Si1221472888: Perbedaan revisi
Baris 475: | Baris 475: | ||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
{{pagebreak}} | {{pagebreak}} |
Revisi per 26 Januari 2018 17.26
PERANCANGAN AUDIO VISUAL BERBENTUK VIDEO PROFILE
SEBAGAI PENUNJANG INFORMASI DAN PROMOSI
PADA SMK MANDIRI 2 BALARAJA
Disusun Oleh :
NIM |
: 1221472888
|
NAMA |
JURUSAN SISTEM KOMPUTER
KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL DAN BROADCASTING
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
TANGERANG
2017/2018
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI
PERANCANGAN AUDIO VISUAL BERBENTUK VIDEO PROFILE
SEBAGAI PENUNJANG INFORMASI DAN PROMOSI
PADA SMK MANDIRI 2 BALARAJA
Disusun Oleh :
NIM |
: 1221472888
|
Nama |
: Yuri Alam Mahbubi
|
Jenjang Studi |
: Strata Satu
|
Jurusan |
|
Konsentrasi |
Disahkan Oleh :
Tangerang, Januari 2018
Ketua |
Kepala Jurusan
| ||||
STMIK RAHARJA |
Jurusan Teknik Informatika
| ||||
(Ir. Untung Rahardja, M.T.I., MM) |
|||||
NIP : 000594 |
NIP : 079010
|
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING
PERANCANGAN AUDIO VISUAL BERBENTUK VIDEO PROFILE
SEBAGAI PENUNJANG INFORMASI DAN PROMOSI PADA
SMK MANDIRI 2 BALARAJA
Dibuat Oleh :
NIM |
: 1221472888
|
Nama |
Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif
Jurusan Teknik Informatika
Konsentrasi Multimedia Audio Visual And Broadcasting
Tahun Akademik 2017/2018
Disetujui Oleh :
Tangerang, Januari 2018
Pembimbing I |
Pembimbing II
| ||
(Wahyu Hidayat, S.I.Kom) |
(Sendy Zul Friandi, S.Kom)
| ||
NID : 12002 |
NID : 15021
|
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI
PERANCANGAN AUDIO VISUAL BERBENTUK VIDEO PROFILE
SEBAGAI PENUNJANG INFORMASI DAN PROMOSI
PADA SMK MANDIRI 2 BALARAJA
Dibuat Oleh :
NIM |
: 1221472888
|
Nama |
Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif
Jurusan Teknik Informatika
Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting
Tahun Akademik 2017/2018
Disetujui Penguji :
Tangerang, Januari 2018
Ketua Penguji |
Penguji I |
Penguji II
| ||
(_______________) |
(_______________) |
(_______________)
| ||
NID : |
NID : |
NID :
|
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI
Saya bertanda tangan di bawah ini: :
Nama |
|
NIM |
: 1221472888
|
Jurusan |
: Teknik Informatika
|
Konsentrasi |
: Multimedia Audio Visual dam Broadcasting
|
Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, Salinan atau duplikat dari Skripsi yang dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik dilingkungan Perguruan Tinggi Raharja, maupun di Perguruan Tinggi Lain, serta belom pernah dipublikasikan.
Pernyataan ini dibuat dengan penuh kasadaran dan rasa tanggung jawab serta bersedia menerima sangsi jika pernyataan diatas tidak benar.
Tangerang, Januari 2018
Yang Menyatakan
1221472888
ABSTRAKSI Saat ini keterbukaan akses informasi memungkinkan informasi dapat dengan mudah diperoleh kapanpun dan dimanapun. Informasi menjadi hal penting, karena dengan informasi orang akan mendapat semua yang diinginkan. Penyebaran informasi tersebar melalui media cetak atupun media elektronik berbentuk multimedia, dari media itulah masyarakat dapat memperoleh informasi. Smk Mandiri 2 Balaraja adalah salah satu sekolah kejuruan yang mempunyai berbagai kejuruan, sehingga para siswa padat mendapatkan ilmu sesuai bidang yang di inginkan dan untuk menjawab kebutuan dunia industri terhadap tenaga kerja yang kompeten di bidangnya masing-masing. Pada konsep tersebut terdapat tahapan preproduction, production dan postproduction. Agar menghasilkan rancangan media berbasis video informasi yang baik dan berkualitas digunakan aplikasi penunjang adobe photoshop CS3, Adobe Premier CS3 dan afterb effek CS3 Maka dari itu karena kebutuhan tersebut penulis melakukan perancangan video yang dituangkan dalam laporan skripsi yang berjudul “PERANCANGAN AUDIO VISUAL BERBENTUK VIDEO PROFILE SEBAGAI PENUNJANG INFORMASI DAN PROMOSI PADA SMK MANDIRI 2 BALARAJA”.
Kata Kunci: Media, video, Informasi. ABSTRACT Currently open access to information allows information to be easily obtained anytime and anywhere. Information is important, because with information people will get everything they want. Dissemination of information spread through print media atupun electronic media in the form of multimedia, from media that community can get information. Smk Mandiri 2 Balaraja is one of the vocational schools that have various vocations, so that the students get the knowledge of the desired field and want to answer the needs of the industrial world to the competent workforce in their respective fields. In the concept there are preproduction, production and postproduction stages. In order to produce the design of video-based media good and quality information used Adobe Photoshop CS3 support applications, Adobe Premier CS3 and CS3 afterb effects And therefore because of the needs of the authors do the video design that is poured in the thesis report entitled “PERANCANGAN AUDIO VISUAL BERBENTUK VIDEO PROFILE SEBAGAI PENUNJANG INFORMASI DAN PROMOSI PADA SMK MANDIRI 2 BALARAJA”.
KATA PENGANTAR
Bismillahirrahmanirrahim, Dengan memanjatkan Puji Syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya kepada penulis sehingga dapat menyusun dan menyelesaikan Skripsi ini, dengan judul “PERANCANGAN AUDIO VISUAL BERBENTUK VIDEO PROFILE SEBAGAI PENUNJANG INFORMASI DAN PROMOSI PADA SMK MANDIRI 2 BALARAJA”, sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Tujuan dari pembuatan Skripsi ini adalah sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan program pendidikan Strata Satu (S1) jurusan Teknik Informatika konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting di Perguruan Tinggi Raharja. Terselesaikannya Skripsi ini tidak lepas dari pihak-pihak yang telah banyak membantu penulis baik dalam segi moril, materil maupun spiritual. Oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :
Daftar isi
|
1. | Drs. H. Ahmad Chaerani | Juli 1997 s.d November 2000 |
2. | Drs. Biso Hartono | November 2000 s.d November 2001 |
3. | Drs. Supriyadi | Juli 2002 s.d Juni 2003 |
4. | Drs. Sutarman P. | Juli 2003 s.d Desember 2004 |
5. | Aswani, S.Pd | Desember 2004 s.d Desember 2007 |
6. | Drs. H. Empik Sukmadadi | September 2008 s.d Juni 2012 |
7. | Drs. H. Ahmad Chaerani | Juli 2012 s.d Agustus 2015 |
8. | Dedi Afandi, S.P. | Agustus 2015 s.d Sekarang |
Visi dan Misi SMK Mandiri 2 Balaraja
Dengan pengembanan tugas dan fungsi yayasan SMK Mandiri 2 Balaraja serta mengikuti kebijakan pemerintah di sektor pendidikan, maka perlu dirumuskan visi dan misi.
VISI :
Menciptakan lulisan yang cerdas, terampil, mampu bersaing di dunia kerja dan berakhlak mulia.
MISI :
Meningkatkan kuaitas PBM dalam mencapai kompetensi siswa yang kompetitif dan siap kerja.
Meningkatkan kuantitas dan kualitas sarana dan prasarana pendidikan dalam mendukung penguasaan IPTEK
Meningkatkan kualitas SDM dalam mewujudkan sikap kemandirian dan berakhlak mulia
Meningkatkan kualitas kompetensi tenaga pendidikan dan kependidikan dalam mewujudkan standar pelayanan minimal
Struktur Organisasi
Sebuah lembaga pendidikan harus mempunyai suatu struktur organisasi yang digunakan untuk memudahkan pengkoordinasian serta menunjukkan kerangka hubungan di antara bagian-bagian maupun tugas dan tanggung jawabnya, serta menunjukkan rantai (garis) perintah dan perangkapan fungsi yang diperlukan dalam suatu organisasi. Sama halnya seperti SMK Mandiri 2 Balaraja yang mempunyai struktur organisasi yang terdiri dari Komite Sekolah, Kepala Sekolah, Kepala Tata Usaha (TU), Staff Tata Usaha (TU), Wakasek Kurikulum, Wakasek Kesiswaan, Wakasek Sarana Prasarana, Wakasek Humas, Dewan Guru, Wali Kelas, Guru Bidang Studi, BP/BK dan Siswa. Berikut ini adalah struktur organisasi SMK Mandiri 2 Balaraja.
Bagan 3.1.Struktur SMK Mandiri 2 Balaraja
Wewenang dan Tanggung Jawab
Seperti halnya dengan sebuah perusahaan, SMK Mandiri 2 Balaraja dalam manajemen akademiknya terdapat bagian-bagian yang mempunyai wewenang serta tanggung jawab dalam menyelesaikan semua pekerjaannya. Setiap anggota disekolah mengembangkan wewenang dan tanggung jawab masing-masing dalam rangka menciptakan suasana kerja yang kondusif untuk kemajuan dan perkembangan sekolah.
Berikut ini wewenang serta tanggung jawab bagian-bagian yang ada pada SMK Mandiri 2 Balaraja sebagai berikut :
Tugas dan Kewajiban Ketua Yayasan
Merumuskan dan menentukan kebijakan yayasan yang berkaitan dengan visi dan misi yayasan serta bertanggungjawab atas kelancaran kegiatan belajar mengajar.
Mengidentifikasikan, mengendalikan fasilitas dan oprasional yayasan.
Menerima laporan keuangan setiap bulannya.
Mengkoordinasikan setiap fungsi dalam perusahaan agar dapat melaksanakan fungsinya masing–masing dalam rangka pencapaian tujuan prusahaan.
Melakukan control terhadap fungsi–fungsi yayasan.
Tugas dan Kewajiban Kepala Sekolah
Mengatur seluruh Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di sekolah.
Merumuskan dan menentukan kebijakan kegiatan mengenai kegiatan di sekolah.
Mengkoordinasikan semua staff dalam organisai sekolah.
Tugas dan Kewajiban Tata Usaha
Membuat laporan administrasi sekolah setiap bulannya.
Membuat laporat keuangan.
Tugas dan Kewajiban Wakasek Kurikulum dan Staff Kurikulum
Menyusun jadwal kegiatan belajar mengajar.
Membantu kepala sekolah dalam merumuskan kebijakan yang mencakup kegiatan belajar mengajar.
Menentukan bahan ajar tiap–tiap jurusan.
Mengatur siswa siswi dalam kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di prusahaan.
siswa siswi mencari pekerjaan setelah kelulusan atau membantu memudahkan untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi.
Tugas Dan Kewajiban Wakasek Sarpas
Menyusun budget pembelian alat alat menyangkut fasilitas sekolah.
Menjaga dan bertanggung jawab penuh terhadap fasilitas dan aset sekolah.
Tugas dan Kewajiban Wakasek kesiswaan dan pembina osis
Mengatur semua hal yang berkaitan dengan kegiatan belajar mengajar.
Mengkoordinasikan semua koordinasi ekstrakurikuler.
Mengatir kegiatan osis atau organisasi sekolah.
Tugas dan Kewajiban Kepala Program Setiap Jurusan
Berperan penuh untuk mengatur kegiatan belajar mengajar.
Mengatur dan menjaga siswa/siswi setiap jurusan.
Tugas dan Kewajiban Dewan Guru
Melakukan kegiatan belajar mengajar.
Memberi nilai setiap siswa yang mengikuti pembelajaran.
Memberikan contoh kepribadian baik terhadap siswa.
Product Information (Informasi Produk)
Produk
SMK Mandiri 2 Balaraja adalah salah satu sekolah yang sangat antusias untuk mengimplementasikan Kurikulum 2014 secara penuh, sampai saat ini SMK Mandiri 2 Balaraja sudah memiliki berbagai sarana penunjang seperti Ruang Praktek Administrasi Perkantoran, Akuntansi, Multimedia, Teknik Komputer & Jaringan dan Broadcasting serta diimbangi dengan peningkatan profesionalisme para pengajar, selain itu dilengkapi dengan berbagai kegiatan ekstrakulikuler sepak bola, basket.
Produksi
Dalam merancang sebuah media informasi menggunakan teknik audio visual, sehubungan dengan pengolahan diproses dalam produksi secara sederhana, serta prosesnya cepat namun menarik. Kecepatan proses dan pengendalian proses produksi biasanya menjadi ujung tombak informasi. Karena dengan adanya pengendalian proses produksi perancangan akan mendapatkan keuntungan-keuntungan sebagai berikut:
Menghemat waktu dalam penyampaian informasi.
Mempercepat waktu pengerjaan.
Masalah-masalah dalam proses produksi dapat dikendalikan.
Latar Belakang Produk
Media informasi yang sekarang dirasakan masih kurang efektif dan efisien karena itu untuk memudahkan calon siswa dan siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) untuk mendapatkan informasi yang berkaitan dengan SMK Mandiri 2 Balaraja, maka penulis ingin membuat sebuah video profile yang dapat digunakan sebagai media informasi yang biasanya hanya didapat dari orang per orang atau dari mulut ke mulut. Penulis akan membuat sebuah video profile SMK Mandiri 2 Balaraja tersebut dapat terlihat menarik dan bisa disajikan dengan sangat interaktif dengan menggunakan media audio visual.
Material Produk
Material yang digunakan oleh penulis dalam karyanya menggunakan media audio visual, terdapat dari berbagai media, yaitu:
Tabel 3.2.Material Produk
Jenis Produk | Material Produk |
---|---|
• Media Informasi menggunakan teknik audio visual | • Gambar video profile
• CD dan DVD • Komputer |
Spesifikasi Produk
Perancangan media audio visual berupa video profile ini berdurasi sekitar 08:30 menit diberikan kepada SMK Mandiri 2 Balaraja sebagai alat penunjang informasi kepada khalayak umum. Didalam proses pembuatanya terdapat manfaat, kelebihan dan kekurangannya.
Manfaat
Dapat menarik konsumen untuk bergabung.
Memperoleh kemitraan dengan SMP dan Universitas.
Dikenal masyarakat luas.
Meningkatkan citra sekolah.
Kelebihan
Menghemat waktu dalam proses penyampaian informasi.
Tidak lekang dimakan waktu
Mudah dimengerti oleh konsumen
Tampilan lebih menarik karena dikemas secara baik.
Kekurangan
Biaya produksi tidak murah
Proses informasi yang membutuhkan biaya besar
Proses produksi yang cukup lama
Harga Produk
Pembuatan video profil ini membutuhkan biaya yang cukup besar, didalam proses pembuatanya dibutuhkan sutradara, cameramen dan beberapa crew pembantu serta pemain yang memerankan video profile tersebut.
Market Analisys (Analisis Pasar)
Positioning merupakan penempatan pesan dibenak audience. Pada celah mana suatu image atau citra ”pesan” mengenai produk, jasa, ide atau gagasan akan diposisikan di dalam benak konsumen, relatif terhadap penawaran pesaingnya. Untuk penempatan image agar audience mudah mengingat dan tertarik dari pesan yang disampaikan melalui rancangan media maka pada rancangan media video profile tersebut disampaikan mengenai hal-hal unggulan dan fasilitas yang terdapat pada SMK Mandiri 2 Balaraja Selatan yang akan diolah sedemikian rupa, pada susunan elemen media akan ditambahkan efek-efek visual maupun efek audio untuk menambah nilai artistik dan kreatif pada setiap tampilan.
Market Positioning
Dalam target marketing SMK Mandiri 2 Balaraja menentukan segmentasi pasar yaitu mengidentifikasi dan membentuk kelompok konsumen (orang tua calon siswa baru, relasi, masyarakat) yang terpisah-pisah yang mungkin membutuhkan pola pemasaran tersendiri, kemudian memilih satu atau lebih segmen yang dianggap paling potensial dan menguntungkan serta mengembangkan program pemasaran yang dirancang khusus untuk segmen-segmen yang dipilih tersebut, yaitu dengan melakukan presentasi.
Kondisi Pesaing (Conditions of Competitor)
Terdapat beberapa Sekolah Menengah Kejuruan baik negeri dan swasta, hal tersebut kondisi persaingan yang harus disikapi dengan cerdik dan cermat untuk memenangkan persaingan yang ada, tentu persaingan tersebut harus kita sikapi dengan strategi-strategi yang positif yakni dengan meningkatkan keunggulan-keunggulan yang telah diperdayakan di SMK Mandiri 2 Balaraja.
Tabel 3.1.Daftar Pesaing
No | Nama | Alamat | Kelebihan | Kekurangan |
---|---|---|---|---|
1 | SMK GEMA BANGSA | Jl.mesjid Agung Ar-arohman Ds.sukatani Cisoka, Bojong Loa, CISOKA, KAB. TANGERANG 15730 | Menggunakan Brosur, Spanduk, Banner Website dan video profile | Tidak memiliki video profile |
2 | SMK KORPRI 1 TIGARAKSA | Jl. Raya Ki Mas Laeng Tigaraksa, Tigaraksa, TIGA RAKSA, KAB. TANGERANG 15720 | Menggunakan Brosur, Spanduk, Banner | Tidak memiliki video profile |
3 | SMK AL HUSNA | JL. ARYA JAYA SANTIKA TIGARAKSA, PASIRNANGKA / TIGARAKSA, TIGA RAKSA, KAB. TANGERANG 15720 | Menggunakan Brosur, Spanduk, Banner | Tidak memiliki video profile |
4 | SMK AL-HIKMAH CURUG | Jl. Raya Plp Curug No. 108 Desa Kadu Jaya, Kadujaya, CURUG, KAB. TANGERANG 15810 | Menggunakan Brosur, Spanduk, Banner | Tidak memiliki website dan video profile |
5 | SMK ATISA DIPAMKARA | villa Permata Kom. ViharaVajra Bumi Nusantara, BINONG, CURUG, KAB. TANGERANG 15810 | Menggunakan Brosur, Spanduk, | Tidak memiliki video profile |
Potensial Market (Potensi Pasar)
Dalam hal ini, subjek atau sasaran yang dituju adalah mengutamakan calon siswa baru yaitu dengan cara memberikan informasi, diantaranya melalui presentasi penerimaan siswa baru kepada calon siswa baru, lisan ke lisan orang tua siswa yang ada, mengikut sertakan perlombaan ke luar sekolah, kunjungan tema ke beberapa tempat, mengisi acara yang diadakan oleh pihak luar, kegiatan-kegiatan pelatihan yang diadakan di SMK Mandiri 2 Balaraja.
Jika ditinjau dari tujuan informasi ini adalah untuk mengarahkan seseorang agar dapat lebih mengenal lalu memahaminya dan berubah sikap, menyukai, yakin, kemudian akhirnya menjadi calon. Hal ini, dapat meningkatkan jumlah permintaan akan suatu media informasi untuk memperkenalkan dan memberi pemahaman tentang profile SMK Mandiri 2 Balaraja kepada konsumen (orang tua calon siswa baru, siswa transfer, relasi dan masyarakat).
Market Segmentation
Geografi :● Khusus : Wilayah Kab. Tangerang
● Umum : Wilayah Indonesia
Demografi :● Jenis Kelamin : Pria & Wanita
● Usia : 14 tahun Umur
● Kelas Ekonomi : kelas menengah
● Sasaran : 1. Siswa-siswi SMP / Setara
2. Relasi dari Sekolah tertentu
3. Transfer atau pindahan
Psikografi : Siswa Siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau Setara dengan SMP, siswa dan siswi transfer, relasi dan masyarakat umumnya khususnya di daerah kabupaten untuk mengetahui informasi lebih detail tentang SMK Mandiri 2 Balaraja.
Marketing Objective (Tujuan Pemasaran)
Dalam memberikan media informasi tentang SMK Mandiri 2 Balaraja kepada masyarakat luas yaitu dengan media informasi berupa video interaktif dengan konsep audio visual yang bertujuan meningkatkan image dan kuantitas minat dari calon siswa yang akan mendaftar di SMK Mandiri 2 Balaraja. Media yang digunakan sebelumnya menggunakan media orang per orang sehingga kurang efektif dan efisien bagi masyarakat luas yang ingin mengetahui berbagai informasi tentang SMK Mandiri 2 Balaraja.
Marketing Strategi (Strategi Pemasaran)
Dengan adanya media video profile promosi yang dikemas secara menarik dapat tersampaikan informasi secara lebih detail, sehingga memudahkan pihak marketing dalam penyebaran media video profile sekolah SMK Mandiri 2 Balaraja yang dibagikan kepada masyarakat dan calon siswa dan siswi, sehingga penyebaran promosi dan informasi semakin luas lagi. SMK Mandiri 2 Balaraja juga membuat Event yang di buka untuk umum seperti mengadakan pameran pendidikan, dan bisa menjadi strategi promosi untuk SMK Mandiri 2 Balaraja. Berikut adalah tabel Matriks Analisis SWOT :
Tabel 3.2.Analisis SWOT
Faktor Internal | Kekuatan
(Strengths – S) |
Kelemahan
(Weakness – W) |
---|---|---|
Faktor Eksternal | 1. Kualitas gambar yang disajikan beresolusi HD (High Definition). 2. Menghemat waktu dalam penyampaian seluruh informasi tentang sekolah SMK Mandiri 2 Balaraja. 3. Menghasilkan video informasi SMK Mandiri 2 Balaraja yang menarik secara visualisasi. 4. Media penunjang informasi SMK Mandiri 2 Balaraja yang up to date 5. Banyaknya media social saat ini |
1. Membutuhkan biaya produksi yang cukup besar dalam pembuatan video profile SMK Mandiri 2 Balaraja ini. 2. Dalam pembuatan video profile SMK Mandiri 2 Balaraja memerlukan waktu yang cukup lama dalam proses 3. Preproduction, production dan post production. 4. Membutuhkan peralatan produksi yang mendukung. 5. Membutuhkan ijin dalam pengambilan gambar. 6. Masih banyak masyarakat yang Gagap Teknologi untuk menonton video ini. |
Peluang
(Oportunities – O)
|
Strategi (SO) 1. Membuat tampilan yang beresolusi HD dengan ditambah backsound yang tepat maka akan menghasilkan suatu video yang menarik dan tidak membosankan. Contohnya tampilan dengan gambar yang jernih, jelas, warna gambar yang pas serta dengan backsound yang sesuai dengan konsep video profile. 2. Dalam menyampaikan informasi yang detail, padat dan jelas mengenai beberapa fasilitas dan jurusan yang ada di SMK Mandiri 2 Balaraja |
Strategi (WO) 1.Mengunggah dan mempublikasikan video profile informasi tersebut ke dalam beberapa account official website SMK Mandiri 2 Balaraja dan mempromosikannya melalui media sosial itu akan dapat meningkatkan jumlah calon siswa –siswi. 2.Membuat time schedule yang tepat. 3.Menampilkan secara live pada acara festival pameran pendidikan. |
Ancaman
(Threat – T) |
Strategi (ST)
|
Strategi (WT)
|
Konfigurasi Perancangan
Spesifikasi Hardware
Perancangan video profil tersebut menggunakan 1 unit PC dengan spesifikasi sebagai berikut:
Processor : Intel(R) Core(TM)2 Duo CPU E7500 @ 2.93GHZ 2.94 GHZ
Monitor : LCD 17” Widescreen
RAM : 3.00 GB
Harddisk : 1TB
Speaker : Multimedia
Software yang Digunakan
Dalam konsep media informasi dan promosi tersebut, penulis menggunakan software :
Adobe Premier CS3
After Effect CS 6
Adobe Photoshop CS3
Budget Produksi Media
Tabel 3.3.
Budget Produksi Media
No | Alat Produksi | Keterangan | Biaya Produksi |
---|---|---|---|
1 | Kamera SONY | Sewa 5 hari @ Rp. 200.000/Hari | Rp. 1.000.000 |
2 | Microphone Shotgun | Sewa 3 hari @ Rp. 50.000/hari | Rp. 150.000 |
3 | MMC Sandisk 8GB | Beli 1 buah @
Rp. 100.000 |
Rp. 100.000 |
Total | Rp 1.250.000.- |
Elisitasi
Elisitasi Tahap I
Elisitasi tahap I, berisi seluruh rancangan sistem baru yang diusulkan oleh pihak manajemen terkait melalui proses wawancara.
Tabel 3.4.
Elisiasi Tahap I
Elisitasi Tahap II
Elisitasi tahap II, merupakan hasil pengklasifikasian elisitasi tahap I berdasarkan metode MDI. Metode MDI bertujuan memisahkan antara rancangan sistem yang penting dan harus ada pada sistem baru dengan rancangan yang disanggupi oleh penulis untuk dieksekusi.
Tabel 3.5.
Elisiasi Tahap II
Keterangan :
M = Mandatory (yang diinginkan)
D = Desirable (diperlukan)
I = Inessential (yang tidak mutlak diinginkan)
Elisitasi Tahap III
Tabel 3.6.
Elisiasi Tahap III
Keterangan :
T = Technical L = Low
O = Operasional M = Middle
E = Economic H = High
Elisitasi Final
Tabel 3.7.
Final Draft Elisitasi
BAB IV
Konsep Produksi Media ialah tahapan-tahapan mencapai efisiensi produk dengan menggunakan teknik MAVIB merupakan singkatan dari Multimedia Audio Visual dan Broadcasting yang merupakan bidang ilmu desain dua dimensi, tiga dimensi dan penggabungan dari dua dengan tiga dimensi. Kemajuan dari MAVIB akan menghasilkan suatu media audio visual yang menarik untuk disajikan kepada audience. Dengan Konsep Produksi Media media video yang dibuat akan menjadi lebih baik. Baik dalam segi produksi maupun teoritisnya.Langkah dari Konsep Produksi MAVIB dimulai dari Praproduction lalu Production dan yang terakhir Postproduction.
Tabel 4.1.
Tahap Konsep Produksi MAVIB (KPM)
Preproduction
Untuk Preproduction adalah step atau langkah dimana dimulainya ide, perencanaan dan persiapan dari Konsep Produksi Media. Ada tujuh langkah Preproductiondalam Konsep Produksi Media, dimulai dari Ide yang dituangkan secara sistematis, lalu diikuti dengan pembuatan sinopsis, Script Writting dan Storyboard.Dua tahapan terakhir adalah pemilihan pemain dan crew dan Setting Alat. Semua tahapan yang ada harus sesuai TimeSchedule yang ditetapkan. Untuk lebih jelasnya di ilustrasikan pada bagan berikut ini :
Tabel 4.2.
Tahap Preproduction
Ide atau Gagasan
Video profile merupakan media yang sangat efektif dan efisien untuk mempromosikan suatu perusahaan atau instansi karena manusia dapat mengingat sebanyak 80% apa yang dilihat, didengar dan dialaminya secara bersamaan. Didalam perkembangannya SMK Mandiri 2 Balaraja ingin memperluas informasi dan wilayah promosi khususnya pada bidang pendidikan, dari hal tersebut maka menjadi garis besar terciptanya ide gagasan untuk merancang video profile di SMK Mandiri 2 Balaraja.
Sinopsis/Cerita
Adalah ringkasan cerita atau film, menjadi bentuk pendekatan dari sebuah feature documenter tersebut. Sinopsis biasanya dibatasi oleh jumlah halaman, misalnya satu atau dua halaman, seperlima atau sepersepuluh dari panjang feature documenter. Sinopsis perancangan video profile sebagai penunjang media informasi dan promosi pada SMK Mandiri 2 Balaraja ini adalah :
“Pendirian SMK Mandiri 2 Balaraja di Balaraja dimaksudkan pula sebagai realisasi cita-cita ke arah pemerataan kesempatan kerja. Saat itu bangunan baru berdiri 3 ruang belajar dengan status penggunaan pagi sampai siang dan siang hari sampai sore. Jumlah rombongan belajar sebanyak 3 rombel dan jumlah siswa 125 orang dengan jurusan yang dikembangkan saat itu adalah Jurusan Perkantoran. Kondisi fasilitas pun masih minim, hanya ada 3 kelas yang dapat digunakan oleh siswa.
“Seiring waktu berjalan, pelan-pelan kondisi sekolah pun berubah. Terlihat perkembangan yang cukup jelas bahwa sekolah ini tumbuh menjadi sekolah yang besar dengan pengelolaan yang baik.
Narasi
“Kami memulai pendidikan ini dari matahari terbit hingga terbenam / dengan niat yang baik dan menjunjung tinggi norma norma pendidikan // Patuh terhadap kedisiplinan / dan membangun persodaraan. Inilah cara kami mengabdi kepada bangsa dan negara dalam dunia pendidikan / segala doa yang dipanjatkan dan cita cita bangsa Indonesia. Sekolah kami mengemban misi besar ini sejak tahun 1996 Berlokasi di jl // raya kresek kecamatan balaraja kab.tangerang prov // Banten Indonesia Di kabupaten Tangerang ini diutamakan pendidikan berbasis kejuruan oleh dinas pendidikan / salah satunya smk mandiri 2 balaraja yang sudah banyak meluluskan siswanya untuk siap bekerja di bidangnya masing masing // Kami selalu berusaha memberikan pendidikan terbaik dalam pendidikan agama dan kompetensi masing masing Kami menyediakan fasilitas pendidikan modern agar para siswa mengikuti perkembangan teknologi seiring berkembangnya jaman. Untuk itu visi dan misi kamu yaitu//
VISI Menciptakan lulisan yang cerdas / terampil / mampu bersaing di dunia kerja dan berakhlak mulia //
MISI :
Meningkatkan kuaitas PBM dalam mencapai kompetensi siswa yang kompetitif dan siap kerja //
Meningkatkan kuantitas dan kualitas sarana dan prasarana pendidikan dalam mendukung penguasaan IPTEK //
Meningkatkan kualitas SDM dalam mewujudkan sikap kemandirian dan berakhlak mulia //
Meningkatkan kualitas kompetensi tenaga pendidikan dan kependidikan dalam mewujudkan standar pelayanan minimal //
Kami menjediakan lulusan yang dapat di terima di dunia industry dari berbagai akpek yang diperlukan / dengan ini kami menyediakan jurusan / multemdia, teknik computer dan jaringan, broadcasting / adm // Perkantoran dan akuntansi // Untuk menunjang pembelajaran kami menyediakan lab yang ckup baik, yaitu / Lab multimedia Lab // Akuntansi Lab adm perkantoran / dan Lab teknik computer dan jaringan Dengan sarana prasarana penunjang seperti Kami memiliki beberapa kegiatan ekstra kulikuler sebagai wadah siswa siswi untuk mengembangkat bakatnya di luar pendidikan formal / yang sudah banyak meraih penghargaan dari tingkat kabupaten maupun nasional // Dengan cara inilah kami memperbaiki bangsa dan selalu akan memperbaiki system pembelajaran agar anak didik kami dapat bersaing di perindustrian nasional namun juga di perindustrian global //
Storyboard
Storyboard adalah rancangan berupa sket gambar yang dilengkapi dengan petunjuk atau catatan pengambilan gambar untuk kebutuhan shooting. Selama proses praproduksi, perencanaan yang berhubungan dengan visualiasasi yang akan dibuat membutuhkan Storyboard sebagai media bantuannya.
Gambar 4.1.
Scene 1:Bumper Opening logo SMK Mandiri 2 Balaraja
Gambar 4.2.
Scene 2: Matahari Terbit (Full Shoot)
Gambar 4.3.
Scane 3:EXT/ Gedung Sekolah SMK Mandiri 2 Balaraja (Full Shoot)
Gambar 4.4.
Scene 4: Peta SMK Mandiri 2 Balaraja
Gambar 4.5.
Scene 5:EXT/ Papan Nama SMK Mandiri 2 Balaraja (Full Shoot)
Gambar 4.6.
Scene 6: INT / Ruang Kelas (Medium Shoot)
Gambar 4.7.
Scene 7: Visi Misi SMK Mandiri 2 Balaraja
Gambar 4.8.
Scene 8:INT / Leb. Teknik Komputer dan Jaringan (Medium Shoot)
Gambar 4.9.
Scene 9: INT / Lab. Broadcasting (Medium Full Shoot)
Gambar 4.10.
Scene 10: INT/Administrasi Perkantoran (Medium shoot)
Gambar 4.11.
Scene 11: INT/ Akutansi Keuangan (Medium shoot)
Gambar 4.12.
Scene 12: INT/ Lab. Akutansi (Medium shoot)
Gambar 4.13.
Scene 13: INT / Lab. Adm Perkantoran (medium shoot)
Gambar 4.14.
Scene 14: INT/Musholah (medium shoot)
Gambar 4.15.
Scene 15: INT / Perpustakaan (Medium Full Shoot)
Gambar 4.16.
Scene 16: EXT / Lapangan Olah raga (Medium Full Shoot)
Gambar 4.17.
Scene 17: EXT / Mini Market (Medium Full Shoot)
Gambar 4.18.
Scene 18: EXT / Piala (Medium Shoot)
Gambar 4.19.
Scene 19: Paskibra
Gambar 4.20.
Scene 20: Media Center Mandiri
Gambar 4.21.
Scene 21: Rohis Marawis Mandiri
Gambar 4.22.
Scene 22: IT Club
Gambar 4.23.
Scene 23: Futsal
Gambar 4.24.
Scene 24: Closing
Script Writing
Membuat rancangan penulisan naskah secara rinci yang mengembangkan gagasan pada sinopsis menjadi sebuah cerita yang menarik. Script Writing dalam video profile ini seperti berikut :
Tabel 4.1.
Script Writing
No | Visual | Audio | Ket |
---|---|---|---|
1 | Bumper Opening logo SMK Mandiri 2 Balaraja | Back sound | - |
2 | Matahari Terbit | Kami memulai pendidikan ini dari matahari terbit hingga terbenam / dengan niat yang baik dan menjunjung tinggi norma norma pendidikan // Patuh terhadap kedisiplinan / dan membangun persodaraan// | - |
3 | Gedung Sekolah SMK Mandiri 2 Balaraja | Inilah cara kami mengabdi kepada bangsa dan negara dalam dunia pendidikan / segala doa yang dipanjatkan dan cita cita bangsa Indonesia// | - |
4 | Peta SMK Mandiri 2 Balaraja | Sekolah kami mengemban misi besar ini sejak tahun 1996 Berlokasi di jl // | - |
5 | Papan Nama SMK Mandiri 2 Balaraja | Raya kresek kecamatan balaraja kabupaten tangerang provinsi // Banten Indonesia Di kabupaten Tangerang ini diutamakan pendidikan berbasis kejuruan oleh dinas pendidikan / salah satunya smk mandiri 2 balaraja yang sudah banyak meluluskan siswanya untuk siap bekerja di bidangnya masing masing // | - |
6 | Ruang Kelas | Kami selalu berusaha memberikan pendidikan terbaik dalam pendidikan agama dan kompetensi masing masing Kami menyediakan fasilitas pendidikan modern agar para siswa mengikuti perkembangan teknologi seiring berkembangnya jaman// Meningkatkan kualitas kompetensi tenaga pendidikan dan kependidikan dalam mewujudkan standar pelayanan minimal // | - |
7 | Visi Misi SMK Mandiri 2 Balaraja | VISI Menciptakan lulisan yang cerdas / terampil / mampu bersaing di dunia kerja dan berakhlak mulia // MISI :
Meningkatkan kuaitas PBM dalam mencapai kompetensi siswa yang kompetitif dan siap kerja // |
- |
8 | Sarana dan Prasarana | Kami menjadiakan lulusan yang dapat di terima di dunia industry dari berbagai akpek yang diperlukan / dengan ini kami menyediakan jurusan / multemdia, teknik computer dan jaringan, broadcasting / adm // Perkantoran dan akuntansi // Untuk menunjang pembelajaran kami menyediakan lab yang ckup baik, yaitu / Lab multimedia Lab // Akuntansi Lab adm perkantoran / dan Lab teknik computer dan jaringan Dengan sarana prasarana penunjang // | - |
9 | Piala | Kami memiliki beberapa kegiatan ekstrakulikuler sebagai wadah siswa siswi untuk mengembangkat bakatnya di luar pendidikan formal / | - |
10 | Ekstrakulikuler | yang sudah banyak meraih penghargaan dari tingkat kabupaten maupun nasional // Dengan cara inilah kami memperbaiki bangsa dan selalu akan memperbaiki system pembelajaran agar anak didik kami dapat bersaing di perindustrian nasional namun juga di perindustrian global // | - |
11 | Logo dan alamat lengkap | - | - |
Rundown
Tabel 4.2.
Rundown
NO | SCANE | LOKASI | DURASI | OUT/INT | KETERANGAN |
---|---|---|---|---|---|
1 | 2 | Matahari Terbit | 00:48-00:50 | EXT | Dimulainya dengan matahari terbit |
2 | 3 | Gedung Sekolah | 01:17-01:20 | EXT | Suasana gedung sekolah SMK 2 Mandiri Balaraja Ciledug KotaTangerang |
3 | 5 | Papan Nama | 01:35-01:41 | EXT | Papan Nama Sekolah |
4 | 6 | Ruang Kelas | 01:34-02:51 | INT | Suasana ruang kelas pada saat guru sedang mengajar |
5 | 8-17 | Sarana dan Prasarana | 03:04-04:9 | INT | Sarana dan prasarana SMK Mandiri 2 Balaraja |
6 | 18 | Piala | 04:17-04:27 | INT | Prestasi yang pernah di raih |
7 | 19-23 | Ekstrakulikuler | 04:27-04:54 | INT | Ekstrakulikuler yang di miliki SMK Mandiri 2 Balaraja |
Pemilihan Pemain dan Crew
Pencarian pemain sesuai dengan karakter dari Video profil yang terdapat pada Storyline. Sehubungan produksi media video ini, materi sebagian besar adalah gambar-gambar hasil dokumentasi yang diperoleh dari pihak Sekolah, namun pada adegan gambar-gambar tambahan pemain diambilkan dari guru dan pimpinan
Adapun pemain dan crew yang terlibat dalam pembuatan video profile ini antara lain:
Tabel 4.3.
Daftar Pemain dan Crew
No | Nama | Jabatan |
---|---|---|
1 | Yuri | Sutradara |
2 | Yuri | Script Writer |
3 | Yuri | Editor |
4 | Yuri | Soundman |
5 | Yuri | Cameraman |
6 | Sekar Asih Utami | Dubber |
7 | Siswi SMK 2 Mandiri Balaraja | Pemain atau Actor |
8 | Siswi SMK 2 Mandiri Balaraja | Pemain atau Actor |
Time Schedule
Tabel4.4.
Time Schedule produksi
Anggaran/Budget
Tabel 4.5.
Anggaran Produksi
Setting Alat
Dalam pembuatan video profil menggunakan alat Camera, Tripod, dan Microphone.Untuk Camera yang digunakan penulis menggunakan Camera Canon HD, drone . Dalam Video audio visual ini banyak digunakan dilokasi dalam outdoor. Tripod menggunakan SLIK dengan kualitas standar dan juga perangkat tambahan menggunakan slider agar gambar dapat lebih bagus.
Gambar 4.25.
Kamera MD10000
Gambar 4.26.
Drone
Gambar 4.27.
Tripod
Gambar 4.28.
Microfon Shotgun
Gambar 4.29.
Soundcard_Steinberg_CI2_
Production
Production adalah proses pengambilan gambar atau shootingvideo dengan bekerjasamanya antara pemain dan crew untuk pewujudan rumusan dari tahap preproduction dalam bentuk skenario, naskah, dan storyboard yang telah dibuat. Pada tahap production semua unsur teknis dan kreatif seperti naskah, actor, sinematografi dan suara bergabung dibawah pengawasan kreatif sutradara. Dalam menjalankan proses production pengambilan gambar atau shootingvideo ada beberapa hal yang harus dipersiapkan dengan baik, diataranya : desain produksi termasuk storyboard yang bisa menjadi panduan yang baik tentang hal-hal yang harus dikerjakan selama shooting, kesiapan crew dalam menjalankan perannya masing-masing dan kesiapan perlengkapan yang juga merupakan tanggung jawab masing-masing crew.
Perencanaan Multimedia
Perencanaan multimedia merupakan rancangan mengkombinasi tiga elemen yaitu, suara, gambar dan teks untuk menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif dalam hal ini berupa video.Konsep multimedia yang diajukan guna menjangkau masyarakat dengan program media prosedur yang efektif serta efisien, yaitu dalam bentuk media informasi audio visual (video) yang berisi teks, gambar, dan suara dan lain-lain. Untuk mensukseskan perencanaan multimedia ini diperlukan 3 tahapan sistematis, dimulai dari tujuan multimedia, strategi multimedia dan program multimedia. Perencanaan multimedia ditujukan guna menarik masyarakat agar menjangkau lebih luas dengan menggunakan input yang telah diolah (teks, gambar, suara). Dengan dibuatnya strategi multimedia maka perancangan multimedia mempunyai arahan untuk dapat mencapai target tujuan multimedia, sedangkan untuk program multimedia berisi jabaran hasil project dalam mewujudkan tujuan dan strategi multimedia.
Tujuan Multimedia
Tujuan multimedia dari pembuatan media audiovisual ini adalah sebagai media promosi dan informasi sekolah untuk display yang dimasukkan kedalam presentasi dan ditampilkan setelah presentasi dari petugas selesai, agar informasi yang disampaikan dapat diterima dan dipahami masyarakat luas.
Strategi Multimedia
Media audio visual yang menyampaikan promosi dan informasi tentang SMK Mandiri 2 Balaraja sebelum masuk proses produksi, terlebih dahulu merumuskan strategi multimedia, media yang akan dirancang dan dipersiapkan setidaknya memenuhi tiga aspek sasaran yaitu:
Geografi : Wilayah Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang
Demografi : ● Jenis Kelamin : Pria & Wanita
● Kelas Ekonomi : Menengah Atas
Menengah
Menengah Bawah
● Usia : 13 – 16 tahun
● Sasaran : 1. Siswa-siswi SMP / Setara
2. Relasi dari Sekolah tertentu
3. Transfer atau pindahan
Psikografi : Siswa Siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau Setara dengan SMP, siswa dan siswi transfer, relasi dan masyarakat umumnya khususnya di daerah kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang untuk mengetahui informasi lebih detail tentang Kabupaten Tangerang.
Program Multimedia
Program multimedia dalam media informasi video profil yang dibuat ada tiga tahapan yaitu :
Teks
Picture
Sound
Teks dalam video ini memakai tipe Lucida fax diterapkan dalam setiap script pada media informasi dengan beberapa efek.
Gambar yang dipakai dalam media informasi ini memakai gambar dalam bentuk JPG dan MOV untuk videonya.
Suara digunakan untuk background musik, suara manusia sebagai pembaca naskah pada video tersebut.Penerapan tempat suara ditentukan dimana video sedang berjalan dan disesuaikan dengan suasana video tersebut.
Perencanaan Audio
Audio adalah elemen yang wajib ada pada setiap kali menampilkan video karena jika tidak ada audio nantinya video yang ditampilkan terasa kurang menarik masyarakat maka dari itu perencanaan audio mempunyai faktor penting dalam menentukan menarik atau tidaknya media informasi berupa video yang dihasilkan.Dalam konsep produksi ini audio memiliki tujuan audio, strategi audio dan program audio.
Tujuan Audio
Tujuan dari elemen audio yang diberikan dalam pembuatan media informasi ini nantinya dapat memberikan interest kepada calon siswa dan siswi Kabupaten Tangerang maka tujuan audio adalah dalam rangka meyakinkan masyarakat akan kelengkapan fasilitas dan keunggulan mutu program studi. Audio digunakan untuk menerangkan dan menjelaskan gambar bergerak yang sedang diputar sehingga media promosi dan informasi berupa video profile yang efektif dan efisien.
Strategi Audio
Dalam hal ini strategi yang ditampilkan ialah setiap video yang ditampilkan akan diiringi suara musik agar lebih memantapkan visualisasi.
Program Audio
Setiap audio yang diterapkan untuk mengisi suara diambil dari video yang sudah dipersiapkan sesuai dengan kebutuhan dari media informasi yang dirancang, diambil dari musik mp3, dicari sound efek yang sesuai. Adanya program editing memudahkan untuk membuat audio kemudian dilakukan proses penyesuaian rancangan video yang akan disuguhkan kepada masyarakat. Audio yang diambil sebelumya dicari yang sesuai, seperti untuk audio musik mp3, pengambilan audio yang sesuai diperlukan proses editing dari cutter video dan penyesuaian penempatan dengan gambar yang ditampilkan. Proses besar kecilnya suara audio dibuat dari volume mixing audio.
Perencanaan Visual
Bentuk visualisasi yang dihasilkan nantinya akan berupa karya visual atau dalam bentuk video yang disusun secara rapi dengan menampilkan video, gambar-gambar yang interaktif dan di edit sedemikian rupa agar menarik masyarakat yang melihatnya serta perencanaan visual ditujukan guna memberikan kesan dan image tertentu dalam video yang ditampilkan.
Tujuan Visual
Media informasi yang dirancang berupa sebuah karya visual yang didalamnya terdapat visual effects yakni efek bola berputar, efek perpindahan gambar menggunakan beberapa tipe seperti slide, sehingga dapat menciptakan suatu bentuk visulisasi yang terkesan menarik. Kesan yang ditampilkan dalam visual effect video tersebut dengan menggabungkan lima buah hasil video yang berbeda menjadi dalam satu frame.
Tabel 4.6.
Kesan Visual effect
Visual Effect | Kesan yang ditimbulkan |
---|---|
Countingtimer | Ceria, Cerah |
Logo Kabupaten Tangerang | Elegance |
Bumper Kabupaten Tangerang | Semangat, Ceria, Cerah |
Tampilan Video pembuatan Profile | Kompak, Semangat, Maju |
Grafik | Kesan Elegance, Maju |
Strategi Visual
Visual Effects dapat diciptakan dengan bantuan teknologi komputer yang sudah sangat maju sekarang ini, sehingga memberikan suatu bentuk pencitraan nyata atau benar–benar nyata terhadap gambaran visualisasi pada video tersebut. Visualisasi tampilan video yang berbeda-beda dengan menampilkan beberapa unsur seperti :Bumper, opening.
Program Visualisasi
Didalam proses produksi ini perancangan spesial effects dibuat menggunakan aplikasi–aplikasi yang merupakan hasil dari kemajuan teknologi. Acuan storyboard diubah menjadi animatrix yaitu semacam slideshow dari storyboard yang sudah diisi dengan dialog yang belum diedit.
Gambar 4.30.
Adobe After Effek
Gambar4.31.
Adobe Premier CC
Perencanaan Broadcasting
Perencanaan broadcasting yang diajukan guna menjangkau masyarakat dengan program pendistribusian efektif serta efisien.Perencanaan broadcasting ditujukan guna menjangkau masyarakat lebih luas. Dengan dibuatnya tujuan broadcasting suatu media informasi atau media promosi menjadi arahan untuk dapat mencapai target jangkauan masyarakat.Perencanaan broadcasting terdiri dari tujuan broadcasting, strategi broadcasting dan program broadcasting.
Tujuan Broadcasting
Broadcasting menjangkau khalayak luas tanpa ada filter khalayak mana yang cocok untuk media informasi dan promosi yang dibuat. Tujuan broadcasting pembuatan media informasi dan promosi ini diharapkan akan menjangkau 25% dari khalayak yang ditetapkan seperti masyarakat terdekat serta masyarakat luas pada umumnya. Tujuan broadcasting yaitu menyiarkan atau mendistribusikan video informasi dan promosi yang dibuat dalam berbagai bentuk pendistribusian hingga mencapai target yang ditetapkan.
Strategi Broadcasting
Strategi yang akan dilakukan dalam hal ini yaitu contohnya pemanfaatan fasilitas, strategi Broadcasting yang dibuat memanfaatkan fasilitas DVD, Facebook, You-Tube dan website.
Program Broadcasting
Program broadcasting memang melingkupi pada khalayak yang luas.Untuk menayangkan hasil dari produksi audio visual juga memanfaatkan fasilitas internet sebagai medianya. melalui media :
DVD secara garis besarnya sama dengan CD tetapi mempunyai kapasitas yang lebih besar. DVD biasanya untuk media penyimpanan video yang mempunyai kapasitas besar. Bentuk format yang digunakan dalam DVD bisa dalam bentuk apapun namun untuk dapat membukanya kembali dilihat bagaimana aplikasi yang ada pada komputer yang bersangkutan. Untuk itu buat format yang secara umum dapat dibuka dikomputer mana saja seperti bentuk .avi, .mov, .mpg dan .wmv.
Youtube, media informasi yang dibuat diupload melalui You-tube, account harus dipunyai sebelum melakukan aktifitas upload, biasanya dengan secara otomatis You-tubeakan meminta account aktifasi. Jika telah mempunyai account maka proses upload tinggal browse dimana video disimpan. Proses lama tidaknya upload tergantung dari besar kecilnya kapasitas pada video, semakin lama durasi dan besar kapasitas maka semakin lama proses upload.
Facebook, sama halnya seperti You-tube, Facebook juga akan meminta account untuk sign-in terlebih dahulu sebelum melakukan upload. Jika sudah mempunyai account yang tinggal dilakukan hanya membuka menu video yang ada disamping kanan atas berdampingan dengan beranda dan profil, proses upload mengikuti instruksi pada setiap permintaan.
Bagan 4.3.
Tahap Production
Postproduction
Tahap postproduction adalah proses finishing sebuah karya sampai menjadi sebuah video yang utuh dan mampu menyampaikan sebuah cerita atau pesan kepada audience. Dalam proses postproduction semua gambar yang didapat pada proses production di satukan dan di edit oleh seorang editor. Kegitan pemutaran dan distribusi juga masuk di dalam proses postproduction. Tahapan proses postproduction, yaitu :
Capturing
Tahap pertama yang dilakukan adalah capturing atau digitalisasi hasil shooting yang masih analog di-capture melalui capture card atau firewire lalu diubah menjadi file data digital kemudian disimpan dalam harddisk dan setiap saat bias dipanggil kembali bila diperlukan.
Editing
Pada tahap editing video dilakukan pemotongan, pemilihan dan penyusunan hasil gambar shooting sesuai keinginan atau gagasan sutradara sesuai dengan naskah dan storyboard.
Mixing
Mixing merupakan tahap pencampuran antara gambar dan suara, narasi yang sudah direkam dan ilustrasi musik dimasukkan kedalam hasil editing gambar sesuai dengan naskah. Keseimbangan antara suara asli, narasi, ilustrasi musik dan sound efek sangat diperhatikan agar serasi dan harmonis serta terdengar dengan jelas. Setelah proses mixing selesai lalu data di ekspor ke format file tertentu untuk proses penyiaran ke publik.
Finishing
Tahap finishing ini merupakan tahap terakhir dalam proses pembuatan video profile ini. Pada tahap ini dilakukan proses export video dari adobe premier pro menjadi format video.
Bagan 4.4.
Tahap Postproduction
BAB V
Kesimpulan
Berdasarkan rumusan masalah terkait dengan penelitian yang dilakukan di SMK Mandiri 2 Balaraja dengan membuat media promosi dan informasi, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
Media yang tepat untuk mempromosikan SMK Mandiri 2 Balaraja adalah video profile SMK Mandiri 2 Balaraja. Dimana setiap media tersebut memberikan promosi dan informasi sesuai dengan fungsinya masing-masing menarik dan efektif digunakan dalam melengkapi media promosi dan informasi pada SMK Mandiri 2 Balaraja.
Merancang media komunikasi visual agar efektif dengan cara media komunikasi video berbentuk media video profile promosi dan informasi visual dirancang dengan mempertimbangkan teori-teori video dan kasus yang diangkat, serta berisi pesan yang tidak terlalu rumit, tetapi singkat, padat, jelas dan mudah di pahami. Agar hasil rancangan dapat menarik perhatian masyarakat, perancangan konsep produksi media hendaknya ditujukan hal-hal yang saat ini sedang diminati oleh masyarakat dan kreatifitas yang dapat memanjakan masyarakat diantaranya media desain promosi dan informasi tersebut terdapat video profile menarik dan informatif.
Manfaat yang didapat setelah adanya media promosi dan informasi pada SMK Mandiri 2 Balaraja yaitu lebih memudahkan calon siswa dan siswi SMK Mandiri 2 Balaraja untuk berkunjung SMK Mandiri 2 Balaraja.
Saran
Adapun beberapa saran yang dapat diberikan sebagai referensi desain di masa yang akan datang, mengenai media komunikasi visual dalam bentuk media promosi pada SMK Mandiri 2 Balaraja adalah sebagai sebagai berikut :
Dengan adanya media promosi dan informasi ini penulis menyarankan agar SMK Mandiri 2 Balaraja lebih luas lagi dalam memperkenalkan, media promosi dan informasi dengan menggunakan media cetak ataupun elektronik.
Disarankan pada SMK Mandiri 2 Balaraja agar program media promosi dan informasi selalu di update sesuai jadwal yang sudah di tentukan. Dan media promosinya semakin berinovasi.
Penulis berharap akan ada penelitian selanjutnya dalam mengembangkan media promosi dan informasi yang telah ada dengan konsep dan penyajian yang lebih menarik audience. Sehingga setiap tahun jumlah calon pengunjung semakin bertambah sesuai target yang diinginkan SMK Mandiri 2 Balaraja.
Penulis berharap akan ada penelitian selanjutnya dalam mengembangkan media promosi dan informasi yang telah ada dengan konsep dan penyajian yang lebih menarik audience. Sehingga setiap tahun jumlah calon pengunjung semakin bertambah sesuai target yang diinginkan SMK Mandiri 2 Balaraja.
Kesan
Selama melakukan penelitian skripsi, penulis berterima kasih kepada seluruh bagian-bagian yang telah memberikan pengalaman, pembelajaran dan kenyamanan pada saat melakukan penelitian selama pelaksanaan skripsi pada SMK Mandiri 2 Balaraja.
DAFTAR PUSTAKA
- ↑ Susano, Adhi. 2014. Rancang Bangun Aplikasi Berbasis Android Untuk Pengolahan Data Pengurus Masjid. E – Journal Universitas Indraprasta PGRI Faktor Exacta 9 (4) : 377 – 385 P – ISSN : 1979 – 276X, E – ISSN : 2502 – 339X. Jakarta : Universitas Indraprasta PGRI.
- ↑ Haryanto, Dadang dan Dede Koswara. 2015. Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Terintegrasi PT. Petrokimia (Studi Kasus Di Toko/Kios Pupuk Bersubsidi Cineam, Kantor Cab. PT. Angkasa Raya Christa (ARC) Kab.Tasikmalaya). Jurnal Manajemen Informatika STMIK DCI Vol. 2 No. 2 ISSN: 2541-6316. Jawa Barat : Tasikmalaya.
- ↑ swasta Safrida, Siti Rizqi Nur. 2015. Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Pada Usaha Emping Garut Bu Sami Di Kabupaten Bantul. Yogyakarta : Universitas PGRI Yogyakarta.
- ↑ Zebua, Manahati. 2016. Pemasaran Pariwisata : Menuju Festival Sail Daerah. Yogyakarta : Deepublish.
- ↑ Yuliana, Ika dan Rony Ika Setiawan. 2015. Pelayanan Dan Promosi Penjualan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada UD. Kelapa Sari Blitar). Jurnal Riset Mahasiswa Ekonomi (RITMIK) Vol. 2 No. 2 ISSN : 2407 – 2680. Blitar : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesuma Negara (STIEKEN).
- ↑ Dewi, Irna Kartina. 2015. Strategi Promosi Dalam Upaya Meningkatkan Produk Tabungan Tandamata My First Pada Bank BJB Kantor Cabang Pembantu Rancaekek. Bandung : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) EKUITAS.
- ↑ Zulfikar dan I Nyoman Budiantara. 2015. Manajemen Riset Dengan Pendekatan Komputasi Statistika. Yogyakarta : Deepublish.
- ↑ Irwansyah, Edy dan Jurike V. Moniaga. 2014. Pengantar Teknologi Informasi. Yogyakarta : Deepublish.
- ↑ Alannita, Ni Putu dan I. Gusti Ngurah Agung Suaryana. 2014. Pengaruh Kecanggihan Teknologi Informasi, Partisipasi Manajemen, Dan Kemampuan Teknik Pemakai Sistem Informasi Akuntansi Pada Kinerja Individu. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 6.1 (2014) : 33 – 45 ISSN : 2302 – 8556. Bali : Universitas Udayana.
- ↑ 10,0 10,1 10,2 Hutahaean, Jeperson. 2015. Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta : Deepublish.
- ↑ Sunarya, Lusyani. Radiyanto dan Erna Susanti. 2013. Enriching Company Profile Sebagai Penunjang Media Informasi dan Promosi Pada Perguruan Tinggi Raharja. Journal CCIT Vol. 7 No. 6. Tangerang : Perguruan Tinggi Raharja.
- ↑ Tyoso, Jaluanto Sunu Punjul. 2016. Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta : Deepublish.
- ↑ Sunarya, Lusyani. Radiyanto dan Erna Susanti. 2013. Enriching Company Profile Sebagai Penunjang Media Informasi dan Promosi Pada Perguruan Tinggi Raharja. Journal CCIT Vol. 7 No. 6. Tangerang : Perguruan Tinggi Raharja.
- ↑ Setyono, Yulian Adi. Sukarmin dan Daru Wahyuningsih. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berupa Buletin Dalam Bentuk Buku Saku Untuk Pembelajaran Fisika Kelas VIII Materi Gaya Ditinjau Dari Minat Baca Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika (2013) Vol.1 No.1 halaman 118. ISSN: 2338 – 0691. Surakarta : Universitas Sebelas Maret.
- ↑ Rahman, Abdul. 2015. Produksi Video Feature “Ibu Rusmini Penjual Getuk Di Taman Pancasila Karanganyar”. Surakarta : Universitas Surakarta.
- ↑ Yuliastomo dan Ramadhian Agus Triono. 2014. Pembuatan Film Dokumenter Jangan Pandang Kami Sebelah Mata. Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi – Volume 6 No 2 ISSN : 1979 – 9330 (Print) – 2088 – 0154 (Online). Solo : Indonesian Journal On Networking and Security.
- ↑ Suhudi dan Anggit Dwi Hartanto. 2014. Perancangan Sistem Informasi Perkemi Daerah Istimewa Yogyakarta Berbasis Web. Jurnal Ilmiah DASI Vol. 15 No. Yogyakarta : STMIK AMIKOM Yogyakarta.
- ↑ Saputro, Alfredo Slamet. Kadarisman Hidayat dan Edy Yulianto. 2016. Perencanaan Strategi Pemasaran Paket Data Kampus Dalam Persaingan Di Bidang Paket Data Internet (Studi Kasus Pada PT. Telkomsel Cabang Malang). Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 36 No. 1. Malang : Universitas Brawijaya.
- ↑ Sari, Dian Maya dan Sahat Siagian. 2013. Pengembangan Media Video Pembelajaran Pangkas Rambut Lanjutan Berbasis Komputer Program Studi Tata Rias Rambut. Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol. 6, No. 1 ISSN : 1979 – 6692. Medan : Universitas Negeri Medan.
- ↑ Saputro, Rujianto Eko dan Dhanar Intan Surya Saputra. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Mengenal Organ Pencernaan Manusia Menggunakan Teknologi Augmented Reality. Jurnal Buana Informatika Vol. 6, No. 2, Hal. : 153 – 162 . Jawa Tengah : STMIK AMIKOM Purwokerto.
- ↑ Hartono, Dody Saputro dan Daniel Rudjiono. 2015. Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Mata Pelajaran Bahasa Inggris "Theme I Have a Pet" untuk Kelas 4 SD Negeri Randungunting. Semarang : STEKOM Press.
- ↑ Hastuti, Ari dan Yudi Budianti. 2014. Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas II SDN Bantargebang II Kota Bekasi. Jurnal PEDAGOGIK Vol. II, No. 2. Jawa Barat : Universitas Pendidikan Indonesia.
- ↑ Siamsih, Murni. 2014. Peningkatan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Dengan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Dilem Gunungkidul. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.
- ↑ Faradiba, Lupita. 2015. Perlindungan Konsumen Melalui Gambar Peringatan Dalam Iklan Rokok Ditinjau Dari Undang-Undang No 32 Tahun 2002 Tentang Penyiaran Dan Undang-Undang No 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Jawa Timur : Universitas Jember.
- ↑ Budiman, Ahmad. 2015. Model Pengelolaan Digitalisasi Penyiaran Di Indonesia. Jurnal Politica Vol. 6 No. 2. Jakarta : Pusat Pengkajian, Pengolahan Data dan Informasi (P3DI) Sekretariat Jenderal DPR RI.
- ↑ Rahmania, Trisna. 2013. Analisis Novel Periode Balai Pustaka Secara Sinkronik Dari Segi Tema, Tokoh, dan Latar/Setting. Palembang : Universitas Sriwijaya.
- ↑ Iskandar. Panji Novantara dan Tito Sugiharto. 2014. Rancang Bangun Animasi Film Kartun Sejarah Dan Kemajuan Universitas Kuningan Sebagai Media Informasi Dan Promosi Berbasis Adobe Flash CS3. Jurnal LOGIKA Vol. 5 No. 1 ISSN : 2085 – 9970. Jawa Barat : Universitas Kuningan.
- ↑ Maryati, Sri dan Bambang Eka Purnama. 2013. Pembuatan Video Profil Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Polokarto Kabupaten Sukoharjo Dengan Menggunakan Komputer Multimedia. Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi – Volume 5 No 1 ISSN : 1979 – 9330 (Print) – 2088 – 0154 (Online). Solo : Indonesian Journal On Networking and Security.
- ↑ Sutrisno dan Aziz Ahmadi. 2014. Pembuatan Video Profil Sekolah Dasar Negeri Menadi Kabupaten Pacitan Berbasis Multimedia. Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi – Volume 6 No 2 ISSN : 1979 – 9330 (Print) – 2088 – 0154 (Online). Solo : Indonesian Journal On Networking and Security.
- ↑ Fatimah, Nur. 2015. Produksi Film Dokumenter Religi “Bukan Seperti Miskin Tidak Seperti Kaya”. Semarang : Universitas Islam Negeri Walisongo.
- ↑ Agustina, Rini dan Ade Chandra. 2017. Analisis Implementasi Game Edukasi “The Hero Diponegoro” Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Mts. Attaroqie Malang. Jurnal Teknologi Informasi ISSN 2086 – 2989 Vol. 8 No. 1. Jawa Timur : Universitas Kanjuruhan Malang.
- ↑ Sastrawan, Putu Virgo. I Ketut Resika Arthana dan I Gede Partha Sindu. 2017. Pengembangan SOP Fakultas Teknik dan Kejuruan Universitas Pendidikan Ganesha Berbasis Animasi. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI) Volume 6, Nomor 1 ISSN 2252 – 9063. Bali : Universitas Pendidikan Ganesha.
- ↑ Daniel. 2015. Pembuatan Video Profil Perguruan Swasta Buddhis Bodhicitta Medan. Medan : STMIK TIME.
- ↑ Prastomo, Andi. 2014. Prototipe Sistem E-Learning Dengan Pendekatan Elisitasi Dan Framework Codeigniter : Studi Kasus Smp Yamad Bekasi. Faktor Exacta 7(2) : 165 – 175, 2014 ISSN : 1979 – 276X. Jakarta Selatan : Universitas Budi Luhur.
- ↑ Mwanga, Vivian. 2015. Fast-Track (Enhanced Recovery Program) in Colorectal Surgery. Finland : Universities of Applied Sciences (UAS).
- ↑ Kargbo, Fatima. 2015. Nurses' Role In Prevention Of Infant And Under-Five Child Mortality In Africa. Finland : Universities of Applied Sciences (UAS).
- ↑ Abdullah, Ma’ruf. 2015. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta : Aswaja Pressindo.
- ↑ Penelitian yang di lakukan oleh Yogi Agus Sucahyo. 2013. “PERANCANGAN VIDEO PROFILE SEBAGAI PENUNJANG MEDIA INFORMASI PADA SMA NEGERI 8 KOTA TANGERANG”. Tangerang: STMIK Raharja.
- ↑ Fitriyani Ani. 2016. Perancangan Media Komunikasi Audio Visual Berbentuk Video Profile Sebagai Media Promosi Dan Informasi Di Smk Ricardo Auto Machine Kota Tangerang. Perguruan Tinggi Raharja. Tangerang
- ↑ 40,0 40,1 Choupani, Roya Stephan Wong, and Mehmet Tolun. 2014. entitled Spatial Multiple Description Coding for Scalable Video Streams. Aksaray Üniversitesi. Turkey
- ↑ 41,0 41,1 Di Laura, Christian, Diego Pajuelo, and Guillermo. 2016. A Novel Steganography Technique for SDTV-H.264/AVC Encoded Video. Peruvian University of Applied Sciences. Peru.
- ↑ Mahmuriyah Riri. 2016. Perancangan Media Audio Visual Berbentuk Video Profile Guna Menunjang Promosi Dan Informasi Pada Smk Harapan Jaya Kota Tangerang. Perguruan Tinggi Raharja. Tangerang
- ↑ 43,0 43,1 Lahbabi, Youssef El Hassan Ibn Elhaj, and Ahmed Hammouch 2015. entitled Adaptive Scalable Streaming of Videos over P2PTV. Peruvian University of Applied Sciences. Peru.
- ↑ Kholipah Siti. 2016. Perancangan Media Video Company Profile Sebagai Media Penunjang Informasi Dan Promosi Pada Smk Putra Tama Mandiri. Perguruan Tinggi Raharja. Tangerang
- ↑ 45,0 45,1 Atanasov, Ivaylo and Evelina Pencheva. 2015. Model Aspects of Open Access to Multimedia Broadcast Services in the Evolved Packet System. Technical University of Sofia. Bulgaria
- ↑ Juariyah Siti. 2016. Perancangan Media Audio Visual Berbentuk Video Profile Guna Penunjang Promosi Dan Informasi Pada Smk Pgri 11 Ciledug Kota Tangerang. Perguruan Tinggi Raharja. Tangerang.
- ↑ 47,0 47,1 Manocha, Mansi. Kaur, Parminder. 2014. ROI Based Video Object Tracking Using Mean Kernel Profile of Histogram. International Journal of Advanced Research in Computer and Communication Engineering Vol. 3. India.