SI1211471453: Perbedaan revisi
[revisi tidak terperiksa] | [revisi tidak terperiksa] |
(←Membuat halaman berisi '<div style="font-size: 16pt;font-family: 'times new roman';text-align: center;"> <p style="line-height: 1">'''SISTEM RESERVASI LAPANGAN FUTSAL BERBASIS ANDROID'''</P><...') |
|||
Baris 645: | Baris 645: | ||
{{pagebreak}} | {{pagebreak}} | ||
+ | |||
+ | |||
+ | =<div style="font-family: 'times new roman'; text-align: center">'''BAB I'''</div>= | ||
+ | <div style="font-size: 14pt;font-family: 'times new roman'; text-align: center">'''PENDAHULUAN'''</div> | ||
+ | |||
+ | |||
+ | ==Latar Belakang== | ||
+ | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">Kebutuhan teknologi informasi yang berkembang saat ini merupakan kebutuhan yang harus terpenuhi ditengah pesatnya perkembangan dunia usaha. Teknologi informasi sebagai unsur terpenting untuk menjalankan suatu usaha maka sistem komputerisasi adalah salah satu penunjang keberhasilan suatu usaha. Karena dengan sistem komputerisasi segala jenis pekerjaan dapat dikerjakan dengan cepat dan tepat, terlebih dalam suatu perusahaan yang besar dan maju seperti PT. Padang Golf Modern. | ||
+ | </p></div> | ||
+ | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2"> PT. Padang Golf Modern adalah perusahaan yang bergerak dibidang jasa. Dimana kegiatannya adalah menjual jasa berupa Reservasi lapangan futsal. | ||
+ | </p></div> | ||
+ | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">Seluruh kegiatan ini dilakukan secara manual, sehingga sangatlah menyulitkan bagi petugas dalam berbagai hal didalam Reservasi yang dia lakukan. Setiap kali petugas akan membuat laporan harian, bulanan, dan tahunan, petugas administrasi mendapatkan banyak kesulitan, karena petugas merekap seluruh transaksi yang ada dengan membuka buku transaksi, baik itu transaksi pendaftaran dan transaksi keuangan. | ||
+ | </p></div> | ||
+ | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">Oleh karna itu sangatlah penting bagi perusahaan ini untuk merancang sebuah sistem yang terkomputerisasi, yang tentunya dapat membantu berbagai aktifitas-aktifitas dalam bertransaksi. | ||
+ | </p></div> | ||
+ | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">Untuk itu, berdasarkan latar belakang permasalahan yang ada di PT Padang Golf Modern saat ini, maka penulis dapat melakukan Perancangan dalam bentuk penulisan Skripsi dan Program terhadap sistem yang berjalan dengan judul “Sistem informasi Reservasi Lapangan Futsal Berbasis Android Pada PT. Padang Golf Modern” | ||
+ | </p></div> | ||
+ | ==Perumusan Masalah== | ||
+ | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2"> Dengan adanya sistem informasi yang belum terkomputerisasi, sistem Reservasi Lapangan Futsal yang berjalan saat ini pada PT. Padang Golf Modern tentu masih memiliki banyak kekurangan di berbagai aspek, dan masih sangat memungkinkan terjadi kesalahan yang dapat menghambat sistem ketika sistem tersebut berjalan. Berdasarkan Permasalahan yang sudah dijelaskan diatas maka dapat ditarik beberapa Rumusan Masalah sebagai berikut: | ||
+ | </p></div> | ||
+ | <ol> | ||
+ | <li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"><p style="line-height: 2">a. Bagaimana tingkat keakuratan, ketepatan, dan relevansi sistem informasi Reservasi futsal yang telah berjalan dalam lingkungan perusahaan PT Padang Golf Modern saat ini? | ||
+ | </p></li> | ||
+ | <li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"><p style="line-height: 2">b. Apakah laporan futsal yang berjalan saat ini sudah efektif? | ||
+ | </p></li> | ||
+ | <li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"><p style="line-height: 2">c. Bagaimana Membuat Sistem informasi untuk meningkatkan kecepatan pengolahan data yang dapat Meningkatkan Kinerja pegawai pada PT Padang Golf Modern ? | ||
+ | </p></li> | ||
+ | <li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"><p style="line-height: 2">d. Aplikasi yang seperti apa yang akan di pergunakan oleh customer untuk mempermudah reservasi lapangan futsal ? | ||
+ | </p></li> | ||
+ | </ol> | ||
+ | |||
+ | |||
+ | |||
+ | |||
+ | ==Tujuan dan Manfaat Penelitian== | ||
+ | ===Tujuan Penelitian=== | ||
+ | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2"> Kegunaan dari penelitan ini adalah agar memiliki hasil yang nanti dapat dimanfaatkan oleh suatu lembaga, departemen atau siapapun baik sebagai pengetahuan maupun sebagai dasar untuk mengambil suatu kebijakan. | ||
+ | </p></div> | ||
+ | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">Agar penulisan dapat dilaksanakan dengan baik dan tepat, tentunya harus ada tujuan-tujuan yang jelas, yang telah ditetapkan sebelum pelaksanaan tersebut. | ||
+ | </p></div> | ||
+ | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">Begitu dengan penulisan ini, tentunya memiliki tujuan-tujuan yang sudah ditentukan untuk dijadikan acuan dan pedoman dalam pelaksanaan penulisan yang nantinya akan menjadi suatu bentuk hasil akhir yang diusahakan dapat dicapai dari pelaksanaan penulisan ini. | ||
+ | </p></div> | ||
+ | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">Adapun tujuan dari penulisan ini antara lain: | ||
+ | </p></div> | ||
+ | <ol> | ||
+ | <li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"><p style="line-height: 2">1. Tujuan operasional | ||
+ | </p></li> | ||
+ | <ol> | ||
+ | <li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"><p style="line-height: 2">a. Untuk Merancang Sistem Reservasi Lapangan Futsal Pada PT. Padang Golf Modern | ||
+ | </p></li> | ||
+ | <li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"><p style="line-height: 2">b. Dengan adanya aplikasi Android Reservasi lapangan futsal dapat memudahkan Customer. | ||
+ | </p></li> | ||
+ | <li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"><p style="line-height: 2">c. Untuk memberikan solusi Bagi PT Padang Golf Modern Pada Umumnya. | ||
+ | </p></li> | ||
+ | </ol> | ||
+ | <li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"><p style="line-height: 2">2. Fungsional | ||
+ | </p></li> | ||
+ | <ol> | ||
+ | <li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"><p style="line-height: 2">a. Untuk menyimpan Data-data Reservasi Lapangan Futsal, baik itu member maupun non member. | ||
+ | </p></li> | ||
+ | </ol> | ||
+ | <li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"><p style="line-height: 2">3. Individu | ||
+ | </p></li> | ||
+ | <ol> | ||
+ | <li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"><p style="line-height: 2">a. Dapat menambah wawasan penulis dalam hal dunia kerja. | ||
+ | </p></li> | ||
+ | <li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"><p style="line-height: 2">b. Ingin mengimplementasikan ilmu yang sudah kami dapat dalam proses belajar mengajar. | ||
+ | </p></li> | ||
+ | <li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"><p style="line-height: 2">c. Sebagai syarat untuk menyelesaikan SKRIPSI dan mendapatkan gelar Sarjana. | ||
+ | </p></li> | ||
+ | </ol> | ||
+ | </ol> | ||
+ | ===Manfaat Penelitian=== | ||
+ | <ol> | ||
+ | <li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"><p style="line-height: 2">1. Manfaat Fungsioanal | ||
+ | </p></li> | ||
+ | <ol> | ||
+ | <li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"><p style="line-height: 2">a. Membantu Customer dalam Reservasi lapangan Futsal sehingga kegiatan Reservasi menjadi cepat dan mudah | ||
+ | </p></li> | ||
+ | </ol> | ||
+ | <li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"><p style="line-height: 2">2. Manfaat operasional | ||
+ | </p></li> | ||
+ | <ol> | ||
+ | <li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"><p style="line-height: 2">a. Memberikan kemudahan kepada staff-staff untuk mengetahui jumlah reservasi lapangan futsal. | ||
+ | </p></li> | ||
+ | <li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"><p style="line-height: 2">b. Memudahkan dalam pembuatan laporan kegiatan Reservasi futsal pada PT Padang Golf Modern. | ||
+ | </p></li> | ||
+ | </ol> | ||
+ | <li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"><p style="line-height: 2">3. Manfaat individu | ||
+ | </p></li> | ||
+ | <ol> | ||
+ | <li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"><p style="line-height: 2">c. .Menambah Ilmu buat penulis dalam kegiatan pembuatan Aplikasi berbasis Android. | ||
+ | </p></li> | ||
+ | <li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"><p style="line-height: 2">d. Memberikan Pengalaman kepada Penulis dalam Kegiatan reservasi lapangan futsal. | ||
+ | </p></li> | ||
+ | <li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"><p style="line-height: 2">e. Sebagai sarana dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan serta wawasan yang telah didapat selama ini disekolah Tinggi Manajemen Ilmu Komputer Raharja. | ||
+ | </p></li> | ||
+ | </ol></ol> | ||
+ | |||
+ | ==Ruang lingkup Penelitian.== | ||
+ | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">Agar dalam pembahasan ruang lingkup menjadi lebih terarah serta berjalan baik dan lancar, ruang lingkup dan pembatasan masalah yang dibahas oleh penulis hanya mengenai Reservasi lapangan futsal untuk kebutuhan operasional serta pembuatan laporan kegiatan Reservasi Lapangan futsal PT Padang Golf Modernland | ||
+ | </p></div> | ||
+ | ==Metode Penelitian.== | ||
+ | ===Metode Pengumpulan Data=== | ||
+ | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">Dalam penyusunan Laporan Skripsi ini, penulis mengumpulkan data dan keterangan yang diperlukan untuk penelitian dengan metode sebagai berikut : | ||
+ | </p></div> | ||
+ | <ol> | ||
+ | <li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"><p style="line-height: 2">1. Wawancara | ||
+ | </p></li> | ||
+ | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">Untuk melengkapi data-data yang diperlukan dalam pengembangan Sistem informasi Reservasi Lapangan Futsal ini maka dilakukan wawancara terhadap beberapa pegawai. Wawancara yang dilakukan untuk mencari data mengenai kekurangan dari sistem yang sedang berjalan serta kebutuhan-kebutuhan lain yang diperlukan oleh pegawai yang belum tercukupi dari sistem yang telah ada sekarang. Wawancara dilakukan langsung kepada Bpk. Moh Yahya selaku pegawai pada PT Padang Golf Modern. | ||
+ | </p></div> | ||
+ | |||
+ | |||
+ | |||
+ | |||
+ | <li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"><p style="line-height: 2">2. Observasi | ||
+ | </p></li> | ||
+ | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2"> Observasi adalah metode yang dilakukan penulis untuk mengumpulkan data dan mendapatkan hal-hal yang diperlukan untuk proses penelitian dengan cara mendatangi objek penelitian secara langsung ke PT Padang Golf Modern Yang beralamat di Jl Modern Golf Raya Perumahan Kota Modern Tangerang. | ||
+ | </p></div> | ||
+ | <li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"><p style="line-height: 2">3. Studi Kepustakaan | ||
+ | </p></li> | ||
+ | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">Metode studi kepustakaan dilakukan untuk menunjang metode wawancara dan observasi yang telah dilakukan. Pengumpulan informasi yang dibutuhkan dilakukan dengan mencari referensi-referensi yang berhubungan dengan penelitian yang dilakukan, referensi dapat diperoleh dari buku-buku atau internet. | ||
+ | </p></div> | ||
+ | </ol> | ||
+ | ==Metode Analisa Sistem== | ||
+ | ===Object Oriented Analysis (OOA).=== | ||
+ | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">Proses analisis dilakukan terhadap hasil tahapan pengumplan data dengan wawancara, observasi, dan studi pustaka untuk mendapatkan spesifikasi kebutuhan sistem yang akan dikembangkan. | ||
+ | </p></div> | ||
+ | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">Pada proses analisis, teknik analisis yang dilakukan adalah: | ||
+ | </p></div> | ||
+ | <ol> | ||
+ | <li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"><p style="line-height: 2">1. Analisis Pengguna, Dilakukan analisis terhadap user-user yang akan menggunakan aplikasi dan juga fungsi-fungsi apa saja yang bisa didapatkan oleh masing – masing user. | ||
+ | </p></li> | ||
+ | |||
+ | <li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"><p style="line-height: 2">2. Analisis kebutuhan Fungsional, non fungsional dan pengguna | ||
+ | </p></li> | ||
+ | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">Pemodelan kebutuhan fungsional untuk menggambarkan fungsi sistem dan pengguna yang terlibat serta fungsi- fungsi apa saja yang bisa didapatkan oleh masing-masing pengguna dimodelkan dengan Use Case Diagram. | ||
+ | </p></div> | ||
+ | <li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"><p style="line-height: 2"> 3. Analisis perilaku sistem | ||
+ | </p></li> | ||
+ | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">Pada tahapan ini, dilakukan analisis perilaku sistem yang dikembangkan dan dimodelkan dengan Activity Diagram dan Sequence Diagram. Activity Diagram untuk memodelkan proses use case yang berjalan di dalam sistem, sedangkan sequence diagram untuk memodelkan pengiriman pesan (message) antar object dan kronologinya. | ||
+ | </p></div> | ||
+ | <li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"><p style="line-height: 2">4. Analisis sistem berjalan saat ini. | ||
+ | </p></li> | ||
+ | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">Berdasarkan sistem yang baru yang diinginkan oleh pihak manajemen terkait dan disanggupi oleh penulis untuk di eksekusi. | ||
+ | </p></div> | ||
+ | </ol> | ||
+ | ===Metode Perancangan Sistem=== | ||
+ | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2"> Metode perancangan sistem yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode SDLC (System Development Life Cycle) dengan tahapan sebagai berikut : | ||
+ | </p></div> | ||
+ | <ol> | ||
+ | <li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"><p style="line-height: 2">1. Perencanaan (Planning) | ||
+ | </p></li> | ||
+ | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">Tahap perencanaan adalah tahap awal pengembangan sistem yang mendefinisikan perkiraan kebutuhan-kebutuhan sumber daya, seperti : perangkat fisik, metode dan anggaran yang sifatnya masih umum. Dalam tahap ini juga dilakukan langkah-langkah berupa: mendefinisikan masalah, menentukan tujuan sistem, mengidentifikasi kendala-kendala sistem dan membuat studi kelayakan. | ||
+ | </p></div> | ||
+ | <li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"><p style="line-height: 2">2. Analisis (Analysis) | ||
+ | </p></li> | ||
+ | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">Tahap analisis merupakan tahap penelitian atas sistem yang berjalan dengan tujuan untuk merancang sistem yang baru dengan menggunakan tools atau alat bantu UML (Unified Modeling Language) dengan software visual paradigm yaitu sebuah bahasa yang berdasarkan grafik atau gambar, menvisualisasikan, menspesifikasikan, membangun dan pendokumentasian dari sebuah sistem pengembangan piranti lunak berbasis “OO” (Object Orientied) melalui tahap : Use Case Diagram, Sequence Diagram, dan Activity Diagram yang dilakukan melalui 4 (empat) tahap, yaitu: (1) Survey terhadap sistem yang berjalan, (2) Analisa terhadap temuan survey, (3) Identifikasi kebutuhan informasi dengan menggunakan alat bantu elisitasi melalui 4 (empat) tahapan, yaitu tahap 1 (satu) mencakup semua kebutuhan sistem, tahap 2 (dua) melakukan pengelompokkan kebutuhan dengan metode MDI (Mandatory, Desirable, Inessential) selanjutnya tahap 3 (tiga) dengan TOE (Technical, Operational dan Economic) serta tahap final, (4) Identifikasi persyaratan sistem. Hasil analisa kemudian dibuat laporan untuk masukan dalam perancangan sistem yang diusulkan. | ||
+ | </p></div> | ||
+ | <li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"><p style="line-height: 2">3. Disain (Design) | ||
+ | </p></li> | ||
+ | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">Tahap Design yaitu tahap dalam menentukan proses data yang diperlukan oleh sistem baru dengan tujuan memenuhi kebutuhan user dengan alat bantu UML dengan software visual paradigmn Use Case Diagram, Class Diagram, Sequence Diagram, Statechart Diagram dan Activity Diagram. Proses design akan menerjemahkan syarat kebutuhan ke sebuah perancangan perangkat lunak yang dapat diperkirakan sebelum dibuat coding. Proses ini berfokus pada : struktur data dengan menggunakan MySQL, arsitektur perangkat lunak, representasi interface dengan menggunakan Dreamweaver CS5, dan detail (algoritma) prosedural. Tahapan ini akan menghasilkan dokumen yang disebut software requirement. Dokumen inilah yang akan digunakan programmer untuk melakukan aktivitas pembuatan sistemnya. Langkah-langkah yang dilakukan adalah : menyiapkan rancangan sistem yang rinci, mengidentifikasi alternatif konfigurasi sistem dan menyiapkan usulan implementasi. | ||
+ | </p></div> | ||
+ | <li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"><p style="line-height: 2">4. Implementasi (Implementation) | ||
+ | </p></li> | ||
+ | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">Tahap implementasi adalah tahap dimana rancangan sistem yang dibentuk menjadi suatu kode (program) yang siap untuk dioperasikan. Langkah-langkahnya yaitu : menyiapkan fasilitas fisik dan personil, dan melakukan simulasi | ||
+ | </p></div> | ||
+ | |||
+ | <li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"><p style="line-height: 2">5. Pemeliharaan (Maintenance) | ||
+ | </p></li> | ||
+ | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">Setelah melakukan implementasi terhadap sistem baru, tahap berikutnya yang perlu dilakukan adalah pemakaian atau penggunaan, audit sistem, penjagaan, perbaikan dan pengembangan sistem. | ||
+ | </p></div> | ||
+ | </ol> | ||
+ | ===Metode Pengujian=== | ||
+ | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">Dalam skripsi ini metode pengujian yang digunakan yaitu Black Box Testing. Black Box Testing adalah metode uji coba yang memfokuskan pada keperluan software. Karena itu uji coba Black Box memungkinkan pengembangan software untuk membuat himpunan kondisi input yang akan melatih seluruh syarat-syarat fungsional suatu program. Metode pengujian Black Box berusaha untuk menemukan kesalahan dalam beberapa katagori, diantaranya: fungsi-fungsi yang salah atau hilang, kesalahan dalam struktur data atau akses database eksternal, kesalahan performa, kesalahan inisialisasi, dan terminasi | ||
+ | </p></div> | ||
+ | ==Sistematika Penulisan== | ||
+ | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">Untuk memahami lebih jelas penulisan ini, maka materi-materi yang tertera pada Skripsi ini dikelompokkan menjadi beberapa sub bab dengan penyampaian sebagai berikut : | ||
+ | </p></div> | ||
+ | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">BAB I PENDAHULUAN | ||
+ | </p></div> | ||
+ | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2"> Bab ini menjelaskan tentang informasi umum yaitu latar belakang penelitian, perumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, ruang lingkup penelitian, waktu dan tempat penelitian, metodologi penelitian, dan sistematika penulisan. | ||
+ | </p></div> | ||
+ | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">BAB II LANDASAN TEORI | ||
+ | </p></div> | ||
+ | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2"> Bab ini berisikan teori yang diambil dari beberapa kutipan buku, yang berupa pengertian dan definisi. Bab ini juga menjelaskan konsep dasar sistem, konsep dasar informasi, konsep dasar sistem informasi, Unified Modelling Language (UML), dan definisi lainnya yang berkaitan dengan sistem yang dibahas. | ||
+ | </p></div> | ||
+ | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">BAB III PEMBAHASAN DAN ANALISA MASALAH | ||
+ | </p></div> | ||
+ | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">Bab ini berisikan gambaran dan sejarah singkat PT. Padang Golf Modern, struktur organisasi, pembahasan tugas dan wewenang, permasalahan yang dihadapi, alternatif pemecahan masalah, analisa proses, UML (Unified Modelling Language) sistem yang berjalan, sistem yang diusulkan, serta elisitasi tahap I, elisitasi tahap II, elisitasi tahap III, dan final draft elisitasi. | ||
+ | </p></div> | ||
+ | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">BAB IV RANCANGAN SISTEM YANG DIUSULKAN | ||
+ | </p></div> | ||
+ | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2"> Bab ini menjelaskan analisa sistem yang diusulkan dengan menggunakan Unified Modelling Language (UML) melalui program Visual Paradigm 6.4, yaitu Use Case Diagram, Sequence Diagram dan Activity Diagram, rancangan basis data, screen shot dari sistem yang diimplementasikan, serta rancangan perangkat sistem yang diusulkan, terdiri dari hardware dan software. | ||
+ | </p></div> | ||
+ | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">BAB V PENUTUP | ||
+ | </p></div> | ||
+ | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2"> Bab ini berisi kesimpulan dan saran yang berkaitan dengan analisa dan optimalisasi sistem berdasarkan yang telah diuraikan pada bab-bab sebelumnya. | ||
+ | </p></div> | ||
+ | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">DAFTAR PUSTAKA | ||
+ | </p></div> | ||
+ | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">LAMPIRAN – LAMPIRAN | ||
+ | </p></div> |
Revisi per 31 Agustus 2016 04.12
SISTEM RESERVASI LAPANGAN FUTSAL BERBASIS ANDROID
PADA PT. PADANG GOLF MODERN
Disusun Oleh :
NIM |
: 1211471453
|
NAMA |
JURUSAN SISTEM INFORMASI
KONSENTRASI Sistem Informasi Manajemen
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
TANGERANG
2015/2016
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI
SISTEM RESERVASI LAPANGAN FUTSAL BERBASIS ANDROID
PADA PT. PADANG GOLF MODERN
SKRIPSI
Disusun Oleh :
NIM |
:1211471453
|
Nama |
|
Jenjang Studi |
: Strata Satu
|
Jurusan |
:Sistem Informasi
|
Konsentrasi |
:Sistem Informasi Manajemen
|
Disahkan Oleh :
Tangerang, Juni 2016
Ketua |
Kepala Jurusan
| ||||
STMIK RAHARJA |
Jurusan Sistem Informasi
| ||||
(Ir. Untung Rahardja, M.T.I) |
(Nur Azizah, M.Akt, M.Kom)
| ||||
NIP : 000594 |
NIP : 078010
|
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING
SISTEM RESERVASI LAPANGAN FUTSAL BERBASIS ANDROID
PADA PT. PADANG GOLF MODERN
Dibuat Oleh :
NIM |
:1211471453
|
Nama |
Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif
Jurusan Sistem Informasi
Konsentrasi Sistem Informasi Manajemen
Tahun Akademik 2015 / 2016
Disetujui Oleh :
Tangerang, 21 Juni 2016
Pembimbing I |
Pembimbing II
| ||
(Hani Dewi Ariessanti, S.Kom) |
(Erna Astriyani, S.Kom)
| ||
NID : 12003 |
NID :15017
|
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI
SISTEM RESERVASI LAPANGAN FUTSAL BERBASIS ANDROID
PADA PT. PADANG GOLF MODERN
Dibuat Oleh :
NIM |
:1211471453
|
Nama |
Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian
Komprehensif
Jurusan Sistem Informasi
Konsentrasi Sistem Informasi Manajemen
Tahun Akademik 2015/2016
Disetujui Penguji :
Tangerang, Juni 2016
Ketua Penguji |
Penguji I |
Penguji II
| ||
(_______________) |
(_______________) |
(_______________)
| ||
NID : |
NID : |
NID :
|
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI
Yang bertanda tangan dibawah ini,
NIM |
:1211471453
|
Nama |
|
Jurusan |
: Sistem Informasi
|
Konsentrasi |
: Sistem Informasi Manajemen
|
Menyatakan bahwa Laporan Skripsi ini dari awal sampai akhir merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikasi dari Laporan Skripsi yang telah dipergunakan untuk memenuhi persyaratan mengambil Skripsi guna mendapatkan gelar Sarjana Komputer di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan sebelumnya.
Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab serta bersedia menerima sanksi jika ternyata pernyataan di atas tidak benar.
Tangerang, juni 2016
NIM : 1211471453
|
)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;
ABSTRAKSI
Kebutuhanteknologiinformasiyang berkembangsaatinimerupakankebutuhan yang harusterpenuhiditengahpesatnyaperkembanganduniausaha.Teknologiinformasisebagaiunsurterpentinguntukmenjalankansuatuusahamakasistemkomputerisasiadalahsalahsatupenunjangkeberhasilansuatuusaha.Karenadengansistemkomputerisasisegalajenispekerjaandapatdikerjakandengancepatdantepat, terlebihdalamsuatuperusahaan yang besardanmaju.Semuakegiatanperusahaan PT. Padang Golf Modernlandmemfokuskandiriuntukmeningkatkanmutupelayananjasadibidangolahraga demi memberikankepuasanbagipelanggan.sertamerupakansalahsatusistemdalam menunjang berbagai fasilitas olahraga yang memadai dan terakreditasi baik. Untukmenunjangsistemkinerjakaryawandalammenyiapkansegala fasilitas futsalmakaterdapatbagian Penerima Reservasi atau(kasir) yangbertugasuntukmelayani pelanggan yang akan melakukan Reservasi lapangan futsal. Olehkarenaitu, sistem yang dipergunakantidaklepasdaripadasistemkomputerisasi, mulaidari Reservasi,pembayaran, laporanfasilitas futsal, sampaidenganpendataanlaporanlainnya yang memangsangatdiperlukansehinggaharusdilakukandengankomputer.Akan tetapisistem yang berjalansaatinimasihsederhanadimanaReservasi lapangan futsal serta laporanke pimpinan dilakukansecara manual sehinggamenimbulkanmasalahdalam proses pengolahandatanyadanjugamasihbelumterintegrasidenganbaikantaramasing-masingbagiandengan yang lainnyadanitumerupakankendaladalamsistemnya. Denganmelihatsituasitersebutpenulisbertujuanuntuk dapatmemberikansolusi yang tepatdalampenyempurnaanpadasistemReservasi futsal pada PT. Padang Golf Modernland.Selamapenelitianpenulismenggunakanbeberapametodeantara lain: observasi, wawancaradanstudipustaka. Data yang diperolehdianalisisdalambentukUniefied Modeling Language (UML)denganmenggunakansoftware visual paradigma 6.4.BerdasarkanlatarbelakangdiatasmakapadaKuliahKerjaPraktek (KKP) inipenulismemberijudul”Sistem Reservasi Lapangan Futsal Berbasis Android Pada PT. Padang Gol
f Moderland ”
Kata kunci :Sistem, Reservasi, UML
ABSTRACT
The Information Technology Needs of Developing earlier Currently Should a requirement be met amid the rapid development of the business world. Information Technology As most important element for the review run a business then pray The computerized system is supporting the success of a business. Because The Type Everything computerized system can work done quickly and accurately, especially a Company a big hearts and advanced. All activities PT. Golf Course Self Modernland focus for the review improve service quality in order to provide services in the field of Sport For customer satisfaction. As well as a prayer One System Various hearts have been used to support Sport Yang adequate and Accredited Good. System support costs for the boarding of employees hearts prepare Everything was used futsal So are part of the reservation RECEIVER OR (cashier) The duty to review Serving customers That will make reservation futsal field. By Therefore, No System used off from AT computerized system, ranging from the reservation, payment, has been used futsal report, other reports Data Collection Until With That is indeed very necessary so to do with computers. But the current system is still modest Where reservation husband indoor soccer field and the report to the Governing done IN causing problems hearts Processing of data and integrated Also With Still Not Good Between each Part With Others And That is the hearts constraint system. Search Google Articles Seeing the situation author aims to review can give the Right Solution hearts improvement reservation system futsal on in. Golf Course Modernland. During the study author uses several methods such as: observation, interview and literature study. The data were analyzed TIN hearts Uniefied Shape Modeling Language (UML) With uses visual paradigm 6.4 software. Based on the above background, on Job Training (CTF) husband Writer Giving the title "The reservation system Futs
al Android-Based PT. Golf Course Moderland
Keywords : System, Reservation, UML
Segala puji syukur dan pujian bagi Allah SWT yang memiliki keluasan ilmu dan atas rahmat dan ridho-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan Skripsi ini, dengan judul “Sistem Reservasi Lapangan Futsal Berbasis Android Pada PT Padang Golf Modern”.
Tujuan dari pembuatan Skripsi ini adalah sebagai syarat untuk memenuhi persyaratan kelulusan akademik. Serta sebagai bahan penulisan, penulis mengambil berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan beberapa sumber literatur yang telah dikumpulkan dalam penulisan Kuliah Kerja Praktek sebelumnya yang mendukung penulisan ini.
Dalam penyusunan Skripsi ini, penulis banyak dibantu oleh berbagai pihak, baik berupa dorongan moril maupun materil, serta bimbingan dan semangat yang diberikan kepada penulis. Penulis menyadari bahwa tanpa bimbingan dan dorongan semua pihak, maka penulis tidak akan dapat menyelesaikan tugas ini dengan baik dan tepat pada waktunya. Untuk itu pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih secara tulus dan ikhlas khususnya kepada:
1. Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I, selaku Ketua STMIK Raharja.
2. Bapak Sugeng Santoso, M.Kom, selaku Pembantu Ketua 1 Bidang Akademik STMIK Raharja.
3. Ibu Nur Azizah, M.Kom,M.Akt, selaku Kepala Jurusan Sistem Informasi.
4. Hany Dewi, S.Kom, sebagai Dosen Pembimbing I dan Ibu Erna Astriyani, S.Kom sebagai Pembimbing II, yang telah meluangkan waktu, pikiran, dan tenaganya untuk memberikan bimbingan dan pengarahan kepada penulis.
5. Bpk. Teguh Setianto, sebagai Pembimbing Lapangan.
6. Bpk. Budi Haryadi, selaku Manager Sport Club PT Padang Golf Modern.
7. Bapak dan Ibu Dosen Perguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan ilmu pengetahuan kepada kami.
8. Kedua orang tua dan keluarga tercinta yang telah memberikan dukungan moril maupun materil serta doa untuk keberhasilan penulis.
9. Rekan-rekan PT. Padang Golf Modern yang selalu memberikan dukungan dan semangatnya.
10. Risa yang selalu memberikan dukungan dan motivasi pada saya.
11. Rekan-rekan mahasiswa STMIK Raharja yang telah memberikan dorongan, dukungan, dan masukan yang sangat berarti untuk menyelesaikan skripsi ini.
Penulis menyadari bahwa dalam penyajian dan penyusunan laporan ini masih jauh dari sempurna dan masih banyak kekurangannya.
Akhir kata penulis berharap laporan ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca dan dapat menjadi bahan acuan yang bermanfaat dikemudian hari.
Tangerang, JUNI 2016 | |
Ajang Ssaepul Manan | |
1211471453 |
Daftar isi
DAFTAR SIMBOL
DAFTAR SIMBOL USE CASE DIAGRAM
DAFTAR SIMBOL SEQUENCE DIAGRAM
DAFTAR STATE CHART DIAGRAM
DAFTAR SIMBOL ACTIVITY DIAGRAM
DAFTAR TABEL
Tabel Literatur Riview
Diagram Elisitasi Tahap I
Diagram Elisitasi Tahap II
Diagram Elisitasi Tahap III
Diagram Final Draft Elisitasi
Tabel Booking Lapangan
Tabel Pelanggan
Tabel Pembayaran
Tabel Lapangan
Tabel Schedulle Implementasi
Tabel Estimasi Biaya
Tabel Black Box Testing
DAFTAR GAMBAR
Logo UML (Unified Modeling Language)
Gambar Eclipse
Gambar Logo Aplikasi
Gambar Logo Snaptu
Struktur Organisasi
Use Case DiagramYang Sedang Berjalan
Activity Diagram sistem yang Berjalan
Unifield Modeling Language ( UML)
Sequence Diagram Yang Sedang Berjalan
Use Case DiagramYang di Usulkan
Use case Diagram Pada Web Yang Di usulkan
Activity Diagram Yang diusulkan Untuk customer Pada Android.
Activity Diagram Yang Diusulkan Untuk staff Kasir
Sequen Diagram Customer Pada Android
Sequen Diagram Kasir Pada Android
Gambar Sequen Diagram Yang diusulkan
Class Diagram
Prototype Menu Home Area User Pada android
Prototype Menu Kategori Booking
Prototype Home Pada web
Prototype Menu Login Admin
Prototype Data Pelanggan
Prototype Data Reservasi
Prototype Input Data Pelanggan
Tampilan Menu awal pada Android
Tampilan Menu Login Pada Android
Tampilan Menu Register Pada Android
Tampilan Menu Home Pada Android
Tampilan Menu Booking Lapangan Pada Android
Tampilan Menu Booking Lapangan Pada Android
Tampilan Menu LoginAdmin
Tampilan Home Area Admin
Tampilan Tampilan Menu Data Pelanggan
Tampilan Menu Data Reservasi
Tampilan Menu Data Pelanggan
Tampilan Menu Input data pelanggan
BAB I
Latar Belakang
Kebutuhan teknologi informasi yang berkembang saat ini merupakan kebutuhan yang harus terpenuhi ditengah pesatnya perkembangan dunia usaha. Teknologi informasi sebagai unsur terpenting untuk menjalankan suatu usaha maka sistem komputerisasi adalah salah satu penunjang keberhasilan suatu usaha. Karena dengan sistem komputerisasi segala jenis pekerjaan dapat dikerjakan dengan cepat dan tepat, terlebih dalam suatu perusahaan yang besar dan maju seperti PT. Padang Golf Modern.
PT. Padang Golf Modern adalah perusahaan yang bergerak dibidang jasa. Dimana kegiatannya adalah menjual jasa berupa Reservasi lapangan futsal.
Seluruh kegiatan ini dilakukan secara manual, sehingga sangatlah menyulitkan bagi petugas dalam berbagai hal didalam Reservasi yang dia lakukan. Setiap kali petugas akan membuat laporan harian, bulanan, dan tahunan, petugas administrasi mendapatkan banyak kesulitan, karena petugas merekap seluruh transaksi yang ada dengan membuka buku transaksi, baik itu transaksi pendaftaran dan transaksi keuangan.
Oleh karna itu sangatlah penting bagi perusahaan ini untuk merancang sebuah sistem yang terkomputerisasi, yang tentunya dapat membantu berbagai aktifitas-aktifitas dalam bertransaksi.
Untuk itu, berdasarkan latar belakang permasalahan yang ada di PT Padang Golf Modern saat ini, maka penulis dapat melakukan Perancangan dalam bentuk penulisan Skripsi dan Program terhadap sistem yang berjalan dengan judul “Sistem informasi Reservasi Lapangan Futsal Berbasis Android Pada PT. Padang Golf Modern”
Perumusan Masalah
Dengan adanya sistem informasi yang belum terkomputerisasi, sistem Reservasi Lapangan Futsal yang berjalan saat ini pada PT. Padang Golf Modern tentu masih memiliki banyak kekurangan di berbagai aspek, dan masih sangat memungkinkan terjadi kesalahan yang dapat menghambat sistem ketika sistem tersebut berjalan. Berdasarkan Permasalahan yang sudah dijelaskan diatas maka dapat ditarik beberapa Rumusan Masalah sebagai berikut:
a. Bagaimana tingkat keakuratan, ketepatan, dan relevansi sistem informasi Reservasi futsal yang telah berjalan dalam lingkungan perusahaan PT Padang Golf Modern saat ini?
b. Apakah laporan futsal yang berjalan saat ini sudah efektif?
c. Bagaimana Membuat Sistem informasi untuk meningkatkan kecepatan pengolahan data yang dapat Meningkatkan Kinerja pegawai pada PT Padang Golf Modern ?
d. Aplikasi yang seperti apa yang akan di pergunakan oleh customer untuk mempermudah reservasi lapangan futsal ?
Tujuan dan Manfaat Penelitian
Tujuan Penelitian
Kegunaan dari penelitan ini adalah agar memiliki hasil yang nanti dapat dimanfaatkan oleh suatu lembaga, departemen atau siapapun baik sebagai pengetahuan maupun sebagai dasar untuk mengambil suatu kebijakan.
Agar penulisan dapat dilaksanakan dengan baik dan tepat, tentunya harus ada tujuan-tujuan yang jelas, yang telah ditetapkan sebelum pelaksanaan tersebut.
Begitu dengan penulisan ini, tentunya memiliki tujuan-tujuan yang sudah ditentukan untuk dijadikan acuan dan pedoman dalam pelaksanaan penulisan yang nantinya akan menjadi suatu bentuk hasil akhir yang diusahakan dapat dicapai dari pelaksanaan penulisan ini.
Adapun tujuan dari penulisan ini antara lain:
1. Tujuan operasional
a. Untuk Merancang Sistem Reservasi Lapangan Futsal Pada PT. Padang Golf Modern
b. Dengan adanya aplikasi Android Reservasi lapangan futsal dapat memudahkan Customer.
c. Untuk memberikan solusi Bagi PT Padang Golf Modern Pada Umumnya.
2. Fungsional
a. Untuk menyimpan Data-data Reservasi Lapangan Futsal, baik itu member maupun non member.
3. Individu
a. Dapat menambah wawasan penulis dalam hal dunia kerja.
b. Ingin mengimplementasikan ilmu yang sudah kami dapat dalam proses belajar mengajar.
c. Sebagai syarat untuk menyelesaikan SKRIPSI dan mendapatkan gelar Sarjana.
Manfaat Penelitian
1. Manfaat Fungsioanal
a. Membantu Customer dalam Reservasi lapangan Futsal sehingga kegiatan Reservasi menjadi cepat dan mudah
2. Manfaat operasional
a. Memberikan kemudahan kepada staff-staff untuk mengetahui jumlah reservasi lapangan futsal.
b. Memudahkan dalam pembuatan laporan kegiatan Reservasi futsal pada PT Padang Golf Modern.
3. Manfaat individu
c. .Menambah Ilmu buat penulis dalam kegiatan pembuatan Aplikasi berbasis Android.
d. Memberikan Pengalaman kepada Penulis dalam Kegiatan reservasi lapangan futsal.
e. Sebagai sarana dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan serta wawasan yang telah didapat selama ini disekolah Tinggi Manajemen Ilmu Komputer Raharja.
Ruang lingkup Penelitian.
Agar dalam pembahasan ruang lingkup menjadi lebih terarah serta berjalan baik dan lancar, ruang lingkup dan pembatasan masalah yang dibahas oleh penulis hanya mengenai Reservasi lapangan futsal untuk kebutuhan operasional serta pembuatan laporan kegiatan Reservasi Lapangan futsal PT Padang Golf Modernland
Metode Penelitian.
Metode Pengumpulan Data
Dalam penyusunan Laporan Skripsi ini, penulis mengumpulkan data dan keterangan yang diperlukan untuk penelitian dengan metode sebagai berikut :
1. Wawancara
2. Observasi
3. Studi Kepustakaan
Untuk melengkapi data-data yang diperlukan dalam pengembangan Sistem informasi Reservasi Lapangan Futsal ini maka dilakukan wawancara terhadap beberapa pegawai. Wawancara yang dilakukan untuk mencari data mengenai kekurangan dari sistem yang sedang berjalan serta kebutuhan-kebutuhan lain yang diperlukan oleh pegawai yang belum tercukupi dari sistem yang telah ada sekarang. Wawancara dilakukan langsung kepada Bpk. Moh Yahya selaku pegawai pada PT Padang Golf Modern.
Observasi adalah metode yang dilakukan penulis untuk mengumpulkan data dan mendapatkan hal-hal yang diperlukan untuk proses penelitian dengan cara mendatangi objek penelitian secara langsung ke PT Padang Golf Modern Yang beralamat di Jl Modern Golf Raya Perumahan Kota Modern Tangerang.
Metode studi kepustakaan dilakukan untuk menunjang metode wawancara dan observasi yang telah dilakukan. Pengumpulan informasi yang dibutuhkan dilakukan dengan mencari referensi-referensi yang berhubungan dengan penelitian yang dilakukan, referensi dapat diperoleh dari buku-buku atau internet.
Metode Analisa Sistem
Object Oriented Analysis (OOA).
Proses analisis dilakukan terhadap hasil tahapan pengumplan data dengan wawancara, observasi, dan studi pustaka untuk mendapatkan spesifikasi kebutuhan sistem yang akan dikembangkan.
Pada proses analisis, teknik analisis yang dilakukan adalah:
1. Analisis Pengguna, Dilakukan analisis terhadap user-user yang akan menggunakan aplikasi dan juga fungsi-fungsi apa saja yang bisa didapatkan oleh masing – masing user.
2. Analisis kebutuhan Fungsional, non fungsional dan pengguna
3. Analisis perilaku sistem
4. Analisis sistem berjalan saat ini.
Pemodelan kebutuhan fungsional untuk menggambarkan fungsi sistem dan pengguna yang terlibat serta fungsi- fungsi apa saja yang bisa didapatkan oleh masing-masing pengguna dimodelkan dengan Use Case Diagram.
Pada tahapan ini, dilakukan analisis perilaku sistem yang dikembangkan dan dimodelkan dengan Activity Diagram dan Sequence Diagram. Activity Diagram untuk memodelkan proses use case yang berjalan di dalam sistem, sedangkan sequence diagram untuk memodelkan pengiriman pesan (message) antar object dan kronologinya.
Berdasarkan sistem yang baru yang diinginkan oleh pihak manajemen terkait dan disanggupi oleh penulis untuk di eksekusi.
Metode Perancangan Sistem
Metode perancangan sistem yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode SDLC (System Development Life Cycle) dengan tahapan sebagai berikut :
1. Perencanaan (Planning)
2. Analisis (Analysis)
3. Disain (Design)
4. Implementasi (Implementation)
5. Pemeliharaan (Maintenance)
Tahap perencanaan adalah tahap awal pengembangan sistem yang mendefinisikan perkiraan kebutuhan-kebutuhan sumber daya, seperti : perangkat fisik, metode dan anggaran yang sifatnya masih umum. Dalam tahap ini juga dilakukan langkah-langkah berupa: mendefinisikan masalah, menentukan tujuan sistem, mengidentifikasi kendala-kendala sistem dan membuat studi kelayakan.
Tahap analisis merupakan tahap penelitian atas sistem yang berjalan dengan tujuan untuk merancang sistem yang baru dengan menggunakan tools atau alat bantu UML (Unified Modeling Language) dengan software visual paradigm yaitu sebuah bahasa yang berdasarkan grafik atau gambar, menvisualisasikan, menspesifikasikan, membangun dan pendokumentasian dari sebuah sistem pengembangan piranti lunak berbasis “OO” (Object Orientied) melalui tahap : Use Case Diagram, Sequence Diagram, dan Activity Diagram yang dilakukan melalui 4 (empat) tahap, yaitu: (1) Survey terhadap sistem yang berjalan, (2) Analisa terhadap temuan survey, (3) Identifikasi kebutuhan informasi dengan menggunakan alat bantu elisitasi melalui 4 (empat) tahapan, yaitu tahap 1 (satu) mencakup semua kebutuhan sistem, tahap 2 (dua) melakukan pengelompokkan kebutuhan dengan metode MDI (Mandatory, Desirable, Inessential) selanjutnya tahap 3 (tiga) dengan TOE (Technical, Operational dan Economic) serta tahap final, (4) Identifikasi persyaratan sistem. Hasil analisa kemudian dibuat laporan untuk masukan dalam perancangan sistem yang diusulkan.
Tahap Design yaitu tahap dalam menentukan proses data yang diperlukan oleh sistem baru dengan tujuan memenuhi kebutuhan user dengan alat bantu UML dengan software visual paradigmn Use Case Diagram, Class Diagram, Sequence Diagram, Statechart Diagram dan Activity Diagram. Proses design akan menerjemahkan syarat kebutuhan ke sebuah perancangan perangkat lunak yang dapat diperkirakan sebelum dibuat coding. Proses ini berfokus pada : struktur data dengan menggunakan MySQL, arsitektur perangkat lunak, representasi interface dengan menggunakan Dreamweaver CS5, dan detail (algoritma) prosedural. Tahapan ini akan menghasilkan dokumen yang disebut software requirement. Dokumen inilah yang akan digunakan programmer untuk melakukan aktivitas pembuatan sistemnya. Langkah-langkah yang dilakukan adalah : menyiapkan rancangan sistem yang rinci, mengidentifikasi alternatif konfigurasi sistem dan menyiapkan usulan implementasi.
Tahap implementasi adalah tahap dimana rancangan sistem yang dibentuk menjadi suatu kode (program) yang siap untuk dioperasikan. Langkah-langkahnya yaitu : menyiapkan fasilitas fisik dan personil, dan melakukan simulasi
Setelah melakukan implementasi terhadap sistem baru, tahap berikutnya yang perlu dilakukan adalah pemakaian atau penggunaan, audit sistem, penjagaan, perbaikan dan pengembangan sistem.
Metode Pengujian
Dalam skripsi ini metode pengujian yang digunakan yaitu Black Box Testing. Black Box Testing adalah metode uji coba yang memfokuskan pada keperluan software. Karena itu uji coba Black Box memungkinkan pengembangan software untuk membuat himpunan kondisi input yang akan melatih seluruh syarat-syarat fungsional suatu program. Metode pengujian Black Box berusaha untuk menemukan kesalahan dalam beberapa katagori, diantaranya: fungsi-fungsi yang salah atau hilang, kesalahan dalam struktur data atau akses database eksternal, kesalahan performa, kesalahan inisialisasi, dan terminasi
Sistematika Penulisan
Untuk memahami lebih jelas penulisan ini, maka materi-materi yang tertera pada Skripsi ini dikelompokkan menjadi beberapa sub bab dengan penyampaian sebagai berikut :
BAB I PENDAHULUAN
Bab ini menjelaskan tentang informasi umum yaitu latar belakang penelitian, perumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, ruang lingkup penelitian, waktu dan tempat penelitian, metodologi penelitian, dan sistematika penulisan.
BAB II LANDASAN TEORI
Bab ini berisikan teori yang diambil dari beberapa kutipan buku, yang berupa pengertian dan definisi. Bab ini juga menjelaskan konsep dasar sistem, konsep dasar informasi, konsep dasar sistem informasi, Unified Modelling Language (UML), dan definisi lainnya yang berkaitan dengan sistem yang dibahas.
BAB III PEMBAHASAN DAN ANALISA MASALAH
Bab ini berisikan gambaran dan sejarah singkat PT. Padang Golf Modern, struktur organisasi, pembahasan tugas dan wewenang, permasalahan yang dihadapi, alternatif pemecahan masalah, analisa proses, UML (Unified Modelling Language) sistem yang berjalan, sistem yang diusulkan, serta elisitasi tahap I, elisitasi tahap II, elisitasi tahap III, dan final draft elisitasi.
BAB IV RANCANGAN SISTEM YANG DIUSULKAN
Bab ini menjelaskan analisa sistem yang diusulkan dengan menggunakan Unified Modelling Language (UML) melalui program Visual Paradigm 6.4, yaitu Use Case Diagram, Sequence Diagram dan Activity Diagram, rancangan basis data, screen shot dari sistem yang diimplementasikan, serta rancangan perangkat sistem yang diusulkan, terdiri dari hardware dan software.
BAB V PENUTUP
Bab ini berisi kesimpulan dan saran yang berkaitan dengan analisa dan optimalisasi sistem berdasarkan yang telah diuraikan pada bab-bab sebelumnya.
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN – LAMPIRAN