TA1322377506
PERANCANGAN APLIKASI E-BUDGETING UNTUK ALOKASI
DANA PROMOSI PADA DIVISI MARKETING
PERGURUAN TINGGI RAHARJA
TUGAS AKHIR
Disusun Oleh :
NIM |
: 1322377506
|
NAMA |
JURUSAN KOMPUTERISASI AKUNTANSI
KONSENTRASI KEUANGAN
AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
TANGERANG
2016/2017
AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
AMIK RAHARJA INFORMATIKA
LEMBAR PENGESAHAN TUGAS AKHIR
PERANCANGAN APLIKASI E-BUDGETING UNTUK ALOKASI
DANA PROMOSI PADA DIVISI MARKETING
PERGURUAN TINGGI RAHARJA
Disusun Oleh :
NIM |
: 1322377506
|
Nama |
|
Jenjang Studi |
: Diploma Tiga
|
Jurusan |
: Komputerisasi Akuntansi
|
Konsentrasi |
: Keuangan
|
Disahkan Oleh :
Tangerang, ..... 2017
Ketua |
Kepala Jurusan
| ||||
AMIK RAHARJA INFORMATIKA |
Jurusan Komputerisasi Akuntansi
| ||||
(Drs. Po. Abas Sunarya, M.Si) |
(Euis Siti Nur Aisyah, M.Kom)
| ||||
NIP : 000603 |
NIP : 060003
|
AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
(AMIK) RAHARJA
LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI
PERANCANGAN APLIKASI E-BUDGETING UNTUK ALOKASI
DANA PROMOSI PADA DIVISI MARKETING
PERGURUAN TINGGI RAHARJA
Dibuat Oleh :
NIM |
: 1322377506
|
Nama |
Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian
Komprehensif
Jurusan Komputerisasi Akuntansi
Konsentrasi Keuangan
Tahun Akademik 2016/2017
Disetujui Penguji :
Tangerang, .... 2017
Ketua Penguji |
Penguji I |
Penguji II
| ||
(_______________) |
(_______________) |
(_______________)
| ||
NID : |
NID : |
NID :
|
AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
(AMIK) RAHARJA INFORMATIKA
LEMBAR KEASLIAN TUGAS AKHIR
PERANCANGAN APLIKASI E-BUDGETING UNTUK ALOKASI
DANA PROMOSI PADA DIVISI MARKETING'
PERGURUAN TINGGI RAHARJA
Disusun Oleh :
NIM |
: 1322377506
|
Nama |
|
Jenjang Studi |
: Diploma 3
|
Jurusan |
: Komputerisasi Akuntansi
|
Konsentrasi |
: Keuangan
|
Menyatakan bahwa Tugas Akhir ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Tugas Akhir yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Ahli Madya Komputer baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.
Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.
Tangerang, ..... 2017
NIM : 1322377506
|
)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;
ABSTRAK
Perguruan Tinggi Raharja bermula dari sebuah lembaga kursus komputer yang bernama LPPK (Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Komputer) Raharja yang terletak di Jl. Gatot Subroto Km.2 Harmoni Mas Cimone Tangerang. Perguruan Tinggi Raharja adalah subuah instansi yang bergerak dalam bidang pendidikan. Untuk pengalokasian dana promosi divisi pemasaran atau marketing di Perguruan Tinggi Raharja masih menggunakan sistem manual, yaitu menggunakan program Microsoft Excel. Maka agar dapat berjalan lebih baik maka akan dibangun sistem yang dapat membantu divisi marketing Perguruan Tinggi Raharja dalam kegiatan menyusun Alokasi Dana Promosi agar lebih otomatis, jika kegiatan tersebut berjalan otomatis maka akan membantu dalam pengerjaan yang lebih cepat serta efisien. Metode penelitian yang digunakan adalah metode mengumpulan data, metode analisis dan metode perancangan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi langsung di perusahaan, melakukan dokumentasi dengan mempelajari dokumen-dokumen yang ada, riset terhadap masalah, wawancara kepada pihak terkait di perusahaan dan studi pustaka dari beberapa penelitian sebelumnya. Metode Analisa sistem menggunakan UML (Unified Modelling Language). Metode perancangan menggunakan model yang berorientasi objek dengan menggunakan UML (Unified Modeling Language) dan menggunakan bahasa pemrogramman PHP (PHP Hypertext Preprocessor). Dengan tahapan metode-metode tersebut penulis menemukan masalah-masalah dalam rancang bangun Aplikasi E-Budgeting yang sedang berjalan dan menemukan solusi yang terbaik bagi perusahaan. Adapun hasil penelitian ini adalah suatu Aplikasi E-Budgeting untuk membantu perusahaan dalam penganggaran dana promosi yang lebih efektif dan efisien. Kesimpulan dari diterapkannya Aplikasi E-Budgeting pada perusahaan adalah menjadikan proses pengarsipan data-data anggaran dana promosi menjadi lebih rapi dan pembuatan laporan hasil menjadi cepat, tepat waktu dan lebih informatif.
Kata Kunci: Anggaran Dana Promosi, Aplikasi E-Budgeting
ABSTRAC
Higher Education Raharja starts from an institution named LPPK computer courses (Institute of Computer Education and Training) Raharja located at Jl. Gatot Subroto Km.2 Harmoni Mas Cimone Tangerang. Higher Education Raharja is aa agencies engaged in education. The allocation of funds for marketing or marketing promotion division at the College Raharja still using manual systems, ie using the Microsoft Excel program. So to be able to run better it will be built a system that can help the marketing division of Higher Education Raharja in preparing activities Promotion Fund Allocation to be more automated, if activity continues automatically it will help in faster processing and efficient. The method used is the method of gathering data, methods of analysis and design methods. Methods of data collection is done by conducting direct observation in the company, do documentation by studying existing documents, research the issue, interviewing the parties involved in the company and literature of some previous studies. Systems analysis methods using UML (Unified Modeling Language). The design method using object-oriented model using UML (Unified Modeling Language) and using the programming language PHP (PHP Hypertext Preprocessor). By stage of these methods the authors found problems in the design of E-Budgeting is running and find the best solution for the company. The results of this study are an E-Budgeting Applications to help companies in the promotion fund budgeting more effective and efficient. The conclusion of the implementation of E-Budgeting at the company is to make the process of archiving data promotion fund budget is cleaner and report the results to be fast, timely and more informative.
Keywords: Fund of Promotion, E-Budgeting Applications
Dengan Mengucapkan puji dan syukur penulis panjatkan atas kehadirat Allah SWT atas ridho dan rahmat-Nya penulis dapat menyusun dan menyelesaikan Laporan TA (Tugas Akhir) ini dengan baik. Laporan ini disajikan dalam bentuk buku. Adapun judul yang diambil dalam penyusunan TA (Tugas Akhir) ini adalah "Pencangan Aplikasi E-Budgeting Untuk Alokasi Dana Promosi Pada Divisi Marketing Perguruan Tinggi Raharja". Laporan ini merupakan hasil observasi penulis di Perguruan Tinggi Raharja, dan merupakan salah satu syarat yang ditempuh oleh mahasiswa sebelum melaksanakan Sidang dalam jenjang Diploma jurusan Komputerisasi Akuntansi pada Perguruan Tinggi Raharja, Tangerang. Sebagai bahan penulisan, data dikumpulkan berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan sumber literature yang mendukung penulisan ini. Laporan Tugas Akhir ini disusun bertujuan untuk memenuhi salah satu persyaratan kelulusan dalam memperoleh gelar Ahli Madya (A.Md), dan sekaligus sebagai implementasi ilmu yang telah dipelajari selama masa perkuliahan. Laporan Tugas Akhir ini bersumber informasi berdasarkan observasi selama di Perguruan Tinggi Raharja dan juga dari berbagai literature review yang ada untuk mendukung penulisan dalam laporan Skripsi ini. Dalam penyusunan Laporan TA (Tugas Akhir), penulis banyak menerima bantuan dan dorongan baik secara moril maupun materil dari semua pihak. Penulis menyadari bahwa tanpa adanya bimbingan dan dorongan tersebut, laporan ini tidak akan dapat terselesaikan dengan baik dan tepat pada waktunya. Maka pada kesempatan ini penulis menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :
- Bapak Dr. Po. Abas Sunarya, M.Si selaku Direktur AMIK Raharja Informatika.
- Bapak Padeli, M.Kom selaku PUDIR I AMIK Raharja Informatika.
- Euis Sitinur Aisyah, M.Kom selaku Kepala Jurusan Komputerisasi Akuntansi sekaligus Dosen pembimbing II yang membantu dalam penyusunan laporan Kuliah Kerja Praktek.
- Nur Azizah, M. Akt, M. Kom Dosen pembimbing I yang membantu dalam penyusunan laporan Kuliah Kerja Praktek.
- Bapak Dede Cahyadi, SE. selaku pembimbing lapangan yang membantu penulis dalam menganalisa masalah.
- Bapak dan Ibu Dosen AMIK Raharja Informatika yang telah memberikan ilmu pengetahuan kepada penulis.
- Kepada ibu yang selalu mendukung dan terus menerus memberikan doa, terima kasih banyak untuk ibu yang selalu memberikan aku semangat.
- Sahabat-sahabat yang selalu memberikan aku candaan, sehingga membuat aku selalu semangat dan selalu tersenyum.
- Sahabat-sahabat yang selalu memberikan aku candaan, sehingga membuat aku selalu semangat dan selalu tersenyum.
- Seluruh Pimpinan dan Karyawan Perguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan dukungan dan masukan yang berarti kepada penulis dalam menyelesaikan Laporan Kuliah Kerja Praktek ini.
Bagaimana Sistem Pelaporan Anggaran Bagian Pemasaran Perguruan Tinggi Raharja yang berjalan saat ini ?
Apakah dengan sistem yang ada pada Perguruan Tinggi Raharja sudah dapat memenuhi kinerja di divisi tersebut ?
Bagaimana Aplikasi E-Budgeting Untuk alokasi Dana Promosi Pada Divisi Marketing Perguruan Tinggi Raharja dapat mengotomatis dan berjalan efektif dari sistem yang sudah ada ?
Untuk menganalisa sistem Pelaporan Anggaran Bagian Pemasaran Perguruan Tinggi Raharja yang berjalan saat ini..
Untuk merancang Aplikasi E-Budgeting Untuk Alokasi Dana Promosi Pada Divisi Marketing Perguruan Tinggi Raharja.
Sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan pendidikan jenjang Diploma III pada jurusan Komputerisasi Akuntansi pada Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Raharja Informatika..
Dapat memberikan sistem aplikasi dana alokasi pemasaran yang otomatis agar divisi marketing pun dapat lebih meningkat dalam pencapaian membangun Perguruan Tinggi Raharja.
Lebih cepat dalam penyajian informasi dan penginputan data.
Meningkatkan wawasan dan pengalaman penulis dari praktek ini pada pendidikan terutama untuk dunia informasi teknologi dan komputer.
Observasi
Wawancara
Studi Pustakaan
Literatur
Indentify adalah mengidentifikasi masalah.
Understand adalah memahami sistem yang ada.
Analizer adalah menganalisa sistem.
Report adalah membuat laporan hasil analisa.
Semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu yang telah membantu penyusunan laporan ini. Penulis menyadari bahwa dalam penyajian dan penyusunan laporan Tugas Akhir (TA) ini masih banyak kekurangan dan kesalahan, baik dalam penulisan, penyajian ataupun isinya. Oleh karena itu, penulis senantiasa menerima kritik dan saran yang bersifat membangun agar dapat dijadikan acuan bagi penulis untuk menyempurnakan nya di masa yang akan datang. Akhir kata, penulis mengucapkan terima kasih atas perhatian dari pembaca. Semoga Allah swt memberikan rahmat-Nya kepada kita semua. Dan semoga laporan Tugas Akhir (TA) ini dapat bermanfaat, khususnya bagi penulis dan umumnya bagi seluruh pembaca sekalian.
Tangerang, 20 Januari 2017 | |
Imami Fatimatun | |
NIM. 1322377506 |
Daftar isi
DAFTAR SIMBOL
DAFTAR SIMBOL ACTIVITY DIAGRAM
DAFTAR SIMBOL SEQUENCE DIAGRAM
DAFTAR SIMBOL CLASS DIAGRAM
DAFTAR SIMBOL STATE MACHINE DIAGRAM
DAFTAR TABEL
Tabel 3.1 Strategi S-O, W-O, S-T, W-T
Tabel 3.2 Elisitasi Tahap I
Tabel 3.3 Elisitasi Tahap II
Tabel 3.4 Elisitasi Tahap III
Tabel 3.5 Elisitasi Final
Tabel 3.6 Skenario Use Case Diagram “Log In”
Tabel 3.7 Skenario Use Case Diagram “Menambah data master”
Tabel 3.8 Skenario Use Case Diagram “Menambah data Transaksi”
Tabel 3.9 Skenario Use Case Diagram “Laporan”
Tabel 3.10 Skenario Use Case Diagram “Utility”
Tabel 3.11 Perbedaan sistem berjalan dengan system usulan”
Tabel 3.12 Tabel AGS
Tabel 3.13 Tabel AGS detail
Tabel 3.14 Tabel Alumni
Tabel 3.15 Tabel Mahasiswa
Tabel 3.16 Tabel SGS Detail
Tabel 3.17 Tabel SGS
Tabel 3.18 Tabel EGS
Tabel 3.19 Tabel EGS detail
Tabel 3.20 Tabel Time Schedule
Tabel 3.21 Tabel Estimasi Biaya
DAFTAR GAMBAR
Gambar 3.1 Struktur Organisasi Marketing Raharja
Gambar 3.2 Use Case Diagram yang berjalan
Gambar 3.3 Activity Diagram yang berjalan
Gambar 3.4 Squence Diagram yang berjalan
Gambar 3.5 Use Case Diagram yang diusulkan
Gambar 3.6 Activity Diagram yang diusulkan
Gambar 3.7 Squence Diagram yang diusulkan Admin
Gambar 3.8 Class Diagram yang diusulkan
Gambar 3.9 Tampilan Prototype Home
Gambar 3.10 Tampilan Prototype Input FGS
Gambar 3.11 Tampilan Log In
Gambar 3.12 Tampilan Home
Gambar 3.13 Tampilan Sub Menu Master
Gambar 3.14 Tampilan Data Guru
Gambar 3.15 Tampilan Sub Menu Transaksi
Gambar 3.16 Tampilan Menu FGS
Gambar 3.17 Tampilan Sub Menu Laporan
Gambar 3.18 Tampilan Menu Report Budget Kegiatan
Gambar 3.19 Tampilan Menu Report Reqrutment
Gambar 3.20 Tampilan Sub Menu Utility
Gambar 3.21 Tampilan Menu Ganti Password
Gambar 3.22 Tampilan Menu Master User
BAB I
Latar Belakang
Alokasi Dana Promosi pasti dibutuhkan pada bagian marketing sebuah perusahaan, baik perusahaan itu besar maupun kecil, karena alokasi dana promosi nantinya yang akan mengatur budged/pengangggaran dan menentukan berjalannya sistem marketing pada perusahaan terkait. Bagian marketing sendiri sangatlah penting bagi perkembangan dan kemajuan sebuah perusahaan, terlebih jika perusahaan tersebut bergerak di bidang penyediaan jasa. Marketing lah tombak ujung perusahaan tersebut, kualitas marketing yang baik akan memberikan perkembangan yang baik bagi perusahaan. Oleh sebab itu demi berjalan baiknya marketing maka dibutuhkan alokasi dana promosi yang tersusun baik yang dapat menunjang pergerakan marketing agar kian meningkat.
Perguruan Tinggi Raharja adalah subuah instansi yang bergerak dalam bidang pendidikan. Untuk pengalokasian dana promosi divisi pemasaran atau marketing di Perguruan Tinggi Raharja masih menggunakan sistem manual, yaitu menggunakan program Microsoft Excel. Maka agar dapat berjalan lebih baik maka akan dibangun sistem yang dapat membantu divisi marketing Perguruan Tinggi Raharja dalam kegiatan menyusun Alokasi Dana Promosi agar lebih otomatis, jika kegiatan tersebut berjalan otomatis maka akan membantu dalam pengerjaan yang lebih cepat serta efisien.
Alokasi Dana Promosi masih terkait dengan sistem keuangan. Sistem keungan mempunyai banyak alur yang saling terhubung satu sama lain dan tidak semua orang dapat paham dengan baik mengenai sistem keuangan yang terkait pula dengan pendanan, sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memahami beberapa alur tersebut. Oleh sebab alasan tersebut maka dirasa dibutuhkan sebuah aplikasi yang memiliki tampilan user friendly serta mudah dipahami oleh operator dan terutamanya untuk bagian top level management yang disini dikhususkan untuk memonitoring sistem alokasi dana promosi ditampilkan dalam bentuk dashboard monitoring sehingga diharapkan dapat memudahkan dalam pengambilan keputusan.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh penulis, untuk sistem penyusunan Alokasi Dana Promosi pada Perguruan Tinggi Raharja yang masil manual dirasa oleh penulis kurang membantu kinerja bagian marketing dalam mengevaluasi maupun dalam mengambil keputusan dalam hal Alokasi Dana Marketing.
Maka penulis dengan ini ingin memberikan solusi yang terbaik pada Perguruan Tinggi Raharja. Yang melatar belakangi hal tersebut maka dalam penulisan Laporan Tugas Akhir ini penulis mengambil judul “PERANCANGAN APLIKASI E-BUDGETING UNTUK ALOKASI DANA PROMOSI PADA DIVISI MARKETING PERGURUAN TINGGI RAHARJA”.
Rumusan Masalah
Dari latar belakang yang telah di terangkan diatas, maka dapat disimpulkan beberapa perumusan masalah diantaranya sebagai berikut :
Tujuan dan Manfaat Penelitian
Tujuan Penelitian
Manfaat Penelitian
Ruang Lingkup
Ruang lingkup penelitian dari penulis adalah aplikasi e-budgeting divisi marketing Perguruan Tinggi Raharja untuk pengelolaan dana promosi yang meliputi perhitungan dana komisi bagi yang merekomendasikan mahasiswa baru, pencatatan dana promosi untuk pameran, stand, beasiswa, sponsorship, dan pengadaan alat-alat promosi lainnya, serta pelaporan realisasi penggunaan dana promosi.
Metode Penelitian
Pengumpulan data dalam penelitin penulis menggunakan beberapa metode penelitian, diantaranya sebagai berikut :
Metode Pengumpulan Data
Penulis mengamati langsung sistem yang sedang berjalan pada divisi marketing Perguruan Tinggi Raharja yang berhubungan dengan sistem alokasi dana promosi.
Pengumpulan data informasi dengan cara melakukan tanya jawab pada pihak yang beraktifitas pada tempat penelitian untuk memahami akan hal yang akan diteliti serta mendapatkan data yang akurat.
Metode ini dilakukan untuk mencari dan mendapatkan sumber–sumber kajian dengan mencari referensi pada buku–buku yang dapat memberikan informasi sebagai acuan dalam perencanaan, pembuatan dan penyusunan penelitian.
Bahan atau sumber ilmiah yang biasa digunakan untuk membuat suatu karya tulis atau pun kegiatan ilmiah lainnya. Literatur ini mirip dengan daftar pustaka atau referensi. Jika anda kebingungan untuk mencari materi dari suatu ilmu pengetahuan, maka anda akan mencari referensi ke sumber lain. Referensi ke sumber lain itulah yang dinamakan literatur. Bentuk dari literatur bisa berupa softcopy atau hardcopy selain buku.
Metode Pengembangan/Analisa
Setelah pengumpulan data dengan berbagai metode tersebut dilakukan, maka setelahnya data yang sudah terkumpulpul tersebut melalui tahap berikutnya untuk dianalisa agar dapat diambil informasi-informasi yang berguna untuk penelitian ini.
Dalam menganalisis disini menggunakan 4 (empat) tahap diantaranya sebagai berikut :
Langkah selanjutnya dari analisa tersebut dibuat menjadi laporan untuk masukan dalam perancangan sistem yang telah diusulkan.
Metode Perancangan
Untuk Laporan Tugas Akhir ini metode perancangan yang digunakan akan dimulai dengan struktur pertamanya yaitu pembuatan UML, pembuatan database lalu pembuatan program yang disesuaikan berdasarkan kebutuhan adminitrasi. Kemudian untuk bahasa pemograman menggunakan PHP dan untuk database menggunakan MySQL, sedangkan software pendukung dalam mode desainnya menggunakan Xampp juga mengunakan tools Visual Paradigma.
Sistematika Penulisan
Untuk memahami lebih jelas tentang penulisan penelitian ini, maka dikelompokkan materi penulisan menjadi 4 (empat) bab yang masing-masing saling berkaitan antara bab satu dengan yang lainya, sehingga menjadi satu kesatuan yang utuh, yaitu :
BAB I PENDAHULUAN
Bab ini berisi tentang uraian latar belakang, perumusan masalah, pembatasan masalah, metode penelitian, tujuan penelitian, manfaat penelitian, ruang lingkup penelitian dan sistematika penulisan.
BAB II LANDASAN TEORI
Bab ini terdiri dari pengertian dan penjelasan E-Budgeting Alokasi Dana Promosi Marketing secara umum serta teori-teori yang berhubungan dengan objek penelitian.
BAB III PEMBAHASAN DAN HASIL
Bab ini berisi gambaran umum Perguruan Tinggi Raharja, tata laksana sistem, rancangan program sampai testing dan evaluasi sistem serta estimasi biaya.
BAB IV PENUTUP
Bab ini berisi kesimpulan, saran, dan pesan.
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
BAB II
Teori Umum
Teori–teori umum yang digunakan penulis dalam penelitian adalah sebagai berikut : Konsep Dasar Perancangan, Konsep Dasar Aplikasi, Konsep Dasar UML (Unified Modeling Language), Konsep Dasar Bahasa Pemograman.
Konsep Dasar Perancangan
Definisi Perancangan
Menurut Nugroho (2006:77)[1], “Definisi Perancangan adalah strategi untuk memecahkan masalah dan mengembangkan solusi terbaik permasalahan itu. Perancangan juga dapat diartikan sebagai suatu kegiatan didalam menciptakan suatu kondisi baru solusi yang didasari atas evaluasi dari konsepsi yang serasi serta bentuk permasalahan atau kasus yang ada. Perancangan suatu sistem merupakan suatu proses atau tahap implementasi pengembangan suatu aplikasi atau perangkat lunak berupa proses pengubahan spesifikasi sistem menjadi sistem yang dapat dijalankan”.
Menurut Nafisah (2003:2)[2], “Perancangan adalah penggambaran, perencanaan dan pembuatan sketsa atau pengaturan dari beberapa elemen yang terpisah ke dalam satu kesatuan yang utuh dan berfungsi”.
Menurut Nafisah (2003:2)[2], “Perancangan adalah penggambaran, perencanaan dan pembuatan sketsa atau pengaturan dari beberapa elemen yang terpisah ke dalam satu kesatuan yang utuh dan berfungsi”.
Menurut Ladjamudin (2005:39)[3], “Perancangan adalah tahapan perancangan (design) memiliki tujuan untuk mendesain system baru yang dapat menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi perusahaan yang diperoleh dari pemilihan alternative sistem yang terbaik”.
Menurut Kusrini (2007:79)[4], “Perancangan adalah proses pengembangan spesifikasi sistem baru berdasarkan hasil rekomendasi analisis sistem”.
Berdasarkan dari beberapa bagian pengertian yang diterangkan diatas penulis dapat menyimpulkan bahwa perancangan adalah suatu proses untuk membuat dan mendesain sebuah sistem yang berdasarkan perencanaan yang telah disusun .
Proses Perancangan Secara Umum
a. Persiapan Data
Menurut Sunarya (2013 : 81), data adalah sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya suatu pengolahan. Data bisa berupa suatu keadaan, gambar, suara, huruf, angka, matematika, bahasa ataupun simbol-simbol lainnya yang bisa kita gunakan sebagai bahan untuk melihat lingkungan, obyek, kejadian ataupun suatu konsep.
Data berupa teks atau gambar terlebih dahulu harus kita pilah dan seleksi, apakah data itu sangat penting sehingga harus tampil atau kurang penting sehingga bisa ditampilkan lebih kecil, samar atau dibuang sama sekali. Data bisa berupa data informatif atau data estesis. Data informatif bisa berupa foto atau teks dan judul. Data estesis bisa berupa bingkai, background, efek grafis garis atau bidang. Untuk desain menggunakan komputer, data harus dalam format digital ataufile, oleh karena itu peralatan yang diperlukan untuk merubah dataanalog ke digital seperti scanner, kamera digital akan sangat membantu.
b. Ide
Untuk mencari ide yang kreatif diperlukan studi banding, wawancara dan lain-lain agar desain yang dibuat bisa efektif diterima dan membangkitkan kesan tertentu yang sulit dilupakan.
c. Konsep
Hasil kerja berupa pemikiran yang menentukan tujuan-tujuan, kelayakan dan segmen yang dituju. Oleh karena itu, desain grafis menjadi desain komunikasi visual agar dapat bekerja untuk membantu pihak yang membutuhkan solusi secara visual.
d. Media
Untuk mencapai kriteria ke sasaran atau segmen yang dituju diperlukan studi kelayakan yang cocok dan efektif untuk mencapai tujuannya. Media bisa berupa cetak, elektonik, luar ruang dan lain-lain.
e. Visualisasi
Yang dimaksud visualisasi disini adalah sebuah penjabaran yang berasal dari sebuah konsep kedalam bentuk visual. Visualisasi sangat erat kaitannya dengan pemilihan warna, layout sampai finishing. Hasil akhir yang didapat dari proses ini adalah sebuah visualisasi desain yang sesuai dengan kemauan klien.
f. Produksi
Setelah visualisasi selesai dan disetujui oleh klien, maka proses terakhir yang diperlukan adalah proses produksi. Tujuannya adalah agar hasil visualisasi tersebut dapat dipergunakan sebagaimana tujuan awalnya. Apakah sebagai media cetak, media elektronik atau media luar ruang. Proses produksi memang tidak dilakukan oleh seorang desainer tetapi desainer yang baik diharuskan untuk memahami sebuah proses produksi, agar hasil visualisasinya sesuai dengan apa yang diinginkan.
Konsep Dasar Aplikasi
Definisi Aplikasi
Aplikasi berasal dari kata application yang artinya penerapan, lamaran, penggunaan. Secara istilah aplikasi adalah program siap pakai yang dibuat untuk melaksanakan suatu fungsi bagi pengguna atau aplikasi yang lain dan dapat digunakan oleh sasaran yang dituju.
Pengertian aplikasi menurut Anwar (2010:5) adalah suatu subkelas perangkat lunak computer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna.biasanya dibandingkan dengan perangkat lunak sistem yang mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer, tapi tidak lansung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan pengguna. Contoh utama perangkat lunak aplikasi adalah pengolahan kata, lembar kerja, dan pemutar media.
Menurut Kamus Kamus Besar Bahasa Indonesia (1998 : 52) adalah penerapan dari rancang sistem untuk mengolah data yang menggunakan aturan atauketentuan bahasa pemrograman tertentu. Aplikasi adalah suatu program komputer yang dibuat untuk mengerjakan dan melaksanakan tugas khusus dari pengguna.
Berdasarkan dari beberapa bagian pengertian yang diterangkan diatas penulis dapat menyimpulkan bahwa aplikasi adalah suatu program sistem yang sengaja di ciptakan untuk membantu user dalam mengerjakan pekerjaan tertentu seperti input atau output data.
Perangkat Lunak Aplikasi
Aplikasi Komputer
Data
==== Aplikasi yang digunakan ====
Kesalahan pengutipan: Tag <ref>
ditemukan, tapi tag <references/>
tidak ditemukan