SI1321476587

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari



PERANCANGAN VIDEO PROFILE SEBAGAI MEDIA

PENUNJANG INFORMASI DAN PROMOSI PADA

GRAND ZURI HOTEL BSD CITY

 

SKRIPSI

Disusun Oleh :

 

NIM
: 1321476587
NAMA

 

JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

STMIK RAHARJA

TANGERANG

(2017/2018)



SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI

 

PERANCANGAN VIDEO PROFILE SEBAGAI MEDIA

PENUNJANG INFORMASI DAN PROMOSI PADA

GRAND ZURI HOTEL BSD CITY

 

Disusun Oleh :

NIM
: 1321476587
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Multimedia Audio Visual and Broadcasting

 

 

Disahkan Oleh :

Tangerang, Juli 2017

Ketua
       
Kepala Jurusan
STMIK RAHARJA
       
Jurusan Teknik Informatika
           
           
           
           
(Ir. Untung Rahardja, M.T.I)
       
(Junaidi, M.Kom.)
NIP : 000594
       
NIP : 001405

 



SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING

 

PERANCANGAN VIDEO PROFILE SEBAGAI MEDIA

PENUNJANG INFORMASI DAN PROMOSI PADA

GRAND ZURI HOTEL BSD CITY

 

Disusun Oleh :

NIM
: 1321476587
Nama

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting

Tahun Akademik 2017 / 2018

 

Disetujui Oleh :

Tangerang, Juli 2017

Pembimbing I
   
Pembimbing II
       
       
       
       
(Drs, Sugeng Widada M.Si)
   
(Adi Kusuma Widya Tama,S.Kom)
NID : 06098
   
NID : 15006

 

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI

 

PERANCANGAN VIDEO PROFILE SEBAGAI MEDIA

PENUNJANG INFORMASI DAN PROMOSI PADA

GRAND ZURI HOTEL BSD CITY

 

Dibuat Oleh :

 

NIM
: 1321476587
Nama

 

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian

Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting

Tahun Akademik 2017/2018

 

Disetujui Penguji :

Tangerang, .... 2018

Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
(_______________)
 
(_______________)
 
(_______________)
NID :
 
NID :
 
NID :

 


SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

PERANCANGAN VIDEO PROFILE SEBAGAI MEDIA

PENUNJANG INFORMASI DAN PROMOSI PADA

GRAND ZURI HOTEL BSD CITY

 

Disusun Oleh :

NIM
: 1321476587
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Multimedia Audio Visual and Broadcasting

 

Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang, Juli 2017

 
 
 
 
NIM : 1321476587

 

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;

 

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperlihatkan fasilitas-fasilitas yang ada di Grand Zuri Hotel BSD City dan agar masyarakat luas mengetahuinya dan diharapkan dapat meningkatkan perolehan pengunjung. Agar dapat menghasilkan rancangan media video yang baik, manarik dan efektif disamping menamampilkan gambar bergerak media tersebut juga ditunjang efek visual maupun efek audio sehingga akan lebih menambah nilai daya tarik dalam penyampaian pesan, serta digunakan juga metodologi penelitian yang diantaranya analisa permasalahan, pengumpulan data, analisa perancangan, konsep desain rancangan media video yang memiliki tiga tahapan diantaranya adalah: Tahapan Preproductions, Tahapan Productions, dan Tahapan Postproductions. Adapun manfaat dari penelitian dari program studi dan konsentrasi yang dimiliki mahasiswa diharapkan dapat memberikan kontribusi yang positif kepada perusahaan yang diteliti, sebagai bukti implementasi penelitian dalam metodologi tersebut disampaikan hasil karya rancangan video yang dapat dimanfaatkan sebagai penunjang promosi pada Grand Zuri Hotel BSD City, sehingga target perolehan konsumen setiap tahunnya dapat meningkat.

Kata Kunci : Video, Promosi dan Hotel Grand Zuri.

ABSTRACT

The pupose of this study is to show the exizting facilities at the Grand Zuri Hotel BSD City and so that people know about it and are expacted to increase visitor acquisition. In ordeer to produce a draft of a good video, media interest and effective addition to showing moving images the media is also suppoeted with visual effects or audio effects so there will be more value-adding charms in the delivery of a message, aswell as the research methodology used also include an analysis of the problems, data collection, design analysis, design concepts design video media that has three stages which are: stages of Preproductions, stages Productins, phase and Postproductions. As for the benefits of the research of the course of study and concentrarion that owned student is expected to contribute positvely to the company researched, as proof of the implementation of the methodology in the studies presented by the design of the video which can be utilized as a complementary promotions on Grand Zuri Hotel BSD City, so the target consumers gain annually can be increased.

Keyword : Video, Promotions and Hotel Grand Zuri.


KATA PENGANTAR

Dengan mengucapkan syukur Alhamdulillah atas Rahmat dan Hidayah yang diberikan Allah SWT kepada penulis sehingga dapat menyusun dan menyelesaikan Skripsi ini, dengan judul “PERANCANGAN VIDEO PROFILE SEBAGAI MEDIA PENUNJANG INFORMASI DAN PROMOSI PADA GRAND ZURI HOTEL BSD CITY”. Dalam penyusunan Penelitian Skripsi ini masih terdapat banyak kekurangan, dikarenakan keterbatasan kemampuan dalam mendapatkan berbagai sumber yang menjadi bahan acuan dalam penyusunan. Oleh karena itu penulis mengharapkan saran dan kritik yang membangun agar dapat dimanfaatkan pada masa yang akan datang. Untuk itu pada kesempatan ini penulis mengucapkan banyak terimakasih yang sebesar-besarnya terutama kepada :

  1. Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I., selaku Ketua STMIK Raharja Tangerang.
  2. Bapak Sugeng Santoso, M.Kom., selaku Pembantu Ketua I Bidang Akademik STMIK Raharja Tangerang.
  3. Bapak Junaidi, M.Kom. selaku Kepala Jurusan Teknik Informatika.
  4. Bapak Drs. Sugeng Widada M.Si. selaku Pengajar dikonsentrasi MAVIB dan sebagai pembimbing I, yang telah telah memberikan panduan format penelitian dan bersedia meluangkan waktu, pikiran dan tenaganya sehingga terselesaikannya penelitian Skripsi ini.
  5. Bapak Adi Kusuma Widya Tama,S.Kom selaku Pembimbing II yang telah memberikan arahan mengenai format penulisan dan koreksi isi laporan sehingga laporan dapat diselesaikan.
  6. Kedua Orang tua saya, yang telah memberikan banyak bantuan, mendidik hingga mampu menjadi pribadi yang baik dan bertanggung jawab.
  7. Bapak Anton Hartanto dan Wahyu selaku Stakeholder dan pembimbing lapangan dari Grand Zuri Hotel BSD City yang telah membantu dan memberikan izin selama melakukan Observasi Penelitian Skripsi pengambilan gambar dan pembuatan video
  8. Sri Ernawati selaku orang terdekat yang selalu memberi semangat dan motivasi serta membantu selama melakukan Penelitian Skripsi ini.
  9. Teman - teman seperjuangan, yang selalu memberikan bantuan dalam Penelitian Skripsi ini.
  10. Semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu – persatu dalam kesempatan ini.

Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan laporan ini masih banyak terdapat kekurangan. Dengan segala keterbatasan dan kesederhanaan dalam penulisan dan penyusunan laporan ini, penulis sangat mengharapkan kritik dan saran. Akhir kata, kepada semua pihak yang telah membantu terwujudnya Penelitian Skripsi ini, semoga Allah SWT selalu melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya.

Tangerang, Juli 2017
Zulfikar Ardianto
NIM. 1321476587

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang Penelitian

Dalam dunia usaha, seiring perkembangan teknologi informasi yang berkembang, memicu persaingan dalam menggunakan sarana penyampaian pesan informasi promosi yang beraneka ragam yang begitu berkualitas dan efektif untuk daya tarik, yang jika tidak mengikuti perkembangan kemajuan teknologi tersebut akan ditinggalkan oleh masyarakat.

Grand Zuri Hotel BSD City merupakan usaha perhotelan yang menawarkan fasilitas penginapan, hiburan, Ruang Rapat dan Hiburan. Untuk mendapatkan perhatian terhadap setiap calon pelanggan, sesuai dengan hasil analisa yang dilakukan dengan bentuk wawancara yang dilakukan dengan pihak terkait perusahaan yakini kepada Bapak Anton Hartanto selaku General Menager pada Grand Zuri Hotel BSD City, bahwa sampai saat ini belum memiliki media saran penunjang yang dinilai efektif dan menarik perhatian setiap calon pengunjung Hotel, Agar dapat memenuhi target omset yang ditentukan dalam menawarkan produk jasa layanan perhotelan dari penginapan, hiburan, dan ruang rapat. Pihak manajemen Hotel, menghendaki untuk dirancang bentuk media sarana untuk penyapaian promosi yang berbasis video, secara fungsi publikasi agar dapat diakses secara global.

Saya selaku mahasiswa Program Studi Teknik Informatika, konsentrasi MAVIB (Multimedia Audio Visual and Broadcasting) yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam bidang desain grafis dan perencanan media video, dalam kesempatan tugas Skripsi ini, mengambil tema yang diberi judul “PERANCANGAN VIDEO PROFILE SEBAGAI MEDIA PENUNJANG INFORMASI DAN PROMOSI PADA GRAND ZURI HOTEL BSD CITY”.

Melalui hasil rancangan media, diharapkan dapat dijadikan sebagai sarana penyampaian pesan informasi yang efektif sehingga dapat memenuhi target penawaran produk lyanan perhotelan yang ditujukan kepada masyarakat.

Dari analisa kebutuhan yang dilakukan selama Observasi di Imperial Klub Golf Lippo Village Karawaci, business unit tersebut membutuhkan informasi untuk memperkenalkan kinerja para pegawai dan pelayanan terbaik yang diberikan kepada masyarakat umum, yang diharapkan melalui video deskripsi pelayanan ini dapat meningkatkan image perusahaan.


Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang yang dijabarkan, maka dapat diambil rumusan masalah sebagai berikut:

  1. Media seperti apa yang dapat dijadikan sarana untuk mempromosikan Grand Zuri Hotel kepada masyarakat umum?
  2. Bagaimana merancang media sarana penunjang promosi, agar dapat dijadikan daya tarik penyampaian pesan dalam mempromosikan Grand Zuri Hotel?
  3. Target seperti apa yang diinginkan oleh pihak manajemen Grand Zuri Hotel setelah hasil rancangan media diimplementasikan?

Ruang Lingkup Penelitian

Agar ruang lingkup penelitian Skripsi ini lebih terarah, pembatasan ruang lingkup dari media video yang akan dibuat berupa informasi yang berkaitan dengan Grand Zuri Hotel. Video promosi Grand Zuri Hotel akan dibuat dengan durasi ±4 (Empat) menit dengan menyuguhkan tampilan yang menarik yang berupa audio visual, foto, dan effect visual. Dalam video yang nantinya akan berisikan tampilan keseluruhan hotel yang terdapat kamar – kamar hotel, resturant, hingga kolam renang. Diharapkan dengan membuat video promosi ini akan yang memiliki daya tarik guna menarik minat masyarakat untuk berkunjung di Grand Zuri Hotel.

Tujuan Dan Manfaat Penelitian

Adapun tujuan dan manfaat yang dapat disimpulkan dalam penelitian ini yaitu sebagai berikut:

Tujuan Penelitian

  1. Tujuan Operasional Menerapkan konsep video sebagai sarana informasi dan promosi yang lengkap dan terperinci. .

  2. Tujuan Fungsional Secara fungsional media video dapat memberikan informasi yang lebih efektif mengenai seluruh ruang lingkup perusahaan.

  3. Tujuan Individual Untuk menambah wawasan dan mendapatkan pengalaman sebagai bekal bekerja secara profesional serta melengkapi kreatifitas dalam memperoleh ide-ide secara teoritis maupun praktis dalam menyelesaikan Skripsi

Manfaat Penelitian

A. Manfaat Bagi Mahasiswa

  1. Sebagai sarana pembelajaran bagi penulis dalam merancang video internalisasi penunjang komunikasi dan informasi.

  2. Memberikan pengalaman bagi mahasiswa dalam menganalisa dan memperluas wawasan.

  3. Mampu menerapkan ilmu yang didapat secara teoritis dalam perkuliahan.

  4. Mampu mengimplementasikan suatu ide kreatif atau gagasan kedalam bentuk karya nyata.

B. Manfaat Bagi Perusahaan

  1. Memberikan akses penyampaian media informasi dan promosi yang lebih komunikatif dalam bentuk video promosi.

  2. Menjadi daya tarik yang kuat sehingga image baik Grand Zuri Hotel akan terbangun melalui video promosi

  3. Klien akan mudah menangkap informasi dalam presentasi yang disampaikan dalam bentuk audio visual yang diharapkan dapat menjalin kerjasama.

Metodologi Penelitian

Metode – metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah, Metode Analisis Permasalahan, Metode Pengumpulan Data, Metode Analisa Perancangan Media dan Metode Konsep Produksi Media (KPM).

Metode Analisa Permasalahan

Analisa Permasalahan didapatkan setelah melakukan wawancara dengan stakeholder yaitu Bapak Anton di Grand Zuri Hotel, maka dapat diambil kesimpulan permasalahan yang didapat yakni, belum terbentuknya media promosi yang dapat mempromosikan hotel tersebut. Melalui perancangan media Video Promosi tersebut diharapkan dapat menjadi alat untuk meningkatkan pengunjung, meningkatkan daya tarik, dan dapat menjalin kerjasama antar klien.

Metode Pengumpulan Data

  1. Metode Observasi (Pengamatan)

    Observasi Memperoleh data yang didapatkan melalui pengamatan dengan menganalisis objek secara langsung, melakukan pencatatan hasil analisis, melakukan dokumentasi secara sitematis yang berhubungan dengan Grand Zuri Hotel.

  2. Metode Wawancara (Interview)

    Wawancara Wawancara dilakukan secara terstruktur mengumpulkan data – data dengan cara tanya jawab langsung dengan stakeholder dan juga pihak yang terkait dengan Grand Zuri Hotel.

  3. Studi Pustaka

    Studi Pustaka Materi – materi yang diperoleh dari berbagai sumber digunakan sebagai landasan dalam penulisan penelitian yang diambil dari jurnal, buku – buku, dan makalah tertulis lainnya.

Metode Analisa Perancangan Media

Data dan informasi yang diperoleh akan dianalisis kembali agar memperoleh data yang benar – benar akurat dan penting untuk dijadikan isi dari perancangan media video dan akan diolah menggunakan beberapa software pendukung media audio visual, seperti : Adobe Premiere CC 2015, dan Adobe After Effects CC 2015, serta Adobe Illustrator CC 2015.

Metode Konsep Produksi Media

Konsep desain yang digunakan dalam penelitian ini dibagi menjadi tiga bagian yaitu:

  1. Preproduction

  2. Production

  3. Post Production

Sistematika Penulisan

Sistematika penulisan Penelitian Skripsi ini terbagi menjadi beberapa bagian dengan disertakan sistematika penyampaiannya, sebagai berikut :

BAB I PENDAHULUAN

Bab ini berisikan tentang Latar Belakang Penelitian, Rumusan Masalah, Ruang Lingkup Penelitian, Tujuan dan Manfaat Penelitian, Metodologi Penelitian, dan Sistematika Penulisan yang akan dibahas dalam Penelitian Skripsi ini.

BAB II LANDASAN TEORI

Pada Bab ini berisikan tentang konsep dan teori dasar yang melandasi permasalahan penelitian dan menjadi acuan penulisan sesuai dengan topik perancangan yang dibuat dalam penyusunan Penelitian Skripsi, yang meliputi Konsep Dasar Teori Umum dan Konsep Dasar Teori Khusus.

BAB III IDENTIFIKASI MASALAH

Pada Bab ini berisikan tentang Gambaran Umum Tentang Perusahaan meliputi Sejarah Perusahaan, Struktur Organisasi, Visi dan Misi Perusahaan, Struktur Organisasi, Wewenang dan Tanggung Jawab, sInformasi Tentang Produk, Market Analisis, Potensial Market, Segmentasi Pemasaran, Tujuan Pemasaran, Stratregi Pemasaran, Budget Produksi Media, Konfigurasi Hardware.

BAB IV KONSEP PRODUKSI MEDIA

Konsep produksi media dalam penelitian ini menggunakan Konsep Produksi Media MAVIB atau konsep produksi media yang berbasis video. Adapun dalam konsep produksi tersebut terdapat tahapan-tahapan diantaranya: Preproduction, Production dan Postproduction.

BAB V PENUTUP

Pada Bab ini berisikan tentang Kesimpulan dan Saran yang diberikan kepada Perusahaan sebagai pemecahan masalah dalam perancangan yang telah dibuat.

DAFTAR PUSTAKA

Berisikan tentang referensi jurnal, buku – buku, dan makalah tertulis yang digunakan dalam penyusunan hasil Penelitian Skripsi.

DAFTAR LAMPIRAN

Berisikan daftar dari keseluruhan lampiran – lampiran yang melengkapi Penelitian sebagai lampiran.

BAB II

LANDASAN TEORI

Teori Umum

Konsep Dasar Perancangan

Pengertian Perancangan

Menurut Dewi dkk (2014 : 2)[1], Perancangan sistem secara umum adalah suatu tahap dimana di dalamnya terdapat identifikasi komponen-komponen sistem informasi yang akan dirancang secara rinci yang bertujuan untuk memberikan gambaran kepada pengguna atau user mengenai sistem yang baru”.

Sedangkan menurut Soepadmo (2013 : 10)[2], perancangan adalah setiap rancangan harus memenuhi kebutuhan penggunanya dan dapat berfungsi dengan baik, fungsi timbul sebagai akibat dari adanya kebutuhan manusia dalam usaha untuk mempertahankan serta mengembangkan hidup dan kehidupannya di alam semesta ini.

Dari pendapat tersebut dapat diambil kesimpulan perancangan adalah sebuah proses yang mendasar melalui suatu tahapan yang dirancang secara rinci yang bertujuan untuk memberikan gambaran kepada pengguna.

Perancangan Secara Umum

Menurut Sunarya (2013 : 81)[3], Perancangan secara umum terdiri dari:

  1. Persiapan Data
    Data adalah sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya suatu pengolahan. Data bisa berupa suatu keadaan, gambar, suara, huruf, angka, matematika, bahasa ataupun simbol-simbol lainnya yang bisa kita gunakan sebagai bahan untuk melihat lingkungan, obyek, kejadian ataupun suatu konsep. Data berupa teks atau gambar terlebih dahulu harus kita pilah dan seleksi, apakah data itu sangat penting sehingga harus tampil atau kurang penting sehingga bisa ditampilkan lebih kecil, samar atau dibuang sama sekali. Data bisa berupa data informatif atau data estesis. Data informatif bisa berupa foto atau teks dan judul. Data estesis bisa berupa bingkai, background, efek grafis garis atau bidang. Untuk desain menggunakan komputer, data harus dalam format digital atau file, oleh karena itu peralatan yang diperlukan untuk merubah data analog ke digital seperti scanner, kamera digital akan sangat membantu.
  2. Ide
    Untuk mencari ide yang kreatif diperlukan studi banding, wawancara dan lain-lain agar desain yang dibuat bisa efektif diterima dan membangkitkan kesan tertentu yang sulit dilupakan.
  3. Konsep
    Hasil kerja berupa pemikiran yang menentukan tujuan-tujuan, kelayakan dan segmen yang dituju. Oleh karena itu, desain grafis menjadi desain komunikasi visual agar dapat bekerja untuk membantu pihak yang membutuhkan solusi secara visual.
  4. Media
    Untuk mencapai kriteria ke sasaran atau segmen yang dituju diperlukan studi kelayakan yang cocok dan efektif untuk mencapai tujuannya. Media bisa berupa cetak, elektonik, luar ruang dan lain-lain.
  5. Visualisasi
    Yang dimaksud visualisasi disini adalah sebuah penjabaran yang berasal dari sebuah konsep kedalam bentuk visual. Visualisasi sangat erat kaitannya dengan pemilihan warna, layout sampai finishing. Hasil akhir yang didapat dari proses ini adalah sebuah visualisasi desain yang sesuai dengan kemauan klien.
  6. Produksi
    Setelah visualisasi selesai dan disetujui oleh klien, maka proses terakhir yang diperlukan adalah proses produksi. Tujuannya adalah agar hasil visualisasi tersebut dapat dipergunakan sebagaimana tujuan awalnya. Apakah sebagai media cetak, media elektronik atau media luar ruang. Proses produksi memang tidak dilakukan oleh seorang desainer tetapi desainer yang baik diharuskan untuk memahami sebuah proses produksi, agar hasil visualisasinya sesuai dengan apa yang diinginkan.

Konsep Dasar Data

Pengertian Data

Rusdiana dan Irfan (2014 : 64)[4], menyebutkan bahwa data adalah sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya pengolahan. Data bisa berupa suatu keadaan, gambar, suara, huruf angka, matematika, bahasa, ataupun simbol – simbol lainnya yang dapat digunakan sebagai bahan untuk melihat lingkungan, objek, kejadian ataupun konsep.

Menurut Sunarya dkk (2013:81)[5], data adalah sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya suatu pengolahan. Data bisa berupa suatu keadaan, gambar, suara, huruf, angka, matematika, bahasa ataupun simbol-simbol lainnya yang bisa kita gunakan sebagai bahan untuk melihat lingkungan, objek, kejadian ataupun suatu konsep.

Kesimpulan yang didapat dari dua pendapat diatas bahawa data merupakan sesuatu yang belum mempunyai arti dan memerlukan adanya pengolahan.

DAFTAR PUSTAKA

  1. Dewi, Intan Komala, Kusrini, Hanif Al Fatta. 2014. Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Stkip Hamzanwadi Selong Dengan Menggunakan Togaf Adm. Jurnal Ilmiah DASI Vol. 15 No. 04. Yogyakarta: STMIK AMIKOM Yogyakarta.
  2. Soepadmo, Gatoet. 2013. Panduan Mudah Merancang Bangunan. Jakarta : Niaga Swadaya..
  3. Sunarya, Lusyani. 2013. Diktat Mata Kuliah Diktat Mata Kuliah Aplikasi Program Komputer MAVIB II. Tangerang : Perguruan Tinggi Raharja.
  4. Rusdiana, Dr. H. A., M.M., Moch. Irfan, S.T., M.Kom. 2014. Sistem Informasi Manajemen. Bandung: PUSTAKA SETIA.
  5. Sunarya, Lusyani. Radiyanto. Erna Susanti. 2013. Enriching Company Profile sebagai Penunjang Media Informasi dan Promosi pada Perguruan Tinggi Raharja. Journal CCIT Vol. 7 No. 1. Tangerang : Perguruan Tinggi Raharja.

Contributors

Zulfikarardianto