SI1031465420: Perbedaan revisi

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari
[revisi tidak terperiksa][revisi tidak terperiksa]
Baris 876: Baris 876:
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">Menurut Malik dan Mohammad Unggul Juwana (2009:3), ada beberapa fitur yang pada umumnya ada di dalam mikrokontroler adalah sebagai berikut: <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">Menurut Malik dan Mohammad Unggul Juwana (2009:3), ada beberapa fitur yang pada umumnya ada di dalam mikrokontroler adalah sebagai berikut: <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<ol>
 
<ol>
<li>
+
<li>==<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman'; text-align: justify">'''A. RAM (<em>Random Access Memory</em>'''</div>==</li>
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">RAM digunakan oleh mikrokontroler untuk tempat penyimpanan variable. Memori ini bersifat <em>volatile</em> yang artinya akan kehilangan semua datanya jika tidak mendapatkan catu daya.

Revisi per 16 Januari 2015 12.14

SISTEM ALAT PENYIRAM TANAMAN PADA TAMAN PERKOTAAN

MENGGUNAKAN INTERFACE VB.NET BERBASIS

MIKROKONTROLER ATMEGA 32u4


SKRIPSI



Logo stmik raharja.jpg


Disusun Oleh :

Nim
: 1031465420
Nama
: Aldo Edward Siallagan


   



JURUSAN SISTEM KOMPUTER

KONSENTRASI COMPUTER SYSTEM

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

TANGERANG

(2014/2015)




SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA




LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI


SISTEM ALAT PENYIRAM TANAMAN PADA TAMAN PERKOTAAN

MENGGUNAKAN INTERFACE VB.NET BERBASIS

MIKROKONTROLER ATMEGA 32U4


Disusun Oleh :

Nim
: 1031465420
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Sistem Komputer
Konsentrasi
: Sistem Komputer


Disahkan oleh,


Tangerang, Januari 2015
Ketua
Kepala Jurusan
STIMIK RAHARJA,
Sistem Komputer,
Ir. Untung Rahardja, M.T.I.
Ferry Sudarto, S.Kom., M.Pd.
NIP : 000594
NIP : 079010




SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA




LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING



SISTEM ALAT PENYIRAM TANAMAN PADA TAMAN PERKOTAAN

MENGGUNAKAN INTERFACE VB.NET BERBASIS

MIKROKONTROLER ATMEGA 32U4


Dibuat Oleh :


Nim
: 1031465420
Nama


Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan tim penguji ujian komprehensip

Jurusan Sistem Komputer

Konsentrasi Sistem Komputer

Tahun Akademik 2014 /2015


Disetujui oleh,


Tangerang, Januari 2015
Pembimbing I
Pembimbing II
(Indrianto, M.T.)
(Radiyanto, Drs.,M.Pd.)
NIP : 05061
NIP : 08183




SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA




LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI



SISTEM ALAT PENYIRAM TANAMAN PADA TAMAN PERKOTAAN

MENGGUNAKAN INTERFACE VB.NET BERBASIS

MIKROKONTROLER ATMEGA 32U4


Dibuat Oleh :


Saya yang bertanda tangan dibawah ini,
Nim
: 1031465420
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Sistem Komputer
Konsentrasi
: Sistem Komputer


Menyatakan bahwa skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan atau duplikat dari skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja, maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab serta bersedia menerima sanksi jika ternyata pernyataan di atas tidak benar.


Tangerang, Januari 2015
Aldo Edward Siallagan
Nim. 1031465420

*)Tanda tangan dibubuhi meterai 6.000,




ABSTRAKSI


Robot merupakan sistem electro mechanical yang dapat melakukan tugas fisik baik secara otomatis maupun manual. Pada umumnya, proses penyiram tanaman masih dilakukan secara manual, yaitu dengan menyiram secara langsung menggunakan ember atau wadah lainnya sehingga penggunaan teknologi masih kurang bisa dimanfaatkan dengan baik oleh manusia, terutama pada saat melakukan penyiramaan tanaman dengan memberikan supply air yang cukup. Prinsip kerja dari robot ini dikendalikan oleh sebuah Mikrokontroler ATmega 32u4 sebagai sistem kerja pada robot dan tempat pemprosesan untuk menampilkan output pada desktop gadget laptop sebagai indikasi pengkondisian. Mikrokontroler akan mendapatkan input dari dua buah sensor, yaitu sensor kelembapan (Humidity). Sensor kelembapan akan memberikan input ke Mikrokontroler dan mendeteksi jenis tanah yang memerlukan air, dan memberikan input ke Mikrokontroler untuk mengaktifkan driver motor servo untuk mendeteksi objek tanah tersebut. Kemudian, Mikrokontroler akan mengaktifkan pompa untuk menyiram tanaman berdasarkan warna yang telah diprogram dengan lama waktu penyiraman 10s, 5s, dan 2s. Kemudian karakter warna memberikan sinyal warna pada lampu LED. Jadi, robot tidak akan melakukan proses penyiraman tanaman sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, jika sensor warna tidak mendeteksi warna merah, hijau, dan biru.


Kata Kunci : Mikrokontroler ATmega 32u4, Lampu LED, Sensor Kelembapan (Humidity), Motor Servo.




ABSTRACT


Robots are electro mechanical system that can perform both tasks automatic physical or manual. In general, plants process is still done manually, by direclty using a watering bucket or other container so that the use of technology is still less could used well by humans, especially at the time of watering the plants by providing adequate water supply. The working principle of this robots controlling by a microcontroller ATmega 32u4 as working on the robotic system and the processingto display the output on the LED light color is detected in the form of characters. The microcontroller will receive input from two sensors, the humidity sensor (Humidity). Humidity sensors will provide input to microcontroller and detects the type of soil that requires water, and provide input to the microcontroller to enable the servo motor driver to detect the land object. Then, the microcontroller will active the pump for watering plants based on color that has been programmed with a set lenght of time watering 10s, 5s, and 2s. Then the character of color give color signal on the LED lights. Thus, the robot will not do the watering process in accordance with a predetermined time, when the sensors does not detect the colors red, green, and blue.


Keywords: Microcontroller ATmega 32u4, LED light, Humidity sensors, and motor driver.




KATA PENGANTAR


Puji dan syukur kehadirat Tuhan yang Maha Esa, karena atas berkat, bimbingan serta karunianya yang melimpah, sehingga penyusunan laporan Skripsi ini dapat diselesaikan dengan baik. Dimana skripsi ini dibuat dan disajikan dalam bentuk buku yang sederhana. Adapun judul yang diambil dalam penyusunan laporan skripsi ini adalah " SISTEM ALAT PENYIRAM TANAMAN PADA TAMAN PERKOTAAN MENGGUNAKAN INTERFACE VB.NET BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA 32u4".

Adapun manfaat dan tujuan dari penulisan laporan skripsi ini adalah untuk memenuhi tugas akhir yang diberikan oleh pihak akademik kepada mahasiswa, mahasiswi dalam rangka penempuhan ilmu di jenjang strata satu, dan pencapaian gelar Sarjana di STMIK Raharja.

Dalam penyusunan laporan skripsi ini masih banyak kekurangan, baik dari segi materi maupun teknis. Hal ini disebabkan karena keterbatasan kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki, sehingga sangat diharapkan saran maupun kritik yang bersifat membangun.

Pada kesempatan ini tidak lupa mengucapkan rasa terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu sehingga terlaksananya penulisan laporan skripsi ini, terutama kepada:

  1. Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I., selaku Ketua STMIK Raharja.
  2. Bapak Sugeng Santoso, M.Kom, selaku Pembantu Ketua I STMIK Raharja.
  3. Bapak Ferry Sudarto, S.Kom., M.Pd, selaku Kepala Jurusan Sistem Komputer S1 STMIK Raharja.
  4. Bapak Indrianto, M.T., selaku Dosen Pembimbing I yang senantiasa memberikan dorongan, motivasi dan bimbingan dalam menyusun laporan skripsi ini hingga selesai.
  5. Bapak Radiyanto, Drs., M.Pd., selaku Dosen Pembimbing II selalu membantu dalam penyusunan Laporan, perbaikan, dan penyempurnaan penulisan laporan Skripsi ini hingga selesai.
  6. Bapak , selaku Pimpinan Perusahaan pada dan selaku stekholder yang telah membantu memberikan data – data yang berhubungan dengan persediaan barang demi kelancaran skripsi ini.
  7. Bapak yang telah membantu mendampingi penulis dalam pengambilan data-data.
  8. Bapak dan Ibu Dosen Perguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan ilmunya.
  9. Kepada Orang tua tercinta yang tanpa lelah selalu memanjatkan doa dan memberikan segala dukungan moril, materil, dan spritual. "Semoga Tuhan senantiasa memberikan limpahan berkat dan rahmat dan juga umur panjang kepada Beliau semua, Amin". .
  10. Rekan-rekan seperjuangan yang tergabung dalam HImpunan Mahasiswa Jurusan (HIMTIF), Dan Unit Kegiatan Mahasiswa (MARANATHA) sahabat serta semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu yang telah memberikan dorongan serta semangat untuk menyelesaikan laporan skripsi.

Semoga segala amal dan bantuan semua pihak serta dorongan yang telah diberikan dalam menyelesaikan laporan skripsi ini, mendapat balasan yang setimpal dari Tuhan Yang Maha Esa. Akhir kata ddengan segala keterbatasan dan kesederhanaan berharap penulisan laporan ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca dan dapat menjadi bahan acuan dan mohon maaf apabila terjadi kesalahan-kesalahan dalam penulisan laporan skripsi inidikemudian hari.

 

 

Tangerang, Januari 2015

 

 

( Aldo Edward Siallagan )

Nim : 1031465420




DAFTAR SIMBOL




SIMBOL FLOWCHART (DIAGRAM ALUR)




SIMBOL ELEKTRONIKA




DAFTAR LAMPIRAN







BAB I

PENDAHULUAN


Latar Belakang

Teknologi, tidak lepas dari pengetahuan sehingga perkembangan kedua ilmu ini sangat erat saling mempengaruhi. Apa yang terjadi hari ini bagaimana perlombaan yang cepat dan pesat antara ilmu teknologi maupun ilmu pengetahua, jadi tidak mengherankan kedua hal ini sangat sulit dipisahkan. Dari pada itu perkembangan yang terjadi tidak lepas pengruhnya, terutama terhadap lingkungan yang ada disekitrnya. Lingkungan sendiri yang sudah menjadi peran yang penting dari pengaruh yang terjadi banyak teknologi yang sudah berperan penting dalam mengeksplorasi lingkungan bagi kehidupan manusia.

Kehidupan manusia di perkotaan dituntut untuk berjalan sangat cepat, lingkungan perkotaan berbeda dengan daerah-daerah berkembang yang ada di pedesaan, dari sisi lingkungan yang juga berbeda. Dari itu banyak kota-kota yang menggalakan adanya daerah ruang terbuka hijau, selain banyaknya gedung-gedung yang tidak menyiapkan lahan yang cukup untuk ruang terbuka hijau.

Oleh karena itu inovasi dan kreativitas para pionir ilmu komputer terus berkembang sesuai jaman, untuk membantu manusia dalam berbagai hal. Sistem komputer pun terus menjadi pusat dalam perkembangannya, seperti mambantu mengefisiensikan waktu, agar tidak menjadi percuma. Dalam hal ini penulis menuangkan idenya untuk bagaimana orang-orang di perkotaan dalam memanfaatkan sistem komputer yang berbasis robot penyiram tanaman otomatis.

Dari hal tersebut ada banyak teknologi yang berinovasi dalam perkembangannya untuk mengefisiensikan pekerjaan manusia, oleh sebab itu bagaimana alat tersebut dapat bekerja lebih maksimal dari alat yang sudah ada sebelumnya. Seperti diketahui tumbuhan yang di daerah tropis akan mendapat sumber hujan yang sangat sedikit, sehingga perlu perkembangan sistem alat yang berinovasi dalam menghadapi cuaca ekstrim.

Ada dua aspek yang menjadi masalah dalam memperbaiki sistem yang ada, bagaimana mendeteksi jenis tanah dari tanaman tersebut, dan sumber air yang diperlukan. Jadi apa yagn selama ini menjadi masalah akan lebih mengurangi apa yang menjadi kendala.

Berdasarkan permasalahan di atas maka penulis memilih judul "SISTEM ALAT PENYIRAM TANAMAN PADA TAMAN PERKOTAAN MENGGUNAKAN INTERFACE VB.NET BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA 32U4.

Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang di atas, maka permasalahan dapat dirumuskan sebagai berikut:

  1. Bagaimana menggunakan dan merancang interface VB.NET sebagai aplikasi yang memberikan informasi dari sistem penyiram tanaman yang terkontrol?
  2. Bagaimana mengontrol relay agar dapat memutus atau menghubungkan pompa air ke motor servo?
  3. Bagaimana Mikrokontroler berkomunikasi dengan perangkat interface VB.NET malalui PC?

Ruang Lingkup Penelitian

Atas rumusan masalah diatas, maka dapat disimpulkan pada perancangan dan pembuatan sebuah alat yang yang diakses melalui database, VB (Visual Basic), sebagai pendeteksi objek menggunakan Mikrokontroler ATmega 32u4, serta komponen pendukung sistem meliputi:

  1. LED (Light emitting diode) berfungsi sebagai pendeteksi kondisi kelembapan tanah
  2. Menggunakan Mikrokontroler ATmega 32u4
  3. Untuk mengakses atau mengontrol alat menggunakan PC(Laptop) menggunakan program VB.NET
  4. Sensor kelembapan (Humidity) sebagai pendeteksi jenis tanah.

Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan Penelitian

Adapun tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah sebagi berikut:


Tujuan Operasional
  1. Mengubah sistem yang konvensional menjadi yang lebih terprogram
  2. Memenfaatkan LED (Light emitting diode) sebagai pendeteksi kondisi kelembapan dari suatu tanah
Tujuan Fungsional
  1. Membuat sistem yang manual menjadi sistem yang otomatis
Tujuan Individu (Pribadi)
  1. Untuk mengimplementasikan ilmu yang telah dipelajari
  2. Untuk memenuhi syarat kelulusan untuk jenjang Strata satu (S1).

Manfaat Penelitian

Adapun manfaat dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
Manfaat Individu (Pribadi)
  1. Memberikan kepuasan karena dapat menciptakan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat
  2. Dapat mengembangkan ilmu komputer yang diperoleh oleh penuis selama perkuliahan

Metodologi Penelitian

Dalam mendapatkan data yang diperlukan dalam penelitian maka, penulis menggunakan beberapa metode yang digunakan adalah sebagai berikut:


Metode Pengumpulan Data

Dari hasil metode penelitian yang digunakan adalah metode dengan cara mengumpulkan dan menggambarkan data mengenai keadaan secara langsung dari lapangan atau tepatnya yang menjadi objek penelitian untuk mendapatkan data secara relevan.
Beberapa teknik pengumpulan data yang penulis lakukan dalam mencari dan mengumpulkan data serta mengolah informasi yang diperlukan menggunakan metode sebagai berikut:
  1. Metode Observasi (Observation Research)
  2. Penulis melakukan pengamatan langsung dari objek penulisan untuk mendapatkan data dan informasi yang akurat mengenai sistem penyiram tanaman otomatis berbasis sensor kelembapan (Humidity).

  3. Metode Wawancara (Interview Research)
  4. Penulis melakukan wawancara kepada sebagian orang yang berkompeten dalam bidangnya yang menyangkut objek bahasan yang diambil oleh penulis.

  5. Metode Study Pustaka (Library Research)
  6. Selain melakukan observasi penulis juga melakukan pencarian informasi dengan cara studi pustaka dalam metode ini penulis berusaha untuk melengkapi informasi-informasi yang diperoleh dengan membaca serta mempelajari buku dan artikel yang relevan dalam pemilihan judul yang penulis ajukan. Buku dan artikel tersebut digunakan penulis untuk membantu penganalisaan dan perancangan yang dilakukan. </div>

Metode Analisa

Setelah proses pengumpulan data dilaksanakan melalui beberapa teknik maka, data yang sudah ada diolah dan dianalisa upaya mendapatkan suatu hasil yang bermanfaat bagi penelitian ini. Maka, dilakukan tiga tahap, yaitu:
  1. Analisa proses yang sedang berjalan
  2. Indentifikasi kebutuhan
  3. Identifikasi persyaratan dari sistem yang akan dibaut
Hasil analisa tersebut kemudian dibuat laporan dalam perancangan sistem yang diusulkan.

Metode Perancangan

Dari perancangan penulis menggunakan metode sistem flowchart dimana tahap proses pembuatan alat sistem penyiram tanaman otomatis sensor kelembapan (Humidity).

Metode Prototype

Prototype yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah pendekatan evolutionary, dimana penulis melakukan pengembangan terhadap LCD (Liquid cristal display) secara terkontrol melalui database.

Metode Testing

Dalam metode pengujian ini penulis melakukan uji coba dengan metode black box terhadap Prototype yang telah dibuat agar diketahui apkah prototype sudah berjalan sesuai ketentuan.

Sistematika Penulisan

Untuk mempermudah pembahasan dan pemahaman penulis membuat sistematika bagaimana sebenarnya prinsip kerja sistem database dalam mengkondisikan sensor dan motor servo berbsis Mikrokontroler ATmega 32u4, maka penulisan skripsi ini dibagi menjadi beberapa bagian dengan sistematika sebagai berikut:


BAB I PENDAHULUAN
Bab ini menjelaskan tentang informasi umum, latar belakang masalah, rumusan masalah, ruang lingkup penelitian, tujuan dan manfaat penelitian, metodologi penelitian, metode analisa, metode perancangan, sumber data, dan sistematika penulisan.


BAB II LANDASAN TEORI
Bab ini berisi tentang uraian mengenai teori-teori dasar elektronika yang akan mendukung pembahasan, serta penulisan dalam penyusunan skripsi ini. Uraian tersebut menjelaskan tentang konsep dasar Mikrokontroler ATmega 32u4, Sensor kelembapan (Humidity), motor DC, motor servo, lampu LED, dan pendukung komponen-komponen lainnya.


BAB III PERANCANGAN DAN PEMBAHASAN
Bab ini perancangan dan pembahasan "SISTEM ALAT PENYIRAM TANAMAN PADA TAMAN PERKOTAAN MENGGUNAKAN INTERFACE VB.NET BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA 32u4" yang dijabarkan secara terperinci.


BAB IV UJI COBA DAN ANLISA
Bab ini berisi tentang penjelasan mengenai uji coba serta analisa pengoprasian dari sistem yang dibuat.


BAB V PENUTUP
Pada bab ini ditemukan kesimpulan dari hasil analisa yang telah dilakukan dan saran kepada pihak-pihak yang berkempentingan sehingga tujuan dan manfaat dari laporan skripsi in dapat diselesaikan.



BAB II

LANDASAN TEORI


Teori Umum


Konsep Dasar Sistem

Defini Sistem

Sistem berasal dari bahasa latin (Systema) dan bahasa ynuani (Sustema)adalah suatu kesatuan yang terdiri dari komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi, atau energi untuk mencapai suatu tujuan.
Menurut Jerry Fithgerald (2009:2),"Sistem dapat didefinisikan dengan pendekatan prosedur dan komponen, sistem dapat didefinisikan sebagai kumpulan dari prosedur-prosedur yang mempunyai tujuan tertentu"."
Menurut Sutarman (2012:13),"Sistem adalah kumpulan elemen yang salingberhubungan dan berinteraksi dalam satu kesatuan untuk menjalankan suatu proses pencapaian suatu tujuan utama". "
Menurut Mustakini (2009:34),"Sistem dapat didefinisikan dengan pendekatan prosedur dan pendekatan komponen, sistem dapat didefinisikan sebagai kumpulan prosedur-prosedur yang mempunyai tujuan tertentu". "
Menurut Diana dan Setiawati (2011:3),"Sistem adalah serangkaian bagian yang saling tergantung dan bekerjasama untuk mencapai tujuan tertentu". "
Menurut Mulyanto (2009:1)," Secara umum, sistem dapat diartikan sebagai kumpulan dari elemen-elemen yang berinterksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu sebagai suatu kesatuan". "
Dari beberapa definisi sistem yang dikemukakan diatas, dapat diambil kesimpulan bahwa sistem adalah sekumpulan komponen atau elemen yang bekerjasama sesuai dengan fungsinya dan saling berhubungan untuk mencapai suatu tujuan tertentu."

Karakteristik Sistem

Setiap sistem mempunyai ciri-ciri atau karakteristik tersendiri (Hanif 2007:5), berikut ini adalah karakteristik tersebut:
  1. Masukan (Input): Sumber daya (data, bahan baku, peralatan, energi) dari lingkungan yang dikonsumsi dan dimanipulasi oleh suatu sistem.
  2. Komponen Sistem (Components): Kegiatan atau proses dalam suatu sistem yang mentransformasikan input menjadi bentuk setengah jadi (output).
  3. Keluaran (Output): Merupakan hasil dari energi yang diolah dan diklasifikasikan menjadi keluaran yang berguna dan sisa pembungan. Keluaran dapat merupakan masukan untuk subsistem yang lain atau kepada supra sistem.
  4. Batas Sistem (Boundary): Merupakan daerah yang membatasi suatu sistem dengan sistem yang lainnya atau dengan lingkungan luarnya. Batas sistem ini memungkinkan suatu sistem dipandang sebagai satu kesatuan.
  5. Lingkungan Luar (Environment): Linhkungan luar dari suatu sistem adalah apapun diluar batas sistem yang mempengaruhi operasi sistem. Lingkungan luar sistem dapat bersifat merugikan atau menguntungkan sistem tersebut.
  6. Penghubung (Interface): Tempat dimana komponen atau sistem dan lingkungan bertemu atau berinterksi.
  7. Pengolah Sistem (Process): Pengolahan sistem merupakan bagian yang melakukan perubahan dari masukan untuk menjadi keluaran yang diuinginkan.
  8. Sasaran Sistem (Objetive and Goal): Suatu sistem pasti memiliki sasaran atau tujuan, apabila sistem menjadi tidak mempunyai sasaran, maka operasi sistem tidak akan ada gunanya.

Klasifikasi Sistem

Menurut Mulyanto (2009:8), Sistem dapat diklasifikasiakan dari berbagai sudut pandang, diantaranya sebagai berikut:
  1. Sistem Abstrak (Abstarct System) dan Sistem Fisik (Physical System).
  2. Sistem Abstrak (Abstarct System) adalah sistem yang berupa pemikiran atau gagasan yang tidak tampak secara fisik.
    Sistem Fisik (Physical System) adalah sistem yang ada secara fisik dan dapat dilihat dengan mata.
  3. Sistem Alamiah (Natural system) dan Sistem Buatan Manusia (Human Mode System)
  4. Sistem Alamiah (Natural system) adalah sistem yang terjadi melalui proses alam, tidak dibuat manusia.
    Sistem Buatan Manusia (Human Mode System) adalah sistem yang dirancang oleh manusia.
  5. Sistem Tertentu (Deterministic System) dan Sistem Tak Tertentu (Probability System)
  6. Sistem Tertentu (Deterministic System)Melibatkan operasi yang sudah dapat diduga dengan pasti, dapat dideteksi dan diramalkan hasil keluarannya.
    Sistem Tak Tertentu (Probability System)yaitu, sistem yang tidak dapat diprediksikan kejadiannya, misalnya kejadian-kejadian dimasa yang akan datang merupakan hal rahasia dan tidak dapat diprediksikan karena menyangkut unsur probabilitas.
  7. Sistem Terbuka (Opened system) dan Sistem tertutup (Closed System)
  8. Sistem Terbuka (Opened system)adalah sistem yang bekerja karena pengaruh dari pihak luarnnya.
    Sistem Tertutup (Closed system) yaitu merupakan sistem yang tidak terpengaruh atau tidak terganggu oleh lingkungan lurannya.


Konsep Dasar Pengontrolan

Definisi Pengontrolan

Pada bagian teori ini akan dijelaskan mengenai dasar teori yang berkaitan dengan sistem-sistem hardware dan software yang membangun prototype robot penyiram tanaman ini seperti,
Menurut Erinofiardi (2012:261), "Suatu proses kerja berfungsi mengendalikan proses tanpa adanya campur tangan manusia (otomatis)".
Kontrol otomatis mempunyai peran penting dalam dunia industri modern saat ini. Seiring perkembngan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, sistem kontrol otomatis telah mendorong manusia untuk berusaha mengatasi segala permasalahan yang timbul disekitarnya dengan cara yang lebih mudah.
Berdasarkan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) pengontrolan berasal dari kata "control", kontrol sama dengan pengawasan, pemekrisaan, dan pengendalian. Pada industri besar dan modern sangat memerlukan tenaga ahli perencanaan sistem pengendali dan perancangan desain sistem pengendali, termasuk teknisi profesional sebagai opreator. Dan tidak menutup kemungkinan bahwa pengontrolan berasal dari disiplin ilmu yang saling berhubungan karena teori sistem pengendali modern dikembangkan guna mengatasi kerumitan yang dijumpai pada berbagai sistem pengendali yang menurut kecepatan dan ketelitian yang tinggi dengan hasil output yang optimal.
Dalam sistem pengendali kita mengenal adanya sistem pengendali Loop Terbuka (Open-loop Control System) dan sistem pengendali Tertutup (Closed-loop Control Ssytem).


Jenis-Jenis Pengontrolan

A. Sistem Kontrol Loop terbuka

Menurut Erinofiardi (2012:261), "Sistem kontrol loop terbuka adalah suatu sistem kontrol yang keluarannya tidak berpengaruh terhadap aksi pengontrolan. Dengan demikian sistem kontrol ini, keluaran tidak diumpan balikkan ke parameter pengendalin".


Gambar diagram blok diatas menggambarkan bahwa di dalam sistem tersebut tidak ada proses umpan balik untuk memperbaiki keadaan alat terkendali jika terjadi kesalahan. Jadi, tugas dari elemen pengendali hanyalah memproses sinyal masukan kemudian mengirimkannya ke alat terkendali.

B. Sistem Kontrol Loop Tertutup

Menurut Erinofiardi (2012:261), Sistem Loop tertutup adalah "Suatu sistem kontrolyang sinyal keluarannya memiliki pengaruh langsung terhadap aksi pengendalian yang dilakukan".
Yang menjadi ciri dari sistem pengendali tertutup adalah adanya sinyal umpan balik. Sinyal umpan balik merupakan sinyal keluaran atau suatu fungsi keluaran dan turunannya, yang diumpanakan ke elemen kendali untuk memperkecil kesalahan dan membuat keluaran sistem mendeklarasikan hasil yang diinginkan.


Gambar di atas menyatakan hubungan antara masukan dan keluaran dari loop sistem tertutup. Sinyal input yang sudah dibandingkan dengan sinyal umpan balik menghasilkan sinyal selisih atau sinyal kesalahan yang akan dikirimkan ke dalam elemen pengendali sehingga kemudian menghasilkan sebuah keluaran yang akan dikirim ke alat terkendali.
Sinyal input berupa masukan referensi yang akan menentukan suatu nilai yang diharapkan bagi sistem yang dikendaliakn tersebut, dalam berbagai sistem pengendali, sinyal input dihasilakan oleh mikrokontroler.

Definisi Alat

Alat adalah suatu benda yang dipakai untuk mengerjakan sesuatu perkakas, perabot, yang dipakai untuk mencapai maksud (Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2005, hal:30).


Perkembangan Alat Pnyiram Tanaman

Dunia teknologi saat ini menunjukan perkembangan yang cukup berarti dari waktu ke waktu. Salah satu dari pengaruh tersebut adalah perkembangan bagaimana sistem penyiraman yang ada saat ini semakin maju berkembang. Apalagi jika sistem tersebut bergerak dengan suatu kontrol yang terpadu, maka hal ini akan membuat suatu bentuk kontrol yang sekiranya akan dapat membantu dengan efisien.
Penyiraman merupakan suatu hal yang tidak dapat dilepaskan di dalam menjaga serta merawat agar tanaman dapat tumbuh dengan subur. Kebutuhan air yang cukup merupakan salah satu hal yang sangat penting, dengan alat penyiram tanaman yang berkembang, diharapkan dapat menyesuaikan segala kekurangan dari sistem penyiram tanaman yang sudah ada.
Sistem alat penyiram tanaman ada beberapa cara dalam mengontrol kebutuhan air yang cukup untuk tanaman tersebut.


Konsep Dasar Pemprograman VB.NET

Microsoft Visual Basic atau yang sering disingkat sebagai VB merupakan sebuah bahasa pemprograman yang menawarkan Integrated Development Environment (IDE) visual untuk membuat program perangkat lunak berbasis sistem operasi Microsoft Windows dengan menggunakan model pemprograman (COM).
Visual Basic merupakan bahasa pemprograman Basic dan menawarkan perkembangan perangkat lunak komputer berbasis grafik dengan cepat. Beberapa bahasa skrip, seperti Visual Basic for Applications (VBA) dan Visual Basic Scripting Edition (VBScript), sama seperti halnya Visual Basic, tetapi cara kerjanya yang berbeda.
Microsoft Visual Basic .NET adalah sebuah alat untuk mengembangkan dan membangun aplikasi yang bergerak di atas sistem .NET Framework, dengan menggunakan bahasa Baisc. Dengan alat ini para programer dapat membangun aplikasi Windows Forms, aplikasi web berbasis ASP.NET, dan juga aplikasi Command-line.


Pengenalan PHP Personal Home Page

PHP (Personal Home Page) merupakan script untuk pemprograman web server-side script yang membuat dokumen HTML secara on the flv, dokumen HTML yang dihasilkan dari suatu aolikasi bukan dokumen HTML yang dibuat dengan memnggunakan teks editor atau editor HTML. Dengan menggunakan PHP, maintanence suatu situs web menjadi lebih mudah.
Proses update data dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi yang dibuat dengan menggunakan script PHP, PHP/FI merupakan nama awal dari PHP, dibuat pertama kali oleh Rasmus Lerdoff PHP awalnya merupakan program CGI yang dikhususkan untuk menerima input melalui form yang ditampilkan dalam browser web. Software ini disebarkan dan dilesensikan sebagai perangkat lunak open source. Adapun keunggulan yang dimiliki oleh PHP adalah sebagai berikut:
  1. Life Cycle yang sangat singkat, sehingga PHP selalu Up to date mengikuti perkembangan teknologi intenet.
  2. Cross platform yakni PHP dapat dipakai di hampir semua web server yang ada di pasaran (terutama Apache dan Microsoft IIS) dan dijalankan pada berbagai sistem operasi (Linux, Windows, FreeBSD).
  3. PHP mendukung koneksi ke banyak database baik yang gratis maupun komersil, seperti MySQL, mSQL, Oracle, Microsoft SQL server, Interbase, dan banyak lagi.
  4. PHP bersifat Open source dan gratis.

MySQL

MySQL merupakan sebuah software yang berguna sebagai suatu database server yang cukup terkenal. Seiring dengan user script PHP untuk web programing. Database server itu sendiri merupakan suatu software yang bertugas untuk melayani permitaan (request) query dari client.
MySQL sebagai suatu database server mempunyai beberapa kemampuan, salah satunya harus menyediakan suatu sistem manajemen database yang dapat mengatur bagaimana menyimpan, menambah, mengakses data dan transaksi-transaksi database lainnya. MySQL cepat sekali berkembang, karena MySQL merupakan suatu software yang open source.
MySQL adalah Relational Database Management System (RDBMS) yang didistrubusikan secara gratis dibawah lisensi GPL (General Public Lecense). Dimana setiap orang bebas untuk menggunakan MySQL, namun tidak boleh dijadikan produk turunan yang bersifat komersial. MySQL sebenarnnya merupakan turunan salah satu konsep utama dalam database sejak lama, yaitu SQL (Structured Query Language). SQL adalah sebuah konsep pengoprasian database, terutama untuk pemilihan atau seleksi dan pemasukan data, yang memungkinkan pengoprasian data dikerjakan dengan mudah secara otomatis.
Kendala suatu sistem database (DBMS) dapat diketahui dari cara kerja optimizer dalam melakukan proses perintah-perintah SQL yang dibuat oleh user maupun program-program aplikasinya. Sebagai database server, MySQL dapat dikatakan lebih unggul dibandingkan database server lainnya dalam query data. Hal ini terbukti untuk query yang dilakukan oleh single user, kecepatan query. MySQL dapat sepuluh kali lebih cepat dari postgre SQL dan lima kali lebih cepat debandingkan Interbase.


Konsep Dasar Metode Penelitian


Perancangan

  1. DFD (Data Flow Diagram)
    Data Flow Diagram (DFD) merupakan suatu cara atau metode untuk membuat rancangan sebuah sistem yang mana berorientasi pada alur data yang bergerak pada sebuah sistem pengembangan. Beberapa komponen DFD (Data Flow Diagram) adalah sebagai berikut:
    1. User/Terminator: kesatuan diluar sistem yang memberikan input ke sistem atau menerima output dari sistem berupa orang organisasi, atau sistem lain.
    2. Process: Aktifitas yang mengolah input menjadi output
    3. Data Flow: Aliran data pada sistem
    4. Data Store: Penyimpanan data pada database, basanya berupa table.
    Di dalam DFD terdapat tiga level untuk mencapai sistem yang ada menjadi sistem berjalan atau dalam pengembangan, yaitu:
    1. Diagram Kontreks
    2. Diagram Nol (Diagram level-1)
    3. Diagram Rinci
    4. Untuk mnegetahui bagan-bagan dalam DFD adapun gambar dibawah berikut ini:
        TABEL BAGAN DFD


        1. Flowchart
        2. Dalam membuat suatu program perlu adanya suatu cara untuk menganalisa suatu kasus yang akan dibuatkan program dengan salah satu bahasa pemprograman, salah satunya dengan Flowchart. Flowchart itu sendiri adalah sekumpulan gambar-gambar tertentu untuk menyatakan alur dari suatu program yang akan diterjemahkan ke salah satu bahasa pemprograman.
          Kegunaan flowchart sama seperti halnya algoritma yaitu menuliskan alur program tetapi dalam bentuk gambar atau Symbol. Flowchart sendiri terbagi atas du bagian yaitu:
          1. Flowchart yang menggambarkan alur suatu sistem
          2. Flowchart yang menggambarkan alur dari suatu program
          3. Sistem flowchart bagan yang memperlihatkan urutan prosedur dan proses dari beberapa file di dalam media tertentu, melalui flowchart ini dapat terlihat jenis media penyimpanan yang dipakai dalam pengolahan data.
            Adapun dalam flowchart dalam menggambarkan alur sistem atau program menggunakan Symbol tertentu seperti dibawah ini:
            TABEL 2.2.


            Pengujian


            A. White Box

            Menurut Sodikin di dalam jurnal Teknologi Informasi (2009:750), "Pengujian White Box berfokus pada struktur kontrol pengguna".


            B. Black Box

            Menurut Budiman (2012:4), "Pengujian black boxmerupakan metode perancangan data uji yang didasarkan pada spesifikasi perangkat lunak. Data uji dibangkitkan, dieksekusi pada perangkat lunak dan kemudian keluaran dari perangkat lunak diuji apakah telah sesuai dengan yang diharapkan.


            Flowchart

            Menurut Adelia di dalam Sistem Informasi (2011:116), "Flowchart adalah penggambaran secara grafik dari langkah-langkah dan urut-urutan prosedur dari suatu program".
            Flowchart dapat mempermudah masalah yang perlu di pelajari dan dievalusai lebih lanjut, apabila seorang analis dan programer akan membuat flowchart, ada beberapa petunjuk yang harus diperhatikan sebagai berikut:
            1. flowchart digambarkan dari halaman atas ke bawah dan kiri ke kanan.
            2. Aktifitas yang digambarkan harus didefinisikan secara hati-hati dan definisi harus dimengerti oleh pembacanya.
            3. Kapan aktifitas dimulai dan berakhir harus ditentukan secara jelas.
            4. Setiap langkah dari aktifitas harus diuraikan dengan menggunakan dekripsi kata kerja.
            5. Setiap langkah dari aktifitas harus berada pada urutan yang benar
            6. Lingkup dan range dari aktifitas yang sedang digambarkan harus ditelusuri dengan hati-hati.
            7. Gunakan simbol-simbol flowchart yang standard.

            PC Personal Computer/Laptop

            1. Definisi PC

            Personal computer PC adalah seperangkat komputer yang digunakan oleh satu orang saja/pribadi. Biasanya komputer ini adanya dilingkungan rumah, kantor, toko, dan dimana saja karena harga PC sudah relativ terjangkau dan banyak macamnya. Adapun beberapa definisi komputer menurut para ahli sebagai berikut:

            Menurut Mc Graw Hill, "Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya, dan menghasilkan output berupa informasi.
            V.C Hamacher et al, "Komputer merupakan mesin penghitung elektronika yang dengan cepat dapat menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya dan menghasilkan output informasi.
            Menurut Robert H. Blissmer, "Komputer ialah suatu alat elektronika yang mampu melakukan beberapa tugas seperti menerima input, memproses input, menyimpan perintah-perintah dan menyediakan output dalam bentuk informasi.
            Menurut Donald H. Sanderes, "Komputer adalah sistem elektronika untuk memanipulasi data dengan cepat serta dirancang dan diorganisasikan agar secara otomatis menerima menyimpan data input.
            Menurut wikipedia, "Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan.
            Fungsi utama dari PC adalah untuk mengolah data input dan menghasilkan output berupa data/informasi sesuai dengan keinginan user (pengguna). Komputer memiliki tiga elemen yang menjadi satu kesatuan yang tidak terpisahkan yaitu:
            1. Hardware (Perangkat Keras)
            2. Sofware (Perangkat Lunak)
            3. Brainware (Pengguna/user)
            4. Generasi komputer terbagi menjadi beberapa generasi dari lima generasi yaitu sebagai berikut:
              1. Komputer Generasi Pertama (1946-1959): Tabung Vakum
              2. Komputer Generasi Kedua (1959-1964): Transistor
              3. Komputer Generasi Ketiga (1964-1970): IC (IntegratedCircuit)
              4. Komputer Generasi Keempat (1979): Mikroprocessor
              5. Komputer Generasi Kelima LSI (1999-sekarang) (Large scale integration).

              Konsep Pompa Air (Submersible)

              Pompa air (submersible) pompa benam adalahpompa yang dioperasikan di dalam air dan akan mengalami kerusakan, jika dioperasikan dalam keadaan tidak terdapat air terus-menerus. Jenis pompa ini mempunyai tinggi minimal air yagn dapat dipompa dan harus dipenuhi ketika bekerja agar life time pompa tersebut lama. Pompa jenis ini bertipe pompa sentrifugal. Pompa sentrifugal sendiri prinsip kerjanya mengubah energy kinetis (kecepatan) cairan menjadi energy potensial (dinamis) melalui suatu impeller yang berputar dalam casing.
              Di bawah ini konsep dasar pompa air (submersible) adalah sebagai berikut:
              Gambar 2.3.

              Teori Khusus


              Konsep Dasar Mikrokontroler

              Defini Mikrokontroler

              Menurut Sumardi (2013:1), “Mikrokontroler merupakan suatu alat elektronika digital yang mempunyai masukan dan keluaran sertakendali dengan program yang bias ditulis dan dihapus dengan cara khusus, carakerja mikrokontoler sebenarnya membaca dan menulis data”. Dari beberapadefinisi-definisi diatas dapat disimpulkan bahwa mikrokontroler adalah sebauhsistem mikroprosesor dalam chip tunggal yang mana didalamnya terdapat CPU, ROM, RAM, I/O, CLOCK dan peralatan internal lainnya, dan juga mempunyaimasukan dan keluaran serta kendali yang di fungsikan untuk membaca data, dandengan program yang bisa ditulis dan dihapus dengan cara khusus.

              Karakteristik Mikrokontroler

              Menurut Sumardi (2013:2), mikrokontroler memiliki karakteristik sebagai berikut:
              1. Memiliki program khusus yang disimpan dalam memori untuk aplikasi tertentu, tidak seperti PC yang multifungsi karena mudahnya memesukan program. Program mikrokontroler relative lebih kecil dari pada program-program pada PC
              2. Konsumsi daya kecil
              3. Rangkainannya sederhana dan kompak
              4. Harganya murah, karena komponenya sedikit
              5. Unit I/O yang sederhana, misalnya LCD, LED, dan LATCH
              6. Lebih tahan terhadap kondisi lingkungan ekstrim, misalnya temperature, tekanan, kelembapan, dan sebagainya
              7. Klasifikasi Mikrokontroler.
              8. Menurut Malik dam Mohammad Unggul Juwana (2009:3), Mikrokontroler memiliki beberapa klasifikasi yaitu sebagai berikut:
                1. ROM (Flash Memory) dengan kapasitas 1024 byte (1 KB)</li>
                2. RAM berkapasitas 68 byte
                3. EEPROM (memori data) berkapasitas 64 byte
                4. Total 13 jalur I/O (Port B 8 bit)
                5. Timer/Counter 8 bit dengan prescaler
                6. Fasilitas pemprograman di dalam sistem (ICSP=In Circuit Serial Programing)

                7. Fitur-fitur Mikrokontroler

                  Menurut Malik dan Mohammad Unggul Juwana (2009:3), ada beberapa fitur yang pada umumnya ada di dalam mikrokontroler adalah sebagai berikut:
                  1. ==
                    A. RAM (Random Access Memory
                    ==
                  2. RAM digunakan oleh mikrokontroler untuk tempat penyimpanan variable. Memori ini bersifat volatile yang artinya akan kehilangan semua datanya jika tidak mendapatkan catu daya.

Contributors

Aldo Edward Siallagan