SI1214474256: Perbedaan revisi

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari
[revisi tidak terperiksa][revisi tidak terperiksa]
(Tujuan Perancangan Sistem)
(Definisi Perancangan Sistem)
Baris 741: Baris 741:
  
 
====Definisi Perancangan Sistem====
 
====Definisi Perancangan Sistem====
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify">
+
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"><p style="line-height: 2">Menurut Sity Aisyah dalam Jurnal CCIT (2011:203)[1] “Perancangan sistem yaitu tahap untuk melakukan perancangan aplikasi mobile, yang terdapat 3 (tiga) tahapan perancangan yaitu perancangan interface, perancangan isi, dan perancangan program”.<ref name="(Menurut Sity Aisyah Jurnal CCIT (2011:203)  Sity Aisyah 2011:203. “perancangan sistem (2011:203)>Menurut Sity Aisyah  (2011:203) </ref></p></div>
<p style="line-height: 2">
+
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"><p style="line-height: 2">Menurut Mahdiana (2011:37)[2], ” Perancangan Sistem adalah merancang sistem secara rinci berdasarkan hasil analisa sistem yang ada, sehingga menghasilkan model sistem baru yang diusulkan”.<ref name="(Mahdiana, 2011:37) Mahdiana, Mahdiana. 2011. “Perancangan Sistem’, Mahdiana. (2011:37)>Menurut  Mahdiana, (2011:37)</ref></p></div>
Menurut Sity Aisyah dalam Jurnal CCIT (2011:203)[1] “Perancangan sistem yaitu tahap untuk melakukan perancangan aplikasi mobile, yang terdapat 3 (tiga) tahapan perancangan yaitu perancangan interface, perancangan isi, dan perancangan program”.<ref name="(Menurut Sity Aisyah Jurnal CCIT (2011:203)  Sity Aisyah 2011:203. “perancangan sistem (2011:203)>Menurut Sity Aisyah  (2011:203) </ref></p>
+
<p style="line-height: 2">
+
Menurut Mahdiana (2011:37)[2], ” Perancangan Sistem adalah merancang sistem secara rinci berdasarkan hasil analisa sistem yang ada, sehingga menghasilkan model sistem baru yang diusulkan”.
+
<ref name="(Mahdiana, 2011:37) Mahdiana, Mahdiana. 2011. “Perancangan Sistem’, Mahdiana. (2011:37)>Menurut  Mahdiana, (2011:37)</ref></p></div>
+
  
 
====Tujuan Perancangan Sistem====
 
====Tujuan Perancangan Sistem====

Revisi per 23 Februari 2016 01.46

PERANCANGAN SISTEM KODIFIKASI BEBASIS WEB

PADA PT. CATUR MITRA SEJATI SENTOSA (MITRA10)

SKRIPSI

Logo stmik raharja.jpg

Disusun Oleh :

NIM
: 1214474256
NAMA


JURUSAN SISTEM INFORMASI

KONSENTRASI [[Komputer Akuntansi|KOMPUTER AKUNTANSI

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

STMIK RAHARJA

TANGERANG

2015/2016

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER


(STMIK) RAHARJA


 


LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI


PERANCANGAN SISTEM KODIFIKASI


BEBASIS WEB PADA PT. CATUR MITRA SEJATI SENTOSA (MITRA10)


Disusun Oleh :


NIM
: 1214474256
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Sistem Informasi
Konsentrasi
: Komputer Akuntansi

 

 

Disahkan Oleh :

Tangerang, 26 Januari 2016

Ketua
       
Kepala Jurusan
STMIK RAHARJA
       
Jurusan Sistem Informasi
           
           
           
           
(NAMA)
       
(NAMA)
NIP : XXXXX
       
NIP : XXXXXX

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING


PERANCANGAN SISTEM KODIFIKASI


BEBASIS WEB PADA PT. CATUR MITRA SEJATI SENTOSA (MITRA10)


Dibuat Oleh :


NIM
: 1214474256
Nama



 


Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Software Engineering

Disetujui Oleh :

Tangerang,.... 2014

Pembimbing I
   
Pembimbing II
       
       
       
       
(NAMA)
   
(NAMA)
NID : ....
   
NID : ....

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI


PERANCANGAN SISTEM KODIFIKASI

BEBASIS WEB PADA PT. CATUR MITRA SEJATI SENTOSA (MITRA10)


Dibuat Oleh :

NIM
: 1214474256
Nama

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian

Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Software Engineering

Tahun Akademik 2014/2015

Disetujui Penguji :

Tangerang, .... 2014

Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
(_______________)
 
(_______________)
 
(_______________)
NID :
 
NID :
 
NID :

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI

PERANCANGAN SISTEM KODIFIKASI

BEBASIS WEB PADA PT. CATUR MITRA SEJATI SENTOSA (MITRA10)

Disusun Oleh :

NIM
: 1214474256


Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Sistem Informasi
Konsentrasi
: Komputer Akuntansi

 

 

Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang, 20-08-2015

 
 
 
 
 
NIM : 1214474256

 

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;

ABSTRAKSI


PT. Catur Mitra Sejati Sentosa (Mitra10) adalah anak perusahaan dari induk perusahaan PT. Catur Sentosa Adiprana (CSA) yang bergerak sebagai distributor bahan bangunan. Saat ini PT. Catur Mitra Sejati Sentosa (Mitra10) sudah memiliki 21 toko di wilayah Jabodetabek, Surabaya, Bali, Medan, Batam dan Palembang. Karena itu dibutuhkan adanya sistem informasi yang lengkap guna mendorong sumber daya manusia untuk melakukan suatu kegiatan agar dapat dijalankan dengan cepat dan tepat, serta dituntut untuk dapat membuat suatu keputusan dengan menggunakan cara yang tepat pula, sehingga dapat memperoleh suatu manfaat terhadap kemajuan sistem informasi serta dapat bertahan di dalam dunia global, khususnya pada bagian merchandise (MD) dimana bagian merchandise (MD) membutuhkan waktu yang lama untuk menginput barang baru dan merubah harga, karena harus melewati proses yang dilakukan oleh pihak kodif. Sehingga perlu dilakukan pengembangan sistem kodifikasi guna menciptakann kinerja dan produktifitas dengan menggunakan aplikasi berbasis web. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode analisa SWOT (Strenghts, Weaknesses, Opportunities, Threats) dan PIECES (Performance, Information, Economy, Control, Efficiency, Service) dengan menggunakan tools atau alat bantu UML (Unified Modelling Language) dengan software Visual Paradigm 12.1 dan pengujian program menggunakan metode Blackbox testing. Adapun perancangan programnya menggunakan bahasa pemrograman PHP, Xampp dan database menggunakan MySQL. Penulisan ini menghasilkan rancangan aplikasi sistem kodifikasi berbasis web pada PT. Catur Mitra Sejati Sentosa (Mitra10) yang dapat mempermudah bagian merchandise (MD) untuk memproses data.


Kata Kunci: Sistem, Perancangan, Kodifikasi, Web


ABSTRACT


PT. Catur Mitra Sejati Sentosa (Mitra10) is a subsidiary of the parent company PT. Catur Sentosa Adiprana (CSA) which operates as a distributor of building materials. Currently, PT. Catur Mitra Sejati Sentosa (Mitra10) already has 21 stores in Greater Jakarta, Surabaya, Bali, Medan, Batam and Palembang. Because it is necessary to have a complete information system in order to encourage human resources to carry out an activity that can be executed quickly and precisely, and are required to be able to make a decision to use the right way too, so as to obtain a benefit to the advancement of information systems as well as can be survive in the globalized world. Especially in the merchandise (MD), so it is necessary to develop codification system in order to create performance and productivity by using a web-based application. The analytical methods used the method of SWOT analysis (Strenghts, Weaknesses, Opportunities, Threats) and PIECES (Performance, Information, Economy, Control, Efficiency, Service) by using tools or tools UML (Unified Modeling Language) with software Visual Paradigm 12.1 and Blackbox testing programs using testing methods. The design of the program using the programming language PHP, Xampp and MySQL database using. This results in writing the draft codification system of web-based applications at the PT. Catur Mitra Sejati Sentosa (Mitra10) which can facilitate the merchandising (MD) to process the data.


Keywords : Systems, Design, Codification, Web

KATA PENGANTAR


Puji dan syukur saya sampaikan kepada Tuhan YangMaha Esa yang telah memberikan rahmat dan karunianya, sehingga saya dapatmenyelesaikan laporan Skripsi, yang berjudul PERANCANGAN SISTEM KODIFIKASI BEBASIS WEB PADA PT. CATUR MITRA SEJATI SENTOSA (MITRA10).

Laporan Skripsi ini penulis buat untuk memenuhisalah satu syarat untuk mengikuti Sidang Skripsi pada Jurusan Sistem Informasi dengan konsentrasi Komputer Akuntansi di PT. CATUR MITRA SEJATI SENTOSA (MITRA10).

Dalam kesempatan ini, Penulis inginmengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu Penulis dalam menyelesaikan Laporan Skripsiini, antara lain :

  1. Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I, selaku Ketua STMIK Raharja.
  2. Bapak Sugeng Santoso, M.Kom, selaku Pembantu Ketua Bidang Akademik STMIK Raharja.
  3. Ibu Nur Azizah,M.Akt.,M.Kom sebagai Kepala Jurusan Sistem Informasi STMIK Raharja.
  4. Ibu Meta Amalya Dewi,M.Kom selaku Dosen Pembimbing I yang telah banyak meluangkan waktu, pikiran dan tenaganya untuk membantu dan memberikan bimbingan kepada penulis dalam penyusunan laporan Skripsi ini.
  5. Bapak Radiyanto,Drs.,M.Pd, selaku Dosen Pembimbing II yang telah memberikan waktu dan saran kepada penulis untuk dapat menyelesaikan laporan Skripsi.
  6. Bapak Ahmad selaku stakeholder skripsi yang telah membantu dan memberikan bimbingan dan pengarahan kepada penulis.
  7. Kedua Orang tua tercinta, yang selalu memberikan semangat dan dukungan moril, materil serta doanya untuk keberhasilan penulis.
  8. Orang Tua tercinta, yang selalu mendoakan dan memotivasi baik berupa moril maupun materil untuk keberhasilan penulis.
  9. Teman-teman terdekat dan semua pihak yang tidak bisa disebutkan namanya satu persatu yang telah berpatisipasi membantu dan memberikan saran kepada penulis dalam menyelesaikan pembuatan laporan Skripsi ini.
  10. Serta semua pihak yang telah banyak membantu Penulis secara langsung maupun tidak langsung dalam penyelesaian pembuatan Laporan Kuliah Kerja Praktek ini,yang tidak bisa di sebut satu persatu.

Dalam penulisan laporan ini penulis menyadari masih banyak kekurangan karena keterbatasan pengetahuan yang penulis miliki. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun demi perbaikan di masa yang akan datang selalu penulis nantikan. Semoga penulisan laporan Skripsi ini dapat bermanfaat, baik bagi praktikan maupun pembaca.

Harapan Penulis semoga Laporan Skripsi ini dapat bermanfaat bagi Penulis dan semua pihak yang memerlukannya.



Tangerang, 20-08-2015
Tiffany Ezrawati Hasibuan
NIM. 1214474256

DAFTAR TABEL

Tabel 3.1 Jurusan atau program studi pada STMIK Raharja

Tabel 3.2 Jurusan Program Studi Pada AMIK Raharja

Tabel 3.3 Analisa SWOT

Tabel 3.4 Elisitasi Tahap I

Tabel 3.5 Elisitasi Tahap II

Tabel 3.6 Elisitasi Tahap III

Tabel 3.7 Elisitasi Final

Tabel 4.1 Tentang Struktur yang Berisi Diagram (HIPO)

Tabel 4.2. Black-Box

Tabel 4.3 Estimasi Biaya


DAFTAR GAMBAR

Gambar 2.1 Diagonal SWOT Analysis

Gambar 2.2 Perangkat Mobile

Gambar 2.3 Metode Pengujian Black-box

Gambar 3.1 Struktur Organisasi Perguruan Tinggi Raharja

Gambar 3.2 Use case Diagram Calon Mahsiswa dan Mahasiswa Raharja.ac.id

Gambar 3.3 Use Case Diagram Alumni Raharja.ac.id

Gambar 3.4 Activity Diagram Calon Mahasiswa dan Mahasiswa

Gambar 3.5 Activity Diagram Alumni

Gambar 3.6 Sequence Diagram Calon Mahasiswa, Mahasiswa dan Alumni

Gambar 4.1 Use Case Sistem Informasi Mobile Aplikasi

Gambar 4.2 Use Case Diagram Tentang Raharja

Gambar 4.3 Activity Diagram Sistem Aplikasi Mobile

Gambar 4.4 Activity Digaram Sistem Informasi Tentang Raharja

Gambar 4.5 Sequence Diagram Sistem Aplikasi Mobile

Gambar 4.6 Sequence Diagram Sistem Informasi Tentang Raharja

Gambar 4.7 Rancangan Prototype Halaman Utama

Gambar 4.8 Rancangan Prototype Mars Raharja

Gambar 4.9 Rancangan Prototype Tentang Raharja

Gambar 4.10 Rancangan Prototype Lokasi Raharja

Gambar 4.11 Rancangan Prototype Telepon

Gambar 4.12 Rancangan Prototype Pencapaian

Gambar 4.13 Rancangan Prototype Sisplus

DAFTAR SIMBOL


DAFTAR SIMBOL USE CASE DIAGRAM

Daftar Simbol Use Case Diagram.png

DAFTAR SIMBOL ACTIVITY DIAGRAM

Daftar Simbol Activity Diagram.png


DAFTAR SIMBOL SEQUENCE DIAGRAM

Daftar Simbol Sequence Diagram.png


BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Perkembangan sistem komputerisasi tidak lepas dari perkembangan teknologi yang dapat mempengaruhi banyak aspek kehidupan manusia. Dengan berbagai kelebihan dan kemudahan yang ditawarkannya. Salah satu kelebihan dari sistem komputerisasi ialah menghasilkan informasi yang relevan, tepat waktu dan akurat. Informasi yang dihasilkan tidak terlepas dari manajemen informasi yaitu pengelolaan data dimana di dalamnya mencakup proses mencari, menyusun, mengklasifikasikan serta menyajikan berbagai data yang terkait dengan kegiatan yang dilakukan perusahaan sehingga dapat dijadikan landasan dalam pengambilan kuputusan oleh pihak manajemen sehingga mampu menjaga kelancaran kebutuhan informasi dalam sirkulasi data suatu sistem. Manajemen sistem informasi juga menyangkut adanya suatu database yang mampu mengorganisasikan data yang ada didalamnya sehingga informasi yang dihasilkan berpengaruh pada proses pengambilan keputusan.

PT. Catur Mitra Sejati Sentosa (Mitra10) adalah anak perusahaan dari induk perusahaan PT. Catur Sentosa Adiprana (CSA) yang bergerak sebagai distributor bahan bangunan. Saat ini PT. Catur Mitra Sejati Sentosa (Mitra10) sudah memiliki 21 toko di wilayah Jabodetabek, Surabaya, Bali, Medan, Batam dan Palembang. Dalam proses pengolahan data saat ini pada PT. Catur Mitra Sejati Sentosa (Mitra10) masih kurang efektif dan efisien. Dimana bagian merchandise membutuhkan waktu yang lama untuk menginput barang baru dan merubah harga, karena harus melewati proses yang dilakukan oleh pihak kodif. Sebelum diserahkan ke pihak kodif untuk diproses, merchandise harus membuat form yang berisi nama barang pada microsoft excel lalu diprintout dan ditanda tangan oleh manager, setelah itu diserahkan ke pihak kodif berupa printout dan softcopy dikirim melalui email. Akibat dari sistem ini sering sekali terjadi keterlambatan dalam perubahan/update harga.

Dengan adanya perubahan sistem yang didasari pada perkembangan teknologi informasi ini diharapkan sistem yang tadinya kurang efektif dan efisien akan menghasilkan data yang mudah diakses oleh user (merchandise). Karena alasan tersebut diatas, maka penulis menggambil judul “Perancangan Sistem Kodifikasi Berbasis Web Pada PT. Catur Mitra Sejati Sentosa (Mitra10)”.


Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang diatas, dapat ditarik beberapa rumusan permasalahan sebagai berikut :

  1. Bagaimana sistem kodifikasi yang sedang berjalan saat ini pada PT. Catur Mitra Sejati Sentosa (Mitra10)?

  2. Apakah proses pengolahan data pada PT. Catur Mitra Sejati Sentosa (Mitra10) yang berjalan saat ini sudah mampu memberikan laporan secara cepat dan akurat?

  3. Bagaimana sistem dapat menghasilkan laporan dan informasi yang sesuai dengan kebutuhan user secara efektif dan efisien?


Ruang Lingkup Penelitian

Agar dalam pembahasan masalah menjadi lebih terarah dan berjalan dengan baik, maka perlu kiranya dibuat suatu batasan masalah sehingga tidak menimbulkan kekeliruan dalam pembahasan selanjutnya.

Sesuai dengan judul penelitian diatas maka ruang lingkup yang digunakan sebatas sistem kodifikasi membuat item baru (create new item), membuat supplier baru (create new supplier), merubah harga dan deskripsi item (price change & description item).

Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan Penelitian

  1. Mengetahui bagaimana sistem kodifikasi yang sedang berjalan saat ini pada PT. Catur Mitra Sejati Sentosa (Mitra10)

  2. Mengetahui apakah proses pengolahan data yang berjalan pada PT. Catur Mitra Sejati Sentosa (Mitra10) sudah mampu memberikan laporan secara cepat dan akurat.

  3. Merancang sistem informasi yang dapat menghasilkan laporan dan informasi yang sesuai dengan kebutuhan user secara efektif dan efisien.

Manfaat Penelitian

Adapun manfaat dari penelitian ini antara lain :

  1. Menghasilkan sistem kodifikasi yang lebih baik, guna meningkatkan mutu yang lebih optimal terhadap pemakai sistem ini.

  2. Memberikan solusi sistem yang mampu mengolah data dan menghasilkan laporan secara cepat dan akurat.

  3. Memberikan solusi sistem yang mampu menghasilkan laporan dan informasi secara efektif dan efisien.

Metode Penelitian

Untuk mendapatkan data yang diperlukan dalam penulisan laporan Skripsi, peneliti menggunakan beberapa metode. Adapun metode yang digunakan adalah sebagai berikut :

Metode Pengumpulan Data

  1. Metode Observasi

    Kegiatan yang dilakukan oleh penulis untuk mendapatkan data dengan melakukan pengamatan langsung dan melaksanakan pencatatan sistematis terhadap unsur-unsur yang diteliti, penulis melakukan tinjauan langsung ke PT. Catur Mitra Sejati Sentosa (Mitra10).

  2. Metode Wawancara

    Metode ini dilakukan dengan cara melakukan tanya jawab dengan stackholder yang bersangkutan dan karyawan lainnya. Metode ini dilakukan guna memperoleh data yang lebih detail serta memperkuat data sebelumnya saat melakukan pengamatan secara langsung.

  3. Studi Pustaka

    Adalah segala upaya yang dilakukan oleh peneliti untuk memperoleh dan menghimpun segala informasi tertulis yang relevan dengan masalah yang diteliti. Informasi ini diperoleh dari buku-buku, laporan penelitian, peraturan-peraturan, ketetapan-ketetapan dan sumber-sumber lain.

Metode Analisis

Untuk mengetahui atau mengukur efektifitas sebuah sistem perlu dilakukan analisis. Dalam penelitian ini penulis menggunakan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, Threats) dan PIECES (Performance, Information, Economic, Control, Efficiency, Service).

Analisa SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis.

Untuk mengidentifikasi masalah, maka harus dilakukan analisis PIECES (Performance, Information, Economic, Control, and Efficiency, Service). Dari analisis ini biasanya didapatkan beberapa masalah utama. Hal ini penting karena biasanya yang muncul dipermukaan bukan masalah utama, tetapi hanya gejala dari masalah utama saja.

Dalam merancang sistem, penulis menggunakan Unified Modeling Language (UML) dan elisitasi yang dilakukan melalui 3 (tiga) tahap, yaitu elisitasi tahap I, elisitasi tahap II, elisitasi tahap III dan elisitasi final.

Metode Perancangan

Pada penelitian ini, penulis menggunakan metode rancangan berorientasi objek melalui tahapan pembuatan UML (Unified Modeling Language) meliputi usecase diagram, class diagram, sequence diagram dan activity diagram dengan menggunakan Visual Paradigm CE 12.1. Kemudian bahasa pemrograman PHP (Hypertext Preprocessor), database MySQL, dan Adobe Dreamweaver CS3 untuk pembuatan aplikasi, dengan koneksi XAMPP.

Metode Pengujian

Metode testing ini digunakan untuk menganalisa suatu identitas sistem untuk mendeteksi, mengevaluasi kondisi dan fitur-fitur yang diinginkan dan mengetahui kualitas dari suatu sistem yang dilakukan untuk mengeleminasi kesalahan yang terjadi saat sistem di terapkan. Penulis menggunakan metode Black Box karena metode Black Box dapat mengetahui apakah perangkat lunak yang dibuat dapat berfungsi dengan benar dan telah sesuai dengan yang diharapkan.

Sistematika Penulisan

Untuk mempermudah dalam memahami lebih jelas tentang penulisan penelitian ini, maka penulis membuat sistematika yang terbagi menjadi beberapa Bab. Adapun sistematika penulisan ini adalah sebagai berikut :

BAB I PENDAHULUAN

Bab ini menjelaskan tentang informasi umum, yaitu latar belakang penelitian, perumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, ruang lingkup penelitian, metode penelitian yang digunakan, dan sistematika penulisan.

BAB II LANDASAN TEORI

Bab ini berisi tentang teori yang diambil dari beberapa kutipan buku, yang berupa pengertian dan definisi. Bab ini juga menjelaskan teori umum, teori khusus, dan definisi lainnya yang berkaitan dengan analisis sistem yang dibahas dan literature review yang berhubungan dengan penelitian.

BAB III PEMBAHASAN

Bab ini berisikan gambaran umum mengenai sejarah singkat PT. Catur Mitra Sejati Sentosa (Mitra10), ruang lingkup, visi misi, serta struktur organisasi perusahaan tersebut. Kemudian analisa sistem yang sedang berjalan, konfigurasi sistem yang berjalan, permasalahan yang dihadapi, alternatif pemecahan masalah, dan user requirement yang terdiri dari 4 (empat) tahap elisitasi yakni elisitasi tahap I, elisitasi tahap II, elisitasi tahap III, serta final draft elisitasi yang merupakan final elisitasi yang diusulkan.

BAB IV RANCANGAN SISTEM YANG DIUSULKAN

Dalam bab ini penulis menguraikan sistem yang akan diusulkan, diagram rancangan sistem, rancangan basis data yang terdiri dari spesifikasi basis data, rancangan prototype, rancangan program, konfigurasi sistem usulan, testing, estimasi biaya dan rancangan waktu. Serta pembahasan secara detail final elisitasi yang ada dibab sebelumnya, dijabarkan secara satu persatu dengan menerapkan konsep sesudah adanya sistem yang diusulkan.

BAB V PENUTUP

Bab ini berisikan kesimpulan dan saran yang berkaitan dengan hasil penelitian yang dilakukan terhadap sistem yang terdapat pada PT. Catur Mitra Sejati Sentosa (Mitra10).

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN-LAMPIRAN

BAB II

LANDASAN TEORI

Teori Umum

Untuk mendukung pembuatan laporan ini, maka perlu dikemukakan teori-teori yang berkaitan dengan permasalahan dan ruang lingkup pembahasan sebagai landasan dalam pembuatan laporan ini. Oleh karena itu, penulis membuat landasan teori menurut para ahli yang melatarbelakangi penyusunan laporan ini.

Konsep Dasar Sistem

Definisi Perancangan Sistem

Menurut Sity Aisyah dalam Jurnal CCIT (2011:203)[1] “Perancangan sistem yaitu tahap untuk melakukan perancangan aplikasi mobile, yang terdapat 3 (tiga) tahapan perancangan yaitu perancangan interface, perancangan isi, dan perancangan program”.[1]

Menurut Mahdiana (2011:37)[2], ” Perancangan Sistem adalah merancang sistem secara rinci berdasarkan hasil analisa sistem yang ada, sehingga menghasilkan model sistem baru yang diusulkan”.[2]

Tujuan Perancangan Sistem

Darmawan (2012:228) [3]mengatakan, Tujuan Perancangan/Desain Sistem mempunyai 2 tujuan utama, yaitu:

  1. ntuk memenuhi kebutuhan pemakai sistem.

  2. Untuk memberikan gambaran yang jelas dan rancang bangun yang lengkap pada pemograman komputer dan ahli-ahli teknik yang terlihat (lebih condong pada desain sistem yang terperinci).


Kesalahan pengutipan: Tag <ref> ditemukan, tapi tag <references/> tidak ditemukan