TA1231371432: Perbedaan revisi

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari
[revisi tidak terperiksa][revisi tidak terperiksa]
(PHP (Hypertext Preprocessor))
(PHP (Hypertext Preprocessor))
Baris 1.397: Baris 1.397:
 
<p style="line-height: 2">
 
<p style="line-height: 2">
  
''Website'' Dinamis
+
''Boolean''
  
 
</p></li>
 
</p></li>
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify">
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify">
 
<p style="line-height: 2">
 
<p style="line-height: 2">
Merupakan sebuah ''website'' yang menyediakan Content atau isi yang selalu berubah-ubah setiap saat. Bahasa pemrograman yang digunakan antara lain PHP, ASP, .NET dan memanfaatkan ''database'' MySQL atau MS SQL. Misalnya website www.kompas.com.  
+
Adalah tipe data yang paling standar yang hanya menyatakan kebenaran, apakah True (benar) atau False (salah). Contoh sederhana:
 +
<?php $variabel_bol = True; // ini akan mengalokasikan True ke $variabel_bol?>
 
</p></div>
 
</p></div>
 +
 
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify">
 
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify">
 
<p style="line-height: 2">
 
<p style="line-height: 2">

Revisi per 26 Februari 2016 09.00

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEREKRUTAN

KARYAWAN SECARA ONLINE

PADA PT. TROPIC ABADI


TUGAS AKHIR

Disusun Oleh :

NIM
: 1231371432
NAMA


JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI SYSTEM ARCHITECTURE

AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER

(AMIK) RAHARJA INFORMATIKA

TANGERANG

2015/2016

AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER

(AMIK) RAHARJA INFORMATIKA

 

LEMBAR PENGESAHAN TUGAS AKHIR

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEREKRUTAN

KARYAWAN SECARA ONLINE

PADA PT. TROPIC ABADI

 

Disusun Oleh :

NIM
: 1231371432
Nama
Jenjang Studi
: Diploma Tiga
Jurusan
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: System Architecture

 

 

Disahkan Oleh :

Tangerang, Januari 2016

Ketua
       
Kepala Jurusan
AMIK Raharja Informatika
       
Jurusan Teknik Informatika
           
           
           
           
(Drs. Po.Abas Sunarya, M.Si.)
       
(Diah Aryani, ST.,M.Kom.)
NIP : 000603
       
NIP : 010413

AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER

(AMIK) RAHARJA INFORMATIKA

 

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEREKRUTAN

KARYAWAN SECARA ONLINE

PADA PT. TROPIC ABADI

 

Dibuat Oleh :

NIM
: 1231371432
Nama

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi System Architecture

Tahun Akademik 2015/2016

 

 

Disetujui Oleh :

Tangerang, 12 Januari 2016

Pembimbing I
   
Pembimbing II
       
       
       
       
(Haerudin, S.Kom.,MM.)
   
(Faridi, M.Kom.)
NID : 05092
   
NID : 14020

AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER

(AMIK) RAHARJA INFORMATIKA

LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEREKRUTAN

KARYAWAN SECARA ONLINE

PADA PT. TROPIC ABADI

 

Dibuat Oleh :

NIM
: 1231371432
Nama

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian

Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi System Architecture

Tahun Akademik 2015/2016

 

 

Disetujui Penguji :

Tangerang, Januari 2016

Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
(_______________)
 
(_______________)
 
(_______________)
NID :
 
NID :
 
NID :

AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER

(AMIK) RAHARJA INFORMATIKA

 

LEMBAR KEASLIAN TUGAS AKHIR

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEREKRUTAN

KARYAWAN SECARA ONLINE

PADA PT. TROPIC ABADI

 

Disusun Oleh :

NIM
: 1231371432
Nama
Jenjang Studi
: Diploma Tiga
Jurusan
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: System Architecture

 

 

Menyatakan bahwa Tugas Akhir ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan atau duplikat dari Tugas Akhir yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Ahli Madya baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja, maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab serta bersedia menerima sanksi jika ternyata pernyataan ini di atas tidak benar.

Tangerang, 28 Januari 2016

 
 
 
 
 
NIM : 1231371432

 

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000

ABSTRAKSI

Dalam sebuah perusahaan, maju mundurnya sangat ditentukan oleh karyawan yang disertai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi disegala bidang berlangsung begitu pesat. Demikian pula pada divisi HRD di PT. Tropic Abadi pada saat mengelola aktivitas perekrutan karyawan. Sistem perekrutan karyawan yang berjalan di PT. Tropic Abadi saat ini masih bersifat manual, yaitu: melalui media cetak dan mulut ke mulut sebagai media komunikasi dalam memberikan informasi lowongan pekerjaan, dimana proses kurang efektif dan efisien. Sehingga dibutuhkan sebuah sistem guna proses perekrutan karyawan menjadi lebih cepat, tepat, efektif, dan efisien. Metodelogi yang digunakan yaitu pengembangan sistem yang terstruktur melalui Unified Modeling Language (UML) dan hasil akhir yang dicapai dari penulisan laporan Tugas Akhir ini adalah dengan menerapkan sistem berbasis web yang penulis rancang untuk PT. Tropic Abadi untuk dapat menyelesaikan masalah tersebut, mulai dari kecepatan informasi yang diberikan dan sistem basis data yang mudah dikelola.


Kata Kunci: Sistem Informasi, UML, Perekrutan Karyawan

ABSTRACT

In a company, reciprocation is determined by the employee who is accompanied by the development of science and technology in all fields takes place so rapidly. Similarly, the HR Division at PT. Tropic Abadi when managing recruitment activity. Employee recruitment system that runs on PT. Tropic Abadi currently still manual, ie: through the print media and word of mouth as communications media in providing information on job vacancies, which are less effective and efficient process. And so we need a system to the process of hiring employees more quickly, accurately, effectively, and efficiently. Methodology used is a structured system development through the Unified Modeling Language (UML) and the final result achieved from writing this final task is to implement a web-based system which the author designed to PT. Tropic Abadi to be able to solve these problems, ranging from the speed of the information provided and the database system that is easy to manage.


Keywords: Information systems, UML, Recruitment Employee

KATA PENGANTAR


Segala puji syukur penulis panjatkan kehadiran Tuhan Yang Maha Esa atas segala karunia dan rahmat-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan Laporan Tugas Akhir ini dengan baik tepat pada waktunya.”.

Laporan Tugas Akhir ini berjudul “Perancangan Sistem Informasi Perekrutan Karyawan Secara Online Pada PT. Tropic Abadi”, tujuan penulisan ini adalah sebagai salah satu bukti keseriusan penulis dalam menerapkan ilmu di dalam dunia kerja serta persyaratan menyelesaikan program pendidikan Diploma Tiga (D3) Jurusan Teknik Informatika dan konsentrasi System Architecture.

Dalam penyusunan Laporan Tugas Akhir ini, penulis mengalami berbagai hal kendala. Namun, berkat dukungan dari berbagai pihak baik moril maupun materil. Dan penulis berharap karya tulis ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat dan tambahan pengetahuan bagi para pembaca umumnya serta mahasiswa khususnya.

Dengan kerendahan hati penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat dalam mendorong dan membantu penulis dalam penyusunan Laporan Kuliah Kerja Praktek, khususnya kepada :

  1. Direktur AMIK Raharja Informarika, Bapak Drs. Po. Abas Sunarya, M.Si.
  2. Pembantu Direktur I AMIK Raharja Informatika, Bapak Padeli, M.Kom.
  3. Kepala Jurusan Teknik Informatika AMIK Raharja Informatika, Ibu Diah Aryani, ST.,M.Kom.
  4. Dosen Pembimbing I Tugas Akhir, Bapak Haerudin, S.Kom.,MM.
  5. Dosen Pembimbing II Tugas Akhir, Bapak Faridi, M.Kom.
  6. Seluruh Staff PT. Tropic Abadi yang benar-benar mendukung dan membantu penulis selama dalam melaksanakan observasi.
  7. Seluruh staff dosen dan rekan – rekan mahasiswa/i AMIK Raharja Informatika yang telah memberikan ilmu pengetahuan kepada penulis.
  8. Ibunda, Ayah, serta Adik tercinta yang telah memberikan semangat, motivasi serta dukungan dalam menyusun Laporan Tugas Akhir ini.

Penulis mengucapkan terima kasih, atas semua bimbingan dan petunjuk yang telah diberikan. Semoga kebaikan Bapak/Ibu mendapat balasan yang berlipat ganda dari Tuhan Yang Maha Esa. Aamiin.

Penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan penulisan Laporan Tugas Akhir ini, mudah mudahan bermanfaat khususnya bagi penulis sendiri, mahasiswa, masyarakat dan bagi semua pihak di dalam mengadakan penelitian lebih lanjut.


Tangerang, 28 Januari 2016
Penulis,
Yudha Surya Putra

DAFTAR TABEL

  1. Tabel 3.1 Elisitasi Tahap I
  2. Tabel 3.2 Elisitasi Tahap II
  3. Tabel 3.3 Elisitasi Tahap III
  4. Tabel 3.4 Elisitasi Final
  5. Tabel 3.5 Tabel Login
  6. Tabel 3.6 Tabel Kerja
  7. Tabel 3.7 Tabel Lowongan
  8. Tabel 3.8 Tabel Pelamar
  9. Tabel 3.9 Tabel Schedule
  10. Tabel 3.10 Tabel Estimasi Biaya Penelitian

DAFTAR GAMBAR

  1. Gambar 3.1 Struktur Organisasi PT. Tropic Abadi
  2. Gambar 3.2 Use case Diagram Perekrutan Karyawan
  3. Gambar 3.3 Sequence Diagram Perekrutan Karyawan
  4. Gambar 3.4 Activity Diagram Perekrutan Karyawan
  5. Gambar 3.5 Use Case Diagram Yang Diusulkan
  6. Gambar 3.6 Sequence Diagram Admin HRD Yang Diusulkan
  7. Gambar 3.7 Sequence Diagram Pelamar Yang Diusulkan
  8. Gambar 3.8 Activity Diagram Yang Diusulkan
  9. Gambar 3.9 Class Diagram Yang Diusulkan
  10. Gambar 3.10 Rancangan Prototype Tampilan Menu Utama
  11. Gambar 3.11 Rancangan Prototype Tampilan Login
  12. Gambar 3.12 Rancangan Prototype Tampilan Registrasi
  13. Gambar 3.13 Rancangan Prototype Tampilan Menu Utama Admin
  14. Gambar 3.14 Rancangan Prototype Tampilan Input Pekerjaan
  15. Gambar 3.15 Rancangan Prototype Tampilan Input Lowongan
  16. Gambar 3.16 Rancangan Prototype Tampilan Menu Career
  17. Gambar 3.17 Rancangan Prototype Tampilan Formulir Daftar Lamaran
  18. Gambar 3.18 Rancangan Prototype Tampilan Cetak Laporan
  19. Gambar 3.19 Menu Utama
  20. Gambar 3.20 Menu Login
  21. Gambar 3.21 Menu Registrasi
  22. Gambar 3.22 Menu Utama Admin
  23. Gambar 3.23 Menu Input Pekerjaan
  24. Gambar 3.24 Menu Input Lowongan
  25. Gambar 3.25 Menu Career
  26. Gambar 3.26 Menu Formulir Daftar Lamaran
  27. Gambar 3.27 Menu Laporan

DAFTAR SIMBOL

DAFTAR SIMBOL USE CASE DIAGRAM

DAFTAR SIMBOL CLASS DIAGRAM

classdiagram.png

DAFTAR SIMBOL ACTIVITY DIAGRAM

DAFTAR SIMBOL SEQUENCE DIAGRAM

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Dalam era globalisasi saat ini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi disegala bidang berlangsung begitu pesat, seiring dengan meningkatnya kebutuhan pemakai komputer untuk memperoleh kemudahan dalam segala aktivitas.

Begitu pula dalam sebuah perusahaan, maju mundurnya sangat ditentukan oleh karyawan, karena karyawan merupakan modal yang sangat penting untuk kelangsungan hidupnya walaupun didukung oleh sarana dan teknologi yang canggih tidak akan berarti jika tidak didukung oleh sumber daya manusia yang handal dan tentunya berkualitas.

PT. Tropic Abadi yang berkedudukan di Jl. KH Hasyim Ashari no. 8 Cipondoh – Tangerang merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa percetakan. Dalam memberikan informasi lowongan kerja, perusahaan tersebut masih berjalan secara manual, yaitu: melalui media cetak dan mulut ke mulut sebagai media komunikasi dalam memberikan berbagai macam informasi lowongan kerja.

Proses pendataan perekrutan karyawan baru masih yang berjalan saat ini masih bersifat manual dan menyebabkan sering terjadinya kehilangan proses data lamaran dan membutuhkan waktu yang lama, sehingga data yang dihasilkan tidak tepat pada waktu dan belum akurat.

Melihat permasalahan di atas penulis akan merancang sebuah sistem perekrutan karyawan berbasis web. Dari pemaparan singkat ini sebagai pendahuluan di atas maka penulis mengambil judul "Perancangan Sistem Informasi Perekrutan Karyawan Secara Online Pada PT. Tropic Abadi".

Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang di atas, maka masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah :

  1. Bagaimana sistem perekrutan karyawan yang telah berjalan saat ini?

  2. Apakah sistem perekrutan karyawan yang berjalan saat ini sudah efektif dan efisien?

  3. Bagaimana solusi dalam merancang sistem informasi perekrutan karyawan?

Ruang Lingkup Penelitian

Ruang lingkup penelitian ini hanya dibatasi pada bagian HRD untuk lebih menfokuskan pada permasalahan yang ada agar tidak menyimpang dari pokok permasalahan, maka yang dibahas adalah tentang data pelamar, pendaftaran pelamar secara online, dan pemberian informasi lowongan pekerjaan.

Tujuan dan Manfaat Penelitian

Adapun penelitian yang diwujudkan dalam Tugas Akhir ini mempunyai tujuan dan manfaat sebagai berikut :

Tujuan Penelitian

  1. Mengetahui sistem perekrutan karyawan yang telah berjalan saat ini.

  2. Memberikan solusi untuk mengatasi permasalahan yang terjadi pada sistem perekrutan karyawan.

  3. Sebagai media parameter untuk perekrutan karyawan yang berkompeten di bidangnya.

  4. Mengetahui fungsi dan prosedur yang terkait dalam sistem perekrutan karyawan.

Manfaat Penelitian

Adapun manfaat dari penelitian ini adalah :

  1. Bagi Penulis

  2. Penelitian ini merupakan implementasi dari ilmu pengetahuan dan keterampilan yang penulis peroleh selama perkuliahan di Perguruan Tinggi Raharja, selain itu dapat memberikan manfaat yang sangat besar untuk diaplikasikan ke dalam perusahaan tempat penulis bekerja.

  3. Bagi Perusahaan

  4. Penelitian ini diharapakan dapat menjadi suatu masukan atau memberikan solusi terhadap permasalahan yang terjadi pada sistem pengrekrutan karyawan.

  5. Bagi Pembaca

  6. Penelitian ini diharapkan dapat berguna untuk menambah wawasan dan dapat dijadikan gambaran untuk suatu penelitian khusus dalam bidang yang sama.

    Metode Penelitian

    Metode Pengumpulan Data

    Untuk mendapatkan data yang diperlukan dalam penelitian ini, digunakan metode sebagai berikut :

    • Penelitian Kepustakaan

      Data diperoleh dengan cara mempelajari buku-buku yang berhubungan dengan sistem kepustakaan sebagai referensi dalam penulisan laporan Tugas Akhir (TA) ini.

    • Penelitian Lapangan

      Data diperoleh dengan cara datang langsung pada objek yang diteliti sekaligus mengadakan kegiatan sebagai berikut :

    1. Metode Observasi (Observation)
      Suatu metode untuk mendapatkan data dengan melakukan pengamatan dan melaksanakan pencatatan secara sistematis terhadap unsur-unsur yang diperlukan dengan cara langsung mengadakan penelitian perekrutan karyawan pada PT. Tropic Abadi.
    2. Metode Wawancara (Interview)
      Yaitu metode pengumpulan data dengan cara melakukan dialog atau hanya jawab langsung kepada pembimbing lapangan pada PT. Tropic Abadi sesuai dengan tujuan berhubungan dengan penyusunan laporan Tugas Akhir (TA).
    3. Metode Studi Pustaka
      Data diperoleh dengan cara mempelajari buku-buku yang berhubungan dengan penelitian dari berbagai sumber yang tertulis, untuk mendapatkan referensi yang dibutuhkan serta melakukan studi banding.

    Metode Analisa

    Pada metode analisa ini penulis menganalisa suatu sistem yang sudah berjalan. Metode analisa yang dilakukan dalam penulisan ini terdapat beberapa tahapan, yaitu :

    1. Survey terhadap sistem yang sedang berjalan
      Mengumpulkan data dan informasi langsung dari tempat penelitian, yang dilakukan dengan cara melihat sistem yang sedang berjalan dan wawancara langsung dengan karyawan yang berkaitan dengan penelitian.
    2. Analisa terhadap temuan survey
      Melakukan analisa terhadap hasil yang diperoleh dari survey yang telah dilakukan.
    3. Identifikasi temuan survey
      Mengidentifikasi dan menanyakan kebutuhan informasi yang diperlukan guna menunjang kegiatan perusahaan tersebut.
    4. Identifikasi persyaratan sistem
      Mengidentifikasi persyaratan sistem yang diperlukan untuk perancangan sistem yang diajukan oleh stakeholder.

    Metode Perancangan Sistem

    Pada metode ini penulis melakukan pengembangan berdasarkan hasil analisa yang telah didapat berisi dengan merancang sistem yang diusulkan yang penulis gambar melalui Unified Modelling Language (UML).

    Sistematika Penulisan

    Agar pemahaman tentang penulisan laporan Tugas Akhir ini menjadi lebih mudah, maka penulis mengelompokkan materi penulisan laporan Tugas Akhir ini menjadi beberapa sub bab 4 dimana masing-masing Bab saling berkaitan antara bab yang satu dengan bab yang lainnya, sehingga menjadi satu kesatuan yang utuh. Dan sistematika penyampaiannya sebagai berikut :

    BAB I PENDAHULUAN

    Bab ini menjelaskan antara lain yaitu latar belakang, rumusan masalah, ruang lingkup penelitian, tujuan dan manfaat penelitian, metode penelitian, dan sistematika penulisan.

    BAB II LANDASAN TEORI

    Landasan-landasan teori yang berhubungan dari judul penelitian dan hal-hal yang berkaitan dengan penyusunan laporan Tugas Akhir ini.

    BAB III PEMBAHASAN DAN HASIL

    Bab ini menjelaskan gambaran umum PT. Tropic Abadi, sejarah singkat, struktur organisasi serta tugas dan tanggung jawab pada PT. Tropic Abadi, menggambarkan sistem yang berjalan dalam bentuk Unified Modeling Language (UML).

    BAB IV PENUTUP

    Bab ini berisikan tentang kesimpulan hasil Tugas Akhir dan juga saran-saran yang dapat diberikan sebagai tindak lanjut yang diperlukan untuk perbaikan dimasa yang akan datang.

    BAB II

    LANDASAN TEORI

    Teori Umum

    Konsep Dasar Sistem

    2.1.1.1 Defenisi Sistem

    Ada beberapa pendapat para ahli yang menjelaskan tentang definisi sistem, diantaranya yaitu:

    Menurut Tata Sutabri (2012:6)[1], bahwa “Suatu sistem pada dasarnya adalah sekelompok unsur yang erat hubungannya satu dengan yang lain, yang berfungsi bersama-sama untuk mencapai tujuan tertentu”.

    Menurut Yakub (2012:1)[2], bahwa “Sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang berhubungan, terkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau tujuan tertentu”.

    Dari pendapat yang dikemukakan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa sistem adalah kumpulan dari sub-sub sistem yang saling berinteraksi, berhubungan dan bekerja sama untuk mencapai satu tujuan.

    2.1.1.2 Karakteristik Sistem

    Menurut Tata Sutabri (2012:6)[1], bahwa suatu sistem mempunyai karakteristik sebagai berikut:

    1. Komponen Sistem (Components)

    2. Suatu sistem terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi, yang bekerja sama membentuk satu kesatuan. Komponen-komponen sistem tersebut dapat berupa suatu bentuk subsistem. Setiap subsistem memiliki sifat-sifat sistem yang menjalankan suatu fungsi tertentu sehingga mempengaruhi proses sistem secara keseluruhan. Suatu sistem dapat dapat mempunyai sistem yang lebih besar yang disebut supra sistem.

    3. Batasan Sistem (Boundary)

    4. Ruang lingkup sistem merupakan daerah yang membatasi antara sistem dengan sistem yan lain atau sistem dengan lingkungan luarnya.

    5. Lingkungan luar sistem (environment)

    6. Bentuk apapun yang ada di luar ruang lingkup atau batasan sistem yang mempengaruhi operasi sistem tersebut disebut dengan lingkungan luar sistem. Lingkungan luar sistem ini dapat menguntungkan dan dapat pula merugikan sistem tersebut. Lingkungan luar yang menguntungkan merupakan energi bagi sistem tersebut, yang dengan demikian lingkungan luar tersebut harus selalu dijaga dan dipelihara. Sedangkan lingkungan luar yang merugikan harus dikendalikan. Kalau tidak akan mengganggu kelangsungan hidup sistem tersebut.

    7. Penghubung Sistem (interface)

    8. Media yang menghubungkan sistem dengan subsistem lain yang disebut dengan penghubung sistem atau interface. Penghubung ini memungkinkan sumber-sumber daya mengalir dari satu sub sistem ke subsistem lainnya. Keluaran suatu subsistem akan menjadi masukan untuk subsistem yang lain dengan melewati penghubung. Dengan demikian terjadi suatu integrasi yang membentuk satu-kesatuan.

    9. Masukan Sistem (input)

    10. Energi yang dimasukan ke dalam sistem disebut masukan sistem, yang dapat berupa pemeliharaan (maintenance input) dan sinyal (signal input). Sebagai contoh di dalam suatu unit komputer, “program” adalah maintenance input yang digunakan untuk mengoperasikan komputer. Sementara “data” adalah signal input yang akan diolah menjadi informasi.

    11. Keluaran sistem (output)

    12. Hasil dari energi yang diolah dan diklasifikasikan menjadi keluaran yang berguna. Keluaran ini merupakan masukan bagi subsistem yang lain. Seperti contoh sistem informasi, keluaran yang dihasilkan adalah informasi, di mana informasi ini dapat digunakan sebagai masukan untuk pengambilan keputusan atau hal-hal lain yang merupakan input bagi subsistem lainnya.

    13. Pengolah Sistem (processing)

    14. Suatu sistem dapat mempunyai proses yang akan mengubah masukan menjadi keluaran. Sebagai contoh sistem akuntansi. Sistem ini mengolah data transaksi menjadi laporan-laporan yang dibutuhkan oleh pihak manajemen.

    15. Sasaran (objectives)

    16. Suatu sistem memiliki tujuan dan sasaran yang pasti dan bersifat deterministic. Kalau suatu sistem tidak memiliki sasaran, makan operasi sistem tidak ada gunanya. Suatu sistem dikatakan berhasil bila mengenai sasaran atau tujuan yang telah direncanakan.

    2.1.1.3 Klasifikasi Sistem

    Menurut Yakub (2012:4)[2],bahwa Sistem dapat diklasifikasikan dari beberapa sudut pandang. Klasifikasi sistem tersebut diantaranya:

    1. Sistem tak tentu (probabilistic system), adalah suatu sistem yang kondisi masa depannya tidak dapat di prediksi karena mengandung unsur probabilitas. Sistem arisan merupakan contoh probabilistic system karena sistem arisan tidak dapat di prediksi dengan pasti.

    2. Sistem abstrak (abstract system), adalah sistem yang berupa pemikiran atau ide-ide yang tidak tampak secara fisik. Sistem teologia yang berisi gagasan tentang hubungan manusia dengan Tuhan merupakan contoh abstract system.

    3. Sistem fisik (physichal system), adalah sistem yang ada secara fisik. Sistem komputer, sistem akuntansi, sistem produksi, sistem sekolah, dan sistem transportasi merupakan contoh phisical system.

    4. Sistem tertentu (deterministic system), adalah sistem yang beroperasi dengan tingkah laku yang dapat diprediksi, interaksi antar bagian dapat dideteksi dengan pasti sehingga keluarannya dapat diramalkan. Sistem komputer yang sudah diprogramkan, merupakan contoh deterministic system.

    5. Sistem tertutup (closed system), sistem yang tidak bertukar materi, informasi, atau energi dengan lingkungan. Sistem ini tidak berintraksi dan tidak dipengaruhi dengan lingkungan, misalnya reaksi kimia dalam tabungyang terisolasi.

    6. Sistem terbuka (open system), adalah sistem yang berhubungan dengan lingkungan dan dipengaruhi oleh lingkungan. Sistem perdagangan merupakan contoh open system, karena dapat dipengaruhi oleh lingkungan.

    Konsep Dasar Data dan Informasi

    2.1.2.1 Defenisi Data

    Menurut Sutarman (2012:3)[3],“Data adalah fakta dari sesuatu pernyataan yang berasal dari kenyataan, di mana pernyataan tersebut merupakan hasil pengukuran atau pengamatan. Data dapat berupa angka-angka, huruf-huruf, simbol-simbol khusus, atau gabungan darinya”.

    Situmorang (2010:1)[3],“Data adalah things known or assumed, yang berarti bahwa data sesuatu yang diketahui atau dianggap”.

    Dari pendapat yang dikemukakan di atas dapat disimpulkan bahwa data adalah fakta dari sesuatu, kejadian, aktifitas dan transaksi yang dicatat, diklasifikasikan dan disimpan berupa angka, tulisan, gambar, suara ataupun tokoh namun belum diolah dalam bentuk yang dapat dimengerti.

    2.1.2.2 Bentuk Data

    Menurut Yakub (2012:5)[2],data dapat dibentuk menjadi 5, antara lain sebagai berikut:

    1. Teks, adalah sederatan huruf, angka, dan simbol-simbol yang kombinasinya tidak tergantung pada masing-masing item secara individual misalnya, artikel, koran, majalah, dan lain-lain.

    2. Data yang terformat, adalah data dengan suatu format tertentu, misalnya, data yang menyatakan tanggal atau jam, dan nilai mata uang.

    3. Citra (Image), adalah data dalam bentuk gambar, citra dapat berupa grafik, foto, hasil rontsen, dan tanda tangan.

    4. Audio, adalah data dalam bentuk suara misalnya, instrument musik, suara orang, suara binatang, detak jantung, dan lain-lain.

    5. Video, adalah data dalam bentuk gambar yang bergerak dan dilengkapi dengan suara misalnya, suatu kejadian dan aktivitas-aktivitas dalam bentuk film.

    2.1.2.3 Sumber Data

    Menurut Yakub (2012:6)[2],Sumber data dapat diperoleh dari berbagai sumber untuk memperolehnya. Sumber data diklasifikasikan sebagai sumber data internal, sumber data personal, dan sumber data eksternal.

    1. Data Internal

    2. Data internal sumbernya adalah orang, produk, layanan, dan proses.Data internal umumnya disimpan dalam basis data perusahaan dan biasanya dapat diakses.

    3. Data Personal

    4. Sumber data personal bukan hanya berupa fakta, tetapi dapat juga mencakup konsep, pemikiran dan opini.

    5. Data Eksternal

    6. Sumber data eksternal dimulai dari basis data komersial hingga sensor dan satelit. Data ini tersedia di compact disk, flashdisk atau media lainnya dalam bentuk film, suara gambar, atlas, dan televisi.

    2.1.2.4 Hirarki Data

    Menurut Yakub (2012:6)[2], Hirarki data dapat diorganisasikan menjadi beberapa level, antara lain sebagai berikut:

    1. Elemen Data

    2. Elemen data adalah satuan data terkecil yang tidak dapat dipecah lagi menjadi unit lain yang bermakna. Istilah lain dari elemen data dalam basis data telasional adalah field, kolom, item, dan atribut.

    3. Record

    4. Record adalah gabungan sejumlah elemen data yang saling terkait. Istilah lain dari rekaman dalam basis data relasional adalah baris atau tupel.

    5. File

    6. File dalah kumpulan record sejenis yang mempunyai panjang atribut sama, namun berbeda isinya. Istilah lain dari file dalam basis data relasional adalah berkas, tabel, dan relasi.

    2.1.2.5 Definisi Informasi

    Menurut Sutarman (2012:14)[3],“Informasi adalah sekumpulan fakta (data) yang diorganisasikan dengan cara tertentu sehingga mereka mempunyai arti bagi si penerima”.

    Menurut McLeod dalam Yakub (2012:8)[2],“Informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna bagi penerimanya”

    Berdasarkan pendapat para ahli yang dikemukakan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa informasi adalah data yang sudah diolah menjadi sebuah bentuk yang memiliki nilai tambah bagi pengguna, dan bermanfaat dalam pengambilan keputusan saat ini atau mendukung sumber informasi.

    2.1.2.3 Kualitas Informasi

    Menurut Tata Sutabri (2012:33)[1], kualitas dari suatu informasi tergantung dari 3 hal, yaitu:

    1. Akurat (accurate)

    2. Informasi harus bebas dari kesalahan kesalahan dan tidak biasa atau menyesatkan. Akurat juga berarti bahwa informasi harus jelas mencerminkan maksudnya.Informasi harus akurat karena dari sumber informasi sampai ke penerima informasi mungkin banyak mengalami gangguan (noise) yang dapat mengubah atau merusak informasi tersebut.

    3. Tepat waktu (timeliness)

    4. Informasi yang sampai kepada si penerima tidak boleh terlambat. Informasi yang sudah usang tidak akan mempunyai nilai lagi, karena informasi merupakan suatu landasan di dalam pengambilan keputusan. Bila pengambilan keputusan terlambat maka dapat berakibat fatal untuk organisasi. Dewasa ini informasi bernilai mahal karena harus cepat dikirim dan didapat sehingga memerlukan teknologi mutahir untuk mendapatkan, mengolah, dan mengirimkannya.

    5. Relevan (relevance)

    6. Informasi tersebut mempunyai manfaat untuk pemakainya.Relevansi informasi untuk setiap orang berbeda.Menyampaikan informasi tentang penyebab kerusakan pada mesin produksi kepada akuntan perusahaan tentunya kurang relevan. Akan lebih relevan bila ditujukan kepada ahli teknik perusahaan. Sebaliknya informasi mengenai harga pokok produksi disampaikan untuk ahli teknik merupakan informasi yang kurang relevan, tetapi akan sangan relevan untuk seorang akuntan perusahaan.

    2.1.2.7 Nilai Informasi

    Menurut Sutarman (2012:14)[3], Nilai dari informasi ditentukan oleh 5 (lima) hal, yaitu:

    1. Untuk memperoleh pemahaman dan manfaat.

    2. Untuk mendapatkan pengalaman.

    3. Pembelajaran yang terakumulasi sehingga dapat diaplikasikan dalam pemecahan masalah atau proses bisnis tertentu.

    4. Untuk mengekstrak inplikasi kritis dan merefleksikan pengalaman masa lampau yang menyedikan pengetahuan yang terorganisasi dengan nilai yang tinggi. Nilai ini bisa menghindari seorang menajer dari membuat kesalahan yang sama yang dilakukan oleh manajer lain sebelumnya.

    5. Suatu informasi dikatakan bernilai bila manfaatnya lebih efektif dibandingkan dengan biaya mendapatkannya. Sebagian besar informasi tidak dapat ditaksir keuntungannya dengan suatu nilai uang, tetapi dapat ditaksir nilai efektivitasnya.

    Konsep Dasar Data dan Informasi

    2.1.3.1 Definisi Sistem Informasi

    Menurut Tata Sutabri (2012:38)[1], bahwa “Sistem informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian yang mendukung fungsi operasi organisasi yang bersifat manajerial dengan kegiatan strategi dari suatu organisasi untuk dapat menyediakan laporan-laporan yang diperlukan oleh pihak luar tertentu”.

    Menurut O’brian dalam Yakub (2012:16)[2], bahwa “sistem informasi (information system) merupakan kombinasi teratur dari orang-orang, perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), jaringan komunikasi, dan sumber daya data yang mengumpulkan, mengubah, dan menyebarkan informasi dalam sebuah organisasi”.

    2.1.3.2 Komponen Sistem Informasi

    Menurut Yakub (2012:20)[2], bahwa Sistem informasi merupakan sebuah susunan yang terdiri dari beberapa komponen atau elemen. Komponen sistem informasi disebut dengan istilah blok bangunan (building block). Komponen sistem informasi tersebut terdiri dari blok masukan (input block). Blok model (model block). Blok keluaran (output block). Blok teknologi (technology block). Dan basis data (database block).

    1. Blok Masukan (Input Block),input memiliki data yang masuk ke dalam sistem informasi. juga metode-metode untuk menangkap data yang dimasukkan.

    2. Blok Model (Model Block), blok ini terdiri dari kombinasi prosedur logika dan model matematik yang akan memanipulasi data input dan data yang tersimpan di basis data.

    3. Blok Keluaran (Output Block), produk dari sistem informasi adalah keluaran yang merupakan informasi yang berkualitas dan dokumentasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen serta semua pemakai sistem.

    4. Blok Teknologi (Technology Block), blok teknologi digunakan untuk menerima input, menyimpan dan mengakses data, menghasilkan dan mengirimkan keluaran dari sistem secara keseluruhan. Terdiri dari 3 bagian utama, yaitu teknisi (brainware), perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware).

    5. Blok basis Data (Database Block), Basis data merupakan kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, tersimpan di perangkat keras komputer dan digunakan perangkat lunak (software) untuk memanipulasinya. Basis data diakses atau dimanipulasinya.

    Analisa Sistem

    Menurut Aisyah dkk di dalam Jurnal Perancangan Aplikasi Akademik Teknologi Mobile Menggunakan J2ME CCIT Vol.4 No.2 (2011:203)[4], “Analisa sistem atau analisis sistem adalah langkah-langkah melakukan analisa sistem yang akan dirancang, serta melakukan penelitian terhadap kebutuhan-kebutuhan sistem dan apa saja kekurangannya.”

    Menurut Tata Sutabri, (2012:220)[1], bahwa “Tahap analisis sistem dilakukan setelah tahap investigasi sistem dan sebelum tahap rancangan sistem, tahap analisis sistem merupakan tahap yang kritis dan sangat penting Karen kesalahan ditahap ini akan menyebabkan kesalahan pada tahap selanjutnya.”

    Maka dapat diketahui bahwa tujuan dari analisa sistem adalah sebagai berikut:

    1. Memahami kerja sistem yang ada.

    2. Menentukan kelemahan-kelemahan sistem yang lama selanjutnya diusulkan perbaikannya.

    3. Mengidentifikasikan masalah-masalah kebutukan pemakai (user) dengan mempelajari bentuk formulir dan laporan-laporan yang telah dihasilkan oleh sistem yang sedang berjalan.

    Teori Khusus

    UML (Unified Modelling Language)

    2.2.1.1 Definisi UML (Unified Modelling Languange)

    Menurut Widodo, (2011:6)[5], “UML (Unified Modelling Language) adalah bahasa pemodelan standar yang memiliki sintak dan semantik”.

    Menurut Nugroho (2011:6)[5], bahwa “UML(Unified Modelling Language) adalah ‘bahasa’ pemodelan untuk sistem atau perangkat lunak yang berparadigma ‘berorientasi objek’. Pemodelan sesunguhnya digunakan untuk penyederhanaan permasalahan permasalahan yang kompleks sedemikian rupa sehingga lebih mudah dipelajari dan dipahami.

    Berdasarkan pendapat yang dikemukakan para ahli di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa Unified Modelling Language (UML) adalah sebuah bahasa pemodelan atau gambar untuk menvisualisasikan, menspesifikasikan, membangun dan pendokumentasian dari sebuah sistem.

    2.2.1.2 Definisi Diagram UML (Unified Modelling Languange)

    Menurut Widodo dan Herlawati (2011:10)[5], bahwa beberapa literature menyebutkan bahwa UML menyediakan sembilan jenis diagram, yang lain menyebutkan delapan karena ada beberapa diagram yang digabung, misalnya diagram komunikasi, diagram urutan dan diagram pewaktuan digabung menjadi diagram interaksi. Namun demikian model-model itu dapat dikelompokkan berdasarkan sifatnya yaitu statis atau dinamis. Jenis diagram itu antara lain:

    1. Diagram kelas. Bersifat statis, Diagram ini memperlihatkan himpunan kelas-kelas, antarmuka-antarmuka, kolaborasi-kolaborasi, serta relasi-relasi. Diagram ini umum dijumpai pada pemodelan sistem berorientasi objek. Meskipun bersifat statis, sering pula diagram kelas memuat kelas-kelas aktif.

    2. Diagram paket (Package Diagram). Bersifat statis. Diagram ini memperlihatkan kumpulan kelas-kelas, merupakan bagian dari diagram komponen.

    3. Diagram use case. Bersifat statis. Diagram ini memperlihatkan himpunan use case dan actor-actor (suatu jenis khusus dari kelas). Diagram ini terutama sangat penting untuk mengorganisasi dan memodelkan perilaku suatu sistem yang dibutuhkan serta diharapkan pengguna.

    4. Diagram interaksi dan sequence (urutan). Bersifat dinamis. Diagram urutan adalah iterasiksi yang menekankan pada pengiriman pesan dalam suatu waktu tertentu.

    5. Diagram komunikasi (communication diagram). Bersifat dinamis. Diagram sebagai pengganti diagram kolaborasi UML 1.4 yang menekankan organisasi struktural dari objek-objek yang menerima serta mengirim pesan.

    6. Diagram statechart (statechart diagram). Bersifat dinamis. Diagram status memperlihatkan keadaan-keadaan pada sistem, memuat status (state), transisi, kejadian serta aktivitas. Diagram ini terutama penting untuk memperlihatkan sifat dinamis dari antar muka (interface), kelas, kolaborasi, dan terutama paling penting pada pemodelan sistem-sistem yang relatif.

    7. Diagram aktivitas (activity diagram). Bersifat dinamis. Diagram aktivitas adalah tipe khusus dari diagram status yang memperlihatkan aliran dari suatu aktivitas ke aktivitas lainnya dalam suatu sistem. Diagram ini terutama penting dalam pemodelan fungsi-fungsi suatu sistem dan memberi tekanan pada aliran kendali antar objek.

    8. Diagram komponen (component diagram). Bersifat statis. Diagram komponen ini memperlihatkan organisasi serta kebergantungan sistem/perangkat lunak pada komponen-komponen yang telah ada sebelumnya. Diagram ini berhubungan dengan diagram kelas dimana komponen secara tipikal dipetakan ke dalam satu atau lebih kelas-kelas antarmuka-antarmuka serta kolaborasi-kolaborasi.

    9. Diagram deployment (deployment diagram). Bersifat statis. Diagram inimemperlihatkan konfigurasi saat aplikasi dijalankan (run-time). Memuat simpul-simpul beserta komponen-komponen yang di dalamnya. Diagram deployment berhubungan erat.

    10. Kesembilan diagram ini tidak mutlak harus digunakan dalam pengembangan perangkat lunak, semuanya dibuat sesuai kebutuhan. Pada UML dimungkinkan kita menggunakan diagram-diagram lainnya (misalnya data flow diagram, entityrelationship diagram, dan sebagainya).

      Konsep Dasar Web

      2.2.2.1 Definisi Web

      Menurut Murad, dkk dalam Jurnal CCIT Vol. 7 No. 1 (2013:49),[6], “Web adalah sistem ddengan informasi yang disajikan dalam bentuk teks, gambar, suara, dan lainnya yang tersimpan dalam sebuah server web internet yang disajikan dalam bentuk hypertext.”

      Menurut Esa Wijayanti (2014:25),[7], “Web adalah salah satu aplikasi yang berisikan dokumen-dokumen multimedia (teks, gambar, suara, animasi, dan video) di dalamnya yang menggunakan protokol HTTP (Hypertext Transfer Protocol) dan untuk mengaksesnya menggunakan perangkat lunak yang disebut browser.”

      Dari pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa web merupakan sebuah tempat di internet yang menyajikan informasi dengan berbagai macam format data seperti teks, gambar, bahkan video dan dapat diakses menggunakan berbagai aplikasi client, sehingga memungkinkan penyajian informasi yang lebih menarik dan dinamis dengan pengelolaan yang terorganisasi.

      2.2.2.2 Jenis-Jenis Web

      Menurut Arief (2011:8)[8], ditinjau dari aspek konten dan isi web dapat dibedakan menjadi 2 (dua) jenis, yaitu :

      1. Website Dinamis

      2. Merupakan sebuah website yang menyediakan Content atau isi yang selalu berubah-ubah setiap saat. Bahasa pemrograman yang digunakan antara lain PHP, ASP, .NET dan memanfaatkan database MySQL atau MS SQL. Misalnya website www.kompas.com.

      3. Website Statis

      4. Merupakan website yang menyediakan content atau isi yang sangat jarang diubah. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah HTML dan belum memanfaatkan database. Misalnya website profil organisasi dan lain-lain.

      2.2.2.3 Fungsi Web

      Menurut Esa Wijayanti (2014:31)[7], berdasarkan pada fungsinya website terbagi atas :

      1. Personal Website; Website yang berisi informasi pribadi seseorang.

      2. Commercial Website; Website yang dimiliki oleh sebuah perusahaan yang bersifat bisnis.

      3. Government Website; Website yang dimiliki oleh instansi pemerintah, pendidikan yang bertujuan memberikan pelayanan kepada pengguna.

      4. Non-Profit Organization Website; Website yang dimiliki oleh organisasi yang bersifat non-profit atau tidak bersifat bisnis.

      PHP (Hypertext Preprocessor)

      2.2.3.1 Definisi PHP

      Dalam penulisan PHP yang terdapat tahap coding, menurut Maimunah dkk dalam Jurnal CCIT (2010:165),[9], ”Coding merupakan tahap implementasi hasil desain ke dalam baris-baris program”. Untuk memulai program PHP, kita dapat memulainya dengan mengenal sebuah tag pengenal PHP yang digunakan menuliskan kode PHP.

      Dikutip dari Wahana Komputer Buku “Hot Tip dan Trik PHP” (2013:1),[10], menjelaskan bahwa “PHP adalah pemrograman berbasis web yang sudah sangat dikenal, bahasa pemrograman PHP termaksud bahasa pemrograman berbasis web yang bersifat cross platform atau dapat dijalankan diberbagai macam sistem operasi”.

      Menurut Winarno dkk (2011:4),[10], “PHP atau Hypertext Preprocessor adalah sebuah bahasa pemrograman web berbasis server (server-side) yang mampu mem-parsing kode PHP dari kode web dengan ekstansi .php hingga menghasilkan tampilan website yang dinamis di sisi client (browser).

      PHP adalah bahasa script yang sangat cocok untuk pengembangan web dan dapat dimasukkan ke dalam HTML. Ketika memprogram dengan PHP atau framework PHP, anda bisa menggunakan software editor teks, beberapa editor PHP sebagai berikut:

      1. ActiveState Komodo Edit

      2. Bluefish

      3. Eclipse

      4. Emacs

      5. Geany

      6. jEdit

      7. Netbeans IDE

      8. Vim

      9. SciTE

      10. Dreamwear CS

      11. Alleycode HTML Editor

      12. ConTEXT

      13. CodeLobster

      14. Crimson Editor

      15. Dev-PHP IDE

      16. HTML-Kit

      17. InType

      18. Notepad++

      19. Programer’s Notepad

      20. PSPad

      2.2.3.2 Variabel PHP

      Menurut Winarno dkk (2011:8),[11], ”Variabel memungkinkan anda untuk menciptakan rumus bagi operasi tertentu dimana nilai operand-nya bisa dialokasikan secara dinamis.”

      Variabel merupakan istilah yang menyatakan sebuah tempat yang digunakan untuk menampung nilai-nilai tertentun dimana nilai di dalamnya bisa diubah-ubah. Variabel bisa berupa null (belum ada jenisnya), angka, string, objek, array, boolean, dan isinya bisa diubah-ubah nantinya.

      Berbeda dengan bahasa pemrograman lain, variabel pada PHP lebih fleksibel, tidak perlu mendefinisikan jenisnya ketika mendefinisikan pertama kali. Ada 6 (enam) variabel dasar yang dapat diakomondasikan di PHP, seperti berikut:

      1. Boolean

      2. Adalah tipe data yang paling standar yang hanya menyatakan kebenaran, apakah True (benar) atau False (salah). Contoh sederhana: <?php $variabel_bol = True; // ini akan mengalokasikan True ke $variabel_bol?>

      3. Website Statis

      4. Merupakan website yang menyediakan content atau isi yang sangat jarang diubah. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah HTML dan belum memanfaatkan database. Misalnya website profil organisasi dan lain-lain.

      2.2.2.3 Fungsi Web

      Menurut Esa Wijayanti (2014:31)[7], berdasarkan pada fungsinya website terbagi atas :


      DAFTAR PUSTAKA

      1. 1,0 1,1 1,2 1,3 1,4 Sutabri, Tata. 2012. Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.
      2. 2,0 2,1 2,2 2,3 2,4 2,5 2,6 2,7 Yakub. 2012. Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
      3. 3,0 3,1 3,2 3,3 Sutarman. 2012. Buku Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta: Bumi Aksara.
      4. Aisyah dkk. 2011. Perancangan Aplikasi Akademik Teknologi Mobile Menggunakan J2ME. Journal CCIT Vol. 4 No. 2. Tangerang:STMIK Raharja.
      5. 5,0 5,1 5,2 Herlawati, Prabowo Pudjo Widodo, Nugroho. 2011. Menggunakan UML Unified Modeling Language. Bandung : Informatika.
      6. Murad Dina Fitri, Nia Kusniawati, Muhamad Hariyanto. 2013. Aplikasi Intelligence Website Untuk Penunjang Laporan PAUD Pada Himpaud Kota Tangerang. Jurnal CCIT. Tangerang: Perguruan Tingi Raharja. Vol. 7, No. 1, September 2013. TANGERANG.
      7. 7,0 7,1 7,2 Wijayanti, Esa. 2014. Perancangan Sistem Informasi Absensi Pegawai Pada Kantor Kecamatan Batuceper Tangerang. Tangerang.
      8. Arief, M Rudyanto. 2011. Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP & MySQL. Yogyakarta: Andi.
      9. Maimunah, Kristiana, Hendra. 2010. Perancangan Aplikasi Forum Diskusi Pada Media E-Learning Berbasis Web. Journal CCIT Vol. 3 No. 2 Januari 2010. (ISSN: ?)
      10. 10,0 10,1 Wahana Komputer. 2013. Hot Tip dan Trik PHP Programming. Yogyakarta: Andi Offset.
      11. Winarno, Ali Zaki, SmitDev Community. 2011. Mudah Membuat Website dan E-Commerce Dengan PHP Framework. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Contributors

Yudha Surya Putra