengan komponen lainnya yang bertujuan menghasilkan suatu informasi dalam suatu bidang tertentu”. Jurnal CCIT Vol. 9 No.1, 2015.
    21. Wawan Dhewanto dan Grisna Anggadwita, “The development of innovation cluster on regional IT center of excellence (RICE) in Bandung Indonesia”. International Journal of Learning and Intellectual Capital 12 (1), 32-46, 2015.
    22. Haaq dan Keen dalam Rusdiana dan Irfan (2015:52) “Teknologi Informasi sebagai seperangkat alat yang membantu bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi”.
    23. Suryadi. Emi. 2016. “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kendaraan Dalam Mendistribusikan Zakat, Infak dan Sedekah”. Yogyakarta: STMIK AMIKOM Yogyakarta. Jurnal CCIT. Vol. 9 No. 3, Agustus 2016.
    24. Rusdiana, dan Moch. Irfan. 2015. Sistem Informasi Manajemen. Bandung: PUSTAKA SETIA.
    25. Tyoso, Jaluanto Sunu Punjul. 2016. Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta : Deepublish.
    26. 26,0 26,1 Ary Budi Warsito, Muh. Yusup dan Moh Iqbal Awi Makaram dalan Jurnal CCIT Vol. 8 No.2 dengan judul Perancangan SiS+ Menggunakan Metode YII Framework Pada Perguruan Tinggi Raharja (2015:29),“Unified Modelling Language (UML) adalah himpunan struktur dan teknik untuk permodelan desain program berorientasi objek (OOP) serta aplikasinya. UML adalah metodologi untuk mengembangkan sistem OOP dan sekelompok perangkat tool untuk mendukung pengembangan sistem tersebut”.
    27. Waspodo, Bayu, Ahmad Nurul Fajar, dan Noor Hadi Prayitno. 2015. “SISTEM INFORMASI PELAYANAN IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN DAN PERUNTUKAN PENGGUNAAN TANAH PADA BADAN PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN PERIZINAN KABUPATEN SUMEDANG.” Jurnal Sistem Informasi , 8(2), 2015, 1-19 1-19.
    28. F. Alaghbari dan Noura Aknin, “The Unified Modeling Language (UML) is a standard language for writing software blueprints that premiered with version 1.1 in 1997. Three prominent object oriented programming professionals, Gray Booch, Ivar Jacobsen, and James Rumbaugh are the principle authors of UML”. Global Journal of Engineering Science and Researches (GJESR) Vol.2 (2) (2015:63-68)
    29. 29,0 29,1 Ai dan Ega. 2017. Pembuatan Aplikasi Pengelolaan Proposal di Unit Kegiatan Pengelola (UPK) Kecamatan Mande Berbasis Desktop. Cianjur: Media Jurnal Informatika. Vol. 9, No. 1, p-ISSN: 2088-2114 e-ISSN: 2477-2542
    30. 30,0 30,1 Abdullah, Rohi. 2015. Web Programing is Easy. Jakarta: Elek Media Komputindo.
    31. Untung Rahardja, Yessi Frecilia, dan Nurul Komaeni, “Sistem informasi adalah sekumpulan komponen pembentuk sistem yang mempunyai keterkaitan antara satu komponen dengan komponen lainnya yang bertujuan menghasilkan suatu informasi dalam suatu bidang tertentu”. Jurnal CCIT Vol. 9 No.1, 2015.
    32. Supono, Virdiandy Putratama. 2016. "Pemograman Web Dengan Mengunakan PHP dan Framework Codeignier." Yogyakarta: Deepublish, Maret 2016.
    33. Achmad Solichin. 2016. Pemrograman web dengan PHP dan MySQL.
    34. Muhammad Bello Aliyu, dkk dalam International Journal of Engineering Science Invention (Vol. 6 Issue 9, September 2017), PHP which is known as Hypertext preprocessor is a scripting language initially designed for the web. PHP was just starting its emergence as more than a niche scripting language for hobbyists. That was the time of PHP 4 and the first Zend Engine had made PHP faster and more stable. PHP deployment was also increasing exponentially, but it was still a hard sell to use PHP for large commercial web sites. This difficulty originated mainly from two sources: Firstly, Perl/ColdFusion/other-scripting-language developers who refused to update their understanding of PHP’s capabilities from when it was still a nascent language. Secondly, Java developers who wanted large and complete frameworks, robust object oriented support, static typing, and other “enterprise” features.
    35. Tiara Ulfa, and Fikri Muhamad. 2015. "sistem informasi pada kantor perpustakan dan arsip daerah (kanperpus arsipda) kabupaten pekalongan berbasis web ." surya Informatike 1: 2.
    36. Fahmi, Irham. 2015. “Pengantar Ilmu Administrasi Bisnis”. Bandung: Alfabeta
    37. Bertha Sidik. 2018. Framework Codeigniter Membangun Pemrograman Berbasis Web dengan Berbagai Kemudahan & Fasilitas Codeigniter 3. Bandung: Informatika.
    38. Rahardja, Untung, Khanna Tiara, dan Maya Ima Erviani. 2016. “Optimalisasi Viewboard Rhjfox Berbasis Bootstrap Sebagai Sistem Penunjang Keputusan.” Technomedia Journal (TMJ) Vol.1 No.1 Edisi Oktober 2016 E-ISSN : 2528-6544 50-65.
    39. 39,0 39,1 39,2 Pramasari, Ni Ketut Amylia, Bambang Hadi Kartiko, dan Gerson Feoh. 2017. “RANCANG BANGUN APLIKASI TRACER MEDICAL RECORD FILE BERBASIS HYPERTEXT PREPROCESSOR DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) WANGAYA KOTA DENPASAR.” Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer Vol. 3 No. 1, Januari 325-322.
    40. 40,0 40,1 Mustaqbal, M Sidi, Roeri Fajri Firdaus, Hendra Rahmadi. 2015. Pengujian Aplikasi Menggunakan Black Box Testing Boundary Value Analysis. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan Volume I No. 3 ISSN: 2407-3911.
    41. Kumar, Manish, et al. 2015, “A Comparative Study of Black Box Testing and White Box Testing Techniques”. International Journal of Advance Research in Computer Science and Management Studies. Vol.3, No.33.

  • Contributors

    Admin, Tubagus