SI0914462904
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN BARANG
JUAL BELI PADA IZZY BATTERY
Disusun Oleh :
Nim |
: 0914462904
|
Nama |
JURUSAN SISTEM INFORMASI
KONSENTRASI KOMPUTER AKUNTANSI
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
TANGERANG
ABSTRACT
In the era of information technology development at this time, the use of computers in the Izzy Battery company is very important to support the information needs. The use of computers is a must, because with the computerized system of all processes ranging from data processing, and other important documents can be arranged neatly so as to facilitate the storage and retrieval of data. Problems encountered in the system inventory information and selling at Izzy Battery is the lack of system information that is accurate, fast, and precise, because the existing inventory system on Izzy Battery still using a manual system, and the data was not stored in the database server, so generate all reports in an accurate and precise relatively long. The purpose of the study conducted by researchers is to facilitate the delivery of inventory information on Izzy Battery in order to improve the performance of the company in this case the storage and retrieval of data and selling goods. The methodology used is the approach to system development life cycle starting from analyzing the system that runs through the UML (Unified Modeling Language), perform elicitation and the outcomes achieved from the report that the establishment of a procedure with a system using UML to describe the program that runs the system analysisand analysis The proposed system. In addition it also produced a draft inventory information system is expected to improve the operational performanceof Izzy Battery employees.
Keywords: Information Systems,Inventory, Sales and Purchase of Goods, UML.
ABSTRAKSI
Di era perkembangan teknologi informasi pada saat ini, pemanfaatan komputer di perusahaan Izzy Battery sangatlah penting untuk menunjang kebutuhan – kebutuhan informasi. Penggunaan komputer merupakan hal yang wajib, karena dengan adanya sistem terkomputerisasi segala proses mulai dari pengolahan data hingga dokumen penting lainnya dapat tersusun dengan rapih sehingga dapat mempermudah penyimpanan dan pencarian data. Masalah yang dihadapi pada sistem informasi persediaan barang jual beli di Izzy Battery adalah kurang adanya sistem informasi yang akurat, cepat, dan tepat,karena sistem persediaan barang yang ada pada Izzy Battery masih menggunakan sistem manual, dan datanya pun belum tersimpan dalam database server, sehingga di dalam menghasilkan seluruh laporan yang akurat dan tepat relatif lama. Adapun tujuan dari penelitian yang dilakukan peneliti adalah untuk mempermudah penyampaian informasi persediaan barang di Izzy Battery agar dapat memperbaiki kinerja perusahaan dalam hal ini yaitu penyimpanan dan pencarian data barang jual beli. Metodologi yang digunakan yaitu dengan pendekatan siklus hidup pengembangan sistem mulai dari menganalisa sistem yang berjalan melalui UML (Unified Modeling Languange), melakukan elisitasi serta hasil akhir yang dicapai dari laporanyaitu terbentuknya suatu prosedur sistem dengan menggunakan program UML untuk menggambarkan analisa sistem yang berjalan dan analisa sistem yang diusulkan. Selain itu dihasilkan pula rancangan sistem informasi persediaan barang yang diharapkan dapat meningkatkan kinerja operasional pada karyawan Izzy Battery.
Kata kunci: Sistem Informasi, Persediaan, Barang Jual Beli, UML.
KATA PENGANTAR
Dengan mengucapkan puji dan syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa serta rahmat dan anugerah-Nya yang telah diberikan kepada peneliti sehingga dapat menyelesaikan dan menyusun Laporan Skripsi ini, dengan judul “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN BARANG JUAL BELI PADA IZZY BATTERY ”.
Peneliti menyadari bahwa dalam penyusunan Laporan ini masih terdapat beberapa kekurangan, karena keterbatasan kemampuan penulis dalam memperoleh berbagai sumber yang menjadi bahan acuan dalam penyusunan. Oleh karena itu peneliti mengharapkan saran dan kritik yang membangun agar dapat dimanfaatkan pada masa yang akan datang.
Untuk itu pada kesempatan ini peneliti mengucapkan terima kasih yang sebesar – besarnya kepada semua pihak yang telah membantu, sehingga terlaksananya penulisan Laporan Skripsi ini. Ucapan terimakasih terutama kepada:
- Bapak Ir.Untung Rahardja,M.T.I selaku Presiden Direktur Perguruan Tinggi Raharja.
- Bapak Sugeng Santoso, M.Kom. Selaku Pembantu Ketua I (PUKET I) STMIK Raharja.
- Ibu Nur Azizah, M.Akt., M.Kom. Selaku Kepala Jurusan Sistem Informasi STMIK Raharja.
- Bapak Aris,S.Kom Selaku Dosen Pembimbing 1.
- Bapak Danang Rifai, S.Kom. Selaku Dosen Pembimbing 2.
- Ibu Angeline Hartanto, selaku pemilik perusahaan Izzy Battery.
- Bapak Irwan, selaku pembimbing lapangan.
- Kedua orang tua dan segenap keluarga yang memberikan motivasi dan tak henti – hentinya memanjatkan doa demikemudahan saya menyelesaikan Laporan Skripsi ini.
- Serta teman – teman seperjuangan, yang telah meluangkan waktunya untuk membantu dalam penyusunan laporan Skripsi ini.
Akhir kata, penulis berharap laporan ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca dan dapat menjadi bahan acuan yang bermanfaat dikemudian hari.
Daftar isi
- 1 BAB I
- 2 BAB II
- 3 BAB III
DAFTAR TABEL
Tabel 3.1 Elisitasi tahap I
Tabel 3.2 Elisitasi tahap II
Tabel 3.3 Elisitasi tahap III
Tabel 3.4 Elisitasi Final
Tabel 4.1 tb barang
Tabel 4.2 tb Pelanggan
Tabel 4.3 tb Pemasok
Tabel 4.4 tb Penerima
Tabel 4.5 tb Pengeluaran
Tabel 4.6 tb Pengguna
Tabel 4.7 Schedule Implementasi
DAFTAR GAMBAR
Gambar 2.1 UML 2.3 Diagram
Gambar 3.1 Struktur Organisasi Izzy Battery
Gambar 3.2 Use Case Diagram Persediaan Barang
Gambar 3.3 Sequence Diagram Persediaan Barang
Gambar 3.4 Activity Diagram Persediaan Barang
Gambar 4.1 Use Case Diagram
Gambar 4.2 Activity Diagram Admin
Gambar 4.3 Sequence Diagram Admin
Gambar 4.4 State Diagram Admin
Gambar 4.5 Class Diagram yang diusulkan
Gambar 4.6 Prototype Menu Utama login</i>
Gambar 4.7 Prototype Menu Area Admin
Gambar 4.8 Prototype menu data barang
Gambar 4.9 Prototype Menu Data Costomer
Gambar 4.10 Prototype Menu Data Supplier
Gambar 4.11 Prototype Menu Data Barang Keluar
Gambar 4.12 Prototype Menu Data Barang Masuk
Gambar 4.13 Prototype Menu Laporan
Gambar 4.14 Tampilan Menu Utama
Gambar 4.15 Tampilan Home Area Admin
Gambar 4.16 Tampilan Menu Data Barang
Gambar 4.17 Tampilan Menu Data Customer
Gambar 4.18 Tampilan Menu Data Supplier
Gambar 4.19 Tampilan Menu Data Barang Keluar
Gambar 4.20 TampilanMenu Data Barang Masuk
Gambar 4.21 Tampilan Menu Laporan
DAFTAR SIMBOL
DAFTAR SIMBOL USE CASE DIAGRAM
DAFTAR SIMBOL ACTIVITY DIAGRAM
DAFTAR SIMBOL SEQUENCE DIAGRAM
BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Perkembangan teknologi khususnya di bidang informasi dan komunikasi telah mendorong arusvglobalisasi. Pada era persaingan bebas seperti saat ini, kecepatan pengolahan dan penyampaian informasi memiliki peran yang sangat penting bagi setiap instansi, terutama instansi yang memiliki tingkat rutinitas yang tinggi dan memiliki banyak data yang harus diolah. Banyaknya data maupun informasi yang harus diolah tentu tidak memungkinkan dilakukan semua dengan menggunakan cara manual. Pengolahan data yang jumlahnya sangat banyak memerlukan suatu alatbantu yang memiliki tingkat kecepatan perhitungan dan penyampaian data yang tinggi. Alat bantu tersebut berupa perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Perkembangan teknologi dan informasi yang sangat pesat mendorong masyarakat baik kelompok maupun perorangan, instansi pemerintah maupun swasta, untuk memanfaatkan perkembangan teknologi dan informasi tersebut. Keunggulan komputer dalam memproses data akan meningkatkan efektifitas, produktifitas, serta efisiensi suatu aplikasi.
Pemanfaatan komputer dapat menunjang penyajian informasi yang cepat, tepat dan efisien, sehingga mempengaruhi dalam pengambilan keputusan, maka diperlukan sebuah sistem pengolahan data yang bisa mempermudah pengolahan dan penyajian data yang akurat dalam waktu yang singkat. Dampak dari kemajuan teknologi sistem informasi ini adalah dalam hal pengaplikasian komputer yang akan banyak membantu kinerja sistem yang berjalan pada suatu perusahaan, instansi pemerintah, swasta, organisasi maupun Izzy Battery. Komputer akan dapat memberikan banyak kemudahan dalam hal pengolahan dan penyajian data persediaan barang jual beli pada Izzy Battery.
Tugas utama dari Izzy Battery yaitu melakukan proses jual beli aki mobil. Seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia adalah Negara yang mayoritas masyarakatnya saat ini menggunakan kendaraan bermotor khususnya mobil. Maka Bagian Penjualan pada Izzy Battery membutuhkan fasilitas pengolahan dan penyajian data persediaan barang jual beli untuk mempermudah dan mempersingkat waktu dalam pengolahan data barang jual beli yang dapat membantu bagian penjualan dalam pelaksanaan kinerjanya.
Oleh karena itu untuk mempermudah pengolahan data persediaan barang jual beli diperlukan suatu sistem komputerisasi yang efektif untuk mendukung pekerjaan karyawan yang terlibat dalam hal tersebut. Sehingga dalam hal ini penulis membuat laporan Skripsi ini dengan judul ”Perancangan Sistem Informasi Persediaan Barang Jual Beli Pada Izzy Battery”.
Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka masalah yang akan dibahas pada penelitian ini adalah :
- Bagaimanakah sistem informasi persediaan barang jual beli pada Izzy Battery saat ini?
- Apakah sistem pengolahan dan penyajian data persediaan barang jual beli yang berjalan saat ini bisa menghasilkan dan menyajikan data-data secara efektif dan efesien?
- Sistem seperti apa yang diperlukan guna menunjang pengolahan sampai dengan penyajian data dalam bentuk laporan persediaan barang jual beli pada Izzy Battery?
Untuk menghasilkan penelitian yang lengkap dan akurat, maka pada kesempatan ini penulis membatasi ruang penelitian pada Bagian Penjualan Izzy Battery, yang terdiri dari proses penginputan data persediaan barang jual beli sampai dengan laporan data persediaan barang jual beli yang telah diproses.
Tujuan dan Manfaat Penelitian
Tujuan Penelitian
Adapun tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut :
- Untuk mengetahui ada atau tidaknya sistem persediaan barang jual beli pada Izzy Battery.
- Mengetahui tingkat efektifitas kinerja dalam proses pengolahan data persediaan barang jual beli pada Izzy Battery.
- Untuk Membantu memberikan solusi sekaligus merancang sistem yang dibutuhkan.
Manfaat Penelitian
Adapun manfaat dari penelitian ini adalah :
- Dapat meneliti dan mempelajari guna membantu memecahkan masalah yang dihadapi instansi terkait dalam menjalankan alur kerja dengan sistem yang ada.
- Sebagai wawasan bagi penulis sehingga penulis dapat mengetahui prosedur pengolahan data persediaan pada instansi yang terkait dengan penelitian ini.
- Dapat menghasilkan penelitian karya ilmiah dibidang teknologi informasi yang berguna bagi Izzy Battery maupun bagi masyarakat umum.
Metode Penelitian
Dalam proses pengumpulan data yang digunakan untuk mendukung penulisan laporan SKRIPSI ini, penulis menggunakan beberapa metode, adapun metode yang digunakan adalah sebagai berikut :
Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan 3 (tiga) pendekatan yaitu sebagai berikut :
Metode Observasi (Observation Research)
Penulis melakukan observasi pada Izzy Battery. Bertempat di Jl. Teuku Umar Komplek Cimone Indah Plaza Blok. B No. 41 Tangerang. Salah satunya adalah dengan mempelajari prosedur keluar masuk barang jual beli.
Penulis melakukan observasi selama 4 bulan dan mendapatkan beberapa data yang penulis butuhkan seperti data persediaan barang jual beli.
Metode Wawancara (Interview Research)
Penulis menggunakan metode wawancara untuk memperoleh informasi tentang persediaan barang jual beli, wawancara dilakukan kepada bapak Irwan selaku karyawan pada Izzy Battery, sesuai dengan tujuan penelitian dengan cara mengajukan beberapa pertanyaan melalui form wawancara yang berhubungan dengan penyusunan laporan skripsi.
Metode Pustaka (Library Research)
Untuk mendapatkan informasi yang terkait dengan permasalahan yang akan diteliti, penulis mendapatkan data dengan cara membaca buku-buku yang ada dan melalui sumber-sumber dari kepustakaan yang berhubungan dengan pengolahan data dan persediaan barang, serta mempelajari sistem informasi persediaan barang jual beli pada Izzy Battery.
Metode Analisa Sistem
Setelah diadakan pengumpulan data, maka data yang sudah terkumpul akan diolah dan dianalisa dengan menggunakan diagram UML (Unified Modelling Language) sehingga sistem yang akan berjalan pada Izzy Battery akan tergambar jelas.
Sistematika Penulisan
Supaya pemahaman tentang penulisan Laporan Skripsi ini menjadi lebih mudah, maka penulis mengelompokkan materi penulisan Laporan Skripsi ini menjadi beberapa bab dengan sistematika sebagai berikut :
BAB I PENDAHULUAN
Pada bab ini dijelaskan mengenai latar belakang; perumusan masalah; ruang lingkup penelitian; tujuan dan manfaat penelitian; metodologi penelitian yaitu metode pengumpulan data dan metode analisa sistem; serta sistematika penulisan.
BAB II LANDASAN TEORI
Pada bab ini diuraikan mengenai landasan teori untuk mendukung beberapa penjelasan secara umum maupun khusus mengenai sistem yang berjalan sesuai dengan konsep yang dirancang dalam penelitian.
BAB III PEMBAHASAN
Pada bab ini akan dijelaskan hasil analisa yang dilakukan terhadap rumusan masalah, tediri dari: analisa organisasi, masalah yang dihadapi, analisa batasan sistem yang berjalan, analisa proses, uraian prosedur, sistem persedian barang yang sedang berjalan, dan Unifed Modeling Langguage (UML) berupa Use Case Diagram, Sequence Diagram dan Activity Diagram.
BAB IV RANCANGAN SISTEM YANG DIUSULKAN
Pada bab ini berisikan tentang rancangan sistem yang diusulkan dalam bentuk UML (Unified Modelling Language) dan spesifikasi database, serta tampilan layar dari sistem yang di implementasikan.
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
Pada bab ini berisikan tentang kesimpulan hasil penelitian dan juga saran-saran yang diberikan sebagai tindak lanjut yang diperlukan untuk melakukan perbaikan di masa yang akan datang.
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
BAB II
LANDASAN TEORI
Teori Umum
Konsep Dasar Sistem
Definisi Sistem
Berikut adalah beberapa definisi sistem menurut beberapa ahli, diantaranya :
1. Menurut Tata Sutabri (2012:16), sistem dapat diartikan sebagai suatu kumpulan atau himpunan dari unsur, komponen, atau variabel yang terorganisir, saling berinteraksi, saling bergantung sama lain, dan terpadu.
2. Menurut Deni Darmawan dan Kunkun Nur Fauzi (2013:4), sistem merupakan kumpulan/grup dari bagian/komponen apa pun baik fisik yang saling berhubungan satu sama lain dan bekerja sama secara harmonis untuk mencapai satu tujuan.
Karakteristik Sistem
Menurut Tata Sutabri (2012:17), suatu sistem mempunyai karakteristik tersendiri antara lain :
- Komponen Sistem (Components)
- Batasan Sistem (Boundary)
- Lingkungan Luar Sistem (Environment)
- Penghubung Sistem (Interface)
- Masukan Sistem (Input)
- Keluaran Sistem (Output)
- Pengolahan Sistem (Processing)
- Sasaran (Objective) atau tujuan (goal)
- Strategi (Strategy)
Klasifikasi Sistem
Menurut Tata Sutabri (2012:15), sistem dapat diklasifikasikan dari beberapa sudut pandangan diantaranya adalah sebagai berikut :
- Sistem Abstrak dan Sistem Fisik. </i>
Sistem abstrak adalah sistem yang berupa pemikiran atau ide-ide yang tidak tampak secara fisik, misalnya sistem teologia, yaitu suatu sistem yang berupa pemikiran tentang hubungan antara manusia dengan Tuhan; sedangkan sistem fisik merupakan sistem yang ada secara fisik, seperti sistem komputer, sistem produksi, sistem penjualan, sistem administrasi personalia, dan lain sebagainya.
- Sistem Alamiah dan Sistem Buatan Manusia.</i>
Sistem alamiah adalah sistem yang terjadi melalui proses alam, tidak dibuat oleh manusia, misalnya sistem perputaran bumi, terjadinya siang malam, dan pergantian musim. Sedangkan sistem buatan manusia merupakan sistem yang melibatkan hubungan manusia dengan mesin, yang disebut dengan human machine system. Sistem informasi berbasis komputer merupakan contohnya, karena menyangkut penggunaan komputer yang berinteraksi dengan manusia.
- Sistem Deterministik dan Sistem Probabilistik.</i>
Sistem yang beroperasi dengan tingkah laku yang dapat diprediksi disebut sistem deterministik. Sistem komputer adalah contoh dari sistem yang tingkah lakunya dapat dipastikan berdasarkan program-program komputer yang dijalankan. Sedangkan sistem yang bersifat probabilistic adalah sistem yang kondisi masa depannya tidak dapat diprediksi, karena mengandung unsur probabilitas.
- Sistem Terbuka dan Sistem Tertutup.</i>
Sistem tertutup merupakan sistem yang tidak berhubungan dan tidak terpengaruh oleh lingkungan luarnya. Sistem ini bekerja secara otomatis tanpa ada campur tangan dari pihak luar. Sedangkan sistem terbuka adalah sistem yang berhubungan dan dipengaruhi oleh lingkungan luarnya, yang menerima masukan dan menghasilkan keluaran untuk subsistem lainnya.
</ol>
- Kegunaan (Usefulness)
Identifikasi masalah yang ada pada sistem tersebut
- Ekonomi (Economic)
Memahami cara kerja sistem
- Keandalan (Realibility)
Melakukan analisa
- Pelayanan Langganan (Customer Service)
Melaporkan hasil analisa sistem
- Biaya penyimpanan di gudang, semakin banyak barang yang disimpan maka akan semakin besar biaya penyimpanannya.
- Risiko kerusakan barang, semakin lama barang tersimpan di gudang maka risiko kerusakan barang semakin tinggi.
- c. Risiko keusangan barang, barang-barang yang tersimpan lama akan “out of date” atau ketinggalan jaman.
- Persediaan Barang Dagangan
- Persediaan Manufaktur
- Persediaan Lain-lain
- Menurut Adi Nugroho (2010:6), UML adalah ‘bahasa’ pemodelan untuk sistem atau perangkat lunak yang berparadigma ‘berorientasi objek’.
- Menurut Rosa A.S. dan M. Shalahuddin (2013:133), UML adalah salah satu standar bahasa yang banyak digunakan di dunia industri untuk mendifinisikan requirement, membuat analisis dan desain, serta menggambarkan arsitektur dalam pemrograman berorientasi objek.
- Menyelenggarakan program-program studi yang menunjang perkembangan dan penerapan teknologi informasi dalam berbagai bidang ilmu.
- Menyediakan sarana dan lingkungan yang kondustif bagi pelaksanaan kegiatan belajar-mengajar yang efektif dan efisien, sehingga terbentuk lulusan-lulusan yang bermoral, terampil dan kreatif.
- Menjaga keterkaitan dan relevansi seluruh kegiatan akademis dengan kebutuhan pembangunan sosial-ekonomi dan industri Indonesia serta mengantisipasi semakin maraknya globalisasi kehidupan masyarakat.
- Melangsungkan kerjasama dengan berbagai pihak, baik dari dalam maupun luar negeri, sehingga ilmu dan teknologi yang diberikan selalu mutakhir serta dapat diterapkan secara berhasil guna dan tepat guna.
- Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan akademik dan dapat menerapkan, mengembangkan serta memperluas informatika dan komputer secara profesional.
- Menghasilkan lulusan yang mampu mengadakan penelitian dalam bidang informatika dan komputer, yang hasilnya dapat diimplementasikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di lapangan.
- Menghasilkan lulusan yang mampu mengabdikan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang informatika dan komputer secara profesional kepada masyarakat.
- Ketua
- Menyelenggarakan program kerja yang berpedoman pada visi, misi, fungsi dan tujuan pendirian Perguruan Tinggi Raharja.
- Menyelenggarakan kegiatan dan pengembangan pendidikan, penelitian serta pengabdian pada masyarakat.
- Menyelenggarakan kegiatan pengembangan administrasi.
- Menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang menunjang terwujudnya Tri Darma Perguruan Tinggi.
- Pembantu Ketua I (Bidang Akademik)
- Menjalankan program kebijaksanaan akademik.
- Mengawasi dan membina serta mengembangkan program studi sesuai kebijaksanaan yang telah digariskan.
- Membina dan mengembangkan kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat.
- Mengadakan afiliasi.
- Membina dan mengembangkan kelembagaan.
- Asisten Direktur Akademik
- Mengusulkan kepada Direktur atas prosedur pelaksanaan proses belajar mengajar.
- Mengusulkan kepada Direktur tentang kenaikan honor staf binaannya.
- Mengusulkan kepada Direktur tentang pengangkatan, pemberhentian staf binaannya.
- Memberikan kebijakan pelaksanaan layanan pada bidangnya.
- Mengusulkan kepada Direktur tentang unit layanan baru yang dibutuhkan.
- Memberikan sangsi kepada staf binaannya yang melanggar tata tertib karyawan.
- Mengusulkan kepada Direktur tentang pengangkatan dan pemberhentian dosen.
- Bertanggung jawab atas penyusunan JRS yang efektif dan efisien.
- Bertanggung jawab atas pengimplementasian pelaksanaan proses belajar mengajar.
- Bertanggung jawab atas kemajuan kualitas pelayanan Akademik yang berkesinambungan.
- Bertanggung jawab atas kelancaran proses belajar mengajar.
- Asisten Direktur Operasional
- Mengusulkan kepada Direktur atas prosedur pelaksanaan pelayanan proses belajar mengajar.
- Mengusulkan kepada Direktur tentang kenaikan honor.
- Mengusulkan kepada Direktur tentang kepangkatan, pemberhentian staf binaannya.
- Mengusulkan kepada Direktur tentang unit layanan baru yang dibutuhkan.
- Memberikan sanksi kepada staf binaannya yang melanggar tata tertib karyawan.
- Bertanggung jawab atas penyusunan kalender akademik tahunan.
- Bertanggung jawab atas pengimplementasian pelaksanaan pada bidangnya.
- Bertanggung jawab atas kemajuan kualitas pelayanan yang berkesinambungan pada bidangnya.
- Bertanggung jawab atas kelancaran proses belajar mengajar.
- Kepala Jurusan
- Mengusulkan kepada Asisten Direktur Akademik tentang perubahan mata kuliah dan materi kuliah yang dianggap telah kadaluarsa bahkan perubahan Kurikulum Jurusan.
- Mengusulkan kepada Asisten Direktur Akademik tentang kenaikan honor dosen binaannya.
- Mengusulkan kepada Asisten Direktur Akademik tentang pengadaan seminar, pelatihan, penambahan kelas perkuliahan, pengangkatan dosen baru, pemberhentian dosen.
- Memberikan kebijakan administratif akademik seperti cuti kuliah, perpindahan jurusan, ujian susulan, pembukaan semester pendek.
- Mengusulkan kepada Asisten Direktur Akademik tentang pembukaan peminatan/konsentrasi baru dalam jurusannya.
- Memberikan sanksi akademik kepada mahasiswa yang melanggar tata tertib Perguruan Tinggi Raharja.
- Bertanggung jawab atas penyusunan dan pengimplementasian kurikulum, SAP dan Bahan Ajar.
- Bertanggung jawab atas monitoring kehadiran dosen dalam perkuliahan, jam konsultasi dan tugas-tugas yang disampaikan ke dosen.
- Bertanggung jawab atas terlaksananya penelitian dan pelaksanaan seminar.
- Bertanggung jawab atas pembinaan mahasiswa dan dosen binaannya.
- Bertanggung jawab atas prestasi Akademik mahasiswa.
- Bertanggung jawab atas peningkatan jumlah mahasiswa dalam jurusannnya.
- Use Case: Akses MAGICS
Actor: Pribadi Raharja
Main success scenario: Pribadi Raharja membuka situs MAGICS dengan mengetikkan nama domain magics.co.
- Use Case: Register
Actor: Pribadi Raharja
Main success scenario : Pribadi Raharja melakukan register MAGICS dengan mengisi form register yang tersedia.
- Use Case: Cek data
Actor: Admin
Main success scenario: Form register yang sudah terisi akan masuk ke halaman magics site admin. Lalu admin melakukan pengecekan data, yaitu alamat email dan username.
- Use Case: Delete akun
Actor: Admin
Main success scenario: Bila hasil cek data adalah tidak valid, maka admin akan menghapus akun Pribadi Raharja.
- Use Case: Aktivasi akun
Actor: Admin
Main success scenario: Bila hasil cek data adalah valid, maka admin akan mengaktivasi akun Pribadi Raharja.
- Use Case: Login
Actor: Pribadi Raharja
Main success scenario: Setelah aktivasi akun, Pribadi Raharja akan mendapat status member dan melakukan login.
- Use Case: Upload
Actor: Pribadi Raharja
Main success scenario: Bila sudah berhasil login, Pribadi Raharja dapat melakukan upload file berupa video, audio, dan image.
- Use Case: Logout
Actor: Pribadi Raharja
Main success scenario: Bila proses upload sudah selesai, Pribadi Raharja dapat melakukan logout.
- Initial Node, sebagai objek yang diawali.
- 8 Action yang mencerminkan eksekusi dari Sistem MAGICS, yaitu Akses MAGICS, Register, Cek data, Delete akun, Aktivasi akun, Login, dan Upload .
- 2 Decision Node, yang berfungsi untuk menentukan keputusan yang diambil. Dalam hal ini, jika Pribadi Raharja memasukkan data yang tidak valid saat register, maka admin akan menghapus akun Pribadi Raharja tersebut. Tetapi jika data yang dimasukkan valid, maka akun Pribadi Raharja akan diaktivasi.
- Final State, sebagai objek yang diakhiri.
- 2 actor yang terlibat dalam sistem, yaitu Pribadi Raharja dan Admin
- 3 boundary lifeline yang berinteraksi dengan Actor, yaitu Halaman utama, Halaman register, dan Halaman admin
- 1 control lifeline untuk memproses register akun
- 1 entity lifeline untuk penyimpanan file dokumentasi yang di-upload
- 10 message yang menjadi spesifikasi dari komunikasi antar objek dengan memuat informasi–informasi tentang aktivitas yang terjadi.
- Terdapat banyak spammer yang terdaftar sebagai member, akibatnya banyak spam yang diberikan spammer pada halaman profil member lain sehingga halaman terlalu berat untuk dibuka.
- Belum adanya fitur yang dapat melakukan sharing file ke jejaring sosial membuat fungsi MAGICS menjadi kurang optimal.
- Tidak adanya pesan pemberitahuan bila terdapat komentar dalam file maupun halaman profil.
- Proses upload image yang terlalu rumit karena terdapat minimal penulisan karakter.
- Perlu diberikan pembatasan pembuatan akun yang mendaftar agar tidak muncul spammer yang menggangu member lain.
- Perlu ditambahkannya fitur sharing ke jejaring sosial untuk dapat memplubikasikan file secara luas.
- Perlu diadakannya pesan pemberitahuan yang dikirimkan ke email member bila terdapat komentar.
- Perlu diperbaiki proses upload image untuk memudahkan member.
- Membatasi proses register member dengan kondisi hanya Pribadi Raharja yang menggunakanemail @raharja.co dan @raharja.info.
- Menyediakan fitur sharing file ke jejaring sosial Facebook dengan penambahan beberapa coding.
- Menyisipkan coding untuk memunculkan pesan pemberitahuan bila terdapat komentar pada video, audio, gambar, dan halaman profil yang dimiliki.
- Meringkas prosedur upload dengan mengubah coding upload image.
Konsep Dasar Data dan Informasi
Definisi Data
Sumber informasi adalah data. Data merupakan bentuk jamak dari bentuk tunggal datum atau data item. Terdapat beberapa pengertian data menurut beberapa ahli, diantaranya :
1. Menurut Tata Sutabri (2012:22), data merupakan kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian serta merupakan suatu kesatuan yang nyata, dan merupakan bentuk yang masih mentah sehingga perlu diolah lebih lanjut melalui suatu model untuk menghasilkan informasi.
2. Menurut Deni Darmawan dan Kunkun Nur Fauzi (2013:1), data adalah fakta atau apa pun yang dapat digunakan sebagai input dalam menghasilkan informasi.
Definisi Informasi
Berikut ini adalah beberapa definisi informasi menurut beberapa ahli, diantaranya :
1. Menurut Tata Sutabri (2012:22), informasi adalah data yang telah diklasifikasikan atau diolah atau diinterpretasikan untuk digunakan dalam proses pengambilan keputusan.
2. Menurut Deni Darmawan (2012:2), informasi adalah sejumlah data yang sudah diolah atau diproses melalui prosedur pengolahan data dalam rangka menguji tingkat kebenarannya, keterpakaiannya sesuai dengan kebutuhan.
Konsep Dasar Sistem Informasi
Definisi Sistem Informasi
Terdapat berbagai macam pengertian Sistem Informasi menurut beberapa ahli, diantaranya :
1. Menurut Tata Sutabri (2012:2), Sistem Informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan transaksi harian yang mendukung fungsi operasi organisasi yang bersifat manajerial dengan kegiatan strategi dari suatu organisasi untuk dapat menyediakan kepada pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.
2. b. Menurut Sutarman (2012:13), Sistem Informasi adalah sistem dapat didefinisikan dengan mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisis, menyebarkan, informasi untuk tujuan tertentu. Seperti sistem lainnya, sebuah sistem informasi terdiri atas input (data, intruksi) dan output (laporan, kalkulasi).
Komponen Sistem Informasi
Menurut Tata Sutabri (2012:39), komponen sistem informasi terdiri dari :
a. Blok Masukan (Input Block)
Input mewakili data yang masuk ke dalam sistem informasi. Input yang dimaksud adalah metode dan media untuk menangkap data yang akan dimasukan, yang dapat berupa dokumen-dokumen dasar.
b. Blok Model (Model Block)
Blok ini terdiri dari kombinasi prosedur, logika dan model matematik yang akan memanipulasi data input dan data yang tersimpan di basis data dengan cara yang sudah tertentu untuk menghasilkan keluaran yang diinginkan.
c. Blok Keluaran (Output Block)
Produk dari sistem informasi yang berkualitas dan merupakan dokumentasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen serta semua pemakai sistem.
d. Blok Teknologi (Technology Block)
Teknologi merupakan tool box dalam sistem informasi. Teknologi digunakan untuk menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, menghasilkan dan mengirimkan keluaran dan membantu pengendalian sistem secara keseluruhan. Pada blok ini, teknologi terdiri dari 3 bagian utama, yaitu teknisi (humanware atau brainware), perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware).
e. Blok Basis Data (Database Block)
Basis data (database) merupakan kumpulan data yang saling berkaitan dan berhubungan satu sama lain, tersimpan di perangkat keras komputer dan menggunakan perangkat lunak untuk memanipulasinya. Data perlu disimpan dalam basis data untuk keperluan penyediaan informasi lebih lanjut. Data di dalam basis data perlu diorganisasikan sedemikian rupa supaya informasi yang dihasilkan lebih berkualitas. Organisasi basis data yang baik juga berguna untuk efisiensi kapasitas penyimpanannya. basis data diakses atai dimanipulasi menggunakan perangkat lunak paket yang disebut DBMS (Database Management System).
Analisa Sistem
Definisi Analisa Sistem
Menurut Kristanto dalam Deni Darmawan dan Kunkun Nur Fauzi (2013:210), analisis sistem adalah suatu proses mengumpulkan dan menginterpretasikan kenyataan-kenyataan yang ada, mendiagnosis persoalan dan menggunakan keduanya untuk memperbaiki sistem.
Tahap-tahap Analisa Sistem
Menurut Tata Sutabri (2011:60), Tahap analisis sistem merupakan tahap yang kritis dan sangat penting. Di dalam tahap analisis sistem terdapat langkah-langkah dasar yang harus dilakukan oleh seorang analis sistem, diantaranya :
Teori Khusus
Persediaan Barang
Definisi Persediaan
Menurut Hendry (2010:12), “Persediaan digunakan untuk mengindikasikan barang dagang yang disimpan untuk kemudian dijual dalam operasi bisnis perusahaan, dan bahan yang digunakan dalam proses produksi atau yang disimpan untuk tujuan itu. Maksud persediaan untuk perusahaan dagang adalah barang dagangan yang tersedia untuk dijual dalam kegiatan bisnis normal perusahaan. Sedangkan definisi persediaan untuk perusahaan manufaktur adalah bahan atau barang yang digunakan dalam kegiatan produksi”.
Faktor Persediaan Barang
Jenis-jenis Persediaan
Persediaan pada setiap perusahaan berbeda dengan perusahaan lain tergantung pada bidang kegiatan bisnisnya. Persediaan dapat diklasifikasikan sebagai berikut:
Unified Modelling Language (UML)
Definisi UML
Berikut ini adalah beberapa definisi UML menurut beberapa ahli, diantaranya:
BAB III
PEMBAHASAN
Analisa Organisasi
Gambaran Umum Izzy Battery
Izzy Battery merupakan perusahaan yang melakukan kegiatan jual dan beli. Kegiatan usahanya yaitu membeli produk dari pabrik yang menyediakan aki mobil dan kemudian menjual kembali aki mobil tersebut kepada para konsumennya seperti bengkel mobil.
Sejarah Singkat Izzy Battery
Izzy Battery merupakan salah satu dari sekian banyak perusahaan yang melakukan kegiatan jual beli aki mobil. Perusahan yang beralamat di Jl. Teuku Umar Komplek Cimone Indah Plaza Blok. B No. 41 Tangerang ini didirikan pada tahun 2011 oleh ibu Angeline Hartanto.
Visi Raharja adalah menjadi perguruan tinggi swasta yang secara berkesinambungan meningkatkan kualitas pendidikannya, memberikan pelayanan dalam menciptakan sumber daya manusia yang tangguh, memiliki daya saing tinggi dalam era kompetisi globalisasi, terutama di bidang teknologi informasi dan komputer. Menjadikan pribadi raharja sebagai sumber daya manusia terampil dan ahli, mampu bersaing dalam dunia bisnis maupun non bisnis, menghasilakan tenaga intelektual dan professional, serta mampu berkembang dalam cakrawala yang lebih luas.
Dalam rangka mencapai visi yang digariskan, Raharja senantiasa akan berupaya untuk melaksanakan misinya sebagai berikut:
Visi dan misi di atas, dipahami dan didekati dengan kesadaran komitmen pada kualitas yang menjadi target dalam manajemen dan sistem pendidikan di Perguruan Tinggi Raharja. Kualitas sebagai suatu dimensi yang merupakan bagian dari apa yang disebut “Total Qualitas Manajemen”. Konsep berpikir kualitas terdiri dari : performance (kinerja), feature (fasilitas), durability (daya tahan), reliability (kehandalan), conformity (kesesuaian), esthetic (keindahan), dan easy to be repaired (kemudahan perbaikan). Ketujuh elemen itu merupakan perhatian utama manajemen dan sistem pendidikan Perguruan Tinggi Raharja yang dituangkan dalam ISO 9001 : 2008 (Sistem Manajemen Mutu Raharja).
Raharja, kata ini diinspirasikan dari motto kota dan kabupaten Tangerang, yaitu “Bhakti Karya Adhi Kerta Raharja” dan “Setya Karya Kerta Raharja” yang berarti “kesejahteraan” yang dalam arti luasnya adalah keinginan dan niat para pendiri untuk membantu pemerintah ikut serta dalam membangun masyarakat yang sejahtera melalui penguasaan dibidang teknologi informasi dan komputer. Sedangkan Raharja sendiri memiliki motto “Get The Better Future By Computer Science” (meraih sukses yang gemilang dengan ilmu komputer).
Green Campus, yang berarti Kampus Hijau memiliki makna yang luas “Green” atau dengan sebutan “Green Leaves” sering diartikan dengan masih hijau generasi muda Indonesia adalah bibit-bibit unggul yang masih hijau dan green campus berpotensi melahirkan generasi pribadi yang matang dan berguna bagi bangsa dan Negara.
“Green” dalam konteks “Green Power” berarti kekuatan financial. Green Campus sebagai kampus yang dapat memberikan power untuk menopang seluruh aktivitas perkuliahan bertujuan menciptakan pribadi raharja yang dapat mandiri secara financial (financially independent).
Pribadi Raharja mencerminkan wawasan almamater Perguruan Tinggi Raharja yang berkeyakinan bahwa perguruan tinggi harus benar-benar merupakan lembaga ilmiah dan kampus harus benar-benar merupakan masyarakat ilmiah. Perguruan tinggi sebagai almamater (ibu asuh) merupakan suatu kesatuan yang bulat dan mandiri.
Pribadi Raharja mencakup keempat unsur Civitas Akademika, yakni Dosen, Staff/Karyawan Adminstratif, mahasiswa serta alumni harus manunggal dengan almamater, berbakti kepadanya dan melalui almamater mengabdi kepada rakyat, bangsa dan negara dengan jalan melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Jalan Jenderal Sudirman No. 40, Modern Cikokol - Tangerang, Banten 15117.
Sebuah organisasi atau perusahaan harus mempunyai suatu struktur organisasi yang digunakan untuk memudahkan pengkoordinasian dan penyatuan usaha, untuk menunjukkan kerangka-kerangka hubungan diantara fungsi, bagian-bagian maupun tugas dan wewenang serta tanggung jawab. Serta untuk menunjukan rantai (garis) perintah dan perangkapan fungsi yang diperlukan dalam suatu organisasi.
Sama halnya dengan Perguruan Tinggi Raharja yang mempunyai struktur organisasi manajemen sebagai berikut:
Gambar 3.1 Struktur Organisasi Akademik Perguruan Tinggi Raharja
Seperti halnya dengan sebuah perusahaan, Perguruan Tinggi Raharja dalam manajemen akademiknya terdapat bagian-bagian yang mempunyai wewenang serta tanggung jawab dalam menyelesaikan semua pekerjaannya.
Berikut adalah wewenang serta tanggung jawab bagian-bagian yang ada pada Perguruan Tinggi Raharja, yaitu sebagai berikut:
Berdasarkan metode pengumpulan data melalui observasi secara langsung yang dilakukan penulis, sistem MAGICS sebagai media penyimpanan dokumentasi pada Perguruan Tinggi Raharja sudah berjalan cukup baik, namun masih terdapat permasalahan sehingga pemanfaatannya masih belum maksimal. Berikut ini adalah permasalahan yang penulis temukan dalam analisa terhadap sistem MAGICS:
Berdasarkan Bab I Perumusan Masalah dan Bab III Analisa Permasalahan yang telah dijabarkan, maka kebutuhan dari sistem yang sedang berjalan adalah:
Berdasarkan penelitian dari Analisa Permasalahan dan Analisa Kebutuhan media penyimpanan dokumentasi di Perguruan Tinggi Raharja, dalam pengembangan sistem MAGICS perlu diberikan alternatif pemecahan masalah sebagai berikut:
Tabel 3.1 Elisitasi Tahap I
Functional | |
Analisa Kebutuhan | |
No | Saya ingin sistem dapat : |
1 | Memiliki default email Eco dan Rinfo untuk register |
2 | Memiliki fasilitas edit username |
3 | Memiliki fasilitas session timeout |
4 | Memiliki fasilitas forum diskusi |
5 | Memiliki fasilitas shortcut TPi |
6 | Terkoneksi dengan akun TPi lain setelah login |
7 | Terkoneksi profile picture dari akun Gravatar |
8 | Menghilangkan akses hapus file kepada member |
9 | Mengembalikan file yang telah dihapus |
10 | Memiliki tombol Help yang menuju ke iDuHelp! |
11 | Memiliki tombol History jelajah terakhir |
12 | Memiliki fasilitas Members Chat Toolbar |
13 | Melakukan sharing file ke Facebook |
14 | Melakukan sharing file ke Twitter |
15 | Melakukan sharing file ke Google+ |
16 | Memiliki fasilitas Video Embedder from Youtube |
17 | Mengupload file video dengan format MOV |
18 | Mengupload video dengan ukuran lebih dari 200 MB |
19 | Memiliki fasilitas RSS video terbaru |
20 | Menghitung total views berdasarkan play video |
21 | Memiliki fasilitas Subscribe |
22 | Mengupload file audio selain format MP3 |
23 | Mempermudah proses upload image |
24 | Melakukan upload file berupa docs |
25 | Melakukan embed video ke dalam iMe |
26 | Memiliki fitur Like or Dislike file |
27 | Memiliki pengaturan bahasa |
28 | Melakukan privacy settings halaman profile |
29 | Menampilkan keterangan profile views |
30 | Melakukan print detail akun MAGICS |
31 | Menampilkan watermark pada saat play video |
32 | Memberikan survei MAGICS sebelum melakukan upload file |
33 | Mengubah tampilan tema |
34 | Menghapus Branding License |
35 | Memiliki favicon |
36 | Memiliki Video Ads |
37 | Menampilkan slide random video pada halaman Home |
38 | Menampilkan Site Participation Levels |
39 | Menampilkan image secara thumbnails |
40 | Menampilkan foto admin MAGICS |
41 | Berbahasa Indonesia saat mengirimkan email system |
42 | Mengirimkan email notifikasi terhadap rating file |
43 | Memberikan email notifikasi posting comment |
44 | Memberikan email notifikasi reply comment |
45 | Mengirimkan email notifikasi New Member Registration |
46 | Mengirimkan email notifikasi bila ada file yang baru diupload |
47 | Memberikan akses kepada admin untuk mengganti avatar member |
48 | Menampilkan list member online pada halaman utama |
49 | Menampilkan kalimat berjalan Selamat Datang kepada pengunjung |
50 | Menampilkan kalimat berjalan Terima Kasih kepada pengunjung |
No | Non Functional |
Saya ingin Sistem dapat : | |
1 | Memiliki logo dan filosofi logo |
2 | Memiliki Peraturan dan Ketentuan |
3 | Memiliki FAQ penggunaan di iRAN sebanyak 35 artikel |
4 | Memiliki laporan statistik setiap bulan |
Tabel 3.2 Elisitasi Tahap II
Functional | ||||
Analisa Kebutuhan | ||||
Saya ingin sistem dapat : | ||||
No | Uraian | M | D | I |
1 | Memiliki default email Eco dan Rinfo untuk register | √ |
|
|
2 | Memiliki fasilitas edit username |
|
| √ |
3 | Memiliki fasilitas session timeout |
|
| √ |
4 | Memiliki fasilitas forum diskusi |
|
| √ |
5 | Memiliki fasilitas shortcut TPi |
|
| √ |
6 | Terkoneksi dengan akun TPi lain setelah login | √ |
|
|
7 | Terkoneksi profile picture dari akun Gravatar |
| √ |
|
8 | Menghilangkan akses hapus file kepada member |
|
| √ |
9 | Mengembalikan file yang telah dihapus |
| √ |
|
10 | Memiliki tombol Help yang menuju ke iDuHelp! | √ |
|
|
11 | Memiliki tombol History jelajah terakhir |
|
| √ |
12 | Memiliki fasilitas Members Chat Toolbar |
|
| √ |
13 | Melakukan sharing file ke Facebook | √ |
|
|
14 | Melakukan sharing file ke Twitter | √ |
|
|
15 | Melakukan sharing file ke Google+ | √ |
|
|
16 | Memiliki fasilitas Video Embedder from Youtube | √ |
|
|
17 | Mengupload file video dengan format MOV | √ |
|
|
18 | Mengupload video dengan ukuran lebih dari 200 MB | √ |
|
|
19 | Memiliki fasilitas RSS video terbaru |
| √ |
|
20 | Menghitung total views berdasarkan play video | √ |
|
|
21 | Memiliki fasilitas Subscribe |
| √ |
|
22 | Mengupload file audio selain format MP3 |
| √ |
|
23 | Mempermudah proses upload image | √ |
|
|
24 | Melakukan upload file berupa docs |
|
| √ |
25 | Melakukan embed video ke dalam iMe | √ |
|
|
26 | Memiliki fitur Like or Dislike file | √ |
|
|
27 | Memiliki pengaturan bahasa |
|
| √ |
28 | Melakukan privacy settings halaman profile |
|
| √ |
29 | Menampilkan keterangan profile views |
|
| √ |
30 | Melakukan print detail akun MAGICS |
|
| √ |
31 | Menampilkan watermark pada saat play video | √ |
|
|
32 | Memberikan survei MAGICS sebelum melakukan upload file |
| √ |
|
33 | Mengubah tampilan tema | √ |
|
|
34 | Menghapus Branding License |
| √ |
|
35 | Memiliki favicon |
| √ |
|
36 | Memiliki Video Ads |
|
| √ |
37 | Menampilkan slide random video pada halaman Home |
|
| √ |
38 | Menampilkan Site Participation Levels | √ |
|
|
39 | Menampilkan image secara thumbnails |
|
| √ |
40 | Menampilkan foto admin MAGICS |
|
| √ |
41 | Berbahasa Indonesia saat mengirimkan email system | √ |
|
|
42 | Mengirimkan email notifikasi terhadap rating file | √ |
|
|
43 | Memberikan email notifikasi posting comment | √ |
|
|
44 | Memberikan email notifikasi reply comment | √ |
|
|
45 | Mengirimkan email notifikasi New Member Registration | √ |
|
|
46 | Mengirimkan email notifikasi bila ada file yang baru diupload | √ |
|
|
47 | Memberikan akses kepada admin untuk mengganti avatar member |
|
| √ |
48 | Menampilkan list member online pada halaman utama |
|
| √ |
49 | Menampilkan kalimat berjalan Selamat Datang kepada pengunjung |
|
| √ |
50 | Menampilkan kalimat berjalan Terima Kasih kepada pengunjung |
|
| √ |
Non Functional | ||||
Saya ingin Sistem dapat : | ||||
N0 | Uraian | M | D | I |
1 | Memiliki logo dan filosofi logo |
| √ |
|
2 | Memiliki Peraturan dan Ketentuan | √ |
|
|
3 | Memiliki FAQ penggunaan di iRAN sebanyak 35 artikel | √ |
|
|
4 | Memiliki laporan statistik setiap bulan | √ |
|
Tabel 3.3 Elisitasi Tahap III
Functional | ||||||||||
Analisa Kebutuhan | ||||||||||
Saya ingin sistem dapat : | ||||||||||
No | Uraian | T | O | E | ||||||
L | M | H | L | M | H | L | M | H | ||
1 | Memiliki default email Eco dan Rinfo untuk register |
| √ |
|
| √ |
|
| √ |
|
2 | Terkoneksi dengan akun TPi lain setelah login |
|
| √ | √ |
|
|
|
| √ |
3 | Terkoneksi profile picture dari akun Gravatar |
|
| √ |
| √ |
|
|
| √ |
4 | Mengembalikan file yang telah dihapus |
|
| √ |
| √ |
|
|
| √ |
5 | Memiliki tombol Help yang menuju ke iDuHelp! | √ |
|
| √ |
|
| √ |
|
|
6 | Melakukan sharing file ke Facebook |
| √ |
|
| √ |
|
| √ |
|
7 | Melakukan sharing file ke Twitter |
|
| √ |
| √ |
|
| √ |
|
8 | Melakukan sharing file ke Google+ |
|
| √ |
| √ |
|
| √ |
|
9 | Memiliki fasilitas Video Embedder from Youtube |
|
| √ |
| √ |
|
|
| √ |
10 | Mengupload file video dengan format MOV |
| √ |
|
| √ |
|
| √ |
|
11 | Mengupload video dengan ukuran lebih dari 200 MB |
|
| √ |
| √ |
|
|
| √ |
12 | Memiliki fasilitas RSS video terbaru |
|
| √ |
| √ |
|
|
| √ |
13 | Menghitung total views berdasarkan play video |
|
| √ | √ |
|
|
|
| √ |
14 | Memiliki fasilitas Subscribe |
|
| √ |
| √ |
|
| √ |
|
15 | Mengupload file audio selain format MP3 |
|
| √ |
| √ |
|
|
| √ |
16 | Mempermudah proses upload image | √ |
|
| √ |
|
| √ |
|
|
17 | Melakukan embed video ke dalam iMe |
|
| √ |
| √ |
|
|
| √ |
18 | Memiliki fitur Like or Dislike file |
|
| √ | √ |
|
|
| √ |
|
19 | Menampilkan watermark pada saat play video |
| √ |
| √ |
|
|
| √ |
|
20 | Memberikan survei MAGICS sebelum melakukan upload file |
|
| √ |
| √ |
|
|
| √ |
21 | Mengubah tampilan tema |
|
| √ |
| √ |
|
|
| √ |
22 | Menghapus Branding License |
| √ |
| √ |
|
|
|
| √ |
23 | Memiliki favicon |
| √ |
| √ |
|
|
| √ |
|
24 | Menampilkan Site Participation Levels |
| √ |
|
| √ |
|
| √ |
|
25 | Berbahasa Indonesia saat mengirimkan email system |
| √ |
| √ |
|
|
| √ |
|
26 | Mengirimkan email notifikasi terhadap rating file |
|
| √ | √ |
|
|
| √ |
|
27 | Memberikan email notifikasi posting comment |
| √ |
| √ |
|
|
| √ |
|
28 | Memberikan email notifikasi reply comment |
| √ |
| √ |
|
|
| √ |
|
29 | Mengirimkan email notifikasi New Member Registration |
|
| √ | √ |
|
|
| √ |
|
30 | Mengirimkan email notifikasi bila ada file yang baru diupload |
|
| √ | √ |
|
|
| √ |
|
Non Functional | ||||||||||
Saya ingin Sistem dapat : | ||||||||||
No | Uraian | T | O | E | ||||||
L | M | H | L | M | H | L | M | H | ||
1 | Memiliki logo dan filosofi logo |
| √ |
| √ |
|
|
| √ |
|
2 | Memiliki Peraturan dan Ketentuan |
| √ |
|
| √ |
|
| √ |
|
3 | Memiliki FAQ penggunaan di iRAN sebanyak 35 artikel |
| √ |
|
| √ |
|
| √ |
|
4 | Memiliki laporan statistik setiap bulan | √ |
|
| √ |
|
|
| √ |
|
Berdasarkan Elisitasi Tahap III di atas, dihasilkan Final Draft Elisitasi yang sudah disepakati oleh stakeholder dan pengembang sistem. Final Draft Elisitasi merupakan bentuk akhir dari tahap-tahap elisitasi yang dapat dijadikan acuan dan dasar untuk mengembangkan sistem MAGICS pada Perguruan Tinggi Raharja.
Tabel 3.4 Final Draft Elisitasi
Functional | |
Analisa Kebutuhan | |
Saya ingin system dapat : | |
No | Uraian |
1. | Memiliki default email Eco dan Rinfo untuk register |
2. | Memiliki tombol Help yang menuju ke iDuHelp! |
3. | Melakukan sharing file ke Facebook |
4. | Mengupload file video dengan format MOV |
5. | Mempermudah proses upload image |
6. | Menampilkan watermark pada saat play video |
7. | Memiliki favicon |
8. | Menampilkan Site Participation Levels |
9. | Berbahasa Indonesia saat mengirimkan email system |
10. | Memberikan email notifikasi posting comment |
11. | Memberikan email notifikasi reply comment |
Non Functional | |
Saya ingin Sistem dapat : | |
No | Uraian |
1. | Memiliki logo dan filosofi logo |
2. | Memiliki Peraturan dan Ketentuan |
3. | Memiliki FAQ penggunaan di iRAN sebanyak 35 artikel |
4. | Memiliki laporan statistik setiap bulan |
Sebagai bukti perlu diadakannya suatu pengembangan sistem, final elisitasi yang sudah didapat dari stakeholder juga didukung atas permintaan customer iDuHelp!. Pembahasan detail elisitasi final akan dijabarkan secara satu persatu dengan menerapkan konsep sebelum adanya sistem yang diusulkan, sebagai berikut:
Deskripsi sebelumnya :
Pengguna pada sebuah sistem menentukan mutu dari sistem itu sendiri. Jika pengguna yang terdaftar merupakan pengguna yang tidak jelas atau berupa spammers, tentunya akan mengganggu aktivitas dalam sistem yang bersangkutan. MAGICS merupakan sistem penyimpanan dokumentasi yang penggunanya diarahkan untuk membuat akun agar dapat memiliki akses lebih. Awalnya MAGICS belum terdapat pembatasan dalam pembuatan akun, sehingga timbul banyaknya spammers yang mendaftar sebagai member. Spammers dalam MAGICS membuat banyak kerugian bagi member lain yang merupakan Pribadi Raharja. Para spammers tersebut mem-posting comment pada halaman profile member yang membuat halaman tersebut penuh dengan komentar yang tidak dikehendaki atau spam, sehingga halaman akan lama dibuka karena terlalu berat. Berikut ini potongan gambar dari halaman profil salah satu member, disertai keluhannya.
Gambar 3.5 Halaman Profile yang berisi Spam
Gambar 3.6 Request by Rooster
Deskripsi sebelumnya :
Footer merupakan bagian penutup dari website, yang dapat berisi informasi lain tentang website, seperti lisensi pengunaan, sitemap, ataupun link ke website lain. Pada awalnya MAGICS memiliki default Footer seperti gambar di bawah ini:
Gambar 3.7 Footer MAGICS Old
Apabila salah satu contentnya di klik, maka akan menuju ke sebuah halaman baru. Tetapi karena Footer belum dimodifikasi, maka tampilan yang akan muncul seperti ini:
Gambar 3.8 Tampilan Halaman About Us
Di sisi lain terkait dengan sistem iDuHelp!, terdapat suatu permasalahan dimana untuk melakukan layanan iDuHelp! harus mengandalkan 1 (satu) tempat yaitu iMe iDuHelp! (iduhelp.ilearning.me). Saat iMe sedang maintenance, layanan iDuHelp! menjadi sulit untuk diakses. Maka timbul permintaan dari Pimpinan Perguruan Tinggi Raharja melalui email yang menyatakan bahwa setiap PIC project dapat menyertakan link iDuHelp! di halaman utama project masing-masing, begitu pula pada halaman utama MAGICS.
Gambar 3.9 Email Request Link iDuHelp!
Deskripsi sebelumnya :
Sebagai sebuah website yang ditujukan untuk penyimpanan file, MAGICS juga dituntut untuk dapat melakukan sharing file ke jejaring sosial yang ada. Facebook merupakan jejaring sosial yang paling banyak digunakan di dunia, bahkan menurut hasil survei Global Monitor, Facebook menduduki urutan pertama jejaring sosial populer bagi pengguna internet. Namun, dalam MAGICS belum terdapat fasilitas sharing file ke jejaring sosial Facebook. Hal ini menjadi kekurangan dalam mewujudkan fungsi sharing file, sehingga member MAGICS menyampaikan kebutuhannya kepada iDuHelp! dalam transkip percakapan berikut:
Gambar 3.10 ChatScript iDuHelp! - Sharing Facebook 1
Gambar 3.11 ChatScript iDuHelp! - Sharing Facebook 2
Deskripsi sebelumnya :
Muncul permasalahan yang terindentifikasi pada sistem MAGICS perihal play video dengan format MOV. Setelah file video di-upload pada MAGICS, terjadi kesalahan saat pemutaran file. Gambar dari video dengan audio menjadi tidak sejalan atau tidak sinkron. Masalah ini pun disampaikan oleh member kepada admin.
Gambar 3.12 Email Keluhan Video MAGICS
Deskripsi sebelumnya :
Dahulu, prosedur upload image di MAGICS cukup sedikit rumit dikarenakan member harus mengisikan form data image dengan jumlah karakter yang ditentukan dan diakhiri spasi. Prosedurnya adalah harus mengiputkan minimal 6 karakter untuk mengisi keterangan judul, deskripsi, dan tag serta diakhiri spasi pada setiap kata. Bila kurang dari 6 karakter atau tidak memberikan spasi, maka akan muncul pesan peringatan untuk penginputan ulang. Member pun menyampaikan keluhannya perihal ini kepada admin.
Gambar 3.13 Email Keluhan Upload Image
Deskripsi sebelumnya :
Video merupakan salah satu file multimedia yang terdapat di dalam MAGICS. Namun, saat hendak memutar video belum tertera tanda bahwa video itu adalah milik MAGICS. Sehingga dapat memunculkan masalah kepemilikan, copyright, serta masalah keaslian. Kebutuhan ini disampaikan member melalui iDuHelp!, seperti pada transkip berikut:
Gambar 3.14 ChatScript iDuHelp! - Watermark Video
Deskripsi sebelumnya :
Permasalahan ini terjadi ketika pengguna internet membuka banyak tab pada suatu browser yang menyebabkan sulitnya menemukan tab website tertentu yang diinginkan. Ilustrasi yang menggambarkan kejadian tersebut sebagai berikut:
Gambar 3.15 Ilustrasi Pembukaan Banyak Tab pada Browser
Dari ilustrasi gambar di atas, menjelaskan kesulitan yang dialami pengguna untuk menuju website yang diinginkan saat jendela browser membuka banyak tab. Hal serupa juga dialami para pengguna MAGICS, dimana mereka harus membuka satu persatu tab browser untuk menuju halaman MAGICS. Maka kesulitan yang dialami disampaikan melalui iDuHelp!. Berikut ini potongan percakapan dalam chat iDuHelp!.
Gambar 3.16 ChatScript iDuHelp! - Favicon 1
Gambar 3.17 ChatScript iDuHelp! - Favicon 2
Deskripsi sebelumnya :
MAGICS Site Participation Levels merupakan halaman yang berisi keterangan status yang dimiliki member berdasarkan jumlah file yang sudah di-upload ke dalam MAGICS. Dalam MAGICS Site Participation Levels terdapat 4 tingkatan, yaitu Newbie, Jr.Member, Member, dan Hero Member.
Gambar 3.18 MAGICS Site Participation Levels Old
Namun, Site Participation Levels yang berjalan saat ini belum berfungsi dengan baik. Status member belum dapat berubah sesuai keterangan yang tertera pada Site Participation Levels. Kebutuhan dari permasalahan ini pun, disampaikan member MAGICS melaui chat iDuHelp! pada transkip berikut:
Gambar 3.19 ChatScript iDuHelp! - MAGICS Site Participation Level
Deskripsi sebelumnya :
Dalam sistem MAGICS terdapat auto email system yang dimiliki. Umumnya, email tersebut terdiri dari rangkaian kalimat bawaan dengan menggunakan Bahasa Inggris. Berdasarkan auto email system ini timbul permintaan dari pembimbing agar dapat mengubahmya ke dalam bahasa sehari-hari atau Bahasa Indonesia yang mencerminkan Raharja.
Gambar 3.20 Email Request Perubahan Bahasa
Selain itu, muncul juga permintaan dari member perihal email melalui chat iDuHelp!
Gambar 3.21 ChatScript iDuHelp! - Email Sistem
Deskripsi sebelumnya :
Dalam MAGICS terdapat fasilitas untuk memberikan komentar, baik dalam video, audio, gambar maupun halaman profil member. Namun, fasilitas tersebut tidak dapat dimanfaatkan secara maksimal sebagai sarana berkomunikasi, sebab mereka tidak mengetahui jika ada member lain yang memberikan komentar. Hal tersebut terjadi karena sampai saat ini MAGICS belum tersedia pesan pemberitahuan melalui email mengenai pemberian komentar yang diberikan oleh member lain kepada file member yang bersangkutan. Sehingga menjadi suatu kekurangan pada sistem yang cukup merugikan. Dengan teridentifikasinya masalah ini, maka timbul kebutuhan untuk diadakan pesan pemberitahuan. Kebutuhan disampaikan melalui iDuHelp! pada transkip berikut:
Gambar 3.22 ChatScript iDuHelp! - Email Notifikasi 1
Gambar 3.23 ChatScript iDuHelp! - Email Notifikasi 2
Deskripsi sebelumnya :
Setelah email notifikasi atas komentar sudah berfungsi dengan baik, timbul masalah lain untuk memunculkan email atas member yang memberikan reply comment pada file MAGICS. Kebutuhan ini disampaikan member MAGICS melaui chat iDuHelp! dalam transkip berikut:
Gambar 3.24 ChatScript iDuHelp! - Email Notifikasi Reply
Deskripsi sebelumnya :
Logo adalah icon atau simbol khusus yang dapat berupa nama, lambang atau elemen grafis yang ditampilkan secara visual. Setiap logo memiliki arti atau filosofi tersendiri, dan biasanya disesuaikan dengan suatu tujuan yang diwakilkan oleh sebuah lambang.
Pada sistem MAGICS yang berjalan saat ini belum terdapat logo yang ditampilkan dalam website. Maka muncul permintaan atas kebutuhan ini. Kebutuhan disampaikan melalui email kepada setiap admin project TPi untuk membuat desain logo yang akan digunakan dalam website atupun bentuk logo versi iPad.
Gambar 3.25 Email Request Pembuatan Logo
Deskripsi sebelumnya :
Suatu sistem akan lebih baik jika terdapat peraturan dan ketentuan yang jelas. Peraturan dan ketentuan dibutuhkan untuk memberi ketertiban dalam mengontrol suatu sistem. Namun, di dalam sistem MAGICS belum terdapat peraturan dan ketentuan, sehingga sistem mejadi tidak terkendali. Misalnya dalam kasus register MAGICS. Register MAGICS ditujukan untuk semua Pribadi Raharja, tetapi hanya Pribadi Raharja yang menggunakan email Eco dan Rinfo. Karena MAGICS belum memiliki peraturan dan ketentuan, banyak Pribadi Raharja yang melakukan register dengan domain email lain seperti @yahoo.com atau @gmail.com. Kasus lain terjadi pada proses tunggu aktivasi akun. Dikarenakan admin tidak selalu dalam keadaan online, maka akun yang terdaftar tidak dapat segera diaktivasi. Kebutuhan ini disampaikan melalui email kepada admin.
Gambar 3.26 Email Aktivasi Akun
Deskripsi sebelumnya :
Setiap sistem pasti terdapat prosedur penggunaan yang berbeda-beda dari sistem yang lainnya. Begitu pula dengan sistem penyimpanan dokumentasi MAGICS. Beberapa member belum mengetahui bagaimana cara menggunakan MAGICS, baik untuk meng-upload ataupun memanfaatkan fitur yang tersedia. Hal ini terbukti dengan banyaknya permintaan member yang disampaikan melalui iDuHelp! ataupun Rooster.
Gambar 3.27 Email untuk Artikel iRAN
Deskripsi sebelumnya :
Jumlah file yang dimiliki dari sebuah sistem penyimpanan sangatlah penting, dan dari jumlah tersebut akan muncul grafik statistik terhadap transaksi penggunaan sistem. Ada baiknya setiap sistem memiliki sebuah laporan statistik secara continue. Karena dari laporan statistik dapat diambil kesimpulan untuk membuat keputusan-keputusan penting dalam meningkatkan mutu serta peningkatan aktivitas pemakaian. Saat ini sistem MAGICS belum memiliki laporan statistik yang continue, sehingga muncul permasalahan dalam mengetahui sejauh mana MAGICS telah berkembang. Di satu sisi, terdapat permintaan terhadap dibuatkannya laporan statistik dari masing-masing TPi oleh Iz.
Gambar 3.28 Email Request Statistik Project