TA1411382018
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMBAYARAN SPP
PADA SMA PGRI BALARAJA
TUGAS AKHIR
Disusun Oleh :
NIM : 1411382018 |
: '
|
NAMA : Siti Nurmah |
: '
|
JURUSAN MANAJEMEN INFORMATIKA
KONSENTRASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
TANGERANG
2017/2018
AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
(AMIK) RAHARJA INFORMATIKA
LEMBAR PENGESAHAN TUGAS AKHIR
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMBAYARAN SPP
PADA SMA PGRI BALARAJA
BERBASIS WEB
Disusun Oleh :
NIM |
: 1411382018
|
Nama |
|
Jenjang Studi |
: Diploma
|
Jurusan |
: Manajemen Informatika
|
Konsentrasi |
: Sistem Informasi Manajemen
|
Disahkan Oleh :
Tangerang, 23 Januari 2018
Ketua |
Kepala Jurusan
| ||||
AMIK RAHARJA |
Jurusan Manajemen Informatika
| ||||
(Drs. Po Abas Sunarya, M. Si) |
(Ruli Supriati, Skom. MTI)
| ||||
NIP : 000603 |
NIP : 073009
|
AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
(AMIK) RAHARJA
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMBAYARAN SPP
PADA SMA PGRI BALARAJA
BERBASIS WEB
Dibuat Oleh :
NIM |
: 1411382018
|
Nama |
Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif
Jurusan Manajemen Informatika
Konsentrasi Sistem Informasi Manajemen
Disetujui Oleh :
Tangerang,23 Januari 2018
NIM |
: 1411382018
|
Nama |
Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian
Komprehensif
Jurusan Manajemen Informatika
Konsentrasi Sistem Informasi Manajemen
Tahun Akademik 2017/2018
Disetujui Penguji :
Januari 2018
Ketua Penguji |
Penguji I |
Penguji II
| ||
(_______________) |
(_______________) |
(_______________)
| ||
NID : |
NID : |
NID :
|
AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN ILMU KOMPUTER
(AMIK) RAHARJA
LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMBAYARAN SPP
PADA SMA PGRI BALARAJA
BERBASIS WEB
Disusun Oleh :
NIM |
: 1411382018
|
Nama |
|
Jenjang Studi |
: Diploma Tiga
|
Jurusan |
: Manajemen Informatika
|
Konsentrasi |
: Sistem Informasi Manajemen
|
Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.
Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.
Tangerang, ..... 2018
NIM : 1411382018
|
)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;
ABSTRAKSI
SMA PGRI Balaraja Sebagai lembaga pendidikan tanggap dengan perkembangan teknologi tersebut. Dengan dukungan SDM yang di miliki sekolah ini siap untuk berkompetisi dengan sekolah lain dalam pelayanan informasi publik. Teknologi Informasi Web khususnya, menjadi sarana bagi SMA PGRI Balaraja untuk memberi pelayanan informasi secara cepat, jelas, dan akuntable. Dari layanan ini pula, sekolah siap menerima saran dari semua pihak yang akhirnya dapat menjawab Kebutuhan masyarakat. Selama penelitian menggunakan analisa SWOT yaitu melakukan analisa terhadap kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunity), dan ancaman (treatment) dari perancangan sistem informasi pembayaran SPP yang akan diaplikasikan pada SMA PGRI Balaraja agar diketahui bagaimana metode yang cocok agar tercapai tujuan dalam pembayaran SPP yang baik serta menjadi bahan pertimbangan dalam keputusan strategis dan operasional. Dalam bagian ini penelitian yang diteliti Pada sekolah SMA PGRI Balaraja yaitu mengenai perkembangan teknologi pada sistem pembayaran SPP siswa. Dimana sistem pembayaran SPP pada SMA PGRI Balaraja memiliki sistem administrasi pembayaran sekolah yang belum mampu bekerja secara optimal karna belum terkomputerisasi. sehingga kurang efisien dalam pencarian data dan pembuatan laporan. Sistem pembayaran SPP di SMA PGRI Balaraja ini masih dibukukan dalam buku besar sehingga belum mampu menghasilkan suatu sistem informasi pembayaran SPP yang efektif untuk menangani berbagai masalah atau kendala yang terjadi. Maka dari itu dibutuhkan sistem informasi pembayaran SPP berbasis Web dengan Bahasa Pemrograman PHP,Mysql, dan Phpmyadmin sebagai penyimpanan databasenya dan dalam merancang tampilan interface pada website dengan menggunakan Adobe Dreamweavercs3 yang bertujuan untuk mempermudah dalam pencarian data dan pembuatan laporan biaya SPP.
.
Kata Kunci: ........
ABSTRACT
SMA PGRI Balaraja As an educational institution responsive to the development of such technology. With the support of human resources in the school is ready to compete with other schools in public information services. Information Technology Web in particular, a means for SMA PGRI Balaraja to provide information services quickly, clearly, and accountable. From this service too, the school is ready to receive suggestions from all parties who can finally answer the needs of the community. During the research using SWOT analysis is to analyze the strength, weakness, opportunity and threat from the design of SPP payment information system which will be applied to SMA PGRI Balaraja to know how the suitable method to be achieved objectives in the payment of good tuition fees as well as consideration in strategic and operational decisions. In this section of research studied At SMA PGRI Balaraja school that is about technological developments in the student fee payment system. Where payment system of SPP at SMA PGRI Balaraja have administration system of school payment which not yet able to work optimally because not yet computerized. making it less efficient in data search and report generation. Tuition payment system in SMA PGRI Balaraja is still booked in the ledger so it has not been able to produce an effective payment information system SPP to deal with various problems or obstacles that occur. Therefore, we need a Web-based SPP payment information system with PHP, Mysql, and Phpmyadmin Programming Languages as database storage and in designing interface display on website by using Adobe Dreamweavercs3 which aims to simplify the data search and preparing of SPP cost report..
Keywords : ............
Segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada penulisan, akhirnya Tugas Akhir yang berjudul “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMBAYARAN SPP PADA SMA PGRI BALARAJA BERBASIS WEB” dapat diselesaikan. .
Tujuan dari penulisan Tugas Akhir ini dibuat sebagai salah satu syarat menyelesaikan Program Pendidikan Ahli Madya Jurusan Manajemen Informatika. Dalam penyusunan Tugas Akhir ini penulis menyadari bahwa tanpa bimbingan dan dorongan dari semua pihak, maka tidak akan berjalan dengan lancar. Oleh karna itu, pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih kepada : :
- Bapak Dr. Po. Abas Sunarya, M.Si selaku Direktur AMIK Raharja Informatika
- Bapak Padeli, M.Kom selaku pembantu Direktur I (Pudir I) Pada AMIK Raharja Informatika.
- Ibu Ruli Supriati S.Kom, MTi selaku Kepala Jurusan Manajemen Informatika Jenjang Diploma dan Dosen Pembimbing II.
- Bapak Al Bahra Bin Ladjamudin M.Kom selaku Dosen Pembimbing I yang telah berkenan memberikan bimbingan dan pengarahan kepada penulis.
- Bapak dan Ibu Dosen Perguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan ilmu pengetahuan kepada penulis.
- Kedua orang tua, kakak dan saudara keluarga yang telah memberikan dukungan, baik moril, materil maupun doa untuk keberhasilan kepada penulis.
Penulis menyadari bahwa dalam penulisan Tugas Akhir ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu kritik dan saran yang membangun, diharapkan sebagai pemicu untuk dapat berkarya lebih baik lagi. Semoga dapat memberikan manfaat bagi pembaca dan dapat menjadi bahan acuan yang bermanfaat dikemudian hari.
Tangerang, ..... 2018 | |
Nama | |
NIM. 1011xxxxx |
Daftar isi
- 1 BAB I
- 2 BAB III
- 3 BAB IV
- 4 DAFTAR PUSTAKA
BAB I
Latar Belakang
Dalam era globalisasi dimana informasi menjadi kunci utama, maka pertukaran informasi baik intra maupun antar perusahaan atau organisasi menjadi sebuah keharusan. Sejalan dengan perkembangan ilmu dan teknologi, semakin banyak perusahaan atau instansi yang bermunculan.Kemajuan alat komunikasi pada milenium ketiga semakin mempermudah perolehan informasi dari berbagai sumber untuk berbagai kepentingan terutama dalam berbagai pengambilan keputusan.
Untuk mendukung sistem pendidikan yang bermutu, perlu adanya suatu sistem untuk mengelola sistem pembayaran SPP yang terkomputerisasi agar dapat menangani berbagai masalah atau kendala yang terjadi. Hal ini juga yang akan menunjang kelancaran aktivitas pada sekolah tersebut dalam kegiatan sehari-harinya.
Pada sekolah SMA PGRI Balaraja memiliki sistem administrasi pembayaran sekolah belum mampu bekerja secara optimal karna belum terkomputerisasi. sehingga kurang efisien dalam pencarian data dan pembuatan laporan. Sistem pembayaran SPP di SMA PGRI Balaraja ini masih dibukukan dalam buku besar. Berdasarkan latar belakang yang telah dijelaskan diatas, maka dalam penelitian ini dapat mengambil judul “Perancangan Sistem Informasi Pembayaran SPP Pada SMA PGRI Balaraja Berbasis WEB”
Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian yang dikemukakan diatas, maka dapat mengambil beberapa pokok permasalahan,yaitu :
Mengapa perlu dilakukan pengambilan data sebelum membentuk sistem yang baru ?
Apa kegunaan dari penerapan sistem informasi pembayaran SPP ini ?
Bagaimana cara mempermudah dan mempercepat dalam proses pembayaran SPP ?
Ruang lingkup penelitian
Sesuai dari judul di atas, masalah yang akan dibahas dalam penelitian di batasi hanya pada masalah-masalah sistem pembayaran SPP pada SMA PGRI Balaraja sehingga dapat memberikan gambaran yang di mulai dari penerimaan pembayaran, mencetak stempel, pencatatan data pembayaran siswa, hingga pembuatan laporan pembayaran pada kepala sekolah
Tujuan dan Manfaat Penelitian
Tujuan Penelitian
1.Untuk mengetahui prosedur dan pelaksanaan pembayaran SPP yang lebih baik untuk diterapkan pada SMA PGRI Balaraja 2.Untuk mengatasi permasalahan yang terjadi pada proses pembayaran SPP pada SMA PGRI Balaraja 3.Dengan merancang sebuah sistem yang baru agar proses pembayaran SPP dapat berjalan dengan baik
Manfaat Penelitian
1. Mempermudah pihak sekolah untuk menangani pembayaran biaya-biaya sekolah. 2. Menghasilkan rekomendasi informasi yang berkaitan guna mendukung laporan. 3. Memberikan solusi yang mampu meminimalisir kesalahan dalam proses pembayaran SPP sehingga berjalan dengan baik
Metode Penelitian
Metode Pengumpulan Data
- Observasi (Pengamatan)
Pada metode ini dilakukan penelitian terhadap masalah yang ada dengan cara mengamati sumber dan pengolahan data serta mengumpulkan data dari bagian-bagian yang berhubungan dengan sistem pembayaran SPP di SMA PGRI Balaraja yang beralamatkan di Jalan Raya Serang Km 24,5 Cibadak Cikupa Tangerang Banten, baik berupa dokumen, formulir, catatan, maupun laporan.
- Wawancara
Dalam metode ini dalam mendapatkan data dengan melakukan wawancara atau tanya jawab secara lisan kepada Prman Muhammad Wahyudi S.T bagian Tata Usaha.Pengumpulan informasi yang dilakukan yaitu dengan membaca dan mempelajari beberapa referensi yang berhubungan dengan teori yang dibahas. .
- Studi Pustaka
Pengumpulan informasi yang dilakukan yaitu dengan membaca dan mempelajari beberapa referensi yang berhubungan dengan teori yang dibahas. .
Metode Analisa
- Metode Analisa Sistem
Metode analisa yang digunakan dalam penulisan ini menggunakan metode analisa SWOT yaitu melakukan analisa terhadap kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunity), dan ancaman (treatment) dari perancangan sistem informasi pembayaran SPP yang akan diaplikasikan pada SMA PGRI Balaraja dengan melakukan analisa SWOT, maka akan diketahui bagaimana metode yang cocok agar tercapai tujuan dalam pembayaran SPP yang baik serta menjadi bahan pertimbangan dalam keputusan strategis dan operasional. .
-
Metode Pengembangan
Pada metode Perancangan sistem informasi pembayaran SPP pada SMA PGRI Balaraja berbasis web ini menggunakan beberapa software dalam perancangannya, antara lain :
1. PHP myAdmin, merupakan bahasa pemrograman yang dipakai.2. Adobe Dreamweaver CS3, merupakan software yang digunakan untuk mendesign dan membuat model web3. Xampp , untuk terhubung dengan localhostnya.
Metode Prototipe
Proses prototype akan menerjemahkan syarat kebutuhan ke sebuah perancangan perangkat lunak yang dapat diperkirakan sebelum dibuat coding. Proses ini berfokus pada struktur data dengan menggunakan MySQL, arsitektur perangkat lunak, representasi interface dengan menggunakan Dreamweaver CS3 dan detail (algoritma) procedural. Tahapan ini akan menghasilkan dokumen yang disebut software requirement. Dokumen inilah yang akan digunakan programmer untuk melakukan aktivitas pembuatan sistemnya.
Metode Testing
Pada metode testing menggunakan blackbox. Blackbox testing adalah metode pengujian perangkat lunak yang tes fungsionalitas dari aplikasi yang berkenaan dengan struktur internal atau kerja.
Sistematika Penulisan
=BAB IILANDASAN TEORITeori Umum
Konsep Dasar Sistem
1. Definisi Sistem
Definisi sistem menurut beberapa ahli, diantaranya:Jurnal Manajemen Informatika Volume 6 Nomor 1 108-116[1] “Sistem adalah kumpulan atau himpunan dari unsur atau variable-variabel yang saling terkait, saling berinteraksi, dan saling tergantung satu sama lain untuk mencapai tujuan”.Jurnal Teika Volume 6 Nomor 1[2] "Sistem mempunyai tujuan yaitu target atau sasaran akhir yang ingin dicapai oleh suatu sistem dan agar target tersebut bisa tercapai maka harus diketahui terlebih dahulu ciri ciri atau kriterianya".
2. Karakteristik Sistem
Menurut Tata Sutabri (2012:20)[3], sebuah sistem mempunyai karakteristik atau sifat-sifat tertentu yang mencirikan bahwa hal tersebut bisa dikatakan sebagai suatu sistem. Adapun karakteristik yang dimaksud adalah sebagai berikut :a) Komponen Sistem (Components)Suatu sistem terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi, artinya saling bekerjasama membentuk satu kesatuan. Komponen-komponen sistem tersebut dapat berupa suatu bentuk subsistem, setiap subsistem memiliki sifat dari sistem yang menjalankan suatu fungsi tertentu dan mempengaruhi proses sistem secara keseluruhan, suatu sistem dapat mempunyai sistem yang lebih besar atau sering disebut “supra sistem”.
b) Batasan Sistem (Boundary)Ruang lingkup sistem merupakan daerah yang membatasi antar sistem dengan sistem yang lain atau sistem dengan lingkungan luarnya, batasan sistem ini memungkinkan suatu sistem dipandang sebagai satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.
c) Lingkugan Luar Sistem (Environtment)Bentuk apapun yang ada diluar ruang lingkup atau batasan sistem yang mempengaruhi operasi sistem tersebut disebut lingkungan luar sistem, lingkungan luar sistem ini dapat bersifat menguntungkan dan dapat juga bersifat merugikan sistem tersebut. Dengan demikian, lingkungan luar tersebut harus tetap dijaga dan dipelihara, lingkungan luar yang merugikan harus dikendalikan, jika tidak akan mengganggu kelangsungan hidup sistem tersebut.
d) Penghubung Sistem (Interface)Media yang menghubungkan sistem dengan subsistem lain disebut penghubung sistem atau interface, penghubung ini memungkinkan sumber-sumber daya mengalir dari satu subsistem ke subsistem lain. Bentuk keluaran dari satu subsistem akan menjadi masukan untuk subsistem lain melalui penghubung tersebut, dengan demikian dapat terjadi suatu integrasi sistem yang membentuk suatu kesatuan.
e) Masukkan Sistem (Input)Energi yang dimasukkan ke dalam sistem disebut masukkan sistem, yang dapat berupa pemeliharaan (maintenance input) dan sinyal (signal Input). Contoh, di dalam suatu unit sistem komputer “program” adalah maintenance input yang digunakan untuk mengoperasikan komputernya dan “data” adalah signal input untuk diolah menjadi informasi.
f) Keluaran Sistem (Output)Hasil energi yang diolah dan diklasifikasikan menjadi keluaran yang berguna, kaluaran ini merupakan masukan bagi subsistem yang lain seperti sistem informasi. Keluaran yang dihasilkan adalah informasi, informasi ini dapat digunakan sebagai masukkan untuk pengambilan keputusan atau hal-hal yang menjadi input bagi subsistem lain.
g) Pengolahan Sistem (Proses)Suatu sistem dapat mempunyai suatu proses yang akan mengubah masukan menjadi keluaran, contohnya adalah sistem akuntansi. Sistem ini akan mengolah data transaksi menjadi laporan-laporan yang dibutuhkan oleh pihak manajemen.
h) Sasaran Sistem (Objective)Suatu sistem memiliki tujuan dan sasaran yang pasti dan bersifat deterministic, jika suatu sistem tidak memiliki sasaran maka operasi sistem tidak ada gunanya. Suatu sistem dikatakan berhasil bila mengenai sasaran atau tujuan yang telah direncanakan.
3. Klasifikasi Sistem
Menurut Sutabri (2012:22), “Sistem merupakan suatu bentuk integrasi antara satu komponen dengan komponen lainnya karena sistem memiliki sasaran yang berbeda untuk setiap kasus yang terjadi yang ada di dalam sistem tersebut”.
Oleh karena itu, sistem dapat diklasifikasikan dari beberapa sudut pandang, diantaranya :a) Sistem abstrak adalah sistem yang berupapemikiran atau ide-ide yang tidak tampak secara fisik, misalnya sistem teologia, yaitu sistem yang berupa pemikiran hubungan antara manusia dengan Tuhan, sedangkan sistem fisik merupakan sistem yang ada secara fisik, misalnya sistem komputer, sistem produksi, sistem penjualan, sistem administrasi personalia, dan lain sebagainya.b) Sistem alamiah adalah sistem yang terjadi melalui proses alam, tidak dibuat oleh manusia, misalnya sistem perputaran bumi, terjadinya siang malam, dan pergantian musim. Sedangkan sistem buatan manusia merupakan sistem yang melibatkan interaksi manusia dengan mesin yang disebut human machine sistem. Sistem informasi berbasis komputer merupakan contoh human machine sistem karena menyangkut penggunaan komputer yang berinteraksi dengan manusia.c) Sistem yang berinteraksi dengan tingkah laku yang dapat diprediksi disebut sistem deterministic. Sistem komputer adalah contoh dari sistem yang tingkah lakunya dapat dipastikan berdasarkan program-program komputer yang dijalankan. Sedangkan sistem yang bersifat probabilistik adalah sistem yang kondisi masa depannya tidak dapat diprediksi karena mengandung unsur probabilistic.d) Sistem tertutup merupakan sistem yang tidak berhubungan dan tidak terpengaruh oleh lingkungan luarnya. Sistem ini bekerja secara otomatis tanpa campur tangan pihak luar. Sedangkan sistem terbuka adalah sistem yang berhubungan dan dipengaruhi oleh lingkungan luarnya. Sistem ini menerima masukan dan menghasilkan keluaran untuk sub sistem lainnya.Konsep Dasar Informasi
1. Definisi Data
Dikutip dari Jurnal Teika Volume 6 Nomor 1[2]Data adalah fakta-fakta yang belum memiliki makna tujuan”. Informasi tanpa adanya data maka informasi tersebut tidak akan terbentuk. Peranan data dalam menghasilkan suatu informasi yang berkualitas dan akurat sangatlah penting, sehingga informasi tersebut dapat mendukung pengambilan keputusan.
2. Definisi Informasi
Menurut Kholid, S. L. (2016)[4], Informasi adalah kumpulan atau himpunan data yang telah diolah menjadi sesuatu yang memiliki arti dan manfaat yang lebih banyak dan lebih luas.
Konsep Dasar Sistem Informasi
1. Definisi Sistem Informasi
Dikutip dari Jurnal Teika Volume 6 Nomor 1[2] Sistem informasi adalah sistem yang dapat didefinisikan dengan mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisis, menyebarkan informasi untuk tujuan tertentu. Seperti sistem lainnya, sebuah sistem informasi terdiri atas input ( data, intruksi) dan output ( laporan, kalkulasi).
Konsep Dasar Teknologi Informasi
1. Definisi Teknologi Informasi
Dikutip dari Jurnal MIX Volume 7 Nomor 1[5]Sebuah informasi yang berkualitas adalah informasi yang secara umum bisa dikatakan memenuhi apa yang dibutuhkan oleh pengguna sedangkan secara umum pengguna membutuhkan sebuah informasi yang lengkap, saat dibutuhkan selalu ada, tepat waktu, dan lain-lain tergantung personalnya.
Teori Khusus
Konsep Dasar UML
Definisi Unified Modeling Language (UML)
1. Dikutip dari Jurnal Khatulistiwa Informatika Volume 4 Nomor 2[6] UML adalah bahasa spesifikasi standar yang dipergunakan untuk mendokumentasikan, menspesifikasikan, dan membangun perangkat lunak atau alat untuk pendukung pengembangan sistem.
Langkah-langkah penggunaan Unified Modeling Language (UML) sebagai berikut :1. Buatlah daftar business process dari level tertinggi untuk mendefinisikan aktivitas dan proses yang mungkin muncul.2. Petakan use case untuk setiap business process untuk mendefinisikan dengan tepat fungsional yang harus disediakan oleh sistem, kemudian perhalus use casediagram dan lengkapi dengan requirement, constraints dan catatan-catatan lain.3. Buatlah deployment diagram secara kasar untuk mendefinisikan arsitektur fisik sistem.4. Definisikan requirement lain non fungsional, security dan sebagainya yang juga harus disediakan oleh sistem.5. Berdasarkan use case diagram, mulailah membuat activity diagram.6. Definisikan obyek-obyek level atas package atau domain dan buatlah sequence dan atau collaboration untuk tiap alur pekerjaan, jika sebuah use case memilikikemungkinan alur normal dan error, buat lagi satu diagram untuk masing-masing alur.7. Buatlah rancangan user interface model yang menyediakan antar muka bagi pengguna untuk menjalankan skenario use case.8. Berdasarkan model-model yang sudah ada, buatlah class diagram. Setiap package atau domian dipecah menjadi hirarki class lengkap dengan atribut danmetodenya. Akan lebih baik jika untuk setiap class dibuat unit test untuk menguji fungsionalitas class dan interaksi dengan class lain.9. Setelah class diagram dibuat, kita dapat melihat kemungkinan pengelompokkan class menjadi komponen-komponen karena itu buatlah component diagrampada tahap ini mendefinisikan test integrasi untuk setiap komponen meyakinkan ia bereaksi dengan baik.10. Perhalus deployment diagram yang sudah dibuat. Detilkan kemampuan dan requirement piranti lunak, sistem operasi, jaringan dan sebagainya. Petakankomponen ke dalam node.11. Mulailah membangun sistem. Ada dua pendekatan yang tepat digunakan yaitu, Pendekatan use case dengan mengassign setiap use case kepada timpengembang tertentu untuk mengembangkan unit kode yang lengkap dengan test dan pendekatan komponen yaitu mengassign setiap komponen kepada timpengembang tertentu.2. Dikutip dari Jurnal Khatulistiwa Informatika Volume 4 Nomor 2.[7]UML adalah salah satu standar bahasa visual yang banyak digunakan di dunia industri untuk mengidentifikasi requirement, membuat analisis dan desain serta menggambarkan arsitektur dalam pemrograman berorientasi objek
Definisi WEB
Dikutip dari Indonesian Journal On Software Engineering (IJSE) Volume 1 Nomor 1[8]Web adalah keseluruhan halaman-halaman web yang terdapat dari sebuah domain yang mengandung informasi.
Definisi HTML
Dikutip dari Jurnal Khatulistiwa Informatika Volume 4 Nomor 2.[9]Hypertext Markup Language atau disingkat dengan HTML merupakan bahasa standar yang digunakan menampilkan halaman web. Yang bisa dilakukan dengan HTML yaitu mengatur tampilan dengan halaman web dan isinya, membuat table dengan halaman web, mempublikasikan halaman web secara online, membuat form yang bisa digunakan untuk menangani registrasi dan transaksi via web, menambahkan objek-objek seperti citra, audio, video, animasi serta menampilkan area gambar (canvas) di browser.”
Literature Review
Literatur Review ini dilakukan oleh peneliti untuk mengetahui landasan awal dan sebagai pendukung bagi kegiatan penelitian yang dilakukan oleh peneliti, sehingga dapat menghindari pengulangan hal yang sama dalam penelitian dan dapat melakukan pengembangan ketingkat yang lebih tinggi dalam rangka menyempurnakan atau melengkapi penelitian yang nantinya akan dikembangkan lagi untuk kedepannya. Literature Review berfungsi untuk memperoleh informasi melalui referensi-referensi yang berhubungan dengan penelitian yang dilakukan melalui studi pustaka maupun melalui media internet. Terdapat beberapa penelitian yang memiliki korelasi yang searah dengan penelitian yang akan dibahas dalam Laporan Tugas Akhir yang disusun, antara lain : 1. Penelitian ini dilakukan oleh Anggi Anggriani (2014), yang Berjudul "Penerapan Sistem Pembayaran Spp Dengan Laporan Sms Gateway Pada Smk Sakti School. Sistem pembayaran SPP di SMK Sakti School saat ini proses transaksi, penyajian informasi dan hasil laporannya masih berjalan manual. Notifikasi untuk pembayaran yang harus dilakukan serta tunggakan pembayaran masih merepotkan pihak wali siswa maupun pihak sekolah, karena wali siswa masih harus datang atau telepon ke sekolah untuk mendapatkan informasi tersebut sehingga memakan waktu dan biaya.Hal ini menjadi dasar kekuatan dalam merancang sebuah sistem pembayaran terkomputerisasi dengan menggunakan laporan sms gateway. untuk sistem rancangan yang dibangun menggunakan software Adobe Dreamwaver CS6, XAMPP dan Gammu. 2. Penelitian ini dilakukan oleh Oktaviani Marsaulina Simanjuntak (2015), yang Berjudul Perancangan Sistem Informasi Pembayaran Spp Pada Sma Agape Bk-3 Tangerang. Metode yang diusulkan pada penelitian ini menggunakan Macromedia Dreamweaver MX sebagai penulisan listing program PHP dan mysql sebagai databasenya. Dan untuk Memperbaiki sistem pembayaran SPP guna meningkatkan kualitas pelayanan keuangan yang diberikan kepada seluruh siswa 3. Penelitian Ini Dilakukan Oleh Meri Mayang Sari (2014), yang Berjudul Perancangan Sistem Informasi Pembayaran SPP Berbasis Web Dan Sms Gateway Pada Smp Puspita Tangerang. Untuk metode rancangan UML menggunakan software Visual Paradigm for UML 6.4 Enterprise Edition, untuk sistem rancangan yang dibangun menggunakan software Adobe Dreamwaver CS6, XAMPP dan Gammu. Notifikasi untuk pembayaran yang harus dilakukan serta tunggakan pembayaran masih merepotkan pihak wali siswa maupun pihak sekolah, karena wali siswa masih harus datang atau telepon ke sekolah untuk mendapatkan informasi tersebut sehingga memakan waktu dan biaya. untuk meminimalkan tingkat keterlambatan pembayaran SPP, pembuatan sistem notifikasi untuk dapat mengirimkan pesan singkat (SMS) kepada siswa/wali siswa dengan Gammu SMS Gateway agar siswa/wali siswa dapat mengetahui apakah mereka sudah melakukan pembayaran atau belum. 4. Penelitian Ini Dilakukan Oleh Siti Ropiah (2014), yang Berjudul Perancangan Sistem Informasi Pembayaran SPP Siswa Berbasis Web Pada Smk Plus Blm. Pada Metode ini dibutuhkan Sistem Informasi Pembayaran SPP Siswa Berbasis Web dengan bahasa pemrograman PHP, MySql dan PhpMyAdmin sebagai penyimpanan database-nya dan dalam merancang tampilan interface pada website dengan menggunakan Adobe Dreamweaver CS3. Yang bertujuan untuk mempermudah dalam pencatatan data dan pembuatan laporan biaya SPP siswa perbulan. 5. Penelitian ini dilakukan oleh Lalu Satriawan Kholid (2016), yang Berjudul Pengembangan Sistem informasi pembayaran SPP berbasis web dan SMS Gateway. Di SMK Muhammadiyah 2 Muntilan ini masih memiliki keterbatasan di antaranya adalah desain UI/UX yang masih sangat sederhana, belum ada fiturauto reply untuk SMS, pengguna hanya sebatas admin saja, dan fitur SMS Gateway hanya bisa berjalan di server lokal atau offline. Sehingga pengelolaan datanya masih konvensional yang menyebabkan rawan rusak dan hilang. Maka dari itu dirancang sistem informasi yang membantu dalam pengelolaan data pembayaran SPP yangmeliputi pencarian, penyimpanan, dan keamanan data. Serta dengan fitur SMS Gateway dapat memberitahukan kepada orangtua bahwa siswa telah melakukan pembayaran SPP. 6. Penelitian ini dilakukan oleh tri setyawati (2014), yang Berjudul sistem informasi pencatatan pembayaran uang sekolah berbasis multiuser. Metode yang digunakan berbasis multiuser dengan bahasa pemrograman Visual Basic 6.0 dan menggunakan database Microsoft SQL Server 2000. Perencanaan bertujuan untuk mengurangi terjadinya kesalahan-kesalahan dalam pengembangan sistem lama sehingga rumus-rumus dan proses penghitungan yang akan digunakan dapat sesuai dengan sistem yang baru. Perlu pembuatan program baru dengan program aplikasi Multiuser untuk membantu menanggulangi permasalahan yang dialami SMK Perintis 2-01 Semarang yaitu kendala-kendala yang timbul dari penggunaan sistem lama dalam pengolahan data sehingga dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensiBAB IIIANALISA SISTEM YANG BERJALANGambaran Umum Perusahaan
Sejarah Singkat SMA PGRI Balaraja
SMA PGRI Balaraja berdiri sejak tanggal 1 November tahun 1877. Terletak di Jalan Bodjong 149 (Jl. Pemuda 149). Mula-mula adalah HBS (Hogere Bunger School). Pada tahun 1930 dipergunakan untuk HBS dan AMS (Algemene Meddelbare School), kemudian tahun 1937 HBS pindah di jalan Oei Tong Ham (sekarang Jl Menteri Supeno No. 1 / SMU 1 Harapan), Sedangkan bangunan di jalan Bodjong dipergunakan untuk AMS dan MULO. Pada zaman pendudukan Jepang bangunan ini dipergunakan untuk SMT (Sekolah Menengah Tinggi).Struktur Organisasi SMA PGRI Balaraja
Tugas dan Tanggung Jawab
1. Tugas Kepala Sekolah
a) Memonitor dan membina pengelolaan KBMb) Menyelenggarakan administrasi sekolahc) Mengkoordinir pengembangan kurikulumd) Mengevaluasi kegiatan Program Kerja Sekolahe) Membuat program berskala/insidentilf) Mengkoordinir pelaksanaan penerimaan siswa barug) Merencanakan pengembangan,pendayagunaanh) Pemeliharaan sarana atau prasana sekolah.2. Wewenang Kepala Sekolah
a) Mengatur pembagian tugas Guru dan Staffb) Membuat supervisi pelaksanaan tugas Guru dan Staffc) Menandatangani berkas-berkas dokumen yang berlaku baik intern maupun ekstern.3. Tugas Wakasek UR. Kurikulum
a) Memasyarakatkan dan mengembangkan kurikulumb) Menyusun program pengajaran dan mengkoordinasikan pelaksanaannyac) Menganalisis tercapainya target kurikulumd) Menyusun roster Pembina upacarae) Membuat data guru (pendidikan dan pelatihan)f) Membuat rekapitulasi absensi guru setiap bulan.4. Wewenang Wakasek UR. Kurikulum
a) Mewakili kepala sekolah apabila tidak ada ditempatb) Menyusun jadwal pelajaranc) Memberikan data tentang guru/pegawai kepada kepala sekolah.Tata Laksana Sistem Yang Berjalan
Rancangan Prosedur
Prosedur dalam pembayaran administrasi sekolah adalah sebagai berikut :1. Siswa datang dengan membawa kartu iuran siswa yang diberikan kepada TU untuk membayar biaya administrasi sekolah2. Setelah siswa memberikan kartu iuran siswa kepada TU, TU mencatat setiap pembayaran ke buku penerimaan administrasi dan menstempel kartu iuran siswaProsedur dalam pencatatan transaksi untuk pembuatan laporan :1. Penerima iuran akan merekapitulasi transaksi penerimaan pembayaran administrasi ke daftar iuran.2. Penerima iuran akan melaporkan jumlah penerimaan dan pengeluaran ke kepala sekolah dalam bentuk laporan.Analisa Masukan, Analisa Proses, Analisa Keluaran
a) Analisa MasukanNama Masukan : Kartu Bayaran SPPFungsi : Digunakan sebagai bukti untuk melakukan pembayaran pada setiap SiswaSumber : TU, SiswaMedia : KertasFrekuensi : Dilakukan pada saat membayar SPPFormat : Lihat lampiranKeterangan : Berisi no.induk siswa, nama siswa, tanggal pembayaran, bulan pembayaran, jumlah pembayaran, paraf petugas.b) Analisa ProsesNama Masukan : Form Pembayaran SPPFungsi : untuk melakukan pembayaran SPPSumber : TUMedia : KertasFrekuensi : Dilakukan pada saat membayar SPPFormat : Lihat lampiranKeterangan : Berisi no.induk siswa, nama siswa, tanggal pembayaran, bulan pembayaran, jumlah pembayaran, paraf petugas.c) Analisa KeluaranNama Masukan : KwitansiFungsi : Sebagai bukti telah melakukan pembayaran SPPSumber : TUMedia : KertasFrekuensi : Dilakukan setelah melakukan pembayaran SPPFormat : Lihat LampiranKeterangan : No induk siswa, nama siswa, tanggal pembayaran, bulan pembayaran, jumlah pembayaran.User Requirement
Rancangan Basis Data
Normalisasi
Spesifikasi Basis Data
Spesifikasi basis data merupakan desain data yang dianggap telah normal. Desain basis data menjelaskan media penyimpanan yang digunakan, isi yang disimpan, primary key, dan panjang record. Spesifikasi basis data yang digunakan dalam sistem yang diusulkan adalah sebagai berikut :
1. Tabel Siswa Nama File : Siswa Media : Harddisk Isi : Nis+Nama_Siswa+Tempat_Lahir+Tgl_Lahir+Alamat+Jenis_Kelamin+Kelas+Jurusan+No_Telepon+Email+Tahun_Masuk+Wali_Kelas+Tahun_Lulus_Nm_WaliMurid+No_Telepon Walimurid+Status_Siswa Organisasi File : index Keterangan : Primary Key Panjang Record : 152 record Type Field : File Master Flowchart
Tampilan layar yang diusulkan
1. Tampilan Layar Halaman Menu LoginRancangan Prototipe
Konfigurasi Sistem Usulan
Spesifikasi Hardware
Perangkat keras yang dibutuhkan oleh sistem adalah suatu unit personal komputer. Perangkat keras yang diusulkan ini dibuat berdasarkan kebutuhan sistem saat ini dan antisipasi kabutuhan di masa yang akan datang. Konfigurasi yang dibutuhkan pada design sistem yang diusulkan, yaitu :a) Processor : Intel Core B950b) Monitor : ACER 802.11c) Mouse : Logitechd) RAM : 2GBe) Hardisk : 500GBAplikasi Yang Digunakan
Perangkat lunak merupakan penunjang dari peralatan komputer yang akan digunakan sebagai penghubung dalam instruksi yang diinginkan, agar komputer dapat menghasilkan informasi yang diharapkan, maka perangkat lunak yang diusulkan dalam rancangan sistem ini adalah sebagai berikut:a) Sistem Operasi Windows 7 Profesionalb) Microsoft Office 2007c) Xampp Control Paneld) Visual Paradigm for UMLe) Web Browserf) Adobe Dreamweaverg) Php myadminHak Akses
1. Staff TUbertugas untuk mencatat pembayaran spp, pembayaran pendaftaran, pembayaran tour dan pembayaran lainnya2. Kepala SekolahBertugas untuk melihat laporan pembayaran siswa.
Testing
Evaluasi
untuk mengetahui kesalahan dan kekurangan dari program yang dibuat maka dari itu perlu dilakukan evaluasi program . kegiatan ini dilakukan selama 2 minggu
Implementasi
Schedule
Berisi tentang waktu proses pembuatan sistem anda mulai dari
awal hingga selesai. Bentuk time schedule seperti time table. Bukti dari time schedule ini dimulai dari observasi sampai dengan dokumentasi.Penerapan
Perancangan program merupakan bentuk penerapan dari hasil analisa dalam pengambilan data yang telah dilakukan oleh seorang analisa sehingga menghasilkan suatu rancangan yang mudah dipahami oleh seorang pembuat program. Kegiatan ini dilakukan selama satu bulan.
Estimasi Biaya
BAB IVPENUTUPKesimpulan
Dari hasil penelitian yang dilaksanakan tentang sistem informasi pembayaran SPP pada SMA PGRI Balaraja dapat ditarik beberapa kesimpulan berupa :Sistem Informasi Pembayaran SPP pada SMA PGRI Balaraja masih dilakukan secara manual yaitu menggunakan buku dan belum mampu bekerja secara optimal karna belum terkomputerisasi. sehingga kurang efisien dalam penanganan pelayanan pembayaran dan pencarian data serta pembuatan laporan SPP. Sistem informasi pembayaran SPP yang dirancang diharapkan dapat memberikan solusi yang mampu meminimalisir kesalahan dalam proses pembayaran SPP sehingga berjalan dengan baik, serta menggunakan database sehingga proses yang dilakukan lebih baik, mudah dan cepat.Keuntungan yang terdapat pada rancangan sistem baru ini diantaranya adalah :1. Proses pembuatan laporan yang tersistem memudahkan bagi bagian tata useha untuk menyajikan laporan tepat waktu.2. Tersedianya sistem yang dapat memenuhi kegiatan dalam proses pembayaran SPP.3. Pembayaran SPP pada SMA PGRI Balaraja telah memberikan hasil yang akurat dan ketepatan dalam membuat laporanSaran
Untuk meningkatkan dan menanggulangi masalah yang terjadi pada proses pembayaran SPP pada SMA PGRI Balaraja, maka penulis bermaksud memberikan saran-saran sebagai bahan pertimbangan :1. Perlu ditambahkan fitur backup data secara otomatis agar meminimalkan kerusakan dan kehilangan data.2. Setelah sistem usulan berhasil diimplementasikan denganbaik maka perlu adanya perawatan secara berkesinambungan sehingga dapat digunakan dengan maksimal.3. Agar selalu menggunakan proteksi file, karena hal ini sangat berguna untuk menghindari pemakai (user) lain yang tidak berkepentingan mengakses filetersebut
DAFTAR PUSTAKA- ↑ Rochmawati, Naim. (2016) “Jurnal Manajemen Informatika Volume 6 Nomor 1 108-116",
- ↑ 2,0 2,1 2,2 Wagiu, A. C. (2016)"Jurnal Teika Volume 6 Nomor 1",
- ↑ Sutabri, Tata. 2012. “Konsep Sistem Informasi”. Yogyakarta: Andi Offset
- ↑ Kholid, S. L. (2016). Pengembangan Sistem Informasi Pembayaran Spp Berbasis Web Dan Sms Gateway : Universitas Negeri Yogyakarta.
- ↑ Hakim, Adnan. (2016)"Jurnal MIX Volume 7 Nomor 1".
- ↑ Hendini, Ade. (2016)"Jurnal Khatulistiwa Informatika Volume 4 Nomor 2"
- ↑ Mahdiati, Tias. (2016)"Jurnal Khatulistiwa Informatika Volume 4 Nomor 2"
- ↑ Safitri, Yulia (2015).Pemanfaatan Sistem Informasi Perpustakaan Digital Berbasis Website Untuk Para Penulis .
- ↑ Mahdiati, Tias (2016)."Rancang Bangun Sistem Informasi Permintaan ATK Berbasis Intranet Pada Kejaksaan Negeri Rangkasbitung .
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran 1: Balasan Pengantar ObservasiLampiran 2: Form Validasi Tugas AkhirLampiran 3: Kartu Bimbingan Tugas AkhirLampiran 4: Kartu Study Tetap FinalLampiran 5: Form Permohonan Usulan Penelitian Tugas AkhirLampiran 6: Kwitansi Pembayaran Tugas AkhirLampiran 7: Formulir Seminar ProposalLampiran 8: Sertifikat TOEFLLampiran 9: Sertifikat ProspekLampiran 10: Sertifikat IT NasionalLampiran 11: Sertifikat IT InternasionalLampiran 12: Formulir Final PresentasiLampiran 13: Formulir Pertemuan StakeholderLampiran 14: Surat Keterangan Implementasi ProgramLampiran 15: Kwitansi Pembayaran Raharja Career dan SidangLampiran 16: Curriculum Vitae (CV)Lampiran 17: Keterangan Pengesahan Hibah