SI1122468953
PENGEMBANGAN RAHARJA.AC.ID BERBASIS HYBRID MOBILE
APLIKASI ANDROID PADA PERGURUAN TINGGI RAHARJA
Disusun Oleh :
NIM |
: 1122468953
|
NAMA |
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
KONSENTRASI SOFTWARE ENGINEERING
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
TANGERANG
2014/2015
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI
PENGEMBANGAN RAHARJA.AC.ID BERBASIS HYBRID MOBILE
APLIKASI ANDROID PADA PERGURUAN TINGGI RAHARJA
Disusun Oleh :
NIM |
: 1122468953
|
Nama |
|
Jenjang Studi |
: Strata Satu
|
Jurusan |
: Teknik Informatika
|
Konsentrasi |
: Software Engineering
|
Disahkan Oleh :
Tangerang, 20 Agustus 2015
Ketua |
Kepala Jurusan
| ||||
STMIK RAHARJA |
Jurusan Teknik Informatika
| ||||
(NAMA) |
(NAMA)
| ||||
NIP : XXXXX |
NIP : XXXXXX
|
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING
PENGEMBANGAN RAHARJA.AC.ID BERBASIS HYBRID MOBILE
APLIKASI ANDROID PADA PERGURUAN TINGGI RAHARJA
Dibuat Oleh :
NIM |
: 1122468953
|
Nama |
Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif
Jurusan Teknik Informatika
Konsentrasi Software Engineering
Disetujui Oleh :
Tangerang,.... 2014
Pembimbing I |
Pembimbing II
| ||
(NAMA) |
(NAMA)
| ||
NID : .... |
NID : ....
|
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI
PENGEMBANGAN RAHARJA.AC.ID BERBASIS HYBRID MOBILE
APLIKASI ANDROID PADA PERGURUAN TINGGI RAHARJA
Dibuat Oleh :
NIM |
: 1122468953
|
Nama |
Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian
Komprehensif
Jurusan Teknik Informatika
Konsentrasi Software Engineering
Tahun Akademik 2014/2015
Disetujui Penguji :
Tangerang, .... 2014
Ketua Penguji |
Penguji I |
Penguji II
| ||
(_______________) |
(_______________) |
(_______________)
| ||
NID : |
NID : |
NID :
|
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI
PENGEMBANGAN RAHARJA.AC.ID BERBASIS HYBRID MOBILE
APLIKASI ANDROID PADA PERGURUAN TINGGI RAHARJA
Disusun Oleh :
NIM |
: 1122468953
|
Nama |
|
Jenjang Studi |
: Strata Satu
|
Jurusan |
: Teknik Informatika
|
Konsentrasi |
: Software Engineering
|
Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.
Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.
Tangerang, 20-08-2015
NIM : 1122468953
|
)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;
ABSTRAKSI
Android adalah sistem operasi untuk seluler yang berbasis linux, android sendiri menyediakan paltform terbuka bagi pengembang menciptakan suatu aplikasi yang digunakan oleh berbagai macam perangkat mobile. Penggunaan perangkat mobile sendiri sudah sangat populer dikalangan umum, hampir setiap kalangan sudah memiliki perangkat mobile yang berbasis android. Karena perangkat mobile sendiri memiliki ukuran yang kecil dan penggunaan internet yang memakanbandwitch tidak terlalu besar maka perguruan tinggi raharja melakukan penerobosan dengan membuat sistem aplikasi mobile sebagai bentuk penyampaian informasi mengenai perguruan tinggi raharja. pemberian informasi akademik melalui aplikasi mobile ini untuk dapat memenuhi sistem informasi secara efektif dan efisien serta meningkatkan pelayanan terhadap mahasiswa.
Kata Kunci: android, sistem informasi, aplikasi mobile
ABSTRACT
Android is a mobile operating system based on Linux, Android itself provides an open platform for developers to create an application that is used by a wide variety of mobile devices. The use of a mobile device itself is already very popular with the public, almost every circle already have android-based mobile devices. Because the mobile device itself has a small size and use of the internet which takes bandwitch not too large, then college raharja doing breakthrough by creating a mobile application system as a form of submission of information regarding college raharja. provision of academic information through these mobile applications to meet the information systems effectively and efficiently and improve services to students.
Keywords : android, information systems, mobile applications
Puji dan syukur saya sampaikan kepada Tuhan YangMaha Esa yang telah memberikan rahmat dan karunianya, sehingga saya dapatmenyelesaikan laporan Skripsi, yang berjudul PENGEMBANGAN RAHARJA.ac.idBERBASIS HYBRID MOBILE APLIKASI ANDROID PADA PERGURUAN TINGGI RAHARJA.
Laporan Skripsi ini penulis buat untuk memenuhisalah satu syarat untuk mengikuti Sidang Skripsi pada Jurusan TeknikInformatika dengan konsentrasi Software Engineering di Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Raharja Iinformatika Tangerang.
Dalam kesempatan ini, Penulis inginmengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu Penulis dalam menyelesaikan Laporan Skripsiini, antara lain :
- Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I, selaku Ketua STMIK Raharja.
- Bapak Sugeng Santoso, M.Kom, selaku Pembantu Ketua Bidang Akademik STMIK Raharja.
- Bapak Junaidi, M.kom sebagai Kepala Jurusan Teknik Informatika STMIK Raharja.
- Bapak Ary Budi Warsito, M.Kom selaku Dosen Pembimbing I yang telah memberikan waktu dan saran kepada penulis untuk dapat menyelesaikan Laporan Skripsi.
- Bapak Muhamad Yusup, M.Kom selaku Dosen Pembimbing II yang telah memberikan waktu dan saran kepada penulis untuk dapat menyelesaikan Laporan Skripsi.
- Dosen-dosen yang telah mengajar dan seluruh staff Perguruan Tinggi Raharja, yang telah membantu penulis dalam penulisan Laporan Skripsi.
- Kedua Orang tua tercinta, yang selalu memberikan semangat dan dukungan moril, materil serta doanya untuk keberhasilan penulis.
- Terimakasih kepada yang terkasih Tiffany Ezrawati Hasibuan
- Anak-anak Brother pro’11 dan Gembel Nevan.
- Serta semua pihak yang telah banyak membantu Penulis secara langsung maupun tidak langsung dalam penyelesaian pembuatan Laporan Kuliah Kerja Praktek ini,yang tidak bisa di sebut satu persatu.
Semoga Tuhan Yang Maha Esa membalas semua kebaikan dan memberikan Rahmat serta Kasih SayangNya kepada semua pihak yang telah membantu Penulis dalam menyelesaikan Laporan Skripsi.
Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan Laporan Skripsi ini jauh dari sempurna, karena keterbatasan kemampuan Penulis dalam mendapatkan berbagai sumber yang menjadi bahan acuan dalam penyusunannya. Oleh karena itu Penulis mengharapkan bantuan saran dan kritik yang membangun agar dapat dimanfaatkan pada kesempatan yang akan datang.
Harapan Penulis semoga Laporan Skripsi ini dapat bermanfaat bagi Penulis dan semua pihak yang memerlukannya.
Tangerang, 20-08-2015 | |
Leo Kumoro Sakti | |
NIM. 1122468953 |
Daftar isi
BAB I
Latar Belakang
Teknologi merupakan hal yang familiar kita jumpai, hampir disetiap kegiatan kita berhubungan dengan teknologi . Teknologi akan terus diperbarui dengan melihat tingkat kehidupan masyarakat saat ini. Perkembangan teknologi dalam dunia informatika dari waktu kewaktu mengalami kemajuan yang sangat pesat membuat semua instansi pemerintah, maupun pendidikan ingin mengembangkan dan menggunakan kecanggihan teknologi yang mampu meningkatkan berbagai macam kinerjanya. Saat ini kemajuan informasi teknologi sangat diperlukan dalam mengakses mendapatkan informasi dengan cepat, dan sudah menjadi kebutuhan utama dalam pelayanan informasi untuk menyediakan sistem yang dibutuhkan dengan cepat dan akurat.
Seperti halnya Perguruan Tinggi lain yang bergerak dalam bidang pendidikan ilmu komputer, Perguruan Tinggi Raharja selalu berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik. Terbilang cukup diunggulkan dibandingkan dengan Kampus Perguruan Tinggi lainnya terbukti dengan adanya transformasi kearah yang lebih modern ini dengan didasarkan sistem pemberian informasi berbasis mobile menjadikan sebuah motivasi baru dalam dunia pendidikan khususnya bagi mahasiswa agar dapat mengetahui informasi kampus. Dengan dibutuhkan nya hal yang membantu dalam bidang pendidikan maka pengembangan aplikasi mobile saat ini menggunakan bahasa pemprograman HTML5 dan CSS. Pengembangan aplikasi mobile berbasis android merupakan project yang saat ini dikembangkan, maka dari itu terbentuklah judul “PENGEMBANGAN RAHARJA.AC.ID BERBASIS HYBRID MOBILE APLIKASI ANDROID PADA PERGURUAN TINGGI RAHARJA”.
Rumusan Masalah
Sesuai dengan latar belakang yang diuraikan diatas maka penulis dapat merumuskan perumusan masalah sebagai berikut:
-
Bagaimana sistem informasi pada Perguruan Tinggi Raharja berjalan?
-
Bagaimana informasi yang diberikan dapat sampai kepada mahasiswa secara cepat, efektif dan efisien ??
-
Bagaimana sistem aplikasi mobile ini dapat menjadi sarana yang baik kedepannya?
Ruang Lingkup Penelitian
Sebagai pembatasan pembahasan atas penyusunan laporan ini untuk tetap fokus dan sesuai dengan tujuan yang ditetapkan, maka penulis memberikan ruang lingkup penelitian.
Sesuai dengan judul penelitian diatas maka ruang lingkup yang digunakan sebatas Raharja.ac.id yang selama ini bisa ditampilkan di tampilan web dengan kode akses Raharja.ac.id
Tujuan dan Manfaat Penelitian
Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu dapat membangun aplikasi mobile sesuai dengan yang terdapat dalam Raharja.ac.id guna mendapat sasaran dan tujuan pada Perguruan Tinggi Raharja yaitu:
-
Untuk membantu mahasiswa dan calon mahasiswa mengetahui informasi yang cepat dan tepat mengenai STMIK dan AMIK Raharja.
-
Memberikan inovasi baru dengan memasukan teknologi berupa aplikasi mobile yang nanti nya akan memberikan manfaat yang baik
Manfaat Penelitian
-
Menggunakan aplikasi mobile sangat menunjang Perguruan Tinggi Raharja sebagai Perguruan tinggi di bidang Teknik Informatika.
-
Memudahkan mahasiswa dan calon mahsiswa dalam mencari informasi dengan lebih baik, menarik dan cepat.
Metode Penelitian
Jenis Penelitian
Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah metode deskripsi yaitu metode penelitian yang membahas, mengumpulkan dan menyajikan serta menganalisa data yang memberikan gambaran yang cukup jelas atas permasalahan yang dibahas.
Metode Pengumpulan Data
Dalam mendapatkan data yang diperlukan dalam penelitian, penulis menggunakan beberapa metode sebagai berikut :
- Wawancara
Metode wawancara dilakukan melalui proses tanya jawab kepada beberapa pihak yang bersangkutan untuk memperoleh informasi guna mendukung dalam pengembangan aplikasi web wobile.
- Observasi
Metode pengumpulan data dengan cara pengamatan secara langsung ke tempat dilakukannya suatu penelitian serta menganalis terhadap unsur-unsur yang diteliti secara sistematis.
- Studi Pustaka
Metode yang digunakan untuk mendapatkan data atau informasi dari beberapa sumber literature-literatur review yang berkaitan dengan penelitian.
Metode Analisa Data
Analisa system dilakukan dengan melalui 4 (empat) tahapan yaitu :
Survey terhadap sistem yang sedang berjalan
Analisa terhadap temuan survey
Identifikasi kebutuhan informasi
Identifikasi persyaratan sistem
Metode Analisa dan Metode Perancangan
Tahap analisa sistem yang berjalan, yaitu:
Menganalisa sistem yang berjalan.
Memahami kerja dari sistem yang berjalan
Mengidentifikasi kebutuhan informasi.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode rancangan berorientasi objek dengan beberapa tahapan pembuatan 4 (empat) macam diagram UML (Unified Modelling Language) melalui tahapan pembuatan dengan menggunakan : Use Case Diagram, Activity Diagram, Sequence Diagram dan Class Diagram. Dengan menggunakan Bootstrap kemudian pembuatan database dan pembuatan program yang disesuaikan berdasarkan kebutuhan stakeholder yang terangkum dalam elisitasi. Bahasa pemograman yang digunakan adalah HTML 5 dan CSS dengan menggunakan Jquery.
Sumber Data
Dalam penyusunan laporan ini, penulis menggunakan jenis data dan sumber data sebagai berikut:
- Sumber Data Primer
Adalah data yang diperoleh secara langsung dari Perguruan Tinggi Raharja baik melalui observasi maupun melalui pengumpulan data.
- Sumber Data Sekunder.
Adalah data yang dikumpulkan oleh penulis dengan mempelajari buku-buku, dan sumber-sumber data lainnya yang berkaitan dengan objek penelitian yang dipilih.
Metode Prototipe
Prototyping adalah proses pembuatan model sederhana software yang mengizinkan pengguna memiliki gambaran dasar tentang program serta melakukan pengujian awal. Prototyping memberikan fasilitas bagi pengembang dan pemakai untuk saling berinteraksi selama proses pembuatan, sehingga pengembang dapat dengan mudah memodelkan perangkat lunak yang akan dibuat.
Sistematika Penulisan
Untuk memahami lebih jelas mengenai Laporan SKRIPSI, penulis mengelompokan laporan ini menjadi beberapa sub-sub dengan sistematika penulisan. Penulisan ini terdiri dari lima bab dan beberapa lampiran.
BAB I PENDAHULUAN
BAB II LANDASAN TEORI
Bab ini berisikan
BAB III PEMBAHASAN
Menganalisis sistem yang sedang berjalan di Perguruan Tinggi Raharja yang selanjutnya diharapkan dapat diperoleh suatu jalan keluar untuk mengatasi masalah yang sedang dihadapi oleh pendidikan tersebut. Bab ini juga berisi tentang sejarah Perguruan Tinggi Raharja, visi dan misi, struktur organisasi, deskripsi pekerjaan, analisa sistem yang sedang berjalan yang digambarkan dengan menggunakan Unified Modelling Language (UML).
BAB IV RANCANGAN SISTEM YANG DIUSULKAN
Pada bab ini berisi rancangan sistem yang akan di usulkan pada Perguruan Tinggi Raharja, bagaimana usulan tersebut dapat diterima dan dapat diterapkan yang nantinya akan bermanfaat bagi Perguruan Tinggi Raharja itu sendiri dan aplikasi mobile android yang diusulkan nantinya. Dalam hal ini Perancangan Sistem Informasi Pada Pendaftaran menggunakan bahasa pemrograman HTML 5 dan CSS, serta penggunaan andromo.
BAB V PENUTUP
Bab ini merupakan bab penutup yang berisi tentang kesimpulan dari hasil pengamatan dan penelitian yang telah dilakukan pada skripsi ini dan beberapa saran yang dapat disampaikan.
DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR LAMPIRAN