SI1133468609

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari

SISTEM PESAN MAKANAN VIA BLUETOOTH DENGAN

INTERFACE ANDROID BERBASIS

ARDUINO UNO



jpg

Disusun Oleh :

NAMA
NIM
: 1133468609


KONSENTRASI CCIT

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

TANGERANG

(2015/2016)


SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA

LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI

SISTEM PESAN MAKANAN VIA BLUETOOTH DENGAN

INTERFACE ANDROID BERBASIS

ARDUINO UNO

Disusun Oleh :

NIM
: 1133468609
Nama
Jenjang Studi
Jurusan
Konsentrasi


Disahkan Oleh :

Tangerang, 27 Januari 2016


Ketua
       
Kepala Jurusan
       
           
           
           
           
(Ir. Untung Rahardja, M.T.I)
       
(Ferry Sudarto, S.Kom.,M.Pd)
NIP : 000594
       
NIP : 079010


SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING

SISTEM PESAN MAKANAN VIA BLUETOOTH DENGAN

INTERFACE ANDROID BERBASIS

ARDUINO UNO


Dibuat Oleh :

NIM
: 1133468609
Nama

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif Jurusan Sistem Komputer Konsentrasi CCIT Tahun Akademik 2015/2016


Disetujui Oleh :

Tangerang, 26 Januari 2016


Pembimbing I
   
Pembimbing II
       
       
       
       
(Sudaryono, Dr. Ir. M.Pd)
   
(Ageng Setiani Rafika, S.Kom. M,Si)
NID: 09006
   
NID: 13001


SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA

LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI

SISTEM PESAN MAKANAN VIA BLUETOOTH DENGAN

INTERFACE ANDROID BERBASIS

ARDUINO UNO


Dibuat Oleh :

NIM
: 1133468609
Nama


Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif Jurusan Sistem Komputer Konsentrasi CCIT Tahun Akademik 2015/2016


Disetujui Penguji :

Tangerang, 27 Januari 2016


Ketua Penguji
 
 
 
 
(Nama Ketua Penguji)
NID : NID Ketua Penguji

Penguji I Penguji II
   
   
   
   
(Nama Penguji I) (Nama Penguji II)
NID : NID Penguji I NID : NID Penguji II


SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA

LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI

SISTEM PESAN MAKANAN VIA BLUETOOTH DENGAN

INTERFACE ANDROID BERBASIS

ARDUINO UNO


Disusun Oleh :

NIM
: 1133468609wa
Nama
Jenjang Studi
Jurusan
Konsentrasi

Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.


Tangerang, Tanggal Bulan Tahun

 
 
 
NIM : 1133468609

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;


ABSTRAK

Perkembangan teknologi khususnya pada perangat mobile sangat mendukung dalam menjalankan aktivitas bisnis dan tidak terkecuali pada bisnis restoran. Dalam menghadapi persaingan bisnis pihak perusahaan harus mencari strategi agar dapat menarik minat konsumen. Adapun teknologi informasi yang saat ini sedang berkembang adalah android. Android merupakan sistem operasi mobile menggunakan versi modifikasi dari kernel linux. Tidak hanya dipakai seperti mobile pada umumnya, android kini banyak digunakan untuk keperluan lainnya seperti pemesanan makanan di restoran atau tempat makan lainnya. Penggunaan mobile android untuk pemesanan makanan dapat membantu proses bisnis dalam sebuah tempat makan, Tujuan dari penelitian ini adalah membuat alat untuk mempermudah pemesanan makanan dengan menggunakan modul sistem minimum Arduino Uno. serta Bahasa Pemrograman C. Hasil implementasi dalam Proyek Akhir ini adalah berupa alat pesan makanan via bluetooth dengan interface android. Kemudian makanan yang dipesan akan menghampiri pembeli secara otomatis dengan menggunakan motor servo dan sensor LDR.

Kata Kunci : Pesan Makanan, Arduino Uno, Android, Motor Servo, Sensor LDR.


ABSTRACT

Technological developments, especially on mobile perangat very supportive in conducting business activities and not the exception in the restaurant business. In the face of competition of business the company should look for strategies in order to attract consumers. As information technology is currently being developed is android. Android is a mobile operating system using a modified version of the Linux kernel. Not only used as mobile in general, android is now widely used for other purposes such as ordering food in a restaurant or other eating places. Android mobile usage for ordering food can help a business process in a place to eat, The aim of this study is to make a tool to simplify ordering food using minimum system module Arduino Uno. as well as the programming language C. The results of the implementation of the Final Project is a tool food messages via bluetooth with android interface. Then the food ordered will be up to the buyer automatically using servo motors and sensors LDR.

Keywords : Food , Arduino Uno , Android , Servo Motor , Sensor LDR.


KATA PENGANTAR

Bismillahirrahmanirrahim,

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT atas limpahan karunia dan rahmat-Nya, Penulis masih diberikan umur panjang, kesehatan dan kekuatan dalam penyusunan Laporan Skripsi ini, sehingga dapat berjalan secara lancar serta terselesaikan dengan baik. Tak lupanya, shalawat beserta salam semoga senantiasa tercurahkan kepada junjungan Nabi besar Muhammad SAW yang telah membawa kita merubah dari jaman kegelapan, hingga pada jaman yang terang benderang ini.

Hanya dengan ridha-Nya penulis dapat menyelesaikan Laporan Skripsi ini, dengan judul “SISTEM PESAN MAKANAN VIA BLUETOOTH DENGAN INTERFACE ANDROID BERBASIS ARDUINO UNO”.

Pada kesempatan ini Penulis juga ingin mengucapkan banyak terima kasih dan penghormatan setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah membantu dalam menyelesaikan penulisan Laporan Skripsi ini, antara lain:

  1. Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I., selaku Ketua STMIK Raharja.
  2. Bapak Sugeng Santoso, M.Kom., selaku Pembantu Ketua I Bidang Akademik Perguruan Tinggi Raharja.
  3. Bapak Ferry Sudarto, S.Kom.,M.Pd., selaku Kepala Jurusan Sistem Komputer STMIK Raharja.
  4. Bapak Sudaryono, Dr., Ir.,M.Pd, selaku Dosen Pembimbing I, yang telah ikut serta dalam memberikan bimbingan yang baik dan banyak memberikan arahan atau masukan sehingga penulisan laporan skripsi ini terselesaikan dengan baik.
  5. Ibu Ageng Setiani Rafika, S.Kom.,M.Si, selaku Dosen Pembimbing II, telah memberikan banyak masukan dan arahan dalam penulisan Laporan Skripsi ini.
  6. Seluruh Dosen STMIK Raharja atas ilmu yang telah diberikan kepada Penulis.
  7. kedua orang tua dan keluarga tercinta yang mendukung baik secara material dan moril.
  8. Bapak Adam Halim selaku Owner Gerobak Cokelat yang telah berkenan meluangkan waktunya dan bekerjasama membantu memberikan pengarahan dan infomasi kepada penulis Laporan Skripsi ini.
  9. Teman-teman angkatan tahun 2011 Sistem Komputer Yudha Qirana Meka, S. Kom, Ristian Raharjo, Purnomo Satria, Firman Fadilah, Hilmi Nugraha, Umaedi Irawan, dan semua teman-teman Jurusan Sistem Komputer yang tidak dapat saya sebutkan semua satu persatu. Terima kasih, telah memberikan semangat dan motivasi.
  10. Teman-teman C&G Community Muhammad Ridwan Maulana, Muhammad Rohmani, Guruh Geofani, Ahmad Suhandi, Arif Hidayat dan semua temen-teman C&G yang tidak dapat saya sebutkan semua satu persatu. Terima kasih, telah memberikan semangat dan dukungannya.
  11. Teman-teman Westlife Minar Minore, S.E., Muhammad Ridwan Maulana, Samsi Bahri, Ahmad Suhandi, dan Guruh Geofani yang telah banyak memberikan motivasi dan dukungannya.

Penulis menyadari bahwa penyusunan Laporan Skripsi ini masih banyak kekurangan. Oleh karena itu, Penulis mengharapkan adanya kritik dan saran yang dapat membangun terhadap Laporan Skripsi ini agar menjadi lebih baik. Semoga dari penyusunan Laporan Skripsi ini bisa memberikan informasi dan pengetahuan yang bermanfaat bagi pembaca seperti mahasiswa pada Perguruan Tinggi Raharja.

Akhir kata, Penulis sampaikan dengan banyak dan penuh harapan semoga penyusunan pada Laporan Skripsi ini, berguna dan bermanfaat bagi seluruh pihak.

Tangerang, Tanggal Bulan Tahun
(Muhamad Gunawan)
NIM : 1133468609

Daftar isi

DAFTAR TABEL



DAFTAR GAMBAR



DAFTAR SIMBOL

DAFTAR SIMBOL USE CASE DIAGRAM


DAFTAR SIMBOL ACTIVITY DIAGRAM


DAFTAR SIMBOL SEQUENCE DIAGRAM


DAFTAR SIMBOL CLASS DIAGRAM


BAB I

PENDAHULUAN


Latar Belakang

Perkembangan teknologi khususnya teknologi informasi pada masa sekarang dirasakan sudah semakin maju pesat, misalnya perkembangan sistem kontrol otomatis berbasis Mikrokontroler dengan dilengkapi sensor, Mikrokontroler adalah prosessor yang sudah dilengkapi port input/output (I/O), dan memori. Mikrokontroler ini dapat digunakan bersama sensor-sensor maupun alat mekanis lainnya agar dapat bekerja secara otomatis dan dapat meringankan pekerjaan manusia, misalnya: menyalakan mesin motor secara otomatis, menyalakan alat-alat rumah tangga secara otomatis, menggerakkan lengan robot, menggerakkan trolley, blower, kompressor, bor, mixer dan banyak lagi, di mana mereka rela mengeluarkan biaya lebih untuk membiayai sebuah penelitian dan modifikasi peralatan dengan tujuan menghasilkan peralatan-peralatan yang memiliki tingkat efektifitas lebih baik dan hasil efektif.

Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya penemuan-penemuan baru di berbagai bidang ilmu contohnya di bidang industri restoran. sebuah alat pesan makanan secara otomatis menggunakan bluetooth dengan interface android dan sensor infrared berbasis mikrokontroler arduino uno telah dibuat. Sistem pesan makanan dengan menggunakan android pada restoran dapat mempermudah dan mempersingkat waktu manusia dalam menjalankan roda bisnis, meningkatkan pelayanan, dimana mobilitas manusia semakin tinggi dan ketepatan waktu menjadi faktor utama yang diperlukan pada zaman tekhnologi informasi. Untuk itu dibutuhkan suatu alat otomatis yang dapat menggerakkan suatu mesin secara otomatis dengan cepat dan aman agar dapat menambah efisiensi waktu.

Berdasarkan dari hal di atas, maka peneliti tergerak untuk melakukan penelitian dan pembuatan alat yang berjudul “Sistem Pesan Makanan Via Bluetooth Dengan Interface Android Berbasis Arduino Uno”. Hal ini peneliti lakukan dalam rangka memberikan kontribusi terhadap perkembangan CCIT (Creative Communication and Innovative Technology) yang merupakan salah satu program unggulan dari Jurusan Sistem Komputer pada Perguruan Tinggi Raharja.


Perumusan Masalah

Berdasarkan pembahasan dari latar belakang diatas, maka dapat diuraikan beberapa permasalahan yang dihadapi, antara lain yaitu:

  1. Bagaimana Mikrokontroler arduino uno dapat berinteraksi dengan smartphone android?

  2. Bagaimana cara arduino uno membuat meja makanan berputar dan pesanan yang telah dipesan otomatis menghampiri customer?

  3. Aplikasi apa yang digunakan untuk mengontrol sistem pesan makanan?


Ruang Lingkup

Pembuatan alat ini dilakukan perancangan sistem yang dapat mempermudah pemesanan makanan pada restoran. Hal ini meliputi pengendali pengirim data menggunakan mikrokontroler arduino uno menggunakan smartphone android sebagai interface media input pemesanan dan digunakan pada restoran cepat saji.

    Tujuan dan Manfaat Penelitian

    Tujuan Penelitian

    Tujuan penelitian ini adalah:

    1. Tujuan Individual

      a. Membuat alat pemesanan otomatis berbasis mikrokontroler arduino uno pada restoran agar pemesanan makanan direstoran lebih praktis dan efisien.

      b. Membuat suatu sistem menu makanan beserta harganya pada restoran. Mengimplementasikan dan menerapkan ilmu Sistem Komputer yang didapat selama kuliah di STMIK RAHARJA.

    2. Tujuan Fungsional

      Penelitian ini mempunyai tujuan fungsional, yaitu hasil penelitian membantu meningkatkan kualitas pelayanan pada restoran cepat saji, mempermudah dan mempersingkat waktu manusia dalam menjalankan roda bisnis, meningkatkan pelayanan, di mana mobilitas manusia semakin tinggi dan ketepatan waktu menjadi faktor utama, sangat diperlukan pada zaman informasi.

    3. Tujuan Operasional

      Penelitian ini mempunyai tujuan operasional untuk menambah ilmu secara terpadu dan terperinci sehingga berguna bagi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi khususnya lingkungan sekitar.


    Manfaat Penelitian

  1. Manfaat Individual

    a. Bentuk apresiasi dan kontribusi bagi pengembangan kreatifitas mahasiswa dalam bidang ilmu perancangan komputer.

    b. Memaksimalkan penggunaan arduino uno dengan android dapat menyederhanakan rangkaian yang di rancang agar menghasilkan sebuah alat yang creative dan inovative.

  2. Manfaat Fungsional

    Sistem yang dirancang dapat memberikan kemudahan untuk akses pemesanan makanan karena akan memberikan informasi daftar menu dan makanannya yang akan di pesan.

  3. Manfaat Operasional

    Memaksimalkan kualitas pelayanan berupa sistem pengantar makanan otomatis kepada customer dalam upaya meningkatkan penjualan.

Metode Penelitian

Metode Pengumpulan Data

  1. Metode Observasi

    a. Melalui pengamatan dan pengalaman yang didapat untuk mengetahui mekanisme sistem yang akan digunakan dan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat model perancangan sistem alat.

    b. Melalui pengamatan lapangan dapat memperoleh informasi tentang integrasi antara monitoring dan interface.

  2. Metode Wawancara

    Selain melakukan observasi peneliti juga melakukan wawancara kepada Owner Gerobak Cokelat yaitu bapak Adam Halim. Metode wawancara tersebut dilakukan untuk mengetahui kebutuhan dalam pembuatan sistem dan juga bentuk dari prototype meja pemesanan makanan yang diinginkan.

  3. Metode Studi Pustaka

    Melakukan pengumpulan data dengan mencatat dan membaca buku-buku atau literature review yang berkaitan dengan pokok permasalahan. Sebagian besar metode ini diambil dari situs-situs internet, dan sisanya dari buku cetak dan e-book. Peneliti melakukan pengumpulan data dengan cara browsing, mengunduh e-book dan membaca beberapa buku-buku referensi internet yang berhubungan dengan laporan skripsi ini. Sehingga diperoleh gambaran dari prinsip kerja alat yang akan dibuat

  4. Metode Prototyping

    Merancang dan membuat sebuah model kerja untuk mengetahui kebutuhan user, dan menganalisa kelemahan-kelemahan agar model yang buat memenuhi kebutuhan user.

Metode Analisa

Melakukan analisa suatu sistem yang sudah ada, bagaimana sistem itu berjalan dan apakah kekurangan dari sistem tersebut. Pada sistem yang sekarang dalam penggunaannya masih manual sehingga perlu adanya sistem yang dapat membantu dalam penggunaanya dalam kehidupan sehari hari.

Metode Perancangan

Metode perancangan dapat mengetahui bagaimana sistem itu dibuat atau dirancang dan alat apa yang dibutuhkan. Melalui tahapan pembuatan flowchart dari sistem yang akan dibuat dan pembuatan desain aplikasi pengontrolan berupa perancangan perangkat lunak ( software) dan perangkat keras (hardware).

Metode Testing

Pada metode testing ini penulis menggunakan Black Box dan White Box pada system yang akan penulis bangun, dalam fungsinya Black Box dan White Box testing digunakan untuk menemukan hal-hal yang fungsinya tidak benar atau tidak ada dan kesalahan pada performansi (performance error).


Sistematika Penulisan

Laporan ini dibagi menjadi lima bab yang berisi urutan secara garis besar dan kemudian dibagi lagi menjadi sub-sub yang akan membahas dan menguraikan masalah yang lebih terperinci, secara garis besar isi dari bab dari laporan skripsi ini adalah sebagai berikut:

Pada Bab ini berisi tentang Latar Belakang Masalah, Tujuan Dan Manfaat Penelitian, Ruang Lingkup, Metodologi Penelitian Dan Sistematika Penulisan.

Bab ini berisi tentang uraian mengenai teori-teori dasar elektronika yang akan mendukung pembahasan masalah, serta cara berfikir dalam penyusunan Skripsi ini. Uraian tersebut menjelaskan tentang konsep dasar Sensor infrared dan pengontrolan otomatis dengan Mikrokontroler.

Bab ini berisi tentang pembahasan dan perancangan sistem pesan makanan dengan interface android dan Mikrokontroler Arduino Uno, serta cara kerja Sensor Infrared dan Mikrokontroller secara keseluruhan, simulasi sistem ini menggunakan Meja Makan Prototipe, Sensor Infrared dan Mikrokontroller sebagai alat yang dapat diprogram sehingga dapat bekerja seperti yang kita inginkan.

Pada bab ini merupakan penjelasan mengenai ujicoba dan analisa pengoperasian dari sistem yang dibuat dan di kembangkan.

Pada bab ini berisi kesimpulan dan saran dari penelitian yang telah dibuat.


BAB II

LANDASAN TEORI


Teori Umum

Konsep Dasar Sistem

Konsep Dasar Informasi

Konsep Dasar Bluetooth

Konsep Dasar Otomatis

Konsep Dasar Prototype

Konsep Dasar Flow Chart

Konsep Dasar Elisitasi

Konsep Dasar Black Box

Konsep Dasar White Box

Teori Khusus

Konsep Dasar Mikrokontroler

Konsep Dasar Arduino Uno

Konsep Dasar Komponen Elektronika

Konsep Dasar Sensor LDR

Konsep Dasar Motor Servo

Konsep Dasar Operating Sistem Android

Modul Bluetooth HC-05

Literature Review

BAB III

PEMBAHASAN


Gambaran Umum Gerobak Cokelat

Sejarah Singkat Gerobak Cokelat

Struktur Organisasi Gerobak Cokelat

Tugas dan Tanggung Jawab

Tujuan Perancangan

Diagram Blok

Langkah-Langkah Perancangan

Cara Kerja Alat

Pembuatan Alat

Perangkat Keras (Hardware)

Perangkat Lunak (Software)

Flowchart Sistem

Permasalahan Yang Dihadapi dan Alternatif Pemecahan Masalah

Permasalahan Yang Dihadapi

Alternatif Pemecahan Masalah

User Requirement

BAB IV

RANCANGAN SISTEM YANG DIUSULKAN


Rancangan Sistem Usulkan

Prosedur Sistem Usulan

Analisa Listing Program pada Sistem yang diusulkan

Penjelasan Struktur Listing Program

Prosedur Komunikasi Bluetooth pada Aplikasi Android

Flowchart Sistem Yang Diusulkan

Rancangan Program

Konfigurasi Sistem Usulan

Spesifikasi Hardware

Spesifikasi Software

Hak Akses

Testing

Evaluasi

Implementasi

Schedule

Penerapan

Estimasi Biaya

BAB V

PENUTUP


Kesimpulan

Dari perancangan yang dilakukan dapat diperoleh kesimpulan sebagi berikut:

  1. Smartphone Android KitKat dapat berinteraksi dengan arduino uno menggunakan koneksi Bluetooth. pada alat ini menggunakan Bluetooth HC-05 agar smartphone dan arduino uno dapat berkomunikasi.

  2. Cara arduino uno membuat meja makanan berputar dan pesanan yang telah dipesan yaitu dengan menggunakan bantuan motor servo yang bergerak agar makanan dapat otomatis menghampiri customer

  3. Pada smartphone android KitKat harus terinstal aplikasi bluetooth terminal, agar sisstem Pemesanan makanan dapat dikendalikan melalui smartphone android KitKat.


Saran

Berdasarkan perancangan dan kesimpulan diatas, ada saran yang dapat diberikan dalam rangka pengembangan yaitu:

  1. Bagi penelitian selanjutnya untuk sistem ini dapat dikembangkan melalui komunikasi via wireless.

  2. Bagi pengembangan selanjutnya aplikasi pengotrolan tidak hanya ada pada smartphone android, tetapi smartphone yang lainnya seperti iOS, Windows Phone, Blackberry, Symbian dll.

  3. Tambahkan sensor yang lainnya yang mendukung dan dapat di aplikasikan terhadap pembacaan jumlah menu makanan yang bias dipesan agar pendeteksian jumlah menu makanan menjadi lebih banyak.


DAFTAR PUSTAKA

DAFTAR LAMPIRAN

LAMPIRAN A :


LAMPIRAN B :


LAMPIRAN C :

Contributors

Muhamad Gunawan