SI1221473800
PERANCANGAN APLIKASI MULTIMEDIA INTERAKTIF
SEBAGAI PENUNJANG MEDIA PEMBELAJARAN
Disusun Oleh :
NIM : 1221473800
NAMA : Abigail Azmi
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
TANGERANG
(2017/2018)
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI
PERANCANGAN APLIKASI MULTIMEDIA INTERAKTIF
SEBAGAI PENUNJANG MEDIA PEMBELAJARAN
PADA YAYASAN MIFTAHUL ULUM
TELUKNAGA TANGERANG
Disusun Oleh :
NIM |
: 1221473800
|
Nama |
|
Jenjang Studi |
: Strata Satu
|
Jurusan |
: Teknik Informatika
|
Konsentrasi |
: Multimedia Audio Visual & Broadcasting
|
Disahkan Oleh :
Tangerang, Januari 2018
Ketua |
Kepala Jurusan
| ||||
STMIK RAHARJA |
Jurusan Teknik Informatika
| ||||
(Ir. Untung Rahardja, M.T.I., MM) |
(Junaidi, M.Kom)
| ||||
NIP : 00594 |
NIP : 001405
|
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING
PERANCANGAN APLIKASI MULTIMEDI INTERAKTIF
SEBAGAI PENUNJANG MEDIA PEMBELAJARAN
PADA YAYASAN MIFTAHUL ULUM
Disusun Oleh :
NIM |
: 1221473800
|
Nama |
Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif
Jurusan Teknik Informatika
Konsentrasi MAVIB
Disetujui Oleh :
Tangerang, Januari 2018
Pembimbing I |
Pembimbing II
| ||
(Padeli, M.Kom)
| |||
NID : 06098 |
NID : 03002
|
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI
PERANCANGAN APLIKASI MULTIMEDIA INTERAKTIF
SEBAGAI PENUNJANG MEDIA PEMBELAJARAN
PADA YAYASAN MIFTAHUL ULUM
Dibuat Oleh :
NIM |
: 1221473800
|
Nama |
Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian
Komprehensif
Teknik Informatika
Konsentrasi MAVIB
Tahun Akademik 2013
Disetujui Penguji :
Tangerang, Januari 2018
Ketua Penguji |
Penguji I |
Penguji II
| ||
(_______________) |
(_______________) |
(_______________)
| ||
NID : |
NID : |
NID :
|
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI
PERANCANGAN APLIKASI MULTIMEDIA INTERAKTIF
SEBAGAI PENUNJANG MEDIA PEMBELAJARAN
PADA YAYASAN MIFTAHUL ULUM
Disusun Oleh :
NIM |
: 1221473800
|
Nama |
|
Jenjang Studi |
: Strata Satu
|
Jurusan |
: Teknik Informatika
|
Konsentrasi |
: MAVIB
|
Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.
Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.
Tangerang, Januari 2018
NIM : 1221473800
|
)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;
ABSTRAK
Media pembelajaran merupakan salah satu faktor yang berperan penting dalam efektivitas pembelajaran. Tujuan dari perancangan aplikasi pembelajaran ini adalah sebagai inovasi dalam penggunaan media pembelajaran agar proses belajar-mengajar lebih menarik, menyenangkan dan interaktif. Yayasan Miftahul Ulum Teluknaga Tangerang adalah lembaga pendidikan anak-anak usia dini yang masih menerapkan media pembelajaran konvensional berupa alat peraga dan poster dua dimensi dalam penyampaian materi ajar yang dirasa masih belum mampu meningkatkan minat dan suasana menyenangkan dalam belajar. Dalam memberikan penyampaian dan meningkatkan suasana menyenangkan dalam belajar, setidaknya harus dilakukan pembaharuan media pembelajaran. Media pembelajaran berbasis aplikasi merupakan inovasi baru dalam meningkatkan semangat dan minat belajar, terlebih aplikasi dirancang dengan tampilan animasi interaktif tentu dapat meningkatkan ketertarikan anak didik dalam menyimak materi yang disampaikan oleh guru. Metode perancangan aplikasi pembelajaran yang digunakan adalah Konsep Produksi Mavib (KPM) yang terdiri dari Preproduction, Production, dan Postproduction. Materi yang diaplikasikan adalah pengenalan abjad, angka, dan mengenal nama binatang. Perancangan media pembelajaran berbasis aplikasi ini menggunakan dua software penunjang, diantaranya Adobe Flash CS6 dan Adobe Photoshop CS6. Dengan demikian, dalam penelitian ini bermaksud untuk menciptakan media pembelajaran berupa Aplikasi Multimedia Interaktif Sebagai Penunjang Media Pembelajaran pada Yayasan Miftahul Ulum Teluknaga Tangerang yang diharapkan meningkatkan minat dan semangat belajar anak didik khususnya anak usia dini di Yayasan Miftahul Ulum Teluknaga Tangerang.
Kata kunci : Aplikasi, Media, Pembelajaran.
ABSTRACT
Learning media is one factor that plays an important role in the effectiveness of learning. The purpose of the reasearch is to develop a learning application as an innovation in the use of learning media for teaching and learning process more interesting, fun and interactive. Yayasan Miftahul Ulum Teluknaga Tangerang is an early childhood educational institution that is still implementing conventional learning media in the form of props and two-dimensional posters in the delivery of teaching materials that are still not able to increase interest and fun atmosphere in learning. In providing delivery and improving the atmosphere of fun in learning, at least to be done updating learning media. Application-based learning media is a new innovation in improving the spirit and interest in learning, especially applications designed with interactive animated display can certainly increase the interest of students in listening to the material presented by the teacher. Learning application designing method is using Konsep Produksi Mavib (KPM) which consists of Preproduction, Production, and Postproduction. Materials applied are alphabetical recognition, numbers, and animal names. The design of learning media based on this application using two supporting software, including Adobe Flash CS6 and Adobe Photoshop CS6. Thus, in this reasearch intends to create learning media in the form of Interactive Multimedia Applications as Supporting Learning Media at Yayasan Miftahul Ulum Teluknaga Tangerang which is expected to increase interest and enthusiasm of learners especially early childhood children at Yayasan Miftahul Ulum Teluknaga Tangerang.
'Keywords : Application, Learning, Media.
Dengan memanjatkan Puji Syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan Rahmat dan karunia-Nya kepada penulis sehingga dapat menyusun dan menyelesaikan Skripsi ini, dengan judul “Perancangan Aplikasi Multimedia Interaktif Sebagai Penunjang Media Pembelajaran Pada Yayasan Miftahul Ulum Teluknaga Tangerang”, sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Tujuan dari pembuatan Skripsi ini adalah sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan program pendidikan Strata Satu (S1) jurusan Teknik Informatika konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting di Perguruan Tinggi Raharja. Terselesaikannya Skripsi ini tidak lepas dari pihak-pihak yang telah banyak membantu penulis baik dalam segi moril, materil maupun spiritual. Oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada:
Terselesaikannya Skripsi ini tidak lepas dari pihak-pihak yang telah banyak membantu penulis baik dalam segi moril, materil maupun spiritual. Oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :
- Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I.,MM selaku Ketua STMIK Raharja Tangerang.
- Bapak Drs. Po. Abas Sunarya, M.Si selaku Direktur Perguruan Tinggi Raharja.
- Bapak Sugeng Santoso, S.Kom., selaku Pembantu Ketua I Bidang Akademik STMIK Raharja.
- Bapak Junaidi, M.Kom selaku Kepala Jurusan Teknik Informatika.
- Bapak Drs. Sugeng Widada, M.Si, selaku dosen, Staff ahli MAVIB dan pembimbing I yang telah memberikan bimbingan serta pengarahan kepada penulis untuk kelancaran penyusunan Skripsi ini.
- Bapak Padeli, M.Kom., Selaku pembimbing II yang telah memberikan koreksi materi laporan skripsi serta pengarahan kepada penulis untuk kelancaran penyusunan Skripsi ini.
- Bapak Sugiri HB, sebagai pemilik Yayasan sekaligus pembimbing lapangan selama penelitian berlangsung.
- Ibu Eem Suhaemi,S.Pd, selaku Stakeholder dari Yayasan Miftahul Ulum Teluknaga Tangerang yang telah membantu dan memberikan ijin kepada penulis selama melakukan penelitian ini.
- Seluruh Dosen Perguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan bekal ilmu pengetahuan yang berguna bagi penulis.
- Kerabat SANSINO yang telah memberikan dukungan moril dalam penulisan Skripsi.
- Rekan-rekan mahasiswa yang telah memberikan dukungan.
- Semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu-persatu pada kesempatan ini.
Terimakasih saya ucapkan kepada kedua orang tua, kakak dan keluarga yang telah memberikan dukungan moril dan materil, serta memberikan motivasi dan mendo’akan sehingga penyusunan skripsi selesai tepat waktu, sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan laporan ini masih banyak terdapat kekurangan. Dengan segala keterbatasan dan kesederhanaan dalam penulisan dan penyusunan laporan ini, penulis sangat mengharap kritik dan saran yang bersifat membangun.
Akhir kata kepada semua pihak yang telah membantu terwujudnya laporan Skripsi ini, semoga Allah SWT selalu melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya.
Tangerang, Januari 2018 | |
ABIGAIL AZMI | |
NIM. 1221473800 |
Daftar isi
DAFTAR TABEL
Tabel 2.1 Literature Review
Tabel 3.1 Kurikulum Pembelajaran
Tabel 3.2 Budget Produksi
Tabel 3.3 Elisitasi Tahap 1
Tabel 3.4 Elisitasi Tahap 2
Tabel 3.5 Elisitasi Tahap 3
Tabel 3.6 Final Draft Elisitasi
Tabel 4.1 Script Writing
Tabel 4.2 Rundown
Tabel 4.3 Time Schedule
Tabel 4.4 Anggaran
Tabel 4.5 Tujuan Visual
Tabel 4.6 Black Box Testing
DAFTAR GAMBAR
Gambar 2.1 Adobe Flash CS6
Gambar 2.2 Adobe Photoshop CS6
Gambar 3.1 Gambar Struktur Organisasi
Gambar 4.1 Bagan Konsep Produksi Media
Gambar 4.2 Gambar Scene Home
Gambar 4.3 Gambar Scene Menu Utama
Gambar 4.4 Gambar Scene Materi 1
Gambar 4.5 Gambar Scene Materi 2
Gambar 4.6 Gambar Scene Kuis
Gambar 4.7 Gambar Scene Kompetensi Dasar
Gambar 4.8 Gambar Scene Help
Gambar 4.9 Gambar Scene Keluar
BAB I
Latar Belakang
Teknologi maju begitu pesat, dalam proses pembelajaran dibutuhkan selain metode juga media penunjang yang lebih tepat dan efektif, terlebih dalam proses belajar-mengajar di kelas usia yang masih dini tentu membutuhkan sarana yang dapat dijadikan daya tarik dalam kegiatan belajar-mengajar. Dengan proses pembelajaran yang efektif materi yang disampaikan dapat mudah diserap peserta didik dengan baik.
BIBA adalah suatu lembaga yang bergerak di bidang Pendidikan Usia Dini, dengan banyak metode pembelajaran yang berkualitas.
Saat ini, sarana penunjang pada BIBA masih sebatas menggunakan media visual seperti brosur dan katalog yang diberikan kepada calon siswa dan siswi baru dan masyarakat, dalam hal ini media yang digunakan dinilai belum mendapatkan respon yang positif dari khalayak yang dituju dan dinilai kurang efektif. Sesuai interview yang dilakukan penulis dengan bagian terkait dari pihak BIBA menginginkan mempunyai bentuk media yang berbasis video. Selain dapat menginformasikan profile sekolah yang berisi mengenai sejarah sekolah, visi-misi dan berbagai metode pembelajaran yang terdapat di BIBA. Dari rancangan media tersebut selain menyampaikan profil sekolah juga dirancang sebagai media penunjang promosi. Dari elemen-elemen penunjang seperti effect-effect visual yang dapat dijadikan sebagai daya tarik kepada setiap audience, media rancangan tersebut diharapkan dapat menyampaikan informasi secara detail dan akurat mengenai BIBA.
Untuk itu penulis ingin mengajukan penelitian Skripsi dengan judul “PERANCANGAN VIDEO PROFILE SEBAGAI MEDIA PENUNJANG INFORMASI DAN PROMOSI PADA LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR BIBA”.
Dari rancangan media yang dihasilkan ke depan diharapkan dapat lebih memberi nilai efektifitas dalam program informasi dan promosi yang telah direncanakan.
Rumusan Masalah
Dari latar belakang yang disampaikan di atas, penulis merumuskan beberapa permasalahan yang ada pada BIBA yaitu, sebagai berikut :
- Jenis media apa yang digunakan sebagai informasi promosi Lembaga Bimbingan Belajar BIBA hingga saat ini ?
- Bagaimana merancang media penunjang informasi promosi Bimbingan Belajar BIBA yang dapat menarik masyarakat ?
- Dari hasil rancangan media setelah diimplementasikan, target apa yang diinginkan Lembaga Bimbingan Belajar BIBA ?
Ruang Lingkup
Agar pembahasan permasalahan lebih terarah, maka penulis membatasi ruang lingkup permasalahan yang diteliti. Adapun permasalahanya adalah hal-hal yang berhubungan dengan perancangan media video profil yang digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan perolehan siswa baru BIBA untuk tiap tahunnya yang berisi mengenai keadaan gedung, suasana ruang kelas dan sarana-prasarana.
Tujuan dan Manfaat Penelitian
Tujuan Penelitian
Adapun tujuan penulis melakukan penelitian adalah sebagai berikut :
- Tujuan Operasional.
Media yang telah dirancang nantinya dapat mempermudah menjelaskan mengenai profil BIBA pada kegiatan pembelajaraan berlangsung.
- Tujuan Fungsional.
Dengan media berbasis audio visual dapat dijadikan daya tarik dalam mempromosikan BIBA yang nantinya akan di tempatkan di website sekolah, dan media sosial seperti facebook dan youtube.
- Tujuan Individual. Sebagai salah satu syarat untuk mencapai gelar Sarjana Jurusan Teknik Informatika Konsentrasi MAVIB (Multimedia AudioVisual and Broadcasting) Perguruan Tinggi Raharja, sekaligus sebagai pembelajaran dalam memproduksi media video profil yang digunakan sebagai penunjang program promosi disuatu lembaga pendidikan.
Manfaat Penelitian
Manfaat dari penelitian ini adalah:
- Manfaat bagi Sekolah :
- Dengan menggunakan media audio visual, BIBA akan lebih mudah dalam memberikan informasi mengenai metode dan fasilitas yang terdapat disekolah kepada calon siswa dan siswi baru maupun masyarakat sehingga calon siswa dan siswi baru maupun masyarakat mendapatkan informasi secara cepat, tepat, akurat dan menarik.
- Dapat memberikan kemudahan bagi BIBA dalamproses penyampaian informasi sekolah dalam hal penerimaan siswa dan siswi baru.
- Menyajikan informasi dan promosi BIBA secara menarik untuk dilihat audience.
- Dengan menggunakan media audio visual, BIBA akan lebih mudah dalam memberikan informasi mengenai metode dan fasilitas yang terdapat disekolah kepada calon siswa dan siswi baru maupun masyarakat sehingga calon siswa dan siswi baru maupun masyarakat mendapatkan informasi secara cepat, tepat, akurat dan menarik.
- Manfaat bagi penulis :
- Menambah wawasan dan kemampuan berpikir mengenai penerapan teori yang telah didapat dari mata kuliah yang telah diterima ke dalam penelitian yang sebenarnya.
- Secara langsung dapat menuangkan ide kreatif, keterampilan yang didapatkan selama mengikuti pembelajaran di Perguruan Tinggi Raharja.
- Menambah wawasan dan kemampuan berpikir mengenai penerapan teori yang telah didapat dari mata kuliah yang telah diterima ke dalam penelitian yang sebenarnya.
Metode Penelitian
Dalam memperoleh data yang diperlukan untuk penyusunan Laporan Skripsi ini, penulis menggunakan beberapa metode. Adapun metode yang digunakan adalah sebagai berikut :
Analisa Permasalahan
Analisa permasalahan didapat dari hasil tanya jawab dan interview yang dilakukan penulis kepada pihak BIBA yang dilakukan pada tanggal 3 Maret 2014.
Pengumpulan Data
- Observasi. Data-data yang digunakan sebagai pendukung laporan skripsi didapatkan dengan cara peneliti datang langsung ke BIBA ke bagian marketing yang menangani perihal pemasaran. Peneliti menanyakan hal-hal yang telah diprogram untuk mendapatkan perolehan siswa baru khususnya sarana penunjang yang selama ini dipergunakan.
- Interview (wawancara). Wawancara dilakukan secara terstruktur dengan mengumpulkan data-data dengan cara melakukan tanya jawab secara langsung kepada pihak-pihak yang terkait pada BIBA yaitu Bpk. Teddy Sutendi, S.T., CHT. pada tanggal 3 Maret 2014.
- Studi Pustaka. Selain melakukan observasi dan wawancara penulis juga melakukan pengumpulan data dengan cara studi pustaka. Di dalam metode ini penulis berusaha melengkapi data-data yang relevan dalam pemilihan judul yang penulis ajukan baik dari buku–buku atau dari referensi yang lain.
Analisa Perancangan
Pengolahan data atau informasi yang diangkat, yang akan dianalisa dan diolah menggunakan software yang mendukung media profile. Seperti Adobe Premiere Pro CS3, Adobe After Effects CS3, dan Adobe Photoshop CS3.
Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan ilmiah ini terbagi atas lima bab yaitu :
BAB I PENDAHULUAN
Bab ini berisi mengenai latar belakang masalah, rumusan masalah, ruang lingkup, tujuan dan manfaat penelitian, metodologi penelitian, dan sistematika penulisan laporan skripsi.