CCIT Journal

Dari Widuri
Lompat ke: navigasi, cari
Gagal membuat miniatur: Berkas tak ditemukan

CCIT Journal merupakan kependekan dari Creative Communication and Innovative Technology.

CCIT Journal adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Raharja Enrichment Centre (REC) Perguruan Tinggi Raharja, Kota Tangerang. CCIT Journal diterbitkan tiga kali dalam setahun, setiap bulan Januari, Mei, September. Dalam Rangka "Call for paper CCIT Journal" akan menerima editor teks yang belum dipublikasikan sebelumnya dari akademisi, peneliti dan praktisi. Tulisan-tulisan yang telah diterima dan akan dilakukan dalam proses penulisan resensi untuk menentukan siapa yang akan dimasukkan. Paper yang akan diserahkan harus disertai dengan softcopy lengkap.

Prosedur Penerimaan Jurnal

  1. untuk penulis print Formulir Ceklist Jurnal, kemudian diisi sesuai dengan paper yang akan diserahkan.
  2. Serahkan paper jurnal dalam 2 bentuk (Hardcopy dan Softcopy) beserta dengan formulir ceklist jurnal yang sudah diisi.
  3. Paper yang telah diserahkan akan di Review oleh Reviewer yang telah ditentukan oleh Ketua Dewan Redaksi selama Kurang lebih 3 minggu dari tanggal penyerahannya.
  4. Paper yang akan ditolak akan dikembalikan lagi kepada penulis.
  5. Paper yang diterima dengan perbaikan akan dikembalikan kepada penulis untuk diperbaiki kembali paper tersebut dan diberikan kurun waktu penyelesaian revisi sesuai kebijakan dari Ketua Dewan Redaksi.
  6. Paper yang diterima akan diberikan Formulir Penyelesaian Artikel dari Sekretaris Redaksi.
  7. Dan untuk paper yang akan diterbitkan akan diberikan Formulir Persetujuan Artikel dari Sekretaris Redaksi.


Pedoman Penulisan

Lingkup Jurnal

Tulisan yang dapat dimuat adalah yang mengkaji masalah yang berhubungan dengan bidang ilmu komputer dan Teknologi Informasi, baik ilmu dasar maupun aplikasinya.

Jenis tulisan

Tulisan dapat berupa laporan/hasil penelitian atau makalah ilmiah bukan penelitian seperti laporan studi kasus atau kajian pustaka komprehensif. Tulisan ilmiah/penelitian dapat merupakan hasil a) Pengembangan, b) Penemuan, dan c) Pembuktian

A. Laporan penelitian minimal harus memuat bagian abstrak, pendahuluan (latar belakang, tujuan, hipotesis, konsep2 utama), metodologi, hasil dan pembahasan, kesimpulan dan pustaka.

B. Makalah ilmiah bukan penelitian minimal harus memuat bagian abstrak, pendahuluan, pembahasan, kesimpulan dan pustaka.

Nama Penulis

Ditulis tanpa gelar dan jabatan, disebutkan nama Lembaga dan alamatnya serta alamat e-mail.

Bahasa

Ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dengan memperhatikan kaidah-kaidah bahasa ragam ilmiah. Khusus untuk yang menggunakan bahasa Indonesia, hindari penggunaan kata ganti orang.

Panjang Tulisan

Panjang tulisan 10-15 halaman A4 spasi single termasuk tabel dan gambar serta lampiran, dengan jenis huruf Times New Roman, font 10.

Abstrak

Panjang abstrak maksimum 250 kata, dalam satu paragraf, dilengkapi dengan kata-kata kunci pada bagian akhir abstrak. Abstrak memuat latarbelakang, metodologi, hasil dan kesimpulan. Abstrak tidak bersifat matematis, tidak berisi saran dan harapan, tidak ada kutipan. Kata kunci (keywords) adalah kata-kata penting yang digunakan untuk mengidentifikasikan isi dokumen, dapat berupa metode/alat yang dipakai, variabel yang diteliti atau substansi penelitian. Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

Tabel dan gambar

Tabel dan gambar harus diberi nomer dan judul lengkap serta harus diacu dalam tulisan. Gambar dan tabel dalam format hitam putih.

Persamaan

Persamaan matematik harus diberi nomer urut dalam kurung biasa ,(x), dengan penulisan rata kanan. Setiap makalah diwajibkan untuk mengutip sumber pustaka yang berasal dari jurnal ilmiah nasional maupun internasional.

Kutipan (sitiran) di dalam Bab, ditulis menggunakan tanda kurung siku berupa urutan nomor [1]. Kalimat baca mengikuti tanda kurung [1]. Hanya merujuk ke nomor kutipan seperti di [1]- tidak menggunakan “kutipan. [1]” atau “kutipan [1]” kecuali di awal kalimat: “Kutipan [1] adalah….” Contoh:

“Artificial Informatics system is a system that has sophisticated connections attached to the system in which data is manipulated by the system and produces a usable output. The Artificial Informatics system must possess a unique character. One of the examples of an Artificial Informatics System is a virtual staff [1].” Atau

“What is a character[2]? In its simplest form, it is the mental and moral qualities distinctive to an individual. It is unique and is an important factor that determines the Emotional Quotient[3] of an individual.

Daftar pustaka disusun merujuk pada standar Penulisan IEEE References.

Penulisan Daftar Pustaka

secara umum, terdiri dari 7 (tujuh) bagian: Nomor urut kutipan, nama penulis, judul tulisan, nama jurnal dan kota, volume, halaman, bulan dan tahun. Nama penulis dimulai dengan nama keluarga disingkat dengan inisial huruf depannya dan diberi tanda titik kemudian diikuti dengan nama pertama. Bila nama penulis lebih dari satu orang, mana penulis kedua dan seterusnya mengikuti aturan diatas.

Contoh:

[1] G. Eason, B. Noble, and I. N. Sneddon, “On certain integral of Lipschitz-Hankel type involving products of Bessel functions,” Phil. Trans. Roy. Socd. London, vol. A247, pp. 529-551, April 1955. Atau:

[2] Y. Yorozu, M. Hirano, K. Oka, and Y. Tagawa, “Electron spectroscopy studies on magneto-optical media and plastic substrate interface,” IEEE Transl. J. Magn. Japan, vol. 2, pp. 740-741, August 1987. Penulisan daftar pustaka dari buku ilmiah terdiri dari: Nomor urut kutipan, nama penulis, judul buku, kota: institusi, tahun. Contoh:

[1] M. Young, The Technical Writer’s Handbook. Mill Valley, CA: University Science, 1989.

Kepengurusan

Pelindung

Drs. Po. Abas Sunarya, M.Si.


Ketua Dewan Editor:

Meta Amalya Dewi., M.Kom


Sekretaris Redaksi

Dr. Ir. Sudaryono Indri Handayani


Mitra Bestari

Prof. Drs. Suryo Guritno Mstats. Ph.D (Universitas Gajah Mada)

Prof. Dr. Ir. Richardus Eko Indrajit. M.Sc., MBA (STMIK PERBANAS)

Dr. Zainal A. Hasibuan (Universitas Indonesia)

Drs. Tri Kuntoro Priyambodo, M.Sc. (Universitas gajah Mada)

Prof. Dr. Iping Supriyana (Institut Teknologi Bandung)

Jazi Eko Istiyanto, M.Sc., Ph.D (Universitas Gajah Mada)


Dewan Editor

Prof. Dr. Susanto Rahardja

Dr. Ir. Sunar Abdul Wahid, MS.

Dr. Ir. Djoko Soetarno, DEA.

Ir. abdul Hayat, M.T.I.

Dr. Era Era Hia, SE.,MM.

Sugeng Santoso, M.Kom

Padeli, M.Kom

Asep Safullah, S.Pd


Redaksi Pelaksana:

Dina Fitria Murad, M.Kom.

Hani Dewi Ariessanti, M.Kom.

Ary Budi Warsito, M.Kom.

M. Yusup, S.Kom.

Dewi Immaniar, S.Kom.

Contributors

Indri