Pengguna:SI0933462391

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari

SISTEM PENGONTROLAN MESIN INDUSTRI

MENGGUNAKAN INTERFACE VISUAL C#

DENGAN MIKROKONTROLLER ATMEGA328P

TANGERANG

Logo stmik raharja.jpg

Disusun Oleh :

NIM : 0933462391

KONSENTRASI

CCIT

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

TANGERANG

(2014/2015)

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI

SISTEM PENGONTROLAN MESIN INDUSTRI

MENGGUNAKAN INTERFACE VISUAL C#

DENGAN MIKROKONTROLLER ATMEGA328P


Disusun Oleh :

NIM
: 0933462391
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Konsentrasi
: CCIT


 

 

Disahkan Oleh :

Tangerang, 12 Januari 2015

Ketua
       
Kepala Jurusan
STMIK RAHARJA
       
Jurusan Sistem Komputer
           
           
           
           
(Ir. Untung Rahardja, M.T.I)
       
NIP :00594
       
NIP : 06103

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING

SISTEM PENGONTROLAN MESIN INDUSTRI

MENGGUNAKAN INTERFACE VISUAL C#

DENGAN MIKROKONTROLLER ATMEGA328P

Dibuat Oleh :

NIM
: 0933462391
Nama

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Sistem Kommputer

Konsentrasi CCIT

Disetujui Oleh :

Tangerang, 01 Maret 2015

Pembimbing I
   
Pembimbing II
       
       
       
       
   
(Sudaryono,, ,Dr., Ir.,M.Pd)

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI

SISTEM PENGONTROLAN MESIN INDUSTRI

MENGGUNAKAN INTERFACE VISUAL C#

DENGAN MIKROKONTROLLER ATMEGA328P


Tangerang

Dibuat Oleh :

NIM
:0933462391
Nama

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian

Komprehensif

Jurusan Sistem Komputer

Konsentrasi CCIT

Tahun Akademik 2014/2015

Disetujui Penguji :

Tangerang,maret 2015

Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
(_______________)
 
(_______________)
 
(_______________)
NID :
 
NID:
 
NID :

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI

SISTEM PENGONTROLAN MESIN INDUSTRI

MENGGUNAKAN INTERFACE VISUAL C#

DENGAN MIKROKONTROLLER ATMEGA328P


Tangerang

Disusun Oleh :

NIM
: 0933462391
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Sistem Komputer

 

 

Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang, 1 Maret 2015

 
 
 

Abstraksi

Penanganan dalam menghidupkan dan mematikanmesin industri saat ini masih mengunakan secara manual dengan melibatkan tenaga kerja untuk menghidupkanmesin satu persatu pada saat melakukan Aktifitas, maka dengan perkembangan ilmuteknologi saat ini semakin maju dengan mudah untuk mengatur system tersebut agar mengendalikan atau mengontrol mensinindustry secara serentak. Dan mengunakan interface Visual C#, pada mikrokontroller Atmega 328pini.Sangat mudah untuk menghidupkan mesinindustri dengan lebih cepat dan praktis yaitu pengontrolan memalui Komputer Baik Menghidupkan mesin (ON) maupun mengendalikan mesin ( OFF ) sehingga mempermudah bagi para operator menghidupkan mesin satu persatu, dengan mengunakan tangan, maka penulis membuat system ini agar dapat membantu operator dan mempermudah untuk menghidupkan beberapa mesin secara bersamaan,baik mesin1. Mesin 2,maupunmesin lainnya. Hanya mengotrol melalui computer yang sudah diprogramkan ke mikrokontroller lalu terhubung dengan mesin - mesin tersebut.

Abstract

Handling in turn on and off the machine industry is still using manually with the involvement of labor to turn the machine one by one at the time of doing the job, then with the development of increasinglyadvanced technology today with easy to set up the system in order to control or simultaneous control of industrial mensin And using the interface of Visual C #, the microcontroller Atmega this 328p. very easy to start the engine with theindustry faster and practical, namely controlling memalui Computer Good Turn the machine (ON) or engine control (OFF), making it easier for operators cape not turn the machine one by one, using the hands, the authors make this system in order to help operators and make it easier to turn on multiple machines simultaneously, either mesin1.2 machines, and other machines. Only through computer control the already programmed into the microcontroller and then connect to the machine - the machine.

KATA PENGANTAR

Puji dan Syukur penulis panjatkan Kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah melimpahkan rahmat serta karunia – Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan Laporan Karya Akhir ini dengan judul : SITEM PENGONTROLAN MESIN INDUSTRI MENGGUNAKAN INTERFACE VISUAL C#, DENGAN MIKROKONTROLLER ATMEGA 328P.Penyusunan laporan Skripsi ini dilakukan guna untuk menyelesaikan studidi program Studi pada STIMIK Raharja Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan Laporan Skripsi ini masih lebih sempurna. maka hal inilah disebabkan karena terbatasnya kemampuan dan ilmu pengetahuan yang penulis miliki saat ini, maka diharapkan penulis mohon kritik dan saran yang bersifat membangun.Untuk itu maka dalam kesempatan ini penulis ingin mengucapkan trimah Kasih yang sebesar – besarnya kepada

1. Bapak Ir . Untung Rahadja, M. T.I,. Sebagai presiden direktur perguruan Tinggi Raharja. 2. Bapak Drs. Po. Abas Sunarya , M. Si., Selaku Direktur Perguruan Tinggi Raharja. 3. Bapak Ferry Sudarto , S. Kom., M.Pd . sebagai Kepala Jurusan Sistem Komputer Pada Perguruan Tinggi Raharja. 4. Bapak Tumpal Pandiangan , M . T. sebagai Dosen Pembimbing I Tugas Laporan akhir Skripsi.

5. Bapak Sudaryono , Dr. M. M. Pd. Sebagai Dosen Pembimbing II untuk laporan Skripsi

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Pada perkembangan jaman sekarang khususnya dibidang peralatan mesin industri telah banyak membawa perubahan– perubahan yang sangat berarti pada peningkatan proses industri.semua peralatan yang digunakan sangat cangih, Namun pada saat menhidupkan mesin para operator harus menghidupkan mesin satu – persatu dan membutuhkan waktu yang sangat lama yakni dengan mengunakan tenaga manusia, maka penulis ingin menerapkan salah satu system untuk menghidupkan mesin industry secara bersamaan mengontrol melalui computer bai kmesin 1, mesin 2 dan seterusnya secara otomatis,yaitu : SISTEM PENGONTROLAN MESIN INDUSTRI MENGUNAKAN INTERFACE VISUAL C# DENGAN MIKROKONTROLLER ATMEGA 328P.

pada mesin industri dengan lebih mudah bagi operator maka dengan system ini operator hanya menghidupkan mesin–mesin tersebut sesuai dengan waktu yang singkat dan mengontrolnya melalui komputer. Salah satunya adalah dibuatnya dari sebuah Chip yang terdapat pada mikrokontroller.Mikrokontroller adalahs sebuah single atau chip yang memeliki kemampuan untuk diprogram dan diperguanakan untuk menyeleasaikan Tugas yang berorientasi dengan pengontrolan. Maka mikrokontroller dapat di Gabungkan dengan komponen – komponen lainnya berupa lampu LED ,Relay, Dioda ,Kapasitor,Resistor, Kabel Usb, dan Hangsking,Sehingga dapat menciptakan suatu Alat yang diinginkan.Dengan sistem ini dapat digunakan untuk pengontrolan mensin.Seperti pengontrolan mesin industri dan mesin lainnya

Maka dengan mengabungkan beberapa komponen– komponen elektronika pada mikrokontroller, sehingga mengontrol sebuah sistem pada mesin untuk mengaktifkan mesin secara kebersamaan mengontrol melalui computer lebih cepat, dengan mengunakan sistem ini dapat menghidupkan mesin secara kompleks dan otomatis . maka seorang operator hanya bertugas untuk mengaktifkan Mesin.1,Mesin.2,secara serentak yang sudah diprogramkan pada mikrokontroller tersebut.

Rumusan Masalah

berdasarkan uraian latar belakang di atas, maka penulis dapat melakukan perumusan masalah yaitu sebagai berikut :

  1. Apakah sebuah mesin industri dapat dikendalikan oleh mikrokontroller tersebut.?

  2. Bagaimana memasukan program bahasa visual C# kedalam mikrokontroller Atmega328p tersebut.?

  3. Apakah sistem ini bisa menghidupkan beberapa mesin secara bersamaan.?

Ruang Lingkup

Berdasarkan pada permasalahan yang Ada maka penulis membatasi laporan Skripsi ini hanya pada perancangan alat yang hanya dapat mengontrol dan menghidupkan beberapa mesin secara bersamaan seperti mesin 1. Mesin2 dan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Pada sistem ini hanya menguanakan dua alternatip dengan menghidupkan Mesin ,ON dan OFF secara bersamaan Saat mehidupkan mesin operator hanya menekan tombol untuk menghidupkan semua mesin tersebut dengan mengunakan sistem ini agar lebih mempermudah bagi operator mengaktifkan mesin secara cepat dan lebih praktis

Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan dapat merancang,dan menjelaskan cara menghidupkan mesin serta rangkain Sitem Pengontrolan Mesin industri secara otomatis. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah

Metode Penelitian

Dalam melakukan penelitian terhadap suatu alat maka penulis memgunakan metod e - metode sebagai berikut :

Metode Perancangan

Dimaksudkan untuk menghasilkan suatu rangkaian alat yang tepat sehingga diperoleh hasil yang di inginkan

Metode Studi Pustaka

Segala usaha yang dilakukan oleh peneliti untuk menghimpun suatu informasi dan data - data yang relevan dari berbagai sumber buku.

Metode konsultasi.

Pada metode ini harus dilakukan untuk memahami tentang teori – teori berkaitan dengan pembuatan alat tersebut.Sehingga mendapatkan masukan dengan perencanaan, dan metode Perancangan guna mendapatkan informasi yang berkaitan dengan proses pembuatannya.

BAB II

LANDASAN TEORI

Konsep Dasar Sistem

Menurut Sutarman ( 2012:13 ), “Sistem adalah kumpulanelemen yang saling berhubungan dan berinteraksi dalam satu kesatuan untuk menjalankansuatu proses pencapaian suatu tujuan utama”. Menurut Diana dan Setiawati ( 2011 : 3), “Sistem adalah serangkaian bagian yang saling tergantung dan bekerjasama untuk mencapaitujuan tertentu Menurut Mustakini (2009:34), “Sistemdapat didefinisikan dengan pendekatan prosedur dan pendekatan komponen, sistem dapat didefinisikan sebagai kumpulan dari prosedur - prosedur yang mempunyai tujuan tertentu”.
  • Menurut Jerry Fithgerald( 2009 : 2), “Sistem adalah : suatu jaringan kerja dari prosedur - prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-samauntuk melakukan suatu kegiatan atau menyelesaikan suatu sasaran tertentu”.

  • Menurut Mulyanto (2009:1), “Secara umum, sistem dapat diartikan sebagai kumpulandari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentusebagai suatu kesatuan”.

  • Menurut Mulyanto (2009:2), “dalambidang sistem informasi, sistemdiartikan sebagai sekelompok komponen yang saling berhubungan, bekerja samauntuk mencapai tujuan bersama dengan menerima input seta menghasilkan inputdalam proses transformasi yang teratur”.

  • Berdasarkan beberapa definisi sistem yang dikemukakan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa sistem adalah sekumpulan komponen atau elemen yang berkerja sama sesuai fungsinya dan saling berhubungan untuk mencapai suatu tujuan

  • Karakteristik Sistem

    Menurut Mulyanto (2009:2), Suatu sistem mempunyai beberapa karakteristik,yaitu:

    a. Komponen Sistem (components system)

    Suatu sistem tidak berada dalam lingkungan yang kosong, tetapi sebuah sistem beradadan berfungsi di dalam lingkungan yang berisi sistem lainnya. Suatu sistemterdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi, bekerja sama membentuk satu kesatuan. Apabila suatu sistem merupakan salah satu dari komponen sistem lain yang lebih besar, maka akan disebut subsystem, sedangkan sistem yang lebih besar tersebut adalah lingkungannya. Setiap subsistem mempunyai sifat-sifat dari sistem untuk menjalankan suatu fungsi tertentu dan memengaruhi proses sistem secarakeseluruhan. Suatu sistem dapat mempunyai suatu sistem yang lebih besar yang disebut super sistem. Sebagai contoh apabila fakultas dianggap sebuah sistem, maka perguruan tinggi merupakan super sistem.

    .b Batasan Sistem ( boundary )

    Batas sistem merupakan pembatas atau pemisah antara suatu sistem dengan sistem yang lainnya atau dengan lingkungan luarnya. Batas system menentukan konfigurasi, ruang lingkup, atau kemampuan sistem. Batas sistem ini memungkinkan suatu sistem dipandang sebagai suatu kesatuan. Batas suatu sistem juga menunjukkan ruang lingkup (scope)dari system tersebut

    c. Lingkungan Luar ( environment )

    Lingkungan luar adalah apa pun di luar batas dari sistem yang dapat mempengaruhi operasi sistem, baik pengaruh yang menguntungkan ataupun yang merugikan. Pengaruh yang menguntungkan ini tentunya harus dijaga sehingga akan mendukung kelangsungan operasi sebuah sistem. Sedangkan lingkungan yang merugikan harus ditahan dan dikendalikan agar tidak mengganggu kelangsungan sebuah sistem

    d.Penghubung Sistem (interface)

    Penghubung merupakan halyang sangat penting, sebab tanpa adanya penghubung, sistem akan berisi kumpulan subsistem yang berdiri sendiri dan tidak saling berkaitan. Sebagai contoh,apabila di dalam perusahaan memiliki beberapa sistem seperti produksi,finansial, pemasaran, dan HRD yang tidak memiliki penghubung satu sama laintentu saja proses bisnis di dalam perusahaan tersebut tidak akan berjalandengan semestinya. Penghubung (interface) merupakan media peghubung antara satu subsistem dengan subsistem yang lainnya. Penghubung inilah yangakan menjadi media yang digunakan data dari masukan (input) hingga keluaran (output). Dengan adanya penghubung, suatu subsistem dapatberinteraksi dan berintegrasi dengan sub sistem yang lain yang membentuk satu kesatuan

    d.Masukan Sistem

    Masukan atau input merupakan energiyang dimasukan ke dalam sistem. Masukan dapat berupa masukan perawatan (maintenanceinput) dan masukan sinyal (signal input). Maintenance input adalahbahan yang dimasukan agar sistem tersebut dapat beroperasi. Signal input adalahmasukan yang diproses untuk mendapatkan keluaran. Sebagai contoh di dalamsistem komputer, program adalah maintenance input yang digunakanuntuk mengoperasikan komputernya dan data adalah signal input untukdiolah menjadi informasi. Contoh lain di dalam suatu perusahaan, karyawanmerupakan maintenance input yang akan mengoperasikan sistem tersebut,sedangkan data merupakan signal input yang akan diolah menjadiinformasi.

    e.( Keluaran sistem)

    Keluaran (output) merupakan hasil daripemrosesan. Keluaran dapat berupa informasi sebagai masukan pada sistem lainatau hanya sebagai sisa pembuangan.Misalnya, dalam sistem pencernaan, energi merupakan keluaran yang dibutuhkanoleh sistem lain, sedangkan ampasnyamerupakan sisa yang harus di buang

    e.(f. Pengolahan Sistem)

    Pengolahan sistem (process)merupakan bagian yang melakukan perubahan dari masukan untuk menjadi keluaranyang diinginkan. Sistem pencernaan akan mengolah makanan menjadi energi. Sistemproduksi akan bahan mentah menjadi barang setengah jadi atau barang jadi. Dalamsistem informasi, pengolahan dapat berupa operasi penjumlahan, pengurangan,perkalian, pembagian, pengurutan, atau operasi lainnya yang nantinya akanmengubah masukan berupa data menjadi informasi yang berguna.

    f.( Sasaran Sistem)

    Suatu sistem pasti memiliki sasaran (objective) atau tujuan (goal). Apabila sistem menjadi tidak mempunyai sasaran, maka operasi sistem tidak akan ada gunanya. Tujuan inilah yang mengarahkan suatu sistem. Tanpa adanya tujuan, sistem menjadi tidak terarah dan terkendali. Tujuan sistem informasi tergantung pada kegiatan yang ditangani. Secara umum suatu sistem memiliki tiga tujuan utama,di:

    Jenis - Jenis pengontrolan

    Sistem Kontrol Loop Terbuka

    Menurut Erinofriadi (2012:261)

    B. Sistem Kontrol Loop Tertutup

    Menurut Erinofiardi(2012:261) sistem kontrol looptertutup

    adalah “Suatu sistem kontrol yang sinyalkeluarannya memiliki pengaruh langsung terhadap aksi pengendalian yangdilakukan.”

    Yang menjadi ciri dari sistem pengendalitertutup adalah adanya sinyal umpan balik. Sinyal umpan balik merupakan sinyal keluaranatau suatu fungsi keluaran dan turunannya, yang diumpankan ke elemen kendaliuntuk memperkecil kesalahan dan membuat keluaran sistem mendekati hasil yang diinginkan:
    Gambar : 2.2.Sistem pengendali loop tertutup.Sumber : Erinofiardi (2012:261):
    loop sistem tertutup. Sinyalinput yang sudah dibandingkan dengan sinyal umpan balik menghasilkan sinyalselisih atau sinyal kesalahan yang akan dikirimkan ke dalam elemen pengendalisehingga kemudian menghasilkan sebuah sinyal keluaran yang akan dikirim ke alatterkendali. Sinyal input berupa masukan referensi yang akanmenentukan suatu nilai yang diharapkan bagi sistem yang dikendalsikan tersebut.Dalam berbagai sistem pengendalian, sinyal input dihasilkan oleh mikrokontroler:

    Teori Khusus

    Definisi Mikrokontroler

    Menurut Sumardi (2013:1),“Mikrokontroler merupakan suatu alat elektronika digital yang mempunyai masukadn dan keluaran serta kendali dengan program yang bisa ditulis dandihapus dengan cara khusus, cara kerja mikrokontroler sebenarnya membaca danmenulis data”. Dari beberapa definisi-definisi diatas dapat disimpulkan bahwa Mikrokontroleradalah sebuah sistem mikroprosesor dalam chip tunggal yang dimana didalamnyaterdapat CPU, ROM, RAM, I/O, Clockdan peralatan internal lainnya, danjuga mempunyai masukan dan keluaran serta kendali yang difungsikan untukmembaca data, dan dengan program yang bisa ditulis dan dihapus dengan carakhusus:</p>

    Karakteristik Mikrokontroler

    MenurutMalik dan Mohammad Unggul Juwana (2009:3), ada beberapa fitur yang pada umumnyaada di dalam mikrokontroler adalah sebagai berikut :

    RAM (Random Access Memory)

    Suatu sistem pasti memiliki sasaran (objective) atau tujuan (goal). Apabila sistem menjadi tidak mempunyai sasaran, maka operasi sistem tidak akan ada gunanya. Tujuan inilah yang mengarahkan suatu sistem. Tanpa adanya tujuan, sistem menjadi tidak terarah dan terkendali. Tujuan sistem informasi tergantung pada kegiatan yang ditangani. Secara umum suatu sistem memiliki tiga tujuan utama,di:


    RAM digunakan oleh mikrokontroler untuktempat penyimpanan variable. Memori ini bersifat volatile yang artinyaakan kehilangan semua datanya jika tidak mendapatkan catu daya:
    ROM disebut sebagai kode memori karena berfungsi untuk tempat penyimpanan programyang akan diberikan oleh user :