KP1422480857
PROTOTYPE APLIKASI MOBILE COMMERCE
(M-COMMERCE) BERBASIS ANDROID PADA
PT GEMANUSA SENTRA TEKNOLOGI
LAPORAN KULIAH KERJA PRAKTEK
OLEH:
NIM |
: 1422480857
|
NAMA |
: WURY INTAN TIANA
|
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
KONSENTRASI SOFTWARE ENGINEERING
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
TANGERANG
2017/2018
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR PERSETUJUAN
PROTOTYPE APLIKASI MOBILE COMMERCE
(M-COMMERCE) BERBASIS ANDROID PADA
PT GEMANUSA SENTRA TEKNOLOGI
Diajukan guna melengkapi sebagian syarat untuk mengikuti Skripsi pada Jurusan Teknik Informatika Konsentrasi Software Engineering
STMIK Raharja Tahun Akademik 2017/2018.
Tangerang, 21 Desember 2017
Dosen Pembimbing |
Pembimbing Lapangan
| ||
(Dwi Budi Utomo, S.Kom)
| |||
NID. 08203 |
NIK. 30019
|
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR KEASLIAN KULIAH KERJA PRAKTEK (KKP)
PROTOTYPE APLIKASI MOBILE COMMERCE
(M-COMMERCE) BERBASIS ANDROID PADA
PT GEMANUSA SENTRA TEKNOLOGI
Disusun Oleh :
NIM |
: 1422480857
|
Nama |
: Wury Intan Tiana
|
Jenjang Studi |
: Strata Satu
|
Jurusan |
: Teknik Informatika
|
Konsentrasi |
: Software Engineering
|
Menyatakan bahwa Kuliah Kerja Praktek ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan atau duplikat dari Kuliah Kerja Praktek yang telah dipergunakan untuk melanjutkan dalam pembuatan Skripsi baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja, maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.
Penyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan di atas tidak benar.
Tangerang, 21 Desember 2017 | |
Wury Intan Tiana | |
NIM. 1422480857 |
)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;
ABSTRAKSI
Banyaknya penggunaan telepon pintar atau yang sering disebut sebagai smartphone telah merubah perilaku atau gaya hidup sebagian masyarakat, khususnya perubahan dalam pola berbelanja, Saat ini banyak masyarakat yang lebih memilih bertransaksi secara online dibandingkan dengan cara konvensional. Oleh sebab itu pertumbuhan e-commerce di Indonesia semakin besar dan terus meningkat secara pesat. Terlebih lagi dengan upaya pemerintah yang terus memperluas akses internet bagi masyarakat. E-commerce menjadi salah satu bisnis yang paling sering digeluti oleh masyarakat Indonesia. Selain mempermudah proses penjualan dan memberikan keuntungan yang menjanjikan bagi penjual, e-commerce ini juga dapat meningkatkan industri ekonomi digital di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah menyediakan aplikasi mobile commerce berbasis android agar dapat diakses dimana saja dan kapan saja. Sehingga penjual dapat mempromosikan atau mengiklankan produknya dengan mudah. Untuk itu dibutuhkan beberapa metode penelitian untuk menghasilkan aplikasi e-commerce yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Seperti metode SWOT untuk menganalisa sistem dan juga metode SDLC atau waterfall untuk pengembangan sistem yang sebelumnya. Penggunaan UML juga dibutuhkan untuk menyusun rancangan sistem yang akan dibuat serta Black Box testing untuk menguji keseluruhan sistem yang telah dibuat. Bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti HTML5, PHP dan JavaScript juga dibutuhkan untuk membangun aplikasi ini, serta enkapsulator seperti Apache Cordova untuk mengemas bahasa pemrograman web tersebut sehingga dapat dipasang di berbagai perangkat mobile.
Kata Kunci: Prototype, Aplikasi Mobile, E-Commerce, M-Commerce.
KATA PENGANTAR
Bismillahirrahmanirrahim,
Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya, sehingga penulis mampu menyelesaikan penulisan laporan Kuliah Kerja Praktek ini dengan baik dan tepat waktu.
Penulisan laporan Kuliah Kerja Praktek ini disusun sebagai salah satu syarat untuk memenuhi kurikulum perkuliahan dan Skripsi. Sebagai bahan laporan, penulis memperoleh informasi dengan melakukan observasi, wawancara dan studi pustaka dari berbagai sumber terkait dengan masalah dalam laporan ini.
Penyusunan laporan ini tidak terlepas dari bantuan dan bimbingan dari berbagai pihak, oleh karena itu pada kesempatan ini penulis menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya pada:
- Bapak Dr. Po. Abas Sunarya, M.Si selaku Direktur Perguruan Tinggi Raharja.
- Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I. selaku Ketua STMIK Raharja.
- Bapak Sugeng Santoso, M.Kom, selaku Pembantu Ketua I Bidang Akademik STMIK Raharja dan selaku Dosen Pembimbing Kedua yang telah meluangkan waktu, pikiran maupun tenaga untuk membantu serta memberikan bimbingan dan pengarahan kepada penulis.
- Bapak Junaidi, M.Kom selaku Kepala Jurusan Teknik Informatika STMIK Raharja.
- Bapak Sandro Alfeno, M.Kom selaku Dosen Pembimbing yang telah banyak meluangkan waktu, tenaga dan pikiran untuk memberikan masukan pada penulisan laporan KKP ini.
- Bapak Tri Sakti, S.Kom., selaku Direktur PT Gemanusa Sentra Teknologi yang telah memberikan kesempatan bagi penulis untuk dapat melakukan penelitian di perusahaannya.
- Bapak Dwi Budi Utomo, S.Kom., selaku Stakeholder, yang telah banyak membantu dalam memberikan pengarahan bagi penulis.
- Kepada kedua Orang Tua serta kakak, yang selalu memberikan doa, motivasi, serta dukungan untuk menyelesaikan penulisan laporan ini.
- Kepada Teman Seperjuangan yang terlalu banyak untuk disebutkan satu persatu, yang telah banyak membantu, sehingga penulisan laporan ini dapat diselesaikan.
Penulis menyadari bahwa masih terdapat banyak kekurangan dalam penulisan laporan ini. Untuk itu, kritik dan saran yang membangun sangat dibutuhkan untuk perbaikan di masa yang akan datang. Akhir kata, penulis berharap semoga laporan ini dapat memberikan manfaat bagi semua yang telah membaca laporan ini.
Tangerang, 21 Desember 2017 | |
Wury Intan Tiana | |
NIM. 1422480857 |
DAFTAR TABEL
Tabel 3.1 Activity Diagram Sistem Penjualan
Tabel 3.2 Matriks Analisa SWOT
Tabel 3.3 Elisitasi Tahap I
Tabel 3.4 Elisitasi Tahap II
Tabel 3.5 Elisitasi Tahap III
Tabel 3.6 Elisitasi Final Draft
DAFTAR GAMBAR
Gambar 2.1 Tahapan Model Waterfall
Gambar 3.1 Logo PT Gemanusa Sentra Teknologi
Gambar 3.2 Struktur Organisasi Perusahaan
Gambar 3.3 Use Case Diagram Sistem Penjualan Keseluruhan yang Berjalan
Gambar 3.4 Use Case Diagram Sistem Penjualan yang Berjalan
Gambar 3.5 Sequence Diagram Sistem Penjualan yang Berjalan
Gambar 3.6 Prototype Halaman Beranda
Gambar 3.7 Prototype Tampilan Menu
Gambar 3.8 Prototype Halaman Login
Gambar 3.9 Prototype Halaman Registrasi
Gambar 3.10 Prototype Halaman Profil Pengguna
Gambar 3.11 Prototype Halaman Tambah Iklan
Gambar 3.12 Prototype Halaman My Ads
Gambar 3.13 Prototype Tampilan Kontrak Baru
Gambar 3.14 Prototype Halaman Kontrak
Gambar 3.15 Prototype Halaman Pengaturan