Pengguna:Erli agustriani: Perbedaan revisi
(→Kondisi Pesaing) |
(→Marketing Objektif ( Tujuan Pemasaran )) |
||
Baris 1.601: | Baris 1.601: | ||
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">Adapun potensi yang dijadikan wilayah pemasaran calon siswa-siswi yang diinginkan mau bergabung dengan SDIT Syifa Fikriya Cikande Kab. Serang adalah putra-putri masyarakat se-wilayah Kabupaten Serang.</div> | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">Adapun potensi yang dijadikan wilayah pemasaran calon siswa-siswi yang diinginkan mau bergabung dengan SDIT Syifa Fikriya Cikande Kab. Serang adalah putra-putri masyarakat se-wilayah Kabupaten Serang.</div> | ||
− | ==<b> | + | ==<b>Market Segmentation</b>== |
− | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">< | + | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">Geografi : Cikande, Kab. Serang dan sekitarnya</div> |
+ | |||
+ | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">Demografi : Jenis kelamin : Pria dan Wanita</div> | ||
+ | |||
+ | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">Kelas Ekonomi: Menengah</div> | ||
+ | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">Sasaran : | ||
+ | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.8in"> | ||
+ | 1. Siswa-siswi SDIT Syifa Fikriya | ||
+ | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.8in"> | ||
+ | 2. Masyarakat | ||
+ | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.8in"> | ||
+ | 3. Calon siswa-siswi SDIT Syifa Fikriya</div> | ||
+ | |||
+ | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">Psikografi : Murid, orang tua murid dan masyarakat</div> | ||
==<b>Marketing Strategi (Strategi Pemasaran)</b>== | ==<b>Marketing Strategi (Strategi Pemasaran)</b>== |
Revisi per 2 Oktober 2016 16.23
PERANCANGAN MEDIA MAJALAH SEBAGAI PENCITRAAN
LEMBAGA SEKOLAH DAN PENUNJANG PROMOSI PADA
SDIT AYIFA FIKRYA CIKANDE KAB. SERANG
SKRIPSI
Disusum oleh
NIM |
: 1221472961
|
NAMA |
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL and BROADCASTING
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(2015/2016)
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI
PERANCANGAN MEDIA MAJALAH SEBAGAI PENCITRAAN
LEMBAGA SEKOLAH DAN PENUNJANG PROMOSI PADA
SDIT AYIFA FIKRYA CIKANDE KAB. SERANG
Disusun Oleh :
NIM |
: 1221472961
|
Nama |
|
Jenjang Studi |
: STRATA SATU
|
Jurusan |
: TEKNIK INFORMATIKA
|
Konsentrasi |
:
MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING
|
Disahkan Oleh :
Tangerang, Juni 2016
Ketua |
Kepala Jurusan
| ||||
STMIK RAHARJA |
Jurusan Teknik Informatika
| ||||
(Ir. Untung Rahardja, M.T.I) |
(Junaidi, M.Kom)
| ||||
NIP : 00594 |
NIP : 001405
|
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING
PERANCANGAN MEDIA MAJALAH SEBAGAI PENCITRAAN
LEMBAGA SEKOLAH DAN PENUNJANG PROMOSI PADA
SDIT AYIFA FIKRYA CIKANDE KAB. SERANG
Dibuat Oleh :
NIM |
: 1221472961
|
Nama |
Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif
Jurusan Teknik informasi
Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting
Disetujui Oleh :
Tangerang, Juni 2016
Pembimbing I |
Pembimbing II
| ||
(Drs. Drs. Sugeng Widada,M.Si.) |
(Mulyati, S.E.,M.M.,M.Pd)
| ||
NID : 06098 |
NID : 11003
|
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI
PERANCANGAN MEDIA MAJALAH SEBAGAI PENCITRAAN
LEMBAGA SEKOLAH DAN PENUNJANG PROMOSI PADA
SDIT AYIFA FIKRYA CIKANDE KAB. SERANG
Dibuat Oleh :
NIM |
: 1221472961
|
Nama |
Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian
Komprehensif
Jurusan Sistem Informasi
Konsentrasi Komputer Akuntansi
Tahun Akademik 2015/2016
Disetujui Penguji :
Tangerang, September 2016
Ketua Penguji |
Penguji I |
Penguji II
| ||
(_______________) |
(_______________) |
(_______________)
| ||
NID : |
NID : |
NID :
|
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI
PERANCANGAN MEDIA MAJALAH SEBAGAI PENCITRAAN
LEMBAGA SEKOLAH DAN PENUNJANG PROMOSI PADA
SDIT AYIFA FIKRYA CIKANDE KAB. SERANG
Disusun Oleh :
NIM |
: 1221472961
|
Nama |
|
Jenjang Studi |
: Strata Satu
|
Jurusan |
: Tehnik Informatika
|
Konsentrasi |
: Multimedia Audio Visual and Broadcasting
|
Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.
Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.
Tangerang, juni 2016
NIM : 1221472961
|
)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;
ABSTRACT
Destination Design magazine media is to deliver information activities of school organizations are used as imaging in promoting SDIT Syifa Fikriya Cikande Kab. Serang. To produce the draft media magazines are good quality, used a design concept that there are stages of Media Planning contained Interest Media, Media Strategy and Program Media, stages of planning message or Planning Creative, there Interest Message and Strategy Message, on stage Visual, there Interest Visual , Visual Strategy and Program Visualization. In realizing the design quality magazines media use computer applications as Adobe Illustrator dandobe supporting Photoshop. The benefits of the design magazine media after use, school institutions SDIT Syifa Fikriya Cikande Kab. Serang is to show the value of the existence of an institution that would be known to the public schools, so the prospect of future development can be expected, its students each year is increasing."
ABSTRAKSI
Tujuan Perancangan media majalah adalah untuk penyampaian informasi kegiatan-kegiatan lembaga sekolah yang digunakan sebagai pencitraan dalam mempromosikan SDIT Syifa Fikriya Cikande Kab. Serang. Untuk menghasilkan rancangan media majalah yang baik dan berkualitas, dipergunakan konsep desain yang terdapat tahapan Perencanaan Media yang terdapat Tujuan Media, Strategi Media dan Program Media, tahapan Perencanaan Pesan atau Perencanaan Kreatif, terdapat Tujuan Pesan dan Stategi Pesan, pada tahapan Visual, terdapat Tujuan Visual, Strategi Visual dan Program Visualisasi. Dalam mewujudkan hasil rancangan media majalah yang berkualitas digunakan aplikasi computer sebagai pendukung Adobe Illustrator dandobe Photoshop. Manfaat dari hasil rancangan media majalah setelah digunakan, lembaga sekolah SDIT Syifa Fikriya Cikande Kab. Serang adalah untuk menunjukkan nilai eksistensi sebuah lembaga sekolah yang akan diketahui masyarakat, sehingga prospek pengembangan ke depan dapat diharapkan, setiap tahun siswa-siswinya selalu meningkat. ”
KATA PENGANTAR
Bismillahirrahmanirrahiim
Dengan memanjatkan Puji Syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya kepada penulis sehingga dapat menyusun dan menyelesaikan Skripsi ini, dengan judul “PERANCANGAN MEDIA MAJALAH SEBAGAI PENCITRAAN LEMBAGA SEKOLAH DAN PENUNJANG PROMOSI PADA SDIT SYIFA FIKRIYA CIKANDE KAB. SERANG”, sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Tujuan dari pembuatan Skripsi ini adalah sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan program pendidikan Strata Satu (S1) jurusan Teknik Informatika konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting di Perguruan Tinggi Raharja.
Terselesaikannya Skripsi ini tidak lepas dari pihak-pihak yang telah banyak membantu penulis baik dalam segi moril, materil maupun spiritual. Oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :
- Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I selaku Ketua STMIK Raharja.
- Bapak Sugeng Santoso, M.Kom, selaku Pembantu Ketua I STMIK Raharja.
- Junaidi, M.Kom selaku KepalaJurusan Teknik Informatika.
- Bapak Drs. Sugeng Widada, M.Si. selaku dosen, Staff Ahli MAVIB dan pembimbing 1 yang telah sabar meluangkan waktu untuk membimbing, mengarahkan, dan memberikan motivasi sehingga laporan skripsi ini dapat penulis selesaikan dengan baik dan tepat waktunya.
- Ibu Mulyati, S.E.,M.M.,M.Pd. selaku dosen Pembimbing II yang telah sabar meluangkan waktu untuk membimbing, mengarahkan, dan memberikan motivasi sehingga laporan skripsi ini dapat penulis selesaikan dengan baik dan tepat waktunya.
- Ibu Raudoh,S.Pd.I selaku stakeholder yang telah menerima obyek penelitian dan mengijinkan penulis untuk melakukan penelitian di sekolah SDIT Syifa Fikriya.
- Seluruh staff dan pihak yang terkait pada SDIT Syifa Fikriya atas kerjasamanya selama penulis melakukan penelitian.
- Bapak dan Ibu Dosen Perguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan ilmu pengetahuan kepada penulis.
- Kerabat yang sudah memberikan dukungan dalam penyelesaian skripsi ini yaitu Elga Yuliani, M. Aziz Triantama, M. Ridwan, Endi Afriandi, Indah Sagita Cahyani dan Adzkiar Maulana Shidiq.
- Yoga Kuncoro Jati yang telah mendukung pengerjaan laporan ini.
- Sahabat-sahabat yang selalu mendukung dan membantu yaitu Neneng Yunengsih dan Rimasya Ayu Zaeningsih.
- Rekan-rekan mahasiswa yang telah memberikan dukungan.
Terima kasih saya ucapkan kepada kedua orang tua beserta keluarga yang telah memberikan pembiayaan pendidikan, memberikan motivasi dan mendoakan sehingga pelaksanaan penelitian yang berupa rancangan media majalah yang ditujukan kepada SDIT Syifa Fikriya Cikande Kab. Serang dan laporan skripsi dapat terselesaikan tepat waktu.
Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan Skripsi ini masih banyak terdapat kekurangan. Dengan segala keterbatasan dan kesederhanaan dalam penulisan dan penyusunan laporan ini, penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun untuk kesempurnaan laporan Skripsi ini.
Akhir kata, kepada semua pihak yang telah membantu terwujudnya laporan Skripsi ini, semoga Allah SWT selalu melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya.
Daftar isi
- 1 BAB I
- 2 BAB II
- 2.1 Konsep Dasar Perancangan
- 2.2 Konsep Dasar Promosi
- 2.3 Konsep Dasar Sistem
- 2.4 Konsep Dasar Promosi
- 2.5 Konsep Dasar Media
- 2.6 Konsep Dasar Desain
- 2.6.1 Definisi Desain
- 2.6.2 Fungsi – Fungsi Desain
- 2.6.3 nsur-unsur Desain Grafis
- 2.6.4 Prinsip-Prinsip Desain Grafis
- 2.6.5 Prinsip-Prinsip Desain Grafis
- 2.6.6 Psikologi Warna
- 2.6.7 Psikologi Dan Arti Dari Warna-Warna
- 2.6.8 Pengertian tentang Simbolisasi Bentuk
- 2.6.9 Pengertian Citra atau Image
- 2.6.10 Pengertian Layout
- 2.6.11 Elemen atau Unsur Desain
- 2.7 Pengertian-pengertian
- 2.8 Konsep Dasar Aplikasi Program Produksi Media Penunjang Majalah
- 2.9 Konsep Dasar Elisitasi
- 2.10 Literature Riview
- 3 BAB III
- 4 <p align="center">BAB IV</p>
- 4.1 Preproduction
- 4.2 Observasi
- 4.3 Pengumapulan data
- 4.4 Analisis data
- 4.5 Ide
- 4.6 Pesan yang disampaikan
- 4.7 visualisasi berdasarkan konteks
- 4.8 Sinopsis
- 4.9 Storyboard
- 4.10 Script Breakdown Sheet
- 4.11 Time Schedule
- 4.12 Anggaran atau budged
- 4.13 Peralatan yang digunakan
- 4.14 Pemilihan Pemain dan Crew
- 4.15 Production
- 4.16 Postproduction
- 5 <p align="center">BAB V</p>
- 6 <p align="center">DAFTAR PUSTAKA</p>
- 7 <p style="text-align: center;" align="center">DAFTAR LAMPIRAN</p>
Tabel 3.1. Kegiatan Rutin
Tabel 3.2.Kondisi Pesaing
Tabel 3.3. Budget Produksi Media
BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang Masalah
Perkembangan teknologi informasi begitu pesat, penyebaran informasi dapat melalui bentuk media cetakan ataupun media elektronik. Dalam persaingan usaha dan untuk dapat memenangkan perhatian masyarakat, berbagai strategi penggunaan sarana media penunjang informasi digunakan. Melalui bentuk media tersebut diharapkan khalayak dapat tertarik terhadap informasi yang disampaikan sehingga pesan yang disampaikan dapat efektif.
Hingga saat ini, bentuk media informasi dalam bentuk cetakan masih banyak digunakan. Jika dinilai dari efektifitas penyampaian pesan, media dalam bentuk cetakan ini, informasi yang disampaikan dapat disimpan, kapan informasi tersebut akan dibutuhkan dapat di buka dan dilihat kembali, sehingga kapanpun informasi tersebut dibutuhkan masih dapat dengan mudah dibaca dan diingat.
SDIT Syifa Fikriya Cikande Kab. Serang adalah penyelenggara pendidikan dasar dengan nilai-nilai Islami, kurikulum yang digunakan terpadu berdiferensiasi yaitu memadukan kurikulum nasional sebagai acuan utama dengan kurikulum khas Islam. Di mana dalam pelaksanaannya dilakukan melalui penjiwaan unsur-unsur agama ke dalam semua mata pelajaran.
SDIT Syifa Fikriya dalam penyebaran informasi mengenai profile kelembagaan menggunakan media selembaran yang berkaitan dengan sekolah dan siswa, yang dibagikan langsung kepada masyarakat secara gratis, yang berisikan informasi-informasi sekolah seperti kegiatan sekolah, prestasi sekolah. Namun, dengan media informasi yang digunakan dalam bentuk brosur masih kurang menarik yaitu dalam segi perpaduan warnanya yang gelap dan penataan gambarnya yang kurang rapi, dan diharapkan penulis dapat membuat sebuah rancangan media majalah yang menarik dan dapat menyampaikan informasi-informasi kegiatan sekolah yang dapat dijadikan pencitraan sebuah lembaga pendidikan, sehingga dapat meningkatkan daya tarik kepada masyarakat khususnya bagi orang tua yang ingin mendaftarkan anaknya lembaga sekolah tersebut.
Berdasarkan hasil interview yang dilakukan, dari pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan dan jawaban yang didapatkan dapat disimpulkan bahwa saat ini lembaga sekolah tersebut membutuhkan bentuk media yang dapat menyampaikan informasi tentang kegiatan-kegiatan sekolah yang dapat dijadikan pencitraan dan sarana penunjang promosi dalam meningkatkan perolehan calon siswa baru yang ditujukan kepada masyarakat wilayah Cikande, Serang dan sekitarnya. Sesuai dengan tugas skripsi, penulis selaku mahasiswa program studi Teknik Informatika, konsentrasi MAVIB (Multimedia Audio Visual and Broadcasting), yang memiliki pengetahuan dan keterampilan di bidang desain grafis, penulis mengambil topik penelitian yang diberi judul “PERANCANGAN MEDIA MAJALAH SEBAGAI PENCITRAAN LEMBAGA SEKOLAH DAN PENUNJANG PROMOSI PADA SDIT SYIFA FIKRIYA CIKANDE KAB. SERANG.”
Rumusan Masalah
Dari latar belakang yang telah disampaikan, dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut :
- Media apa yang dapat digunakan sebagai penunjang penyampaian informasi tentang kegiatan-kegiatan sebuah lembaga sekolah?
- Bagaimana merancang sebuah media majalah yang dapat dijadikan daya tarik dalam pencitraan sebuah lembaga dan dapat dijadikan sarana peningkatan program promosi SDIT Syifa Fikriya Cikande Kab. Serang ?
Ruang Lingkup
Agar pembahasan masalah yang akan diteliti ini lebih fokus dan terarah penulis membatasi ruang lingkup pembahasan yang diteliti. Adapun permasalahan yang dibahas adalah hal-hal yang berhubungan dan yang dibutuhkan dengan perancangan media majalah yang dijadikan daya tarik dalam pencitraan dan sekaligus sebagai penunjang dalam mempromosikan SDIT Syifa Fikriya di Cikande Kab. Serang.
Tujuan dan Manfaat Penelitian
Tujuan Penelitian
Tujuan Operasional
Adapun tujuan operasional dari penelitian ini :
- saat lembaga sekolah mengadakan kegiatan-kegiatan yang terkait dengan pencitraan sekolah yang ditujukan kepada masyarakat, media majalah tersebut dapat digunakan sebagai sarana penyampaian informasi tentang kegiatan-kegiatan lembaga sekolah.
- Dengan mempertimbangkan hal yang terkait dengan efisiensi biaya dan jadwal kegiatan yang telah ditentukan oleh lembaga sekolah, produksi media majalah diajukan untuk diterbitkannya tiap-tiap per semester. Dari jadwal penerbitan yang telah diajukan jika setujui, di tiap-tiap akhir semester media majalah tersebut dapat dijadikan sarana sosialisai mengenai kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan dalam satu semester.
- 3. Dari hasil rancangan media majalah diharapkan dapat memenuhi harapan lembaga sekolah untuk meningkatkan daya tarik dan menunjang kegiatan promosi sekolah agar diketahui dan diminati oleh masyarakat luas.
Tujuan Fungsional
Tujuan fungsional dari penelitian ini sebagai berikut:
- Dari keberadaan media majalah dengan penataan periode penerbitan yang secara periodik telah ditentukan, kegiatan-kegiatan yang telah dipublikasikan dapat berfungsi sebagai daya tarik pencitraan keberadaan lembaga sekolah tersebut.
- Melalui media majalah tersebut, bentuk-bentuk kegiatan yang ada di SDIT Syifa Fikriya di Cikande Kab. Serang. dapat diketahui sehingga masyarakat akan tertarik dan dapat menimbulkan ingatan serta minat orang tua untuk memasukkan atau mendaftarkan putra putrinya masuk ke sekolah tersebut.
- Dari animo masyarakat, ketertarikan dari sarana media yang telah dipublikasikan dapat meningkatkan perolehan siswa baru di tiap-tiap tahunnya.
Tujuan Individual
Tujuan individual dari penelitian ini sebagai berikut:
- Dapat mengimplementasikan ilmu dan keterampilan yang diperoleh selama mengikuti perkuliahan di STMIK Raharja, program studi Teknik Informatika, konsentrasi MAVIB (Multimedia Audio Visual and Broadcasting).
- Dapat dijadikan referensi terhadap setiap mahasiswa yang melakukan penelitiah untuk di semester-semester selanjutnya.
- Sebagai salah satu syarat kelulusan mahasiswa, jenjang strata satu, program studi Teknik Informatika, konsentrasi MAVIB (Multimedia Audio Visual and Broadcasting), STMIK Raharja Tangerang.
Manfaat Penelitian
Manfaat bagi Lembaga Sekolah
Hasil perancangan desain media majalah ini dapat memberikan manfaat untuk lembaga sekolah, di antaranya:
- Dengan media majalah dapat dijadikan penyampaian informasi yang efektif kepada masyarakat melalui siswa-siswi.
- Dengan setiap kegiatan sekolah akan selalu dipublikasikan tiap-tiap semesternya akan meningkatkan semangat siswa dalam memacu prestasinya.
Manfaat bagi Mahasiswa
Dari kesempatan penelitian berupa perancangan media majalah, mahasiwa dapat :
- Meningkatkan keterampilan khususnya dalam merancang sebuah media yang dapat dijadikan pencitraan dan sekaligus penunjang promosi sebuah lembaga sekolah sehingga diharapkan dapat menambah wawasan dan mengaplikasikannya pada dunia kerja.
- Meningkatkan ilmu pengetahuan dalam hal perancangan sebuah media yang dapat dijadikan sarana publikasi tentang kegiatan-kegiatan kesiswaan pada sebuah lembaga pendidikan.
Metode Penelitian
Dalam penulisan skripsi dan menyelesaikan perancangan ini, maka penulis menggunakan beberapa metode penelitian untuk mendapatkan data yang diperlukan, sehingga dapat diperoleh suatu hasil yang sesuai seperti diharapkan penulis. Adapun metodologi penelitian yang digunakan penulis adalah:
Metode Analisis Permasalahan
Permasalahan penelitian ditentukan berdasarkan hasil analisis dengan metode kualitatif deskriptif, yakni dengan mengumpulkan data-data mengenai fakta-fakta yang terdapat di lapangan, melalui wawancara yang dilaksanakan pada Senin, 18 April 2016 kepada Ibu Raudoh, S.Pd.I.
Metode Pengumpulan Data
Metode Observasi
Mendatangi langsung ke obyek yang diteliti, yakni ke SDIT Syifa Fikriya Cikande Kab. Serang yang beralamatkan di Jalan Perum Cikande Permai, Kp. Ciherang, Ds. Situterate, Kec. Cikande, Kab. Serang.
Wawancara (Interview)
Wawancara dilakukan untuk menetapkan topik penelitian skripsi yang akan dilakukan dengan Ibu Raudoh, S.Pd.I.
Studi Pustaka
Mendapatkan data dengan cara mempelajari buku-buku panduan yang terkait dan memuat informasi-informasi yang diperlukan untuk digunakan dalam penyusunan laporan skripsi.
Metode Analisis Perancangan
Dalam menunjang kualitas rancangan media majalah digunakan aplikasi komputer penunjang desain grafis Adobe Illustrator dan Adobe Photoshop.
Konsep Desain
Konsep desain yang terdapat tahapan-tahapan:
- Perencanaan Media
- Perencanaan Pesan
- Perencanaan Visual
Sistematika Penulisan Laporan Skripsi
Agar laporan penelitian ini dapat dipahami lebih jelas, penulis mengelompokkan laporan ini menjadi lima bab yaitu :
BAB I : PENDAHULUAN
Bab ini berisi mengenai latar belakang penelitian, rumusan masalah, ruang lingkup penelitian, tujuan dan manfaat penelitian, metodologi penelitian dan sistematika penulisan.
BAB II LANDASAN TEORI
Dalam bab ini, penulis menjelaskan konsep-konsep dasar/umum, teori-teori khusus, dan literature review yang akan mendasari laporan penelitian Skripsi yang penulis ajukan.
BAB III GAMBARAN UMUM OBYEK YANG DITELITI
Bab ini berisi tentang gambaran umum obyek yang diteliti yaitu, mengenai sejarah singkat, struktur organisasi, wewenang dan tanggung jawab, product information, market analisis, potensial market, market segmentation, marketing objective dan marketing strategy, budget produksi media, konfigurasi hardware, elisitasi.
BAB IV KONSEP DESAIN
Berisi tentang perencanaan media (konsep media) yaitu, mengenai tujuan media, strategi media, program media, perencanaan pesan (konsep kreatif) yang meliputi tujuan kreatif dan strategi kreatif, perencanaan visual (konsep visual) yaitu, tujuan visual, strategi visual, penulisan naskah (Copy Writting), pengarahan visualisasi dan proses desain.
BAB V PENUTUP
Bab ini berisi tentang kesimpulan dan saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian yang dilakukan.
BAB II
LANDASAN TEORI
Konsep Dasar Perancangan
Pengertian Perancangan
Kesimpulan yang bisa penulis ambil dari pengertian perancangan menurut beberapa sumber, bahwa perancangan itu sendiri adalah langkah awal dalam membuat suatu projek, bermula dari sebuah ide atau gagasan dan dituangkan dalam bentuk storyboard yang akan menggambarkan aliran dari satu scene ke scene lain.
Proses Perancangan Secara Umum
- persiapan data
- Ide
- Media
- Konsep
- Visualisasi
- Produksi
Pengertian Project
Dari definisi di atas dapat disimpulkan bahwa project adalah objek, video, gambar atau musik dibuat melalui proses desain yang menarik yang sesuai diharapkan dan dapat mewakili suatu bentuk desain yang nantinya menjadi projek yang mewakili nilai visual.
Konsep Dasar Promosi
Pengertian Data
eks, adalah sederetan huruf, angka, dan simbol-simbol yang kombinasinya tidak tergantung pada masing masing item secara individual misalnya, artikel koran, majalah dan lain-lain.
Data yang terformat, adalah data dengan suatu format tertentu, misalnya data yang menyatakan tanggal atau jam, dan nilai mata uang.
Citra (image), adalah data dalam bentuk gambar, citra dapat berupa, grafik, foto, hasil ronsten, dan tanda tangan.
Citra (image), Video, adalah gambar yang bergerak dan dilengkapi dengan suara misalnya, suatu kejadian dan aktivitas-aktivitas dalam bentuk film.
Pengertian Informasi
Bentuk Promosi
Jenis-jenis Informasi
Kualitas Informasi
Tradisional animasi adalah tehnik animasi yang paling umum dikenal sampai saat ini. Dinamakan tradisional karena teknik animasi inilah yang digunakan pada saat animasi pertama kali dikembangkan. Tradisional animasi juga sering disebut cel animation karena tehnik pengerjaannya dilakukan pada celluloid tranparent yang sekilas mirip sekali dengan transparansi OHP yang sering kita gunakan.
Nilai Informasi
Konsep Dasar Sistem
Definisi Perancangan
Proses Perancangan Secara Umum
- persiapan data
- Ide
- Ide
- Konsep
- Media
- Visualisasi
- Produksi
Pengertian Project
Konsep Dasar Promosi
Definisi Promosi
Tujuan Promosi
Bentuk Promosi
Adalah pendekatan yang menggunakan media komunikasi untuk menyampaikan informasi kepada khalayak ramai dalam satu waktu. Metode ini memang tidak sefleksibel personal selling tetapi merupakan alternatif yang lebih murah untuk menyampaikan informasi ke khalayak (pasar sasaran) yang jumlahnya sangat banyak dan tersebar luas. Kesimpulan dari teori Mass selling adalah Media yang digunakan untuk mempromosikan suatu produk yang akan ditawarkan, penyampaian suatu promosi berupa media cetak dan yang lainnya.
Adalah bentuk persuasi langsung melalui penggunaan berbagai insetif yang dapat diatur untuk merancang pembelian produk dengan segera atau meningkatkan jumlah barang yang dibeli pelanggan. Kesimpulan dari teori Promosi penjualan adalah memberikan suatu kupon berhadiah yang menuntut pembeli untuk tertarik dengan produk tersebut.
Adalah upaya komunikasi menyeluruh dari suatu perusahaan untuk mempengaruhi persepsi, opini, keyakinan dan sikap berbagai orang yang terlibat, mempunyai kepentingan dan dapat mempengaruhi kemampuan perusahaan dalam mencapai tujuannya. Kesimpulan dari teori Public Relation adalah suatu media promosi berupa media elektronik.
Adalah sistem pemasaran yang bersifat interatif, yang memanfaatkan satu atau beberapa media iklan untuk menimbulkan respon yang terukur atau transaksi di sembarang lokasi.
Konsep Dasar Media
Pengertian Media
Menurut Immaniar dkk (2011: 133) [22],media adalah segala bentuk yang digunakan untuk menyalurkan informasi. Pengertian media yang diberikan AECT (Association for education communication and tecnology) ini menunjukkan bahwa istilah ”media” memiliki makna yang sangat umum.
Menurut Maimunah, dkk (2012: 284)[23], "Media adalah sarana untuk menyimpan pesan atau informasi kepada publik dengan menggunakan berbagai unsur komunikasi grafis seperti teks atau gambar atau foto".
Alternatif Media
Yaitu aktifitas promosi yang biasanya dilakukan oleh manajemen pusat sebagai upaya membentuk brand image perusahaan sesuai yang diinginkan. Contohnya iklan di Televisi dengan berbagai versi. Sifat media lini atas adalah merupakan media ‘tak langsung’ yang mengenai audience, karena sifatnya yang terbatas pada penerimaan audience.
Yaitu segala aktifitas promosi yang dilakukan di tingkat retail/konsumen dengan salah satu tujuannya adalah merangkul konsumen supaya tertarik dengan produk yan diromosikan. Contoh : program bonus/hadiah, event, pembinaan konsumen dan lain-lain.
Poster merupakan media grafis yang memuat unsur teks dan gambar/illustrasi yang dipasang atau ditempel pada dinding. Visualisasi setiap unsurnya adalah rinci, jelas, sederhana dan singkat dengan warna yang mencolok sesuai dengan misinya.
Konsep Dasar Desain
Definisi Desain
Fungsi – Fungsi Desain
Desain selalu menyiratkan atau menyuratkan identitas pengirim pesannya lewat karakter visual.
nsur-unsur Desain Grafis
Garis didefinisikan sebagai sekumpulan titik yang dideretkan memanjang. Setiap garis menimbulkan kesan psikologis atau persepsi sendiri. Misalnya garis yang membentuk ‘S’, sering dirasakan sesuatu yang lembut, halus dan gemulai. Bandingkan garis yang membentuk ‘Z’, terkesan tegas dan kaku.
.Bentuk disebut juga Shape, dihasilkan dari garis-garis yang tersusun semedikian rupa. Bentuk ada yang berbentuk dua dimensi (dwimatra) dan tiga dimensi (trimatra). Setiap bentuk mempunyai arti sendiri, tergantung budaya, geografis dan lain-lain. Contoh: segitiga bisa melambangkan konsep trinitas (ayah, ibu, anak), tetapi di mesir segitiga melambangkan simbol feminimitas (kewanitaan).
.Desain berupa gambar dapat divisualisasikan dengan :
.Ruang dapat dihadirkan dengan adanya bidang. Ruang lebih mengarah pada perwujudan tiga dimensi sehingga ruang dapat dibagi dua, yaitu ruang nyata dan semu. Keberadaan ruang sebagai salah satu unsure visual sebenarnya tidak dapat diraba tetapi dapat dimengerti.
Prinsip-Prinsip Desain Grafis
2. Irama (Rhytm), pengulangan atau variasi komponen-komponen desain grafis. Pengulangan tersebut bisa dalam bentuk urutan gerakan, pola atau pattern tertentu.
3. Skala dan Proporsi, skala adalah perubahan ukuran tanpa perubahan perbandingan ukuran panjang lebar atau tinggi, sedangkan proporsi adalah perubahan perbandingan antara panjang lebar atau tinggi sehingga gambar dengan perubahan proporsi sering terlihat distorsi.
4. Fokus, tidak semua komponen grafis sama pentingnya, audience harus fokuskan atau arahkan pada satu titik dan kontras pada penekanan karena ada perbedaan drastis atau konflik pada komponen desain grafis.
5. Kesatuan (Unity), semua bagian dan unsur grafis bersatu-padu dan serasi sehingga pembaca memahami sebagai satu kesatuan.
Prinsip-Prinsip Desain Grafis
b. Irama (Rhytm)pattern, pengulangan atau variasi komponen-komponen desain grafis. Pengulangan tersebut bisa dalam bentuk urutan gerakan, pola/pattern tertentu.
c. Skala dan Proporsi, skala adalah perubahan ukuran tanpa perubahan perbandingan ukuran panjang lebar atau tinggi, sedangkan proporsi adalah perubahan perbandingan antara panjang lebar atau tinggi sehingga gambar dengan perubahan proporsi sering terlihat distorsi.
d. Fokus, tidak semua komponen grafis sama pentingnya, audience harus fokuskan/arahkan pada satu titik dan kontras pada penekanan karena ada perbedaan drastis/konflik pada komponen desain grafis.
Psikologi Warna
Pengertian Warna
Menurut Widada (2010: 14-17) [29] secara obyektif warna adalah sifat cahaya yang dipancarkan dan terurai sebagai warna pelangi (merah, jingga, kuning, ungu).
Jenis warna yang demikian disebut Spectrum atau warna cahaya. Secara Subyektif warna adalah bagian dari pengalaman indra penglihat (mata) yang diterima dari pantulan sinar atau cahaya pada suatu obyek atau benda tertentu.
Teori Warna
Secara garis besar dikenal adanya dua dasar teori tentang warna :
1. Prang system.
2. Munsell system.
Jenis atau bentuk warna
Psikologi Dan Arti Dari Warna-Warna
Pengertian tentang Simbolisasi Bentuk
Pengertian Citra atau Image
Pengertian Layout
Adalah Layout Komprehensif adalah Proses desain yang sudah memasuki tahap komputerisasi san pewarnaan, namun tahap ini belum selesai seluruhnya, karena masih harus mengalami proses revisi.
adalah hasil akhir dari layout komprehensif yang telah diperbaiki. Dimana tahap ini merupakan hasil akhir atau finishing yang kemudian dapat digunakan untuk acuan saat proses produksi.
Elemen atau Unsur Desain
3. Eleman Relasional terbagi menjadi 2 diantaranya:
- Interaksi basic visual: interaksi bentuk yang terdiri dari: Posisi, Arah, Space dan Gravity.
Pengertian-pengertian
Pengertian Tipografi
Konsep Dasar Majalah
Karakteristik Majalah
Konsep Dasar Aplikasi Program Produksi Media Penunjang Majalah
Adobe Photoshop
Status Bar didalam dokumen menampilkan informasi dokumen dan tampilannya. Selain itu, status bar juga menampilkan informasi ringkas tentang tool yang dipilih (sedang digunakan).Untuk lebih jelasnya, dibawah ini adalah keterangan item-item yang terdapat pada Status Bar.
1. Kotak yang berisikan nilai dengan parameter persentase merupakan informasi tampilan dokumen yang aktif.
2. Menu Pop-up workgroup berfungsi untuk pengorganisasian kerja didalam workgroup.
Adobe Ilustrator
Konsep Dasar Elisitasi
- M pada MDI berarti Mandatory (penting). Maksudnya, requirement tersebut harus ada dan tidak boleh dihilangkan pada saat membuat sistem baru.
- D pada MDI berarti Desirable. Maksudnya, requirement tersebut tidak terlalu penting dan boleh dihilangkan. Namun, jika requirement tersebut digunakan dalam pembentukan sistem maka akan membuat sistem tersebut lebih sempurna.
- I pada MDI berarti Inessential. Maksudnya, requirement tersebut bukanlah bagian sistem yang dibahas, tetapi bagian dari luar sistem.
- T artinya Teknikal, bagaimana tata cara atau teknik pembuatan requirement dalam sistem yang diusulkan?
- O artinya Operasional, bagaimana tata cara penggunaan requirement dalam sistem akan dikembangkan?
- E artinya Ekonomi, berapakah biaya yang diperlukan guna membangun requirement di dalam sistem?
- High (H): Sulit untuk dikerjakan, karena teknik pembuatan dan pemakaiannya sulit serta biayanya mahal. Maka requirement tersebut harus dieliminasi.
- Middle (M): Mampu dikerjakan.dikerjakan
- Low (L): Mudah dikerjakan.
Literature Riview
1. Penelitian yang dilakukan oleh Rokhimudin Bastomy (2015) dari Perguruan Tinggi Raharja yang berjudul “Perancangan Media Redesain Majalah Penunjang Informasi dan Promosi pada Rumah Sakit PT Sari Asih Ciledug Tangerang”. Untuk membuat media promosi kreatif yang dapat menarik dan meningkatkan citra Rumah Sakit Sari Asih Ciledug Tangerang dimata masyarakat, media promosi yang didesain ulang ini haruslah menampilkan seluruh fasilitas-fasilitas dan pelayanan rumah sakit dan keunggulan-keunggulannya, serta testimony dari mantan pasien yang puas atas pelayanan rumah sakit ini.
BAB III
PEMBAHASANGambaran Umum Sekolah
Sejarah Singkat SDIT Syifa Fikriya
Visi, Misi SDIT Syifa Fikriya
Visi
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan yang berbasis moral spiritual dan berorientasi kepada mutu.
- Melaksanakan kegiatan belajar mengajar yang mengembangkan seluruh potensi siswa, mencakup aspek kognitif, afektif, psikomotorik.
- Menjadikan seluruh peserta didik yang sholeh/sholehah serta mampu tampil percaya diri.
Struktur Organisasi SDIT Syifa Fikriya
Wewenang dan Tanggung Jawab dari Tiap-tiap Bagian
1. Wewenang dan tanggung jawab Kepala Sekolah
2. Wewenang dan tanggung jawab wakil kepala sekolah
3. Wewenang dan tanggung jawab humas
4. Wewenang dan tanggung jawab tata usaha
5. Wewenang dan tanggung jawab wali kelas
6. Wewenang dan tanggung jawab kesiswaan
7. Wewenang dan tanggung jawab kedisiplinan
8. Wewenang dan tanggung jawab kurikulum
9. Wewenang dan tanggung jawab penjaga sekolah
Informasi Produk
Produksi
Latar Belakang Produk
Perkembangan Produk
Material Produk
Spesifikasi Produk
Biaya Produk
Market Analisis
Market Positioning
Kondisi Pesaing
Pontensial Market
Market Segmentation
1. Siswa-siswi SDIT Syifa Fikriya
2. Masyarakat
Marketing Strategi (Strategi Pemasaran)
Strategi Pengeluaran Promosi
Tarif Jasa Medis Klinik Usada Nugraha
Tarif Tindakan Poli Gigi
Tarif tindakan poli umum
Tarif tindakan poliklinik anak dan kebidanan
Poli klinik anak
Poli klinik kebidanan
Tarif paket persalinan dan curet
Konfigurasi Perancangan
Spesifikasi Hardware
Saran Spesifikasi Hardware
Software Yang Digunakan
Definisi Software Yang Digunakan
<p align="center">BAB IV</p>
Preproduction
Observasi
Pengumapulan data
Analisis data
Ide
Pesan yang disampaikan
visualisasi berdasarkan konteks
Sinopsis
Storyboard
Script Breakdown Sheet
Time Schedule
Anggaran atau budged
Peralatan yang digunakan
Pemilihan Pemain dan Crew
Production
Perencanaan Multimedia
Tujuan Multimedia
Strategi Multimedia
Program Multimedia
<p style="line-height: 2">Suara digunakan untuk background music, dengan sound effect dan penerapan dubbing suara setelah opening bumper KLINIK USADA NUGRAHA KABUPATEEN TANGERANG dari awal hingga akhir iklan.
</p>Perencanaan Audio
Tujuan Audio
Strategi Audio
Perencanaan Visual
Tujuan Visual
Strategi Visual
Program Visualisasi
- Bumper animasi STMIK RAHARJA dan KLINIK USADA NUGRAHA
- Pada iklan ini ditampilkan Bumper animasi STMIK RAHARJA dan KLINIK USADA NUGRAHA yang dimaksudkan untuk menampilkan pembukaan sebelum masuk video KLINIK USADA NUGRAHA KABUPATEN TANGERANG.
- Tampilan depan dan animasi
- Ruang peiksa
- Ruang di klinik
- Animasi kagum dalam percakapan
- Ending animasi
- informasi yang dibutuhkan masyarakat untuk mengetahui klinik Usada Nugraha tanpa mengunjungi keklinik tersebut untuk mengetahui perosedur pengobatan, macam-macam pemeriksaan dan kelebihan dari Klinik Usada Nugraha dengan menggunakan media iklan. Karena media iklan dapat memberi informasi secara langsung hanya dengan melihat dan mendengar secara langsung sehingga dengan mudah dipahami tanpa mengunjungi klinik tersebut karena sudah di upload melalui media internet atau tv.
- Iklan animasi 3D agar dapat dipahamai audience atau kalangan masyarakat luas, dengan merancang bentuk iklan animasi 3D yang dapat memberikan daya tarik dan nilai positif terhadap masyarakat yaitu dengan cara meningkatkan citra (image) Klinik Usada Nugraha adalah dengan membuat iklan yang dikelola dengan baik serta didukung dengan audio, visual, efek 3D animasi, dan informasi yang menarik. Serta mendapatkan hasil visualisasi yang menarik. Hal ini dikarenakan iklan komersil ini merupakan sebuah pembuktian bahwa Klinik Usada Nugraha pantas menjadi salah satu klinik unggulan di daerah kabupaten Tangerang.
- Untuk memberikan informasi KLINIK USADA NUGRAHA KABUPATEN TANGERANG yang lebih efektif dan mudah dipahami masyarakat, bisa menggunakan media promosi yang berbeda dengan media promosi sebelumnya yaitu media iklan, yang lebih mudah dipahami masyarakat dari pada media cetak lainnya.
- Konsep media audio visual ini merupakan sebuah upaya dalam meningkatkan media informasi di KLINIK USADA NUGRAHA KABUPATEN TANGERANG, guna mengefektifkan media promosi, Media iklan animasi lebih efisien dari segi waktu dan biaya, karena dalam pengerjaan iklan animasi ini tidak begitu banyak peralatan yang dibutuhkan, hanya dengan sebuah laptop yang didukung dengan software yang tidak begitu susah didapatkan, dan waktu yang tidak terikat oleh pemain, maupun kru yang lain.
- iklan adalah solusi yang cukup menjanjikan, dengan kemasan yang tidak banyak teks sehingga mudah dimengerti dan tampilan yang begitu menarik dengan gambar bergerak.
- ↑ Soepadmo, Gatoet. 2013. panduan mudah merancang bangunan. jakarta: niaga swadaya
- ↑ Binanto, Iwan. 2010. "Multimedia Digital (Dasar Teori dan Pengembangannya)". yogjakarta: andi
- ↑ Hendratman, Hendi. 2010. "Tips n Trix Computer Graphics Design". bandung: informatika
- ↑ "Priyatno, Dewi. 2010. "Perancangan Video Company Profile Sebagai Media Informasi Dan Promosi Pada Pt. Melia Nature Indonesia.". tangrang: STMIK Raharja"
- ↑ "Priyatno, Dewi. 2010. "Perancangan Video Company Profile Sebagai Media Informasi Dan Promosi Pada Pt. Melia Nature Indonesia.". tangrang: STMIK Raharja"
- ↑ "Priyatno, Dewi. 2010. "Perancangan Video Company Profile Sebagai Media Informasi Dan Promosi Pada Pt. Melia Nature Indonesia.". tangrang: STMIK Raharja"
- ↑ "Tjiptono, Fandy. 2010. "Strategi Pemasaran". yogykarta: andi"
- ↑ "Tjiptono, Fandy. 2010. "Strategi Pemasaran". yogykarta: andi"
- ↑ "Kuswara. 2010. "Merancang Film kartun kelas Dunia.". yogykarta : andi
- ↑ "Kuswara. 2010. "Merancang Film kartun kelas Dunia.". yogykarta : andi
- ↑ Soepadmo, Gatoet. 2013. panduan mudah merancang bangunan. jakarta: niaga swadaya
- ↑ Soepadmo, Gatoet. 2013. panduan mudah merancang bangunan. jakarta: niaga swadaya
- ↑ Binanto, Iwan. 2010. "Multimedia Digital (Dasar Teori dan Pengembangannya)". yogjakarta: andi
- ↑ Hendratman, Hendi. 2010. "Tips n Trix Computer Graphics Design". bandung: informatika
- ↑ "Priyatno, Dewi. 2010. "Perancangan Video Company Profile Sebagai Media Informasi Dan Promosi Pada Pt. Melia Nature Indonesia.". tangrang: STMIK Raharja"
- ↑ "Priyatno, Dewi. 2010. "Perancangan Video Company Profile Sebagai Media Informasi Dan Promosi Pada Pt. Melia Nature Indonesia.". tangrang: STMIK Raharja"
- ↑ "Priyatno, Dewi. 2010. "Perancangan Video Company Profile Sebagai Media Informasi Dan Promosi Pada Pt. Melia Nature Indonesia.". tangrang: STMIK Raharja"
- ↑ "Priyatno, Dewi. 2010. "Perancangan Video Company Profile Sebagai Media Informasi Dan Promosi Pada Pt. Melia Nature Indonesia.". tangrang: STMIK Raharja"
- ↑ "Tjiptono, Fandy. 2010. "Strategi Pemasaran". yogykarta: andi"
- ↑ "Tjiptono, Fandy. 2010. "Strategi Pemasaran". yogykarta: andi"
- ↑ "Priyatno, Dewi. 2010. "Perancangan Video Company Profile Sebagai Media Informasi Dan Promosi Pada Pt. Melia Nature Indonesia.". tangrang: STMIK Raharja"
- ↑ "Kuswara, 2010. "Pemasaran". yogykarta: andi"
- ↑ "Djalle, Zaharuddin. Purwantoro, Edi. Dasmana, Demi. 2013. "3D Animation Using 3DStudioMax,". bandung: informatika"
- ↑ "Priyatno, Dewi. 2010. "Perancangan Video Company Profile Sebagai Media Informasi Dan Promosi Pada Pt. Melia Nature Indonesia.". tangrang: STMIK Raharja"
- ↑ Soepadmo, Gatoet. 2013. panduan mudah merancang bangunan. jakarta: niaga swadaya
- ↑ "Rakhmat Supriyono. 2013. "Merancang Film kartun kelas Dunia. Yogyakarta". yogyakarta: andi office"
- ↑ Jogiyanto, Diktat. 2010 "Desain Karakter and Modeling", hal 7. tangerang: skripsi stmik raharja
- ↑ 28,0 28,1 28,2 28,3 TW Ibnu. 2013 "Belajar desain grafis", Yogyakarta: Graha Ilmu
- ↑ 29,0 29,1 29,2 TW Ibnu. 2012 "Belajar desain grafis", Yogyakarta: Graha Ilmu
- ↑ 30,0 30,1 30,2 30,3 30,4 "Tjiptono Fandy. Strategi Pemasaran, Yogyakarta: andi offist.2010"
- ↑ 31,0 31,1 31,2 "Melvy, Ayuningtyas. Belajar desain grafis, Yogyakarta: Media Pressindo.2010"
- ↑ 32,0 32,1 32,2 "Binanto, Iwan. Multimedia Digital (Dasar Teori dan Pengembangannya) Yogyakarta: andi.2010"
Perencanaan Broadcasting
Tujuan Broadcasting
Strategi Broadcasting
Program Broadcasting
Postproduction
Editing
Digitizing Mixing
Finishing
Tahap Keluaran