TA1333376324
PENERAPAN DID BERBASIS ILEARNING MEDIA GUNA
MENINGKATKAN PRESTASI MAHASISWA
PADA PERGURUAN TINGGI
TUGAS AKHIR
Disusun Oleh :
NIM |
: 1333376324
|
NAMA |
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
KONSENTRASI ARTIFICIAL INFORMATICS
AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
TANGERANG
2015/2016
AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
(AMIK) RAHARJA INFORMATIKA
LEMBAR PENGESAHAN TUGAS AKHIR
PENERAPAN DID BERBASIS ILEARNING MEDIA GUNA
MENINGKATKAN PRESTASI MAHASISWA
PADA PERGURUAN TINGGI
Disusun Oleh :
NIM |
: 1333376324
|
Nama |
|
Jenjang Studi |
: Diploma 3
|
Jurusan |
: Teknik Informatika
|
Konsentrasi |
: Artificial Informatics
|
Disahkan Oleh :
Tangerang, 23 Juni 2016
Direktur |
Kepala Jurusan
| ||||
AMIK Raharja Informatika |
Jurusan Teknik Informatika
| ||||
(Drs. Po. Abas Sunarya, M.Si) |
(Diah Aryani, ST.,M.Kom)
| ||||
NIP : 000603 |
NIP : 11010
|
AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
(AMIK) RAHARJA INFORMATIKA
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING
PENERAPAN DID BERBASIS ILEARNING MEDIA GUNA
MENINGKATKAN PRESTASI MAHASISWA
PADA PERGURUAN TINGGI
Dibuat Oleh :
NIM |
: 1333376324
|
Nama |
Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif
Jurusan Teknik Informatika
Konsentrasi Artificial Informatics
Disetujui Oleh :
Tangerang, 23 Juni 2016
Pembimbing I |
Pembimbing II
| ||
(Khanna Tiara, S.Kom) |
(Indri Handayani, S.Kom)
| ||
NID : 14013 |
NID : 14018
|
AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
(AMIK) RAHARJA INFORMATIKA
LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI
PENERAPAN DID BERBASIS ILEARNING MEDIA GUNA
MENINGKATKAN PRESTASI MAHASISWA
PADA PERGURUAN TINGGI
Dibuat Oleh :
NIM |
: 1333376324
|
Nama |
Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian
Komprehensif
Jurusan Teknik Informatika
Konsentrasi Articifial Informatics
Tahun Akademik 2015/2016
Disetujui Penguji :
Tangerang, 23 Juni 2016
Ketua Penguji |
Penguji I |
Penguji II
| ||
() |
() |
()
| ||
NID : |
NID : |
NID :
|
AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
(AMIK) RAHARJA INFORMATIKA
LEMBAR KEASLIAN TUGAS AKHIR
PENERAPAN DID BERBASIS ILEARNING MEDIA GUNA
MENINGKATKAN PRESTASI MAHASISWA
PADA PERGURUAN TINGGI
Disusun Oleh :
NIM |
: 1333376324
|
Nama |
|
Jenjang Studi |
: Diploma 3
|
Jurusan |
: Teknik Informatika
|
Konsentrasi |
: Artificial Informatics
|
Menyatakan bahwa Tugas Akhir ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Tugas Akhir yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Ahli Madya baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.
Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.
Tangerang, 23 Juni 2016
NIM : 1333376324
|
)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;
ABSTRACT
Media system to support achievement in an institution is an important thing to be developed, especially in the field of science and technology in the current era of globalization. If no such media, will impact on the human resources that are reliable and synergy to be minimal. Therefore it takes a container of events and competitions as an indication to improve the quality and potential students. Organizing events not currently have the means appropriate for considering only held in place is inadequate and the system is still manual. This is the basic thinking how to propose a system of media events and competitions are publicly accessible so that the event can be accessed anywhere and anytime. Making it easier for students to channel the talents and skills possessed. Therefore invented a procedure to process the event and the competition online on the website DID (Dream Innovation Day) using iMe (iLearning Media) to register an event or participate in the DID website (Dream Innovation Day). In this study using elicitation method which is based on the results of an achievement. Then further analysis on the objective of a problem their own media event presented by the DID website (Dream Innovation Day) is expected to improve human resources more optimally and can be implemented optimally as needed. Thus increasing the potential of the students in the means and a good paradigm for Higher Education Raharja.
Keywords: Achievement, iLearning Media, Dream Innovation Day.
ABSTRAK
Sistem media untuk menunjang prestasi pada suatu lembaga merupakan hal penting yang harus dikembangkan khususnya dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi di era globalisasi saat ini. Jika tidak ada media tersebut, akan berdampak pada sumber daya manusia yang handal dan bersinergi menjadi minim. Oleh karena itu dibutuhkan suatu wadah acara dan kompetisi sebagai indikasi untuk meningkatkan kualitas dan potensi diri mahasiswa. Penyelenggaraan acara saat ini belum memiliki sarana yang semestinya karena mengingat hanya diadakan pada tempat yang tidak memadai dan sistem masih manual. Hal ini menjadi dasar pemikiran bagaimana mengusulkan suatu sistem media penyelenggaraan acara dan kompetisi yang dapat diakses secara publik sehingga acara dapat di akses dimanapun dan kapanpun. Sehingga memudahkan mahasiswa dalam menyalurkan kemampuan dan talenta yang dimiliki. Maka dari itu diciptakanlah suatu prosedur untuk mengolah acara dan kompetisi secara online pada website DID (Dream Innovation Day) dengan menggunakan iMe (iLearning Media) untuk mendaftarkan acara maupun berpartisipasi pada website DID (Dream Innovation Day). Dalam penelitian ini menggunakan metode elisitasi dimana didasarkan pada hasil dari suatu pencapaian. Maka analisa lebih lanjut pada tujuan suatu masalah adanya media acara yang sudah disajikan dengan website DID (Dream Innovation Day) diharapkan untuk meningkatkan sumber daya manusia lebih maksimal dan dapat diimplementasikan dengan lebih optimal sesuai yang dibutuhkan. Sehingga dapat meningkatkan potensi mahasiswa dalam sarana dan paradigma yang baik untuk Perguruan Tinggi Raharja.
Prestasi, iLearning Media, "DID (Dream Innovation Day)"
Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan nikmat, sehat serta melimpahkan segala rahmat dan karunia-Nya, sehingga laporan Tugas Akhir ini dapat berjalan dengan baik dan selesai dengan semestinya.
Penulisan laporan Tugas Akhir ini disusun sebagai salah satu persyaratan dalam memperoleh gelar Ahli Madya (A.Md) untuk jenjang D3 di Perguruan Tinggi Raharja, Cikokol Tangerang. Sebagai bahan penulisan, serta mengambil data berdasarkan hasil observasi, wawancara, survey serta studi pustaka yang mendukung penulisan ini.
Hati kecil ini pun menyadari bahwa tanpa bimbingan dan dorongan dari semua pihak penyusunan laporan Tugas Akhir ini tidak akan berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Oleh karena itu pada kesempatan yang singkat ini, izinkanlah penulis menyampaikan pujian dan terimakasih kepada :
- Bapak Drs. Po. Abas Sunarya, M.Si selaku Direktur AMIK Raharja Informatika.
- Bapak Padeli, M.Kom selaku Pembantu Direktur I (Pudir I) AMIK Raharja Informatika.
- Ibu Diah AryaniST.,M.Kom. selaku Kepala Jurusan Teknik Informatika.
- Ibu Khanna Tiara, S.Kom selaku Dosen Pembimbing I yang telah memberikan banyak masukan dan ilmu yang sangat bermanfaat.
- .Ibu Indri Handayani, S.Kom selaku Dosen Pembimbing II yang telah berkenan memberikan bimbingan dan pengarahan kepada penulis.
- Bapak dan Ibu Dosen Perguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan ilmu pengetahuan.
- Bapak Padeli,M.Kom. selaku Stakeholder yang selalu memberi masukan terhadap project yang sedang diteliti untuk lebih maju kedepannya.
- Kedua orang tua Bapak Sambrin, Ibu Saiyah, kakak Samiyati, kakak Sumilah, kakak Mohamad Sanusi dan keluarga besar yang telah memberikan semangat dan juga dukungan baik doa, moril dan materil.
- Rekan-rekan grup 4G (Nursam Somantri, Iis Ariska, Dwiki Fahliandhini).
- Rekan-rekan grup Bimbingan Khanna (Ridwan Kurniaji, Wulan Lesari, Ika Amalia, Maya Ima. E, Ria Utami, Rizky Agustian).
- Rekan-rekan grup TimUR.
- Seluruh anggota REC yang telah memberikan dukungan, arahan dan masukan yang berarti dalam menyelesaikan laporan Tugas Akhir ini.
Menyadari bahwa dalam penulisan Laporan Tugas Akhir ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu kritik dan saran sangat dibutuhkan, dan diharapkan sebagai pemicu untuk dapat berkarya lebih baik lagi. Semoga Laporan Tugas akhir ini bermanfaat bagi pihak yang membutuhkan.
Tangerang, 23 Juli 2016 | |
Julipah Al Munawaroh | |
NIM. 1333376324 |
Daftar isi
- 1 BAB I
- 1.1 Latar Belakang
- 1.2 Rumusan Masalah
- 1.3 Ruang Lingkup Penelitian
- 1.4 Tujuan dan Manfaat Penelitian
- 1.5 Metode Penelitian
- 1.5.1 Metode Pengumpulan Data
- 1.5.2 Metode Analisa Sistem
- 1.5.3 Metode Perancangan
- 1.5.4 Metode Pengujian
- 1.5.5 Lokasi Penelitian
- 1.5.6 Sistematika Penulisan
- 1.5.7 BAB I PENDAHULUAN
- 1.5.8 BAB II LANDASAN TEORI
- 1.5.9 BAB III PEMBAHASAN DAN HASIL
- 1.5.10 BAB IV PENUTUP
- 1.5.11 DAFTAR PUSTAKA
- 1.5.12 DAFTAR LAMPIRAN
- 2 BAB II
- 3 BAB III
- 4 BAB IV
- 5 DAFTAR PUSTAKA
- 6 DAFTAR LAMPIRAN
DAFTAR TABEL
Tabel 3.1 Jurusan atau Program Studi pada STMIK Raharja
Tabel 3.2 Jurusan atau Program Studi pada AMIK Raharja
Tabel 3.3 Elisitasi Tahap I
Tabel 3.4 Elisitasi Tahap II
Tabel 3.5 Elisitasi Tahap III
Tabel 3.6 Final Draft Elisitasi
Tabel 3.7 Tabel List Pengujian Sistem
Tabel 3.8 Tabel Pengujian Black box Pada Akses DID
Tabel 3.9 Tabel Pengujian Black box Register DID
Tabel 3.10 Tabel Pengujian Template Acara
Tabel 3.11 Tabel Pengujian Black box Acara Diselenggarakan
Tabel 3.12 Tabel Pengujian Black box Validasi Acara
Tabel 3.13 Tabel Pengujian Black box Etalase DID
Tabel 3.14 Tabel Pengujian Black box Logout DID
Tabel 3.15 Tabel Pengujian Black box Schedule
Tabel 3.16 Estimasi Biaya
DAFTAR GAMBAR
Gambar 2.1 Logo Wordpress
Gambar 2.2 Logo iLearning Media
Gambar 2.3 4B iLearning
Gambar 2.4 Logo DID
Gambar 2.5 Ten Pillar IT iLearning
Gambar 3.3 Green Campus
Gambar 3.4 Struktur Organisasi Perguruan Tinggi Raharja
Gambar 3.5 Prosedur Dokumentasi Raharja Career Baru
Gambar 3.6 Form Submit Dokumentasi Raharja Career
Gambar 3.7 Tampilan Web DID yang User Friendly
Gambar 3.8 Tampilan SSO Web DID
Gambar 3.9 Total Peserta 100 Peserta
Gambar 3.10 Visitor Pada Web DID
Gambar 3.11 Tampilan Favicon Pada Web DID
Gambar 3.12 FAQ Pada Web DID
Gambar 3.13 12 Acara Pada DID
Gambar 3.14 Total Author DID mencapai 290 User
Gambar 3.15 Artikel dan Tutorial di iRan
Gambar 3.16 10 List Promosi DID
Gambar 3.17 Banner Promosi DID
Gambar 3.18 Report Mailchimp DID
Gambar 3.19 Backlink Pada Web TID3
Gambar 3.20 Media Sosial Pada DID
Gambar 3.21 Inbound DID Pada Web Lain
Gambar 3.22 Mind Mapping Project DID
Gambar 3.23 HIPO (Hierarchy plus Input Process Output)
Gambar 3.24 Prototype Halaman Utama Web DID
Gambar 3.25 Prototype Etalase Acara
Gambar 3.26 Prototype Tampilan Form Request Acara
Gambar 3.27 Prototype Renstra DID
Gambar 3.28Prototype Certificate Verification
Gambar 3.29 Prototype 3MT Raharja Competition
Gambar 3.30 Prototype Raharja Career
Gambar 3.31 Prototype What DID
Gambar 3.32 Prototype FAQ
DAFTAR SIMBOL
DAFTAR SIMBOL USE CASE DIAGRAM
DAFTAR SIMBOL ACTIVITY DIAGRAM
DAFTAR SIMBOL SQUENCE DIAGRAM
DAFTAR SIMBOL HIPO
BAB I
Latar Belakang
Di era modern kini, Indonesia sebagai negara berkembang dengan sumber daya alam yang melimpah. Sudah saatnya sumber daya manusia ikut serta untuk di kembangkan dan diciptakan. Maka perlu tersaji media penyelenggara acara, lomba, pelatihan, dan kompetisi untuk menunjang hal tersebut agar terwujud. Prestasi diri adalah karunia oleh Tuhan Yang Maha Esa yang diperoleh setiap individu yang dimiliki sejak lahir, di butuhkan suatu media untuk menjembatani kemampuan dan ilmu pengembangan dalam diri agar lebih terkelola dan memiliki banyak potensi dan manfaat bagi mahasiswa.
Perguruan Tinggi Raharja telah menciptakan suatu inovasi dalam menyelenggarakan acara, pelatihan, ataupun lomba dengan mengusung iMe yang di sebut dengan DID yaitu sudah wadah untuk sumbangsih karya dan kreatifitas para generasi muda khususnya para Pribadi Raharja dalam segala bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Adanya DID tidak hanya sekedar menjadi ajang untuk menyalurkan bakat, namun juga sebagai tempat berbagi pengalaman dan mempunyai relasi pertemanan yang luas serta memiliki peluang prestasi dan informasi yang didapatkan.
Beberapa masalah dalam beberapa permasalah pada acara yang diselenggarakan belum terintegrasi pada satu tujuan atau himpunan informasi yang akurat, sehingga menyulitkan mahasiswa dalam mendapatkan media informasi yang aktual. Selain itu, setiap acara pasti memiliki panitia yang bertugas dalam penyelenggaraan jalannya suatu acara. DID berkesempatan untuk mempersembahkan sarana pendaftaran acara bagi penyelenggara acara (panitia) yang ingin acaranya ikut serta pada DID. Panitia merupakan perrangkat penting demi terselenggaranya suatu acara agar acara terkelola dengan baik dan lancar.
Dari latar belakang yang sudah di paparkan diatas, maka penulis untuk ingin mecoba menganalisa terhadap DID pada Perguruan Tinggi Raharja dalam sebuah laporan penelitian ilmiah dengan judul “Penerapan DID Berbasis ILearning Media Guna Meningkatkan Prestasi Mahasiswa Pada Perguruan Tinggi”.
Rumusan Masalah
Dalam setiap penelitian maka terlebih dahulu di ketahui rumusan masalah, sebagai rincian pertanyaan yang menjadi hal penting dalam melakukan analisa. Selanjutnya akan di proses jawaban melalui pengumpulan data dari rumusan masalah tersebut dengan pemecahan masalah.
Berdasarkan latar belakang dari penelitian yang telah dijelaskan sebelumnya, penelitian ini secara detail berhubungan dengan acara pada DID. Maka dengan analisa tersebut penulis dapat merangkum beberapa hal penting dari masalah laporan penelitian. Adapun masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini, yaitu:
-
Bagaimana cara mendaftarkan diri dan acara yang dapat di akses secara online?
-
Bagaimana penerapan SSO (Single Sign On) sebagai perangkat login didalam DID?
-
Bagaimana menciptakan suatu media yang mampu membantu meningkatkan prestasi mahasiswa?
Ruang Lingkup Penelitian
Pada ruang lingkup dalam penelitian ini dibatasi oleh sistem yang memberikan fasilitas kepada seluruh civitas Perguruan Tinggi Raharja yang terhimpun pada website DID yang digunakan sebagai media acara atau menjadi media penunjang prestasi mahasiswa agar kemampuan dan bakat yang dimiliki dapat tersalurkan dan terkelola secara integritas, adapun diantaranya yaitu:
-
Sebagai media yang berfokus untuk menyelenggarakan acara mengenai prestasi atau partisipasi mahasiswa yang terkoneksi dengan website DID.
-
Saat login tidak lagi menggunakan username dan password lagi, melainkan hanya dengan menggunakan SSO (Single Sign On) yang sudah terkoneksi dengan email Rinfo, itu berlaku bagi penyelenggara acara yang sudah diberikan hak akses sebagai author.
-
Dalam elisitasi final hanya dibatasi 15 tahapan pada pelengkapan DID, yaitu 10 functional dan 5 nonfunctional.
-
Bagi Pribadi Raharja dapat melakukan register untuk menyelenggarakan acaranya di DID dengan ketentuan yang ada.
-
Bagi Non Pibadi Raharja dapat ikut serta untuk menyelenggarakan acara di DID, namun harus melakukan request email Rinfo terlebih dahulu.
-
Media penunjang untuk mendapatkan PO (Penilaian Objektif) sidang komprehensif yang berupa sertifikat.
-
Pribadi Raharja dapat mendaftarkan diri pada acara yang diselenggarakan oleh DID.
-
Media penunjang untuk mendapatkan sertifikat partisipasi yaitu berupa sertifikat.
Tujuan dan Manfaat Penelitian
Tujuan Penelitian
Penelitian adalah suatu hal untuk melakukan observasi dan pengamatan pada sebuah objek yang memiliki data yang masih perlu diketahui lebih dan menjadi penelusuran lebih lanjut dalam sebuah pemecahan suatu masalah.
Tujuan Penelitian merupakan memperoleh data untuk menjadi media sebagai bahan referensi dalam menemukan suatu permasalahan atau sebagai data dalam suatu pengembangan penelitian. Maka dalam hal ini tujuan dari penelitian sangat berkaitan dengan rumusan masalah yang ditemukan, lalu hasil dari pemecahan masalahnya berada pada akhir dari sebuah penelitian yaitu terletak pada kesimpulan. Selain itu berkaitan juga dengan beberapa macam penelitian yang akan dilakukan. Ada 3 (tiga) tujuan dalam penelitian, yaitu :
-
Sebagai media yang berfokus untuk menyelenggarakan acara mengenai prestasi atau partisipasi mahasiswa yang terkoneksi dengan website DID.
-
Untuk memudahkan user DID dalam melakukan login yaitu dengan menggunakan email Rinfo yang terkoneksi oleh platform google.
-
Sebagai media prestasi mahasiswa yang diselenggarakan oleh penyelenggara acara secara online
Manfaat Penelitian
Manfaat penelitian dipengaruhi oleh pemecahan suatu rumusan masalah yang telah tercapai sesuai dengan tujuan. Dalam penulisan Tugas Akhir ini dipaparkan ada 3 (tiga) manfaat dalam penelitian, yaitu :
-
Memudahkan pengguna dalam menyelenggarakan dan mengikuti acara prestasi dengan media secara online.
-
Pengguna DID dengan mudah melakukan login dengan mengaplikasikan email Rinfo untuk melakukan SSO (Single Sign On).
-
Meningkatkan daya kemampuan diri mahasiswa sehingga memiliki sumber daya manusia yang bersinergi.
Metode Penelitian
Pada penelitian ini penulis membutuhkan metode penelitian dalam pembuatan Laporan Tugas Akhir yaitu dengan menggunakan metode sebagai berikut.
Metode Pengumpulan Data
Menciptakan Perihal metode penelitian dalam penyusunan Laporan Tugas Akhir ini, penulis akan menggunakan 3 (tiga) metode yaitu :
- Metode Observasi (Pengamatan)
Metode ini dilakukan dengan pengumpulan data yang di amati secara langsung dan seksama kepada naungan dari iMe DID yaitu Perguruan Tinggi Raharja sebagai sumber memperoleh data yang dibutuhkan sesuai dengan jenis penelitian.
- Metode Wawancara
Adalah metode tanya jawab yang ditujukan kepada narasumber yang berlokasi di Raharja Enrichment Centre (REC) pada Perguruan Tinggi Raharja. Wawancara ini ditujukan langsung kepada stalkholder yang bernama Padeli, M.Kom, sehingga informasi yang diperoleh berhubungan dengan daftar elisitasi.
- Metode Studi Pustaka
Metode ini merupakan himpunan informasi tertulis dari kebutuhan suatu penelitian yang dilakukan oleh peneliti yang bertujuan untuk memecahkan suatu masalah secara akurat. Studi pustaka sebagai panduan untuk memperoleh informasi berupa karya ilmiah, laporan penelitian, media online, buku-buku, dan sumber-sumber yang berkaitan dengan iMe DID.
Metode Analisa Sistem
Adapun langkah penting dalam memperoleh informasi secara akurat untuk mencapai hasil suatu penelitian, sehingga menciptakan penelitian secara tepat guna. Analisa pada sistem ini dilakukan dengan Metode Analisa Elisitasi merupakan rancangan yang dibuat berdasarkan sistem yang baru yang diinginkan oleh pihak manajemen terkait dan disanggupi oleh penulis untuk di eksekusi.
Terdiri dari Elisitasi Tahap I mengenai seluruh rancangan sistem baru yang diusulkan oleh pihak manajemen dengan proses wawancara, Tahap II berdasarkan MDI (mandatory, Desirable, inessential), Tahap III diklasifikasikan melalui TOE (Teknikal, Operasional, Teknologi). Metode TOE tersebut dibagi kembali menjadi High (H), Middle (M), dan Low (L) : Mudah dikerjakan. Serta Final Draft Elisitasi tersusun secara sistematis untuk mencapai tujuan, baik tujuan jangka pendek maupun tujuan jangka panjang.
Metode Perancangan
Pada penelitian ini metode perancangan yang digunakan untuk menggambarkan dalam sebuah bentuk gambaran diagram HIPO (Hierarchy Input Process Output) sebagai bentuk dokumentasi program yang bisa dimengerti oleh pemakai dengan mudah. Menggunakan Mind mapping sebagai kerangka penjelasan sistem, flowchart sebagai rancangan langkah atau prosedur program, dan prototype sebagai tampilan dari perancangan sistem.
Metode Pengujian
Metode pengujian ini digunakan untuk menganalisa suatu identitas sistem untuk mendeteksi, mengevaluasi kondisi dan fitur-fitur yang diinginkan dan mengetahui kualitas dari suatu sistem yang dilakukan untuk mengeleminisi suatu kesalahan yang terjadi saat sistem diterapkan. Penelitian ini menggunakan metode Black box karena metode Black box dapat mengetahui apakah perangkat lunak yang dibuat dapat berfungsi dengan benar dan telah sesuai dengan yang diharapkan.
Lokasi Penelitian
Pada penelitian ini dengan judul “Penerapan DID Berbasis ILearning Media Guna Meningkatkan Prestasi Mahasiswa pada Perguruan Tinggi” dilakukan di ruang penelitian yang dinaungi oleh Perguruan Tinggi Raharja yaitu Raharja Enrichment Centre (REC).
Sistematika Penulisan
Untuk memahami lebih jelas laporan ini, maka materi-materi yang tertera pada Laporan Tugas Akhir ini dikelompokkan menjadi beberapa sub bab dengan sistematika penyampaian sebagai berikut :
BAB I PENDAHULUAN
Pada bab ini disajikan latar belakang, rumusan masalah, ruang lingkup penelitian, tujuan dan manfaat penelitian, metode penelitian, lokasi penelitian dan sistematika penulisan.
BAB II LANDASAN TEORI
Pada bab ini disajikan tentang landasan teori yang berisi teori umum yang mengenai konsep dasar internet, definisi online, definisi media, konsep dasar Perguruan Tinggi, dan penerapan. Teori khusus membahas mengenai penjelasan-penjelasan mengenai konsep dasar wordpress, dasar penyelenggara acara, konsep dasar SSO (Single Sign On), dasar website, dasar iLearning Media, dasar ilearning, dasar mailchimp, konsep dasar DID, konsep dasar TPi, konsep dasar FIR, konsep dasar prestasi, dasar requirement elicitation, definisi HIPO, konsep dasar flowchart, dan konsep dasar literature review.
BAB III PEMBAHASAN DAN HASIL
Di dalam bab ini menyajikan deskripsi umum dan asal mula sejarah Perguruan Tinggi Raharja, tata laksana sistem yang berjalan, permasalahan yang dihadapi, alternatif pemecahan masalah, user requirement yang terdiri dari 4 (empat) tahap elisitasi. Yaitu elisitasi tahap I, elisitasi tahap II, elisitasi tahap III, serta final draft elisitasi yang merupakan final elisitasi yang diusulkan, tata laksana sistem yang diusulkan, flowchart, rancangan prototype, konfigurasi sistem, testing, evaluasi, implementasi, dan estimasi biaya.
BAB IV PENUTUP
Bab ini merupakan penyempurnaan dari semua yang telah dicapai pada masing-masing bab sebelumnya. tersusun atas kesimpulan dan saran-saran.
DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR LAMPIRAN
BAB II
Teori Umum
Konsep Dasar Internet
1. Definisi Internet
Menurut eWolf Community (2012:1)[1], “Internet merupakan singkatan dari Interconnection Networking, yaitu jaringan komputer dalam skala dunia. Internet terdiri dari banyak jaringan komputer lokal yang saling terhubung sehingga membentuk jaringan global dengan segala macam aturan (protokol). Protokol utama yang digunakan saat ini adalah TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol), yaitu sekumpulan aturan untuk komunikasi data antar komputer dalam suatu jaringan”.
Teori Khusus
1. Definisi
Literature Review
BAB III
Gambaran Umum Perusahaan
Sejarah Singkat Perusahaan
Struktur Organisasi Perguruan Tinggi Raharja
Tugas dan Tanggung Jawab
Tata Laksana Sistem Yang Berjalan
Rancangan Prosedur
Analisa Masukan, Analisa Proses, Analisa Keluaran
User Requirement
Rancangan Basis Data
Normalisasi
Spesifikasi Basis Data
Flowchart
Rancangan Program
Rancangan Prototype
Tahap ini merupakan gambar yang jelas mengenai rancangan bangun yang lengkap kepada para pengguna dan web yang diteliti, juga sebagai pemenuhan kebutuhan dari pada para pengguna sistem. Berikut ini merupakan prototype atau tampilan dari perancangan sistem web DID yang akan dibuat, yaitu:
- Prototype Sistem web DID
- Prototype Tampilan Utama web DID
- Prototype Tampilan Etalase DID
- Prototype Tampilan Form Request Acara
- Tampilan Renstra DID
- Prototype Tampilan Certificate Verification
- Prototype Tampilan 3MT Raharja Competition
- Prototype Tampilan What DID
- Prototype Tampilan FAQ
Konfigurasi Sistem
Perangkat Keras (Hardware)
Perangkat keras yang dibutuhkan oleh sistem adalah suatu unit personal komputer. Perangkat keras yang diusulkan ini dibuat berdasarkan kebutuhan sistem saat ini dan antisipasi kabutuhan di masa yang akan datang. Konfigurasi yang dibutuhkan pada design sistem yang diusulkan, yaitu:
- Processor : Intel(R) Celeron(R) CPU N2830
- Monitor : 14.0” HD LED LCD
- RAM : 2048 MB Memory
- Hardisk : 320 GB HDD
- Printer: Printer Epson L-120
Perangkat Lunak (Software)
Perangkat lunak merupakan penunjang dari peralatan komputer yang akan digunakan sebagai penghubung dalam instruksi yang diinginkan, agar komputer dapat menghasilkan informasi yang diharapkan, maka perangkat lunak yang diusulkan dalam rancangan sistem ini adalah sebagai berikut:
- Google Chrome
- Sistem Operasi Windows 7 Profesional
- Mozilla FireFox
- Visual Paradigm
- Microsoft Office 2007
Hak Akses
Untuk mengoperasikan acara hanya terdapat 6 (enam) hak akses, yaitu admin dari semua hak akses yang dapat melakukan update pada web secara utuh tanpa terkat apapun, iMe User melakukan update dan monitoring terhadap acara yang ingin di adakan, Editor melakukan segala bentuk administrasi semua artikel (bisa berupa post maupun page), Author adalah mahasiswa (Panitia) yang mengadakan acara di DID sebagai manajemen artikel (berjenis post) yang ditulisnya sendiri termasuk dapat mem-publish artikelnya sendiri, serta berhak melakukan update data pada acara. Contributor dapat mengubah artikel yang dibuat pada postingan ia sendiri tanpa artikel dari acara lain, serta Subscriber merupakan mahasiswa yang mendapatkan informasi dan melakukan komentar pada acara yang diselenggarakan. penyelenggara acara yang memiliki ide, gagasan, atau acara yang dimiliki dapat diadakan di DID, serta mahasiswa sebagai user dapat ikut serta dalam mendaftarkan diri acara yang diadakan.
Testing
Metode Implementasi
Dalam DID di Perguran Tinggi Raharja menggunakan metode Black Box testing. Metode Black Box testing merupakan pengujian program yang mengutamakan pengujian terhadap kebutuhan fungsi dari suatu program. Tujuan dari metode Black Box testing untuk menemukan kesalahan fungsi pada program. Pengujian dengan menggunakan metode Black Box testing dilakukan hanya mengamati hasil eksekusi melalui data uji dan memeriksa fungsional dari software dan fungsionalitasnya tanpa mengetahui yang terjadi dalam proses detail, melainkan hanya mengetahui input dan output.
Berikut ini terdapat 7 (tujuh) pengujian sistem yang dilakukan dengan menggunakan metode Black Box Testing:
- Mengakses DID
- Register DID Menggunakan SSO (Single Sign On)
Berikut ini adalah tabel pengujian Black Box berdasarkan saat register pada DID dengan SSO di Perguruan Tinggi Raharja, dan pengujian ini dilakukan dengan skenario sebagai berikut:Tabel 3.9 Tabel Pengujian Black box Register DID - Template Acara
Berikut ini adalah tabel pengujian Black Box berdasarkan membuat template acara di Perguruan Tinggi Raharja, dan pengujian ini dilakukan dengan skenario sebagai berikut: - Acara Diselenggarakan
- Validasi Acara
- Etalase Acara
- Logout DID
- Sebelumnya jika mahasiswa ingin melakukan pembayaran dengan menggunakan nomor rekening yayasan BCA atau Mandiri dan nomor rekening yayasan sulit untuk dihafal sehinga dapat menyebabkan kesalahan dalam penulisan nomor rekening. Dan saat ini telah terdapat nomor rekening virtual account yang terdiri dari 5 digit kode bank dan 10 digit NIM mahasiswa sehingga lebih memudahkan mahasiswa dalam menghafal nomor rekening dan mengurangi terjadinya kesalahan dalam penulisan nomor rekening.
- Sebelumnya jika mahasiswa ketika ingin melakukan pembayaran data pembayaran tidak dapat ditampilkan atau diketahui sehingga menyebabkan terjadinya kekurangan maupun kelebihan saat transfer pembayaran perkuliahan. Dan saat ini jika melakukan transfer pembayaran menggunakan nomor virtual account melalui via ATM BCA data mahasiswa dapat ditampilkan saat pembayaran berlangsung. Data yang ditampilkan yaitu no. virtual acccount, nama, perusahaan/produk, SPP, SKS, dan total tagihan.
- Untuk saat ini belum banyak mahasiswa yang mengetahui tentang informasi virtual account. Oleh karena itu terdapat informasi tentang virtual account pada GO+ yang terletak di menu virtual account sehingga memudahkan mahasiswa/i dalam mengetahui informasi tentang virtual account. Informasi yang ditampilkan yaitu nomor virtual account tiap mahasiswa beserta atas nama dan panduan-panduan pembayaran menggunakan virtual account.
- Perlu terdapat sosialisasi kepada seluruh mahasiswa/i tentang virtual account agar lebih banyak mahasiswa/i yang menggunakan pembayaran dengan menggunakan nomor virtual account.
- Pembayaran virtual account dapat dilakukan melaui bank lain tidak hanya bank BCA.
- Perlu terdapat menu print dan download pada seluruh panduan pembayaran menggunakan virtual account. Agar mahasiswa dapat menyimpan panduan pembayaran menggunakan virtual account.
- ↑ Community,eWolf. 2012. “Panduan Internet Paling Gampang”. Yogyakarta: Cakrawala.
Berikut ini adalah tabel pengujian Black Box berdasarkan saat mengakses DID dengan mengetikan url http://did.ilearning.me ataupun dengan key DID (Dream Innovation Day) dan pengujian ini dilakukan dengan skenario sebagai berikut:
Berikut ini adalah tabel pengujian Black Box berdasarkan acara yang sedang berlangsung di Perguruan Tinggi Raharja, dan pengujian ini dilakukan dengan skenario sebagai berikut:
Berikut ini adalah tabel pengujian Black Box berdasarkan validasi acara saat acara sudah selesai diselenggarakan di Perguruan Tinggi Raharja, dan pengujian ini dilakukan dengan skenario sebagai berikut:
Berikut ini adalah tabel pengujian Black Box berdasarkan melakukan update etalase acara pada web DID, dan pengujian ini dilakukan dengan skenario sebagai berikut:
Berikut ini adalah tabel pengujian Black Box berdasarkan logout acara pada web DID, dan pengujian ini dilakukan dengan skenario sebagai berikut:
Evaluasi
Implementasi Schedule
Estimasi Biaya
BAB IV
Kesimpulan
Saran
DAFTAR PUSTAKA