SI1314476846
PENGEMBANGAN SISTEM IDU MENGGUNAKAN METODE GAMIFIKASI
GUNA MENGOPTIMALKAN PEMBELAJARAN
PADA PERGURUAN TINGGI
SKRIPSI
Disusun Oleh:
NIM |
: 1314476846
|
NAMA |
JURUSAN SISTEM INFORMASI
KONSENTRASI KOMPUTER AKUNTANSI
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
(2016/2017)
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI
PENGEMBANGAN SISTEM IDU MENGGUNAKAN METODE GAMIFIKASI
GUNA MENGOPTIMALKAN PEMBELAJARAN
PADA PERGURUAN TINGGI
Disusun Oleh:
NIM | : 1222473603 |
Nama | : Rubin Hakita Irwin |
Jenjang Studi | : Strata Satu |
Jurusan | : Sistem Informasi |
Konsentrasi | : Komputer Akuntansi |
Disahkan Oleh :
Tangerang, Oktober 2016
Ketua | Kepala Jurusan | ||||
STMIK RAHARJA | Jurusan Sistem Informasi | ||||
(Ir. Untung_Rahardja, M.T.I) | (Nur Azizah,M.Akt.,M.Kom.) | ||||
NIP : 00594 | NIP : 10002 |
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING
PENGEMBANGAN SISTEM IDU MENGGUNAKAN METODE GAMIFIKASI
GUNA MENGOPTIMALKAN PEMBELAJARAN
WEB SERVICE PADA PERGURUAN TINGGI
Dibuat Oleh :
NIM | : 1314476846 |
Nama | : Rubin Hakita Irwin |
Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif
Jurusan Sistem Informasi
Konsentrasi Komputer Akuntansi
Disetujui Oleh :
Tangerang, Januari 2017
Pembimbing I | Pembimbing II | ||
(Ir. Untung_Rahardja, M.T.I) | (Qurotul Aini, S.Kom., M.T.I) | ||
NID : 99001 | NID : 14012 |
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI
PENGEMBANGAN SISTEM IDU MENGGUNAKAN METODE GAMIFIKASI
GUNA MENGOPTIMALKAN PEMBELAJARAN
PADA PERGURUAN TINGGI
Dibuat Oleh :
NIM | : 1314476846 |
Nama | : Rubin Hakita Irwin |
Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif
Jurusan Sistem Informasi
Konsentrasi Komputer Akuntansi
Tahun Akademik 2016/2017
Disetujui Penguji :
Tangerang, 19 Januari 2017
Ketua Penguji |
Penguji I |
Penguji II
| ||
(-----------------) |
(-----------------) |
(-----------------)
| ||
NID : ----- |
NID : ----- |
NID : -----
|
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI
Saya yang bertandatangan di bawah ini,
NIM | : 1314476846 |
Nama | : Rubin Hakita |
Jenjang Studi | : Strata Satu |
Jurusan | : Sistem Informasi |
Konsentrasi | : Komputer Akuntansi |
Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.
Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.
Tangerang, 19 Januari 2017 | |
Rubin Hakita Irwin | |
NIM. 1314476846 |
)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;
ABSTRACT
The development of advanced technology Increasingly Provides a breakthrough in educational institutions with online learning everything Becomes Easier and more flexible. In this context, Higher education Perguruan Tinggi Raharja has iLearning learning that being the only concentration of seed, but in the process of learning through IDU in Higher Education Perguruan Tinggi Raharja has not gone up because of the lack of optimization of teaching and learning activities in instructional media IDUs. In a study conducted there are three (3) regarding the problems faced by media learning IDUs. Powered by four (4) methods penerlitian and limited to 10 (ten) scope. Data were Analyzed using SWOT analysis .Terdapat 15 (Fifteen) strategy project for the realization of Reviews These Efforts. The implementation phase is the implementation of iLearning learning by using gamification in the course Introduction to Information Technology contained in three (3) classes of class PL102A, PL102C and PL102D, and terminate the application of the user who is not active in the media application iDu.
Keywords: iLearning, gamification, iDu
ABSTRAK
Perkembangan dunia teknologi yang semakin maju memberikan sebuah terobosan baru di dalam instansi pendidikan dengan pembelajaran online segala sesuatunya menjadi lebih mudah dan fleksibel. Dalam konteks ini, perguruan Tinggi Raharja memiliki pembelajaran iLearning yang menjadi satu-satunya konsentrasi unggulan, Namun didalam proses pembelajaran melalui iDu di Perguruan Tinggi Raharja belum berjalan dengan maksimal karena kurangnya optimalisasi kegiatan belajar mengajar dalam media pembelajaran iDu. Dalam penelitian yang dilakukan terdapat 3 (tiga) permasalahan yang dihadapi perihal media pembelajaran iDu. Didukung dengan 4 (empat) metode penerlitian serta dibatasi dengan 10 (sepuluh) ruang lingkup. Data data yang dihasilkan dianalisis dengan menggunakan analisa SWOT .Terdapat 15 (Lima Belas) strategy project untuk merealisasikan upaya tersebut. Tahap implementasi yaitu diterapkannya pembelajaran iLearning dengan menggunakan metode gamifikasi pada mata kuliah Pengantar Teknologi Informasi yang terdapat di 3 (tiga) kelas yaitu pada kelas PL102A, PL102C dan PL102D, serta diterapkannya terminate user yang tidak aktif dalam media aplikasi iDu.
Kata Kunci: iLearning, Gamifikasi, iDu
KATA PENGANTAR
Bismillahirrahmanirrahim.
Puji syukur, penulis panjatkan kehadirat Tuhan YME yang telah memberikan seribu jalan, sejuta langkah serta melimpahkan segala rahmat dan karunia-Nya, sehingga laporan Skripsi Penulis dapat berjalan dengan baik dan selesai dengan semestinya.
Tujuan dari pembuatan Skripsi ini adalah sebagai salah satu persyaratan dalam memperoleh gelar Sarjana Komputer (S.Kom) untuk jenjang S1 di Perguruan Tinggi Raharja, Cikokol Tangerang. Sebagai bahan penulisan, penulis mengambil data berdasarkan hasil observasi serta studi pustaka yang mendukung penulisan ini.
Hati kecil ini pun menyadari bahwa tanpa ada bimbingan dan dorongan dari semua pihak penyusunan laporan Skripsi ini tidak akan berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Oleh karena itu pada kesempatan yang singkat ini, izinkanlah penulis menyampaikan selaksa pujian dan terimakasih kepada :
- Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I selaku Presiden Direktur Perguruan Tinggi Raharja dan juga sebagai Dosen Pembimbing I yang telah memberikan arahan kepada penulis.
- Bapak Sugeng Santoso, M.Kom selaku Pembantu Ketua I Bidang Akademik STMIK Raharja.
- Bapak Junaidi, M.Kom selaku Kepala Jurusan Teknik Informatika.
- Ibu Indri Handayani, S.Kom sebagai Dosen Pembimbing II yang telah memberi arahan kepada penulis.
- Bapak Wahyu Hidayat, S.E. selaku Kepala Bagian Administrasi Dosen Perguruan Tinggi Raharja yang telah membantu penulis dalam pengumpulan data.
- Hormat dan bakti penulis khususkan pada orang tua yang telah memberikan dukungan baik moril maupun materil serta do'a sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan skripsi ini dengan baik.
- Keluarga Besar REC yang selalu menjadi tempat penulis menghabiskan waktu bersama di REC atas semangat yang diberikan tanpa henti.