Prosedur Ujian Online Pada Perguruan Tinggi Raharja

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari

Di Perguruan Tinggi Raharja terdapat sebuah sistem pembelajaran baru yaitu iLearning yang di cetus oleh “pimpinan STMIK Raharja yaitu Bapak Ir.Untung Rahadja,M.Ti.. tentang pengertian iLearning itu sendiri menurut beliau adalah 4B, yaitu Belajar, Bekerja, Berdoa & Bermain. Dengan adanya sistem pembelajaran baru iLearning tersebut maka ada beberapa kegiatan kampus yang bertemakan iLearning, salah satunya adalah sebuah ujian online yang dilakukan oleh pihak Raharja. Adapun Prosedur yang ada di Perguruan Tinggi Raharja ini adalah sebagai berikut:

iOU

PROSEDUR UJIAN ONLINE

A. PRA PELAKSANAAN UJIAN ONLINE

Dosen iLearning menyiapkan soal online yang diujikan minimal 25 soal pilihan ganda (multiple choice) serta soal benar/salah (true/false) atau essay sifatnya optional. Soal online yang sudah diinput ke dalam iDu selanjutnya dicetak dan diberikan juga kepada RPU sebagai arsip. Tutorial mencetak soal online dapat dilihat disini Dosen iLearning melakukan konfirmasi kepada teknik untuk kesiapan jaringan internet untuk mendukung kelancaran pelaksanaan Quiz, Kisi-kisi UTS dan UAS serta pelaksanaan UTS dan UAS menggunakan soal online yang ditujukan kepada: [email protected] di cc ke [email protected] Selanjutnya dosen menyebarkan survey menggunakan iSur pada saat UTS dan UAS dilaksanakan untuk mengetahui tanggapan mahasiswa/i terhadap pelaksanakaan ujian online. Dosen melaksanakan kisi-kisi ujian online minimal 1 minggu sebelum pelaksanaan ujian online berlangsung. Pengajuan pelaksanaan untuk ujian online oleh Dosen iLearning dikoordinir oleh Asisten Direktur Akademik (ADA) yang tujukan kepada Direktur minimal 2 (dua) minggu sebelum pelaksanaan Ujian Online berlangsung. Selanjutnya Direktur akan mengeluarkan Disposisi untuk diteruskan kepada Panitia Ujian terkait dengan digandakan atau tidak soal ujian online tersebut.


B. PELAKSANAAN UJIAN ONLINE

Dosen iLearning menghimbau kepada mahasiswa agar iPad yang digunakan ujian memiliki cadangan batterai minimal 70% ketika akan ujian online. iPad menggunakan iOS ver. 6 keatas. Pengawas Ujian melakukan setting passcode untuk menghindari kecurangan (kerjasama/mencontek) mahasiswa pada saat ujian online berlangsung. Tutorial setting passcode dapat dilihat disini. Setelah ujian online selesai, Pengawas menonaktifkan passcode yang sudah disetting sebelumnya. Tutorial menonaktifkan passcode dapat dilihat disini. Selanjutnya Peserta Ujian mengisi survey yang sudah disiapkan dalam iDu.


C. PROSEDUR PENGOLAHAN NILAI UJIAN ONLINE

Selanjutnya dosen dapat melakukan rekap nilai ujian online. Tutorial pengolahan nilai Ujian Online dapat dilihat disini. Nilai ujian yang diberikan ke RPU adalah berupa nilai murni.