SI1222472899

Dari widuri
Revisi per 27 Juli 2016 15.51 oleh Dona (bicara | kontrib)


Lompat ke: navigasi, cari

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM INVENTARIS BARANG

BERBASIS WEB PADA

PT. CHUGOKU PAINTS INDONESIA

DI TANGERANG


SKRIPSI


Logo stmik raharja.jpg


Disusun Oleh :

NIM
: 1222472899
NAMA


JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI SOFTWARE ENGINEERING

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

STMIK RAHARJA

TANGERANG

2015/2016

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI

'PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM INVENTARIS BARANG

BERBASIS WEB PADA

PT. CHUGOKU PAINTS INDONESIA'

DI TANGERANG

Disusun Oleh :

NIM
: 1222472899
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Software Engineering

 

 

Disahkan Oleh :

Tangerang, 25 Januari 2016

Ketua
       
Kepala Jurusan
STMIK RAHARJA
       
Jurusan Teknik Informatika
           
           
           
           
(Ir. Untung Rahardja, M.T.I)
       
(Junaidi, M.Kom)
NIP : 000594
       
NIP : 001405

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING

'PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM INVENTARIS BARANG

BERBASIS WEB PADA

PT. CHUGOKU PAINTS INDONESIA'

DI TANGERANG


Dibuat Oleh :

NIM
: 1222472899
Nama

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Software Engineering

Disetujui Oleh :

Tangerang, 23 juni 2016

Pembimbing I
   
Pembimbing II
       
       
       
       
   
(Ilamsyah, M.Kom)
NID : 99001
   
NID : 14012

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI

'PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM INVENTARIS BARANG

BERBASIS WEB PADA

PT. CHUGOKU PAINTS INDONESIA'

DI TANGERANG

Dibuat Oleh :

NIM
: 1222472899
Nama

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian

Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Software Engineering

Tahun Akademik 2015/2016

Disetujui Penguji :

Tangerang, 23 Juni 2016

Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
(……….. )
 
(……………..)
 
( ……………. )
NID : 07132
 
NID : 12003
 
NID : 07142

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI

'PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM INVENTARIS BARANG

BERBASIS WEB PADA

PT. CHUGOKU PAINTS INDONESIA'

DI TANGERANG

Disusun Oleh :

NIM
: 1222472899
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Teknik Infromatika
Konsentrasi
: Software Engineering

 

 

Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang, 23 Juni 2016

 
 
 
 
 
NIM : 1222472899

 

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;

ABSTRAKSI

PT.CHUGOKU PAINTS INDONESIA adalah sebuah perusahaan swasta yang bergerak di bidang jasa pembuatan cat untuk kebutuhan industri dengan kualitas dan formulasi dari jepang. Perusahaan yang memproduksi berbagai macam jenis cat untuk pabrik. Mulai dari pembuatan cat khusus kapal, pembangkit listrik, baja dan kayu untuk memenuhi kebutuhan costumer dibidang industri. Dimana perusahaan ini pada proses inventaris barang masih dilakukan secara manual dan belum terintegrasi dengan suatu web sehingga sulit dalam pembuatan dan pengontrolan data inventaris barang. Perkembangan teknologi pada sistem komputer memungkinkan perbaikan di segala bidang seperti dalam sistem inventaris barang yang masih manual, proses tersebut menjadi lambat dan tergantung kondisi. Karena dengan adanya sistem inventaris barang yang telah menggunakan web akan membawa suatu kemudahan untuk perusahaan tersebut untuk dapat beraktifitas dengan mudah dan dapat mengetahui informasi tentang inventaris barang. Penggunaan komputer saat ini dapat mempermudah dan memperlancar dalam proses pengolahan, penyimpanan data yang penting dalam perusahaan. Metodologi yang digunakan adalah metode pengumpulan data diantaranya melakukan observasi, melakukan wawancara, serta studi pustaka. Program ini mengenai sistem inventaris barang yang terintegrasi dengan suatu web sehingga lebih mudah dalam suatu pencarian data dan informasi.

Kata Kunci: sistem komputer, inventaris barang dan web.

ABSTRACT

PT.CHUGOKU PAINTS INDONESIA is a private company engaged in the manufacture of paint for industrial needs with the quality and formulation of Japan. Companies producing various types of paint to the factory. Starting of paint manufacture specialized ships, power plants, steel and wood to meet customer needs in the field of industry. Where the company is in the process of inventory of goods is still done manually and not integrated with a web making it difficult to manufacture and control of inventory data items. Technological developments in the computer system enables improvements in all areas such as the inventory system of goods that are still manual, the process is slow and depends on conditions. Due to a system of inventory of goods that have been using the web will bring an ease to the company to be able to act with ease and can find out information about the inventory of goods. The use of computers today can simplify and streamline the processing, storage of critical data in the enterprise. The methodology used is the data collection methods including observation, conducting interviews, and literature. This program concerning goods inventory system integrated with a web so it's easier in a search for data and information. .

Keywords: computer systems, inventory items and web.

KATA PENGANTAR

Alhamdulillahirabbil’aalamin. Segala puji bagi Allah SWT juga junjungan kita Rasulullah SAW yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada penulis sehingga dapat menyelesaikan penyusunan laporan Skripsi yang berjudul “PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM INVENTARIS BARANG BERBASIS WEB PADA PT. CHUGOKU PAINTS INDONESIA DI TANGERANG” .

\Tujuan dari pembuatan Skripsi ini sebagai salah satu syarat menyelesaikan program pendidikan Strata Satu (S1) Jurusan Teknik Informatika di Sekolah Tinggi Manajemen dan Ilmu Komputer Raharja Tangerang. Dalam penyusunan laporan Skripsi penulis menyadari jika tanpa bimbingan dan dorongan dari setiap pihak, maka Skripsi ini tidak akan terwujud dan selesai tepat waktu.

Penulis berharap karya tulis ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat dan tambahan pengetahuan bagi para pembaca umumnya serta mahasiswa khususnya. Dan semoga karya tulis ini dapat menjadi bahan perbandingan dalam periode selanjutnya dan dapat menjadi suatu karya ilmiah yang baik.

Pada kesempatan ini penulis menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar besarnya kepada


  1. Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I selaku Ketua STMIK Perguruan Tinggi Raharja.
  2. Bapak Drs. PO.Abas Sunarya, M.Si. selaku Direktur STMIK Perguruan Tinggi Raharja.
  3. Bapak Junaidi, M.Kom selaku Kepala Jurusan Teknik Informatika
  4. Bapak Maimunah, M.Kom. selaku Dosen Pembimbing I yang telah berkenan meluangkan waktu, pikiran, dan tenaganya untuk membantu serta memberikan bimbingan dan pengarahan kepada penulis.
  5. Bapak Ilamsyah, M.Kom. selaku Dosen Pembimbing II yang telah memberikan banyak masukan dalam penyusunan skripsi
  6. Para Dosen STMIK Raharja yang telah banyak membantu dan membimbing serta memberikan ilmu pengetahuanya kepada penulis selama perkuliahan.
  7. Untung Nugroho selaku General Affair Manager
  8. Seluruh karyawan PT. CHUGOKU PAINTS INDONESIA yang telah membantu penulis selama pelaksanan obsservasi
  9. Kepada Orang Tua yang selama ini telah setia memberikan dorongan semangat, perhatian, dan doa.
  10. Rekan-rekan grup upin-ipin (Achmad Khoirul Padli, Aditya Giyantono, Agus Gunawan, Andreas Persadaan Haloho, Bagus An Arif, Diar Eka Purnama, Diki Arif Rahman, Reza Zulian Pramana, Dewa Made Cahyadi Yudistira, Jaka Prima Maulana, Nur Irfan).
  11. Seluruh Pimpinan dan Karyawan PT.IMS Logistics yang telah memberikan dukungan dan masukan yang berarti kepada penulis dalam menyelesaikan Laporan Skripsi ini.

Dalam penyusunan laporan ini, penulis menyadari masih terdapat kekurangan-kekurangan serta kelemahan-kelemahan, untuk itu penulis sangat mengharapkan saran dan kritik dari seluruh pihak untuk menyempurnakan penyusunan laporan ini. Semoga Allah SWT. senantiasa menyertai langkah kita semua dalam meraih cita-cita menuju kesuksesan, Amin .

Akhir kata penulis berharap laporan Skripsi ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca dan dapat menjadi bahan acuan yang bermanfaat dikemudian hari.

Tangerang, Juni 2016
Dona Listyanto Pangestu
NIM. 1222472899


DAFTAR SIMBOL


DAFTAR SIMBOL USE CASE DIAGRAM

Daftar Simbol Use Case Diagram.png

DAFTAR SIMBOL ACTIVITY DIAGRAM

Daftar Simbol Activity Diagram.png


DAFTAR SIMBOL SEQUENCE DIAGRAM

Daftar Simbol Sequence Diagram.png

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Saat ini dengan adanya kemajuan teknologi yang semakin maju dan cepat memasuki berbagai bidang dan kini menjadi kebutuhan sehari hari untuk kepentingan pribadi, sekolah, maupun perusahaan. Sehingga kini semakin banyak perusahaan yang berusaha meningkatkan usahanya terutama dalam bisnis yang sangat berkaitan erat dengan teknologi itu sendiri. Komputer merupakan suatu alat penghitung dan juga dapat sebagai alat efisiensi kerja yang berguna menghasilkan suatu informasi dengan cepat, tepat dan akurat sehingga teknologi komputer ini menjadi kebutuhan yang mendasar dan tidak dapat dipisahkan dalam membantu sistem yang dibutuhkan.

Perusahaan-perusahaan yang ingin mengembangkan usaha dan mencapai sukses harus mengikuti era informasi dengan menggunakan komputer. Dengan adanya komputer sebagai alat pengolah data, maka semua bidang dalam suatu perusahaan ataupun instansi dapat dimaksimalkan kinerjanya, dalam hal ini bidang-bidang yang dianggap penting dan utama karena hal ini dapat mendukung keberhasilan suatu perusahaan dalam mencapai tujuannya .

Di suatu perusahaan pasti terdapat suatu aset baik berupa barang, peralatan kerja maupun fasilitas. Karena suatu barang perusahaan sangat menunjang proses bisnis yaitu berupa laptop, printer, komputer, kendaraan bermotor dan lainnya. Seharusnya barang tersebut dapat di kelola dan di identifikasi dengan baik tetapi realitanya yang terjadi di lapangan banyak terjadi masalah pada pengolahan barang invertaris sehingga berdampak pada kerugian yang tidak sedikit


Pada PT. CHUGOKU PAINTS INDONESIA pengolahan dan penyimpanan data inventaris barang yang dilakukan sudah terkomputerisasi namun belum maksimal hasilnya. Sehingga pencatatan di tahun sebelumnya sudah tidak ada lagi. Selain itu apabila suatu saat ada yang membutuhkan data barang tersebut sulit untuk mencarinya dan belum adanya suatu sistem yang terintegrasi web dikarenakan memiliki tempat kantor pusat yang berbeda. Kegiatan pendataan barang peminjaman atau pun pengembalian barang yang belum efektif dan masih di rasakan kurang mengakomondasi kepentingan perusahaan. Menyebabkan keluhan dalam penelusuran suatu barang. Sehingga terjadi pengeluaran biaya yang tinggi karena hilangnya barang inventaris. Berdasarkan alasan ini penulis berkesimpulan untuk mengambil judul “ PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM INVENTARIS BARANG BERBASIS WEB PADA PT. CHUGOKU PAINTS INDONESIA DI TANGERANG “ dengan harapan dapat menyelesaikan masalah yang ada pada bagian inventaris barang.

Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang diatas, maka dapat di rumuskan beberapa masalah yang akan di ambil :

  1. Bagaimana sistem inventaris yang berjalan saat ini ?.

  2. Bagaimana merancang suatu sistem inventaris barang berbasis web pada PT. CHUGOKU PAINTS INDONESIA.

Ruang Lingkup Penelitian

Melihat begitu banyak dan luas pada bidang yang ada di PT. CHUGOKU PAINTS INDONESIA. Dalam penulisan skripsi ini ruang lingkup penelitian di batasi yaitu : Pendataan barang inventaris yang sudah ada, pencatatan barang inventaris baru, peminjaman barang inventaris, pengembalian barang inventaris, dan laporan peminjaman dan pengembalian barang inventaris

    Tujuan Penelitian

    Penelitian ini bertujuan :

    1. Mempermudah mekanisme untuk menyelesaikan suatu permasalahan bagi pihak yang terkait dalam penerapan sistem inventaris barang.

    2. Membuat rancangan sistem yang dapat menghasilkan laporan informasi inventaris barang secara tepat dan akurat.

    3. Mengimplementasikan ilmu yang di dapat saat perkuliahan dan sebagai syarat mengikuti sidang sarjana S1 jurusan teknik informatika.

    Manfaat Penelitian

    Adapun Manfaat dari penelitian ini adalah :

    1. Mengetahui permasalahan yang dihadapi dalam penerapan sistem inventaris barang yang ada pada PT. CHUGOKU PAINTS INDONESIA.

    2. .< Dapat mengakses informasi data barang inventaris secara lebih cepat dan akurat .

    3. Menambah pengalaman disegala bidang terutama di dalam dunia teknologi komputerisasi mengenai sistem inventaris barang yang ada pada PT. CHUGOKU PAINTS INDONESIA.

    Metode Penelitian

    Dalam memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian maka penulis menggunakan beberapa metode yang digunakan adalah sebagai berikut: :

    Metode Pengumpulan Data

    1. Observasi (Pengamatan)

      Pengumpulan data dengan pengamatan secara langsung tentang inventaris barang pada PT. CHUGOKU PAINTS INDONESIA. Penulis melakukan pendataan seraca lengkap yang dan sebagai sumber informasi yang dapat membantu dalam pembangunan sistem .

    2. Wawancara

      Metode pengumpulan data dengan cara tanya jawab secara langsung dengan koordinator petugas di lapangan. Untuk memperoleh data yang lebih akurat.

    3. Studi Pustaka

      Metode yang digunakan penulis untuk mengupulkan data dan informasi dengan membaca dari buku-buku yang berhubungan dengan sistem yang akan di teliti dan menjadi referensi untuk penrancangan sistem yang akan di buat .

    Metode Analisa

    Setelah proses pengumpulan data dilakukan maka akan di analisa agar dapat suatu hasil yang bermanfaat. Penulis mengunakan Unifield Modeling Language (UML) dan terdapat 3 tahap elisitasi yaitu elisitasi tahap I, elisitasi tahap II, elisitasi tahap III dan elisitasi final.

    Metode Perancangan

    Penulis mengunakan perangkat lunak UML (Unifield Modeling Language) dapat didefinisikan sebagai sebuah bahasa yang telah menjadi standar dalam industri untuk visualisai, merancang dan mendokumentasikan system perangkat lunak.

    Sistematika Penulisan

    Untuk memahami lebih jelas laporan skripsi, maka penulis mengelompokan laporan ini menjadi beberapa sub-sub dengan sistem penyampaian laporan sebagai berikut:

    BAB I  : PENDAHULUAN

    Bab ini menjelaskan Latar Belakang, Perumusan Masalah, Ruang Lingkup, Tujuan dan Manfaat Penelitian, Metode Penelitian dan Sistematika Penulisan .

    BAB II  : LANDASAN TEORI

    Bab ini menjelaskan mengenai konsep dasar analisa, analisa sistem, definisi sistem, konsep dasar sistem, karakteristik sistem, definisi pengolahan data, pengertian Unified Modeling Language (UML), dan literature review.

    BAB III  : ANALISA SISTEM YANG BERJALAN

    Bab ini menjelaskan tentang sejarah singkat perusahaan, struktur organisasi, tugas dan fungsi organisasi, analisa sistem yang sedang berjalan seperti use case diagram, activity diagram, sequence diagram dan penggambaran sistem dengan menggunakan Unified Modeling Language (UML) serta alternatife pemecahan masalah.

    BAB IV  : RANCANGAN SISTEM YANG DIUSULKAN

    Bab ini menjelaskan suatu rancangan system yang di usulkan dalam bentuk Unified Modeling Language (UML) dan tampilan dari sebuah system terssebut yang akan di implementasikan .

    BAB V  : PENUTUP

    Pada bab ini merupakan kesimpulan hasil dari penulisan skripsi dan juga saran-saran yang bersifat membangun sebagai bahan masukkan untuk melakukan perbaikan di masa mendatang. .

    DAFTAR PUSTAKA

    LAMPIRAN

     

     

    BAB II

    LANDASAN TEORI

    Teori Umum

    Konsep Dasar Sistem

    Definisi Sistem

    Menurut Nasarudin, dalam jurnal CCIT Vol.6 No.2 (januari 2013:226-227),[1] “Sistem merupakan suatu kumpulan komponen – komponen yang saling berhubungan dan mempunyai ketergantungan satu sama lain, sistem dapat berjalan jika komponen – komponen yang ada di dalamnya bisa bekerja sama membentuk suatu lingkaran yang tidak dapat di pisahkan”

    Menurut Taufiq (20013:2),[2] Sistem adalah kumpulan dari sub-sub sistem baik abstrak maupun fisik yang saling terintegrasi dan berkolaborasi untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

    Karakteristik Sistem

    Menurut Sutabri (2012:20),[3] Model umum sebuah sistem adalah input, process, output, hal ini merupakan konsep sebuah sistem yang sangat sederhana sebab sebuah sistem dapat mempunyai beberapa masukan dan keluaran. Selain itu, sebuah sistem mempunyai karakteristik atau Sifat-sifat tertentu yang mencirikan bahwa hal tersebut bisa dikatakan sebagai sebagai suatu sistem. Adapun karakteristik yang dimaksud adalah sebagai berikut:

    1. Komponen Sistem (Components)
      Suatu sistem terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi, artinya saling bekerjasama membentuk satu kesatuan. Komponen-komponen sistem tersebut dapat berupa suatu bentuk subsistem, setiap subsistem memiliki sifat dari sistem yang menjalankan suatu fungsi tertentu dan mempengaruhi proses sistem secara keseluruhan, suatu sistem dapat mempunyai sistem yang lebih besar atau sering disebut “supra sistem”.
    2. Batasan Sistem (Boundary)
      Ruang lingkup sistem merupakan daerah yang membatasi antar sistem dengan sistem yang lain atau sistem dengan lingkungan luarnya, batasan sistem ini memungkinkan suatu sistem dipandang sebagai satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.
    3. Lingkungan Luar Sistem (Environtment)
      Bentuk apapun yang ada di luar ruang lingkup atau batasan sistem yang mempengaruhi operasi sistem tersebut disebut lingkungan luar sistem, lingkungan luar sistem ini dapat bersifat menguntungkan dan dapat juga bersifat merugikan sistem tersebut. Dengan demikian, lingkungan luar tersebut harus tetap dijaga dan dipelihara, lingkungan luar yang merugikan harus dikendalikan, jika tidak akan mengganggu kelangsungan hidup sistem tersebut.
    4. Penghubung Sistem (Interface)
      Media yang menghubungkan sistem dengan subsistem lain disebut penghubung sistem atau interface, penghubung ini memungkinkan sumber-sumber daya mengalir dari satu subsistem ke subsistem lain. Bentuk keluaran dari satu subsistem akan menjadi masukan untuk subsistem lain melalui penghubung tersebut, dengan demikian dapat terjadi suatu integrasi sistem yang membentuk suatu kesatuan.
    5. Masukkan Sistem (Input) Energi yang dimasukkan ke dalam sistem disebut masukkan sistem, yang dapat berupa pemeliharaan (maintenance input) dan sinyal (signal Input). Contoh, di dalam suatu unit sistem komputer program adalah maintenance input yang digunakan untuk mengoperasikan komputernya dan”data” adalah signal input untuk diolah menjadi informasi.
    6. Keluaran Sistem (Output) Hasil energi yang diolah dan diklasifikasikan menjadi keluaran yang berguna, keluaran ini merupakan masukkan bagi subsistem yang lain seperti sistem informasi. Keluaran yang dihasilkan adalah informasi, informasi ini dapat digunakan sebagai masukkan untuk pengambilan keputusan atau hal-hal yang menjadi input bagi subsistem lain.
    7. Pengolahan Sistem (Proses) Suatu sistem dapat mempunyai suatu proses yang akan mengubah masukkan menjadi keluaran, contohnya adalah sistem akuntansi. Sistem ini akan mengolah data transaksi menjadi laporan-laporan yang dibutuhkan oleh pihak manajemen.
    8. Saran Sistem (Objective) Suatu sistem memiliki tujuan dan sasaran yang pasti dan bersifat deterministic, jika suatu sistem tidak memiliki sasaran maka operasi sistem tidak ada gunanya. Suatu sistem dikatakan berhasil bila mengenai sasaran atau tujuan yang telah direncanakan.

    Klasifikasi Sistem

    Menurut Taufiq (2013:22),[2] Sistem merupakan suatu bentuk integrasi antara satu komponen dengan komponen lainnya karena sistem memiliki sasaran yang berbeda untuk setiap kasus yang terjadi yang ada didalam sistem tersebut. Oleh karena itu, sistem dapat diklasifikasikan dari beberapa sudut pandang, diantaranya:

    1. Sistem abstrak adalah sistem yang berupa pemikiran atau ide-ide yang tidak tampak secara fisik, misalnya sistem teologia, yaitu sistem yang berupa pemikiran hubungan antara manusia dengan Tuhan, sedangkan sistem fisik merupakan sistem yang ada secara fisik, misalnya sistem komputer, sistem produksi, sistem penjualan, sistem administrasi personalia, dan lain sebagainya.
    2. Sistem alamiah adalah sistem yang terjadi melalui proses alam, tidak dibuat oleh manusia, misalnya sistem perputaran bumi, terjadinya siang malam, dan pergantian musim. Sedangkan sistem buatan manusia merupakan sistem yang melibatkan interaksi manusia dengan mesin yang disebut human machine sistem. Sistem informasi berbasis komputer merupakan contoh human machine sistem karena menyangkut penggunaan komputer yang berinteraksi dengan manusia.
    3. Sistem yang berinteraksi degan tingkah laku yang dapat diprediksi disebut sistem deterministic. Sistem komputer adalah contoh dari sistem yang tingkah lakunya dapat dipastikan berdasarkan program-program komputer yang dijalankan. Sedangkan sistem yang bersifat probabilistic adalah sistem yang kondisi masa depannya tidak dapat diprediksi karena mengandung unsur probabilistic.
    4. Sistem tertutup merupakan sistem yang tidak berhubungan dan tidak terpengaruh oleh lingkungan luarnya. Sistem ini bekerja secara otomatis tanpa campur tangan pihak luar. Sedangkan sistem terbuka adalah sistem yang berhubungan dan dipengaruhi oleh lingkungan luarnya. Sistem ini menerima masukan dan menghasilkan keluaran untuk subsistem lainnya
    5. Sistem Manusia dan Sistem Mesin Sistem manusia dan sistem mesin merupakan sebuah klasifikasi sistem jika dipandang dari pelakunya. Pada zaman yang semakin global dan semuanya serba maju ini tidak semua sistem dikerjakan oleh manusia tapi beberapa sistem dikerjakan oleh mesin tergantung dari kebutuhannya. Sistem manusia adalah suatu sistem yang proses kerjanya dilakukan oleh manusia sebagai contoh pelaku sistem organisasi, sistem akademik yang masih manual, transaksi jual beli di pasar tradisional, dll. Adapun sistem mesin merupakan sebuah sistem yang proses kerjanya dilakukan oleh mesin, sebagai contoh sistem motor, mobil, mesin industri, dan lain-lain.
    6. Sistem Sederhana dan Sistem Kompleks Sistem dilihat dari tingkat kekomplekan masalahnya dibagi menjadi dua yaitu sistem sederhana dan sistem kompleks. Sistem sederhana merupakan sistem yang sedikit subsistemnya dan komponen-komponennya pun sedikit. Adapun sistem kompleks adalah sistem yang banyak sub-sub sistemnya sehingga proses dari sistem itu sangat rumit.
    7. Sistem Bisa Beradaptasi dan Sistem Tidak Bisa Beradaptasi Sistem yang bisa berdaptasi terhadap lingkungannya merupakan sebuah sistem yang mampu bertahan dengan adanya perubahan lingkungan. Sedangkan sistem yang tidak bisa beradaptasi dengan lingkungan merupakan sebuah sistem yang tidak mampu bertahan jika terjadi perubahan lingkungan.
    8. Sistem Buatan Allah/Alam dan Sistem Buatan Manusia Sistem buatan Allah merupakan sebuah sistem yang sudah cukup sempurna dan tidak ada kekuranganya sedikitpun dari sistem ini, misalnya sistem tata surya, sistem pencernaan manusia, dan lain-lain. Sedangkan sistem buatan manusia merupakan sebuah sistem yang telah dikembangkan oleh manusia itu sendiri, sistem ini bisa dirubah sesuai dengan perkembangan zaman dan kebutuhan hidup. Sistem buatan manusia secara umum bisa disesuaikan dengan kebutuhan, jika kebutuhannya berubah maka sistem yang sudah ada tadi juga bisa berubah.
    9. Sistem Sementara dan Sistem Selamanya Sistem sementara dan sistem selamanya merupakan klasifikasi sistem jika dilihat dari pemakaiannya. Sistem sementara merupakan sebuah sistem yang dibangun dan digunakan untuk waktu sementara waktu sebagai contoh sistem pemilihan presiden, setelah proses pemilihan presiden sudah tidak dipakai lagi dan untuk pemilihan lima tahun mendatang kemungkinan sudah dibuat sistem pemilihan presiden yang baru. Sedangkan sistem selamanya merupakan sistem yang dipakai untuk jangka panjang atau digunakan selamanya, misalnya sistem pencernaan.

    DAFTAR PUSTAKA

    1. Nasaruddin, Djafar Imran, dan Samsie Indra. 2013. “Perancangan Sistem Informasi Supply Chain Management (SCM) Pada CV Rajawali Multi Niaga Makassar”. Jurnal CCIT Vol.6 No.2, 226-227. Perguruan Tinggi Raharja, Tangerang.>
    2. 2,0 2,1 Taufiq, Rohmat. 2013. “Sistem Informasi Manajemen”. Yogyakarta: Graha Ilmu
    3. Sutabri, Tata. 2012. “Konsep Sistem Informasi”. Yogyakarta: Andi Offset.

Contributors

Dona