TA1322377506

Dari widuri
Revisi per 28 Februari 2017 15.53 oleh IMAMI FATIMATUN (bicara | kontrib) (Aplikasi Komputer)


Lompat ke: navigasi, cari

 

PERANCANGAN APLIKASI E-BUDGETING UNTUK ALOKASI

DANA PROMOSI PADA DIVISI MARKETING

PERGURUAN TINGGI RAHARJA


TUGAS AKHIR




Disusun Oleh :


NIM
: 1322377506
NAMA

JURUSAN KOMPUTERISASI AKUNTANSI

KONSENTRASI KEUANGAN

AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER

AMIK RAHARJA INFORMATIKA

TANGERANG

2016/2017

AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER


AMIK RAHARJA INFORMATIKA


 


LEMBAR PENGESAHAN TUGAS AKHIR


PERANCANGAN APLIKASI E-BUDGETING UNTUK ALOKASI

DANA PROMOSI PADA DIVISI MARKETING

PERGURUAN TINGGI RAHARJA


Disusun Oleh :


NIM
: 1322377506
Nama
Jenjang Studi
: Diploma Tiga
Jurusan
: Komputerisasi Akuntansi
Konsentrasi
: Keuangan


 

 

Disahkan Oleh :


Tangerang, ..... 2017

Ketua
       
Kepala Jurusan
AMIK RAHARJA INFORMATIKA
       
Jurusan Komputerisasi Akuntansi
           
           
           
           
(Drs. Po. Abas Sunarya, M.Si)
       
(Euis Siti Nur Aisyah, M.Kom)
NIP : 000603
       
NIP : 060003


AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER

(AMIK) RAHARJA


LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI


PERANCANGAN APLIKASI E-BUDGETING UNTUK ALOKASI

DANA PROMOSI PADA DIVISI MARKETING

PERGURUAN TINGGI RAHARJA


Dibuat Oleh :


NIM
: 1322377506
Nama

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian

Komprehensif

Jurusan Komputerisasi Akuntansi

Konsentrasi Keuangan

Tahun Akademik 2016/2017

Disetujui Penguji :

Tangerang, .... 2017

Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
(_______________)
 
(_______________)
 
(_______________)
NID :
 
NID :
 
NID :



AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER

(AMIK) RAHARJA INFORMATIKA

 


LEMBAR KEASLIAN TUGAS AKHIR


PERANCANGAN APLIKASI E-BUDGETING UNTUK ALOKASI

DANA PROMOSI PADA DIVISI MARKETING'

PERGURUAN TINGGI RAHARJA


Disusun Oleh :


NIM
: 1322377506
Nama
Jenjang Studi
: Diploma 3
Jurusan
: Komputerisasi Akuntansi
Konsentrasi
: Keuangan

 

 

Menyatakan bahwa Tugas Akhir ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Tugas Akhir yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Ahli Madya Komputer baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang, ..... 2017

 
 
 
 
 
NIM : 1322377506


)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;


ABSTRAK

Perguruan Tinggi Raharja bermula dari sebuah lembaga kursus komputer yang bernama LPPK (Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Komputer) Raharja yang terletak di Jl. Gatot Subroto Km.2 Harmoni Mas Cimone Tangerang. Perguruan Tinggi Raharja adalah subuah instansi yang bergerak dalam bidang pendidikan. Untuk pengalokasian dana promosi divisi pemasaran atau marketing di Perguruan Tinggi Raharja masih menggunakan sistem manual, yaitu menggunakan program Microsoft Excel. Maka agar dapat berjalan lebih baik maka akan dibangun sistem yang dapat membantu divisi marketing Perguruan Tinggi Raharja dalam kegiatan menyusun Alokasi Dana Promosi agar lebih otomatis, jika kegiatan tersebut berjalan otomatis maka akan membantu dalam pengerjaan yang lebih cepat serta efisien. Metode penelitian yang digunakan adalah metode mengumpulan data, metode analisis dan metode perancangan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi langsung di perusahaan, melakukan dokumentasi dengan mempelajari dokumen-dokumen yang ada, riset terhadap masalah, wawancara kepada pihak terkait di perusahaan dan studi pustaka dari beberapa penelitian sebelumnya. Metode Analisa sistem menggunakan UML (Unified Modelling Language). Metode perancangan menggunakan model yang berorientasi objek dengan menggunakan UML (Unified Modeling Language) dan menggunakan bahasa pemrogramman PHP (PHP Hypertext Preprocessor). Dengan tahapan metode-metode tersebut penulis menemukan masalah-masalah dalam rancang bangun Aplikasi E-Budgeting yang sedang berjalan dan menemukan solusi yang terbaik bagi perusahaan. Adapun hasil penelitian ini adalah suatu Aplikasi E-Budgeting untuk membantu perusahaan dalam penganggaran dana promosi yang lebih efektif dan efisien. Kesimpulan dari diterapkannya Aplikasi E-Budgeting pada perusahaan adalah menjadikan proses pengarsipan data-data anggaran dana promosi menjadi lebih rapi dan pembuatan laporan hasil menjadi cepat, tepat waktu dan lebih informatif.


Kata Kunci: Anggaran Dana Promosi, Aplikasi E-Budgeting


ABSTRAC

Higher Education Raharja starts from an institution named LPPK computer courses (Institute of Computer Education and Training) Raharja located at Jl. Gatot Subroto Km.2 Harmoni Mas Cimone Tangerang. Higher Education Raharja is aa agencies engaged in education. The allocation of funds for marketing or marketing promotion division at the College Raharja still using manual systems, ie using the Microsoft Excel program. So to be able to run better it will be built a system that can help the marketing division of Higher Education Raharja in preparing activities Promotion Fund Allocation to be more automated, if activity continues automatically it will help in faster processing and efficient. The method used is the method of gathering data, methods of analysis and design methods. Methods of data collection is done by conducting direct observation in the company, do documentation by studying existing documents, research the issue, interviewing the parties involved in the company and literature of some previous studies. Systems analysis methods using UML (Unified Modeling Language). The design method using object-oriented model using UML (Unified Modeling Language) and using the programming language PHP (PHP Hypertext Preprocessor). By stage of these methods the authors found problems in the design of E-Budgeting is running and find the best solution for the company. The results of this study are an E-Budgeting Applications to help companies in the promotion fund budgeting more effective and efficient. The conclusion of the implementation of E-Budgeting at the company is to make the process of archiving data promotion fund budget is cleaner and report the results to be fast, timely and more informative.


Keywords: Fund of Promotion, E-Budgeting Applications



KATA PENGANTAR


Dengan Mengucapkan puji dan syukur penulis panjatkan atas kehadirat Allah SWT atas ridho dan rahmat-Nya penulis dapat menyusun dan menyelesaikan Laporan TA (Tugas Akhir) ini dengan baik. Laporan ini disajikan dalam bentuk buku. Adapun judul yang diambil dalam penyusunan TA (Tugas Akhir) ini adalah "Pencangan Aplikasi E-Budgeting Untuk Alokasi Dana Promosi Pada Divisi Marketing Perguruan Tinggi Raharja". Laporan ini merupakan hasil observasi penulis di Perguruan Tinggi Raharja, dan merupakan salah satu syarat yang ditempuh oleh mahasiswa sebelum melaksanakan Sidang dalam jenjang Diploma jurusan Komputerisasi Akuntansi pada Perguruan Tinggi Raharja, Tangerang. Sebagai bahan penulisan, data dikumpulkan berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan sumber literature yang mendukung penulisan ini. Laporan Tugas Akhir ini disusun bertujuan untuk memenuhi salah satu persyaratan kelulusan dalam memperoleh gelar Ahli Madya (A.Md), dan sekaligus sebagai implementasi ilmu yang telah dipelajari selama masa perkuliahan. Laporan Tugas Akhir ini bersumber informasi berdasarkan observasi selama di Perguruan Tinggi Raharja dan juga dari berbagai literature review yang ada untuk mendukung penulisan dalam laporan Skripsi ini. Dalam penyusunan Laporan TA (Tugas Akhir), penulis banyak menerima bantuan dan dorongan baik secara moril maupun materil dari semua pihak. Penulis menyadari bahwa tanpa adanya bimbingan dan dorongan tersebut, laporan ini tidak akan dapat terselesaikan dengan baik dan tepat pada waktunya. Maka pada kesempatan ini penulis menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :

  1. Bapak Dr. Po. Abas Sunarya, M.Si selaku Direktur AMIK Raharja Informatika.
  2. Bapak Padeli, M.Kom selaku PUDIR I AMIK Raharja Informatika.
  3. Euis Sitinur Aisyah, M.Kom selaku Kepala Jurusan Komputerisasi Akuntansi sekaligus Dosen pembimbing II yang membantu dalam penyusunan laporan Kuliah Kerja Praktek.
  4. Nur Azizah, M. Akt, M. Kom Dosen pembimbing I yang membantu dalam penyusunan laporan Kuliah Kerja Praktek.
  5. Bapak Dede Cahyadi, SE. selaku pembimbing lapangan yang membantu penulis dalam menganalisa masalah.
  6. Bapak dan Ibu Dosen AMIK Raharja Informatika yang telah memberikan ilmu pengetahuan kepada penulis.
  7. Kepada ibu yang selalu mendukung dan terus menerus memberikan doa, terima kasih banyak untuk ibu yang selalu memberikan aku semangat.
  8. Sahabat-sahabat yang selalu memberikan aku candaan, sehingga membuat aku selalu semangat dan selalu tersenyum.
  9. Sahabat-sahabat yang selalu memberikan aku candaan, sehingga membuat aku selalu semangat dan selalu tersenyum.
  10. Seluruh Pimpinan dan Karyawan Perguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan dukungan dan masukan yang berarti kepada penulis dalam menyelesaikan Laporan Kuliah Kerja Praktek ini.
  11. Semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu yang telah membantu penyusunan laporan ini. Penulis menyadari bahwa dalam penyajian dan penyusunan laporan Tugas Akhir (TA) ini masih banyak kekurangan dan kesalahan, baik dalam penulisan, penyajian ataupun isinya. Oleh karena itu, penulis senantiasa menerima kritik dan saran yang bersifat membangun agar dapat dijadikan acuan bagi penulis untuk menyempurnakan nya di masa yang akan datang. Akhir kata, penulis mengucapkan terima kasih atas perhatian dari pembaca. Semoga Allah swt memberikan rahmat-Nya kepada kita semua. Dan semoga laporan Tugas Akhir (TA) ini dapat bermanfaat, khususnya bagi penulis dan umumnya bagi seluruh pembaca sekalian.


    Tangerang, 20 Januari 2017
    Imami Fatimatun
    NIM. 1322377506




    DAFTAR SIMBOL

    DAFTAR SIMBOL ACTIVITY DIAGRAM

    DAFTAR SIMBOL SEQUENCE DIAGRAM

    DAFTAR SIMBOL CLASS DIAGRAM


    DAFTAR SIMBOL STATE MACHINE DIAGRAM


    DAFTAR TABEL


    Tabel 3.1 Strategi S-O, W-O, S-T, W-T

    Tabel 3.2 Elisitasi Tahap I

    Tabel 3.3 Elisitasi Tahap II

    Tabel 3.4 Elisitasi Tahap III

    Tabel 3.5 Elisitasi Final

    Tabel 3.6 Skenario Use Case Diagram “Log In”

    Tabel 3.7 Skenario Use Case Diagram “Menambah data master”

    Tabel 3.8 Skenario Use Case Diagram “Menambah data Transaksi”

    Tabel 3.9 Skenario Use Case Diagram “Laporan”

    Tabel 3.10 Skenario Use Case Diagram “Utility”

    Tabel 3.11 Perbedaan sistem berjalan dengan system usulan”

    Tabel 3.12 Tabel AGS

    Tabel 3.13 Tabel AGS detail

    Tabel 3.14 Tabel Alumni

    Tabel 3.15 Tabel Mahasiswa

    Tabel 3.16 Tabel SGS Detail

    Tabel 3.17 Tabel SGS

    Tabel 3.18 Tabel EGS

    Tabel 3.19 Tabel EGS detail

    Tabel 3.20 Tabel Time Schedule

    Tabel 3.21 Tabel Estimasi Biaya


    DAFTAR GAMBAR


    Gambar 3.1 Struktur Organisasi Marketing Raharja

    Gambar 3.2 Use Case Diagram yang berjalan

    Gambar 3.3 Activity Diagram yang berjalan

    Gambar 3.4 Squence Diagram yang berjalan

    Gambar 3.5 Use Case Diagram yang diusulkan

    Gambar 3.6 Activity Diagram yang diusulkan

    Gambar 3.7 Squence Diagram yang diusulkan Admin

    Gambar 3.8 Class Diagram yang diusulkan

    Gambar 3.9 Tampilan Prototype Home

    Gambar 3.10 Tampilan Prototype Input FGS

    Gambar 3.11 Tampilan Log In

    Gambar 3.12 Tampilan Home

    Gambar 3.13 Tampilan Sub Menu Master

    Gambar 3.14 Tampilan Data Guru

    Gambar 3.15 Tampilan Sub Menu Transaksi

    Gambar 3.16 Tampilan Menu FGS

    Gambar 3.17 Tampilan Sub Menu Laporan

    Gambar 3.18 Tampilan Menu Report Budget Kegiatan

    Gambar 3.19 Tampilan Menu Report Reqrutment

    Gambar 3.20 Tampilan Sub Menu Utility

    Gambar 3.21 Tampilan Menu Ganti Password

    Gambar 3.22 Tampilan Menu Master User


    BAB I

    PENDAHULUAN

    Latar Belakang

    Alokasi Dana Promosi pasti dibutuhkan pada bagian marketing sebuah perusahaan, baik perusahaan itu besar maupun kecil, karena alokasi dana promosi nantinya yang akan mengatur budged/pengangggaran dan menentukan berjalannya sistem marketing pada perusahaan terkait. Bagian marketing sendiri sangatlah penting bagi perkembangan dan kemajuan sebuah perusahaan, terlebih jika perusahaan tersebut bergerak di bidang penyediaan jasa. Marketing lah tombak ujung perusahaan tersebut, kualitas marketing yang baik akan memberikan perkembangan yang baik bagi perusahaan. Oleh sebab itu demi berjalan baiknya marketing maka dibutuhkan alokasi dana promosi yang tersusun baik yang dapat menunjang pergerakan marketing agar kian meningkat.

    Perguruan Tinggi Raharja adalah subuah instansi yang bergerak dalam bidang pendidikan. Untuk pengalokasian dana promosi divisi pemasaran atau marketing di Perguruan Tinggi Raharja masih menggunakan sistem manual, yaitu menggunakan program Microsoft Excel. Maka agar dapat berjalan lebih baik maka akan dibangun sistem yang dapat membantu divisi marketing Perguruan Tinggi Raharja dalam kegiatan menyusun Alokasi Dana Promosi agar lebih otomatis, jika kegiatan tersebut berjalan otomatis maka akan membantu dalam pengerjaan yang lebih cepat serta efisien.


    Alokasi Dana Promosi masih terkait dengan sistem keuangan. Sistem keungan mempunyai banyak alur yang saling terhubung satu sama lain dan tidak semua orang dapat paham dengan baik mengenai sistem keuangan yang terkait pula dengan pendanan, sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memahami beberapa alur tersebut. Oleh sebab alasan tersebut maka dirasa dibutuhkan sebuah aplikasi yang memiliki tampilan user friendly serta mudah dipahami oleh operator dan terutamanya untuk bagian top level management yang disini dikhususkan untuk memonitoring sistem alokasi dana promosi ditampilkan dalam bentuk dashboard monitoring sehingga diharapkan dapat memudahkan dalam pengambilan keputusan.

    Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh penulis, untuk sistem penyusunan Alokasi Dana Promosi pada Perguruan Tinggi Raharja yang masil manual dirasa oleh penulis kurang membantu kinerja bagian marketing dalam mengevaluasi maupun dalam mengambil keputusan dalam hal Alokasi Dana Marketing.

    Maka penulis dengan ini ingin memberikan solusi yang terbaik pada Perguruan Tinggi Raharja. Yang melatar belakangi hal tersebut maka dalam penulisan Laporan Tugas Akhir ini penulis mengambil judul “PERANCANGAN APLIKASI E-BUDGETING UNTUK ALOKASI DANA PROMOSI PADA DIVISI MARKETING PERGURUAN TINGGI RAHARJA”.


    Rumusan Masalah

    Dari latar belakang yang telah di terangkan diatas, maka dapat disimpulkan beberapa perumusan masalah diantaranya sebagai berikut :

    1. Bagaimana Sistem Pelaporan Anggaran Bagian Pemasaran Perguruan Tinggi Raharja yang berjalan saat ini ?

    2. Apakah dengan sistem yang ada pada Perguruan Tinggi Raharja sudah dapat memenuhi kinerja di divisi tersebut ?

    3. Bagaimana Aplikasi E-Budgeting Untuk alokasi Dana Promosi Pada Divisi Marketing Perguruan Tinggi Raharja dapat mengotomatis dan berjalan efektif dari sistem yang sudah ada ?

    Tujuan dan Manfaat Penelitian

    Tujuan Penelitian

    1. Untuk menganalisa sistem Pelaporan Anggaran Bagian Pemasaran Perguruan Tinggi Raharja yang berjalan saat ini..

    2. Untuk merancang Aplikasi E-Budgeting Untuk Alokasi Dana Promosi Pada Divisi Marketing Perguruan Tinggi Raharja.

    3. Sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan pendidikan jenjang Diploma III pada jurusan Komputerisasi Akuntansi pada Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Raharja Informatika..


    Manfaat Penelitian

    1. Dapat memberikan sistem aplikasi dana alokasi pemasaran yang otomatis agar divisi marketing pun dapat lebih meningkat dalam pencapaian membangun Perguruan Tinggi Raharja.

    2. Lebih cepat dalam penyajian informasi dan penginputan data.

    3. Meningkatkan wawasan dan pengalaman penulis dari praktek ini pada pendidikan terutama untuk dunia informasi teknologi dan komputer.

    Ruang Lingkup

    Ruang lingkup penelitian dari penulis adalah aplikasi e-budgeting divisi marketing Perguruan Tinggi Raharja untuk pengelolaan dana promosi yang meliputi perhitungan dana komisi bagi yang merekomendasikan mahasiswa baru, pencatatan dana promosi untuk pameran, stand, beasiswa, sponsorship, dan pengadaan alat-alat promosi lainnya, serta pelaporan realisasi penggunaan dana promosi.


    Metode Penelitian

    Pengumpulan data dalam penelitin penulis menggunakan beberapa metode penelitian, diantaranya sebagai berikut :

    Metode Pengumpulan Data

    1. Observasi

    2. Penulis mengamati langsung sistem yang sedang berjalan pada divisi marketing Perguruan Tinggi Raharja yang berhubungan dengan sistem alokasi dana promosi.

    3. Wawancara

    4. Pengumpulan data informasi dengan cara melakukan tanya jawab pada pihak yang beraktifitas pada tempat penelitian untuk memahami akan hal yang akan diteliti serta mendapatkan data yang akurat.

    5. Studi Pustakaan

    6. Metode ini dilakukan untuk mencari dan mendapatkan sumber–sumber kajian dengan mencari referensi pada buku–buku yang dapat memberikan informasi sebagai acuan dalam perencanaan, pembuatan dan penyusunan penelitian.

    7. Literatur

    8. Bahan atau sumber ilmiah yang biasa digunakan untuk membuat suatu karya tulis atau pun kegiatan ilmiah lainnya. Literatur ini mirip dengan daftar pustaka atau referensi. Jika anda kebingungan untuk mencari materi dari suatu ilmu pengetahuan, maka anda akan mencari referensi ke sumber lain. Referensi ke sumber lain itulah yang dinamakan literatur. Bentuk dari literatur bisa berupa softcopy atau hardcopy selain buku.

    Metode Pengembangan/Analisa

    Setelah pengumpulan data dengan berbagai metode tersebut dilakukan, maka setelahnya data yang sudah terkumpulpul tersebut melalui tahap berikutnya untuk dianalisa agar dapat diambil informasi-informasi yang berguna untuk penelitian ini.

    Dalam menganalisis disini menggunakan 4 (empat) tahap diantaranya sebagai berikut :

    1. Indentify adalah mengidentifikasi masalah.

    2. Understand adalah memahami sistem yang ada.

    3. Analizer adalah menganalisa sistem.

    4. Report adalah membuat laporan hasil analisa.

    5. Langkah selanjutnya dari analisa tersebut dibuat menjadi laporan untuk masukan dalam perancangan sistem yang telah diusulkan.

    Metode Perancangan

    Untuk Laporan Tugas Akhir ini metode perancangan yang digunakan akan dimulai dengan struktur pertamanya yaitu pembuatan UML, pembuatan database lalu pembuatan program yang disesuaikan berdasarkan kebutuhan adminitrasi. Kemudian untuk bahasa pemograman menggunakan PHP dan untuk database menggunakan MySQL, sedangkan software pendukung dalam mode desainnya menggunakan Xampp juga mengunakan tools Visual Paradigma.


    Sistematika Penulisan

    Untuk memahami lebih jelas tentang penulisan penelitian ini, maka dikelompokkan materi penulisan menjadi 4 (empat) bab yang masing-masing saling berkaitan antara bab satu dengan yang lainya, sehingga menjadi satu kesatuan yang utuh, yaitu :

    BAB I PENDAHULUAN

    Bab ini berisi tentang uraian latar belakang, perumusan masalah, pembatasan masalah, metode penelitian, tujuan penelitian, manfaat penelitian, ruang lingkup penelitian dan sistematika penulisan.

    BAB II LANDASAN TEORI

    Bab ini terdiri dari pengertian dan penjelasan E-Budgeting Alokasi Dana Promosi Marketing secara umum serta teori-teori yang berhubungan dengan objek penelitian.

    BAB III PEMBAHASAN DAN HASIL

    Bab ini berisi gambaran umum Perguruan Tinggi Raharja, tata laksana sistem, rancangan program sampai testing dan evaluasi sistem serta estimasi biaya.

    BAB IV PENUTUP

    Bab ini berisi kesimpulan, saran, dan pesan.

    DAFTAR PUSTAKA

    LAMPIRAN

    BAB II

    LANDASAN TEORI

    Teori Umum

    Teori–teori umum yang digunakan penulis dalam penelitian adalah sebagai berikut : Konsep Dasar Perancangan, Konsep Dasar Aplikasi, Konsep Dasar UML (Unified Modeling Language), Konsep Dasar Bahasa Pemograman.


    Konsep Dasar Perancangan

    Definisi Perancangan


    Menurut Nugroho (2006:77)[1], “Definisi Perancangan adalah strategi untuk memecahkan masalah dan mengembangkan solusi terbaik permasalahan itu. Perancangan juga dapat diartikan sebagai suatu kegiatan didalam menciptakan suatu kondisi baru solusi yang didasari atas evaluasi dari konsepsi yang serasi serta bentuk permasalahan atau kasus yang ada. Perancangan suatu sistem merupakan suatu proses atau tahap implementasi pengembangan suatu aplikasi atau perangkat lunak berupa proses pengubahan spesifikasi sistem menjadi sistem yang dapat dijalankan”.


    Menurut Nafisah (2003:2)[2], “Perancangan adalah penggambaran, perencanaan dan pembuatan sketsa atau pengaturan dari beberapa elemen yang terpisah ke dalam satu kesatuan yang utuh dan berfungsi”.


    Menurut Nafisah (2003:2)[2], “Perancangan adalah penggambaran, perencanaan dan pembuatan sketsa atau pengaturan dari beberapa elemen yang terpisah ke dalam satu kesatuan yang utuh dan berfungsi”.


    Menurut Ladjamudin (2005:39)[3], “Perancangan adalah tahapan perancangan (design) memiliki tujuan untuk mendesain system baru yang dapat menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi perusahaan yang diperoleh dari pemilihan alternative sistem yang terbaik”.


    Menurut Kusrini (2007:79)[4], “Perancangan adalah proses pengembangan spesifikasi sistem baru berdasarkan hasil rekomendasi analisis sistem”.


    Berdasarkan dari beberapa bagian pengertian yang diterangkan diatas penulis dapat menyimpulkan bahwa perancangan adalah suatu proses untuk membuat dan mendesain sebuah sistem yang berdasarkan perencanaan yang telah disusun .


    Proses Perancangan Secara Umum

    a. Persiapan Data

    Menurut Sunarya (2013 : 81), data adalah sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya suatu pengolahan. Data bisa berupa suatu keadaan, gambar, suara, huruf, angka, matematika, bahasa ataupun simbol-simbol lainnya yang bisa kita gunakan sebagai bahan untuk melihat lingkungan, obyek, kejadian ataupun suatu konsep.

    Data berupa teks atau gambar terlebih dahulu harus kita pilah dan seleksi, apakah data itu sangat penting sehingga harus tampil atau kurang penting sehingga bisa ditampilkan lebih kecil, samar atau dibuang sama sekali. Data bisa berupa data informatif atau data estesis. Data informatif bisa berupa foto atau teks dan judul. Data estesis bisa berupa bingkai, background, efek grafis garis atau bidang. Untuk desain menggunakan komputer, data harus dalam format digital ataufile, oleh karena itu peralatan yang diperlukan untuk merubah dataanalog ke digital seperti scanner, kamera digital akan sangat membantu.

    b. Ide

    Untuk mencari ide yang kreatif diperlukan studi banding, wawancara dan lain-lain agar desain yang dibuat bisa efektif diterima dan membangkitkan kesan tertentu yang sulit dilupakan.

    c. Konsep

    Hasil kerja berupa pemikiran yang menentukan tujuan-tujuan, kelayakan dan segmen yang dituju. Oleh karena itu, desain grafis menjadi desain komunikasi visual agar dapat bekerja untuk membantu pihak yang membutuhkan solusi secara visual.

    d. Media

    Untuk mencapai kriteria ke sasaran atau segmen yang dituju diperlukan studi kelayakan yang cocok dan efektif untuk mencapai tujuannya. Media bisa berupa cetak, elektonik, luar ruang dan lain-lain.

    e. Visualisasi

    Yang dimaksud visualisasi disini adalah sebuah penjabaran yang berasal dari sebuah konsep kedalam bentuk visual. Visualisasi sangat erat kaitannya dengan pemilihan warna, layout sampai finishing. Hasil akhir yang didapat dari proses ini adalah sebuah visualisasi desain yang sesuai dengan kemauan klien.

    f. Produksi

    Setelah visualisasi selesai dan disetujui oleh klien, maka proses terakhir yang diperlukan adalah proses produksi. Tujuannya adalah agar hasil visualisasi tersebut dapat dipergunakan sebagaimana tujuan awalnya. Apakah sebagai media cetak, media elektronik atau media luar ruang. Proses produksi memang tidak dilakukan oleh seorang desainer tetapi desainer yang baik diharuskan untuk memahami sebuah proses produksi, agar hasil visualisasinya sesuai dengan apa yang diinginkan.

    Konsep Dasar Aplikasi

    Definisi Aplikasi

    Aplikasi berasal dari kata application yang artinya penerapan, lamaran, penggunaan. Secara istilah aplikasi adalah program siap pakai yang dibuat untuk melaksanakan suatu fungsi bagi pengguna atau aplikasi yang lain dan dapat digunakan oleh sasaran yang dituju.

    Pengertian aplikasi menurut Anwar (2010:5) adalah suatu subkelas perangkat lunak computer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna.biasanya dibandingkan dengan perangkat lunak sistem yang mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer, tapi tidak lansung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan pengguna. Contoh utama perangkat lunak aplikasi adalah pengolahan kata, lembar kerja, dan pemutar media.

    Menurut Kamus Kamus Besar Bahasa Indonesia (1998 : 52) adalah penerapan dari rancang sistem untuk mengolah data yang menggunakan aturan atauketentuan bahasa pemrograman tertentu. Aplikasi adalah suatu program komputer yang dibuat untuk mengerjakan dan melaksanakan tugas khusus dari pengguna.

    Berdasarkan dari beberapa bagian pengertian yang diterangkan diatas penulis dapat menyimpulkan bahwa aplikasi adalah suatu program sistem yang sengaja di ciptakan untuk membantu user dalam mengerjakan pekerjaan tertentu seperti input atau output data.

    Perangkat Lunak Aplikasi

    Yang dimaksud perangkat lunak aplikasi adalah suatu sub kelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. Biasanya dibandingkan dengan perangkat lunak sistem yang mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer, tapi tidak secara langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan pengguna. Contoh utama perangkat lunak aplikasi adalah pengolah kata, lembar kerja, dan pemutar media.

    Beberapa aplikasi yang digabung bersama menjadi suatu paket kadang disebut sebagai suatu paket atau suite aplikasi (application suite). Contohnya adalah Microsoft Office dan Open Office, yang menggabungkan suatu aplikasi pengolah kata, lembar kerja, serta beberapa aplikasi lainnya. Aplikasi-aplikasi dalam suatu paket biasanya memiliki antar muka pengguna yang memiliki kesamaan sehingga memudahkan pengguna untuk mempelajari dan menggunakan tiap aplikasi. Sering kali, mereka memiliki kemampuan untuk saling berinteraksi satu sama lain sehingga menguntungkan pengguna. Contohnya, suatu lembar kerja dapat dibenamkan dalam suatu dokumen pengolah kata walaupun dibuat pada aplikasi lembar kerja yang terpisah.

    Aplikasi Komputer

    Aplikasi Komputer atau Aplikasi Software adalah Program komputer yang ditulis dalam suatu bahasa pemrograman dan dipergunakan untuk menyelesaikan masalah tertentu.

    Adapun beberapa contoh aplikasi computer :

    a. Aplikasi Grafik

    Aplikasi komputer grafik awal perkembangannya dimulai pada akhir tahun 1950-an dan awal 1960-an. Merupakan suatu program komputer yang digunakan dengan menarik sebuah gambar yang memberikan dimensi baru pada bidang komputer saat itu

    b. Aplikasi Web

    Merupakan bagian dari internet sebagai komunitas jaringan komputer yang memberikan pelayanan www (world wide web). Dengan demikian, definisi teknis dariworld wide web adalah semua sumber daya dan semua pengguna di intenet yang menggunakan HTTP (Hypertext Transfer Protocol).

    WWW adalah aplikasi yang paling menarik di Internet dan seperti email, aplikasi ini sangat penting dan banyak digunakan. Aplikasi ini kadang disebut "The Killer Application" atau "the world is at your fingertip" karena kita bisa mendapatkan hasil dengan begitu mudah dan bukan sekadar teks yang bisa kita dapatkan namun gambar (images), maupun multimedia.

    c. Aplikasi Pendidikan

    i. Computer Assisted Instruction (CAI)Komputer secara langsung digunakan dalam proses belajar, sebagai pengganti pengajar ataupun buku. Beberapa aplikasi CAI adalah :

        Drill and Practice

        Tutorial

        Simulasi

    ii. Computer Managed Instruction (CMI)

    Para pengajar memanfaatkan komputer untuk merencanakan kuliah, disesuaikan dengan kondisi para siswa, yang terdiri dari acara belajar dengan bantuan komputer, membaca, dan ujian.

    Data

    ==== Aplikasi yang digunakan ====


Kesalahan pengutipan: Tag <ref> ditemukan, tapi tag <references/> tidak ditemukan