COS

Dari Widuri
Lompat ke: navigasi, cari

Computer System

Computer System merupakan konsentrasi unggulan di Program Studi Sistem Komputer STMIK Raharja, memperdalam segala sesuatu tentang sistem komputer secara umum.

Sistem komputer adala sebuah sistem yang terdiri dari beberapa komputer yang saling berhubungan dalam sebuah jaringan komputer yang berbagi sistem penyimpanan secara terpusat dan berbagai perangkat periferal seperti printer, scanner, atau router dan hub. Setiap komputer yang terhubung ke dalam sistem tersebut dapat beroperasi secara independen, tetapi memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan perangkat eksternal lainnya dan komputer di luar jaringan sistem tersebut. Mahasiswa yang mengambil konsentrasi COS ini dapat memahami semua aspek yang ada dalam sistem komputer. Ilustrasi dari sistem komputer termasuk unsur-unsurnya dapat dilihat pada gambar berikut:

ILUSTRASI%252520COS%252520COPY.jpg

Makna dari kata sistem itu sendiri berarti sesuatu yang terorganisir, mempunyai struktur yang terdiri dari berbagai unsur atau elemen yang saling terkait satu sama lainnya, dimana unsur atau elemen tersebut terus beraktifitas dalam rangka mencapai tujuannya.

Suatu sistem memiliki unsur-unsur, di antaranya ada input, output, proses, fungsi kontrol dan mekanisme umpan balik.

Istilah yang sudah sangat umum tentang komputer, komputer merupakan sebuah mesin umum, yang komponen utamanya terdiri dari sirkuit digital, yang mampu menerima masukan (input), menyimpan, memanipulasi, dan menghasilkan keluaran (output), berupa informasi, angka, gambar, suara, video, dan sebagainya sesuai instruksi yang disebut sebagai program.

Periferal (peripheral) merupakan peralatan bantu yang digunakan untuk mengoperasikan komputer, seperti peralatan input (keyboard, mouse, scanner, dan lain-lain), peralatan output (printer, plotter, speaker, dan lain-lain), media penyimpan (floppy disk drive, hard disk, CD drive), peralatan komunikasi data (modem, router, dan lain-lain), atau peralatan lainnya yang pengoperasiannya di bawah kendali komputer.

Istilah router, merupakan perangkat lunak / keras yang mengarahkan lalu lintas data antara dua atau lebih jaringan. Router mempunyai berbagai ukuran, mulai dari switch kecil sampai ke ukuran besar. Router mempunyai sifat independen, berdiri sendiri dan dedicated (tidak dipakai berbarengan dengan yang lain).

Hub, merupakan istilah dalam jaringan komputer, yakni perangkat elektronik yang bekerja sebagai titik penghubung sentral untuk beberapa komputer dalam jaringan. Jenis hub terdiri dari (1) hub pasif yang hanya membagi sinyal transmisi sehingga lebih komputer dapat ditambahkan ke jaringan, (2) hub aktif (juga disebut Multiport Repeater) dapat me-regenerasi data bit untuk menjaga sinyal yang tetap kuat meskipun kabel yang lebih panjang, dan (3) hub cerdas (intelligent hub) biasanya memiliki chip mikroprosesor sendiri.