SI 1122466926

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari

APLIKASI PENJUALAN PRODUK PADA DISTRO BREAKPAST

BERBASIS ANDROID

SKRIPSI


Logo stmik raharja.jpg

Disusun Oleh :

NIM
: 1122466926
NAMA

JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI SOFTWARE ENGINEERING

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

STMIK RAHARJA

TANGERANG

2015/2016



SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA


 

LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI

APLIKASI PENJUALAN PRODUK PADA DISTRO BREAKPAST

BERBASIS ANDROID

Disusun Oleh :

NIM
: 112246926
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Software Engineering

 

 

Disahkan Oleh :

Tangerang, 27 Januari 2016

Ketua
       
Kepala Jurusan
STMIK RAHARJA
       
Jurusan Teknik Informatika
           
           
           
           
(Ir. Untung Rahardja, M.T.I)
       
(Junaidi, M.Kom)
NIP : 00594
       
NIP : 001405



SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING

APLIKASI PENJUALAN PRODUK PADA DISTRO BREAKPAST

BERBASIS ANDROID


Dibuat Oleh :

NIM
: 1122466926
Nama

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Sistem Komputer

Konsentrasi Computer System

Disetujui Oleh :

Tangerang, 27 Januari 2016

Pembimbing I
   
Pembimbing II
       
       
       
       
(Sutisno,M.Kom)
   
(Dedy Iskandar, S.Kom)
NID : 10020
   
NID : 05060



SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI


APLIKASI PENJUALAN PRODUK PADA DISTRO BREAKPAST

BERBASIS ANDROID

Dibuat Oleh :

NIM
: 1122466926
Nama

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian

Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Software Engineering

Tahun Akademik 2015/2016

Disetujui Penguji :

Tangerang, 27 Januari 2016

Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
(_______________)
 
(_______________)
 
(_______________)
NID :
 
NID :
 
NID :



SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI

APLIKASI PENJUALAN PRODUK PADA DISTRO BREAKPAST

BERBASIS ANDROID

Disusun Oleh :

NIM
: 1122466926
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Software Engineering

 

 

Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang, 27 Januari2016

 
 
 
 
 
NIM : 1122466926

 

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;



ABSTRAKSI

Di era globalisasi seperti sekarang ini, perkembangan teknologi dalam dunia informatika dari waktu ke waktu mengalami kemajuan yang sangat pesat sehingga membuat segala kebutuhan dan pekerjaan manusia tidak akan lepas dari bantuan teknologi. Para pembuat produk maupun penjual harus bisa memaksimalkan teknologi yang berkembang saat ini untuk bisa menarik minat konsumen. Dalam hal ini distro Breakpast yang bergerak di bidang produksi dan penjual produk fashion berusaha untuk memanfaatkan teknologi yang ada untuk mempermudah konsumen untuk membeli produk mereka. Untuk saat ini pendataan stok barang masih menggunakan semikomputerisasi sehingga masih terjadi kesalahan pada saat proses pencatatan data dan mengakibatkan pembuatan laporan yang dihasilkan datanya belum akurat . Pemasaran produk Breakpast menggunakan sosial media sehingga kurang efektif. Berdasarkan permasalahan diatas maka dibutuhkan suatu sistem berbasis android yang dapat meningkatkan kinerja pegawai dalam memasarkan produk distro Breakpast. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode OOA (Object Oriented Analysis) digunakan sebagai metode analisa, SDLC (System Development Life Cycle) dan CSF (Critical Success Factor) digunakan sebagai metode perancangan, dan Blackbox Testing digunakan sebagai metode pengujian sistem. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan Eclipse dan database MySQL sebagai tempat penyimpanan data. Diharapkan sistem ini akan dapat mengurangi kesalahan yang terjadi pada sistem yang berjalan saat ini.

Kata kunci : OOA (Object Oriented Analysis), android, eclipse, SDLC (System Development Life Cycle), CSF (Critical Success Factor)

ABSTRACT

In the era of globalization as it is today, the development of technology in the world of Informatics from time to time experienced a very rapid progress so as to make all the needs and work of man will not be separated from the help of technology. The makers of the product nor the seller should be able to maximize the developed technology is currently attracting the interest of consumers. In this case the distro Breakpast engaged in the production of fashion products and sellers seek to utilize existing technology to facilitate consumers to buy their products. For current stock items are still logging using semikomputerisasi so that error still occurs at a time when the process of recording data and resulted in the creation of the report that is generated at the data yet accurate. Product marketing Breakpast using social media so that less effective. Based on the above problems then it takes an android-based system that can improve the performance of employees in market distrol breakpast. The methods used in this research is a method of OOA (Object Oriented Analysis) is used as a method of analysis, SDLC (System Development Life Cycle) and CSF (Critical Success Factor) is used as a method of designing, and Blackbox Testing is used as a method of testing the system. This application is created by using Eclipse and was labelled an Mysql database data storage. It is hoped the system will be able to reduce errors that occur on systems that are running currently.


Keywords: OOA (Object Oriented Analysis), android, eclipse, SDLC (System Development Life Cycle), CSF (Critical Success Factor)

KATA PENGANTAR

Puji syukur alhamdulillah penulis panjatkan kehadirat Allah SWT atas berkat, rahmat, taufik dan hidayah-Nya, sehingga penyusunan skripsi yang berjudul “APLIKASI PENJUALAN PRODUK PADA DISTRO BREAKPAST BERBASIS ANDROID” dapat diselesaikan dengan baik.

Tujuan dari pembuatan skripsi ini adalah sebagai salah satu syarat menyelesaikan program pendidikan Sarjana (S1) Jurusan Teknik Informasi (TI) di Sekolah Tinggi Manajemen dan Ilmu Komputer (STMIK) Raharja Tangerang, juga berguna untuk memperdalam penulis dalam merancang suatu sistem agar dapat diterapkan dengan baik. Sebagai bahan penulisan, penulis mengambil berdasarkan hasil observasi, wawancara, serta sumber literature yang mendukung penulisan ini.

Dalam kesempatan ini penulis ingin mengucapkan terima kasih bahwa dengan bimbingan, bantuan dan dorongan semua pihak maka penulis dapat menyelesaikan Laporan Skripsi ini dengan baik dan tepat waktu. Penulis ingin menyampaikan terima kasih khususnya kepada orang tua tercinta dan keluarga yang telah memberikan do’a, dukungan moril dan materil kepada penulis. Dan tidak lupa penulis mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah banyak membantu seperti berikut :

1. Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.Iselaku Presiden Direktur Perguruan Tinggi Raharja.

2. Sugeng Santoso, M.Kom, selaku Pembantu Ketua I STMIK Raharja.

3. Bapak Junaidi, M.Kom selaku Kepala Jurusan Teknik Informatika Perguruan Tinggi Raharja.

4. Bapak Sutrisno, M.Kom selaku Dosen Pembimbing Pertama yang telah memberikan banyak masukan, ilmu dan juga selalu memberi motivasi kepada penulis untuk menyelesaikan laporan Skripsi ini.

5. Bapak Dedy Iskandar, S.Kom selaku Dosen Pembimbing Kedua yang juga telah membantu membimbing penulis dalam untuk menyelesaikan laporan Skripsi ini.

6. Bapak Fitrah Ramadhan selaku Owner Distro Breakpast yang juga sebagai stakeholder yang sudah mengijinkan penulis untuk melakukan penelitian dan juga banyak memberi masukan kepada penulis.

7. Bapak dan Ibu Dosen Perguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan banyak ilmu pengetahuan yang memperluas wawasan penulis.

8. Seluruh Staff Perguruan Tinggi Raharja yang telah membantu dalam kelancaran pengurusan surat-surat Skripsi penulis.

9. Sahabat-sahabat tercinta penulis, Husain Ali Javanda, Ginanjar Ade Prastiko, Herry Setiawan, Intan Astiawati, Hendra Harmawan, Mu’min Alatas dan seluruh teman-teman penulis yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu, tanpa mengurangi rasa terima kasih karena telah banyak membantu dalam menyusun laporan Skripsi ini.

Penulis menyadari dalam penyelesaian laporan Skripsi ini masih terdapat banyak kekurangan sehingga memerlukan banyak perbaikan dan penyempurnaan. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun untuk kesempurnaan laporan ini.

Akhir kata penulis berharap agar laporan ini dapat bermanfaat bagi penulis pada khususnya, dan juga orang lain yang membaca dapat memperoleh ilmu dari laporan ini.

Tangerang, 27 Januari 2016
 
 
 
 
 
NIM : 1122466926

|}

DAFTAR TABEL

  1. Tabel 2.1 Tipe Data Numerik
  2. Tabel 2.2 Tipe Data String
  3. Tabel 2.3 Letak Perbedaan Jumlah Memori
  4. Tabel 2.4 Tipe Data Tunggal
  5. Tabel 2.5 Operator MySQL
  6. Tabel 2.6 Operator Pembanding MySQL
  7. Tabel 2.7 Operator Logika MySQL
  8. Tabel 2.8 Operator Karakter
  9. Tabel 2.9 Operator Lain-lain
  10. Tabel 2.10 Fungsi Agregat
  11. Tabel 2.11 Literatur Review
  12. Tabel 3.1 Elisitasi Tahap 1
  13. Tabel 3.2 Elisitasi Tahap 2
  14. Tabel 3.3 Elisitasi tahap 3
  15. Tabel 3.4 Elisitasi Final
  16. Tabel 4.1 Tabel Struktur User
  17. Tabel 4.2 Tabel Struktur Barang
  18. Tabel 4.3 Tabel Struktur Pesan
  19. Tabel 4.4 Tabel Struktur Detail Pesan
  20. Tabel 4.5 Tabel Struktur Size
  21. Tabel 4.6 Tabel Struktur Isi
  22. Tabel 4.7 Black Box Testing Android
  23. Tabel 4.8 Black Box Testing Pada Web
  24. Tabel 4.9 Scheduel Implementasi
  25. Tabel 4.10 Estimasi Biaya

DAFTAR GAMBAR

  1. Gambar 2.1 Sistem Tertutup
  2. Gambar 2.2 Sistem Terbuka
  3. Gambar 2.3 Kualitas Informasi
  4. Gambar 2.4 Arsitektur android
  5. Gambar 2.5 Arsitektur Client Server
  6. Gambar 3.1 Logo Distro Breakpast
  7. Gambar 3.2 Struktur Organisasi Distro Breakpast
  8. Gambar 3.3 Use case Diagram Sistem Yang Berjalan
  9. Gambar 3.4 Sequence Diagram Sistem Yang Berjalan
  10. Gambar 3.5 Activity Diagram Yang Berjalan
  11. Gambar 4.1 Use Case Diagram Admin
  12. Gambar 4.2 Use Case Diagram Pelanggan
  13. Gambar 4.3 Activity Diagram Admin
  14. Gambar 4.4 Activity Diagram Pelanggan
  15. Gambar 4.5 Sequence Diagram Admin
  16. Gambar 4.6 Sequence Diagram Pelanggan
  17. Gambar 4.7 Class Diagram Sistem Yang Diusulkan
  18. Gambar 4.8 Flowchart Admin Yang Diusulkan
  19. Gambar 4.9 Flowchart Pelanggan Yang Diusulkan
  20. Gambar 4.10 Prototype Halaman Daftar Di Android
  21. Gambar 4.11 Prototype Halaman Home Di Android
  22. Gambar 4.12 Prototype Halaman Dashboard User Di Android
  23. Gambar 4.13 Prototype Halaman Kategori Di Android
  24. Gambar 4.14 Prototype Halaman Tampilan Produk Di Android
  25. Gambar 4.15 Prototype Halaman Proses Pesanan Di Android
  26. Gambar 4.16 Prototype Form Login Di Web
  27. Gambar 4.17 Prototype Halaman Home Di Web
  28. Gambar 4.18 Prototype Menu Produk Di Web
  29. Gambar 4.19 Prototype Menu Laporan Pesanan Di Web
  30. Gambar 4.20 Prototype Menu Members Di Web
  31. Gambar 4.21 Tampilan Daftar Pada Android
  32. Gambar 4.22 Tampilan Login Pada Android
  33. Gambar 4.23 Tampilan Dashboard User Pada Android
  34. Gambar 4.24 Tampilan Home Pada Android
  35. Gambar 4.25 Tampilan Menu Pada Android
  36. Gambar 4.26 Tampilan List Produk Pada Android
  37. Gambar 4.27 Tampilan List Pesanan Pada Android
  38. Gambar 4.28 Tampilan Detail Barang Pada Android
  39. Gambar 4.29 Tampilan Add To Cart Pada Android
  40. Gambar 4.30 Tampilan Halaman Edit Profile Pada Android
  41. Gambar 4.31 Tampilan Login Pada Web
  42. Gambar 4.32 Tampilan Menu Home Pada Web
  43. Gambar 4.33 Tampilan Entry Produk Pada Web
  44. Gambar 4.34 Tampilan Menu Laporan Pada Web
  45. Gambar 4.35 Tampilan Hasil Laporan Pada Web
  46. Gambar 4.36 Tampilan List Produk Pada Web
  47. Gambar 4.37 Tampilan Menu Members Pada Web

DAFTAR SIMBOL

DAFTAR SIMBOL USE CASE DIAGRAM

DAFTAR SIMBOL CLASS DIAGRAM

DAFTAR SIMBOL ACTIVITY DIAGRAM

DAFTAR SIMBOL SEQUENCE DIAGRAM

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Di era globalisasi seperti sekarang ini, perkembangan teknologi dalam dunia informatika dari waktu ke waktu mengalami kemajuan yang sangat pesat membuat segala kebutuhan dan pekerjaan manusia tidak akan lepas dari bantuan teknologi. Dengan adanya informasi yang terkomputerisasi maka pekerjaan yang di hasilkan akan menjadi lebih efektif, dan efisien. Beberapa alasan kenapa komputer saat ini sangat di butuhkan dalam pemenuhan-pemenuhan kebutuhan informasi yaitu, adanya keinginan user untuk mendapatkan informasi secara efektif dan akurat, maupun menangani sistem informasi yang memiliki database yang sangat besar dan alasan-alasan lainnya.

Hal ini memungkinkan terjadinya pemenuhan permintaan baik yang berupa informasi, jasa, atau barang secara lebih cepat dan mudah. Terlebih lagi perkembangan pesat di bidang mobile device. Perangkat mobile sudah banyak digunakan atau menjadi barang yang sudah dimiliki oleh hampir semua orang. Selain itu, perkembangan mobile device sekarang dilengkapi dengan koneksi internet, sehingga konsumen dapat melakukan transaksi pembelian dimana saja dan kapan saja.

Seiring dengan kemajuan teknologi yang digunakan, persaingan bisnis khususnya dalam bidang penjualan terjadi persaingan yang lebih ketat. Para pembuat produk maupun penjual harus bisa memaksimalkan teknologi yang berkembang saat ini untuk bisa menarik minat konsumen. Dalam hal ini distro Breakpast yang bergerak di bidang produksi dan penjual produk fashion berusaha untuk memanfaatkan teknologi yang ada untuk mempermudah konsumen untuk membeli produk mereka. Untuk saat ini pendataan stok barang masih menggunakan semikomputerisasi sehingga masih terjadi kesalahan pada saat proses pencatatan data dan mengakibatkan pembuatan laporan yang dihasilkan datanya belum akurat . Pemasaran produk Breakpast menggunakan sosial media sehingga kurang efektif.

Berdasarkan dari permasalahan yang sudah dijelaskan diatas, maka penulis akan membuat suatu aplikasi penjualan berbasis android dalam bentuk penelitian Skripsi dengan judul ”APLIKASI PENJUALAN PRODUK PADA DISTRO BREAKPAST BERBASIS ANDROID”.

Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang di atas, maka masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah :

  1. Bagaimana proses sistem pendataan dan dokumentasi penjualan produk pada Distro Breakpast yang berjalan saat ini ?
  2. Apa kendala yang sering terjadi dalam pendataan stok barang dan pemasaran produk pada Distro Breakpast yang berjalan saat ini ?
  3. Sistem aplikasi seperti apa yang dapat meningkatkan dan mempermudah konsumen dalam melakukan pembelian produk Distro Breakpast ?

Ruang Lingkup Penelitian

Agar dalam pembahasan lebih terarah dan berjalan dengan lancar maka diperlukan ruang lingkup penelitian. Adapun batasan yang akan dibahas adalah seputar aplikasi penjualan produk Distro Breakpast mulai dari pendataan data barang, data konsumen, login untuk pelanggan, login admin, dan laporan penjualan barang yang secara detailnya tertuang dalam final elitasi.

Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan Penelitian

  1. Tujuan Operasional
    1. Untuk mengetahui sistem penjualan pada Distro Breakpast.
    2. Melakukan identifikasi terhadap kendala-kendala yang ada pada sistem penjualan pada Distro Breakpast.
    3. Untuk mempermudah konsumen dalam transaksi pembelian produk Distro Breakpast.
  2. Tujuan Fungsional
    1. Mengembangkan sistem yang ada ke dalam sistem yang terkomputerisasi, agar sistem penjualan produk Distro Breakpast bisa berjalan lebih efektif dan efisien.
    2. Memberikan kemudahan dalam pemasaran produk distro Breakpast .
  3. Tujuan Individu
    1. Penulis dapat menerapkan ilmu yang didapat di perkuliahan selama ini dengan membuat sistem aplikasi berbasis android.
    2. Penulis dapat mengetahui masalah-masalah yang ada dalam pemasaran sebuah produk .
    3. Sebagai syarat untuk menyelesaikan SKRIPSI dan mendapatkan gelar Sarjana.

      Manfaat Penelitian

      Adapun manfaat - manfaat yang diperoleh adalah sebagai berikut :

      1. Manfaat Operasional
        1. Menghasilkan sistem aplikasi penjualan berbasis android guna meningkatkan mutu dan efektifitas terhadap pemakai sistem ini.
        2. Teridentifikasnya kendala-kendala pada sistem penjualan yang dijadikan dasar untuk menghasilkan sistem penjualan yang lebih baik.
        3. Mempermudah konsumen melakukan transaksi pembelian.
      2. Manfaat Fungsional
        1. Agar hasil dari penelitian yang penulis lakukan dapat dimanfaatkan dan digunakan oleh Distro Breakpast sebagai bahan evaluasi dasar untuk memperbaiki sistem penjualan yang berjalan saat ini.
        2. Terciptanya aplikasi penjualan berbasis android yang lebih baik.
      3. Manfaat Individu
        1. Hasil penelitian ini memberikan pengalaman bagi penulis untuk memperluas wawasan yang telah diterima tentang sistem aplikasi penjualan produk berbasis android.
        2. Memberikan pemahaman mengenai sistem aplikasi penjualan produk berbasis android.
        3. Menjadi referensi bagi penelitian berikutnya dalam sistem aplikasi penjualan produk berbasis android.

      Metodelogi Penelitian

      Dalam penyusunan laporan skripsi ini, penulis mengumpulkan data dan keterangan yang diperlukan untuk penelitian dengan metode sebagai berikut :

      Metodelogi Pengumpulan Data

      Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam mencari dan mengumpulkan data serta mengolah informasi yang diperlukan menggunakan beberapa metode sebagai berikut :

      1. Wawancara
        Untuk melengkapi data-data yang diperlukan dalam pengembangan sistem aplikasi penjualan berbasis android ini maka dilakukan wawancara terhadap beberapa pegawai. Wawancara yang dilakukan untuk mencari data mengenai kekurangan dari sistem yang sedang berjalan serta kebutuhan-kebutuhan lain yang diperlukan oleh pegawai yang belum tercukupi dari sistem yang telah ada sekarang. Wawancara dilakukan langsung kepada Bapak Fitrah Ramadhan selaku owner Distro Breakpast.
      2. Observasi
        Observasi adalah metode yang dilakukan penulis untuk mengumpulkan data dan mendapatkan hal-hal yang diperlukan untuk proses penelitian dengan cara mendatangi objek penelitian secara langsung ke PT.Lezat Mulya .
      3. Studi Kepustakaan
        Metode studi kepustakaan dilakukan untuk menunjang metode wawancara dan observasi yang telah dilakukan. Pengumpulan informasi yang dibutuhkan dilakukan dengan mencari referensi -referensi yang berhubungan dengan penelitian yang dilakukan, referensi dapat diperoleh dari buku-buku atau internet.

      Metodelogi Analisa Sistem

      1. Object Oriented Analysis (OOA)
        Pada penelitian ini menggunakan teknik analisis berupa pendekatan Object Oriented Analysis (OOA) atau analisis berorientasi obyek dengan UML. Proses analisis dilakukan terhadap hasil tahapan pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan studi pustaka untuk mendapatkan spesifikasi kebutuhan sistem yang akan dikembangkan. Pada proses analisis, teknik analisis yang dilakukan adalah :
          Analisis Pengguna
          Dilakukan analisis terhadap user-user yang akan menggunakan aplikasi dan juga fungsi-fungsi apa saja yang bisa didapatkan oleh masing -masing user.
        1. Analisis kebutuhan Fungsional, non fungsional dan pengguna
          Pemodelan kebutuhan fungsional untuk menggambarkan fungsi sistem dan pengguna yang terlibat serta fungsi- fungsi apa saja yang bisa didapatkan oleh masing-masing pengguna dimodelkan dengan Use Case Diagram.
        2. Analisis perilaku sistem
          Pada tahapan ini, dilakukan analisis perilaku sistem yang dikembangkan dan dimodelkan dengan Activity Diagram dan Sequence Diagram. Activity Diagram untuk memodelkan proses use case yang berjalan di dalam sistem, sedangkan sequence diagram untuk memodelkan pengiriman pesan (message) antar object dan kronologinya.
        3. Analisis sistem berjalan saat ini
        1. Criticall Success Factor (CSF)
          Analisa CSF ini dimaksudkan untuk merumuskan faktor-faktor kritis apa saja yang harus diperhatikan oleh suatu organisasi/perusahaan. Analisa CSF merupakan suatu ketentuan dari organisasi dan lingkungannya yang berpengaruh pada keberhasilan atau kegagalan. Faktor penentu kesuksesan dapat ditentukan jika tujuan/obyektif organisasi telah diidentifikasi. Tujuan dari faktor penentu kesuksesan adalah menginterpretasikan tujuan secara lebih jelas untuk menentukan aktivitas yang harus dilakukan dan informasi apa yang dibutuhkan.</p></div>

          Metode Perancangan Sistem

          Metode perancangan sistem yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode SDLC (System Development Life Cycle) dengan tahapan sebagai berikut :

          1. Perencanaan (Planning)
            Tahap perencanaan adalah tahap awal pengembangan sistem yang mendefinisikan perkiraan kebutuhan-kebutuhan sumber daya, seperti : perangkat fisik, metode dan anggaran yang sifatnya masih umum. Dalam tahap ini juga dilakukan langkah-langkah berupa: mendefinisikan masalah, menentukan tujuan sistem, mengidentifikasi kendala-kendala sistem dan membuat studi kelayakan.
          2. Analisis (Analysis)
            Tahap analisis merupakan tahap penelitian atas sistem yang berjalan dengan tujuan untuk merancang sistem yang baru dengan menggunakan tools atau alat bantu UML (Unified Modeling Language) dengan software visual paradigmn yaitu sebuah bahasa yang berdasarkan grafik atau gambar, menvisualisasikan, menspesifikasikan, membangun dan pendokumentasian dari sebuah sistem.
          3. Desain (Design)
            Tahap Design yaitu tahap dalam menentukan proses data yang diperlukan oleh sistem baru dengan tujuan memenuhi kebutuhan user dengan alat bantu UML dengan software visual paradigmn Use Case Diagram, Class Diagram, Sequence Diagram, Statechart Diagram dan Activity Diagram. Proses design akan menerjemahkan syarat kebutuhan ke sebuah perancangan perangkat lunak yang dapat diperkirakan sebelum dibuat coding. Proses ini berfokus pada : struktur data dengan menggunakan MySQL, arsitektur perangkat lunak, representasi interface dengan menggunakan Java Eclipse, dan detail (algoritma) prosedural. Tahapan ini akan menghasilkan dokumen yang disebut software requirement. Dokumen inilah yang akan digunakan programmer untuk melakukan aktivitas pembuatan sistemnya. Langkah-langkah yang dilakukan adalah : menyiapkan rancangan sistem yang rinci, mengidentifikasi alternatif konfigurasi sistem dan menyiapkan usulan implementasi.
          4. Implementasi (Implementation)
            Tahap implementasi adalah tahap dimana rancangan sistem yang dibentuk menjadi suatu kode (program) yang siap untuk dioperasikan. Langkah-langkahnya yaitu : menyiapkan fasilitas fisik dan personil, dan melakukan simulasi.
          5. Pemeliharaan (Maintenance)
            Setelah melakukan implementasi terhadap sistem baru, tahap berikutnya yang perlu dilakukan adalah pemakaian atau penggunaan, audit sistem, penjagaan, perbaikan dan pengembangan sistem.

          Metode Pengujian

          Dalam skripsi ini menggunakan metode pengujian Black Box Testing. Black Box Testing adalah metode uji coba yang memfokuskan pada keperluan software. Karena itu uji coba Black Box memungkinkan pengembangan software untuk membuat himpunan kondisi input yang akan melatih seluruh syarat-syarat fungsional suatu program. Metode pengujian Black Box berusaha untuk menemukan kesalahan dalam beberapa katagori, diantaranya: fungsi-fungsi yang salah atau hilang, kesalahan dalam struktur data atau akses database eksternal, kesalahan performa, kesalahan inisialisasi, dan terminasi.

          Sistematika Penulisan

          Sistematika penulisan ini dibuat untuk memberikan gambaran mengenai yang diteliti dalam laporan ini pada setiap bab. Adapun sistematika penulisan ini adalah, sebagai berikut :

          BAB I PENDAHULUAN

          Bab ini menjelaskan tentang informasi umum yaitu latar belakang penelitian, perumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, ruang lingkup penelitian, waktu dan tempat penelitian, metodologi penelitian, dan sistematika penulisan.

          BAB II LANDASAN TEORI

          Bab ini berisikan teori yang diambil dari beberapa kutipan buku, yang berupa pengertian dan definisi. Bab ini juga menjelaskan konsep dasar sistem, konsep dasar informasi, konsep dasar sistem informasi, Unified Modelling Language (UML), dan definisi lainnya yang berkaitan dengan sistem yang dibahas.

          BAB III PEMBAHASAN DAN ANALISA MASALAH

          Bab ini berisikan gambaran dan sejarah singkat PT.Lezat Mulya, struktur organisasi, pembahasan tugas dan wewenang, permasalahan yang dihadapi, alternatif pemecahan masalah, analisa proses, UML (Unified Modelling Language) sistem yang berjalan, Blueprint sistem yang diusulkan, serta elisitasi tahap I, elisitasi tahap II, elisitasi tahap III, dan final draft elisitasi.

          BAB IV RANCANGAN SISTEM YANG DIUSULKAN

          Bab ini menjelaskan analisa sistem yang diusulkan dengan menggunakan Unified Modelling Language (UML) melalui program Visual Paradigm 8.0, yaitu Use Case Diagram, Sequence Diagram dan Activity Diagram, rancangan basis data, screen shot dari sistem yang diimplementasikan, serta rancangan perangkat sistem yang diusulkan, terdiri dari hardware dan software.

          BAB V PENUTUP

          Bab ini berisi kesimpulan dan saran yang berkaitan dengan analisa dan optimalisasi sistem berdasarkan yang telah diuraikan pada bab-bab sebelumnya

          DAFTAR PUSTAKA
          LAMPIRAN – LAMPIRAN


Menu navigasi