SI1311475402

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari

PERANCANGAN APLIKASI ASET MANAGEMENT ICTBERBASIS WEB

DENGAN AKSES JARINGAN LOCAL AREA NETWORK

PADA UNIVERSITAS SURYA BOGOR


SKRIPSI


Logo stmik raharja.jpg


Disusun Oleh :

NIM
: 1311475402
NAMA


JURUSAN SISTEM INFORMASI

KONSENTRASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

STMIK RAHARJA

TANGERANG

2015/2016

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA


LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI

PERANCANGAN APLIKASI ASET MANAGEMENT ICTBERBASIS WEB

DENGAN AKSES JARINGAN LOCAL AREA NETWORK

PADA UNIVERSITAS SURYA BOGOR

Disusun Oleh :

NIM
: 1311475402
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Sistem Informasi
Konsentrasi
: Sistem Informasi Manajemen

 

 

Disahkan Oleh :

Tangerang, 8 Agustus 2016

Ketua
       
Kepala Jurusan
STMIK RAHARJA
       
Jurusan Sistem Informasi
           
           
           
           
(Ir. Untung Rahardja, M.T.I)
       
(Nur Azizah, M.Akt, M.Kom)
NIP : 000594
       
NIP : 078010

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 



LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING

PERANCANGAN APLIKASI ASET MANAGEMENT ICTBERBASIS WEB

DENGAN AKSES JARINGAN LOCAL AREA NETWORK

PADA UNIVERSITAS SURYA BOGOR

Dibuat Oleh :

NIM
: 1311475402
Nama

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Sistem Informasi

Sistem Informasi Manajemen

Tahun Akademik 2015 / 2016

Disetujui Oleh :

Tangerang, 8 Agustus 2016

Pembimbing I
   
Pembimbing II
       
       
       
       
(Fauzan Manafi Albar, S.Kom, MM.)
   
(Dendy Jonas, M.Kom.)
NID : 15014
   
NID : 14004

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA


LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI

PERANCANGAN APLIKASI ASET MANAGEMENT ICTBERBASIS WEB

DENGAN AKSES JARINGAN LOCAL AREA NETWORK

PADA UNIVERSITAS SURYA BOGOR


Dibuat Oleh :

NIM
: 1311475402
Nama

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian

Komprehensif

Jurusan Sistem Informasi

Konsentrasi Sistem Informasi Manajemen

Tahun Akademik 2015/2016

Disetujui Penguji :

Tangerang, 8 Agustus 2016

Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
(_______________)
 
(_______________)
 
(_______________)
NID :
 
NID :
 
NID :

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 


LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI

Yang bertanda tangan dibawah ini,

NIM
: 1311475402
Nama
Jurusan
: Sistem Informasi
Konsentrasi
: Sistem Informasi Manajemen

 

 

Menyatakan bahwa Laporan Skripsi ini dari awal sampai akhir merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikasi dari Laporan Skripsi yang telah dipergunakan untuk memenuhi persyaratan mengambil Skripsi guna mendapatkan gelar Sarjana Komputer di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan sebelumnya.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab serta bersedia menerima sanksi jika ternyata pernyataan di atas tidak benar.

Tangerang, 8 Agustus 2016

 
 
 
 
 
NIM : 1311475402

 

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;


ABSTRAKSI


Kemudahan pengaksesan data aset ICT perusahaan atau instansi telah menjadi aspek yang sangat penting dari suatu sistem informasi yang ada. Sebuah informasi umumnya ingin dapat dikelola dengan mudah. Oleh karena itu sangat penting dibuatnya suatu aplikasi untuk manajemen aset ICT yang dihubungkan dengan database aset ICT sebagai media penyimpan data aset perusahaan atau instansi. Dengan Penerapan aplikasi manajemen aset ICT dapat digunakan untuk mengamankan data aset dan memudahkan dalam pengelolaan data aset ICT yang ada. Oleh karena itu, pengguna membutuhkan bantuan aplikasi manajemen aset ICT yang dapat memberikan keakuratan dan ketepatan data dalam pengelolaan aset ICT.Aplikasi sistem informasi manajemen aset ICT sesungguhnya merupakan suatu yang terkait dengan aspek pengolahan data suatu sistem informasi, antara lain seperti pencarian data asset, integritas data, otentikasi, dan kevalidan data.


Kunci : data aset ICT, Manajemen Aset ICT, sistem infomasi


ABSTRACT

Ease of asset data access ICT company or institution has become a very important aspect of an existing information system. An information generally like can be easily managed. Therefore it is very important made an application for the management of ICT assets associated with ICT assets database as data storage assets of the company or agency. With the adoption of ICT asset management application can be used to secure the data assets and simplify data management of existing ICT assets. Therefore, users need the help of ICT asset management application that can provide the accuracy and precision of the data in the management of ICT assets.Application of ICT asset management information system was actually a associated with the data processing aspects of an information system, among other assets such as data search, data integrity, authentication, and validity of the data.


Keywords: ICT asset data, Asset Management ICT, information systems.


KATA PENGANTAR

Bismillahirrahmanirrahim

Puji syukur Alhamdulillah, penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya, sehingga pada akhirnya penulis dapat menyelesaikan skripsi ini yang penulis sajikan “Perancangan Aplikasi Aset Management ICT Berbasis Web Dengan Akses Jaringan Local Area NetworkPada Universitas Surya Bogor”. Tujuan penulisan skripsi ini merupakan salah satu syarat yang harus di tempuh oleh mahasiswa untuk kelulusan dalam jenjang Sarjana jurusan Sistem Informasi pada Perguruan Tinggi Raharja. Sebagai bahan penulisan diambil berdasarkan hasil penelitian (observasi), wawancara dan beberapa sumber literature yang mendukung skripsi ini. Penulis menyadari tanpa bimbingan dan dorongan dari semua pihak, maka penulisan skripsi ini tidak akan berjalan dengan lancar. Oleh karena itu, penulis menyampaikan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam penyelesaian Skripsi antara lain :

1. Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I selaku Ketua STMIK Raharja.

2. Bapak Sugeng Santoso,M.Kom selaku Puket I Bidang Akademik STMIK Raharja.

3. Ibu Nur Azizah,M.Akt.,M.Kom selaku Kepala Jurusan Sistem Informasi.

4. Bapak Fauzan Manafi Albar,.S.Kom MM, selaku Dosen Pembimbing I yang senantiasa memberikan dorongan dan bimbingan dalam menyusun laporan skripsi ini hingga selesai.

5. Bapak Dendy Jonas, M.Kom., selaku Dosen Pembimbing II yang senantiasa memberikan dorongan dan bimbingan dalam menyusun laporan skripsi ini hingga selesai.

7. Bapak dan Ibu Dosen Perguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan ilmu pengetahuan kepada saya.

8. Kedua orang tua dan keluarga tercinta yang telah memberikan dukungan moril maupun materil serta doa untuk keberhasilan penulis.

Penulis menyadari bahwa dalam penyajian dan penyusunan laporan ini masih jauh dari sempurna dan masih banyak kekurangan.

Akhir kata penulis berharap laporan ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca dan dapat menjadi bahan acuan yang bermanfaat dikemudian hari.

Tangerang,8 Agustus 2016
Nama. M. Devi Adiansyah
NIM. 1311475402


DAFTAR SIMBOL

DAFTAR SIMBOL USE CASE DIAGRAM

Simbol jokosi.JPG

DAFTAR SIMBOL ACTIVITY DIAGRAM

Activity jokosi.JPG


DAFTAR SIMBOL SEQUENCE DIAGRAM

Daftar_Simbol_Sequence_Diagram_zpsuzqxty6c.png

DAFTAR TABEL


Tabel 3.1 Identifikasi CSF

Tabel 3.2 CSF

Tabel 3.3 Hasil Elaborasi CSF

Tabel 3.4 Elisitasi Tahap 1

Tabel 3.5 Elisitasi Tahap 2

Tabel 3.6 Elisitasi Tahap 31

Tabel 3.7 Final Draft Elisitasi

Tabel 4.1 Perbedaan Prosedur Antara Sistem Berjalan dan Sistem Usulan

Tabel 4.2 Struktur Tabel Users

Tabel 4.3 Struktur Tabel level

Tabel 4.4 Struktur Tabel tipe

Tabel 4.5 Struktur Tabel location

Tabel 4.6 Struktur Tabel Merk

Tabel 4.7 Struktur Tabel os

Tabel 4.8 Struktur Tabel mobo

Tabel 4.9 Struktur Tabel proc

Tabel 4.10 Struktur Tabel ram

Tabel 4.11 Struktur Tabel Hdd

Tabel 4.12 Struktur Tabel Graphic

Tabel 4.13 Struktur Tabel Optical

Tabel 4.14 Struktur Tabel Keyboard

Tabel 4.15 Struktur Tabel Mouse

Tabel 4.16 Struktur Tabel Monitor

Tabel 4.17 Struktur Tabel Dongle

Tabel 4.18 Struktur Tabel Produk

Tabel 4.19 Struktur Tabel Ownwership

Tabel 4.20 Struktur Tabel Maintenance

Tabel 4.21 Pengujian Black Box

Tabel 4.22 Time Schedule

Tabel 4.23 Estimasi Biaya


DAFTAR GAMBAR

Gambar 2.1 Karakteristik Sistem

Gambar 3.1 Struktur Organisasi Surya University

Gambar 3.2 Usecase Diagram Sistem Berjalan

Gambar 3.3 Sequence Diagram Perbaikan Aset

Gambar 3.4 Sequence Diagram Peminjaman Aset

Gambar 3.5 Sequence Diagram Pengembalian Aset

Gambar 3.6 Sequence Diagram Laporan

Gambar 3.7 Activity Diagram Perbaikan Aset

Gambar 3.8 Activity Diagram Peminjaman Barang

Gambar 3.9 Activity Diagram Pengembalian Barang

Gambar 3.10 Activity Diagram Laporan

Gambar 3.11 Pencatatan Aset IT Dengan MS. Excel

Gambar 3.12 Form Tanda Terima

Gambar 3.13 Buku peminjaman aset

Gambar 4.1 Use Case Diagram Staff IT

Gambar 4.2 Use Case Diagram Head IT

Gambar 4.3 Activity Diagram Pada Staff IT

Gambar 4.4 Activity Diagram Pada Head IT

Gambar 4.5 Sequence Diagram Pada Staff IT

Gambar 4.6 Sequence Diagram Pada Head IT

Gambar 4.7 Class Diagram Sistem Usulan

Gambar 4.8 Prototype Halaman Login

Gambar 4.9 Prototype Halaman Home Admin

Gambar 4.10 Prototype Halaman Data Users

Gambar 4.11 Prototype Halaman Data Category

Gambar 4.12 Prototype HalamanData Assets

Gambar 4.13 Prototype HalamanInput Assets

Gambar 4.14 Prototype HalamanData Ownership

Gambar 4.15 Prototype Halaman Input Ownership

Gambar 4.16 Prototype HalamanData Maintenance

Gambar 4.17 Prototype Halaman Input Data Maintenance

Gambar 4.18 Prototype Halaman Data Report

Gambar 4.19 Prototype Halaman Data logs

Gambar 4.20 Halaman Login

Gambar 4.21 Halaman Home Admin

Gambar 4.22 Halaman Home Head IT

Gambar 4.23 HalamanData Users

Gambar 4.24 Halaman Data Category

Gambar 4.25 Halaman Data Asset

Gambar 4.26 Halaman Input Data Asset

Gambar 4.27 Halaman Data Ownership

Gambar 4.28 Halaman Input Data Ownership

Gambar 4.29 Halaman Data Maintenance

Gambar 4.30 Halaman Input Data Maintenance

Gambar 4.31 Halaman Data Report

Gambar 4.32 Halaman Data Log


BAB I

PENDAHUL UAN

Latar Belakang Masalah

Berbagai organisasi, perusahaan, atau pun pihak – pihak lain telah memanfaatkan sistem informasi manajemenaset untuk menyimpan dan mengelola data aset organisasi atau perusahaannya. Saat ini, kemudahan akses terhadap data sudah menjadi persyaratan mutlak.Sistem informasi sebagai unsur terpenting untuk menjalankan suatu kegiatan penyimpanan dan pengolahan aset. maka aplikasi sistem informasi manajemen aset adalah salah satu penunjang keberhasilan kegiatan tersebut. Karena dengan aplikasi sistem informasi manajemen aset maka dalam pengolahan data aset dapat dikerjakan dengan mudah, cepat dan tepat, terlebih dalam kegiatan pengolahan data aset ICT pada Universitas Surya Bogor.

Semua kegiatan instansi tidak lepas dari pada aplikasi sistem informasi manajemen aset, mulai dari pencatatan aset sampai dengan pembuatan laporan laporan. Beberapa alasan kenapa aplikasi sistem informasi manajemen aset saat ini sangat dibutuhkan dalam kegiatan pengolahan data aset yaitu keinginan user yang membutuhkan informasi yang cepat dan tepat.

Universitas Surya Bogor sebagai Universitas yang sedang berkembang yang didirikan pada tahun 2013 oleh tokoh pendidikan dan fisikawan Prof. Yohanes Surya tentunya akan sangat memerlukan aplikasi sistem informasi manajemen aset untuk menjalankan kegiatan-kegiatan pengolahan aset salah satunya yaitu aset ICT.

Untuk itu, berdasarkan latar belakang permasalahan yang ada pada Univesitas Surya Bogor saat ini,penulis dapat melakukan perancangan aplikasi sistem informasi manajemen aset dalam bentuk laporan skripsi dengan judul “Perancangan Aplikasi Aset Management ICT Berbasis Web Dengan Akses Jaringan Local Area NetworkPada Universitas Surya Bogor”


Perumusan Masalah

Beberapa perumusan masalah yang telah di identifikasi oleh penulis diantaranya yaitu:

  1. Apakah sistem informasi manajemen aset ICT yang ada saat ini pada Universitas Surya Bogor sudah efektif ?

  2. Apa saja kendala-kendala yang terjadi pada sistem informasi manajemen aset ICT yang berjalan saat ini pada Universitas Surya Bogor ?

  3. Bagaimana rancangan aplikasi sistem informasi manajemen aset ICT yang diusulkan pada Universitas Surya Bogor ?

Ruang Lingkup Penelitian

Adapun penulis membatasi ruang lingkup penulisan skripsi ini pada proses manajemen aset ICT pada Universitas Surya Bogor meliputi:

  1. Perancangan aplikasi sistem informasi manajemen aset ICT meliputi Perbaikan Aset, peminjaman Aset, pengembalian Aset, dan laporan

  2. Perancangan aplikasi sistem informasi manajemen aset ICT ini berbasis web menggunaan bahasa pemrograman php dan database mySQL pada jaringan Local Area Network ( LAN ) yang sudah ada


Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan Penelitian

1.4.1. Tujuan

Dalam penulisan skripsi ini, penulis membagi tujuan dalam (3) tiga kriteria yaitu :

a. Tujuan operasional :

  1. Mengetahui bagaimana sistem informasi manajemen aset ICT yang ada saat ini pada Universitas Surya Bogor.

  2. Mengetahui bagaimana tingkat keakuratan, ketepatan dan relevansi sistem informasi manajemen aset ICT yang berjalan pada Universitas Surya Bogor.

  3. Melakukan perancangan aplikasi sistem informasi manajemen aset ICT untuk memudahkan dan mengoptimalkan dari sistem informasimanajemenaset ICT yang telah ada saat ini pada Universitas Surya Bogor.


b. Tujuan Fungsional

  1. Memudahkan dalam manajemenaset ICT yang sedang berjalan.

  2. Memberikan solusi terhadapkendala-kendala pengelolaan aset ICT pada Universitas Surya Bogor dengan pembuatan aplikasi sistem informasi manajemen aset ICT.

c. Tujuan individual

  1. Menerapkan ilmu pengetahuan yang diperoleh di bangku kuliah pada dunia kerja.

  2. Menambah pengalaman secara langsung bagi penulis, agar siap menghadapi dunia kerja nantinya.

  3. Sebagai syarat bagi penulis untuk kelulusan pada jenjang sarjana

Manfaat penelitian

Penulis mengelompokkan manfaat penulisan menjadi dua bagian, yaitu sebagai beikut :

a. Manfaat Individu

  1. Untuk menguji seberapa jauh penulis menyerap ilmu yang didapat dari bangku perkuliahan.

  2. Mengetahui lebih dalam tentang sistem yang sedang berjalan sebagai landasan dalam pembuatan aplikasi manajemen aset ICT pada Universitas Surya Bogor.


b. Manfaat Organisasi

  1. Memudahkan dalam manajemenaset ICT yang sedang berjalan.

  2. Membantu memberikan solusi dari permasalahan-permasalahan yang terjadi pada proses manajemen aset ICT.

c. Tujuan individual

  1. Membantu memberikan solusi dari permasalahan-permasalahan yang terjadi pada proses manajemen aset ICT.

  2. Membantu memudahkan proses manajemen aset ICT secara efektif


Metode Penelitian

Metode Pengumpulan Data

Metode yang digunakandalampengumpulan data adalah :


  1. Wawancara

    Metode ini dilakukan dengan cara melakukan tanya jawab dengan beberapa narasumber secara langsung diantarannya Bpk. Supriyanto selaku kepala IT dan juga Bpk. Setiyani selaku Sistem Administrator Universitas Surya Bogor. Metode ini dilakukan guna memperoleh data yang lebih detail serta memperkuat data sebelumnya.

  2. Peninjauan dan Pengamatan( Observasi )

    Pengamatan dengan langsung kelapangan melakukan pengumpulan data pada bagian IT Universitas Surya Bogor yang merupakan sumber informasi yang dapat membantu menganalisa dalam rangka pembangunan aplikasi sistem informasi manajemen asset ICT.

  3. Studi Pustaka( Observasi )

    Merupakan cara untuk mendapatkan landasan teori dengan mempelajari dan mencatat literature,catatan-catatan kuliah yang erat hubungannya dengan penulisan skripsi ini


Metode Analisa

  1. Metode Analisa Sistem

    Setelah proses pengumpulan data dilaksanakan melalui beberapa tehnik, maka data yang dianalisis kemudian diolah sehingga mendapatkan suatu hasil akhir yang bermanfaat bagi peneliti. Dalam merancang sistem informasi manajemen aset ICT pada Universitas Surya Bogor penulis menggunakan analisis CSF (Critical Success Factor) dengan menginterpretasikan secara objektif dengan lebih jelas untuk menentukan aktivitas yang harus dilakukan dan informasi apa yang dibutuhkan.

  2. Metode Analisa Perancangan Program

    Penulis menggunakan UML (Unified Modeling Language) sebagai salah satu alat bantu untuk analisa perancangan program yang nantinya dapat digunakan dalam pembuatan program.

Metode Perancangan

Penulis menggunakan UML (Unified Modeling Language) sebagai salah satu alat bantu dalam perancangan program karena kemudahan menggunakan UML yang memiliki sifat uniformity, understandability, stability, dan reusability sehinggga akan lebih cepat dalam proses perancangan program. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP dengan database MySQL, sedangkan software pendukung yang digunakan dalam pembuatan program adalah Sublime text 3.

Metode Prototype

Dalam metode prototipe penulis menggunakan evolutionary prototype, karena berkaitan dengan pada pembuatan sistem baru yang akan penulis lakukan dalam penelitian ini. Dengan menggambarkan desain interface sistem baru yang akan dibuat sesuai kebutuhan pengguna.

Metode Testing

Dalam hal proses pengujian pada aplikasi manajemen aset ICT pada Universitas Surya Bogor peneliti menggunakan Metodologi Blackbox Testing. Blackbox Testing adalah metodologi uji coba yang memfokuskan pada keperluan fungsional perangkat lunak. Pengujian blackbox berusaha menemukan fungsi-fungsi yang tidak benar atau hilang, kesalahan interface, kesalahan dalam struktur data atau akses database eksternal, kesalahan kinerja dan inisialisasi kesalahan.


Sistematika Penulisan

Adapun untuk sistematika penulisan Skripsi ini terdiri dari 5 bab, yaitu

BAB I : PENDAHULUAN

Pada bab ini dijelaskan mengenai latar belakang, rumusan masalah, ruang lingkup penelitian, tujuan dan manfaat penelitan, metode penelitian, serta sistematika penulisan.

BAB II : LANDASAN TEORI

Bab ini menjelaskan beberapa definisi yang sesuai dengan penelitian dan beberapa literatur review yang berhubungan dengan penelitian.

BAB III : ANALISA SISTEM YANG SEDANG BERJALAN

Berisikan gambaran umum instansi, sejarah singkat, struktur organisasi, tugas dan tanggung jawab serta analisis sistem yang berjalan dengan menggunakan tools UML (Unified Modeling Language) yang meliputi Use Case Diagram, Activity Diagram, Elisitasi tahap I, II, III dan Draf Final.

BAB IV : RANCANGAN SISTEM YANG DIUSULKAN

Berisi tentang perancangan dan implementasi aplikasi, perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software) yang diperlukan, sumber daya manusia, cara pengoperasian dan implementasi sistem yang diusulkan

BAB V : KESIMPULAN DAN SARAN

Bab ini berisi mengenai kesimpulan yang diperoleh penulis dari hasil penganalisisan pada bab-bab terdahulu dan saran yang akan diberikan penulis.

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN


BAB II

LANDASAN TEORI

Teori Umum

Konsep Dasar Sistem

1. Definisi Sistem

Menurut Azhar Susanto [1]( 2013:22 ) : “Sistem adalah kumpulan atau group dari sub sistem/bagian/komponen apapun baik fisik ataupun non fisik yang saling berhubungan satu sama lain dan bekerja sama secara harmonis untuk mencapai satu tujuan tertentu” .

Menurut Stair dan Reynolds [2](2012: 8), “Information system is a set of interrelated elements or components that collect (input), manipulate (process), store, and disseminate (output) data and information, and provide a corrective reaction (feedback mechanism) to meet an objective.” Yang diterjemahkan “Sistem Informasi adalah sekumpulan elemen atau komponen saling berhubungan yang mengumpulkan (input), memanipulasi (proses), menyimpan dan mendistribusikan data dan informasi untuk menghasilkan umpan balik untuk mencapai tujuan.” .

Menurut Norman L. Enger dalam Sutabri [3](2012:12), ”Suatu sistem dapat terdiri dari atas kegiatan-kegiatan yang berhubungan guna mencapai tujuan-tujuan perusahaan seperti pengendalian inventaris atau penjadwalan produksi.”.” .

Menurut Yakub[4] ( 2012:1), “Sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang berhubunhan, terkumpul besama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau tujuan tertentu.” .

2. Karakteristik Sistem

Menurut Tata Sutabri[3](2012:20),sebuah sistem adalah input, proses, dan output. Hal ini merupkan konsep sebuah sistem yang sangat sederhana sebab sebuah sistem dapat mempunyai beberapa masukan dan keluaran.

Selain itu, sebuah sistem memiliki karakteristik atau sifat-sifat tertentu, yang mencirikan bahwa hal tersebut bisa dikatakan sebagai suatu sistem”. Adapun karakteristik yang dimaksud adalah sebagai berikut :

1. Komponen Sistem (Components)

Suatu sistem terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi, artinya saling bekerja sama membentuk satu kesatuan. Komponen-komponen sistem tersebut dapat berupa suatu bentuk subsistem, setiap subsistem memiliki sifat dari sistem yang menjalankan suatu fungsi tertentu dan mempengaruhi proses sistem secara keseluruhan, suatu sistem dapat mempunyai sistem yang lebih besar atau sering disebut “supra sistem”.


2. Batasan Sistem (Boundary)

Ruang lingkup sistem merupakan daerah yang membatasi antar sistem dengan sistem yang lain atau sistem dengan lingkungan luarnya, batasan sistem ini memungkinkan suatu sistem dipandang sebagai satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.

3. Lingkugan Luar Sistem (Environtment)

Bentuk apapun yang ada diluar ruang lingkup atau batasan sistem yang mempengaruhi operasi sistem tersebut disebut lingkungan luar sistem, lingkungan luar sistem ini dapat bersifat menguntungkan dan dapat juga bersifat merugikan sistem tersebut. Dengan demikian, lingkungan luar tersebut harus tetap dijaga dan dipelihara, lingkungan luar yang merugikan harus dikendalikan, jika tidak akan mengganggu kelangsungan hidup sistemtersebut.

4. Penghubung Sistem (Interface)

Media yang menghubungkan sistem dengan subsistem lain disebut penghubung sistem atau interface, penghubung ini memungkinkan sumber-sumber daya mengalir dari satu subsistem ke subsistem lain. Bentuk keluaran dari satu subsistem akan menjadi masukan untuk subsistem lain melalui integrasi sistem yang membentuk suatu kesatuan.

5. Masukkan Sistem (Input)

Energi yang dimasukkan kedalam sistem disebut masukkan sistem, yang dapat berupa pemeliharaan (maintenance input) dan sinyal (signal Input). Contoh, di dalam suatu unit sistem komputer “program” adalah maintenance input yang digunakan untuk mengoperasikan komputernya dan “data” adalah signal input untuk diolah menjadi informasi.

6. Keluaran Sistem (Output)

Hasil energi yang diolahdan diklasifikasikan menjadi keluaran yang berguna, kaluaran ini merupakan masukan bagi subsistem yang lain seperti sistem informasi. Keluaran yang dihasilkan adalah informasi, informasi ini dapat digunakan sebagai masukkan untuk pengambilan keputusan atau hal-hal yang menjadi input bagi subsistem lain.

7.Pengolahan Sistem (Proses)

Suatu sistem dapat mempunyai suatu proses yang akan mengubah masukan menjadi keluaran, contohnya adalah sistem akuntansi. Sistem ini akan mengolah data transaksi menjadi laporan-laporan yang dibutuhkan oleh pihak manajemen.

8. Sasaran Sistem (Objective)

Suatu sistem memiliki tujuan dan sasaran yang pasti dan bersifat deterministic,jika suatu sistem tidak memiliki sasaran maka operasi sistem tidak ada gunanya. Suatu sistem dikatakan berhasil bila mengenai sasaran atau tujuan yang telah direncanakan.

3. Klasifikasi Sistem

Menurut Sutabri (2012:22)[3],sistem merupakan suatu bentuk integrasi antara satu komponen dengan komponen lainnya karena sistem memiliki sasaran yang berbeda untuk setiap kasus yang terjadi yang ada di dalam sistem tersebut. Oleh karena itu, sistem dapat diklasifikasikan dari beberapa sudut pandang, diantaranya:

  1. Sistem abstak adalah sistem yang berupa pemikiran atau ide-ide yang tidak tampak secara fisik, misalnya sistem teologia, yaitu sistem yang berupa pemikiran hubungan antara manusia dengan Tuhan, sedangkan sistem fisik merupakan sistem yang ada secara fisik, misalnya sistem komputer, sistem produksi, sistem penjualan, sistem administrasi personalia, dan lain sebagainya

  2. Sistem alamiah adalah sistem yang terjadi melalui proses alam, tidak dibuat oleh manusia, misalnya sistem perputaran bumi, terjadinya siang malam, dan pergantian musim. Sedangkan sistem buatan manusia merupakan sistem yang melibatkan interaksi manusia dengan mesin yang disebut human machine sistem. Sistem informasi berbasis komputer merupakan contoh human machine sistem karena menyangkut penggunaan komputer yang berinteraksi dengan manusia.

  3. Sistem yang berinterkasi dengan tingkah laku yang dapat diprediksi disebut sistem deterministic. Sistem komputer adalah contoh dari sistem yang tingkah lakunya dapat dipastikan berdasarkan program-program komputer yang dijalankan. Sedangkan sistem yang bersifat probabilistik adalah sistem yang kondisi masa depannya tidak dapat diprediksi karena mengandung unsur probabilistic.

  4. Sistem tertutup merupakan sistem yang tidak berhubungan dan tidak terpengaruh oleh lingkunagn luarnya. Sistem ini bekerja secara otomatis tanpa campur tangan pihak luar. Sedangkan sistem tebuka adalah sistem yang berhubungan dan dipengaruhi oleh lingkungan luarnya. Sistem ini menerima masukan dan menghasilkan keluaran untuk sub sistem lainnya.

Konsep Dasar Informasi

1. Definisi Data

Menurut Susanto dalam bukunya Rusdiana [5](2014:68),” Data adalah fakta yang dapat digunakan sebagai input dalam menghasilkan informasi.data dapat berupa bahan untuk diskusi, pengambilan keputusan, perhitungan, atau pengukuran.”

Menurut Iqbal dalam bukunya Taufiq <ref="taufiq">Taufiq, Rohmad. 2013. SistemInformasiManajemen. Yogyakarta :GrahaIlmu</ref> (2013:13),” Data adalah bentuk jamak dari datum”. Data merupakan keterangan-keterangan tentang suatu hal, dapat berupa sesuatu yang diketahui atau yang dianggap atau anggapan.”

Menurut Sutabri [3] (2012:1),” Data merupakan bentuk jamak dari bentuk tunggal datum”. Data adalah kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan.”

Data merupakan bentuk jamak dari bentuk tunggal data atau item. Menurut McLeod dalam bukunya Yakub (Yakub,2012: 5)[4].“ Data adalah deskripsi kenyataan yang menggambarkan adanya suatu kejadian (event), data terdiri dari fakta (fact) dan angka yang secara relatif tidak berarti bagi pemakai”. Data dapat berbentuk nilai yang terformat, teks, citra, audio, dan video.”

  1. Citra (image), adalah data dalam bentuk gambar. Citra dapat berupa grafik, foto, dan tanda tangan, ataupun gambar yang lain.
  2. Data yang terformat, adalah data dengan suatu format tertentu; misalnya data dengan suatu yang menyatakan tanggal atau jam, atau menyatakan nilai mata uang.
  3. Audio, adalah data dalam bentuk suara. Instrumen musik, suara orang atau suara binatang, gemercik air, detak jantung merupakan beberapa contoh data audio.
  4. Video, adalah menyatakan data dalam bentuk sejumlah ganbar yang bergerak dan biasa saja dilengkapi dengan suara. Video dapat digunakan untuk mengabdikan suatu kejadian atau aktivitas.
  5. Teks, adalah sederetan huruf, angka, dan simbol-simbol khusus (misalnya + dan $) yang kombinasi nya tak tergantung masing-masing item secara individual. Contoh teks adalah artikel koran.

Dari pernyataan para ahli mengenai pengertian data tersebut, dapat disimpulkan bahwa “Data” adalah fakta atau apapun yang dapt digunakan sebagai input dalam menghasilkan informasi. Data bisa berupa bahan untuk diskusi, pengambilan keputusan, perhitungan, atau pengukuran.


2. Definisi Informasi

Menurut Darmawan [6](2013:2),”Informasi adalah hasi dari pengolahan data, tetapi tidak semua hasil dari pengolahan tersebut dapat menjadi informasi ”..

Menurut Sutabri [3](2012:29),”Informasi adalah sebuah istilah yang tepat dalam pemakaian umum.” Informasi dapat mengenai data mentah, data tersusun, kapasitas sebuah saluran komunikasi, dan lain sebagainya.

Dari pernyataan para ahli mengenai pengertian informasi tersebut, dapat disimpulkan bahwa informasi adalah suatu data atau objek yang diproses terlebih dahulu sedemikian rupa sehingga dapat tersusun dan terklasifikasi dengan baik sehingga memiliki arti bagi penerimanya, yang selanjutnya menjadi pengetahuan bagi penerima tentang suatu hal tertentu yang membantu pengambilan keputusan secara cepat.

3. Kualitas Informasi

Menurut Sutabri [3](2012:14), kualitas suatu informasi tergantung dari 3 hal, yaitu: informasi harus akurat (accurate), tepat waktu (timelines), dan relevan (relevance). Penjelasan tentang kualitas informasi tersebut akan dipaparkan dibawah ini:

  1. Akurat (Accurate)
  2. Informasi harus akurat karena biasanya dari sumber informasi sampai penerima informasi ada kemungkinan terjadi gangguan (noise) yang dapat mengubah atau merusak informasi tersebut.

  3. Tepat waktu (Timeline)
  4. Informasi yang datang pada sipenerima tidak boleh terlambat.

  5. Relevan (Relevance)
  6. Informasi tersebut mempunyai manfaat untuk pemakaiannya. Relevansi informasi untuk orang satu dengan yang lain berbeda.


    4. Nilai Informasi

    Parameter untuk mengukur nilai sebuah informasi (value of information) ditentukan dari dua hal pokok yaitu manfaat (benefit) dan biaya (cost). Namun, dalam kenyataannya informasi yang biaya untuk mendapatkan nya tinggi belum tentu memiliki manfaat yang tinggi pula. Menurut Sutarman (2012:14)[7] :”

    1. Untuk memperoleh pemahaman dan manfaat.
    2. Untuk mendapatkan pengalaman.
    3. Pembelajaran yang terakumulasi sehingga dapat diaplikasikan dalam pemecahan masalah atau proses bisnis tertentu.
    4. Untuk mengekstrak implikasi kritis dan merefleksikan pengalaman masa lampau yang menyediakan pengetahuan yang terorganisasi dengan nilai yang tinggi. Nilai ini bisa menghindari seorang menajer dari membuat kesalahan yang sama yang oleh manager lain sebelumnya.
    5. Suatu informasi dikatakan bernilai bila manfaatnya lebih efektif dibandingkan dengan biaya mendapatkannya. Sebagian besar informasi tidak dapat ditaksir keuntungannya dengan suatu nilai uang, tetapi dapat ditaksir nilai efektivitas nya.
    6. Menurut Gordon B. Davis, tanpa informasi yang sempurna dan kebijakan optimal menggunakan informasi yang sempurna dapat dinyatakan dengan jelas.

    Nilai suatu informasi dapat ditentukan berdasarkan sifatnya. Tentang 10 sifat yang dapat menentukan nilai informasi, yaitu sebagai berikut :

    1. Kemudahan dalam memperoleh

      Informasi memiliki nilai yang lebih sempurna apabila dapat diperoleh secara mudah. Informasi yang penting dan sangat dibutuhkan menjadi tidak bernilai jika sulit diperoleh.

    2. Sifat luas dan kelengkapannya

      Informasi mempunyai nilai yang lebih sempurna apabila mempunyai lingkup/cakupan yang luas dan lengkap. Informasi sepotong dan tidak lengkap menjadi tidak bernilai, karena tidak dapat digunakan secara baik.

    3. Ketelitian (accuracy)

      Informasi mempunyai nilai yang lebih sempurna apabila mempunyai ketelitian yang tinggi/akurat. Informasi menjadi tidak bernilai jika tidak akurat, karena akan mengakibatkan kesalahan pengambilan keputusan.

    4. Kecocokan dengan pengguna (relevance)

      Informasi mempunyai nilai yang lebih sempurna apabila sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Informasi berharga dan penting menjadi tidak bernilai jika tidak sesuai dengan kebutuhan penggunanya, karena tidak dapat dimanfaatkan untuk pengambilan keputusan.

    5. Ketepatan waktu

      Informasi mempunyai nilai yang lebih sempurna apabila dapat diterima oleh pengguna pada saat yang tepat. Informasi berharga dan penting menjadi tidak bernilai jika terlambat diterima/usang, karena tidak dapat dimanfaatkan pada saat pengambilan keputusan.

    Konsep Dasar Sistem Informasi

    1. Definisi Sistem Informasi

    Terdapat berbagai macam pengertian sistem informasi menurut beberapa ahli, diantaranya sebagai berikut :”

    1. Menurut Sutarman (2012:13)[7], "Sistem informasi adalah sistem yang dapat didefinisikan dengan mengumpulkan, memperoses, menyimpan, menganalisis, menyebarkan informasi untuk tujuan tertentu. Seperti sistem lainnya, sebuah sistem informasi terdiri atas input (data, instruksi) dan output (laporan, kalkulasi)".
    2. Menurut Hall (2011: 780)[8], ”Information system is set of formal procedures by which data are collected, processed into information, and distributed to users”. Yang diterjemahkan: “Sistem informasi adalah sekumpulan prosedur-prosedur yang sah dimana data dikumpulkan, diproses menjadi informasi, dan disalurkan kepada pengguna“..
    3. Menurut Azhar Susanto dalam bukunya Taufiq (2013:17),[9], ),”Sistem informasi adalah kumpulan dari subsistem apapun baik fisik ataupu nifisik yang saling berhubungan satu sama lain dan bekerja sama secara harmonis untuk mencapai suatu tujuan yaitu mengolah data menjadi informasi yang berarti dan berguna.”.
    4. Menurut James A O’Brien dalam bukunya Taufiq(2013:18)[9], ),” Sistem informasi adalah kombinasi teratur apapun dari orang-orang, hardware, software, jaringan komunikasi, dan sumber daya data yang mengumpulkan, mengubah dan menyebarkan informasi dalam sebuah organisasi.”.
    5. Blok Model (Model Block)

      Blok ini terdiri dari kombinasi prosedur, logika, dan model matematik yang akan memanipulasi data masukan (input) dan data yang tersimpan di basis data dengan cara yang sudah tertentu untuk menghasilkan keluaran (output)yang diinginkan.

    6. Blok Keluaran (Technology Block)

      Teknologi merupakan “tool box” dalam sistem informasi, teknologi digunakan untuk menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, menghasilkan dan mengirimkan keluaran, dan membantu pengendalian dari sistem secara keseluruhan. Teknologi terdiri dari 3 (tiga) bagian utama, yaitu teknisi (brainware),perangkat lunak (software), danperangkat keras (hardware).

    7. Blok Basis Data (Database Block)

      Basis data (database) merupakan kumpulan data yang saling berkaitan dan berhubungan satu sama lain, tersimpan di perangkat keras komputer dan menggunakan perangkat lunak untuk memanipulasinya. Data didalam basis data perlu diorganisasikan sedemikian rupa agar informasi yang dihasilkan berkualitas.

    8. Blok Kendali (Control Block)

      Banyak hal yang dapat merusak sistem informasi, seperti bencana alam, api, termperatur, air, debu, kecurangan-kecurangan, kegagalan-kegagalan sistem itu sendiri, ketidak efisienan, sabotase, dan lain sebagainya. Beberapa pengendalian perlu dirancang dan diterapkan untuk meyakinkan bahwa hal-hal yang dapat merusak sistem dapat dicegah ataupun bila terlanjur terjadi kesalahan-kesalahan dapat langsung diatasi.


Kesalahan pengutipan: Tag <ref> ditemukan, tapi tag <references/> tidak ditemukan

Contributors

M. Devi Adiansyah