Template Laporan Skripsi

Dari widuri
Ini adalah revisi disetujui dari halaman ini; bukan revisi terkini. Lihat revisi terbaru.
Lompat ke: navigasi, cari

BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Informasi begitu sangat penting kecepatan, ketepatan, dan keakuratan sampainya informasi sangat diperhitungkan sehingga rantai proses kegiatan yang membutuhkan informasi tersebut dapat dengan maksimal dikerjakan, maka di dalam Perguruan Tinggi Raharja sebagai penyelenggara pendidikan tinggi yang menitik beratkan pada penggunaan media sarana teknologi komputer terus berinovasi mengembangkan penyediaan sistem komputerisasi yang efektif dan mengefesiensikan pekerjaan tersebut terutama dalam hal pelayanan pendidikan. Dalam pelayanan pendidikan Perguruan Tinggi Raharja menggunakan kertas dan komputer sebagai media proses bisnisnya, tentu memiliki sistem yang yang berjalan sebagai proses kerja dalam kegiatan, Seperti melakukan pengadaan dan perbaikan terhadap komputer, printer dan jaringan yang terdapat pada staff pegawai demi kelancaran proses kegiatan kerja. Pengadaan barang kebutuhan dan perbaikan sampai saat ini dilakukan oleh Staff teknik dengan langsung mengerjakan permintaan melalui telvon atau berbicara secara langsung. Karena banyaknya request yang menyebabkan keterlambatan, terlupakan pengerjaan suatu perbaikan terhadap suatu masalah yang terjadi, disebabkan tidak adanya sistem yang memadai sebagai pengingat task request perbaikan. kontrol pengawasan atasan terhadap Staff teknik dan pengadaan laporan aktifitas Staff belum terealisasikan dengan baik. Manajemen operasi teknik yang tidak memiliki laporan aktitas memiliki celah penurunan kinerja SDM teknisi, Penerapan sistem usulan saat ini juga masih juga bersifat manual dengan penggunaan kertas sebagai media validasi perbaikan kerusakan, maka proses entri dan validasi lebih mengganggu pekerjaan utama pegawai staff dengan menyerahkan data permintaan perbaikan tersebut, pegawai staff juga tidak dapat mengetahui kapan perbaikan akan dikerjakan setelah proses request dilakukan. yang akhirnya dapat mempengaruhi proses kerja internal pegawai Perguruan Tinggi Raharja. Dari permasalahan tersebut peneliti mencoba membuat gagasan untuk melakukan analisa penerapan sistem yang dapat memecahkan permasalahan itu dengan mengambil judul penelitian “PERANCANGAN SISTEM APLIKASI REQUEST MAINTENANCE TEKNIK UNTUK STAFF DI PERGURUAN TINGGI RAHARJA”.

1.2 Rumusan Masalah Dari pengamatan observasi analisa sistem berjalan pada metode task request saat ini pada Perguruan Tinggi Raharja meninjau ulang permasalahan, berdasarkan uraian latar belakang di atas, mengidentifikasikan masalah sebagai berikut: 1. Bagaimanakah sistem permintaan perbaikan komputer dan printer yang sedang berjalan pada Perguruan Tinggi Raharja? 2. Apakah penggunaan basis web dalam melakukan request perbaikan menghasilkan pendataan yang lebih mempermudah pengerjaan dan memonitoring penyelesaian tugas? 3. Bagaimana membuat sistem yang user friendly dan simple process dari perancangan sistem web yang akan dibuat?

1.3 Ruang Lingkup Dari banyaknya bagian dari struktur organisasi dan aspek permasalahan yang ada untuk menghindari kerancuan, ketidakjelasan, dan keefektifan penelitian maka dijelaskan batasan masalah dari objek penelitian yaitu penelitian ini dilakukan hanya sebatas pada permintaan pelaksanaan perbaikan pada staff teknik di lingkungan staff pegawai Perguruan Tinggi Raharja yang menggunakan kertas sebagai media validasi request perbaikan komputer, yang diimplementasikan hanya untuk pegawai staff pengguna Rinfo.

1.4 Tujuan dan Manfaat Penelitian 1.4.1 Tujuan Penelitian 1 Tujuan Operasional 1. Dapat mengidentifikasikan dengan baik keluhan terkait permintaan penanganan kerusakan komputer staff pegawai pada Perguruan Tinggi Raharja. 2. Agar dapat menghasilkan data, informasi, dan pemberitahuan status pada permintaan perbaikan yang ada. 3. Aktifitas history kinerja yang tercatat dengan baik. 2 Tujuan Fungsional Agar hasil dari penelitian dapat dimanfaatkan dan digunakan oleh bagian teknisi, Kabiro teknik, maupun kepala divisi operasi sebagai referensi dasar untuk mengambil langkah perbaikan dan kebijakan yang berhubungan dengan informasi aktifitas realtime permasalahan komputer pada Perguruan Tinggi Raharja. 3 Tujuan Individual Agar dapat melatih dalam melakukan penelitian lapangan, pengembangan pola fikir, perealisasian hasil teori belajar perkuliahan, dan pengalaman dari proses alur penelitian sistem di Perguruan Tinggi Raharja. 1.4.2 Manfaat Penelitian 1. Menambah wawasan mengenai sistem permintaan perbaikan kerusakan komputer pada Perguruan Tinggi Raharja. 2. Dengan adanya sistem permintaan perbaikan kerusakan komputer pegawai staff dengan penggunaan metode sistem yang terkomputerisasi berbasis web, maka diharapkan dapat menambah kemudahan koordinasi pegawai staff teknik dalam melaksanakan tuntutan perbaikan dan pegawai staff divisi lain dalam bekerja.

1.5 Metodologi Penelitian Dalam memperoleh data yang diperlukan untuk menganalisa sebagai kebutuhan desain dan perancangan program menggunakan beberapa metode yang digunakan sebagai berikut: 1.5.1 Metode Pengumpulan Data 1. Metode Observasi Melakukan Aktifitas dan peninjauan secara langsung sebagai karyawan tidak tetap (magang) dibidang teknik yang terlibat langsung dalam sistem berjalan proses permintaan perbaikan komputer. 2. Metode Wawancara Melakukan Tanya jawab dengan para pegawai teknik Perguruan Tinggi Raharja untuk memperoleh data dan informasi yang dibutuhkan serta kebutuhan–kebutuhan yang belum tercukupi dalam sistem. 3. Metode Studi Pustaka Pengumpulan data juga dilakukan dengan studi pustaka untuk lebih mendalami teori maupun praktek yang berkaitan dengan analisa sistem judul yang diambil dengan membaca dan mempelajari dari sumber buku dan media internet untuk membantu analisa sistem dan kompleksitas implementasi sistem yang dilakukan. 1.5.2 Metode Analisa 1. Metode Analisa Sistem Sebagai peta jalan menuju perancangan sistem yang kompleks memenuhi kebutuhan maka analisa dilakukan dengan metode analisa sistem menggunakan UML (Unified Modelling Language) yang meliputi adanya diagram usecase, diagram activity, diagram sequence dan menggunakan analisis CSF (Critical Success Factor) dengan menginterpretasikan objektif secara lebih jelas untuk menentukan aktivitas yang harus dilakukan dan informasi apa yang dibutuhkan, 2. Metode Analisa Perancangan Program Metode perancangan program menggunakan Flowchart, Flowchart yang digunakan yaitu Flowchart program karena merupakan keterangan yang lebih rinci tentang bagaimana setiap langkah program atau prosedur sesungguhnya dilaksanakan dan program untuk menggambarkan urutan tugas - tugas. 1.5.3 Metode Perancangan Metode perancangan yang digunakan untuk menjabarkan BAB IV yaitu dengan menggunakan metode prototyping dan HIPO (Hirarchy Plus Input Process Output). 1.5.4 Metode Prototipe Contoh pedoman dasar gambaran kebutuhan sistem menerapkan prototype dengan menggunakan Evolutionary karena pada model ini, hasil prototype tidak dibuang tetapi digunakan untuk iterasi desain berikutnya. Dalam hal ini, sistem atau produk yang sebenarnya dipandang sebagai evolusi dari versi awal yang sangat terbatas menuju produk final atau produk akhir. 1.5.5 Metode Testing Pengujian adalah proses eksekusi suatu program untuk menemukan kesalahan sebelum digunakan oleh pengguna akhir (end-user). Salah satu metode pengujian perangkat lunak yang digunakan adalah Black Box Testing. Black-Box Testing itu sendiri merupakan pengujian yang berfokus pada spesifikasi fungsional pada perangkat lunak, tester dapat mendefinisikan kumpulan kondisi input dan melakukan pengetesan pada spesifikasi fungsional program.

1.6 Sistematika Penulisan Untuk memberikan uraian penelitian lebih jelas dari laporan penelitian skripsi ini, maka penulis mengelompokkan laporan secara sistematis menjadi beberapa sub-sub dengan penjabaran penyampaian laporan sebagai berikut: BAB I PENDAHULUAN Bab ini menjelaskan Latar Belakang, Perumusan Masalah, Ruang Lingkup, Tujuan dan Manfaat penelitian, Metode Penelitian dan Sistematika Penulisan. BAB II LANDASAN TEORI Bab ini menjelaskan mengenai konsep dasar sistem, konsep dasar informasi, konsep dasar sistem informasi dan teknologi informasi, definisi perbaikan, konsep dasar internet, konsep dasar analisa CSF, konsep dasar elisitasi, serta literatur lain yang berkaitan dengan penelitian skripsi ini. BAB III ANALISA SISTEM YANG BERJALAN Bab ini menjelaskan tentang sejarah singkat Perguruan Tinggi Raharja, struktur organisasi, tugas dan fungsi organisasi, analisa sistem yang sedang berjalan seperti use case diagram, activity diagram, sequence diagram dan penggambaran sistem dengan menggunakan Unified Modeling Language (UML). BAB IV RANCANGAN SISTEM YANG DIUSULKAN Bab ini membahas mengenai analisa sistem dengan menggunakan metode analisa CSF dan analisa berdasarkan sistem berjalan, user requirement, strategi, prosedur sistem usulan dengan menggunakan rancangan program HIPO (Hirarchy Plus Input Process Output) dan rancangan prototype, testing dengan menggunakan blackbox, evaluasi, konfigurasi sistem usulan, serta estimasi biaya BAB V PENUTUP Bab ini berisikan tentang kesimpulan dari hasil analisa dan perancangan sistem yang dilakukan penulis serta saran-saran yang diberikan sebagai tindak lanjut yang diperlukan untuk melakukan generalisasi perbaikan dimasa yang akan datang. DAFTAR PUSTAKA LAMPIRAN