SI1111468592

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari

PERANCANGAN SISTEM PENERIMAAN SISWA BARU

PADA SMK BHAKTI ANINDYA TANGERANG


SKRIPSI


Logo stmik raharja.jpg


Disusun Oleh :

NIM
: 1111468592
NAMA


SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

STMIK RAHARJA

TANGERANG

2014/2015


SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI

PERANCANGAN SISTEM PENERIMAAN SISWA BARU

PADA SMK BHAKTI ANINDYA TANGERANG

Disusun Oleh :

NIM
: 1111468592
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Sistem Informasi
Konsentrasi
: Sistem Informasi Manajemen

 

 

Disahkan Oleh :

Ketua
       
Kepala Jurusan
STMIK RAHARJA
       
Jurusan Sistem Informasi
           
           
           
           
(Ir.Untung Rahardja,M.T.I)
       
(Nur Azizah, M.Akt,M.Kom)
NIP : 000594
       
NIP : 078010

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING

PERANCANGAN SISTEM PENERIMAAN SISWA BARU

PADA SMK BHAKTI ANINDYA TANGERANG

Dibuat Oleh :

NIM
: 1111468592
Nama

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Sistem Informasi

Konsentrasi Sistem Informasi Manajemen

Tahun akademik 2014/2015

Disetujui Oleh :


Dosen Pembimbing I
   
Dosen Pembimbing II
       
       
       
       
(Endang Suryana, S.Sos, M.M)
   
(Nasril Sany,S.Kom)
NID : 07142
   
NID : 08190

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI

PERANCANGAN SISTEM PENERIMAAN SISWA BARU

PADA SMK BHAKTI ANINDYA TANGERANG


Dibuat Oleh :

NIM
: 1111468592
Nama

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian

Komprehensif

Jurusan Sistem Informasi

Konsentrasi Sistem Informasi Manajemen

Tahun Akademik 2014/2015

Disetujui Penguji :

Tangerang, .... 2015

Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
(_______________)
 
(_______________)
 
(_______________)
NID :
 
NID :
 
NID :

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI

PERANCANGAN SISTEM PENERIMAAN SISWA BARU

PADA SMK BHAKTI ANINDYA TANGERANG

Disusun Oleh :

NIM
: 1111468592
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Sistem Informasi
Konsentrasi
: Sistem Informasi Manajemen

 

 

Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang, 25 Juni 2015

 
 
 
 
 
NIM : 1111468592

 

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;


ABSTRAKSI

Kebutuhan akan informasi yang berperan mendukung pelaksanaan dalam dunia pendidikan salah satunya adalah SMK Bhakti Anindya Tangerang. SMK Bhakti Anindya ini sekolah yang berada dibawah yayasan Widya Anindya yang berkordinasi dengan program pemerintah dalam bidang pendidikan yang bertujuan unggul dalam penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta menciptakan generasi muda yang berkualitas, untuk mendukung sistem pendidikan tersebut perlu adanya suatu sistem proses penyimpanan data peneriman siswa baru. Karena sistem pengolahan data yang berjalan saat ini masih menggunakan sistem manual dengan hanya menggunakan Microsoft excel untuk menginput data siswa saja. Maka dari itu proses penyimpanan data penerimaan siswa baru yang belum efektif dapat merugikan pihak sekolah ataupun siswa/i yang mendaftar dan belum mampu menyediakan informasi yang dibutuhkan secara tepat dan akurat. Administrasi dan staff manajemen adalah bagian dari SMK Bhakti Anindya, yang menjadi tempat berkumpulnya bermacam-macam data dan dokumen informasi. Data-data dan dokumen tersebut sangatlah berkaitan dengan kegiatan belajar mengajar dan juga dalam menangani proses penerimaan murid baru yang akan selalu terjadi disetiap tahun ajaran baru. Dimana pihak administrasi sering mandapatkan kesulitan dalam penyimpanan data, hilang atau tertukarnya data murid baru sehingga menyulitkan proses pelaporan.


Kata Kunci: Penerimaan Siswa Baru

ABSTRACT

The need for information that plays a role in supporting the implementation of education one of them is SMK Bhakti AnindyaTangerang. SMK Bhakti this Anindyaschool under the foundation WidyaAnindya are coordinated with government programs in the field of education that aims to excel in the application of science and technology, as well as creating a quality young generation, to support the education system needs to be a system of student acceptance of the data storage process new. Because the data processing system which runs today still use manual system by simply using Microsoft Excel to input student data only. Thus the data storage process new admissions were not effectively could harm sekolahataupun student / i who signed up and have not been able to provide the required information precisely and accurately. Administration and staff management is part of SMK Bhakti Anindya, which is a gathering place for a variety of data and document information. Data and the document is related to teaching and learning activities, and also in dealing with the process of admission of new students that will always occur in every new school year. Where the administration is often mandapatkan difficulties in data storage, the data is lost or confuse new students so that complicate the process of reporting.


Keywords : Admission High School Bhakti Anindya Tangerang


KATA PENGANTAR


Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan laporan ini masih terdapat banyak kekurangan, dikarenakan keterbatasan kemampuan penulis dalam mendapatkan berbagai sumber yang menjadi bahan acuan dalam penyusunan. Oleh karena itu penulis mengharapkan saran dan kritik yang membangun agar dapat lebih bermanfaat pada masa yang akan datang.

Namun demikian berkat adanya bimbingan serta dukungan dari berbagai pihak, akhirnya Laporan Skripsi ini dapat terselesaikan dengan baik dan tepat pada waktunya. Penulis mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam menyelesaikan Laporan Skripsi ini, antara lain :

  1. Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I, selaku ketua STMIK Raharja.
  2. Ibu Nur Azizah, M.Akt. M.Kom, selaku Kepala Jurusan Sistem Informasi STMIK Raharja.
  3. Bapak Nasril Sany S.Kom dan Bapak Endang Suryana S.Sos, M.M, selaku Dosen Pembimbing yang telah meluangkan waktu, tenaga dan pikirannya untuk memberikan motivasi , dan pengarahannya kepada penulis.
  4. Seluruh Guru dan Staff di SMK Bhakti Anindya Tangerang yang telah membantu peneliti, sehingga laporan Skripsi ini dapat terselesaikan dengan baik.
  5. Bapak Agus Winarno selaku stakeholder yang telah banyak membantu penulis dalam penyusunan skripsi ini.
  6. Seluruh Dosen STMIK Raharja yang telah memberikan bekal ilmu pengetahuan kepada peneliti.
  7. Kepada orang tua tercinta Bapak Rasyudi dan Ibu Lili Tahlia yang telah memberikan banyak dukungan, do’a dan kasih sayang.
  8. Kepada teman spesial saya Ferdy Ermawan dan yang lainnya yang tidak pernah lelah untuk memberi saya motivasi dan terkadang meluangkan waktu menemani saya bimbingan hingga larut malam.

Akhir kata, Semoga Allah SWT memberikan balasan rahmat kepada semua pihak yang telah membantu peneliti dalam pembuatan laporan Skripsi ini

Demikian, peneliti sampaikan dengan harapan semoga Laporan Skripsi ini dapat berguna dan bermanfaat bagi semua pihak.

Tangerang, 25 Juni 2015
UNIAWATI
NIM. 1111468592

Daftar Simbol Use Case Diagram

Daftar Simbol Class Diagram

Daftar Simbol Sequence Diagram

Daftar Simbol Activity Diagram

Daftar isi

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Dalam dunia pendidikan yang semakin pesat komputer kini menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi setiap orang. Kecanggihannya komputer membawa dampak yang sangat besar dalam dunia pendidikan maupun dunia bisnis untuk menghasilkan sebuah informasi. Hal ini juga terbukti dengan digunakannya komputer dalam setiap aspek kehidupan manusia. Diantaranya ialah dalam aspek ekonomi, industri, pendidikan dan lain sebagainya. Kemajuan teknologi komputer sebagai pendukung pemrosesan data dan informasi telah menjadi sangat penting sekarang ini, hal ini dikarenakan pemrosesan data dan informasi yang dibutuhkan dapat diperoleh dengan cepat, akurat dan tepat waktu.

Untuk menghadapi era globalisasi dimasa yang akan datang, setiap unit organisasi dituntut untuk dapat menyesuaikan diri dengan kemajuan Teknologi informasi dan komunikasi di masa ini maupun di masa yang akan datang. Oleh karena itu setiap unit organisasi diusahakan dan diharapkan sudah terkomputerisasi,baik dalam mengolah maupun menyimpan data serta menghasilkan informasi.

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bhakti Anindya, sebagai salah satu sekolah yang bergerak dalam bidang pendidikan sangat membutuhkan sistem informasi manajemen yang secara professional dapat memberikan pelayanan yang seoptimal mungkin kepada masyarakat.

Administrasi dan staf manajemen adalah bagian dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bhakti Anindya, yang menjadi tempat berkumpulnya bermacam-macam data dan dokumen informasi. Data-data dan dokumen-dokumen tersebut sangatlah berkaitan dengan kegiatan belajar mengajar dan juga dalam menangani proses penerimaan murid baru yang akan selalu terjadi disetiap tahun ajaran. Dimana pihak administrasi sering mendapatkan kesulitan dalam penyimpanan data, hilang atau tertukarnya data murid sehingga menyulitkan dalam proses pelaporan.

Berdasarkan latar belakang masalah inilah penulis mengambil judul: “PERANCANGAN SISTEM PENERIMAAN SISWA BARU PADA SMK BHAKTI ANINDYA TANGERANG” untuk dijadikan Laporan Skripsi.


Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan diatas didapatkan rumusan permasalahan sebagai berikut :

  1. Bagaimana sistem informasi penerimaan siswa baru yang sedang berjalan saat ini di SMK BHAKTI ANINDYA?

  2. Apakah sistem informasi penerimaan siswa baru di SMK BHAKTI ANINDYA berjalan efektif dan efisien?

  3. Apakah sistem informasi penerimaan siswa baru yang berjalan di SMK BHAKTI ANINDYA dapat menghasilkan laporan yang akurat?

Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian :

  1. Untuk mengetahui sistem informasi penerimaan siswa baru yang sedang berjalan pada SMK BHAKTI ANINDYA.

  2. Untuk mengetahui tingkat efektifitas dan efisiensi sistem informasi penerimaan siswa baru pada SMK BHAKTI ANINDYA.

  3. Untuk mempraktekkan teori-teori yang telah didapat dibangku kuliah kedalam masyarakat.

  4. Untuk memberikan sumbangan pikiran dalam memperbaharui sistem lama manjadi sistem baru dengan memanfaatkan sumber daya yang ada pada sekolah tersebut.

Manfaat Penelitian

Adapun manfaat penelitian Laporan Skripsi ini adalah :

  1. Melatih keterampilan penulis dalam mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang didapat dari akademik ke dalam Laporan Skripsi.

  2. Dapat memberikan rekomendasi atau masukan positif dalam hal pananganan penyelesaian permasalahan dalam sistem informasi yang sedang berjalan, agar bisa lebih efektif dan efisien.

Ruang Lingkup Penelitian

Ruang lingkup penelitian hanya dibatasi pada masalah-masalah tentang penerimaan siswa baru yang sedang berjalan pada SMK BHAKTI ANINDYA, mengenai bagaimana proses pengolahan pendaftaran siswa baru sampai kepada laporan sehingga dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar dengan baik.

Metode Penelitian

Metodologi penelitian adalah suatu cara, teknik yang sistematika untuk mengerjakan penelitian. Terdapat 3 (tiga) metodologi yang digunakan penulis dalam pengumpulan data untuk menyusun laporan ini adalah sebagai berikut :

Metode Pengumpulan Data

Penulis menggunakan beberapa metode penelitian untuk mendapatkan data, yaitu :

  1. Metode Wawancara

    Untuk mendapatkan informasi secara lengkap, penulis melakukan wawancara langsung dengan bapak Drs. Engkos Kosasih sebagai kepala sekolah, ibu Rina Hasyim dan Martina Melisa Loudoe sebagai staff marketing dan juga pembimbing saya di SMK Bhakti Anindya, bagian kurikulum dan manajemen serta guru-guru, dan bagian lain di SMK Bhakti Anindya. Wawancara (interview) adalah proses memperoleh keterangan untuk tujuan penelitian dengan cara tanya jawab dan bertatap muka dengan si penjawab (responden).

  2. Metode Pengamatan Langsung (observasi)

    Dalam melaksanakan metode ini penulis melakukan penelitian secara langsung mengenai prosedur dan tata cara penerimaan murid baru yang berjalan di SMK Bhakti Anindya yang berada di jl. Merdeka no.78 Tangerang, Banten kode pos 15113 Tlp: (021) 5522957 agar mengetahui secara pasti proses atau prosedur didalam sekolah tersebut.

  3. Studi Pustaka

    Untuk memperkuat landasan teori yang ada, penulis mengumpulkan data dengan cara membaca buku-buku, arsip-arsip sekolah, dan sumber bacaan yang lainnya yang berkaitan dengan pokok bahasan dalam pembuatan Laporan Skripsi ini.

Sumber Data

Metode sumber data terbagi menjadi 2 (dua) sumber data antara lain :

  1. Data primer adalah data yang didapat secara langsung dari objek penelitian. Penulis mendapatkan data primer dari SMK Bhakti Anindya.

  2. Data sekunder adalah data yang didapat tidak secara langsung atau data yang dikumpulkan oleh penulis melalui media masa atau sumber lain yang berkaitan dengan objek penelitian.

Metode Analisis Data

Analisis sistem dilakukan dengan melalui 4 (empat) tahapan yaitu, survey sistem yang sedang berjalan, analisa terhadap temuan survey, identifikasi kebutuhan informasi dan informasi kebutuhan sistem.


Metode Analisis Data

Pada penelitian ini penulis menggunakan metode perancangan berorientasi objek dengan beberapa tahapan pembuatan, 4 (empat) macam diagram UML meliputi usecase diagram, class diagram, dan activity diagram. Dengan menggunakan Visual Paradigm for UML Enterprise Edition. Kemudian pembuatan database dan pembuatanprogram yang disesuaikan berdasarkan kebutuhan stakeholder yang terangkum dalam elisitasi. Bahasa pemograman yang digunakan adalah PHP serta database yang digunakan adalah MySQL.

Sistematika Penulisan

Sistematika yang dipakai dalam Laporan Skripsi ini adalah :

BAB I PENDAHULUAN

Bab ini menjelaskan secara umum tentang latar belakang permasalahan, perumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, ruang lingkup, metodologi penelitian dan sistematika penulisan.

BAB II LANDASAN DAN TEORI

Pada bab ini membahas mengenai konsep dari sistem, konsep dasar informasi, konsep dasar sistem informasi, analisa sistem, pengertian UML (Unfield Modeling Languange), serta teori-teori pendukung lainnya.

BAB III ANALISA SISTEM YANG BERJALAN

Bab ini membahas masalah dan gambaran umum, sejarah singkat sekolah, struktur organisasi dan fungsinya, serta wewenang dan tanggung jawab pada sekolah dan analisa sistemyang sedang berjalan saat ini pada SMK Bhakti Anindya.

BAB IV RANCANGAN SISTEM YANG BERJALAN

Bab ini berisikan rancangan sistem yang diusulkan dalam bentuk model sistem (Use Case Diagram, Sequence Diagram, Activity Diagram, State Chart Diagram, Class Diagram) dengan menggunakan Unifield Modelling Languange (UML) dan spesifikasi database, serta tampilan layar dari sistem yang diimplementasikan.

BAB V PENUTUP

Bab ini berisi kesimpulan dan saran yang berkaitan dengan analisa dan optimalisasi sistem berdasarkan yang telah di uraikan pada bab-bab sebelumnya serta pencapaian yang berkaitan dengan tujuanyang telah disampaikan.

DAFTAR PUSTAKA

DAFTAR LAMPIRAN


BAB II

LANDASAN TEORI

Teori Umum

Analisis Sistem

  1. Definisi Analisis Sistem

    Menurut jurnal CCIT (2013:228) dalam buku Jogiyanto Hartonodi [1] jelaskan bahwa pengertian analisis sistem adalah penguraian dari suatu sistem informasi yang utuh kedalam bagianbagian komponennya dengan maksud untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi permasalahan-permasalahan, kesempatan-kesempatan, hambatan-hambatan yang diharapkan sehingga dapat diusulkan perbaikan-perbaikannya.

  2. Fungsi Analisis Sistem
  3. Menurut jurnal CCIT (2011:126) [2] adapun fungsi analisis sistem adalah sebagai berikut :

    1. Mengidentifikasi masalah-masalah kebutuhan pemakai

    2. Menyatakan secara spesifik sasaran yang harus dicapai untuk memenuhi kebutuhan pemakai

    3. Memilih alternatif-alternatif metode pemecahan masakah yang paling tepat

    4. Merencanakan dan menerapkan rancangan sistemnya. Pada tugas atau fungsi terakhir dari analisa sistem menerapkan rancangan-rancangan sistemnya yang telah disetujui oleh pemakainya.

  4. Tahap-Tahap Analisis Sistem
  5. Tahap analisis sistem merupakan tahap yang sangat penting, karena kesalahan dalam tahap ini akan menyebabkan juga kesalahan dalam tahap selanjutnya.

    Didalam tahap analiss sistem terdapat langkah-langkah dasar yang harus dilakukan oleh analis sistem yaitu sebagai berikut:

    a. Identify, yaitu mengidentifikasi masalah
    b. Understand, yaitu memahami kerja dari sistem yang ada
    c. Analisis, yaitu manganalisis sistem
    d. Report, yaitu membuat laporan hasil analisa

    Unified Modelling Language (UML)

    Pengertian Unified Modelling Language (UML)

    UML (Unifield Modeling Language) adalah bahasa pemodelan untuk sistem atau perangkat lunak yang berparadigma berorientasi objek. Pemodelan (modeling) sesungguhnya digunakan untuk menyederhanakan permasalahan-permasalahan yang kompleks sedemikian rupa sehingga lebih mudah dipelajari dan dipahami.

    Berdasarakan pendapat dikemukakan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa Unifield Modeling Language (UML) adalah sebuah bahasa yang berdasarkan grafik atau gambar untuk menvisualisasikan, menspesifikasikan, membangun, dan pendokumentasian dari sebuah sistem pengembangan perangkat lunak berbasis objek (Object Oriented Programming).

    Definisi diagram-diagram Unified Modelling Language (UML)

    Berikut ini adalah definisi mengenai 5 (lima) diagram (UML)

    1. Use Case Diagram merupakan inti fungsionalitas koheren yang diekspresikan sebagai transaksi-transaksi yang terjadi antara aktor dan sistem.

    2. Class Diagram adalah menggambarkan stuktur object sistem. Diagram ini menunjukan class object yang menyusun sistem dan juga hubungan antara class object tersebut.

    3. Sequence Diagram secara grafis menggambarkan bagaimana objek berinteraksi dengan satu sama lain melalui pesan pada sekuensi sebuah use case atau operasi.

    4. State Chart Diagram digunakan untuk memodelkan behavior objek khusus yang dinamis. Diagram ini mengilustrasikan siklus hidup objek berbagai keadaan yang dapat diasumsikan oleh objek dan event-event (kejadian) yang menyebabkan objek beralih dari satu state ke state yang lain.

    5. Activity Diagram secara grafis digunakan untuk menggambarkan rangkaian aliran aktivitas baik proses bisnis maupun use case. Activity diagram dapat juga digunakan untuk memodelkan action yang akan dilakukan saat sebuah operasi dieksekusi, dan memodelkan hasil dari action tersebut.

    Relasi (Relationship)

    Ada 4 (empat) macam relationship dalam unifield modeling language (UML) yaitu :

    1. Pengklasifikasian (classifier) pada prinsipnya merupakan konsep diskret dalam model yang memiliki identitas, state, perilaku, serta relasi debgan mengklasifikasi yang lainnya.

    2. Asosiasi pada dasarnya mendeskripsikan koneksi diskret antara objek atau antar intansi lain dalam sistem atau perangkat lunak yang sedang dikembangkan.

    3. Generalisasi menggambarkan hubungan antara use case yang bersifat umum dengan use case yang bersifat lenih spesifik.

    4. Realisasi menghubungkan elemen-elemen model, misalnya kelas, keelemen elemen model lainnya, seperti suatu antarmuka yang menyediakan spesifikasi perilakau tetapi bukan strukturnya atau implementasinya.

    Konsep Dasar Sistem

    Definisi Sistem

    1. Dengan pendekatan prosedur, sistem dapat didefinisikan sebagai kumpulan dari prosedur-prosedur yang mempunyai tujuan tertentu. Contoh sistem yang didefinisikan dengan pendekatan prosedur ini adalah sistem akuntansi (penerimaan kas, pengeluaran, penjualan, pembelian, dan buku besar).

    2. Dengan pendekatan komponen, sistem dapat didefinisikan sebagai kumpulan dari komponen yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya membentuk satu kesatuanuntuk mencapai tujuan tertentu. Contoh sistem yang didefinisikan dengan pendekatan ini misalnya adalah sistem komputer yang didefinisikan sebagai kumpulan dari perangkat keras dan perangkat lunak.

    3. Menurut jurnal CCIT (2013:226)[3], sistem adalah kumpulan komponen-komponen yang saling berhubungan dan saling ketergantungan sama lain, sistem juga dapat berjalan jika komponrn-komponen yang ada didalamnya bisa bekerja sama dan membentuk suatu lingkaran yang tidak dapat dipisahkan.

    4. Pngertian sistem dapat didefinisikan sebagai suatu himpunan atau kumpulan dari unsur atau variabel-variabel yang saling terorganisasi, saling berinteraksi, dan salin bergantung satu samalain. (Hanif Al-Fatta) [4], Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern, Andy, 2007:3 [5]

    Syarat-Syarat Sistem

    Menurut jurnal CCIT (2013:221) [6] syarat yang harus diiliki oleh suatu sistem yaitu :

    1. Sistem harus dibentuk untuk menyelesaikan suatu tujuan
    2. Elemen sistem harus punya rencana yang ditetapkan
    3. Adanya hubungan diantara elemen sistem
    4. Unsur dasar dari proses (arus informasi, energi, dan material) lebih penting dari elemen sistem.

    Karakteristik Sistem

    Suatu sistem mempunyai karakteristik atau sifat-sifat tertentu, yaitu mempunyai komponen-komponen (component), batas sistem (boundary), lingkungan luar sistem(environment), penghubung(interface), masukan (input), pengolah (process), keluaran (output) dan sasaran objective) atau tujuan (goals), berikut adalah penjelasan dari karakteristik sistem :

    1. Komponen sistem yaitu dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi, yang artinyasaling bekerja sama membentuk satu kesatuan. Elemen-elemen sistem dapat berupa suatu subsistem atau bagian-bagian dari sistem. Setiap subsitem mempunyai sifat-sifat dari sistem untuk menjalankan suatu fungsi tertentu dan mempengaruhi proses sistem secara keseluruhan, sestiap sistem tidak peduli berapapun kecilnya, selalu mengandung subsistem-subsistem.

    2. Batas sistem yaitu daerah yang membatasi antara suatu sistem dengan sistem yang lainnya atau dengan lingkungan luarnya. Batas sistem ini memungkinkan suatu sistem dipandang.

    3. Lingkungan luar sistem dari suatu sistem yaitu apapun diluar batas dari sistem yang mempengaruhi operasi sistem. Lingkungan luar sistem dapat bersifat menguntungkan merupakan energi dari sistem yang harus tetap dijaga dan dipelihara.

    4. Penghubung sistem merupakan media penghubung antara satu subsistem dengan subsistem lainnya. Melalui penghubung ini memungkinkan sumber-sumber daya mengalir dari satu subsistem ke subsistem lainnya. Keluaran dari susbsistem akan menjadi masukan bentuk subsistem lainnya dengan penguhubung satu subsitem dapat berintegrasi dengan subsistem lainnya membentuk satu kesatuan.

    5. Masukan sistem yaitu energi yang dimasukan kedalam sistem dapat berupa masukan perawatan dan masukan sinyal. Maintenance input adalah energi yang dimasukan agar sistem tersebut beroperasi. Signal input adalah energi yang diproses untuk mendapatkan keluaran.

    6. Pengolahan sistem yaitu dapat mempunyai bagian pengolahan yang akan merubah masukan menjadi keluaran. Suatu sistem produksi akan mnengolah masukan bahan baku atau bahan-bahan yang lainnya menjadi berupa bagian jadi.

    7. Keluaran sistem yaitu hasil energi yang diolah dan diklasifikasikan menjadi keluaran yang berguna. Keluaran dari sistem dapat merupakan masukan untuk subsistem lain. keluaran dapat berupa tampilan layar dimonitor yaitu dalam bentuk laporan, grafik, tabel, dan keluaran yang Lainnya adalah hasil cetakan laporan ke media kertas.

    8. Suatu sistem pasti mempunyai tujuan atau sasaran. Jika tidak mempunyai tujuan, maka operasi sistem tidak akan berguna. Sasaran dari suatu sistem sangat menentukan sekali masukan yang dibutuhkan sistem dan keluaran yang akan dihasilkan sistem. Sebuah sistem dikatakan berhasil jika mengenai sasaran atau tujuannya.

    Klasifikasi Sistem

    Suatu sistem dapat diklasifikasikan dari beberapa sudut pandang, diantaranya yaitu :

    1. Sistem abstrak (Abstract System) dan sistem fisik (physical system)

      Sistem abstrak merupakam sistem yang berupa pemikiran atau ide-ide yang tidak tampak secara fisik. Misalnya sistem teologi, yaitu sistem yang berupa pemikiran-pemikiran hubungan antara manusia dangan tuhan. Sistem fisik merupakan sistem yang ada secara fisik. Misalnya sistem komputer, sistem akuntansi, sistem produksi dan lain-lain.

    2. Sistem alamiah (Natural System) dan sistem buatan manusia (Human Made System)

      Sistem alamiah adalah sistem yang terjadi melalui proses alam, tidak dibuat manusia. Misalnya sistem perputaran bumi. Sistem buatan manusia adalah sistem yang dirancang oleh manusia. Sistem manusia melibatkan interaksi antara manusia disebut dengan human machine system atau ada yang menyebut dengan man machine system.

    3. Sistem tertentu (Deterministic System) dan sistem tak tentu (Probabilistic System)

      Sistem tertentu beroprasi dengan tingkah laku yang sudah dapat diprediksi. Interaksi antara bagian-bagiannya dapat dideteksi dengan pasti, sehingga keluaran dari sistem dapat diramalkan. Sebagai contoh adalah sistem komputer, tingkah lakunya dapat dipastikan berdasarkan program-program yang dijalankan. Sistem tak tentu adalah sistem yang kondisi masa depannya tidak dapat diprediksi karena mengandung unsur probabilitas.

    4. Sistem tertutup (Closed System) dan sistem terbuka (Open System)

      Sistem tertutup adalah sistem yang tidak berhubungan dan terpengaruh oleh lingkungan luarnya. Sistem ini bekerja secara otomatis tanpa adanya campur tangan dari pihak diluarnya. Secara teorotis sistem tertutup ini ada, tetapi pada kenyataannya tidak ada sistem yang benar-benar tertutup. Sistem terbuka adalah sistem yang berhubungan dengan lingkungan luarnya. Sistem ini menerima masukan dan menghasilkan keluaran untuk lingkungan luar atau subsistem yang lainnya, karena sistem ini sifatnya terbuka dan berpengaruh oleh lingkungan luarnya, maka suatu sistem harus mempunyai suatu sistem pengendalian yang baik.

    Kosep Dasar Informasi

    Definisi Data

    Sumber informasi adalah data. “Data adalah deskripsi tentang benda, kejadian, aktivitas, dan transaksi, yang tidak mempunyai makna atau tidak berpengaruh secara langsung kepada pemakai”. (Hanif,2007:05) [7]

    Definisi Informasi

    Informasi sangat penting dan diperlukan didalam suatu sistem. Berikut ini adalah definisi informasi: Informasi adalah “Data yang diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat dalam pengambilan keputusan saat ini atau saat mendatang”. (Hanif, 2007:09) [8]

    Kualitas Informasi

    Kualitas dari suatu informasi (Quality Of Information) tergantung dari 3 (tiga) hal yaitu, informasi harus akurat, tepat waktu, dan relevan.

    1. Akurat

      Berarti informasi harus bebas dari kesalahan-kesalahan dan tidak bisa menyesatkan. Akurat juga berarti informasi harus jelas mencerminkan maksudnya. Informasi harus akurat karena dari sumber informasi kepenerima kemungkinan banyak terjadi gangguan yang dapat merusak sistemdapat dicegah ataupun bila terlanjur terjadi kesalahan-kesalahan dapat langsung cepat diatasi.

    2. Tepat Pada Waktu

      Berarti informasi yang akan datang pada penerima tidak boleh terlambat. Informasi yang sudah usang tidak akan mempunyai nilai lagi. Karena informasi merupakan landasan didalam pengambilan keputusan. Dewasa ini mahalnya nilai informasi disebabkan karena cepatnya informasi tersebut didapat, sehingga diperlukan teknologi-teknologi mutakhir untuk mendapatkan, mengolah, dan mengirim informasi tersebut.

    3. Relavan

      Berarti informasi tersebut harus mempunyai manfaat untuk memakainya relevansi informasi untuk tiap-tiap orang satu dengan yang lainnya berbeda.

    Nilai Informasi

    Nilai dari informasi ditentukan dari 2 (dua) hal yaitu manfaat dan biaya mendapatkannya. Suatu informasi dikatakan bernilai bila manfaat lenih efektif dibandingkan dengan biaya mendapatkannya. Sehingga tidak memungkinkan dan sulit menghubungkan suatu bagian informasi pada suatu masalahyang tertentu dengan biaya untuk memperolehnya, karena sebagian informasi dinikmati tidak dapat ditaksir dengan nilai satuan uang, tetapi dapat ditaksir dengan nilai efektifitasnya. Pengukuran nilai informasi biasanya dihubungkan dengan nilai analisis cost effectiveness atau cost benefit.

    Konsep Dasar Sistem Informasi

    Definisi Sistem Informasi

    Sistem informasi yang diperoleh penerima informasi didapatkan dari sistem informasi (information system).

    1. Sistem informasi adalah sebuah sistem yang terdiri atas rangkaian sub sistem informasi terhadap pengolahan data untuk menghasillkan informasi yang berguna dalam pengambilan keputusan

    2. Sistem informasi adalah suatu sistem didalam organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transakasi harian, mendukung operasi,bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan. (Jogiyanto Hartono, 1999:5) [9]


    Komponen Sistem Informasi

    Sistem informasi dapat terdiri dari komponen-komponen yang disebut dngan istilah blok bangun (building block), yaitu blok masukan (input block), blok model (model block), blok keluaran (output block), blok teknologi(technology block), blok basis data (database block),blok kendali (control block).

    Sebagai suatu sistem, ke 6 (enam) blok tersebut masing-masing saling berinteraksi satu dengan yang lainnya membentuk satu kesatuan untuk mencapai sasarannya. Berikut adalah penjelasan dari komponen sistem informasi, yaitu :

    1. Blok masukan

      Input mewakili data yang masuk kedalam suatu sistem informasi, input disini termasuk metode-metode dan media untuk menangkap data yang dimasukan, yang dapat berupa dokumen-dokumen dasar.

    2. Blok model

      Blok ini terdiri dari kombinasi prosedur, logika dan model matematika yang akan memanipulasi data input dan data yang tersimpan dibasis data dengan cara yang sudah tertentu untuk menghasilkan keluaran yang diinginkan.

    3. Blok keluaran

      Produk dari sistem informasi adalah keluaran yang merupakan informasi yang berkualitas dan dokumtasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen serta semua pemakai sistem.

    4. Blok teknologi

      Teknologi merupakan kontak alat dari pekerjaan sistem informasi, teknologi yang digunakan untuk menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, menghasilkan dan mengirimkan keluaran dan membantu pengendalian dari sistem keseluruhan.

    5. Blok basis data

      Basis data merupakan kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya. Data perlu disimpan didalam basis data untuk keperluan penyediaan informasi lebih lanjut.

    6. Blok kendali

      Agar sistem informasi dapat berjalan sesuai apa yang diinginkan, maka perlu diterapkan pengendalian-pengendalian didalamnya. Pengendalian perlu dirancang dan diterapkan untuk meyakinkan bahwa hal-hal yang dapat merusak sistem dapat dicegah ataupun bila terlanjur terjadi kesalahan-kesalahan dapat langsung cepat diatasi.

    Tujuan Sistem Informasi

    Tujuan dari sistem informasi adalah manghasilkan informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang berguna bagi para pemakainya. Tujuan sistem informasi terdiri dari kegunaan, ekonomi, keandalan, pelayanan, kesederhanaan, fleksibilitas.

    1. Kegunaan

      Sistem harus menghasilkan informasi yang tepat waktu dan relevan untuk mengambil keputusan manajemen dan personil operasi didalam manajemen.

    2. Ekonomi

      Semua bagian komponen sistem termasuk laporan-laporan, pengendalian-pengendalian, mesin-mesin harus menyumbang suatu nilai manfaat sebesar biaya yang dibutuhkan.

    3. Keandalan

      Keluaran sistem harus mempunyai tingkatan ketelitian yang tinggi dari sistem itu sendiri harus mampu beroperasi secara efektif bahkan pada waktu komponen manusia tidak hadir atau saat komponen mesin tidak beroperasi secara temporer.

    4. Pelayanan

      Sistem harus memberikan pelayanan dengan baik atau ramah kepada para siswa.

    5. Kesederhanaan

      Sistem harus cukup sederhana, sehingga terstruktur dan operasinya dapat dengan mudah dimengerti dan prosedurnya mudah diikuti.

    6. Fleksibilitas

      Sistem harus cukup fleksibel, untuk menangani perubahan-perubahan yang terjadi, kepentingannya cukup beralasan dalam kondisi dimana sistem beroperasi atau dalam kebutuhan yang diwajibkan oleh organisasi.

    Konsep Dasar Perancangan Sistem

    Definisi Perancangan Sistem

    Kegiatan perancangan sistem berhubungan dengan mengalokasikan bagian spesifikasi ke proses yang cocok dalam proses didalam setiap tugas modul dan menghubungkan diantara modul-modul untuk mengimplentasikan spesifikasi yang diciptakan pada bagian analisa sistem.

    Desain sistem informasi bagaimana suatu sistem akan menyelesaikan apa yang harus dikerjakan, tahap ini menyangkut konfigurasi dari komponen-komponen perangkat lunak dan perangkat keras dari suatu sistem sehingga setelah instalasi dari sistem akan benar-benar memuaskan rancangan yang telah diciptakan. (Goal : 2008:78) [10]

    Dari definisi diatas dapat diketahui bahwa tujuan dari Desain sistem adalah untuk memenuhi kebutuhan kepada pemakai sistem dan juga untuk memberikan gambaran yang jelas dan rancang bangun yang lengkap kepada program computer dan para ahli teknik lainnya yang terlibat.untuk mencapai tujuan ini maka perancangan sistem harus berguna, mudah dipahami dan mudah digunakan. Desain sistem harus dapat mempersiapkan desain bangun yang terinci untuk masing-masing komponen dari sistem informasi yang meliputi data dan informasi, simpanan data, metode-metode, prosedur-prosedur, perangkat keras, perangkat lunak dan pengendalian (intern).

    Jurnal CCIT (2007:57) [11] perancangan sistem didefinisikan oleh Jhon dan Gary Grudnitski “Perancangan Sistem adalah berupa penggambaran perancangan dan pembuatan sketsa atau pengaturan dari beberapa elemen yang terpisah kedalam satu kesatuan yang utuh dan berfungsi”. Secara garis besar tujuan dari perancangan sistem adalah untuk memenuhi kebutuhan kepada pemakai sistem, dan untuk memberikan gambaran yang jelas dan rancangan bangun yang lengkap kepada pemogram computer dan ahli-ahli teknik lainnya.

    Teori Khusus

    Definisi Siswa

    Siswa adalah anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan potensi diri melalui proses pembelajaran yang tersedia pada jalur, jenjang, dan jenis pendidikan tertentu, mereka yang secara khusus diserahkan oleh kedua orang tuanya untuk mengikuti pembelajaran yang diselenggarakan oleh sekolah dengan tujuan untuk menjadi manusia yang berilmu pengetahuan, berketrampilan, berkpribadian, berakhlak mulia, dan mandiri. (Prasetyo, dkk, 2013:7) [12]

    Definisi Siswa Baru

    Siswa baru adalah calon siswa yang akan masuk kesebuah lembaga pendidikan atau seorang pelajar yang ingin menuntut ilmu yang tugas utamanya adalah belajar dalam memasuki lingkungan baru dengan melakukan pendaftaran yaitu dengan cara pengisian formulir pendaftaran dan pengisian data serta malakukan pembayaran registrasi siswa baru. (Novi Oktavianti, 2006:36) [13]

    Definisi Penerimaan Siswa Baru

    Penerimaan siswa baru adalah menerima siswa baru dengan melakukan pendaftaran dan persyaratan yang telah diberitahukan oleh lembaga pendidikan dan untuk memberikan pendidikan kepada masyarakat dalam rangka untuk memperoleh hak-hak sebagai warga Negara. (Jaelani, 2011:31) [14]

    Elisitasi Sistem

    Definisi Elisitasi

    Elisitasi merupakan rancangan yang dibuat berdasarkan sistem baru yang diinginkan oleh pihak manajemen terkait dan disanggupi oleh penulis untuk dieksekusi. Elisitasi didapat melalui metode wawancara dan dilakukan melalui 3 (tiga) tahap, yaitu (Rahardja, 2010:303) [15] :

    1. Elisitasi tahap I, berisi seluruh rancangan sistem baru yang diusulkan oleh pihak manajemen terkait melalui proses wawancara.

    2. Elisitasi tahap II, merupakan hasil pengklasifikasian elisitasi tahap 1 berdasarkan metode MDI . Metode MDI bertujuan memisahkan antara rancangan sistem yang penting dan harus ada pada sistem baru dengan rancangan yang disanggupi oleh penuliss untuk dieksekusi.

    Berikut penjelasan mengenai MDI :

    1. M pada MDI berarti Mandotory (penting). Maksudnya, requirement tersebut harus ada dan tidak boleh dihilangkan pada saat membuat sistem baru.

    2. D pada MDI berarti Desirable. Maksudnya, requirement tersebut tidak terlalu penting dan boleh dihilangkan. Namun, jika requirement tersebut digunakan dalam pembentukan sistem maka akan membuat sistem tersebut lebih sempurna.

    3. I pada MDI berarti Inessential maksudnya requirement tersebut bukanlah bagian sistem yang dibahas, tetapi bagian dari luar sistem.

    3. Elisitasi tahap III, merupakan hasil penyusutan elisitasi tahap II dengan cara mengeliminasi semua requirement dengan option 1 pada metode MDI. Selanjutnya, semua requirement yang tersisa diklasifikasikan kembali melalui metode TOE, yaitu:

    1. T artinya Teknikal, bagaimana tata cara atau teknik pembuatan requirement dalam sistem yang diusulkan?

    2. O artinya Operasional, bagaimana tata cara penggunaan requirement dalam sistem yang akan dikembangkan?

    3. E artinya Ekonomi, berapakah biaya yang diperlukan guna membangun requirement didalam sistem?

    Metode TOE tersebut dibagi kembali menjadi beberapa option, yaitu :

    1. High (H): Sulit untuk dikerjakan, karena teknik pembuatan dan pemakaiannya sulit serta biayanya mahal. Maka requirement tersebut harus dieliminasi.

    2. Middle (M): Mampu dikerjakan

    3. Low (L): Mudah dikerjakan

    4. Final draft elisitasi, merupakan hasil akhir yang dicapai dari sustu proses elisitasi yang dapat digunakan sebagai dasar pembuatan suatu sistem yang akan dikembangkan.

    Konsep Dasar Database

    Definisi Database

    Database terdiri dari dua penggalan kata yaitu data dan base, yang artinya berbasiskan pada data. Tetapi secara konseptual, database diartikan sebuah koleksi atau kumpulan data yang saling berhubungan (relation), disusun menurut aturan tertentu secara logis, sehingga menghasilkan informasi. Sebuah informasi yang berdiri sendiri tidakalah dikatakan database. (Yuhefizard, 2008:2) [16]

    Database Management System

    Database management system (DBMS) adalah perangkat lunak (software) yang berfungsi untuk mengelola database. Mulai dari membuat database itu sendiri, sampai dengan proses yang berlaku dalam database tersebut, baik berupa entry, edit, hapus, terhadap data, membuat laporan dan lain sebagainya secara efektif dan efisien.

    Salah satu jenis DBMS , yang sangat terkenal saat ini adalah relational DBMS (RDBMS), RDBMS mempresentasikan data dalam bentuk tabel-tabel yang saling berhubungan. Sebuah tabel disusun dalam bentuk baris (record) dan kolom (field). Ada tiga kelompok perintah yang digunakan dalam mengelola dan mengorganisasikan data dalam RDBMS, yaitu :

    1. Data Definition Language (DDL)

      Merupakan perintah yang digunakan oleh seorang database administrator untuk mendefinisikan struktur database, baik membuat tabel baru, menentukan struktur penyimpanan tabel, model relasi antar tabel dan sebagainya.

    2. Data Manipulation Language (DML)

      Perintah-perintah yang digunakan untuk memanipulasi dan mengambil data pada suatu database. Manipulasi yang daapat dilakukan terhadap data adalah:

    3. Penambahan Data
      Penyisipan Data
      Penghapusan Data
      Pengubahan Data

      DML merupakan bahasa yang memudahkan pengguna dalam menggakses database. Ada dua jenis DML, yaitu :

      a. Prosedural, mengharuskan pengguna menentukan spesifikasi data apa yang dibutuhkan dan bagaimana cara mendapatkannya. Contoh paket bahasanya adalah dBase, FoxBase, FoxPro.
      b. Non procedural, pengguna hanya menentukan data apa yang dibutuhkan tanpa harus tahu cara mendapatkannya. Contoh paket bahasanya diberi nama Structural Query Languuage (SQL)
    4. Data Control Language (DCL)

      Bagian ini berkenaan dengan cara mengendalikan data, seperti siapa saja yang bisa melihat isi data, bagaimana data bisa digunakan oleh banyak user, dan lain-lain. Lebih mengarah segi sekuiritas.

    5. Tingkatan Data dalam Database Relasi

      Dalam suatu sistem database relasi, data yang tersimpan dalam DBMS mempunyai tingkatan-tingkatan, sebagai berikut :

      1. Karekter (character)

        Merupakan bagian terkecil dalam database, dapat berupa karakter menarik (angka 0 s.d 9), (huruf A-Z, a-z) ataupun karakter-karakter khusus seperti *, &, %, # dan lain-lain.

      2. Field atau attribute

        Merupakan bagian dari record yang menunjukan suatu item data yang sejenis. Misalnya : field nama, field nim, dan lain sebagainya. Setiap field harus mempunyai nama dan tipe data tertentu. Isi dari field disebut data value. Dalam tabel database field ini disebut juga kolom.

      3. Tabel atau Entity

        Entity merupakan suatu yang dapat diidentifikasi dari suatu sistem database, bisa berupa objek, orang, tempat, kejadian atau konsep yang informasinya akan disimpan dalam database. Missal : pada sistem database akademik yang menjadi entity adalah mahasiswa, dosen, mata kuliah, dan lain-lain. Dalam aplikasi penggunaan istilah entity sering disamakan dengan istilah tabel, karena dalam mempresentasikan datanya diatur dalam bentuk baris dan kolom. Baris mewakili 1 record dan kolom mewakili 1 field. Dalam sistem database tradisional, entity/tabel disebut juga dengan file.

      4. Record atau Tuple

        Tuple/record adalah kumpulan data value dari atribute yang berkaitan sehingga dapat menjelaskan sebuah entity secara lengka, missal : record entity mahasiswa adalah kumpulan data value dari field nobp, nama, jurusan, dan alamat perbarisnya. Dalam tabel database, record disebut juga baris.

      5. Database

        Kumpulan dari tabel-tabel yang saling berelasi, disusun secara logis, sehingga menghasilkan informasi yang bernilai guba dalam proses pengambilan keputusan. Ada beberapa sifat yang melekat pada suatu tabel :

      6. ~ Tidak boleh ada record yang sama (kembar)
        ~ Urutan record tidak terlalu penting, karena data dalam record dapat diurut sesuai dengan kebutuhan
        ~ Setiap field harus mempunyai nama yang unik (tidak boleh ada yang sama).
        ~ Setiap field harus mempunyai tipe data dan karakteristik tertentu.

        PHP (Potext Hyper Processor)

        Pengertian PHP

        PHP : Hypertext Preprocessor adalah bahasa script yang dapat ditanamkan atau disisipkan ke dalam HTML. (Wikipedia, 2011) [17]

        PHP (Protext Hyper Processor) adalah bahasa pemograman untuk dijalankan melalui halaman web. Umumnya digunakan untuk mengolah informasi diinternet. PHP adalah script yang digunakan untuk membuat halaman web yang dinamis. Dinamis berarti halaman yang akan ditampilkan dubuat saat halaman itu diminta oleh client. Mekanisme ini menyebabkan informasi yang diterima client selalu yang terbaru atau up todate. Semua script PHP diesksekusi pada server dimana script tersebut dijalankan. (Rulianto, 2010:2) [18]

        Sejarah PHP

        Pada awalnya PHP merupakan kependekan dari Personal Home Page (situs personal). PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lordorf pada tahun 1995, pada waktu itu PHP masih bernama Form Interpreted (FI), yang wujudnya berupa sekumpulan script yang digunakan untuk mengolah data formulir dari web.

        Selanjutnya Ramus merilis kode sumber tersebut untuk umum dan menamakannya PHP/FI. Dengen perilisan kode sumber ini menjadi sumber terbuka makan banyak pemograman yang tertarik untuk ikut mengembangkan PHP.

        Pada November 1997, dirilis PHP/FI 2.0. pada saat ini dirilis, interpreter PHP sudah diimplementasikan dalam program C. Dalam rilis ini disertakan juga modul-modul ekstensi yang meningkatkan kemampuan PHP/FI secara signifikan.

        Pada tahun 1997, sebuah perusahaan bernama Zend menulis ulang Interpreter PHP menjadi lebih bersih, lebih baik, dan lebih cepat. Kemudian pada juni 1998, perusahaan tersebut merilis interpreter baru untuk PHP dan meresmikan rilis tersebut sebagai PHP 3.0 dan singkatan PHP diubah menjadi akronim berulang PHP Hpertext Preprocessing.

        Pada pertengahan tahun 1999, Zend merilis interpreter PHP baru dan rilis tersebut dikenal dengan PHP 4.0. PHP 4.0 adalah versi PHP yang paling banyak dipakai pada awal abad ke-21. Versi ini banyak dipakai disebabkan kemammpuannya untuk membangun aplikasi web kompleks tetapi tetap memiliki kecepatan dan stabilitas yang tinggi.

        Pada juni 2004, Zend merilis PHP 5.0. Dlam versi ini, inti dari interpreter PHP mengalami perubahan besar. Versi ini juga memasukkan model pemograman berorientasi objek ke dalam PHP untuk menjawab perkembangan bahasa pemograman ke arah paradigm berorientasi oobjek.

        AppServ

        Menurut Abdul Kadir (2009:4)[19], AppServ merupakan sebuah paket webservice yang bersifat open source, yang membuat proses instalasi semua web service dengan mudah, dan juga membantu anda ketika mengkonfigurasikan server. Beberapa aplikasi yang terdapat didalamnya antara lain

        1. Apache

        Apache adalah otak dari web server anda. Aplikasi web server ini bertugas untuk mengkordiinasikan koneksi HTTP yang masuk, mengirimkan file yang request, kembali kepada komputer yang memintanya, menangani perlindungan direktori dengan menggunakan password, dan dapat berisi modul add-in yang digunakan untuk mmemperluas kemampuan standar. Apabiila dibandingkan dengan IIS, maka Apche jauh lebih unggul.

        2. Phpmyadmin

        Menurut Abdul Kadir (2009:4)[20]. Dengan menggunakan PHPmyAdmin, maka aplikasi ini dapat membantu anda dalam menavigasi beberapa database, tabel log, dan beberapa hal lainnya.

        MySQL

        MySQL merupakan salah satu sistem database yang sangat handal karena menggunakan sistem SQL. Pada awalnya SQL berfungsi sebagai bahasa penghubung antara program database dengan bahasa pemograman yang digunakan pemograman yang kita gunakan. Dengan adanya SQL maka para pemogram jaringan dan aplikasi tidak mengalami kesulitam sama sekali didalam menghubungkan aplikasi yang mereka buat. Setelah itu SQL dikembangkan lagi menjadi sistem database dengan munculnya MySQL. MySQL merupakan database yang sngat cepat, beberapa user dapat menggunakan secara bersamaan, dan lebih lengkap dari SQL. MySQL merupakan slah satu software gratis yang dapat di-downloadmelalui situsnya. MySQL merupakan sistem manajemen database, relasional sistem database dan software open source.

        MySQL merupakan software open source SQL database yang sangat popular yang disediakan oleh MySQL AB. MySQL AB merupakan perusahaan komersial yang berdiri untuk memberikan pelayanan seputar MySQL database. MySQL AB berasal dari perusahaan Swedia yang menjalankan aplikasi dasar MySQL dan merupakan developer utamanya.

        Macromedia Dreamweaver 8

        Macromedia dreamweaver merupakan sebuah software yang menangani tata letak (layout) halaman web. Macromedia dreamweaver adalah program aplikasi professional untuk merubah HTML secara visual dan mengelola website serta pages. Karena tampil secara visual, aplikasi macromedia dreamweaver 8 mudah dioperasikan. Program ini menyediakan banyak perangkat yang dapat meningkatkan kemampuan user didalam membuat web. (Bunafit, 2008:1)[21]

        Definisi Literature Review

        Literatuer review adalah survey literature tentang penemuan-penemuan yang telah dilakukan oleh penelitian sebelumnya yang berhubungan dengan topik penelitian. (Warsito, 2009:42)

        Banyak penelitian yang sebelumnya dilakukan mengenai Penerimaan Calon Siswa Baru dan penelitian lain yang berkaitan. Dalam upaya mengembangkan dan menyempurnakan penerimaan calon siswa baru ini perlu dilakukan studi pustaka sebagai salah satu dari penerapan metode penelitian yang dilakukan, diantaranya sebagai berikut :

        1. Penelitian yang dilakukan oleh Arnata (2012)

        Penelitian yang dijalankan oleh Arnata yang berjudul :Sistem informasi penerimaan siswa baru dan nilai UN berbasis web di SMA Darul Qolam Tangerang, penelitian membahas tentang penerimaan siswa baru, pembayaran dapat dilakukan melalui sistem tersebut dengan menggunakan kartu kredit tanpa melakukan transfer pembayaran pada ATM. Adapun kekurangan dari penelitian ini adalah tidak adanya konfirmasi email saat pendaftaran, tidak adanya pilihan bank yang digunakan, dan tidak adanya fasilitas admin untuk mendaftrkan siswa.

        2. Penelitian yang dilakukan oleh Dini Amelia Rahmah (2010)

        Penelitian yang telah dijalankan oleh Dini Amalia Rahmah yang berjudul “ Perancangan Sistem Penerimaan Siswa Baru berbasis Web pada Mts Al-Mubarok”, pada tahun 2010, metode yang diusulkan pada penelitian ini menggunakan program PHP. Pembahasannya hanya dibatasi pada penerimaan siswa baru saja. Hal tersebut untuk membantu defisi penerimaan siswa baru, sistem ini dirancang untuk memudahkan pendaftaran siswa baru, pengontrolan pada sistem ini hanya dilakukan pengecekan pada proses pengambilan informasi, nantinya akan dicek sudah berapa banyak informasi siswa baru yang mendaftar. Karena informasi terus berubah sesuai dengan masukan yang ada.

        3. Penelitian yang dilakukan oleh Doni Kurniawan (2007)

        Penelitian yang telah dijalankan oleh Doni Kurniawan yang berjudul “Perancangan Sistem Informasi Penerimaan siswa Baru Pada SLTP Yayasan Pendidikan Dan Pembangunan Umat Islam (YPPUI) Ciledug”. Sistem yang diusulkan pada penelitian ini menggunakan Visual Basic 6.0 untuk memudahkan bagi panitia penerimaan siswa baru dapat lebih mudah mengolah dan memproses data dan sistem ini dirancang untuk dijadikan solusi dalam memecahkan masalah yang terjadi dalam pengolahan data dalam pendaftaran siswa baru agar lebih efektif dan efisien. Sisetem berjalan saat ini masih dikerjakan secara manual. Dengan perancangan ini bagian pendaftraran siswa baru tidak perlu berulang-ulang dalam mengolah data. Dengan penelitian ini agar menghasilkan rekap daftar ulang dengan tepat.

        4. Penelitian yang dilakukan Bambang Gunawan (2009)

        Penelitian yang dilakukan oleh Bambang Gunawan yang berjudul “ Sistem Penerimaan Siswa Baru Berbasis Online di Sekolah Saputra dengan ASP.Net dan SQL Server”sistem yang diusulkan dengan penelitian ini menggunakan dengan ASP.Net dan SQL Server memudahkan masyarakat dan orang tua mencari dan mendapatkan informasi-informasi tentang sekolah. Sistem ini dirancang untuk dijadikan solusi awal dalam memecahkan masalah yang terjadi dalam pelayanan sisem pnerimaan siswa baru yang diharapkan dapat membuat sistem yang telah berjalan saat ini menjadi lebih baik terutama dalam hal kemudahan masyarakat dan orang tua siswa untuk mencari informasi tentang profil sekolah, kegiatan penerimaan siswa baru, serta biaya-biaya yang dibutuhkan untuk masuk kesekolah. Sistem yang ada saat inimenggunakan sistem yang konvensional atau sistem lama dan belum terkomputerisasi sehingga dirasakan masih memiliki beberapa kekurangan yang harus ditingkatkan. Dengan ini masyarakat dan orang tua tidak perlu dating langsung kekantor administrasi sekolah karena akan digunakannya secara online.

        5. Penelitian yang telah dijalankan oleh Muamar Ghazi (2008)

        Berjudul “Rancangan Sistem Administrasi Penerimaan Siswa Baru pada Yayasan Pendidikan Islam (YASPI) Al-Mubarok”. Pada tahun 2008. Metode yang diusulkan pada penelitian ini menggunakan program visual basic 6.0. pembahasnnya hanya dibatasi pada pembayaran registrasi penerimaan siswa baru saja. Hal tersebut untuk membantu devisi keuangan, sistem ini dorancang untuk dijadikan solusi awal untuk memberikan kemudahan dalam menghasilkan data yang akurat dan juga meningkatkan kinerja optimal khususnya pada sub bagian administrasi. Program yang dibuat berbentuk objek oriented tetapi masih harus dilakukan evaluasi agar tidak terjadi kesalahan-kesalahan dalam penginputan data siswa dan agar tidak terjadi kerangrakapan data. Dengan ini penelitian akan dikembangkan lagi agar pembahasannya meliputi semua pembayaran mengenai keuangan.


        BAB III

        ANALISA SISTEM YANG BERJALAN

        Analisis Organisasi

        Gambaran Umum SMK Bhakti Anindya Tangerang

        Sekolah merupakan suatu tempat lembaga pendidikan yang bertujuan untuk mendidik dan mengajar putra-putri harapan bangsa untuk menjadi orang yang berguna bagi bangsa ini. Dengan sekolah mendapat pelajaran yang disampaikan oleh guru tanpa “Pamrih” memberikan ilmu serta pengalaman yang dimilikinya dengan ilmu yang diperoleh, dapat mengembangkannya dan berfikir bagaimana cara untuk maju. Sekolah melibatkan komponen satu sama lain saling berkaitan dan saling melengkapi dengan memiliki tujuan yang sama sehingga tujuan pendidikan nasional dapat tercapai sesuai dengan yang diharapkan oleh bangsa Indonesia yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.

        Dengan demikian dapat dianjurkan putra-putri bangsa bersekolah agar dapat bersaing dengan Negara lain untuk menghadapi jaman yang semakin maju. Semakin luas kesempatan bersekolah maka semakin luas ilmu yang didapat.

        Mengingat pengolahan data siswa yang dilakukan di SMK Bhakti AnindyaTangerang masih manual maka dengan ini penulis mencoba suatu program komputerisasi agar dapat membantu mengoptimalkan kinerja kerja dalam menangani pengolahan data yang berhubungan dengan pendataan siswa.

        Sejarah SMK Bhakti Anindya Tangerang

        Pada bagisan ini penulis mengadakan penelitian disalah satu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bhakti Anindya Tangerang sekolah ini beralamat di JL. KS Tubun No. 11 Tangerang-Banten Tlp. (021) 5522957 fax. (021) 5589163 berdiri sejak 10 November 1987. Sebagai kepala sekolah adalah Dr. Engkos Kosasih yang menjabat sekarang.

        Yayasan pendidikan Widya Anindya berkat dukungan serta kepercayaan masyarakat dan pihak yang terkait sekolah ini terus tumbuh dan berkembang. Adapun berbagai program jurusan yang ada diantaranya ialah :

        1. Program Administrasi Perkantoran

        Program ini secara khusus bertujuan membekali peserta dengan keterampilan administrasi keuangan, komputer, kemampuan dalam berkomunikasi baik lisan maupun tertulis dengan relasi dan membentuk siswa yang bersikap mandiri dan berkarakter.

        2. Program Akuntansi

        Program ini secara khusus bertujuan membekali peserta dengan keterampilan akuntansi, mengelola transaksi keuangan, pajak, dan membentuk siswa yang bersikap mandiri dan berkarakter.

        3. Program Multimedia

        Program ini secara khusus bertujuan membekali peserta didik dengan keterampilan dalam mengoperasikan software dan periferal multimedia seperti desain grafis, web desain, animasi, audio-video dan membentuk siswa yang bersikap mandiri dan berkarakter

        4. Program Teknik Komputer Jaringan

        Program ini secara khusus bertujuan membekali peserta didik dengan keterampilan instalasi jaringan, sistem operasi jaringan, konfigurasi jaringan, perakitan personal computer dan membentuk siswa yang bersikap mandiri dan berkarakter.

        Dan pada tahun ajaran baru 2011/2012 SMK Bhakti Anindya menambahkan beberapa jurusan lagi untuk dipilih, seperti Program Tata Niaga, Program Rekayasa Perangkat Lunak, dan Program Animasi.

        Visi Misi dan Tujuan dari SMK Bhakti Anindya Tangerang

        1. Misi

        2. Menjadi SMK yang bermutu dalam bidang Administrasi Perkantoran, Akuntansi, Multimedia, Teknik Komputer dan Jaringan dan Rekayasa Peranti Lunak.

        3. Indikator Visi

        4. a. Guru dan Staff Tata Usaha bekerja secara profesional

          b. Tamatan mampu bekerja mandiri dengan berwirausaha sesuai dengan bidang keahlian masing-masing.

          c. Tamatan dapat dengan segera terserap habis oleh dunia kerja yang relavan.

          d. Tamatan dapat berkompetisi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi yang berkualitas

        5. Misi

        6. a. Menyiapkan peserta didik menjadi warga negara yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan YME, sehat jasmani dan rohani.

          b. Menyiapkan peserta didik yang tanggap terhadap perubahan dan kemajuan IPTEK serta mampu menerapkannya.

          c. Menyiapkan peserta didik menjadi tenaga terampil tingkat menengah dalam bidang Administrasi Perkantoran, Akuntansi, Multimedia, Teknik Komputer dan Jaringan dan Rekayasa Peranti Lunak.

        Struktur Organisasi

        Agar SMK Bhakti Anindya Tangerang berjalan sesuai dengan program yang telah dibentuk maka struktur organisasi kepengurusan sekolah, yaitu :

        Wewenang dan Tanggung Jawab

        a. Dinas

        Dinas pendidikan mempunyai tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan daerah dibidang pendidikan berdasarkan asas otonomi san pemerintahan.

        b. Pengawas

        Pengawas adalah seorang yang melaukan penilaian dan pembinaan dalam melaksanakan fungsi-fungsi supervisi, baik supervisi akademik maupun supervisi manajerial.

        c. Kepala Sekolah

        Kepala sekolah adalah orang yang berwenang memberikan keputusan-keputusan dalam segala hal diantaranya adalah memeriksa dan meninjau jalannya kegiatan, memberikan bimbingan dan arahan kepada bawahannya. Beliau juga bertanggung jawab dalam memajukan sekolah yang dipimpinnya.

        d. Komite Sekolah

        Komite sekolah adalah orang yang bertanggung jawab dalam memberikan dukungan (supporting) dan membantu memenuhi kebutuhan sekolah, serta memberi pertimbangandalam pengambilan keputusan.

        e. Kepala Tata Usaha

        Tata usaha adalah orang yang bertanggung jawab atas tugas-tugas dan ketatausahaan seperti melaksanakan kegiatan administrasi sekolah, mengisi data siswa baru kedalam buku inguk, dan mengetik surat menyurat bisa juga menjadi panitia penerimaan siswa baru.

        f. Urusan Wakil Humas

        Wakil urusan humas adalah orang yang bertanggung jawab dari sekolah untuk bekerjasama dengan instansi-instansi pemerintah atau swasta.

        g. Wakil Urusan Sarana Prasarana

        Wakil urusan sarana prasarana adalah orang yang bertanggung jawab atas sarana dan prasarana yang ada disekolah dengan cara memanfaatkan, merawat, memperbaiki saransa yang ada.

        h. Wakil Urusan Kurikulum

        Wakil urusan kurikulum adalah orang yang bertanggung jawab atas kurikulum pendidikan yang dikeluarkan pemerintah dan disesuaikan dengan pendidikan ajaran baru, menyusun tugas pembagian mengajar, dan menyusun jadwal pelajaran.

        i. Wakil Urusan Kesiswaan

        Wakil urusan kesiswaan adalah orang yang bertanggung jawab dalam urusan kesiswaan, mengatur program untuk mengisi waktu untuk membina terlaksananya tata tertib sekolah.

        j. Kordinator BP/BK

        Kordinator bp/bk sekolah adalah orang yang bertugas mengatasi masalah-masalah yang dihadapi oleh anak didik tentang kesulitan belajar, dan memberikan bimbingan belajar serta melaksanakan dan menyusun program bimbingan dan konseling.

        k. Guru Bidang Study

        Guru bidang study adalah orang yang bertugas mengajar sesuai dengan mata pelajaran yang dikuasai dan menentukan SKBM sekaligus memberikan penilaian terhadap masing-masing siswa.

        l. Wali Kelas

        Wali kelas adalah orang yang bertanggung jawab dalam pengolahan kelas, keadaan anak didik, melakukan penilaian terhadap prilaku anak didik dan mengambil tindakan bila dianggap perlu.

        m. Guru

        Guru adalah orang yang membina dalam melakukan pengawasan kegiatan ekstrakulikuler.

        n. Siswa

        Siswa adalah orang yang bertanggung jawab atas hasil yang diperoleh dalam mengikuti pelajaran serta mengikuti aturan-aturan yang telah ditetapkan sekolah.

        Analisis Batasan Sistem

        Analisis batasan ini hanya dibatasi pada sistem absensi guru. Batasan analisis sistem penerimaan siswa baru berikut berupa :

        a. Membahas tentang prosedur dan proses penerimaan siswa baru pada SMK Bakti Anindya Tangerang.

        b. Mengevaluasi kegiatan dari sistem yang bejalan.

        Analisis Kebutuhan

        Sistem informasi mempunyai peranan penting dalam menyediakan informasi bagi manajemen yang didapat berguna sebagai dasar pengambilan keputusan. Pada sistem yang sedang berjalan ini, pelaksanaannya belum sepenuhnya dikerjakan dengan komputerisasi dan belum mendapat hasil yang maksimal sehingga dalam pembuatan laporan masih kurang sempurna dan lambat dan kadang terjadi kesalahan dalam prosesnya untuk menghindari kesalahan dan keterlambatan dalam memproses data maka akan dibangun sistem komputerisasi yang sudah ada menjadi lebih baik, sehingga diharapkan sistem Penerimaan Siswa Baru dapat membantu dalam melaksanakan tugas dari pemakainya.

        Masalah Yang Dihadapi

        Dari hasil riset dan pengamatan yang dilakukan oleh penulis pada SMK Bhakti Anindya Tangerang ternyata ditemukan berbagai macam hambatan sehingga dalam pencarian data terjadi kendala yang dapat memperlambat pelaksanaan pekerjaan. Seperti dalam masalah pengarsipan data siswa yang masuk, data siswa dicatat dalam buku besar yang terkadang tertumpuk dilemari arsip, jika suatu saat arsip yang ditumpuk diperlukan dan dilihat akan memerlukan waktu yang sangat lama sedangkan data yang harus disajikan harus sesegera mungkin selesai.

        Prosedur Sistem Yang Berjalan

        Calon siswa yang ingin mendaftar di SMK bhakti Anindya Tangerang, dapat langsung mendaftarkan diri pada panitia-panitia pendaftaran yang tersedia di SMK Bhakti Anindya Tangerang, setelah mengambil formulir pendaftaran mereka akan menjelaskan mengenai proses apa saja yang mengenai tata cara maupun syarat-syarat pendaftaran ketika ingin mendaftar di SMK Bhakti Anindya Tangerang.

        Syarat-syarat pendaftaran :

        • Mengisi formulir yang tersedia di SMK Bhakti Anindya Tangerang

        • Menyerahkan foto copy STTB, Ijazah, 2 lembar

        • Pas foto ukuran 2 x 3 cm (2 lembar) dan 3 x 4 (3 lembar)

        Setelah calon siswa mengisi semua syarat-syarat pendaftaran yang telah ditentukan oleh petugas penerimaan siswa baru ditutup, setelah itu bagian panitia penerimaan siswa baru, akan memberikan data-data siswa baru ke bagian Tata Usaha (TU) sebagai arsip dan oleh tata usaha akan dilaporkan kepada kepala sekolah disertai dengan bukti laporan pendaftaran siswa baru.

        Alternatif Pemecahan Masalah

        Dengan kurangnya informasi tentang SMK Bhakti Anindya Tangerang maka penulis memberikan alternative pemecahan masalah dengan cara :

        1. Dibuatnya program berbasis web agar dapat membantu pekerja lebih praktis dan terjangkau.

        2. Membuat program berbasis web yang dapat memberikan informasi semua tentang SMK Bhakti Anindya Tangerang.

        Analisis Kontrol

        Pada sistem pendaftaran yang berjalan saat ini, belum ada pengontrolan yang serius karena sistem pendaftaran ini baru berdasarkan pada acuan pendaftaran pada umumnya dan masih secara manual, pengontrolan pada sistem pendaftaran sekolah ini hanya dilakukan pengecekan pada proses pengamblan formulir, nantinya akan dicek sudah berapa banyak calon siswa yang telah terdaftar. Selain itu juga mengontrol ke updatean dari informasi tersebut. Karena informasi terus berubah sesuai dengan masukan yang ada.

        Analisis Perangkat Keras

        1. Perangkat Keras (Hardware)
        2. a. processor : AMD Sempron ™ 2008+1.60 GHz.

          b. Monitor : LCD AOC 16”.

          c. RAM : 1 GB.

          d. Hardisk : 80 Gb.

          e. Keyboard : PS 2 Standartd Keyboard.

          f. Printer : Hp LaserJet P1102.

        3. Piranti Lunak (Software)
        4. a. Windows XP

          b. Microsoft office exel 2007

        5. Brainware

          Pembayaran iuran sekolah (administrasi sekolah.

        Use Case Diagram

        Analisa sistem yang berjalan saat ini pada Use Case Diagram :

        Pembayaran Registrasi Siswa Baru

        Berdasarkan gambar diatas Use Case Diagram Pembayaran Registrasi Siswa Baru yang berjalan saat ini, terdapat :

        a. Sistem yang mencakup kegiatan pembayaran registrasi siswa baru.

        b. Actor yang melakukan kegiatan didalam sistem, yaitu calon siswa, panitia PSB, dan kepala sekolah.

        c. 6 use case yang dapat dilakukan oleh actor.

        Sequence Diagram

        Dari keterangan diatas dapat digambarkan dengan sequence diagram. Diagram ini dapat menggambarkan pergerakan sebuah objek dan pesan yamg terjadi didalam sistem pembayaran registrasi siswa baru yang sedang berjalan saat ini.

        Analisa Sistem Sequence Diagram yang sedang berjalan saat ini :

        Pembayaran Registrasi Siswa Baru :

        Berdasarkan gambar sequence diagram pembayaran registrasi siswa baru diatas sistem yang berjalan saat ini terdapat :

        a. 3 actor yang melakukan kegiatan, yaitu calon siswa baru, panitia PSB, dan kepala sekolah.

        b. 11 message spesifikasi dari komunikasi antar objek yang memuat informasi-informasi tentang aktifitas yang terjadi, kegiatan yang bisa dilakukan oleh aktor-aktor.

        c. 4 life line, object activity antarmuka yang saling berinteraksi dan terdiri dari formulir, pembayaran, kwitansi, dan laporan penerimaan calon siswa baru.

        Activity Diagram

        Activity diagram memodelkan alur kerja sebuah proses dan urutan aktifitas pada suatu proses. Diagram ini sangat mirip dengan flowchart, karena kita dapat memodelkan prosedur logika. Perbedaan utamanya adalah flowchart digunakan untuk menggambarkan alur kerja daru suatu sistem, sedangkan activity diagram dibuat untuk menggambarkan aktifitas dari kantor.

        Berdasarkan dari use case diagram dan sequence diagram dapat kita gambarkan activity diagram dari aktifitas para aktor-aktor yang ada pada sistem pembayaran registrasi siswa baru.

        1. Analisa sistem yang berjalan saat ini pada activity diagram :

        Pembayaran Registrasi Siswa Baru.

        Berdasarkan gambar activity pembayaran registrasi siswa baru diatas, sistem yang berjalan terdapat :

        a. 1 initial node, objek yang diawali.

        b. 15 action, sistem yang mencerminkan eksekusi dan suatu aksi.

        c. 2 activity final node, objek yang diakhiri.

        d. 1 vertical swimlame

        User Requirement

        Elisitasi Tahap I

        Elisitasi tahap I disusun berdasarkan hasil wawancara dengan seluruh perangkat manajemen. Berikut dilampirkan Diagram Elisitasi Tahap I

        Tabel 3.3 Tabel Elisitasi Tahap I

        Elisitasi Tahap II

        Elisitasi tahap II dibentuk berdasarkan elisitasi tahap I yang kemudian diklasifikasikan melalui metode MDI terdapat beberapa requirement yang diberi option inessential (I) dan baru dieliminasi. Semua requirement di atas diberi option I pada elisitasi tahap II sesuai dengan tabel yg di atas karena sesuai dengan ruang lingkup penelitian yang terdapat pada bab sebelumnya.

        Tabel 3.4 Tabel Elisitasi Tahap II

        Elisitasi Tahap III

        Berdasarkan elisitasi tahap II di atas, dibentuklah suatu elisitasi tahap III yang kemudian diklasifikasikan kembali dengan menggunakan metode TOE denggan option HML.

        Tabel 3.5 Tabel Elisitasi Tahap III

        Final Draft Elisitasi

        Final draft elisitasi merupakan bentuk akhir dari tahap – tahap elisitasi yang dapat dijadikan acuan dan dasar pengembangan sistem yang akan dibentuk. Berikutnya saya lampirkan diagram final draft elisitasi.

        Tabel 3.6 Tabel Draft Elisitasi


        BAB IV

        HASIL PENELITIAN

        Rancangan Sistem Usulan

        Implementasi UML Yang Diusulkan

        Use Case Diagram yang Diusulkan

        Use Case Diagram Siswa yang diusulkan

        Use case diagram menggambarkan fungsionalitas yang diharapkan dari sebuah sistem. Yang ditekankan adalah “apa” yang diperbuat sistem, bahkan “bagaimana” sebuah sistem bekerja. Sebuah use case mempresentasikan sebuah interaksi antara actor dengan sistem.

        Berdasarkan gambar 4.1.1 use case diagram yang diusulkan terdapat:

        a. 1 Sistem yang mencangkup seluruh kegiatan dalam proses pendaftaran.

        b. 1 aktor melakukan kegiatan, yaitu siswa yang dapat mengakses sistem Penerimaan Siswa Baru dan siswa dapat melakukan pendaftaran.

        c. 4 use case yang dilakukan actor.

        Use Case Diagram Admin yang diusulkan

        Berdasarkan gambar 4.1.2 use case diagram yang diusulkan terdapat :

        a. 1 Sistem yang mencangkup seluruh kegiatan dalam proses pendaftaran.

        b. 1 aktor melakukan kegiatan, yaitu admin yang dapat mengakses sistem Penerimaan Siswa Baru dan admin dapat mengubah semua isi dari web.

        c. 6 use case yang dilakukan actor.

        Sequence Diagram Yang Diusulkan

        Sequence diagram merupakan interaksi antara objek didalam da disekitar sistem ( termasuk pengguna, displas dan sebagainya) berupa message yang digambarkan terhadap waktu. Sequence diagram terdiri dari atas dimensi vertical (waktu) dan dimensi horizontal (objek-objek yang terkait).

        Sequence Diagram Siswa yang diusulkan

        Berdasarkan gambar 4.2.1 Sequence Diagram yang diusulkan untuk siswa terdapat :

        a. 4 lifeline yang saling berinteraksi.

        b. 1 aktor yang melakukan kegiatan yaitu calon siswa.

        c. 4 message berkomunikasi antar objek yang memuat informasi-informasi tentang aktivitas yang terjadi

        Sequence Diagram Admin yang diusulkan

        Berdasarkan gambar 4.2.3 Sequence Diagram yang diusulkan untuk admin terdapat :

        a. 4 lifeline yang saling berinteraksi.

        b. 1 aktor yang melakukan kegiatan yaitu admin.

        c. 5 message berkomunikasi antar objek yang memuat informasi – informasi tentang aktivitas yang terjadi

        Activity Diagram Yang Diusulkan

        Menggambarkan berbagai alir aktivitas dalam sistem yang sedang dirancang, bagaimana masing-masing alir berawal, decision yang mungkin terjadi dan bagaimana mereka berakhir. Activity diagram juga dapat menggambarkan proses pararel yang mungkin terjadi pada beberapa eksekusi.

        Activity diagram merupakan state diagram khusus. Dimana sebagian besar state adalah action dan sebagian besar transisi di-tigger oleh selesainya state sebelumnya (internal processing) oleh karena itu activity diagram tidak menggambarkan behavior internal sebuah sistem (dan interaksi antar sub sistem) secara eksak, tetapi lebih menggambarkan proses-proses dan jalur-jalur aktivitas dari level atas secara umum.

        Activity Diagram Siswa yang diusulkan

        Berdasarkan gambar 4.3.1 activity diagram siswa yang diusulkan terdapat :

        a. 1 initial node, objek yang diawali.

        b. 8 action, sistem yang mencerminkan eksekusi dan suatu aksi.

        c. 1 activity final node, objek yang diakhiri.

        d. 1 vertical swimlame.

        Activity Diagram Admin yang diusulkan

        Berdasarkan gambar 4.3.2 activity diagram siswa yang diusulkan terdapat :

        a. 1 initial node, objek yang diawali.

        b. 14 action, sistem yang mencerminkan eksekusi dan suatu aksi.

        Class Diagram Yang Diusulkan

        Spesifikasi Data

        1. Nama File : Table_User

          Media : Hardisk/server

          Isi : id_user + username + password + level

          Primary key : id_user

          Panjang record : 32

        2. Nama file : Table_profile

          Media : Hardisk/server

          Isi : id_profile + isi profile

          Primary Key : id_profile

          Panjang record : 2

        3. Nama file : Table_pendaftaran

          Media : hardiusk/server

          Isi : no_form + tanggal_form + nama + nama_ayah + nama_ibu + tempat_lahir + tanggal_lahir + j_k

          Primary key : no_form

          Panjang record : 131

        4. Nama file : table_news

          Media : Hardisk/server

          Isi : id_news + tgl_news + oleh + judul_news + isi_news

          Primary key : id_news

          Panjang record : 33

        5. Nama file : table_bukutamu

          Media : Hardisk/sever

          Isi : id_bukutamu + tgl_bukutamu + nama + alamat_email + pesan

          Primary key : id_bukutamu

          Panjang record : 83

        Tampilan Prototype

        Tampilan Website

        Spesifikasi Hardware dan Software

        Rancangan Perangkat Keras (Hardware)

        Rancangan perangkat keras (hardware) yang diusulkan untuk sistem baru ini adalah sebagai berikut :

        1. Processor : Intel Core 3 E7200 2.53 Ghz

        2. Monitor : 19 inci

        3. Mouse : comic infrared

        4. Hardisk : 500 GB

        5. Keyboard : HQ Milena

        6. Printer : Samsung ML-2851IND

        7. Memory RAM : 2 GB

        8. Kabel UTP

        9. Switch

        Rancangan Perangkat Lunak (Software)

        Perangkat lunak (software) merupakan penghubung antara komputer dan instruksi yang dimasukkan agar komputer dapat menghasilkan data/informasi yang diharapkan. Adapun ususlan software pada rancangan sistem baru ini adalah :

        1. Sistem Operasi Windows 7

        2. Mozilla Firefox

        3. XAMPP

        4. Adobe Dreamweaver

        Hak Akses

        1. Panitia PSB

          Hak akses yang dilakukan oleh panitia PSB : Update, input, save, edit, delete, dan cetak data.

        2. Calon Siswa

          Calon siswa mempunyai akses untuk mendaftar secara online ataupun langsung datang ke sekolah SMK Bhakti Anindya

        Jadwal Pengolahan

        Perancangan sistem yang diusulkan diperkirakan memakan waktu kurang lebih 4 bulan, dan kegiatan yang dilakukan adalah :

        BAB V

        PENUTUP

        Kesimpulan

        Berdasarkan uraian pada bab-bab sebelumnya,maka pada penelitian ini penulis dapat menyimpulkan :

        1. Sistem informasi penerimaan siswa baru yang sedang berjalan saat ini pada SMK Bhakti Anindya Tangerang masih menggunakan cara manual, yaitu dengan cara panitiapenerimaan siswa baru menyediakan formulir dan persyaratan pendaftaran siswa baru untuk calon siswa, pendaftar mengambil, mengisi formulir dan melengkapi persyaratan yang telah ditentukan dan kemudian mengembalikan formulir yang dilakukan secara manual.

        2. Sistem informasi penerimaan siswa baru yang berjalan saat ini belum efektif dan efisien hal ini dikarenakan sistem yang masih bersifat manual sehingga sering terjadinya human eror.

        3. Sistem informasi penerimaan siswa baru yang sedang berjalan saat ini pada SMK Bhakti Anindya Tangerang masih 3. Sistem informasi penerimaan siswa baru yang berjalan saat ini belum menghasilkan laporan yang akurat karena laporan yang dibuat belum tepat pada waktunya hal ini dikarenakan proses pembuatan laporan membutuhkan waktu yang lama untuk mengumpulkan berkas formulir penerimaan siswa baru.

        Kesan

        1. Untuk mengatasi cara manual dalam hal Penerimaan Siswa Baru maka diperlukan suatu sistem komputer yang dapat

        2. Meningkatkan kinerja dari panitia penerimaan siswa baru pada SMK Bhakti Anindya Tangerang yang berbasis Teknologi Informasi. Agar efektif dan efisien maka dibutuhkan tempat penyimpanan data pada komputer sehingga data-data yang dihasilkan dalam proses penerimaan siswa baru yang ada menjadi lebih baik dan aman..

        3. Untuk membuat laporan yang akurat maka diperlukan sistem terkomputerisasi tentang segala hal mengenai Penerimaan Siswa Baru, yang membuat laporan dapat menjadi akurat dan tepat waktu.

        DAFTAR PUSTAKA

        1. Hartono, Jogiyanto. 2013. "Jurnal CCIT:228". Tangerang. STMIK Raharja"
        2. Hartono, Jogiyanto. 2013. "Jurnal CCIT:228". Tangerang. STMIK Raharja
        3. Jurnal CCIT. 2013. "Pengertian Sistem:226". Tangerang. STMIK Raharja
        4. Alfatta, Hanif. 2013. "Analisis dan Perancangan Sistem". Jakarta
        5. Andy. 2007. "Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi:3". Jakarta
        6. Jurnal CCIT. 2013. "Syarat-syarat Sistem:221". Tangerang. STMIK Raharja
        7. Alfatta, Hanif. 2007. "Definisi Data" : 05. Jakarta
        8. Alfatta, Hanif. 2007. "Definisi Informasi" : 09. Jakarta
        9. Hartono, Jogiyanto. 1999. "Definisi Sistem Informasi:5". Jakarta
        10. Goal. 2008. "Definisi Perancangan Sistem" : 78. Jakarta
        11. Jurnal CCIT. 2007. "Pengertian Perancangan Sistem:57". Tangerang. STMIK Raharja
        12. Prasetyo, dkk. 2013. "Definisi Siswa Baru:7". Jakarta
        13. Oktavianti, Novi. 2006. "Definisi Siswa Baru:36". Jakarta
        14. Jaelani. 2011. "Definisi Penerimaan Siswa Baru:31". Jakarta
        15. Rahardja. 2010. "Definisi Elisitasi:303". Tangerang. STMIK Raharja
        16. Yuhefizard, 2008. "Definisi Database" : 2. Jakarta
        17. Wikipedia. 2011. "Pengertian PHP" : 2. Jakarta
        18. Rulianto. 2010. "Pengertian PHP" :2. Jakarta
        19. Kadir, Abdul. 2009. "Pengertian AppServ" : 4. Jakarta
        20. Kadir, Abdul. 2009. Pengertian Phpmyadmin" : 4. Jakarta
        21. Bunafit. 2008. "Macromedia Dreamweaver 8" : 1. Jakarta


        DAFTAR LAMPIRAN

        DAFTAR LAMPIRAN

Contributors

Uniawati