SI1222473015
APLIKASI PEMETAAN LOKASI PARIWISATA
MENGGUNAKAN MOBILE GIS BERBASIS ANDROID
PADA DINAS KOMINFO KOTA TANGERANG
Disusun Oleh :
NIM |
: 1222473015
|
NAMA |
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
KONSENTRASI SOFTWARE ENGINEERING
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
TANGERANG
2015/2016
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI
APLIKASI PEMETAAN LOKASI PARIWISATA
MENGGUNAKAN MOBILE GIS BERBASIS ANDROID
PADA DINAS KOMINFO KOTA TANGERANG
Disusun Oleh :
NIM |
: 1222473015
|
Nama |
|
Jenjang Studi |
: Strata Satu
|
Jurusan |
: Teknik Informatika
|
Konsentrasi |
: Software Engineering
|
Disahkan Oleh :
Tangerang, juni 2016
Ketua |
Kepala Jurusan
| ||||
STMIK RAHARJA |
Jurusan Teknik Informatika
| ||||
(Ir. Untung Rahardja, M.T.I) |
(Junaidi, M.Kom)
| ||||
NIP : 000594 |
NIP : 001405
|
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING
APLIKASI PEMETAAN LOKASI PARIWISATA
MENGGUNAKAN MOBILE GIS BERBASIS ANDROID
PADA DINAS KOMINFO KOTA TANGERANG
Dibuat Oleh :
NIM |
: 1222473015
|
Nama |
Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif
Jurusan Teknik Informatika
Software Engineering
Tahun Akademik 2015 / 2016
Disetujui Oleh :
Tangerang, Junii 2016
Pembimbing I |
Pembimbing II
| ||
(Sutrisno, M.Kom) |
(Dedy Iskandar, S.Kom)
| ||
NID : 10020 |
NID : 02026
|
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI
APLIKASI PEMETAAN LOKASI PARIWISATA
MENGGUNAKAN MOBILE GIS BERBASIS ANDROID
PADA DINAS KOMINFO KOTA TANGERANG
Dibuat Oleh :
NIM |
: 1222473015
|
Nama |
Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian
Komprehensif
Jurusan Sistem Informasi
Konsentrasi Sistem Informasi Manajemen
Tahun Akademik 2015/2016
Disetujui Penguji :
Tangerang, Juni 2016
Ketua Penguji |
Penguji I |
Penguji II
| ||
(_______________) |
(_______________) |
(_______________)
| ||
NID : |
NID : |
NID :
|
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI
Yang bertanda tangan dibawah ini,
NIM |
: 1222473015
|
Nama |
|
Jurusan |
: Teknik Informatika
|
Konsentrasi |
: Software Engineering
|
Menyatakan bahwa Laporan Skripsi ini dari awal sampai akhir merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikasi dari Laporan Skripsi yang telah dipergunakan untuk memenuhi persyaratan mengambil Skripsi guna mendapatkan gelar Sarjana Komputer di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan sebelumnya.
Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab serta bersedia menerima sanksi jika ternyata pernyataan di atas tidak benar.
Tangerang, Juni 2016
NIM : 1222473015
|
)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;
ABSTRAKSI
Perkembangan teknologi saat ini sangat berkaitan sekali dengan semua aspek kehidupan manusia. Dengan semakin berkembangnya teknologi yang memudahkan masyarakat dalam mengerjakan suatu pekerjaan. Kota Tangerang memiliki potensi besar untuk pengembangan pariwisata, orang-orang yang tertarik biasa nya terlebih dahulu mencari informasi dari internet atau informasi dari orang yang telah mengunjungi kota tangerang. Saat ini Kota Tangeramg ingin memperkenalkan pariwisata agar masyarakat dan wisatawan bisa untuk mengunjungi tempat-tempat wisata yaitu : hotel, tempat kuliner dan objek wisata. Tetapi dengan adanya permasalahan pada Dinas Kominfo yang di alami saat ini masih kurang efektif. Mengacu pada permasalahan yang ada yaitu kurangnya informasi lokasi di Kota Tangerang maka dibuatlah sebuah aplikasi pariwisata berbasis android, aplikasi ini akan memberikan penjelasan informasi tentang objek wisata beserta informasinya seperti, lokasi wisata kuliner, hotel, alamat, jam buka, telepon. Metode yang digunakan penulis untuk merancang aplikasi ini diantaranya metode pengumpulan data, analisa, perancangan serta metode pengujian blackbox testin. diharapkan dengan adanya aplikasi pariwisata dapat membantu wisatawan dalam menemukan rute objek wisata yang akan di tuju melalui Google Maps dan juga untuk menampilkan/mengetahui posisi dari user sekarang dengan menggunakan GPS.
Kata Kunci : Mobile GIS, Android, Pemetaan
ABSTRACT
Technology development is highly related at all with all aspects of human life. With the development of technology that allows people to do a job. Tangerang City has great potential for development of tourism, people who are interested in his usual first seek information from the Internet or information from people who have visited the city of Tangerang. Currently Tangerang City would like to introduce tourism to the public and tourists get to visit tourist places are: hotel, culinary venues and attractions. But with the problems at the Department of Communications and Information Technology is experienced today are less effective. Referring to the existing problems, namely a lack of information on the location of the city of Tangerang then made an android based tourism application, this application will provide an explanation of attractions information and their information, such as a culinary tourist sites, hotels, address, hours, phone. The method used to design these applications include methods of data collection, analysis, design and testing methods testin blackbox. expected by the application of tourism can assist travelers in finding these attractions will go through Google Maps and also to show / determine the position of the current user by using GPS.
Keywords : Mobile GIS, Android, Mapping
Dengan mengucap puji syukur kehadirat Allah SWT, atas segala rahmat dan karunia-Nya kepada penulis sehingga dapat menyelesaikan dan menyusun Laporan Skripsi dengan judul “APLIKASI PEMETAAN LOKASI PARIWISATA MENGGUNAKAN MOBILE GIS BERBASIS ANDROID PADA DINAS KOMINFO KOTA TANGERANG”.
Tujuan dari pembuatan Skripsi ini sebagai salah satu syarat menyelesaikan program pendidikan Strata Satu (S1) Jurusan Teknik Informatika di Sekolah Tinggi Manajemen dan Ilmu Komputer Raharja Tangerang. Dalam penyusunan laporan Skripsi penulis menyadari jika tanpa bimbingan dan dorongan dari setiap pihak, maka Skripsi ini tidak akan terwujud dan selesai tepat waktu.
Penulis berharap karya tulis ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat dan tambahan pengetahuan bagi para pembaca umumnya serta mahasiswa khususnya. Dan semoga karya tulis ini dapat menjadi bahan perbandingan dalam periode selanjutnya dan dapat menjadi suatu karya ilmiah yang baik.
Pada kesempatan ini penulis menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada:
- Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I selaku Ketua STMIK Raharja.
- Bapak Sugeng Santoso,M.Kom selaku Puket I Bidang Akademik STMIK Raharja.
- Bapak Junaidi, M.Kom., selaku Kepala Jurusan Teknik Informatika Perguruan Tinggi Raharja.
- Bapak Sutrisno, M.Kom sebagai pembimbing I yang telah meluangkan waktu, pikiran dan tenaganya untuk membantu dan memberikan bimbingan serta pengarahan kepada penulis.
- Bapak Dedy Iskandar, S.Kom., sebagai dosen Pembimbing II yang telah membantu, membimbing dan membina dalam pembuatan laporan skripsi ini.
- Para Dosen STMIK Raharja yang telah banyak membantu dan membimbing serta memberikan ilmu pengethuanya kepada penulis selama perkuliahan.
- Bapak Adhi Zulkifli sebagai stakeholder, yang telah membantu dalam memberikan data-data dan membimbing penulis dalam menyelesaikan Laporan Skripsi.
- Kepada Orang Tua yang selama ini telah setia memberikan dorongan semangat, perhatian, dan doa.
- Para sahabat dan rekan-rekan penulis terutama Sopian, Said Salman, Ahmad Rizky, Setyo Dedy, I nyoman dan rekan-rekan yang lainnya dimana penulis tidak dapat menyebut satu persatu.
Dalam penyusunan laporan ini, penulis menyadari masih terdapat kekurangan-kekurangan serta kelemahan-kelemahan, untuk itu penulis sangat mengharapkan saran dan kritik dari seluruh pihak untuk menyempurnakan penyusunan laporan ini. Semoga Allah SWT. senantiasa menyertai langkah kita semua dalam meraih cita-cita menuju kesuksesan, Amin.
Tangerang, Juni 2016 | |
Ady Kuncoro | |
1222473015 |
DAFTAR TABEL
- Tabel 3.1. Deskripsi Aktor Sistem yang Berjalan
- abel 3.2. Deskripsi Use Case Diagram Pencarian User
- Tabel 3.3. Deskripsi Use Case Diagram Melihat Kategori Pariwisata
- Tabel 3.4. Deskripsi Use Case Diagram Mengolah Data Pariwisata (Admin)
- Tabel 3.5. Elisitasi Tahap I
- Tabel 3.6. Elisitasi Tahap II
- Tabel 3.7. Elisitasi Tahap III
- Tabel 3.8. Final Draft Elisitasi
- Tabel 4.1. Perbedaan Prosedur Antara sistem Berjalan Dengan Sistem Usulan
- Tabel 4.2. Blackbox Testing
- Tabel 4.3. Schedule Implementasi
- Tabel 4.8. Estimasi Biaya
DAFTAR GAMBAR
- Gambar 2.1. Langkah Analisis Sistem
- Gambar 2.2. Sub Sistem SIG
- Gambar 3.1. Struktur Organisasi Dinas Kominfo
- Gambar 3.2. Use Case Diagram
- Gambar 3.3 Activity Diagram Pencarian
- Gambar 3.4 Activity Diagram melihat Kategori Pariwisata
- Gambar 3.5 activity Diagram Mengolah Data Pariwisata
- Gambar 3.6 Sequence Diagram Mengolah Data Pariwisata
- Gambar 3.7 Sequence Diagram Pariwisata
- Gambar 3.8 Sequence Diagram Pencarian
- Gambar 4.1 Usecase Diagram system yang diusulkan
- Gambar 4.2 Activity Diagram Mengolah Data Pariwisata
- Gambar 4.3 Activity Diagram Melihat Informasi Pariwisata
- Gambar 4.4 Activity Diagram Melihat Rute
- Gambar 4.5 Activity Diagram Melihat Kolom Pencarian Pariwisata
- Gambar 4.6 Activity Diagram Peta Pariwisata
- Gambar 4.7 Activity Diagram Melihat Informasi Aplikasi
- Gambar 4.8 Sequence Diagram Mengolah Data Pariwisata
- Gambar 4.9 Sequence Diagram Pariwisata
- Gambar 4.10 Sequence Diagram Pencarian
- Gambar 4.11 Sequence Diagram Peta
- Gambar 4.12 Class Diagram
- Gambar 4.13 Tampilan Home
- Gambar 4.14 Tampilan Direktori Pariwisata
- Gambar 4.15 Tampilan Pariwisata
- Gambar 4.16 Tampilan Rute
- Gambar 4.17 Tampilan Utama Android
- Gambar 4.18 Tampilan Menu Direktori Pariwisata
- Gambar 4.19 Tampilan Direktori Hotel
- Gambar 4.20 Tampilan Hotel
- Gambar 4.21 Tampilan Rute Hotel
- Gambar 4.22 Tampilan Direktori Kuliner
- Gambar 4.23 Tampilan Kuliner
- Gambar 4.24 Tampilan Rute Kuliner
- Gambar 4.25 Tampilan Objek Taman
- Gambar 4.26 Tampilan Direktori Objek Taman
- Gambar 4.27 Tampilan Rute Objek Taman
DAFTAR SIMBOL
- Simbol Use Case Diagram
Gambar 1. Simbol Use Case Diagram
- Simbol Class Diagram
Gambar 2. Simbol Class Diagram
- Simbol Squence Diagram
Gambar 3. Simbol Sequence Diagram
- Simbol Activity Diagram
Gambar 4. Simbol Actifity Diagram
Daftar isi
BAB I
Latar Belakang
Perkembangan teknologi informasi saat ini sangat berkaitan erat dengan semua aspek kehidupan manusia, mulai dari ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan lain sebagainya. Adanya teknologi dan informasi saat ini memudahkan manusia dalam menjalankan dan mengerjakan dalam masyarakat terus mengalami peningkatan seiring dengan kemajuan dan perkembangan teknologi saat ini.
Kota Tangerang memiliki potensi besar untuk pengembangan pariwisata, orang-orang yang tertarik biasa nya terlebih dahulu mencari informasi dari internet atau informasi dari orang yang telah mengunjungi kota tangerang. Informasi yang dicari biasanya mulai dari informasi tentang objek taman yang ada di kota tangerang seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, penggunaan internet dapat dilakukan dimana saja, baik melalui komputer, mobile device sehingga informasi yang dibutuhkan dapat diakses dengan cepat.
Berdasarkan permasalahan di atas, untuk membantu para wisatawan dalam menemukan lokasi wisata beserta informasinya pada kota Tangerang, maka di buatlah sebuah aplikasi pariwisata berbasis android. Aplikasi ini akan memberikan penjelasan informasi tentang objek taman beserta informasinya seperti, lokasi wisata kuliner, hotel, alamat, jam buka, telepon, maka akan dilakukan penelitian dengan judul “APLIKASI PEMETAAN LOKASI PARIWISATA MENGGUNAKAN MOBILE GIS BERBASIS ANDROID PADA DINAS KOMINFO KOTA TANGERANG” selain itu, aplikasi pariwisata ini juga menampilkan peta yang dapat membantu wisatawan dalam menemukan rute objek taman yang akan di tuju melalui Google Maps dan juga untuk menampilkan/mengetahui posisi dari user sekarang dengan menggunakan GPS.
Rumusan Masalah
Berdasarkan pokok permasalahan di atas, penulis menggali bebera apa rumusan masalah yaitu :
Perancangan seperti apa wisatawan bisa nikmati ?
Bagaimana membangun aplikasi pemetaan lokasi Kota Tangerang ?
Apakah perancangan Apilkasi pemetaan lokasi pariwisata Kota Tangerang sudah memberikan informasi ?
Pembatasan Masalah
Agar skripsi ini lebih focus secara mendalam kearah yang diharapkan, maka penulis memberikan batasan-batasan masalah. Adapun batasan penelitian ini adalah :
Daerah penelitian adalah Kota Tangerang
Objek penelitian adalah objek taman yang tersebar di Kota Tangerang
Menggunakan akses internet, Wi-Fi dan 3G dalam mengakses informasi yang tersedia pada aplikasi.
Pembuatan Sistem Informasi Geografis persebaran objek taman di Kota Tangerang berbasis mobile GIS ini menggunakan softwareGoogle Maps, App Inventor, Paket App Engine Java SDK, Paket Google App Engine.
Tujuan Masalah
Manfaat Masalah
Bagi Peneliti
Menambah pengetahuan dan wawasan yang di peroleh di bangku perkuliahan mobile GIS.
Bagi Masyarakat Umum
Dapat menggunakan aplikasi ini sebagai alat pemenuh kebutuhan mereka secara individu.
Dinas pemerintahan
Sebagai pendorong untuk lebih mengembangkan aplikasi GIS pada smartphone android.
Bahan dan Metode Penelitian
Peralatan yang digunakan dalam penelitian ini di spesifikasikan dalam hardware dan software, yaitu sebagai berikut
- 1. Perangkat keras atau hardware yang terdiri dari :
- a. Perangkat laptop dengan spesifikasi Processor Intel (R) Core (TM) i3-4030U CPU @ 1.90 Ghz, Harddisk 500 GB, RAM 8.00 GB.
- b. GPS Handheld/Mobile
- c. Kamera
- d. Smartphone Android
- 2. Perangkat lunak atau software, yang terdiri dari :
- a. Eclipse, digunakan sebagai media pembuatan aplikasi.
- b. Java Development Kit (JDK), agar dapat membaca bahasa pemrograman Java.
- c. Google maps, untuk melihat daftar objek wisata
- a. Eclipse, digunakan sebagai media pembuatan aplikasi.
Metode Pengumpulan data
Data koordinat GPS tiap lokasi objek wisata, diperoleh melalui pengukuran GPS.Data daftar objek taman unggulan Kota Tangerang, diperoleh dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tangerang.
Data atribut, diperoleh dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tangerang serta survey lapangan
Survey lapangan untuk memperoleh koordinat objek taman dan data-data pendukung lainnya. Dalam observasi tersebut juga dilakukan pengamatan kondisi objek taman bersama Bapak Adhi Zulkifli yaitu sebagai Stakeholder dan Bapak Rama bagian development.
Metode Analisa
Pengumpulan data sudah di laksanakan dan proses instalasi selesai, kemudian melakukan perancangan program dengan perancangan system menggunakan metode UML (Unified Modelling Language) yang meliputi diagram use case, diagram class, dan diagram sequance.
Metode Perancangan
Maka di lakukanlan perancangan user interface aplikasi agar aplikasi nantinya mudah dipahami dan dioperasikan. Kemudian melakukan pengkodean sesuai dengan rancangan aplikasi menggunakan bahasa pemrograman Java melalui aplikasi Eclipse.
Metode Pengujian (Testing)
Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode Blackbox Testing. Blackbox Testing adallah metode uji coba yang memfokuskan pada keperluan fungsional software. Karena itu, uji coba Blackbox memungkinkan pengembang software untuk membuat himpunan kondisi input atau data uji yang akan menguji fugsional output suatu program. Metode pengujian Blackbox digunakan untuk menemukan kesalahan dalam beberapa kategori, antara lain fungsi-fungsi yang salah atau hilang, kesalahan tampilan luar, kesalahan output, kesalahan dalam struktur data atau akses database eksternal dan kesalahan performa.
Sistematika Penulisan
Untuk memahami lebih jelas pembuatan laporan skripsi ini, dilakukan dengan cara mengelompokkan materi menjadi beberapa subbab dengan sistematika penulisan sebagai berikut :
BAB I : PENDAHULUAN
Bab ini menjelaskan tentang informasi umum yaitu latar belakang penelitian, perumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, ruang lingkup penelitian, metodologi penelitian, dan sistematika penelitian.
BAB II LANDASAN TEORI
Bab ini akan menguraikan landasan teori yang penyusun gunakan untuk menjelaskan sistem yang berlaku umum, seperti landasan teori yang membahas tentang konsep dasar sistem, konsep dasar informasi, information technology (IT), dan beberapa literature review serta membahas teori-teori pendukung lainnya pada laporan ini. Dan beberapa istilah maupun konsep yang berhuungan dengan objek penelitian.
BAB III ANALISIS SISTEM YANG SEDANG BERJALAN
Pada bab ini merupakan penjabaran hasil penelitian dilokasi kerja yang meliputi analisa organisasi yang berisi penjelasan singkat mengenai gambaran umum Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, sejarah singkas, struktur organsasi Pusat Pemerintahan Kota Tangerang.
BAB IV RANCANGAN SISTEM YANG DIUSULKAN
Berisi tentang perancangan dan implementasi service oriented architecture menggunakaan web service, perangkat keras (hardwware),perangkat lunak (software) yang diperlukan, sumber daya manusia, cara pengoperasian dan implementasi sistem yang diusulkan.BAB V PENUTUP
Bab ini berisi kesimpulan yang berkaitan kesimpulan dengan hasil analisa dan rancangan sistem guna menjawab tujuan penelitian yang diajukan, serta saran dari penyusun untuk lebih mengoptimalkan kinerja system yang diusulkan dan permasalahan yang dihadapi dapat terselesaikan.
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
- a. Perangkat laptop dengan spesifikasi Processor Intel (R) Core (TM) i3-4030U CPU @ 1.90 Ghz, Harddisk 500 GB, RAM 8.00 GB.