SI1314476846
PENGEMBANGAN SISTEM IDU MENGGUNAKAN METODE
GAMIFIKASI GUNA MENGOPTIMALKAN
PEMBELAJARAN PADA
PERGURUAN TINGGI
Disusun Oleh :
NIM |
: 1314476846
|
NAMA |
JURUSAN SISTEM INFORMASI
KONSENTRASI BUSINESS INTELLIGENCE
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
TANGERANG
2015/2016
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI
PENGEMBANGAN SISTEM IDU MENGGUNAKAN METODE
GAMIFIKASI GUNA MENGOPTIMALKAN
PEMBELAJARAN PADA
PERGURUAN TINGGI
Disusun Oleh :
NIM |
: 1314476846
|
Nama |
|
Jenjang Studi |
: Strata Satu
|
Jurusan |
: Sistem Informasi
|
Konsentrasi |
: Business Intelligence
|
Disahkan Oleh :
Tangerang, Februari 2016
Ketua |
Kepala Jurusan
| ||||
STMIK RAHARJA |
Jurusan Sistem Informasi
| ||||
(Ir. Untung Rahardja, M.T.I) |
(Nur Azizah, M.Akt., M.Kom)
| ||||
NIP : 000594 |
NIP : 078010
|
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING
PENGEMBANGAN SISTEM IDU MENGGUNAKAN METODE
GAMIFIKASI GUNA MENGOPTIMALKAN
PEMBELAJARAN PADA
PERGURUAN TINGGI
Dibuat Oleh :
NIM |
: 1314476846
|
Nama |
Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif
Jurusan Sistem Informasi
Konsentrasi Business Intelligence
Disetujui Oleh :
Tangerang, Februari 2016
Pembimbing I |
Pembimbing II
| ||
(Hani Dewi Ariessanti, M.Kom) |
( Indri Handayani, S.Kom)
| ||
NID : 12003 |
NID : 14018
|
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI
PENGEMBANGAN SISTEM IDU MENGGUNAKAN METODE
GAMIFIKASI GUNA MENGOPTIMALKAN
PEMBELAJARAN PADA
PERGURUAN TINGGI
Dibuat Oleh :
NIM |
: 1314476846
|
Nama |
Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian
Komprehensif
Jurusan Sistem Informasi
Konsentrasi Business Intelligence
Tahun Akademik 2015/2016
Disetujui Penguji :
Tangerang, Februari 2016
Ketua Penguji |
Penguji I |
Penguji II
| ||
(------------------) |
(-------------------) |
(--------------------)
| ||
NID : ----- |
NID : ----- |
NID : -----
|
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI
PENGEMBANGAN SISTEM IDU MENGGUNAKAN METODE
GAMIFIKASI GUNA MENGOPTIMALKAN
PEMBELAJARAN PADA
PERGURUAN TINGGI
Disusun Oleh :
NIM |
: 1314476846
|
Nama |
|
Jenjang Studi |
: Strata Satu
|
Jurusan |
: Sistem Informasi
|
Konsentrasi |
: Business Intelligence
|
Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.
Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.
Tangerang, Februari 2016
NIM : 1314476846
|
)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;
ABSTRACT'
Assessment is An Important Component of Information Systems Management hearts, hearts HAL Obviously Singer Role of Information Technology big effect. Was PESSTA RATING System Assembly Yang applied in Higher Education Prog, but AT application Many problems Happens. In Singer Research identified three (3) The problems encountered regarding the findings of the validation widuri ASSESSMENT ON College Prog. One of Them is PO (Objective Evaluation) Trial Reports points widuri Where RATING taken by Decision Process Hearing Examiners. Development PESSTA + aims to review can be Overcoming these problems, BY based on the Decree of the Higher Education Prog No. 394 / SK-ASSESSMENT / PT / III / 2016 ON PROVISIONS Penialain Assembly Comprehensive And Assessment Course In Higher Education Prog that "The composition of the Evaluation Session comprehensive Of the 30% consisted Supervisor, Assessment Objective (PO) 20% and Tested 50% ". So, Assessment Objective (PO) RATING have weights of 20% Of the total Comprehensive Hearing Assessment TA / Skripsi. Development of validation widuri in PESSTA + singer using Yii Framework. AT Systems Research analytical methods Singer obtained using SWOT analysis and strategy development Overview 15 Implementation That will be proven accomplishments. Implementation Phase What is done is to socialize validation widuri in PESSTA + 77 addressed to the Supervisor. The singer is expected Able to increase research validation widuri in Pergururan Tinggi Raharja.
Keywords: Objective Assessment, PESSTA +, Validation Widuri.
ABSTRAK
Penilaian merupakan suatu komponen yang penting dalam pengelolaan sistem informasi, dalam hal ini jelas peran teknologi informasi berpengaruh besar. PESSTA adalah sistem penilaian sidang yang diterapkan di Perguruan Tinggi Raharja, namun pada penerapannya banyak permasalahan yang terjadi. Dalam penelitian ini teridentifikasi 3 (tiga) permasalahan yang dihadapi perihal penilaian hasil validasi widuri pada Perguruan Tinggi Raharja. Salah satunya adalah PO (Penilaian Objektif) sidang poin laporan widuri dimana proses penilaian diambil berdasarkan keputusan penguji sidang. Pengembangan PESSTA+ bertujuan untuk dapat mengatasi permasalahan tersebut, dengan didasari Surat Keputusan Perguruan Tinggi Raharja No. 394/SK-Penilaian/PT/III/2016 Tentang Ketentuan Penialain Sidang Komprehensif Dan Penilaian Mata Kuliah Di Perguruan Tinggi Raharja bahwa “Komposisi penilaian sidang komprehensif terdiri dari Pembimbing 30%, Penilaian Objektif (PO) 20% dan Penguji 50%”. Jadi, Penilaian Objektif (PO) memiliki bobot penilaian sebesar 20% dari keseluruhan penilaian sidang komprehensif TA/Skripsi. Pengembangan validasi widuri di PESSTA+ ini menggunakan Yii Framework. Metode analisis sistem pada penelitian ini menggunakan analisis SWOT dan didapatkan gambaran 15 strategi yang akan dibuktikan implementasi pencapaiannya. Tahap Implementasi yang dilakukan adalah mensosialisasikan validasi widuri di PESSTA+ kepada 77 Dosen Pembimbing. Penelitian ini diharapkan mampu meningkatkan mutu validasi widuri pada Perguruan Tinggi Raharja.
Kata kunci: Penilaian Objektif, PESSTA+, Validasi Widuri
Tangerang, 19 Januari 2017 | |
RUBIN HAKITA IRWIN | |
NIM. 1314476846 |