Manajemen Informatika

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari

Pengertian Luas Jurusan Manajemen Informatika Dalam Perkuliahan, Terhadap Dunia Kerja.

Pengertian Manajemen Informatika

Menurut M. Manullang (1983:15),manajemen yaitu fungsi untuk mencapai suatu tujuan melalui kegiatan orang lain,mengawasi usaha yang dilakukan individu untuk mencapai tujuan.

Menurut Georgy R. Terry, manajemenyaitu cara pencapaian tujuan yang telah ditentukan terlebih dahulu denganmelalui kegiatan orang lain.

Menurut Stephen P.Robbins dan Marycoulter (1999:8), mamajemen adalah mengacu pada proses mengkoordinasidanmengintegrasikan kegiatan – kegiatan kerja agar diselesaikan secara efisiendan efektif dengan dan melalui usaha orang lain.


Jurusan Manajemen Informatika diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang siap kerja, mampu menganalisis,menterjemahkan setiap permasalahan guna menunjang efesiensi kerja di bidangpekerjaan, baik negeri maupun swasta, baik sebagai pemrogram maupun analisissistem yang handal.

Dengan pengetahuann terintegrasiantara kemampuan manajemen serta kemampuan mengembangkan sistem informasi yangdi dukung oleh komputer sebagai alat bantunya, lulusan dari Jurusan manajemenInformatika diharapkan dapat menjawab tantangan dalam memasuki era TeknologiInformasi, mampu bersaing secara sehat dalam memasuki dunia kerja yang sangatkompetitif saat ini serta memiliki daya analisis yang kuat sehingga mampumerancang serta mengimplementasikan komputer dalam setiap sistem informasiberbasis komputer CBIS (Computer Based Infomation System), terutama dalamlingkup dunia usaha/bisnis.

Selain itu, lulusan ManajemenInformatika diharapkan dapat menjadi penghubung yang handal antara manajertingkat atas yang umumnya kurang fasih "berbicara" dengan bahasakomputer dengan para spesialis informasi yang sangat mengetahui tentang teknik-teknikkomputer.

Yang dipelajari dalam managemeninformatika di antaranya, Mata Kuliah yang Diajarkan dijurusan Manajemen Informatika:

- PENGOLAHAN DATA ELEKTRONIK

- LOGIKA DAN ALGORITMA

- KALKULUS

- PEMROGRAMAN

- PEMROGRAMAN QUICK BASIC

- PENGANTAR EKONOMI

- KEWIRAUSAHAAN

- DASAR AKUNTANSI

- ALJABAR LINIER

- STATISTIK DESKRIPTIF

- PENGANTAR BISNIS

- SISTEM OPERASI

- PEMROGRAMAN PASCAL

- PERILAKU DALAM BERORGANISASI

- STRUKTUR DATA

- PEMROGRAMAN VISUAL BASIC

- PAKET PEMROGRAMAN NIAGA

- ANALISA SISTEM INFORMASI

- MANAJEMEN UMUM

- TEKNIK RISET OPERASIONAL

Contributors

Yessi Frecilia, Yunita