SI1121465558

Dari widuri
Revisi per 13 Februari 2018 03.43 oleh Oktavia asmarani (bicara | kontrib) (Konsep Dasar Desain)


Lompat ke: navigasi, cari

PERANCANGAN MEDIA MAJALAH SEBAGAI SARANA INFORMASI

KEGIATAN PROMOSI PADA PT. FARIN TRAINING CENTER JAKARTA




SKRIPSI



Logo stmik raharja.jpg




Disusun Oleh :


NIM
: 1121465558
NAMA



JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

STMIK RAHARJA

TANGERANG

2017/2018




SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA


LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI

PERANCANGAN MEDIA MAJALAH SEBAGAI SARANA INFORMASI

KEGIATAN PROMOSI PADA PT. FARIN TRAINING CENTER JAKARTA

Disusun Oleh :

NIM
: 1121465558
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
:Teknik Informatika
Konsentrasi
: Multimedia Audio Visual and Broadcasting


Disahkan Oleh :

Tangerang, Januari 2018

Ketua
       
Kepala Jurusan
STMIK Raharja
       
Jurusan Teknik Informatika
           
(Ir. Untung Rahardja, M.T.I, M.M)
       
(Junaidi, S.Kom, M.Kom)
NIP : 000594
       
NIP : 001405


SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING

PERANCANGAN MEDIA MAJALAH SEBAGAI SARANA INFORMASI

KEGIATAN PROMOSI PADA PT. FARIN TRAINING CENTER

Disusun oleh:

NIM
: 1121465558
Nama

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting

Tahun Akademik 2017 / 2018

Disetujui Oleh :

Tangerang, Januari 2018

Pembimbing I
   
Pembimbing II
       
       
       
       
   
(Aris Martono, S.Kom.,M.MSi)
NID : 06098
   
NID : 08197



SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI

PERANCANGAN MEDIA MAJALAH SEBAGAI SARANA INFORMASI

KEGIATAN PROMOSI PADA PT. FARIN TRAINING CENTER

Disusun oleh:

NIM
: 1121465558
Nama

 

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting

Tahun Akademik 2017 / 2018

Dewan Penguji,

Tangerang, Febuari 2018

Ketua Penguji
 
Anggota Penguji 1
 
Anggota Penguji 2
         
         
         
         
(_______________)
 
(_______________)
 
(_______________)
NID :
 
NID :
 
NID :



SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI

Saya yang bertandatangan di bawah ini,

Nama
NIM
: 1121465558
Jurusan
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Multimedia Audio Visual and Broadcasting


Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik dilingkungan Perguruan Tinggi Raharja, maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang, Januari 2018




(OKTAVIA ASMARANI)


NIM : 1121465558


)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;


ABSTRAKSI

Tujuan penelitian yang berupa perancangan media majalah adalah untuk dipergunakan sebagai daya tarik informasi mengenai PT. Farin Training Center dalam mempromosikan kepada masyarakat yang ingin bekerja di bandara, cargo dan airlines. Metode yang dipergunakan adalah konsep desain yang terdapat: Perencanaan Media yang terdapat: Tujuan Media, Strategi Media dan Program Media. Perencanaan Pesan terdapat: Tujuan Pesan dan Strategi Pesan. Perencanaan Visual terdapat: Tujuan Visual, Strategi Visual, Penulisan Naskah dan Proses Visualisasi yang terdapat: Tonalitas Warna, Huruf yang dipergunakan dan Proses Desain (Designing). Adapun manfaat dari media majalah yang dirancang adalah untuk meningkatkan daya tarik majalah sehingga minat masyarakat kepada PT. Farin Training Center untuk bergabung melakukan training sebelum bekerja di bandara, cargo maupun airlines. .


Kata Kunci: media, informasi, promosi.


ABSTRACT

The purpose of research in the form of magazine media design is to be used as an attraction information about PT. Farin Training Center in promoting to people who want to work at airports, cargo and airlines. The method used is the existing design concepts: Media Planning contained: Media Goals, Media Strategies and Media Programs. Message Planning: Message Destination and Message Strategy. There are Visual Planning: Visual Objectives, Visual Strategy, Script Writing and Visualization Process contained: Color Tonality, Letters used and Design Process (Designing). The benefits of magazine media designed is to increase the attractiveness of the magazine so that public interest to PT. Farin Training Center to join the training before working at airports, cargo and airlines.


Keywords : media, information, promotion.


KATA PENGANTAR


Puji syukur penulis panjatkan kepada Tuhan YME atas berkat rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi. ini dengan baik dan tepat waktunya. Adapun judul skripsi ini adalah “PERANCANGAN MEDIA MAJALAH SEBAGAI SARANA INFORMASI KEGIATAN PROMOSI PADA PT. FARIN TRAINING CENTER JAKARTA”. Penulis menyadari bahwa skripsi ini belum sempurna, karena tidak menutup kemungkinan didalamnya masih terdapat berbagai kekurangan dan kesalahan, hal ini disebabkan pengetahuan dan pengalaman penulis yang masih terbatas. Namun demikian berkat adanya bimbingan serta dukungan dari berbagai pihak, akhirnya skripsi ini dapat terselesaikan dengan baik dan tepat pada waktunya. Untuk itu pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih secara tulus dan ikhlas, khususnya kepada:

  1. Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I, M.M selaku Ketua STMIK Raharja
  2. Bapak Sugeng Santoso, M.Kom selaku Pembantu Ketua I STMIK Raharja.
  3. Bapak Junaidi, M.Kom., selaku Kepala Jurusan Teknik Informatika STMIK Raharja.
  4. Bapak Drs. Sugeng Widada, M.Si., sebagai Pembimbing 1 yang telah meluangkan waktu, pikiran dan tenaganya untuk membantu dan memberikan bimbingan serta pengarahan kepada penulis.
  5. Bapak Aris Martono, S.Kom.,M.MSi., sebagai Pembimbing 2 yang telah meluangkan waktu, pikiran dan tenaganya untuk membantu dan memberikan bimbingan serta pengarahan kepada penulis.
  6. Pimpinan dan Staff dari PT. Farin Training Center yang telah memberikan ijin dan membantu penulis melakukan riset atau penelitian.
  7. Bapak Isnin Junaidi Lubis, S.E., selaku pembimbing lapangan yang telah memberikan data-data yang penulis butuhkan.
  8. Bapak dan Ibu Dosen Perguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan ilmu pengetahuan kepada penulis.
  9. Kedua Orang tua dan suami yang telah memberikan cinta dan dukungan moril maupun materil serta doa dan semangat bagi penulis sehingga skripsi ini dapat terselesaikan.
  10. Rekan-rekan Mahasiswa-Mahasiswi yang banyak memberikan masukan dan motivasi kepada penulis.
  11. Semua pihak yang pada kesempatan ini yang telah banyak membantu penulis dalam menyelesaikan penyusunan laporan ini, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Penulis menyadari bahwa skripsi ini masih jauh dari sempurna, namun penulis telah berusaha semaksimal mungkin agar penulisan skripsi ini dapat memberikan hasil yang sebaik-baiknya. Oleh karena itu, kritik dan saran yang bersifat membangun akan penulis terima dengan senang hati.

Akhir kata, penulis berharap semoga skripsi ini dapat bermanfaat dan diterima oleh semua pihak.

Tangerang, Januari 2018
OKTAVIA ASMARANI
NIM. 1121465558


DAFTAR TABEL

Tabel 2.1 Literature Review

Tabel 2.1 Tabel Perbandingan Penelitian

Tabel 3.1 Tabel Kondisi Pesaing

Tabel 3.2 Tabel Budget Produksi Media

Tabel 3.3 Elisitasi

DAFTAR GAMBAR

Gambar 3.1. Struktur Organisasi

Gambar 4.1. Layout Kasar Cover Depan

Gambar 4.2. Layout Kasar Daftar Isi

Gambar 4.3. Layout Kasar Cover Profil Perusahaan

Gambar 4.4. Layout Kasar Profil Perusahaan

Gambar 4.5. Layout Kasar Cover Visi Misi Perusahaan

Gambar 4.6. Layout Kasar Visi Misi Perusahaan

Gambar 4.7. Layout Kasar Cover Berita

Gambar 4.8. Layout Kasar Berita Pertama

Gambar 4.9. Layout Kasar Berita Kedua

Gambar 4.10. Layout Kasar Berita Ketiga

Gambar 4.11. Layout Kasar Aktivitas Training

Gambar 4.12. Layout Kasar Kesan Peserta Training

Gambar 4.13. Layout Kasar Formulir Pendaftaran

Gambar 4.14. Layout Kasar Cover Belakang

Gambar 4.15. Layout Komperehensif Cover Depan

Gambar 4.16. Layout Komperehensif Daftar Isi

Gambar 4.17. Layout Komperehensif Cover Profil Perusahaan

Gambar 4.18. Layout Komperehensif Isi Profil Perusahaan

Gambar 4.19. Layout Komperehensif Cover Visi Misi Perusahaan

Gambar 4.20. Layout Komperehensif Visi Misi Perusahaan

Gambar 4.21. Layout Komperehensif Cover Program Pelatihan

Gambar 4.22. Layout Komperehensif Program Pelatihan Pertama

Gambar 4.23. Layout Komperehensif Program Pelatihan Kedua

Gambar 4.24. Layout Komperehensif Program Pelatihan Ketiga

Gambar 4.25. Layout Komperehensif Cover Berita

Gambar 4.26. Layout Komperehensif Berita Pertama

Gambar 4.27. Layout Komperehensif Berita Kedua

Gambar 4.28. Layout Komperehensif Berita Ketiga

Gambar 4.29. Layout Komperehensif Aktivitas Training

Gambar 4.30. Layout Komperehensif Kesan Peserta Training

Gambar 4.31. Layout Komperehensif Formulir Pendaftaran

Gambar 4.32. Layout Komperehensif Cover Belakang

Gambar 4.33. Final Artwork Cover Depan

Gambar 4.34. Final Artwork Daftar Isi

Gambar 4.35. Final Artwork Cover Profil Perusahaan

Gambar 4.36. Final Artwork Isi Profil Perusahaan

Gambar 4.37. Final Artwork Cover Visi Misi Perusahaan

Gambar 4.38. Final Artwork Isi Visi Misi Perusahaan

Gambar 4.39. Final Artwork Cover Program Pelatihan

Gambar 4.40. Final Artwork Program Pelatihan Pertama

Gambar 4.41. Final Artwork Program Pelatihan Kedua

Gambar 4.42. Final Artwork Program Pelatihan Ketiga

Gambar 4.43. Final Artwork Cover Berita

Gambar 4.44. Final Artwork Berita Pertama

Gambar 4.45. Final Artwork Berita Kedua

Gambar 4.46. Final Artwork Berita Ketiga

Gambar 4.47. Final Artwork Aktivitas Training

Gambar 4.48. Final Artwork Kesan Peserta Training

Gambar 4.49. Final Artwork Formulir Pendaftaran

Gambar 4.50. Final Artwork Cover Belakang


BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang Penelitian

Perkembangan teknologi informasi di era globalisasi, maju pesat, sehingga dapat mempengaruhi seluruh aspek dalam semua bidang, termasuk bidang pendidikan. Media informasi dalam bentuk cetakan punya peran yang menarik dalam sebuah usaha jasa training yang dapat dipersiapkan sebagai tenaga kerja kebutuhan Bandara Soekarno Hatta.

Agar mendapatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang terlatih terdidik secara mental dan fisik untuk mempersiapkan pekerjaan yang nanti menjadi kebutuhan Bandara Soekarno Hatta.

Dalam penyelenggaraan pelatihan tersebut agar masyarakat lebih mengetahui penyalurannya, maka PT. Farin Training Center membutuhkan media sarana publikasi kegiatan-kegiatan, fasiltas-fasilitas infrastruktur yang dimiliki. Untuk itu akan dikemas berupa media majalah yang menyajikan profil tentang usaha PT. Farin Training Center.

Melalui media majalah tersebut diharapkan masyarakat mengetahui persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi dalam mendapatkan bentuk pekerjaan di Bandara Soekarno Hatta.

Sesuai hasil analisa terhadap perusahaan pada saat skripsi, saya selaku mahasiswa Teknik Informatika, Konsentrasi MAVIB (Multimedia Audio Visual and Broadcasting) yang mempunyai keterampilan di bidang desain grafis ditugaskan untuk menyempurnakan dan memperbaiki bentuk media yang akan dipergunakan sebagai sarana sosialisasi tentang profil perusahaan saya mengambil topik perancangan media yang diberi judul:

“PERANCANGAN MEDIA MAJALAH SEBAGAI SARANA INFORMASI KEGIATAN PROMOSI PADA PT. FARIN TRAINING CENTER JAKARTA” diharapkan dapat memberikan informasi yang berguna kepada masyarakat untuk kepentingan informasi pelatihan keamanan penerbangan.

Rumusan Masalah

Dari uraian latar belakang yang disampaikan, dapat dirumuskan permasalahan-permasalahan sebagai berikut

  1. Media dalam bentuk apa dapat digunakan sebagai daya tarik mengenai informasi tentang bandara?
  2. Bagaimana merancang media yang dapat efektif dan menarik kepada masayarakat untuk kebutuhan profil ketenaga kerjaan Bandara?
  3. Melalui penggunaan media majalah jika dapat efektif target apa yang diinginkan PT. Farin Training Center?

Ruang Lingkup Penelitian

Agar pembahasan permasalahan dapat fokus dan lebih terarah, ruang lingkup permasalahan dibatasi hal-hal yang berhubungan dengan perancangan media majalah yang akan digunakan sebagai penunjang media promosi pada PT. Farin Training Center.

Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan Penelitian

  1. Media seperti majalah sangat efektif memberikan informasi dan promosi yang jelas dengan desain, gambar dan tulisan yang menarik.
  2. Untuk mencapai target PT. Farin Training Center dalam hal menyampaikan informasi dan promosi kepada calon personil dan memberikan informasi kepada masyarakat.
  3. PT. Farin Air sangat membutuhkan pengembangan media cetak berupa majalah sebagai promosi yang sebelumnya hanya menggunakan brosur.

Manfaat Penelitian

  1. Dengan menggunakan majalah diharapkan dapat bermanfaat untuk memberikan promosi dan informasi yang efektif kepada masyarakat.
  2. Memberikan informasi yang lebih jelas kepada masyarakat mengenai pendidikan dan pelatihan keamanan penerbangan.
  3. Menambah daya tarik kepada PT. Farin Training Centre untuk kedepannya membuat media cetak berupa majalah.

Metodologi Penelitian

Pelaksanaan penelitian yang penulis lakukan, adalah melakukan beberapa metode penelitian diantaranya :

Metode Analisa Permasalahan

Analisa permasalahan didapatkan dari hasil interview yang dilakukan penulis pada tanggal 5 September 2017 dengan Bapak Roni Zakaria pihak yang terkait dengan PT. Farin Training Center.

Metode Pengumpulan Data

Pengumpulan data dilakukan dengan cara :

  1. Metode Observasi
  2. Metode yang dilakukan penulis untuk menganalisa apa yang dibutuhkan oleh perusahaan serta mengumpulkan data dan mendapatkan hal – hal yang diperlukan dalam proses penyusunan laporan penelitian dengan cara mendatangi tempat penelitian secara langsung.

  3. Metode Interview
  4. Menyiapkan materi – materi yang akan ditanyakan untuk kebutuhan perusahaan agar dapat dipergunakan dalam penyusunan laporan penelitian skripsi ini, diperoleh dengan bertanya langsung dengan stakeholder yaitu Bapak Roni Zakaria

  5. Studi Pustaka
  6. Untuk mendapatkan data dukung teori dasar yang dibutuhkan dalam laporan skripsi, saya membaca buku-buku, literature-literature, tentang desain grafis yang akan di gunakan sebagai pertimbangan kelayakan dalam penulisan skripsi yang dikerjakan.

    Metode Analisa Perancangan Media

    Perancangan media visual berbentuk majalah sebagai penunjang promosi dan informasi dirancang berdasarkan analisa terhadap media yang telah digunakan pada media sebelumnya, selain dari itu juga terhadap analisa kebutuhan yang diajukan kepada stakeholder, selanjutnya dirancang dengan menggunakan aplikasi program komputer grafis. Media – media yang akan dipergunakan sebagai sarana penujang informasi dan promosi PT. Farin Training Centre dirancang dengan menggunakan aplikasi Corel Draw dan Adobe Photoshop.

Sistematika Penulisan

Untuk memahami lebih jelas laporan penelitian ini, maka penulis mengelompokan materi laporan ini menjadi beberapa bab dengan sistematika penyampaian disusun sebagai berikut :

BAB I PENDAHULUAN

Pada Bab ini berisikan tentang Latar Belakang Penelitian, Rumusan Masalah, Ruang Lingkup Penelitian, Tujuan dan Manfaat Penelitian, Metodologi Penelitian, dan Sistematika Penulisan yang akan dibahas dalam laporan skripsi.

BAB II LANDASAN TEORI

Pada Bab ini berisikan tentang konsep dan teori dasar yang melandasi permasalahan penelitian dan menjadi acuan penulisan sesuai dengan topik perancangan yang dibuat dalam penyusunan laporan skripsi, yang meliputi konsep dasar teori umum, konsep dasar teori khusus, dan literature review.

BAB III GAMBARAN UMUM OBYEK YANG DITELITI

Pada Bab ini berisikan tentang Gambaran Umum Tentang Perusahaan meliputi Sejarah Perusahaan, Struktur Organisasi, Visi dan Misi Perusahaan, Struktur Organisasi, Wewenang dan Tanggung Jawab, Informasi Tentang Produk, Market Analisis, Potensial Market, Segmentasi Pemasaran, Tujuan Pemasaran, Stratregi Pemasaran, Budget Produksi Media, Konfigurasi Hardware.

BAB IV KONSEP DESAIN

Bab ini berisi tentang perencanaan dan perancangan mengenai proses pembuatan desain media yang penulis lakukan.

BAB V PENUTUP

Bab ini berisikan kesimpulanhasil penelitian, saran-saran yang tujukan oleh kepada perusahaan yang diobservasi.

DAFTAR PUSTAKA

Berisikan tentang referensi yang digunakan dalam penyusunan hasil laporan skripsi.

LAMPIRAN

Berisikan daftar dari keseluruhan lampiran – lampiran yang melengkapi laporan sebagai lampiran.

BAB II

LANDASAN TEORI

Teori Umum

Konsep Dasar Perancangan

1. Pengertian Perancangan

Menurut Subhan dalam bukunya yang berjudul “Analisa Perancangan Sistem” Perancangan adalah proses pengembangan spesifikasi baru berdasarkan rekomendasi hasil analisis sistem”.

Menurut Soepadmo dalam bukunya yang berjudul “Panduan Mudah Merancang Bangunan” (2013:31), perancangan harus memenuhi kebutuhan penggunanya dan dapat berfungsi dengan baik.

Berdasarkan kedua teori di atas dapat disimpulkan bahwa arti dari perancangan adalah proses pengembangan dari sistem yang dianalisis guna untuk memenuhi kebutuhan penggunanya.

2. Proses Perancangan Secara Umum

Menurut Maimunah, dkk dalam artikel yang berjudul “Media Company Profile Sebagai Sarana Penunjang Informasi dan Promosi” pada Jurnal CCIT Vol. 5 No. 3 (2013:81), proses perancangan secara umum sebagai berikut :

  1. Persiapan Data
  2. Data adalah sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya suatu pengolahan.

  3. Ide
  4. Untuk mencari ide yang kreatif diperlukan studi banding, wawancara dan lain lain agar desain yang dibuat bisa efektif diterima dan membangkitkan kesan tertentu yang sulit dilupakan.

  5. Konsep
  6. Hasil kerja berupa pemikiran yang menentukan tujuan-tujuan, kelayakan dan segmen yang dituju. Oleh karena itu, desain grafis menjadi desain komunikasi visual agar dapat bekerja untuk membantu pihak yang membutuhkan solusi secara visual.

  7. Media
  8. Untuk mencapai kriteria sasaran atau segmen yang dituju, diperlukan studi kelayakan yang cocok dan efektif untuk mencapai tujuannya. Media bisa berupa cek, elektronik, luar ruang dan lain lain.

  9. Visualisasi
  10. Yang dimaksud visualisasi disini adalah sebuah penjabaran yang berasal dari sebuah konsep kedalam bentuk visual. Visualisasi sangat erat kaitannya dengan pemilihan warna, layout, sampai finishing. Hasil akhir yang didapat dari proses ini adalah sebuah visualisasi desain yang sesuai dengan kemauan klien.

  11. Produksi
  12. Setelah visualisasi selesai dan disetujui oleh klien, maka proses terakhir yang dilakukan adalah proses produksi. Tujuannya adalah agar hasil visualisasi tersebut dapat digunakan sebagaimana tujuan awalnya. Apakah sebagi media cetak, media elektronik, atau media luar ruang.

</div>

Konsep Dasar Informasi

<p Style="text-indent: 0.0in">1. Pengertian Informasi </p> Menurut Sunyoto dalam bukunya yang berjudul “Sistem Informasi Manajemen (Perspektif Organisasi)” (2014:40), informasi adalah data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat dalam mengambil keputusan saat ini atau mendatang. Menurut Sutabri dalam bukunya yang berjudul “Analisis Sistem Informasi” (2012:22), informasi adalah data yang telah diklasifikasikan atau diolah atau diinterpretasikan untuk digunakan dalam proses pengambilan keputusan. Berdasarkan kedua teori di atas, dapat disimpulkan bahwa pengertian dari informasi adalah data yang berguna untuk pengambilan keputusan bagi penerimanya.

<p Style="text-indent: 0.0in">2. Karakteristik Informasi </p> Menurut Gelinas dan Dull dalam bukunya yang berjudul “Accounting Information System 9th Edition” (2012:19), ada beberapa karakteristik informasi yang berkualitas, yaitu :

  1. Effectiveness
  2. Berkaitan dengan informasi yang relevan dan berkaitan dengan proses bisnis yang disampaikan dengan tepat waktu, benar, konsisten dan dapat digunakan.

  3. Efficiency
  4. Informasi yang berkaitan melalui penyediaan informasi secara optimal terhadap penggunaan sumber daya.

  5. Confidentiality
  6. Karakteristik informasi yang berkaitan dengan keakuratan dan kelengkapan informasi serta validitasnya sesuai dengan nilai nilai bisnis dan harapan.

  7. Integrity
  8. Karakteristik informasi yang berkaitan dengan perlindungan terhadap informasi yang sensitif dari pengungkapan yang tidak sah.

  9. Availability
  10. Suatu karakteristik informasi yang berkaitan dengan informasi yang tersedia pada saat diperlukan oleh proses bisnis baik sekarang, maupun di masa mendatang. Hal ini juga menyangkut perlindungan sumber daya yang diperlukan dan kemampuan yang terkait.

  11. Compliance
  12. Karakteristik informasi yang berkaitan dengan mematuhi peraturan dan perjanjian kontrak dimana proses bisnis merupakan subjeknya berupa kriteria bisnis secara internal maupun eksternal.

  13. Relability
  14. Karakteristik informasi yang berkaitan dengan penyediaan yang tepat bagi manajemen untuk mengoperasikan entitas dan menjalankan tanggung jawab serta tata kelola pemerintahan.

<p Style="text-indent: 0.0in">3. Kualitas Informasi </p> Menurut Sutabri dalam bukunya yang berjudul “Analisis Sistem Informasi” (2012:33-34), dari suatu informasi tergantung 3 hal, yaitu informasi harus akurat (accurate), tepat waktu (time lines), dan relevan (relevance).

  1. Akurat (accurate) Informasi harus bebas dari kesalahan-kesalahan dan tidak menyesatkan. Akurat juga berarti bahwa informasi harus jelas mencerminkan maksudnya.
  2. Tepat Waktu (time lines) Informasi yang datang ke penerima tidak boleh terlambat. Informasi yang sudah usang tidak mempunyai nilai lagi, karena informasi merupakan suatu landasan dalam mengambil sebuah keputusan dimana bila pengambilan keputusan terlambat maka akan berakibat fatal untuk organisasi.
  3. Relevan (relevance) Informasi tersebut mempunyai manfaat untuk pemakainya. Relevansi untuk setiap orang berbeda. Menyampaikan informasi tentang penyebab kerusakan mesin produksi kepada akuntan perusahaan tentunya kurang relevan. Akan lebih relevan bila ditujukan kepada ahli teknik perusahaan.

Konsep Dasar Promosi

<p Style="text-indent: 0.0in">1. Pengertian Promosi

Menurut Hermawan dalam bukunya yang berjudul “Komunikasi Pemasaran” (2012:38), “Promosi adalah salah satu komponen prioritas dari kegiatan pemasaran yang memberitahukan kepada konsumen bahwa perusahaan meluncurkan produk baru yang menggoda konsumen untuk melakukan kegiatan pembelian.” Menurut Swastha dan Irawan dalam artikel Evelina, dkk yang berjudul “Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Telkom Flexi (Studi Kasus Pada Konsumen Telkom Flexi Di Kecamatan Kota Kudus Kabupaten Kudus)” pada Diponegoro Djournal of Social and Politic Vol. 2 No. 1 (2012:6), promosi adalah arus informasi atau persuasi satu arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran. Berdasarkan kedua teori di atas dapat disimpulkan bahwa pengertian dari promosi adalah kegiatan pemasaran yang mengarahkan kepada seseorang atau organisasi untuk melakukan kegiatan pembelian. </p>

2. Tujuan Promosi

Menurut Jaiz dalam bukunya yang berjudul “Dasar-Dasar Periklanan” (2014:44), ada beberapa tujuan yang terdapat dalam promosi, yaitu :

  1. Menginformasikan, maksudnya adalah menginformasikan pasar tentang produk baru, mengemukakan manfaat baru sebuah produk, menginformasikan pasar tentang perubahan harga, menjelaskan bagaimana produk bekerja, menggambarkan jasa yang tersedia, memperbaiki kesan yang salah, mengurangi ketakutan pembeli, membangun citra perusahaan.
  2. Membujuk, maksudnya adalah mengubah persepsi mengenai atribut produk agar diterima pembeli.
  3. Mengingatkan, maksudnya agar produk tetap diingat pembeli sepanjang masa, mempertahankan kesadaran akan produk yang paling mendapat perhatian.

3. Bentuk Promosi

Menurut Sunyoto dalam bukunya yang berjudul “Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran” (2014:157-160), Meskipun secara umum bentuk-bentuk promosi memiliki fungsi yang sama, tetapi bentuk-bentuk tersebut dapatdibedakan berdasarkan tugas-tugas khusunya, beberapa tugas khusus itu atau sering disebut bauran promosi adalah :

  1. Periklanan (advertising)

    Periklanan merupakan salah satu bentuk dari komunikasi impersonal yang digunakan oleh perusahaan barang atau jasa yang memiliki tujuan diantaranya, memberikan informasi, membujuk, mengingatkan dan memantapkan.

  2. Penjualan Perseorangan (personal selling)

    Penjualan perseorangan memiliki peranan yang penting dalam pemasaran suatu produk karena penjualan perseorangan data dikatakan lebih fleksibel karena tenaga penjual dapat secara langsung menyesuaikan penawaran penjualan dengan kebutuhan dan perilaku masing-masing calon pembeli.

  3. Promosi Penjualan (sales promotion)

    Promosi penjualan adalah semua kegiatan yang dimaksudkan untuk meningkatkan produk dari produsen sampai pada penjualan akhirnya. Promosi penjualan dapat diberikan pada konsumen, perantara maupun tenaga penjual.

  4. Hubungan Masyarakat (public relations)

    Hubungan masyarakat merupakan kiat pemasaran penting lainnya dimana perusahaan tidak hanya harus berhubungan dengan pelanggan, pemasok dan penyalur, tetapi juga harus berhubungan dengan kumpulan kepentingan publik yang lebih besar. Program hubungan masyarakat antara lain publikasi, acara-acara penting, dan hubungan dengan investor.

  5. Informasi dari Mulut ke Mulut (word of mouth)

    Word of mouth adalah iklan yang bersifat referensi dari orang lain dan referensi ini dilakukan dari mulut ke mulut.

  6. Pemasaran Langsung (direct marketing)

    Pemasaran langsung adalah merupakan unsur terakhir dalam bauran pemasaran yang dapat berupa direct selling, direct mail, telemarketing dan digital marketing.

    </div>

    Konsep Dasar Media

    1. Pengertian Media

    Menurut Maimunah dkk dalam artikel yang berjudul “Media Company Profile Sebagai Sarana Penunjang Informasi Dan Promosi” pada Jurnal CCIT Vol. 5 No. 3 (2012:284, “Media adalah sarana untuk menyampaikan pesan atau informasi kepada publik dengan menggunakan berbagai unsur komunikasi grafis seperti teks atau gambar/foto. Pemilihan setiap media dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti ciri produk, jenis pesan, pasar sasaran, luas dan jenis distribusi, anggaran, strategi iklan pesaing, serta keunggulan dan kekurangan media itu sendiri.” Menurut Immaniar, dkk dalam artikel yang berjudul “Enriching Media Merchandise Sarana Penunjang Promosi Studi Kasus Pada Book Store” pada Jurnal CCIT Vol. 7 No. 3 (2012:223)[11], media adalah segala bentuk yang digunakan untuk menyalurkan informasi. Berdasarkan kedua teori di atas dapat disimpulkan bahwa pengertian dari media adalah sarana untuk menyalurkan informasi kepada publik.

    2. Alternatif Media

    Secara umum media yang tersedia dapat dikelompokkan menjadi media cetak, media elektronik, media luar ruang, media dalam ruang, media lini atas dan media lini bawah.

    1. Media Cetak
    2. Yaitu media yang statis dan mengutamakan pesan-pesan dengan jumlah kata, gambar atau foto, baik dalam tata warna maupun hitam putih. Jenis-jenis media cetak terdiri atas surat kabar, buku profil, majalah, tabloid, brosur dan lain-lain.

    3. Media Elektronik
    4. Yaitu media dengan teknologi dan hanya bisa digunakan bila ada transmisi siaran. Bentuk-bentuk dalam media elektronik biasanya berupa sponsorship, iklan partisipasi (disisipkan ditengah-tengah film atau acara), pengumuman acara, iklan layanan masyarakat, jingle, sandiwara dan lain-lain. Jenis-jenis media elektronik terdiri atas : televisi dan radio.

    5. Media Luar Ruang (Outdoor)
    6. Yaitu media iklan (biasanya berukuran besar) yang dipasang ditempat-tempat terbuka seperti di pinggir jalan, di pusat keramaian, atau tempat-tempat khusus lainnya, seperti di dalam bis, gedung, pagar tembok dan sebagainya. Jenis-jenis media luar ruang meliputi: billboard, baleho, poster, spanduk umbul-umbul, transit (panel bis), balon raksasa dan lain-lain.

    7. Media Dalam Ruang (Indoor)
    8. Yaitu media iklan yang biasanya berukuran kecil atau sedang yang bisa dipasang didalam ruangan . Jenis media dalam ruangan adalah : panel indoor, poster, poster session dan lain-lain.

    9. Media Lini Atas
    10. Yaitu media komunikasi yang dapat dicerna atau ditangkap dengan indera penglihatan sekaligus indera pendengaran seperti televisi.

    11. Media Lini Bawah
    12. Yaitu media-media minor yang digunakan untuk mengiklankan produk.

    Konsep Dasar Desain

    1. Pengertian Desain

    Menurut Wibowo dalam bukunya yang berjudul “Belajar Desain Grafis” (2013:10), desain adalah metode penyampaian pesan visual berbentuk teks dan gambar dari komunikator kepada komunikan.

    Menurut Madyana dalam artikel yang diterbitkan oleh Restantin, dkk yang berjudul “Desain Prototipe Meja Dan Kursi Pantai Portabel Dengan Integrasi Pendekatan Ergonomi, Value Engineering, Dan Kansei Engineering” pada Jurnal Teknik Industri Vol. 14 No. 1 (2012:55), desain adalah kegiatan pemecahan masalah atau inovasi teknologis yang bertujuan untuk mencari solusi terbaik dengan jalan memformulasikan terlebih dahulu gagasan inovatif tersebut ke dalam suatu model dan kemudian merealisasikan kenyataan secara kreatif.

    Dari kedua teori di atas dapat disimpulkan bahwa pengertian desain adalah suatu bentuk penyampaian informasi ke dalam suatu bentuk kreatif yang nyata.

    2. Unsur-Unsur Desain

    Agar menarik mata (eye catching), diperlukan pengetahuan tentang unsur-unsur dalam desain grafis, diantaranya :

    1. Garis (Line)

      Satu garis yaitu unsur design yang menghubungkan pada satu titik poin dengan titik poin yang lain hingga dapat berupa gambar garis lengkung (curve) atau lurus (straight). Garis yaitu unsur mendasar untuk bangun bentuk atau konstruksi design. Didalam dunia komunikasi visual kerapkali kita memakai dotted line, solid line, serta garis putus-putus.

    2. Bentuk (Shape)

      Bentuk yaitu segalanya yang mempunyai diameter tinggi serta lebar. Bentuk mendasar yang di kenal orang yaitu kotak (rectangle), lingkaran (circle), serta segitiga (triangle).

    3. Struktur (Texture)

      Struktur yaitu penampilan permukaan (corak) dari sebuah benda yang bisa dinilai lewat cara diliat atau diraba. Yang pada prakteknya, struktur kerap digolongkan sebagai corak dari sebuah permukaan benda, umpamanya permukaan karpet, pakaian, kulit kayu, cat dinding, cat canvas, serta lain sebagainya.

    4. Ruangan (Space)

      Ruangan adalah jarak pada sebuah bentuk dengan bentuk yang lain, pada praktik design bisa jadikan unsur untuk berikan dampak estetika design serta dinamika design grafis. Berbentuk fisiknya pengidentifikasian ruangan dikelompokkan jadi dua unsur, yakni object (profile) serta latar belakang (latar belakang).

    5. Ukuran (Size)

      Ukuran yaitu unsur lain dalam design yang mendeskripsikan besar kecilnya sebuah object. Dengan memakai unsur ini Anda bisa membuat kontras serta penekanan (emphasis) pada object design anda hingga orang bakal tahu mana yang bakal diliat atau di baca terlebih dulu.

    6. Warna (Color)

      Warna adalah unsur perlu dalam object design. Lantaran dengan warna orang dapat menghadirkan jati diri, mengemukakan pesan atau membedakan karakter dari bentuk-bentuk bentuk visual secara terang.

    3. Prinsip-Prinsip Desain

    Menurut Wibowo dalam bukunya yang berjudul “Belajar Desain Grafis” (2013:117-119), Desain grafis harus mengacu pada prinsip prinsip dasar desain, diantaranya :

    1. Kesatuan (Unity)

      Kesatuan merupakan salah satu prinsip dasar desain grafis yang sangat penting. Tidak adanya kesatuan dalam sebuah karya desain akan membuat karya tersebut terlihat cerai berai atau kacau balau, yang mengakibatkan karya tersebut tidak nyaman dipandang.

    2. Keseimbangan(Balance)

      Karya desain harus memiliki keseimbangan agar nyaman dipandang dan tidak membuat gelisah. Seperti halnya jika kita melihat pohon atau bangunan yang akan roboh, kita merasa tidak nyaman dan cenderung gelisah.

    3. Proporsi (Proportion)

      Proporsi termasuk prinsip dasar desain untuk memperoleh keserasian sebuah karya diperlukan perbandingan yang tepat. Pada dasarnya, proporsi adalah perbandingan matematis dalam sebuah bidang.

    4. Irama (Rhythm)

      Irama adalah pengulangan gerak yang teratur dan terus-menerus. Dalam bentuk-bentuk alam bisa kita ambil contoh pengulangan gerak pada ombak laut, barisan semut, gerak dedaunan dan lain lain.

    5. Dominasi(Domination)

      Dominasi merupakan salah satu prinsip dasar tatarupa yang harus ada dalam karya seni dan desain. Dominasi berasal dari kata dominance yang artinya keunggulan. Sifat unggul dan istimewa ini menjadikan suatu unsur sebagai penarik dan pusat perhatian.

    4. Definisi Tipografi

    Menurut Wibowo dalam bukunya yang berjudul “Belajar Desain Grafis” (2013:116), tipografi merupakan ilmu memilih dan menata huruf sesuai pengaturannya pada ruang-ruang yang tersedia guna menciptakan kesan tertentu, sehingga pembaca mendapatkan kenyamanan membaca semaksimal mungkin.

    Menurut Sihombing dalam bukunya yang berjudul “Tipografi Dalam Desain Grafis” (2015:6)[26], tipografi adalah disiplin ilmu yang mempelajari karakter fungsi karakter, fungsi huruf dan pemakaiannya dalam sebuah desain.

    Berdasarkan kedua definisi di atas dapat disimpulkan bahwa tipografi adalah ilmu dalam memilih huruf yang tepat untuk ditampilkan dalam suatu desain.

    5. Definisi Tentang Psikologi Warna

    1. Pengertian Warna
    2. Menurut Dameria dalam bukunya Arelita yang berjudul “My Imagination” (2015:6), mengemukakan bahwa “warna merupakan fenomena yang terjadi karena adanya tiga unsur yaitu cahaya, objek, dan observer (dapat berupa mata kita ataupun alat ukur).

    3. Jenis Atau Bentuk Warna
      1. Warna Primer
      2. Warna primer adalah warna-warna yang tidak dapat dibuat dari warna lain, tetapi dapat untuk membuat warna lain. Disebut juga warna pokok atau warna pertama. Warna primer terdiri dari beberapa warna, antara lain: Merah (Magenta), Kuning (Yellow), Biru (Cyan Blue).

      3. Warna Sekunder
      4. Warna-Warna yang merupakan hasil pencampuran 2 warna primer, dengan perbandingan yang sama akan mendapatkan 3 warna pula, yaitu jingga, (merah + biru), dan ungu (merah + biru).

      5. Warna Tersier
      6. Warna pada tingkat ketiga sebagai hasil percampuran warna-warna sekunder yang menghasilkan 3 warna, yaitu oranye-jingga, oranye hijau, hijau-jingga.

      7. Warna Quarter
      8. Warna yang merupakan hasil percampuran 2 warna tersier, yaitu cokelat jingga adalah hasil percampuran warna cokelat, kuning dan cokelat merah, sedangkan cokelat hijau adalah hasil percampuran warna cokelat, kuning dan cokelat biru.

      9. Warna Complementer
      10. Dua warna yang dianggap saling berlawanan seperti ungu dan kuning, merah dan hijau, biru dan jingga dan lain sebagainya. Warna-warna ini dianggap dapat menghasilkan “gangguan optis” bila digoyang sepertinya dapat bergerak.

    4. Makna Simbolik Warna
      1. Warna Merah : Semangat, keberanian, bahaya, kekerasan, kekejaman, kesakitan Warna Kuning : Kegembiraan, keceriaan, kecemerlangan, keagungan, ciptaan.
      2. Warna Kuning Emas : Kemewahan, kejayaan, kemenangan, kemuliaan, kekuatan spiritual.
      3. Warna Hijau : Pertumbuhan, kesuburan keremajaan, keyakinan, pengharapan, kesanggupan, kehidupan, penelitian.
      4. Warna Biru : Kebenaran, keteguhan, ketenangan, kesejukan, kesetiaan, kemurahan hati.
      5. Warna Putih : Kesucian, kebenaran, perdamaian, kemurnian, kejujuran, ketentraman.
      6. Warna Hitam : Ketabahan, kekuatan, ketegasan, kejantanan, kesengsaraan.
      7. Warna Abu-abu : Ketaatan, rendah hati, kesholihan, modern.
      8. Warna Orange : Kemajuan, semangat, perkembangan, Energi.
      9. Warna Violet : Kemulyaan, kebesaran jiwa, kelembutan.
      10. Indigo : Ilmu pengetahuan, kemapanan, kedewasaan.

    Definisi Layout

Contributors

Oktavia asmarani