SI1121469424

Dari widuri
Revisi per 13 Januari 2016 03.20 oleh Diding Maulana (bicara | kontrib) (BAB II)


Lompat ke: navigasi, cari

PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI

PENUNJANG EFEKTIFITAS PROGRAM PROMOSI PADA

SMK MANDIRI 01 PANONGAN KAB. TANGERANG


SKRIPSI


Logo stmik raharja.jpg


Disusun Oleh :

NIM
: 1121469424
NAMA


JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

STMIK RAHARJA

TANGERANG

2015/2016

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI

PENUNJANG EFEKTIFITAS PROGRAM PROMOSI PADA

SMK MANDIRI 01 PANONGAN KAB. TANGERANG

Disusun Oleh :

NIM
: 1121469424
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Teknik Informasi
Konsentrasi
: Multimedia Audio Visual and Broadcasting

 

 

Disahkan Oleh :

Tangerang, Januari 2016

Ketua
       
Kepala Jurusan
STMIK RAHARJA
       
Jurusan Teknik Informatika
           
           
           
           
Ir. Untung Rahardja, M.T.I
       
Junaidi, M.Kom
NIP : 99001
       
NIP : 05062

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI

PENUNJANG EFEKTIFITAS PROGRAM PROMOSI PADA

SMK MANDIRI 01 PANONGAN KAB. TANGERANG

Dibuat Oleh :

NIM
: 1121469424
Nama

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting

Disetujui Oleh :

Tangerang, Januari 2016

Pembimbing I
   
Pembimbing II
       
       
       
       
Drs. Sugeng Widada, M.Si
   
Aris Martono, MMSI
NID :
   
NID :


SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI

PENUNJANG EFEKTIFITAS PROGRAM PROMOSI PADA

SMK MANDIRI 01 PANONGAN KAB. TANGERANG

Dibuat Oleh :

NIM
: 1121469424
Nama

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian

Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting

Tahun Akademik 2015/2016

Disetujui Penguji :

Tangerang, Januari 2016

Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
(_______________)
 
(_______________)
 
(_______________)
NID :
 
NID :
 
NID :

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI

PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI

PENUNJANG EFEKTIFITAS PROGRAM PROMOSI PADA

SMK MANDIRI 01 PANONGAN KAB. TANGERANG

Disusun Oleh :

NIM
: 1121469424
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Multimedia Audio Visual and Broadcasting

 

 

Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang, Januari 2016

 
 
 
 
 
NIM : 1121469424

 

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;

ABSTRAKSI

Tujuan perancangan media yang diajukan adalah untuk menunjang peningkatan efektifitas program promosi lembaga sekolah SMK Mandiri 01 Panongan Kab. Tangerang. Dari efektifitas media yang telah diajukan jika sudah diimplementasikan harapannya agar selalu terdapat peningkatan perolehan calon siswa didiknya tiap-tiap tahunnya. Metode perancangan, agar menghasilkan bentuk media-media yang baik dan berkualitas, sebelum dimulainya perancangan media dipergunakan Konsep Desain yang menggunakan tahapan-tahapan dari Perencanaan Media yang terdapat Tujuan Media, Strategi Media dan Program Media. Perencanaan Pesan atau Konsep Kreatif, terdapat Tujuan Pesan (Tujuan Kreatif) dan Strategi Pesan (Strategi Kreatif). Perencanaan Visual, terdapat Tujuan Visual, Strategi Visual dan Proses Visualisasi serta Proses Desain (Designing). Manfaat dari rancangan media yang diajukan setelah diimplementasikan adalah pada program promosi dapat meningkatkan perolehan calon siswa didiknya kurang lebih 50% untuk tiap-tiap tahunnya.</b>

Kata Kunci: Perancangan, media dan efektifitas

ABSTRACT

Media design objectives put forward is to support the improvement of the effectiveness of program promotion agency Mandiri 01 Panongan vocational school district. Tangerang. Of the effectiveness of the media that have been filed if it is implemented there is always the hope that an increase in the acquisition of prospective students their students each year. Design methods, in order to produce a form of media that is good and quality, before the start of the design of media used design concept that uses the stages of planning Media contained Purpose Media, Media Strategy and Program Media. Creative planning message or concept, there are objective Message (Creative Purpose) and Strategy Book (Creative Strategies). Visual Planning, there are objective Visual, Visual Strategies and Process Visualization and Process Design (Designing). Benefits of the proposed draft media after the program is implemented is the promotion of the acquisition of prospective students can improve their students approximately 50% for each year.

Keywords :

KATA PENGANTAR



Segala Puji syukur kehadirat Allah SWT. yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya, dapat menyelesaikan hasil rancangan media dan laporan Skripsi tepat waktu sesuai waktu yang telah ditetapkan, adapun judul perancangan yang dijadikan topik penelitian adalah “Perancangan Media Komunikasi Visual Sebagai Penunjang Efektifitas Program Promosi Pada SMK Mandiri 01 Panongan Kab. Tangerang”. Tujuan dari laporan Skripsi ini adalah untuk memenuhi syarat kelulusan menyelesaikan pendidikan jenjang Stara Satu (S1) Program Studi Teknik Informatika (TI) pada Sekolah Tinggi Manajemen dan Ilmu Komputer (STMIK) Raharja, sekaligus mengimplementasikan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dari pihak kampus agar dapat diterapkan dan bermanfaat dengan baik.

Tujuan dari penyelesaian laporan Skripsi adalah sebagai salah satu persyaratan dalam memperoleh gelar S.Kom. (Sarjana Komputer) untuk jenjang S1 di Perguruan Tinggi Raharja, Cikokol Tangerang. Sebagai penunjang bahan penulisan, data-data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, survey dan studi pustaka.

Dalam kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan bimbingan, arahan, bantuan dan motivasi sehingga penyusunan laporan Skripsi ini terselesaikan tepat waktu, saya ucapkan terima kasih terutama kepada :

  1. Bapak Untung Rahardja, Ir.,M.T.I. selaku Ketua STMIK Raharja.
  2. Bapak Sugeng Santoso, M.Kom, selaku Pembantu Ketua I Bidang Akademik STMIK Raharja.
  3. Bapak Junaidi, M.Kom., selaku Kepala Jurusan Teknik Informatika STMIK Raharja.
  4. Bapak Drs. Sugeng Widada, M.Si. selaku Dosen, Staff Ahli MAVIB (Multimedia Audio Visual and Broadcasating) dan Pembimbing I yang telah memberikan arahan, panduan, masukan dan motivasi sehingga laporan Skripsi dapat terselesaikan dengan baik dan tepat pada waktu.
  5. Bapak Aris Martono, MMSI. selaku pembimbing II yang telah banyak memberikan bantuan masukan dan ilmu kepada penulis untuk menyelesaikan laporan skripsi ini.
  6. Bapak Drs. Achmad Chaerani, selaku Kepala Sekolah SMK Mandiri 01 Panongan yang telah memberikan kesempatan observasi penelitian terhadap SMK Mandiri 01 Panongan Kab. Tangerang.
  7. Seluruh Staf dan Guru SMK Mandiri 01 Panongan yang telah membantu penulis selama pembuatan laporan ini.
  8. Bapak dan Ibu Dosen Perguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan ilmu pengetahuan kepada penulis.

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Media informasi dan promosi merupakan suatu kebutuhan di bidang usaha, guna membangun citra/image sebuah lembaga pendidikan dibutuhkan sarana penunjang informasi dapat digunakan sebagai peningkatan efektifitas program promosi. SMK MANDIRI 01 PANONGAN yang mempunyai jurusan TKR (Teknik Kendaraan Ringan) dan AP (Administrasi Perkantoran), hingga saat ini belum menggunakan media sarana penunjang promosi yang menarik, sehingga target yang telah ditetapkan tidak pernah tercapai. Media komunikasi Visual yang saat ini dipergunakan diantaran: Media Spanduk, Brosur dan Banner, namun dari media-media tersebut belum dapat memberikan detail keunggulan sekolah yang dapat dijadikan daya tarik kepada masyarakat, oleh karena itu sesuai dengan hasil wawancara terhadap pihak terkait, bahwa saat ini lembaga sekolah tersebut menghendaki untuk dilengkapi dan disempurnakan media-media yang telah digunakan.

Selaku mahasiswa Program Studi Teknik Informatika, konsentrasi MAVIB (Multimedia Audio Visual and Broadcasting) yang memiliki keterampilan di bidang desain grafis, dalam tugas Skripsi, mengambil topik penelitian “Perancangan Media Komunikasi Visual Sebagai Penunjang Efektifitas Program Promosi Pada SMK Mandiri 01 Panongan Kab. Tangerang”.

Rumusan Masalah

Dari permasalahan yang disampaikan di atas dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut:

  1. Bentuk media apa saja yang dapat digunakan sebagai penunjang peningkatan efektifitas program promosi lembaga sekolah?
  2. 2. Bagaimana merancang media penunjang program promosi yang dapat dijadikan daya tarik?
  3. 3. Dari hasil rancangan media diimplementasikan, target apa yang di inginkan oleh lembaga pendidikan yang bersangkutan?

Ruang Lingkup

Agar pembahasan permasalahan skripsi ini lebih fokus dan terarah maka dibatasi ruang lingkup permasalahan yang dibahas, yaitu hal-hal yang dibutuhkan dalam proses perancangan media Spanduk, media Brosur, media Selebaran, media X-Banner, media Baner, media Kartu Nama, media Umbul-umbul dan media Kenang-kenangan.

Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan Penelitian

Beberapa tujuan dari perancangan media komunikasi visual sebagai penunjang promosi dan informasi sekolah adalah sebagai berikut :

1) Bagi penulis

a. Untuk dapat merancang sebuah media komunikasi visual yang sesuai kebutuhan serta dapat memberikan manfaat bagi sekolah maupun calon siswa/i, dan sebagai media penunjang informasi dan promosi bagi SMK MANDIRI 01 PANONGAN.

b. Melalui Perancangan Media komunikasi visual SMK MANDIRI 01 PANONGAN ini diharapkan dapat memberikan informasi dan promosi yang lebih efektif mengenai seluruh ruang lingkup sekolah serta dapat meningkatkan citra Sekolah SMK MANDIRI 01 PANONGAN.

c. Untuk dapat menerapkan konsep media komunikasi visual sebagai sarana informasi dan promosi dalam bentuk spanduk, banner, brosur,dll.

d. Untuk menambah wawasan dan mendapatkan pengalaman serta sebagai bekal bekerja secara profesional serta melengkapi kreatifitas dalam memperoleh ide-ide secara teoritis maupun praktis dalam menyelesaikan skripsi.

2) Bagi sekolah

a. Untuk meningkatkan pencapaian target pendaftaran siswa baru pada tahun berikutnya dengan menggunakan media informasi dan promosi.

b. Untuk dapat memudahkan calon siswa/I baru/transfer, orang tua dan relasi mengetahui tentang sekolah secara detail dengan media yang diusulkan.

c. Untuk dapat meningkatkan image dan citra sebagai aset sekolah.

d. Untuk salah satu referensi dalam pengembangan informasi dan promosi yang ada di SMK MANDIRI 01 PANONGAN.

Manfaat Penelitian

1) Bagi penulis

a. Sebagai sarana pembelajaran bagi penulis dalam merancang sebuah media informasi dan promosi yaitu media komunikasi visual.

b. Mampu mengimplementasikan suatu ide kreatif atau gagasan kedalam bentuk karya nyata.

c. Memberikan pengalaman bagi mahasiswa dalam menganalisa dan memperluas wawasan serta mampu menerapkan ilmu yang di dapat secara teoritis dalam perkuliahan.

d. Sebagai salah satu syarat penulis untuk mencapai gelar sarjana jurusan Teknik Informatika konsenrasi Mavib pada STMIK RAHARJA.

2) Bagi sekolah

a. Mempunyai media komunikasi visual sebagai media informasi yang dapat memberikan informasi terhadap calon siswa/I baru/transfer, orang tua dan relasi.

b. Mudahnya para calon siswa/I baru/transfer, orang tua dan relasi mengenal SMK MANDIRI 01 PANONGAN.

c. Sebagai aset sekolah yang dapat digunakan di berbagai acara formal maupun non formal.

d. Sebagai referensi ketika bidang marketing ingin membuat media komunikasi visual dalam bentuk lainnya.

Metodologi Penelitian

Metode-metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah:

A. Metode Pengumpulan Data

  1. Observasi

    Metode pengumpulan data dengan cara mendatangi tempat penelitian secara langsung guna mendapatkan informasi yang diperlukan dalam penelitian.

  2. Interview

    Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan cara wawancara langsung atau tanya jawab secara lisan dengan narasumber atau stakeholder yaitu dengan Bapak. Drs. H. Achmad Chaerani selaku Kepala Sekolah SMK MANDIRI 01 PANONGAN yang terlibat langsung dalam materi pembahasan ini.

  3. Studi Pustaka

    Materi-materi yang dipergunakan sebagai dasar landasan diperoleh dari berbagai sumber, yaitu membaca buku-buku, jurnal dan media tertulis lainnya yang berhubungan dengan topik penelitian.

B. Metode Analisa Perancangan Media

Metode analisa perancangan media adalah tahapan-tahapan penyelesaian Media komunikasi visual yang dibutuhkan oleh SMK MANDIRI 01 PANONGAN yang akan diproduksi dengan menggunakan aplikasi program komputer grafis diantaranya : Adobe Photoshop CS5 dan Adobe Illustrator CS5.

C. Konsep Desain

Konsep desain yang digunakan penulis dalam penelitian skripsi ini akan menyampaikan:

  1. Perencanaan Media
  2. Perencanaan Pesan
  3. Perencanaan Visual

Sistematika Penulisan

Penulisan terbagi menjadi lima bab dan setiap bab terbagi dalam beberapa bab dengan urutan pembahasan sebagai berikut:

Agar pemahaman tentang penulisan Skripsi ini menjadi terarah maka dikelompokan materi penulisan Skripsi ini menjadi beberapa Bab dengan sistematika penyampaiannya sebagai berikut:

Dalam bab ini penulis menguraikan Latar Belakang Penelitian, Rumusan Masalah, Ruang Lingkup Penelitian, Tujuan dan Manfaat Penelitian, Metodologi Penelitian serta Sistematika Penulisan.

Dalam bab ini penulis menjelaskan konsep-konsep dasar dan teori-teori khusus yang akan mendasari laporan penelitian skripsi yang penulis ajukan dan literature review.

Bab ini berisi tentang Gambaran Umum Obyek Yang Diteliti, Mengenai Sejarah Singkat, Struktur Organisasi, Wewenang dan Tanggung Jawab, Product Information, Market Analisis, Potensial Market, Market Segmentation, Marketing Objective, Marketing Strategi, Budget Produksi Media, dan Konfigurasi Hardware.

Berisi Perencanaan Media yang didalamnya terdapat : Tujuan Media, Strategi Media, Program Media, Perencanaan Pesan yang terdiri dari : Tujuan Kreatif, Strategi Kreatif, dan Perencanaan Visual yang terdiri dari : Tujuan Visual, Strategi Visual, Penulisan Naskah, Pengarahan Visualisasi, dan Proses Desain.

Bab ini berisi tentang Kesimpulan, Saran, dan Kesan yang dapat diberikan oleh penulis dari hasil penelitian yang dilakukan.

BAB II

LANDASAN TEORI

Konsep Dasar Perancangan

Menurut pendapat Iwan Binanto (2010:260) perancangan merupakan tahap pembuatan spesifikasi mengenai arsitektur program, gaya, tampilan, dan kebutuhan material atau bahan untuk program. Tahap ini biasanya menggunakan storyboard untuk menggambarkan deskripsi tiap scene lain dan bagan alir (flowchart) untuk menggambarkan aliran dari satu scene ke scene lain.Menurut Hendi Hendratman (2010:9) proses perancangan secara umum dapat dibagi kedalam beberapa bagian:

  1. Persiapan Data

    Data dapat berupa teks atau gambar yang terlebih dahulu diseleksi, apakah data tersebut sangat penting sehingga harus ditampilkan atau data kurang penting sehingga dapat ditampilkan lebih kecil, samar atau ditiadakan sama sekali. Data dapat berupa data Informatif yaitu berupa foto atau teks dan judul serta data estetis yaitu berupa bingkai, background, efek grafis atau bidang.

  2. Ide

    Untuk mencari ide yang kreatif diperlukan studi banding, wawancara dan lain-lain agar desain yang dibuat bisa efektif diterima dan membangkitkan kesan tertentu yang sulit dilupakan.

  3. Konsep

    Hasil kerja berupa pemikiran yang menentukan tujuan-tujuan, kelayakan dan segmen yang dituju. Oleh karena itu, desain grafis menjadi desain komunikasi visual agar dapat bekerja untuk membantu pihak yang membutuhkan solusi secara visual.

  4. Media

    Untuk mencapai kriteria ke sasaran atau segmen yang dituju diperlukan studi kelayakan yang cocok dan efektif untuk mencapai tujuannya. Media bisa berupa cetak, elektronik, luar ruang dan lain-lain.

  5. Visualisasi

    Menentukan komponen desain, pemilihan warna, layout, sampai finishing.

  6. Produksi

    Setelah desain yang dibuat selesai, sebaiknya terlebih dahulu diuji (testing) guna memastikan sistem atau produk yang telah dibuat tidak ada kesalahan.

Konsep Dasar Informasi

Menurut Hendi Haryadi (2009:26) informasi adalah data yang telah diolah menjadi bentuk yang memiliki arti bagi si penerima dan bermanfaat bagi pengambilan keputusan pada saat ini atau pada saat yang akan datang.

Menurut Maimunah dkk dalam jurnal CCIT Vol 5 No 3 ( 2012:284) Informasi adalah data yang diolah menjadi sebuah bentuk yang lebih berarti bagi penerimanya, dan bermanfaat dalam mengambil sebuah keputusan.

Berdasarkan pendapat yang dikemukakan di atas maka penulis dapat memberikan kesimpulan bahwa informasi adalah data yang telah diolah dan diproses yang memiliki makna/arti serta manfaat bagi penerimanya.

Jenis - Jenis Informasi

Menurut O’Brien (2012:15) Jenis - jenis informasi menurut dijelaskan sebagai berikut:

  1. Informasi Manajerial

    Informasi strategis untuk manajerial tingkat atas, informasi taktis untuk manajerial tingkat menengah, dan informasi operasional untuk manajerial tingkat bawah.

  2. Sumber Informasi

    Sumber informasi dibagi, menjadi informasi internal dan eksternal. Informasi internal adalah informasi yang menggambarkan keadaan (profile), sedangkan informasi eksternal adalah informasi yang menggambarkan ada tidaknya perubahan diluar organisasi. Informasi ini biasanya lebih banyak digunakan untuk kegiatan-kegiatan manajerial tingkat atas.

  3. Informasi Rutinitas

    Informasi rutinitas dibagi, menjadi informasi rutin dan insendentil. Informasi rutin digunakan secara periodik terjadwal dan digunakan untuk penanggulangan masalah rutin, sedangkan informasi insendentil diperlukan untuk penanggulangan masalah khusus.

  4. Informasi Fisik

    Informasi fisik, dapat diartikan susunan yang terdiri dari perangkat keras, perangkat lunak dan tenaga pelaksanaan yang secara bersama-sama saling mendukung untuk menghasilkan suatu produk, dan sistem informasi dari segi fungsi merupakan suatu proses berurutan dimulai dari pengumpulan data dan diakhiri dengan komunikasi.

Kualitas Informasi

Menurut Jogiyanto dalam bukunya Yakub (Yakub,2012: 9) Kualitas dari informasi (quality of information) sangat tergantung dari tiga hal yaitu accurate , timelinness, dan relevance.

a. Relevan (relevance)

Informasi tersebut mempunyai manfaat untuk pemakainya dan relevansi informasi untuk tiap – tiap orang akan berbeda – beda.

b. Tepat Waktu (timeliness)

Informasi tersebut datang pada penerima tidak boleh terlambat. Informasi yang sudah usang tidak akan mempunyai nilai lagi, karena informasi merupakan landasan di dalam pengambilan keputusan.

c. Akurat (accuracy)

Informasi harus bebas dari kesalahan – kesalahan dan tidak menyesatkan. Akurat juga berarti informasi harus jelas mencerminkan maksudnya. Informasi harus akurat karena dari sumber informasi sampai ke penerima informasi kemungkinan banyak terjadi gangguan (noise) yang dapat merusak informasi.

Nilai Informasi

Menurut Jogiyanto dalam bukunya Yakub (Yakub, 2012: 9) nilai dari informasi (value of information) ditentukan oleh dua hal yaitu, manfaat dan biaya pendapatannya. Suatu informasi dikatakan bernilai bila manfaatnya lebih efektif dibandingkan biaya mendapatkannya. Sulit untuk menggabungkan suatu bagian informasi pada suatu masalah yang tertentu dengan biaya memperolehnya, karena sebagian besar informasi dipakai banyak pihak dalam perusahaan. Informasi tidak dapat ditaksir keuntungannya dengan nilai uang, tetapi dapat ditaksir dengan nilai efektifnya. Pengukuran nilai informasi biasanya dihubungkan dengan analisis cost effectiveness atau cost benefit.

Nilai suatu infomasi berhubungan dengan keputusan. Hal ini berarti bahwa apabila tidak ada pilihan atau keputusan, informasi menjadi tidak diperlukan. Keputusan dapat berkisar dari keputusan berulang yang sederhana sampai keputusan strategis jangka panjang informasi tersebut. Informasi yang dapat mengurangi ketidakpastian dalam pengambilan keputusan dapat dikatakan informasi tersebut memiliki nilai yang tinggi. Sebaliknya apabila informasi tersebut kurang memberikan manfaat dalam pengambilan keputusan, maka informasi tersebut dikatakan bernilai rendah. Nilai informasi dikatakan sempurna apabila perbedaan antara kebijakan optimal, tanpa informasi yang sempurna dan kebijakan optimal menggunakan informasi yang sempurna dapat dinyatakan dengan jelas. Nilai suatu informasi dapat ditentukan berdasarkan sifatnya.

Tentang 10 sifat yang dapat menentukan nilai informasi, yaitu sebagai berikut :

  1. Kemudahan dalam memperoleh

    Informasi memiliki nilai yang lebih sempurna apabila dapat diperoleh secara mudah. Informasi yang penting dan sangat dibutuhkan menjadi tidak bernilai jika sulit diperoleh.

  2. Sifat luas dan kelengkapannya

    Informasi mempunyai nilai yang lebih sempurna apabila mempunyai lingkup atau cakupan yang luas dan lengkap. Informasi sepotong dan tidak lengkap menjadi tidak bernilai, karena tidak dapat digunakan secara baik.

  3. Ketelitian (accuracy)

    Informasi mempunyai nilai yang lebih sempurna apabila mempunyai ketelitian yang tinggi atau akurat. Informasi menjadi tidak bernilai jika tidak akurat, karena akan mengakibatkan kesalahan pengambilan keputusan.

  4. Kecocokan dengan pengguna (relevance)

    Informasi mempunyai nilai yang lebih sempurna apabila sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Informasi berharga dan penting menjadi tidak bernilai jika tidak sesuai dengan kebutuhan penggunanya, karena tidak dapat dimanfaatkan untuk pengambilan keputusan.

  5. Ketepatan waktu (Timeliness)

    Informasi mempunyai nilai yang lebih sempurna apabila dapat diterima oleh pengguna pada saat yang tepat. Informasi berharga dan penting menjadi tidak bernilai jika terlambat diterima atau usang, karena tidak dapat dimanfaatkan pada saat pengambilan keputusan.

  6. Kejelasan (clarity)

    Informasi yang jelas akan meningkatkan kesempurnaan nilai informasi. Kejelasan informasi dipengaruhi oleh bentuk dan format informasi.

  7. Fleksibilitas atau Keluwesannya

    Nilai informasi semakin sempurna apabila memiliki fleksibilitas tinggi. Fleksibilitas informasi diperlukan oleh para manajer atau pimpinan pada saat pengambilan keputusan.

  8. Dapat Dibuktikan

    Nilai informasi semakin sempurna apabila informasi tersebut dapat dibuktikan kebenarannya. Kebenaran informasi bergantung pada validitas data sumber yang diolah.

  9. Tidak ada prasangka

    Nilai informasi semakin sempurna apabila informasi tersebut tidak menimbulkan prasangka dan keraguan adanya kesalahan informasi.

  10. Dapat diukur

    Informasi untuk pengambilan keputusan seharusnya dapat diukur agar dapat mencapai nilai yang sempurna.

Konsep Dasar Promosi

Menurut Mukti Budiarto dkk dalam jurnal CCIT Vol 1 No 2 (2011:57) Promosi adalah suatu bentuk kegiatan yang diselenggarakan oleh pihak pemasar yang bertujuan untuk menarik perhatian masyarakat, sehingga tertarik untuk melakukan transaksi seperti yang diinginkan oleh pihak pemasar, agar dalam pelaksanaan program promosi dapat berjalan dengan baik, dan segala sesuatunya harus dipersiapkan dengan matang.

Menurut Maimunah dkk dalam jurnal CCIT Vol 5 No 3 (2012:283) Promosi merupakan penentu keberhasilan suatu pemasaran. Oleh karena itu kegiatan promosi ini harus dilakukan sejalan dengan rencana pemasaran serta diarahkan dan dikendalikan dengan baik sehingga promosi tersebut benar-benar dapat memberikan kontribusi yang tinggi dalam upaya meningkatkan volume penjualan.

Maka kesimpulan dari pendapat – pendapat diatas, promosi merupakan suatu kegiatan yang harus dilakukan oleh perusahaan dalam rangka upaya meningkatkan segment pasar , maka pelaksanaannya program promosi harus disesuaikan dengan rencana strategi program pemasarannya.

BAB III

GAMBARAN UMUM OBJEK YANG DITELITI

BAB IV

KONSEP DESAIN

BAB V

PENUTUP