SI1433480843: Perbedaan revisi
[revisi tidak terperiksa] | [revisi tidak terperiksa] |
Alfiantoro (bicara | kontrib) |
Alfiantoro (bicara | kontrib) |
||
Baris 41: | Baris 41: | ||
{{pagebreak}} | {{pagebreak}} | ||
− | |||
{{pagebreak}} | {{pagebreak}} |
Revisi per 7 Agustus 2019 16.36
PROTOTYPE ALAT PENGANTAR MAKANAN
BERBASIS ARDUINO MEGA
PADA BUKIT PELAYANGAN RESTO
Disusun Oleh :
NIM |
: 1433480843
|
NAMA |
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
PROGRAM STUDI SISTEM KOMPUTER
KONSENTRASI CREATIVE COMMUNICATIVE AND INNOVATIVE TECHNOLOGY
TANGERANG
2018/2019
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
(UNIVERSITAS) RAHARJA
LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI
PROTOTYPE ALAT PENGANTAR MAKANAN BERBASIS ARDUINO MEGA
PADA BUKIT PELAYANGAN RESTO
Dibuat Oleh :
NIM |
: 1433480843
|
Nama |
Disetujui setelah berhasil dipertahankan di hadapan Tim Penguji Ujian
Komprehensif
Jurusan Sistem Komputer
Konsentrasi CREATIVE COMMUNICATIVE AND INNOVATIVE TECHNOLOGY
Tahun Akademik 2018/2019
Disetujui Penguji :
Tangerang, September 2019
Ketua Penguji |
Penguji I |
Penguji II
| ||
(_______________) |
(_______________) |
(_______________)
| ||
NID : |
NID : 15022 |
NID : 11010
|
ABSTRACT
The development and technological advancement in the world of culinary make the entrepreneurs have to be more creative to make their restaurant business is no less competitive than other restaurants. This research aims to create a Prototype Tool introduction to the Arduino-based Foods is the latest breakthrough in the world of as culinary as well as one way of attracting the attention of customers and also as the hallmark of a restaurant. The prototype uses a color code as the purpose of an introduction to food, using NodeMcu ESP8266 as a microcontroller that will give orders to the tcs3200 color sensor to read the color codes that are on the table and a DC motor as mover tool.
Keyword: Prototype Food Delivery, Arduino Mega, Radio-Frequency Identification
ABSTRAKSI
Perkembangan dan kemajuan teknologi dalam dunia kuliner membuat para pengusaha harus lebih kreatif untuk membuat usaha restoran mereka agar tidak kalah bersaing dari restoran yang lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk membuat Prototipe Alat Pengantar Makanan Berbasis Arduino mega adalah sebagai terobosan terbaru dalam dunia kuliner juga sebagai salah satu cara menarik perhatian pelanggan dan juga sebagai ciri khas sebuah restoran. Prototipe ini menggunakan RFID sebagai tujuan pengantar makanan, dengan menggunakan Arduino Mega sebagai mikrokontroler yang akan memberi perintah kepada RFID untuk membaca ID yang berada pada meja dan motor Stepper sebagai penggerak alat.
Kata Kunci: Prototipe Pengantar Makanan, Arduino Mega, Radio-Frequency Identification
Alhamdulillah puji dan syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunianya sehingga penulis dapat menyelesaikan Skripsi dengan judul “PROTOTYPE ALAT PENGANTAR MAKANAN BERBASI ARDUINO MEGA PADA BUKIT PELAYANGAN RESTO”.
Tujuan penulisan Skripsi ini adalah sebagai syarat dalam menyelesaikan Program Pendidikan Strata I Program Studi Sistem Komputer pada Universitas Raharja.
Penulis menyadari bahwa tanpa adanya bimbingan dan dorongan dari banyak pihak penulis tidak akan dapat menyelesaikan Skripsi ini dengan baik dan tepat pada waktunya. Pada kesempatan ini pula penulis menyampaikan ucapan terimakasih kepada :
- Bapak Dr. Po. Abas Sunarya, M.Si. selaku Rektor Universitas Raharja.
- Bapak Dr. Henderi, S.Kom., M.kom. selaku Dekan Fakultas Universitas Raharja
- Bapak Padeli, M.Kom. selaku Wakil Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Raharja.
- Ibu Ageng Setiani Rafika S.Kom., MSi. selaku Ketua Program Studi Sistem Komputer.
- Bapak Ignatius Joko Dewanto, Dr., S.Kom., MM. sebagai Dosen Pembimbing I yang telah memberikan bimbingan dan masukan kepada penulis sehingga Skrpsi ini dapat diselesaikan dengan baik.
- Ibu Diah Aryani, S.T.,M.Kom. sebagai Dosen Pembimbing II yang telah meluangkan waktunya untuk memberikan bimbingan, masukan dan motivasi kepada penulis.
- Bapak Noval Ardian selaku stakeholder Bukit Pelayangan Resto yang telah memberikan kontribusi besar di dalam lancarnya proses penelitian skripsi ini.
- 8.Bapak dan ibu Dosen serta Staff Universitas Raharja yang telah memberikan bekal ilmu pengetahuan dan motivasi kepada penulis.
- Keluarga tercinta yang telah memberikan, doa, dukungan moril maupun materil sehingga Skripsi ini dapat terselesaikan dengan baik
- 10.Teman – teman seperjuangan yang selalu ada dan memberikan semangat.
Penulis menyadari bahwa dalam penulisan Laporan Skripsi ini masi jauh dari sempurna. Oleh karena itu kritik dan saran yang membangun, penulis harapkan sebagai pemicu untuk dapat berkarya lebih baik lagi.
Tangerang, September 2019 | |
ALFIANTORO | |
NIM. 1433480843 |
Daftar isi
BAB I
Latar Belakang
Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, dapat ditarik beberapa rumusan permasalahan sebagai berikut :
-
T1.Bagaimana merancang prototype alat untuk mengantar makanan berbasis Arduino?
-
Bagaimana mengendalikan sebuah alat pengantar makanan sesuai sistem yang diajukan/ dipesan?
Ruang Lingkup Penelitian
Ruang lingkup penelitian ini adalah merancang sebuah berbasis RFID dengan menggabungkan beberapa alat lainnya dan menjadi sebuah prototype alat pengantar makanan dimana untuk menjawab rumusan masalah di atas.
Dimana cakupan penelitian ini meliputi :
-
Prototype menggunakan RFID sebagai otak untuk pengontrolan alat agar dapat bekerja.
-
2.Motor Dc sebagai penggerak roda yang akan menggerakan alat dari satu tempat ke tempat lainnya.
-
Motor Driver sebagai pengontrol kecepatan dana rah gerak Motor DC.
-
Sensor RFID sebagai titik pemberhentian sebuah meja yang dituju.
Tujuan dan Manfaat Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah diatas tujuan penelitian ini sebagai berikut:
Tujuan Penelitian
-
Menghasilkan prototype alat pengantar makanan dalam menghidangkan makanan dan minuman untuk pelanggan di Bukit Pelayangan Resto.
-
2.Menghasilkan analisis dan perancangan alat pengantar makanan dalam menghidangkan makanan dan minuman untuk pelanggan di Bukit Pelayangan Resto.
Manfaat Penelitian
Adapun manfaat dari penelitian ini adalah :
-
1.Dapat meningkatkan pelayanan yang lebih efisien.
2.Dapat meningkatkan minat pengunjung dengan adanya alat pengantar makanan.
Dapat memberikan pelayanan yang lebih modern.
Metode Penelitian
Metode yang digunakan dalam penulisan Skipsi ini terdiri dari tahapan:
Metode Pengumpulan Data
Pada tahapan ini dilakukan pengumpulan data dengan wawancara dan studi kepustakaan.
Wawancara dilakukan dengan pihak BUKIT PELAYANGAN RESTO untuk mengetahui kebutuhan penunjang operasional yang sedang berjalan di BUKIT PELAYANGAN RESTO ini. Khususnya terkait dengan perawatan dan pengawasan terhadap bayi yang baru dilahirkan.
Sedangkan studi kepustakaan dilakukan dengan cara mengumpulkan informasi melalui sumber buku dan tulisan terkait dengan Arduino maupun laporan KKP yang terdahulu sebagai referensi. Sumber-sumber lain yang mendukung penelitian ini di peroleh melalui internet seperti penelitian-penelitian dan jurnal-jurnal yang telah ada.
Metode Analisa
Pada tahap ini dilakukan analisa jaringan dan sistem yang telah di implementasikan dan telah berjalan di puskesmas tersebut. Kemudian dilakukan penelitian terhadap kekurangan dan kelebihan terhadap sistem yang sedang berjalan.
Metode Perancangan
Pada tahap ini dilakukan perancangan alat Pengantar Makanan pada Bukit Pelayangan Resto dan di implementasikan dari sistem yang telah di rancang.
Metode Prototype
Metode yang dipakai adalah metode prototype evolutionary, karena dengan evolutionary ini sistem atau produk yang sebenarnya dipandang sebagai evolusi dari versi awal yang sangat terbatas menuju produk final.
Metode Pengujian
Metode testing ini digunakan untuk menganalisa suatu identitas sistem untuk mendeteksi, mengevaluasi kondisi dan fitur-fitur yang diinginkan dan mengetahui kualitas dari suatu sistem yang dilakukan untuk mendeteksi kesalahan yang terjadi saat sistem diterapkan. Penulis menggunakan metode Black Box karena metode Black Box dapat mengetahui apakah perangkat lunak yang dibuat dapat berfungsi dengan benar dan telah sesuai dengan yang diharapkan.
Sistematika Penulisan
Untuk memahami lebih jelas laporan ini, maka materi-materi yang tertera pada Laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP) ini di kelompokan menjadi beberapa sub bab dengan sistematika penyampaian sebagai berikut:
BAB I : PENDAHULUAN
Berisi tentang latar belakang, perumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, ruang lingkup penelitian, dan sistematika penulisan.
BAB II : LANDASAN TEORI
Bab ini berisikan teori-teori dasar atau umum dan teori-teori khusus berupa pengertian dan definisi yang berkaitan dengan analisa serta permasalahan yang dibahas serta literature review yang berhubungan dengan penelitian.
BAB III : PEMBAHASAN
Bab ini berisikan gambaran dan sejarah singkat BUKIT PELAYANGAN RESTO, struktur organisasi, metode penelitian, metode analisa, metode perancangan, metode perancangan prototype, metode pengujian.
BAB IV : PEMBAHASAN
Bab ini berisi uji coba, metode black box, uji coba hardware, flowchar sistem yang diusulkan, diagram gambar sistem, rancangan program, konfigurasi sistem usulan, testing, implementasi, estimasi biaya.
BAB V : PENUTUP
Bab ini berisi kesimpulan dan saran yang berkaitan dengan analisa dan optimalisasi sistem berdasarkan yang telah di uraikan pada bab-bab sebelumnya.
DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR LAMPIRAN