Teknologi Informasi

Dari Widuri
Lompat ke: navigasi, cari

Teknologi Informasi adalah suatu studi, perancangan, implementasi, pengembangan, dukungan atau manajemen sistem informasi berbasis komputer, terkhususnya pada aplikasi perangkat keras dan perangkat lunak komputer. Teknologi informasi memanfaatkan komputer elektronik dan perangkat lunak komputer untuk mengubah, menyimpan, memproses, melindungi, mentransmisikan dan memperoleh informasi secara aman.

Teknologi informasi dewasa ini menjadi hal yang sangat penting karena sudah banyak organisasi yang menerapkan teknologi informasi untuk mendukung kegiatan organisasi. Teknologi Informasi diterapkan guna untuk pengelolaan informasi yang pada saat ini menjadi salah satu bagian penting karena :

  1. karena meningkatnya kompleksitas dari tugas manajemen,
  2. karena pengaruh ekonomi internasional (globalisasi),
  3. karena perlunya waktu tanggap (respons time) yang lebih cepat,
  4. karena tekanan akibat dari persaingan bisnis.

Fungsi Teknologi Informasi

Berbicara mengenai fungsi teknologi informasi, terdapat enam fungsi teknologi informasi yaitu :

  1. Fungsi Teknologi informasi sebagai Penangkap (Capture)
  2. Fungsi Teknologi Informasi sebagai Pengolah (Processing)
  3. Fungsi teknologi informasi ini mengkompilasikan catatan rinci aktivitas, misalnya menerima input dari keyboard, scanner, mic dan sebagainya.

    Mengolah atau memproses data masukan yang diterima untuk menjadi informasi. Pengolahan atau pemrosesan data dapat berupa konversi (pengubahan data ke bentuk lain), analisis (analisis kondisi), perhitungan (kalkulasi), sintesis (penggabungan) segala bentuk data dan informasi.

  4. Fungsi Teknologi Informasi sebagai Menghasilkan (Generating)
  5. Fungsi teknologi informasi ini menghasilkan atau mengorganisasikan informasi ke dalam bentuk yang berguna, misalnya laporan, table, grafik dan sebagainya.

  6. Fungsi Teknologi Informasi sebagai Penyimpan (storage)
  7. Fungsi teknologi informasi ini merekam atau menyimpan data dan informasi dalam suatu media yang dapat digunakan untuk keperluan lainnya. Misalnya saja disimpan ke harddisk, tape, disket, CD (compact disc) dan sebagainya.

  8. Fungsi Teknologi Informasi sebagai Pencari Kembali (Retrifal)
  9. Fungsi teknologi informasi ini menelusuri, mendapatkan kembali informasi atau menyalin data dan informasi yang sudah tersimpan, misalnya mencari supplier yang sudah lunas dan sebagainya.

  10. Fungsi Teknologi Informasi sebagai Transmisi (Transmission)
  11. Fungsi teknologi informasi ini mingirim data dan informasi dari suatu lokasi lain melalui jaringan komputer. Misalnya saja mengirimkan data penjualan dari user A ke user lainnya.

Tujuan Teknologi Informasi

Tujuan Teknologi Informasi adalah untuk memecahkan suatu masalah, membuka kreativitas, meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam melakukan pekerjaan. Jadi dapat dikatakan karena dibutuhkannya pemecahan masalah, membuka kreativitas dan efisiensi manusia dalam melakukan pekerjaan, menjadi penyebab atau acuan diciptakannya teknologi informasi. Dengan adanya teknologi informasi membuat pekerjaan manusia menjadi lebih mudah dan efisien.

Manfaat Teknologi Informasi

Manfaat IT dalam perkembangan kehidupan sehari hari memang sangat banyak, terutama untuk pendidikan, industri, internet, dan berbagai bisnis dan dunia lainnya sangat lah banyak. Teknologi informasi memiliki peran yang sangat vital terutama untuk dunia bisnis dan pendidikan. Bisnis tanpa memanfaatkan IT akan cendrung menjadi kendur dan terancam bangkrut. Banyak pejuang bisnis yang beralih dengan memanfaatkan teknologi untuk mendukung keberlangsungan dan meningkatkan keuntungan mereka.

Manfaat IT dalam membangun suatu individu, perusahaan, bahkan sebuah negara sangat berdampak besar. Terbukti bahwa IT (Information Technology) dapat mengubah suatu Individu, perusahaan, bahkan suatu organisasi dan negara seperti membuat pekembangan dan kemajuan untuk mereka ataupun dapat menjatuhkan mereka secara mudah.

Macam- macam Teknologi

  • PC/ Laptop
  • Merupakan perangkat yang bisa kita gunakan untuk menampilkan Infomasi yang terdiri dari software dan Hardware, Komputer atau Laptop dapat bekerja karena adanya kita sebagai pengguna. Pengguna memerintahkan komputer untuk melakukan proses yang kita inginkan sehingga pengguna akan mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

  • Kalkulator
  • Merupakan alat hitung yang banyak dipakai oleh para pengelola keuangan atau para pedagang untuk menjumlahkan, mengurangi, mengalikan dan sebagainya. Seiring perkembangan zaman kalkulator juga dilengkapi dengan perhitungan trigonometri, pangkat dan akar, sehingga banyak juga dipakai para pelajar.

  • Televisi
  • Merupakan media informasi audio dan visual yang banyak kita temukan disetiap rumah. Anda pasti juga sudah mengenalnya. Fungsinya adalah menyiarkan informasi dari stasiun Televisi. Tayangan pada TV juga bervariasi seperti, Berita, film, olahraga, musik dan sebagainya. Oleh sebab itu perangkat ini selain sebagai media informasi juga sebagai hiburan.

  • Radio
  • Mungkin saat ini radio sudah mulai banyak ditinggalkan karena perangkat ini hanya dapat menginformasikan suara saja. beda halnya dengan TV, oleh sebab itu untuk menunjang keberadaan teknologi, radio saat ini juga banyak di share melalui media online seperti radio streaming bahkan melalui satelite. Sehingga jangkauannnya menjadi sangat luas. Fungsinya juga hampir sama dengan TV hanya saja tidak ada visualnya

  • Koran dan Majalah
  • Kalau Radio saja sudah menurun apalagi dengan koran atau majalah. Untuk saat ini majalah juga bisa kita dapatkan secara online. Sehingga koran atau majalah cetak sekarang banyak dipublikasikan untuk kalangan tertentu saja. Fungsinya adalah menampilkan informasi, baik berita, olahraga, politik dan sebagainya dalam bentuk media cetak.

  • Kamera Digital
  • Kamera digital dulu menggunakan klise yang pencetakannya agak rumit. Berbeda dengan sekarang yang proses pencetakanannya banyak yang menggunakan printer. Fungsinya adalah untuk mengambil gambar/ memotret.