SI1221472459: Perbedaan revisi

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari
[revisi tidak terperiksa][revisi tidak terperiksa]
(BAB II)
Baris 417: Baris 417:
 
=<div style="font-family: 'times new roman'; text-align: center">'''BAB II'''</div>=
 
=<div style="font-family: 'times new roman'; text-align: center">'''BAB II'''</div>=
 
<div style="font-size: 14pt;font-family: 'times new roman'; text-align: center">'''Landasan Teori'''</div>
 
<div style="font-size: 14pt;font-family: 'times new roman'; text-align: center">'''Landasan Teori'''</div>
 +
 +
===Teori Umum===
 +
====Konsep Dasar Perancangan====
 +
====Konsep Dasar Media====
 +
====Konsep Dasar Informasi====
 +
====Konsep Dasar Desain====
 +
===Teori Khusus===
 +
====Konsep Dasar Video====
 +
====Konsep Dasar Motion Graphic====
 +
====Konsep Dasar Multimedia Audio Visual and Broadcasting====
 +
====Konsep Dasar Produksi====
 +
====Konsep Dasar Aplikasi Penjunjang Video====
 +
====Elisitasi====
 +
====Konsep Dasar Literature Review====
 +
===Literature Review===
 +
 
=<div style="font-family: 'times new roman'; text-align: center">'''BAB III'''</div>=
 
=<div style="font-family: 'times new roman'; text-align: center">'''BAB III'''</div>=
 
<div style="font-size: 14pt;font-family: 'times new roman'; text-align: center">'''PENDAHULUAN'''</div>
 
<div style="font-size: 14pt;font-family: 'times new roman'; text-align: center">'''PENDAHULUAN'''</div>

Revisi per 14 Januari 2017 14.03

 

PERANCANGAN MEDIA INFORMASI APLIKASI

TANGERANG LIVE BERBASIS MOTION

GRAPHIC PADA DINAS KOMINFO

PEMERINTAH KOTA

TANGERANG

 

SKRIPSI

 

Logo stmik raharja.jpg

 

OLEH:

1221472459 MAULANA KHADAFI

 

JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

TANGERANG

(2016/2017)

 

 

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

 

LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI

 

 

PERANCANGAN MEDIA INFORMASI APLIKASI

TANGERANG LIVE BERBASIS MOTION

GRAPHIC PADA DINAS KOMINFO

PEMERINTAH KOTA

TANGERANG

 

 

Disusun Oleh:

NIM  : 1221472459
Nama  : Maulana Khadafi
Jenjang Studi  : Strata Satu
Jurusan  : Teknik Informatika
Konsentrasi  : Multimedia Audio Visual And Broadcasting

 

 

Disahkan Oleh :

Tangerang, Januari 2017

Ketua         Kepala Jurusan
STMIK RAHARJA         Jurusan Teknik Informatika
           
           
           
           
(Ir. Untung Rahardja, M.T.I)         (Junaidi, M.Kom)
NIP : 00594         NIP : 001405

 

 

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

 

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING

 

 

PERANCANGAN MEDIA INFORMASI APLIKASI

TANGERANG LIVE BERBASIS MOTION

GRAPHIC PADA DINAS KOMINFO

PEMERINTAH KOTA

TANGERANG

 

 

Dibuat Oleh :

NIM  : 1221472459
Nama  : Maulana Khadafi

 

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual And Broadcasting

 

 

Disetujui Oleh :

Tangerang, Januari 2017

Pembimbing I     Pembimbing II
       
       
       
       
(Lusyani Sunarya)     (Giandari)
NID : 02012     NID : 16003

 

 

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

 

LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI

 

 


PERANCANGAN MEDIA INFORMASI APLIKASI

TANGERANG LIVE BERBASIS MOTION

GRAPHIC PADA DINAS KOMINFO

PEMERINTAH KOTA

TANGERANG


 

 

Dibuat Oleh :

NIM  : 1221472459
Nama  : Maulana Khadafi

 

 

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual And Broadcasting

Tahun Akademik 2016/2017

 

Disetujui Penguji :

Tangerang,Januari

Ketua Penguji   Penguji I   Penguji II
         
         
         
         
(_______)   (_______)   (_______)
NID : ____   NID : ____   NID : ____

 

 

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

RAHARJA

 

 

LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI

 

Saya yang bertandatangan di bawah ini,

NIM  : 1221472459
Nama  : Maulana Khadafi
Jenjang Studi  : Strata Satu
Jurusan  : Teknik Informatika
Konsentrasi  : Multimedia Audio Visual And Broadcasting

 

Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.

 

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang, Januari 2017
Maulana Khadafi
NIM. 1221472459

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;

 

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang Penelitian

Dengan kemajuannya yang sangat pesat, teknologi membuat pola hidup dan pola pikir manusia menjadi berubah terhadap sesuatu, termasuk dalam cara mengakses informasi. Untuk itu dibutuhkan sebuah media penyampaian informasi yang efektif untuk mengimbangi mobilitas manusia yang semakin tinggi seperti saat ini. Sarana multimedia dan audio visual dinilai tepat dan sangat efektif juga memiliki peranan yang sangat penting sebagai alat komunikasi dan promosi dalam menginformasikan sesuatu kepada masyarakat di era sekarang ini, karena lebih komunikatif dan interaktif sehingga lebih menarik perhatian masyarakat dan informasi dapat tersampaikan dengan baik.

Kota Tangerang merupakan sebuah kota yang terletak Provinsi Banten. Kota Tangerang berbatasan dengan kabupaten Tangerang disebelah utara dan barat, Kota Tangerang Selatan disebelah selatan, serta Daerah Khusus Ibukota Jakarta disebelah timur. Tangerang merupakan kota terbesar di Provinsi Banten serta terbesar ketiga di kawasan Jabodetabek setelah Jakarta dan Bekasi. Kota Tangerang terdiri dari 13 kecamatan yang terbagi dalam 104 kelurahan. Kota Tangerang memiliki berbagai macam Dinas dalam pemerintahan, salah satunya adalah Dinas Komunikasi dan Informatika.

Dinas Komunikasi dan Informatika (DISKOMINFO) Kota Tangerang merupakan Dinas yang memiliki tugas pokok penyusunan dan pelaksana kebijakan urusan pemerintahan daerah dibidang komunikasi dan informatika, dari mulai penyuluhan, sosialisasi, serta layanan-layanan yang berkaitan dengan teknologi dan informasi. Berdasarkan observasi dan wawancara yang dilakukan dengan pihak Stakeholder pada Dinas KOMINFO Kota Tangerang, diperoleh informasi bahwa Dinas Kominfo Kota Tangerang sebagai pelaksana kebijakan pemerintah daerah Kota Tangerang dibidang komunikasi dan informatika belum lama ini telah membuat sebuah aplikasi bernama TANGERANG LIVE yang telah dilaunching bertepatan dengan hari ulang tahun Republik Indonesia yang ke 71 pada tangal 17 agustus 2016 lalu.

Aplikasi TANGERANG LIVE ini merupakan sebuah portal aplikasi layanan publik yang terdiri dari beberapa aplikasi layanan publik yang sudah ada dan disediakan oleh Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas KOMINFO sebagai dinas terkait. Aplikasi ini sangat bermanfaat karena memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk memperoleh informasi maupun menyampaikan aspirasi seputar Kota Tangerang. Masyarakat tidak perlu lagi mendownload beberapa aplikasi layanan publik yang disediakan Pemerintah Kota Tangerang, hanya cukup mendownload satu aplikasi dan sudah berisi beberapa aplikasi didalamnya sehingga lebih efisien dalam mengakses beberapa layanan publik sekaligus dalam satu aplikasi. Adapun beberapa layanan yang tersedia dalam aplikasi TANGERANG LIVE ini adalah LIVE NEWS, SEGAR, LAKSA, E-Paper, SIAP KERJA, PERIJINAN, LAYANAN, DARURAT 112 dan SIMPATI RS. LIVE NEWS berisi tentang berita kegiatan di pemerintahan Kota Tangerang. SEGAR merupakan sebuah layanan yang disediakan oleh pemerintah Kota Tangerang yang berguna untuk memantau harga-harga sembako dipasar-pasar yang terdapat di Kota Tangerang secara real time. LAKSA atau Layanan Aplikasi Kotak Saran Anda merupakan sebuah layanan bagi masyarakat dalam menyampaikan aspirasi maupun keluhan kepada pemerintah daerah dan pihak kepolisian yang akan dimonitoring langsung oleh operator sehingga aspirasi atau keluhan tersebut akan diteruskan secara langsung kepada pihak terkait untuk kemudian diproses dan diselesaikan. E-PAPER merupakan aplikasi koran benteng digital yang menjadi media komunikasi kegiatan pembangunan pemerintah serta untuk memudahkan masyarakat dalam menggapai informasi seputar Kota Tangerang melalui media online. SIAP KERJA merupakan aplikasi pencari kerja yang disediakan Pemerintah Kota Tangerang bagi masyarakat yang ingin mencari pekerjaan, dan dapat langsung mengirimkan lamaran ke lowongan pekerjaan yang tersedia di Kota Tangerang. PERIJINAN ONLINE merupakan aplikasi yang untuk memudahkan masyarakat dalam membuat ijin dalam membuka lapangan usaha terutama layanan SIUP dan TDP. LAYANAN berisi layanan-layanan yang dapat diakses seperti layanan ambulan gratis, layanan mobil jenazah gratis, call center, media social, email dan whatsapp. DARURAT 112 merupakan layanan panggilan tunggal terpadu hasil kerasama pemerintah pusat dengan pemerintah daerah untuk pelayanan kecelakaan, kebakaran dan ambulan. Layanan ini dapat diakses secara gratis. SIMPATI RS atau Sistem Informasi Tempat Tidur Rumah Sakit marupakan sistem yang memberikan informasi ketersediaan tempat tidur di setiap rumah sakit yang ada di Kota Tangerang. fitur ini menyediakan informasi ketersediaan tempat tidur di rumah sakit berdasarkan kelasnya.

Permasalahan yang terdapat pada Dinas KOMINFO Kota Tangerang saat ini, belum banyak masyarakat yang mengetahui dan mengenal aplikasi TANGERANG LIVE, karena belum adanya media informasi yang secara efektif memperkenalkan aplikasi ini ke masyarakat. Hal ini dapat dilihat dari jumlah downloader semenjak dilaunchingnya Aplikasi ini yang baru mencapai angka 1000 downloader dari total 1.804.541 penduduk Kota Tangerang. Untuk itu pihak Dinas KOMINFO Kota Tangerang sebagai dinas terkait menghendaki dibuatnya sebuah media informasi berupa video interaktif yang berisi tentang informasi mengenai adanya sebuah portal aplikasi layanan publik bernama TANGERANG LIVE. Media informasi ini diharapkan dapat memperkenalkan aplikasi TANGERANG LIVE kepada masyarakat, dengan memuat isi tentang fitur-fitur atau aplikasi layanan publik apa saja yang ada dan dapat diakses didalam aplikasi TANGERANG LIVE tersebut. Salah satu media informasi berbasis animasi yang dinilai tepat adalah motion graphic. Motion graphic di nilai tepat karena tampilannya yang sangat interaktif dan menarik lewat pergerakan maupun transformasi objek-objek didalamnya sehingga tercipta sebuah ilusi yang indah untuk dilihat dan mudah dipahami dalam sebuah media penyampaian informasi.

Berdasarkan analisa diatas, maka penelitian ini mengambil tema dengan judul “PERANCANGAN MEDIA INFORMASI APLIKASI TANGERANG LIVE BERBASIS MOTION GRAPHIC PADA DINAS KOMINFO PEMERINTAH KOTA TANGERANG”

Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang dan pengamatan yang telah dilakukan, maka dapat diuraikan beberapa permasalahan yang dihadapi, antara lain :

  1. Sudahkah masyarakat mengetahui akan adanya aplikasi TANGERANG LIVE?

  2. Jenis media informasi seperti apa yang dinilai efektif dalam memperkenalkan aplikasi TANGERANG LIVE kepada masyarakat?

  3. Target seperti apa yang akan dicapai melalui perancangan media informasi aplikasi TANGERANG LIVE tersebut?

Ruang Lingkup Penelitian

Agar pembahasan lebih terarah perlu dibatasi ruang lingkup penelitian. Adapun ruang lingkup dari penelitian ini antara lain merancang sebuah media informasi dalam bentuk video motion graphic 2D yang berisi tentang pengenalan aplikasi TANGERANG LIVE, layanan apa saja yang dapat diakses didalamnya, berikut penjelasan dari setiap layanan tersebut dan cara mendapatkan aplikasi TANGERANG LIVE.

Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan Penelitian

  1. Memperkenalkan aplikasi TANGERANG LIVE agar semakn banyak masyarakat yang mengetahui akan adanya aplikasi TANGERANG LIVE.

  2. Merancang sebuah media informasi yang dinilai efektif untuk memperkenalkan aplikasi TANGERANG LIVE kepada masyarakat.

  3. Untuk dapat mencapai Target Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tangerang dalam hal menyampaikan informasi layanan aplikasi TANGERANG LIVE khususnya untuk masyarakat Kota Tangerang.

Manfaat Penelitian

  1. Diharapkan akan semakin banyak masyarakat yang mengetahui akan adanya aplikasi TANGERANG LIVE untuk dapat mengakses layanan publik dengan mudah.

  2. Dapat dijadikan sebagai media yang efektif untuk memperkenalkan aplikasi TANGERANG LIVE kepada masyarakat.

  3. Melalui perancangan video sosialisasi ini diharapkan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tangerang akan mencapai target yang diharapkan, dalam hal penyampaian informasi layanan aplikasi TANGERANG LIVE kepada masyarakat.

Metodologi Penelitian

Adapun metode yang dilakukan untuk mendapatkan dan melengkapi data yang dibutuhkan dalam penulisan penelitian terkait perancangan media informasi ini antara lain sebagai berikut :

Metode Analisa Permasalahan

Analisa permasalahan didapat ketika diadakan pertemuan dan wawancara dengan Bapak Adhi Zulkifli, ST. MT selaku Kepala Seksi Pengembangan E-goverment Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tangerang.

Metode Pengumpulan Data

  1. Metode Observasi

  2. Observasi dilakukan dengan mendatangi langsung kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tangerang untuk mendapatkan data-data yang diperlukan dalam penelitian Skripsi ini.

  3. Metode wawancara

  4. Wawancara adalah metode pengumpulan data dengan cara bertatap muka dengan orang yang diwawancarai. Wawancara ini dilakukan dengan Bapak Adhi Zulkifli, ST. MT. selaku Kasie Pengembangan E-goverment Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tangerang. Melalui pertanyaan pertanyaan yang diajukan saat wawancara akan didapatkan informasi dan gambaran yang lebih jelas akan permasalahan dan kebutuhan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tangerang akan media informasi TANGERANG LIVE.

  5. Studi Pustaka

  6. Studi pustaka adalah pengumpulan data–data berupa teori, yang terdapat didalam buku-buku, jurnal dan media tertulis lain yang berkaitan dengan judul penelitian Skripsi ini.

Metode Analisa Perancangan Media

Perancangan Media Informasi yang dibutuhkan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tangerang akan diproduksi menggunakan program aplikasi komputer grafis. Media yang akan digunakan sebagai sarana informasi aplikasi TANGERANG LIVE dirancang menggunakan aplikasi Adobe Ilustrator CS6, Adobe After Effect CS6, Adobe Photoshop CS6, dan Adobe Premiere Pro CS6.

Metode Konsep Produksi Media (KPM)

Berikut ini merupakan tahapan-tahapan proses produksi media, yaitu :

  1. Preproduction (Pra Produksi) merupakan tahap semua pekerjaan dan aktivitas yang terjadi sebelum multimedia komersial diproduksi secara nyata.

  2. Production (Produksi) merupakan proses yang paling menentukan keberhasilan penciptaan sebuah karya film.

  3. Postproduction (Pasca Produksi) merupakan pasca produksi semua bahan mentah produksi dikumpulkan untuk diolah.

Metode Sumber Data

Menurut sumbernya, data dapat dibedakan menjadi dua bagian:

  1. Data Internal yaitu data menggambarkan keadaan atau kejadian di dalam suatu instansi dalam hal ini Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tangerang untuk mendapatkan beberapa keterangan atau data yang diperlukan dalam pembuatan laporan penelitian.

  2. Data Eksternal yaitu data yang menggambarkan keadaan atau kegiatan diluar suatu instansi dalam hal ini Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tangerang.

Sistematika Penulisan

Penulisan Skripsi ini terbagi menjadi beberapa bagian dengan disertakan sistematika penyampaiannya penelitian, sebagai berikut :

BAB I PENDAHULUAN

Bab ini berisikan tentang Latar Belakang Penelitian, Rumusan Masalah, Ruang Lingkup Penelitian, Tujuan dan Manfaat Penelitian, Metodologi Penelitian, dan Sistematika Penulisan yang akan dibahas dalam penelitian Skripsi ini.

BAB II LANDASAN TEORI

Pada Bab ini berisikan tentang konsep dan teori dasar yang melandasi permasalahan penelitian dan menjadi acuan penulisan sesuai dengan judul Skripsi ini yang meliputi Konsep Dasar Teori Umum, Teori Khusus, dan Literature Review.

BAB III IDENTIFIKASI MASALAH

Pada bab ini berisikan tentang gambaran umum obyek yang diteliti meliputi Sejarah Singkat, Struktur Organisasi, Visi dan Misi, Wewenang dan Tanggung Jawab, Product Information, Market Analisis, Potensial Market, Market Segmentation, Marketing Objective (Tujuan Pemasaran), Marketing Objective (Tujuan Pemasaran), Budget Produksi Media, Konfigurasi Perancangan, Elisitasi.

BAB IV KONSEP PRODUKSI MEDIA (KPM)

Konsep Produksi Media ialah tahapan-tahapan mencapai efisiensi produk dengan menggunakan teknik MAVIB (Multimedia Audio Visual and Broadcasting) sehingga akan menjadi lebih baik dalam segi produksi maupun teoritisnya. Dalam bab ini diuraikan tentang Preproduction, Production dan Postproduction

BAB V PENUTUP

Bab ini berisikan tentang kesimpulan dan saran yang diberikan kepada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tangerang sebagai pemecahan masalah dalam pemanfaatan media yang telah dirancang.

DAFTAR PUSTAKA

Berisikan tentang referensi-referensi yang digunakan dalam penyusunan hasil penelitian Skripsi ini.

DAFTAR LAMPIRAN

Berisikan daftar dari keseluruhan lampiran – lampiran yang melengkapi penelitian penelitian Skripsi ini.

BAB II

Landasan Teori

Teori Umum

Konsep Dasar Perancangan

Konsep Dasar Media

Konsep Dasar Informasi

Konsep Dasar Desain

Teori Khusus

Konsep Dasar Video

Konsep Dasar Motion Graphic

Konsep Dasar Multimedia Audio Visual and Broadcasting

Konsep Dasar Produksi

Konsep Dasar Aplikasi Penjunjang Video

Elisitasi

Konsep Dasar Literature Review

Literature Review

BAB III

PENDAHULUAN

BAB IV

PENDAHULUAN

BAB V

PENDAHULUAN

Contributors

Dafi, Rhomario, Siti Nurhayati