Pengguna:Agas: Perbedaan revisi
(→Konsep Dasar Teori) |
(→BAB II) |
||
Baris 689: | Baris 689: | ||
{{pagebreak}} | {{pagebreak}} | ||
− | + | <p style="text-align: center;"><strong> </strong><strong>BAB II</strong></p> | |
− | + | <p style="text-align: center;"><strong>LANDASAN TEORI</strong></p> | |
− | + | <p style="text-align: justify;"><strong>2.1. Konsep Dasar Perancangan</strong></p> | |
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | </ | + | |
− | + | ||
− | < | + | |
− | + | ||
− | + | ||
− | < | + | |
− | + | ||
− | </ | + | |
− | + | ||
− | < | + | |
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | </ | + | |
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | </ | + | |
<ol> | <ol> | ||
− | + | <li>Pengertian Perancangan</li> | |
− | Menurut | + | </ol> |
− | + | <p>Menurut Maimunah dkk dalam buku Jurnal CCIT Media Informasi melalui Desain yang diterbitkan oleh STIMIK AMIKOM Yogyakarta (2017:38)<sup>[1]</sup>, Perancangan adalah Perancangan adalah setiap rancangan harus memenuhi kebutuhan penggunanya dan dapat berfungsi dengan baik, fungsi timbul sebagai akibat dari adanya kebutuhan manusia dalam usaha untuk mempertahankan serta mengembangkan hidup dan kehidupannya di alam semesta ini.</p> | |
− | < | + | <p>Menurut Hartati dalam buku Analisis Perancangan e-Commerce oleh STMIK Prangsewu Lampung (2013:2)<sup>[2]</sup>, “Perancangan sistem menentukan bagaimana suatu sistem akan menyelesaikan apa yang mesti diselesaikan. Tahap ini menyangkut mengkonfigurasikan dari komponen-komponen perangkat lunak dan perangkat keras dari suatu sistem sehingga setelah instalasi dari sistem akan benarbenar memuaskan rancangan bangun yang telah ditetapkan pada akhir tahap analisa sistem”</p> |
− | </ | + | <p>Menurut Soepadmo dalam buku Panduan mudah merancang bangunan oleh Niaga swadaya Jakarta (2013:10) <sup>[3]</sup>, Perancangan adalah setiap rancangan harus memenuhi kebutuhan penggunanya dan dapat berfungsi dengan baik, fungsi timbul sebagai akibat dari adanya kebutuhan manusia dalam usaha untuk mempertahankan serta mengembangkan hidup dan kehidupannya di alam semesta ini.</p> |
− | + | <p>Berdasarkan sumber teori dasar yang di sampaikan di atas, pengertian perancangan pada penelitian ini adalah, merancang sebuah media berbasis stak dengan bentuk Spanduk, Brosur dan katalog yang akan di pergunakan sebagai sarana penunjang peningkatan efektifitas tentanfg penjualan produk yang di manfaatkan kepada masyarakat.</p> | |
− | + | <p>B. Proses Perancangan Secara Umum</p> | |
− | < | + | |
− | < | + | |
− | < | + | |
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | < | + | |
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
<ol> | <ol> | ||
− | + | <li>Persiapan Data</li> | |
− | < | + | </ol> |
− | < | + | <p>Menurut Sunarya dalam Jurnal CCIT Vol.7 No.1 <em>Enrichimg Company Profile</em> sebagai penunjang informasi dan promosi pada Perguruan Tinggi Raharja oleh Perguruan Tinggi Raharja (2013:81)<sup>[8]</sup>, data adalah sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya suatu pengolahan. Data bisa berupa suatu keadaan, gambar, suara, huruf, angka, matematika, bahasa ataupun simbol-simbol lainnya yang bisa kita gunakan sebagai bahan untuk melihat lingkungan, obyek, kejadian ataupun suatu konsep.</p> |
− | + | <p>Data berupa teks atau gambar terlebih dahulu harus kita pilah dan seleksi, apakah data itu sangat penting sehingga harus tampil atau kurang penting sehingga bisa ditampilkan lebih kecil, samar atau dibuang sama sekali. Data bisa berupa data informatif atau data estesis. Data informatif bisa berupa foto atau teks dan judul. Data estesis bisa berupa bingkai, <em>background</em>, efek grafis garis atau bidang. Untuk desain menggunakan komputer, data harus dalam format <em>digital</em> atau <em>file</em>, oleh karena itu peralatan yang diperlukan untuk merubah data <em>analog</em> ke <em>digital</em> seperti <em>scanner</em>, kamera <em>digital</em> akan sangat membantu.</p> | |
− | + | <ol start="2"> | |
− | <ol> | + | <li>Ide</li> |
− | + | </ol> | |
− | <li> | + | <p>Untuk mencari ide yang kreatif diperlukan studi banding, wawancara dan lain-lain agar desain yang dibuat bisa efektif diterima dan membangkitkan kesan tertentu yang sulit dilupakan.</p> |
+ | <ol start="3"> | ||
+ | <li>Konsep</li> | ||
+ | </ol> | ||
+ | <p>Hasil kerja berupa pemikiran yang menentukan tujuan-tujuan, kelayakan dan segmen yang dituju. Oleh karena itu, desain grafis menjadi desain komunikasi <em>visual</em> agar dapat bekerja untuk membantu pihak yang membutuhkan solusi secara <em>visual</em>.</p> | ||
+ | <ol start="4"> | ||
+ | <li>Media</li> | ||
+ | </ol> | ||
+ | <p>Untuk mencapai kriteria ke sasaran atau segmen yang dituju diperlukan studi kelayakan yang cocok dan efektif untuk mencapai tujuannya. Media bisa berupa cetak, elektonik, luar ruang dan lain-lain.</p> | ||
+ | <ol start="5"> | ||
+ | <li>Visualisasi</li> | ||
+ | </ol> | ||
+ | <p>Yang dimaksud visualisasi disini adalah sebuah penjabaran yang berasal dari sebuah konsep kedalam bentuk visual. Visualisasi sangat erat kaitannya dengan pemilihan warna, layout sampai finishing. Hasil akhir yang didapat dari proses ini adalah sebuah visualisasi desain yang sesuai dengan kemauan klien.</p> | ||
+ | <ol start="6"> | ||
+ | <li>Produksi</li> | ||
</ol> | </ol> | ||
− | <p> | + | <p>Setelah visualisasi selesai dan disetujui oleh klien, maka proses terakhir yang diperlukan adalah proses produksi. Tujuannya adalah agar hasil visualisasi tersebut dapat dipergunakan sebagaimana tujuan awalnya. Apakah sebagai media cetak, media elektronik atau media luar ruang. Proses produksi memang tidak dilakukan oleh seorang desainer tetapi desainer yang baik diharuskan untuk memahami sebuah proses produksi, agar hasil visualisasinya sesuai dengan apa yang diinginkan.</p> |
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + |
Revisi per 2 Februari 2018 07.16
PERANCANGAN MEDIA SIGN SISTEM SEBAGAI SARANA
PENUNJUK ARAH PADA PT. GLOBAL TEKNIK
PERKASA TANGERANG
Disusun Oleh :
NIM |
: 1221474161
|
NAMA |
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
TANGERANG
2017/2018
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI
PERANCANGAN MEDIA SIGN SISTEM SEBAGAI SARANA
PENUNJUK ARAH PADA PT. GLOBAL TEKNIK
PERKASA TANGERANG
Disusun Oleh :
NIM |
: 1221474161
|
Nama |
|
Jenjang Studi |
: Strata Satu
|
Jurusan |
: Teknik Informatika
|
Konsentrasi |
: Multimedia Audio Visual And Broadcasting
|
Disahkan Oleh :
Tangerang, Januari 2018
Ketua |
Kepala Jurusan
| ||||
STMIK RAHARJA |
Jurusan Teknik Informatika
| ||||
(Ir. Untung Rahardja, M.T.I., M.M) |
(Junaidi, M.Kom)
| ||||
NIP : 000594 |
NIP : 001405
|
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING
PERANCANGAN MEDIA SIGN SISTEM SEBAGAI SARANA
PENUNJUK ARAH PADA PT. GLOBAL TEKNIK
PERKASA TANGERANG
Dibuat Oleh :
NIM |
: 1221474161
|
Nama |
Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif
Jurusan Teknik Informatika
Konsentrasi Multimedia Audio Visual And Broadcasting
Tahun Akademik 2017 / 2018
Disetujui Oleh :
Tangerang, Januari 2018
Pembimbing I |
Pembimbing II
| ||
(Sugeng Widada, Drs., M.Si.) |
(Adi Kusuma Widya Tama, S.Kom.)
| ||
NID : 06098 |
NID : 15006
|
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI
PERANCANGAN MEDIA SIGN SISTEM SEBAGAI SARANA
PENUNJUK ARAH PADA PT. GLOBAL TEKNIK
PERKASA TANGERANG
Dibuat Oleh :
NIM |
: 1221474161
|
Nama |
Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian
Komprehensif
Jurusan Teknik Informatika
Konsentrasi Multimedia Audio Visual And Broadcasting
Tahun Akademik 2017/2018
Disetujui Penguji :
Tangerang, Januari 2018
Ketua Penguji |
Penguji I |
Penguji II
| ||
(_______________) |
(_______________) |
(_______________)
| ||
NID : |
NID : |
NID :
|
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI
PERANCANGAN MEDIA SIGN SISTEM SEBAGAI SARANA
PENUNJUK ARAH PADA PT. GLOBAL TEKNIK
PERKASA TANGERANG
Disusun Oleh :
NIM |
: 1221474161
|
Nama |
|
Jurusan |
: Teknik Informatika
|
Konsentrasi |
: Multimedia Audio Visual And Broadcasting
|
Menyatakan bahwa Laporan Skripsi ini dari awal sampai akhir merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikasi dari Laporan Skripsi yang telah dipergunakan untuk memenuhi persyaratan mengambil Skripsi guna mendapatkan gelar Sarjana Komputer di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan sebelumnya.
Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab serta bersedia menerima sanksi jika ternyata pernyataan di atas tidak benar.
Tangerang, Januari 2018
NIM : 1221474161
|
)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;
ABSTRAKSI
Perkembangan dunia informasi yang semakin pesat, mengharuskan suatu perusahaan swasta untuk meningkatkan mutu dan kualitasnya, untuk dapat bersaing di tengah masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang media sign system sebagai penunjang informasi yang mempunyai peranan penting untuk menginformasikan pesan kepada audience, adapun media sign system yang menarik ini ditujukan kepada Para Tamu, Pegawai, dan Masyarakat, agar perolehan data lebih akurat pada penelitian ini, terdapat beberapa penerapan metode penelitian yaitu : metode analisa perancangan, metode pengumpulan data, metode analisa perancangan, dan metode konsep desain. Permasalahan yang ada adalah belum terdapatnya bentuk media sign system yang dapat memberikan informasi untuk memudahkan audience dalam mencari ruangan yang akan dituju. Berdasarkan analisa permasalahan tersebut, maka pada penelitian ini akan memproduksi media sign system untuk PT. Global Teknik Perkasa Tangerang, yang nantinya diharapkan menjadi salah satu media informasi yang efektif. Melalui rancangan sign system ini diharapkan dapat menjadi solusi dalam pemecahan masalah dalam menunjang media informasi pada PT. Global Teknik Perkasa Tangerang.
Kata Kunci: Informasi, Sign System, Desain
ABSTRACT
The development of the world information that is increasingly rapidly, corporate to improve the quality and quality, to be able to compete in a society. The purpose of this research is to design media sign system as the supporting information have an important role to inform the message to the audience, as formedia sign this system addressed to Guests, employees, and the community, so thatmore accurate data acquisition in this research, there are several application ofresearch methods, namely: analysis method of design, methods of data collection,design analysis method, and the method of the concept of design. Existing problemsare yet to sign form of media there is a system that can provide information to facilitate the audience in search of a room that will be targeted. Based on an analysis of these problems, then on this research will produce media sign system for PT. Global Teknik Perkasa Tangerang, who is expected to be one of the effective informationmedia. Through the design of the sign system is expected to be the solution in theproblem solving in support of media information on PT. Global Teknik Perkasa Tangerang.
Keywords : Information, Sign System, Design
Bismillahirrahmanirrahim,
Dengan memanjatkan Puji Syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan Rahmat dan karunia-Nya kepada penulis sehingga dapat menyelesaikan skripsi ini, dengan judul “Perancangan Media Sign Sistem Sebagai Sarana Penunjuk Arah Pada PT. Global Teknik Perkasa Tangerang”, sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Tujuan dari pembuatan Skripsi ini adalah sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan program pendidikan Strata Satu (S1) jurusan Teknik Informatika konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcashting di Perguruan Tinggi Raharja. Terselesaikannya skripsi ini tidak terlepas dari pihak-pihak yang telah banyak membantu penulis baik dalam materil maupun moril. Oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis mengucapkan terimakasih kepada :
Penulis menyadari masih banyak kekurangan dan kesalahan dalam penyusunan penelitian skripsi ini, untuk itu penulis sangat mengharapkan saran dan kritik dari seluruh pihak untuk menyempurnakan penyusunan laporan skripsi ini.Semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi penulis sendiri dan pembaca umum laporan skripsi ini, semoga Allah SWT senantiasa menyertai dan meridhoi langkah kita semua dalam meraih kesuksesan. Amin.
Tangerang, 23 Januari 2018
Muhammad Bagas Kurniandy
DAFTAR TABEL
Tabel 2.1 Jenis Media
Tabel 2.2 Tabel Arti Warna
Tabel 2.3 Matriks Analisis SWOT
Tabel 2.4 Literature Review
Tabel 2.5 Tabel PerbandinganLiterature Review
Tabel 3.1 Material Produk pembuatan Media sign system
Tabel 3.2 Kondisi Pesaing
Tabel 3.3 Perkiraan Biaya Produksi
Tabel 3.4 Elisitasi Tahap 1
Tabel 3.5 Elisitasi Tahap 2
Tabel 3.6 Elisitasi Tahap 3
Tabel 3.7 Final Elisitasi
DAFTAR GAMBAR
Gambar 2.1 Unsur Garis
Gambar 2.2 Warna Primer
Gambar 2.3 Warna Sekunder
Gambar 2.4 Warna Tersier
Gambar 2.5 Warna RGB
Gambar 2.6 Warna CMYK
Gambar 2.7 Karakter Tipografi 1
Gambar 2.8 Karakter Tipografi 2
Gambar 2.9 Karakter Tipografi 3
Gambar 2.10 Karakter Tipografi 4
Gambar 2.11 Lembar Kerja Adobe Photoshop CS6
Gambar 2.12 Interface Adobe Illustrator CS6
Gambar 2.13 Menu
Gambar 2.14 Tools Box
Gambar 3.1 Gambar Bagan Struktur Organisasi
Gambar 4.1 Layout Kasar Bagian Director
Gambar 4.2 Layout Kasar Bagian Manager
Gambar 4.3 Layout Kasar Bagian General Admin
Gambar 4.4 Layout Kasar Bagian Marketing
Gambar 4.5 Layout Kasar Bagian Quality Control
Gambar 4.6 Layout Kasar Bagian Engineering
Gambar 4.7 Layout Kasar Bagian PPIC
Gambar 4.8 Layout Kasar Bagian Delivery
Gambar 4.9 Layout Kasar Bagian Production
Gambar 4.10 Layout Kasar Bagian PG Part
Gambar 4.11 Layout Kasar Bagian Area Material
Gambar 4.12 Layout Kasar Bagian Area Produksi
Gambar 4.13 Layout Kasar Bagian Area Scrap
Gambar 4.14 Layout Komprehensif Director
Gambar 4.15 LayoutKomprehensif Manager </em>
Gambar 4.16 Layout Komprehensif General Admin
Gambar 4.17 Layout Komprehensif Marketing
Gambar 4.18 Layout Komprehensif Quality Control
Gambar 4.19 Layout Komprehensif Engineering
Gambar 4.20 Layout Komprehensif PPIC
Gambar 4.21 Layout Komprehensif Delivery
Gambar 4.22 Layout Komprehensif Production
Gambar 4.23 Layout Komprehensif Area PG Part
Gambar 4.24 Layout Komprehensif Area Material
Gambar 4.25 Layout Komprehensif Area Produksi
Gambar 4.26 Layout Komprehensif Area Scrap
Gambar 4.27 Final Artwork Director
Gambar 4.28 Final Artwork Manager
Gambar 4.29 Final Artwork General Admin
Gambar 4.30 Final Artwork Marketing
Gambar 4.31 Final Artwork Quality Control
Gambar 4.32 Final Artwork Engineering
Gambar 4.33 Final Artwork PPIC
Gambar 4.34 Final Artwork Delivery
Gambar 4.35 Final Artwork Production
Gambar 4.36 Final Artwork Area PG Part
Gambar 4.37 Final Artwork Area Material
Gambar 4.38 Final Artwork Area Produksi
Gambar 4.39 Final Artwork Area Scrap
Daftar isi
BAB I
Bentuk dan berbagai Sign Sistem apasaja yang harus di rancang untuk mempermudah pihak yang terkait dengan perusahaan ?
Bagaimana merancang petunjuk arah / Sign Sistem yang dapat dijadikan daya tarik dan keindahan lingkungan perusahaan ?
Dengan telah digunakan Sign Sistem secara efektif dan efisien apa yang diinginkan dari pihak perusahaan ?
- Untuk memudahkan mengetahui tataruang bagian yang ada diperusahaan
- Sebagai media yang dapat dijadikan untuk memperindah lingkungan kawasan perusahaan
- Dapat digunakan untuk meningkatkan citra perusahaan
- Mempermudah mengetahui bagian – bagian yang terkait dengan perusahaan.
- Untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi setiap kebutuhan yang terkait dengan bagian – bagian yang terkait perusahaan.
- Sebagai media mempermudah penyampaian informasi tentang bagian – bagian yang ada diperusahaan.
- Setiap pihak yang membutuhkan bagian – bagian yang ada diperusahaan menjadi lebih mudah dan efisien terkait dengan kebutuhannya.
- Tata ruang yang terkait perusahaan dapat menjadi rapih dan terarah.
- Setiap kebutuhan perusahaan akan dapat meningkat image dan pencitraan dari setiap yang membutuhkan perusahaan
- Sebagai perwujudan implementasi ilmu dan keterampilan yang diperoleh selama mengikuti perkuliahan di STMIK Raharja.
- Dapat meningkatkan keterampilan dalam hal merancang sebuah media yang dapat diajukan kepada pihak pengguna.
- Sebagai salah satu syarat kelulusan sebagai sarjana Strata satu STMIK Raharja Tangerang.
- Tujuan Media.
- Strategi Media dan.
- Program Media.
- Tujuan Pesan dan.
- Strategi Pesan.
- Tujuan Visual.
- Strategi Visual dan.
- Proses Visualisasi.
- Pengertian Perancangan
- Persiapan Data
- Ide
- Konsep
- Media
- Visualisasi
- Produksi
Latar Belakang Penelitian
Saat ini perkembangan teknologi informasi maju begitu pesat, untuk meningkatkan efektifitas dan efesiensi dalam kepentingan suatu bidang harus terdapat panduan ataupun petunjuk untuk memudahkan mengetahui bagian - bagian yg di butuhkan dalam suatu perusahaan maupun bidang usaha, seperti halnya pada PT. Global Teknik Perkasa yang beralamat di kawasan industri Pasar Kemis jln. Siliwangi KM.5 Gembor, Periuk – Tangerang adalah sebuah perusahaan yang memiliki beberapa bagian yang akan membantu penyeselsaian birokrasi yang terdapat pada perusahaan tersebut di antaranya terdapat bagian Office, Area Inspection, Area PG Part, Area Material, Area Tooling/Dies, Area Scrap, Gudang Bucket, Ruang Kompresor, M.C Bubut, CNC Milling, Ruang Proses Produksi, Ruang Programer, Musholla, Toiler dan bagian Rest Room. Untuk memudahkan mengetahui bagian – bagian tersebut dibutuhkan sarana penunjang yang di sebut Sign Sistem / Petunjuk arah, dengan petunjuk arah tersebutsegala urusan pelayanan kepada setiap tamu yang datang di perusahaan akan lebih efisien waktu dalam penyelesaian kebutuhan kepada pihak perusahaan.
Sarana Sign Sistem mempunyai peranan yang sangat penting untuk memudahkan mengetahui tempat - tempat yang menjadi kebutuhan pihak yang terkait dengan perusahaan, selain daripada itu sebagai peningkatan citra perusahaan untuk menambah nilai keindahan dan sebagai sarana untuk memperlihatkan kerapihan perusahaan, dengan demikian nilai kepercayaan kepada perusahaan dapat lebih meningkat.
Saya selaku mahasiswa program studi Teknik Informatika, Konsenterasi MAVIB ( Multimedia Audio Visual and Broadcasting ) STMIK Raharja Tangerang yang memiliki ilmu dan keterampilan dalam menyelesaikan studi mengambil skripsi dengan tema yang di beri judul : “ Perancangan Media Sign Sistem Sebagai Sarana Penunjuk Arah Pada PT. Global Teknik Perkasa Tangerang “ .
Melalui perancangan media tersebut diharapkan dari pihak perusahaan dapat meningkatkan image perusahaan dan mempermudah setiap pihak yang membutuhkan pada bagian- bagian perusahaan sehingga segala sesuatu prosedur yang harus diselesaikan di perusahaan dapat selesai secara efisien dan tepat waktu.
Rumusan Masalah
Rumusan masalah yang akan diangkat dalam topik ini yaitu:
Ruang Lingkup Penelitian
Agar pemahasan laporan skripsi dapat fokus dan terarah, permasalahan dibatasi perancangan media Sign Sistem yang akan dipergunakan sebagai petunjuk arah dalam memudahkan pihak yang terkait dengan perusahaan.
Tujuan dan Manfaat Penelitian
A. Tujuan Penelitian
1. Tujuan Operasional
2. Tujuan Fungsional
B. Manfaat Penelitian
1. Manfaat Bagi Perusahaan
2. Manfaat Bagi Mahasiswa
Metodologi Penelitian
Metode Analisa Permasalahan
Metode Pengumpulan Data
1. Observasi
2. Interview/Wawancara
3. Studi Pustaka
Metode Analisa Perancangan
Metode Konsep desain
Sistematika Penulisan
BAB I PENDAHULUAN
Dalam bab ini penulis menguraikan Latar Belakang Penelitian, Rumusan Masalah, Ruang Lingkup Penelitian, Tujuan dan Manfaat Penelitian, Metodologi Penelitian serta Sistematika Penulisan..
BAB II LANDASAN TEORI
Berisi konsep dasar perancangan, konsep dasar informasi, konsep dasar media, konsep dasar desain, aplikasi program komputer penunjang rancangan media, teori elisitasi dan literature – literature review sebagai bahan pertimbangan dan perbandingan hasil perancangan yang dilakukan peneliti lain dan perancangan yang dibuat dalam penelitian ini.
BAB III GAMBARAN UMUM OBYEK YANG DI TELITI
Berisi sejarah singkat perusahaan, gambar bagan struktur organisasi, wewenang dan tanggung jawab tiap-tiap bagian, informasi produk, analisa pasar, potensial pasar, segmen pasar, tujuan pemasaran, strategi pemasaran, budget produksi media dan konfigurasi perancangan serta bukti bukti tahapan elisitasi dari elisitasi tahapan 1, tahapan 2, tahapan 3, sampai dengan final elisitasi.
BAB IV KONSEP DESIGN
Bab ini berisi tentang Perencanaan Media (Konsep Media) yaitu, mengenai Tujuan Media, Strategi Media, Program Media, Perencanaan Pesan (Konsep Kreatif) yang meliputi Tujuan Kreatif dan Strategi Kreatif, Perencanaan Visual (Konsep Visual) yaitu, Tujuan Visual, Strategi Visual, Penulisan Naskah (Copy Writting), Pengarahaan Visualisasi dan Proses Desain.
BAB V PENUTUP
Berisi tentang kesimpulan, saran, dan kesan yang dapat diberikan oleh penulis dari hasil penelitian yang dilakukan.
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
<p style="text-align: center;"> BAB II</p> <p style="text-align: center;">LANDASAN TEORI</p> <p style="text-align: justify;">2.1. Konsep Dasar Perancangan</p>
<p>Menurut Maimunah dkk dalam buku Jurnal CCIT Media Informasi melalui Desain yang diterbitkan oleh STIMIK AMIKOM Yogyakarta (2017:38)[1], Perancangan adalah Perancangan adalah setiap rancangan harus memenuhi kebutuhan penggunanya dan dapat berfungsi dengan baik, fungsi timbul sebagai akibat dari adanya kebutuhan manusia dalam usaha untuk mempertahankan serta mengembangkan hidup dan kehidupannya di alam semesta ini.</p> <p>Menurut Hartati dalam buku Analisis Perancangan e-Commerce oleh STMIK Prangsewu Lampung (2013:2)[2], “Perancangan sistem menentukan bagaimana suatu sistem akan menyelesaikan apa yang mesti diselesaikan. Tahap ini menyangkut mengkonfigurasikan dari komponen-komponen perangkat lunak dan perangkat keras dari suatu sistem sehingga setelah instalasi dari sistem akan benarbenar memuaskan rancangan bangun yang telah ditetapkan pada akhir tahap analisa sistem”</p> <p>Menurut Soepadmo dalam buku Panduan mudah merancang bangunan oleh Niaga swadaya Jakarta (2013:10) [3], Perancangan adalah setiap rancangan harus memenuhi kebutuhan penggunanya dan dapat berfungsi dengan baik, fungsi timbul sebagai akibat dari adanya kebutuhan manusia dalam usaha untuk mempertahankan serta mengembangkan hidup dan kehidupannya di alam semesta ini.</p> <p>Berdasarkan sumber teori dasar yang di sampaikan di atas, pengertian perancangan pada penelitian ini adalah, merancang sebuah media berbasis stak dengan bentuk Spanduk, Brosur dan katalog yang akan di pergunakan sebagai sarana penunjang peningkatan efektifitas tentanfg penjualan produk yang di manfaatkan kepada masyarakat.</p> <p>B. Proses Perancangan Secara Umum</p>
<p>Menurut Sunarya dalam Jurnal CCIT Vol.7 No.1 Enrichimg Company Profile sebagai penunjang informasi dan promosi pada Perguruan Tinggi Raharja oleh Perguruan Tinggi Raharja (2013:81)[8], data adalah sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya suatu pengolahan. Data bisa berupa suatu keadaan, gambar, suara, huruf, angka, matematika, bahasa ataupun simbol-simbol lainnya yang bisa kita gunakan sebagai bahan untuk melihat lingkungan, obyek, kejadian ataupun suatu konsep.</p> <p>Data berupa teks atau gambar terlebih dahulu harus kita pilah dan seleksi, apakah data itu sangat penting sehingga harus tampil atau kurang penting sehingga bisa ditampilkan lebih kecil, samar atau dibuang sama sekali. Data bisa berupa data informatif atau data estesis. Data informatif bisa berupa foto atau teks dan judul. Data estesis bisa berupa bingkai, background, efek grafis garis atau bidang. Untuk desain menggunakan komputer, data harus dalam format digital atau file, oleh karena itu peralatan yang diperlukan untuk merubah data analog ke digital seperti scanner, kamera digital akan sangat membantu.</p>
<p>Untuk mencari ide yang kreatif diperlukan studi banding, wawancara dan lain-lain agar desain yang dibuat bisa efektif diterima dan membangkitkan kesan tertentu yang sulit dilupakan.</p>
<p>Hasil kerja berupa pemikiran yang menentukan tujuan-tujuan, kelayakan dan segmen yang dituju. Oleh karena itu, desain grafis menjadi desain komunikasi visual agar dapat bekerja untuk membantu pihak yang membutuhkan solusi secara visual.</p>
<p>Untuk mencapai kriteria ke sasaran atau segmen yang dituju diperlukan studi kelayakan yang cocok dan efektif untuk mencapai tujuannya. Media bisa berupa cetak, elektonik, luar ruang dan lain-lain.</p>
<p>Yang dimaksud visualisasi disini adalah sebuah penjabaran yang berasal dari sebuah konsep kedalam bentuk visual. Visualisasi sangat erat kaitannya dengan pemilihan warna, layout sampai finishing. Hasil akhir yang didapat dari proses ini adalah sebuah visualisasi desain yang sesuai dengan kemauan klien.</p>